3 Gerbong KRL yang Terguling Berhasil Dievakusi ke Rel

Jakarta – Tiga gerbong KRL Jakarta-Bogor yang terguling berhasil dievakuasi petugas ke rel. Evakuasi berlangsung selama kurang lebih 15 jam.

Pantauan detikcom di lokasi, Kebon Pedes, Bogor, Senin (11/3/2019), tiga gerbong KRL itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 01.50 WIB. Saat ini, kereta siap dipindahkan ke lokasi lain.

Belum ada informasi kapan rangkaian gerbong akan ditarik. Selain itu, juga belum ada informasi apakah jalur tersebut segera bisa dipakai kereta beroperasi.
Peristiwa tergulingnya KRL tersebut terjadi pada Minggu (10/3) sekitar pukul 10.10 WIB. Ada 17 korban luka akibat kejadian ini, termasuk masinis.

Sebelumnya, Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, berharap evakuasi segera selesai dan KRL Jakarta-Bogor bisa kembali beroperasi. “Kami berharap tetap bisa memberikan pelayanan besok pagi karena Senin. Biasa kalau Senin padat sekali, supaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena kan commute mondar-mandir Jakarta-Bogor-Jakarta,” kata Edi di TKP, di Kebun Pedes, Minggu (10/3).

In case kepeleset, tidak bisa selesai, dari Ditjen kita sudah sepakat, kita sudah berunding. Kita akan dibantu juga melalui angkutan bus. Bus kota yang ngangkut mungkin dari Bogor menuju Depok. Karena Depok kan KRL sudah bisa masuk, sehingga paling tidak dari kita itu sudah menolong,” imbuhnya.
(tsa/rna)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Satu Gerbong Kereta Anjlok di Bogor Berhasil Dievakuasi

Saat ini, petugas PT KAI terpantau terus melanjutkan proses evakuasi dua gerbong KA 1722 tersebut.

“Diupayakan evakuasi malam ini juga selesai,” kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro ditemui di lokasi kejadian.

Apabila proses normalisasi jalur commuterline relasi Bogor-Jakarta dan sebaliknya tidak selesai malam ini, pihaknya akan menyediakan moda transportasi lain untuk mengangkut para penumpang dari Bogor yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

  

 

Belum ada laporan korban jiwa, namun dua gerbong miring hingga keluar rel.

Memulai Bisnis Kuliner dengan Mudah, Ini 10 Strateginya Agar Berhasil

Liputan6.com, Jakarta Bisnis kuliner dewasa ini memang tengah menjamur. Bahkan kaum milenial pun saat ini berlomba-lomba untuk memulai bisnis kuliner. Di zaman serba modern, memiliki sebuah usaha bukanlah hal yang susah. Bahkan kamu bisa juga membuat usaha rumahan dan dipasarkan melalui fasilitas digital yang ada.

Memulai bisnis kuliner memang bisa dikatakan cukup menjanjikan. Baik itu hanya membuka usaha makanan ringan atau bahkan restoran. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan yang pasti tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain itu, perkembangan kuliner saat ini pun semakin pesat. Maka tak mengherankan jika banyak orang yang ingin memulai bisnis kuliner.

Untuk memulai bisnis kuliner, tentu saja kamu harus memiliki strategi yang perlu diperhatikan. Hal ini karena dengan strategi dalam memulai sebuah bisnis bisa memperkirakan bagaimana suksesnya bisnis tersebut. Selain memerlukan strategi, memulai bisnis kuliner pun perlu modal yang harus dipikirkan.

Berikut ini beberapa hal-hal dan strategi yang perlu kamu tahu sebelum memulai bisnis kuliner. Liputan6.com pun telah merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019). Buat kamu calon pebisnis baru wajib memperhatikan strategi ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memulai Bisnis Kuliner

1. Tetapkan bisnis yang diinginkan

Jika kamu ingin memulai bisnis kuliner, sebaiknya jangan hanya mengikuti tren yang ada. Karena, bagaimana pun tren tersebut lama-kelamaan bisa hilang. Selain itu, jika kamu hanya mengikuti tren, maka di masa depan bisnis yang kamu buka bisa mengalami kegagalan. Dalam bidang kuliner saat ini banyak sekali makanan ataupun minuman yang sedang booming. Maka dari itu banyak pula para pebisnis dadakan yang membuka bisnis tersebut.

Akan tetapi saat tren dari makanan dan minuman tersebut tidak booming, maka bisa dilihat bisnis mereka pun ikut sepi. Kamu bisa memulai bisnis kuliner dengan ketertarikan dan juga kemampuan yang dimiliki. Selain itu, memulai bisnis kuliner dengan membuka usaha sesuai dengan ketertarikan sendiri, kamu bisa lebih niat dan juga berkomitmen dengan usaha yang kamu rintis tersebut.

2. Survey pasar dan potensi bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, sebaiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu. Kamu bisa mengetahui bagaimana harga ataupun persaingan yang ada di pasar serta potensi bisnis yang akan kamu jalankan. Melakukan sebuah survey ini cukup penting untuk dilakukan dan jangan anggap sepele. Karena dari survey inilah kamu bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap bisnis kamu.

3. Modal awal usaha

Salah satu faktor terpenting dalam memulai bisnis kuliner ialah modal awal. Jika kamu hanya memiliki modal yang kecil, kamu bisa melakukan beberapa usaha untuk menutupi kekurangan modal tersebut. Kamu menutupi modal awal yang kurang dengan mengajak atau mencari rekan kerja untuk diajak kerja sama. Atau kamu bisa melakukan peminjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR bagi pelaku UKM. Selain itu, kecil besarnya modal yang kamu miliki ini tergantung dari bagaimana usaha yang akan kamu jalankan.

Jika usaha yang kamu rintis telah berjalan, kamu bisa menyisihkan separuh keuntungan untuk menjadikannya modal tambahan. Namun apabila kamu meminjam dana dari suatu lembaga keuangan, jangan lupa untuk membuat laporan keuangan. Hal ini dilakukan agar lemabaga keuangan yang kamu pinjami tersebut bisa mengetahui bagaimana perkembangan usaha kamu.

3 dari 4 halaman

Strategi Memulai Bisnis Kuliner

4. Lokasi usaha

Mendapatkan lokasi usaha yang banyak dilalui oleh orang pun menjadi salah satu strategi untuk memulai bisnis kuliner. Namun menentukan lokasi untuk usaha, kamu juga perlu memperhatikan modal yang kamu miliki.

5. Menu andalan

Jika kamu ingin membuka usaha kuliner, tentu saja kamu harus memperhitungkan menu apa yang akan kamu sajikan. Menu yang kamu pilih sebaiknya telah di survey dengan keadaan pasar saat ini. Selain itu, sebaiknya pilih menu yang belum banyak atau belum ada di pasaran dan jadikan menu tersebut menjadi menu andalan dari usaha kuliner yang kamu buat.

6. Pemasok bahan baku

Saat kamu telah mengetahui menu apa saja yang akan kamu sajikan, ada baiknya kamu mulai mencari pemasuk bahan baku yang kamu butuhkan. Sebisa mungkin kamu memiliki pemasok bahan baku tetap, agar proses distribusi bahan makanan ini tidak terhambat. Karena apabila kamu memiliki pemasok tetap, harga yang akan ditawarkan pun lebih murah daripada harga yang ada dipasaran. Kamu bahkan bisa menjadikan pemasok tersebut sebagai orang kepercayaan, sehingga bila kamu berada pada situasi sulit, pemasok tersebut pun bisa memahaminya.

Namun ada baiknya pula kamu memiliki pemasok bahan baku alternatif. Hal ini dilakukan apabila pemasok bahan baku utama tidak memiliki bahan yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan pemasok lain sebagai alternatif.

4 dari 4 halaman

Hal-hal yang harus diperhatikan

7. Sumber daya manusia

Jika usaha yang kamu miliki masih tergolong kecil, kamu bisa mempekerjakan seorang menjadi asisten kamu. Namun bila usaha yang kamu rintis mulai berkembang, tentu saja kamu memiliki bagian-bagian sendiri untuk mempekerjakan seseorang, seperti pelayan, kasir dan juga tukang masak.

Jika kamu memiliki rekan usaha, jangan lupa untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan baik itu di tempat usaha atau di luar dengan memberi gaji yang sepadan. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk menjaga kestabilan usaha dan kesiapan karyawan.

8. Target dan promosi

Menyesuaikan target usaha dengan pemasaran yang ada merupakan kunci sukses untuk menjalankan sebuah usaha. Kamu tak harus selalu menawarkan harga yang murah. Yang terpenting ialah kamu harus bisa memahami selera dan para konsumen.

Melakukan sebuah promosi pada usaha yang dimiliki memang perlu dilakukan. Apalagi dengan berkembangnya teknologi saat ini, melakukan sebuah promosi bukan hal yang sulit dilakukan. Selain itu, salah satu promosi yang cukup efektif ialah promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut.

9. Izin Usaha

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi kamu ataupun konsumen, sebaiknya lakukan perizinan usaha pada instansi terkait. Apabila usaha yang kamu rintis berkembang sukses, maka kamu bisa untuk mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP bagi usaha kamu. Selain itu kamu pun bisa mengurus perizinan dari Kementerian Kesehatan dan juga Majelis Ulama Indonesia atau MUI untuk mendapatkan sertifikasi halal.

10. Sikap dan perilaku

Memiliki bisnis usaha yang berkembang besar tak lantas membuat sikap dan perilaku kamu terhadap konsumen menjadi buruk. Justru, kamu dan juga karyawan sebaiknya semakin bersikap dan berperilaku ramah dan juga sopan. Karena jika kamu memiliki sikap dan perilaku tersebut, maka para konsumen pun tidak akan kecewa datang ke tempat usaha, bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.

TKN Sebut Jokowi Berhasil Stabilkan Stok dan Harga Pangan

Liputan6.com, Jakarta – Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi  – Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto blusukan ke Pasar Sayur Pringsewu, Lampung di sela kunjungan Safari Kebangsaan IX di Lampung.

Selama blusukan, Hasto menyebut tidak ada masalah terkait stok dan harga pangan. Hasto pun menceritakan upaya pemerintah yang saat ini meningkatkan kualitas pangan.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu mengungkapkan bahwa pihaknya bersama Presiden Jokowi terus mendorong perbaikan sistem untuk kedaulatan pangan salah satunya melalui teknologi untuk menjaga ketahanan bawang.

“Mesin itu satu rangkaian dengan bangunan yang membuat bawang lama tidak membusuk. Bawang merah, bawang putih itu bisa disimpan dalam suatu ruangan dan itu bisa tahan untuk tiga sampai lima bulan tidak busuk,” kata Hasto, Minggu (3/3/2019).

Hasto melanjutkan, alat yang tengah dikembangkan itu merupakan teknologi ramah lingkungan dan ekonomis. Nantinya, Ketua umum Megawati akan meresmikan langsung alat tersebut. “Itu pesanan Ibu Megawati untuk membantu petani-petani bawang,” jelas dia.

Menurut Hasto, bicara soal pangan tidak melulu sekadar menolak impor. Namun, ada sistem yang harus dibangun agar pangan nasional bisa berswasembada.

“Hulu-hilir dari benih sampai sarana produksi untuk menyimpan agar semua punya nilai tambah ketika panen raya. Ini yang dilakukan pemerintahan berpihak seperti Pak Jokowi,” ujar Hasto.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Jawab ‘Ancaman’ Novel Bamukmin, Komisioner KPU Ungkit Hoax 7 Kontainer

Jakarta – Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyebut masyarakat mengalami krisis kepercayaan dan menyebut akan membubarkan KPU jika tidak netral dalam pemilu. KPU mengatakan tudingan krisis kepercayaan tersebut tidak bijak.

“Tudingan krisis kepercayaan tidak bijak, karena hingga tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pemilu terjaga,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Jumat (1/3/2019).

Menurut Viryan, saat ini yang terjadi banyak pihak berupaya mendelegitimasi pemilu dengan berita hoax. Salah satunya dengan adanya hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang sempat terjadi.

“Yang ada justru hoax pemilu yang berupaya mendelegitimasi pemilu, terbukti dengan hoax pemilu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos, masa hoax pemilu delegitimasi pemilu lantas membuat krisis kepercayaan. Maknanya upaya membuat kabar bohong mendelegitimasi KPU tidak berhasil dilakukan,” kata Viryan.

Dia juga mengatakan perhitungan hasil pemilu dilakukan secara manual, sehingga tidak dimungkinkan adanya kecurangan memalui manipulasi IT. Selain itu, menurutnya perhitungan ini juga dilakukan secara terbuka yang disaksikan pengawas pemilu.

“Pemilu sejak 1955 sampai sekarang dilakukan secara manual, tidak mungkin IT bisa memanipulasi hasil pemilu karena Indonesia tidak menyelenggarakan pemilu elektronik. Yang dilakukan hanya publikasi hasil pemilu di TPS, kecamatan, dan sebagainya,” kata Viryan.

“Hasil pemilu dihitung dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan sampai dengan pusat. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, diikuti saksi dari peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat,” sambungnya.

Terkait adanya potensi kecurangan memalu kotak suara bila disimpan di kantor kecamatan. Viryan juga mengatakan tempat penyimpanan ini telah dilakukan sejak 1955 dan tidak menimbulkan masalah.

“Penyimpanan kotak suara di kantor kecamatan dilakukan sejak pemilu 1955 sampai sekarang, termasuk juga di pilkada. Penggunaan kantor kecamatan sudah berlangsung dan tidak ada masalah selama ini,” kata Viryan.

Sebelumnya, Novel Bamukmin meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Dia menyebut KPU wajib dibubarkan jika tidak netral.

“Kita mendatangi KPU, tak lain tidak bukan tuntut keadilan. Betul? Siap tegakkan keadilan? Siap tegakkan persatuan? Takbir!” kata Novel di atas mobil komando di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Novel juga mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri, disebut Novel dipertanyakan netralitasnya.

(dwia/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tragis! Anak 12 Tahun di China Tewas Usai Lindungi Adik dari Kebakaran

Beijing

Seorang anak perempuan berumur 12 tahun di China tewas akibat luka-luka bakar parah karena melindungi adiknya dari kebakaran. Dengan tubuhnya dan sebuah selimut, dia melindungi adik laki-lakinya dari kobaran api di rumah mereka.

Pada 22 Februari dini hari waktu setempat, Chen Zimo dan adik laki-lakinya sedang tidur di kamar mereka, ketika tiba-tiba api berkobar di rumah mereka di Changde, provinsi Hunan, China selatan. Demikian dilaporkan media lokal, Xiaoxiang Morning Post seperti dilansir Straits Times, Jumat (1/3/2019).

Dilaporkan Xiaoxiang Morning Post, ketika ayah anak-anak tersebut, yang tidur di kamar lain, menyadari rumah mereka terbakar, dia bergegas masuk ke kamar anak-anak tersebut. Di kamar itu, sang ayah menemukan bahwa kedua anaknya sudah tak sadarkan diri. Tubuh anak laki-lakinya, Mozi yang berumur 5 tahun, ditutupi selimut, begitu pula dengan tubuh anak perempuannya yang terbungkus selimut.

Gadis kecil itu menderita luka bakar 55 persen di sekujur tubuhnya, sedangkan adiknya mengalami luka-luka bakar 28 persen. Saat ini, kondisi Mozi stabil di rumah sakit, namun sang kakak meninggal setelah lima hari dirawat di rumah sakit.

Setelah kebakaran itu, Chen melakukan upaya penggalangan dana secara online untuk membayar biaya perawatan rumah sakit anak-anaknya itu. Dalam waktu tujuh jam, dana sebesar 1 juta yuan berhasil terkumpul.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Deflasi Februari 0,08 Persen, Ini Tanggapan BI

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi 0,08 persen pada Februari 2019.

Ini berbanding terbalik dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi yang sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 yang sebesar 0,32 persen (mtm).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, deflasi yang terjadi pada bulan ini menunjukan pencapaian positif di awal tahun.

Artinya, pemerintah telah berhasil dan menekan sejumlah beberapa harga kebutuhan pokok di tingkat masyarakat.

“Dan ini juga sejalan dengan survei pemantauan harga yang kami sampaikan sebelumnya bahwa memang harga-harga Alhamdulillah terus terkendali,” kata dia saat ditemui di Kompleks Masjid Bank Indonesia, Jumat (1/3/2019).

Perry mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, sejumlah harga dari beberapa komoditas memang telah turun. Penurunan itu terjadi misalnya pada daging ayam, cabai merah, bawang, hingga telur.

“(Berkat) koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia dan berbagai pihak menunjukan bahwa harga harga terkendali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semua komoditas khususnya bahan bahan makanan itu mengalami penurunan,” pungkasnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Laporan BPS

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indonesia mengalami deflasi0,08 persen pada Februari 2019. Ini berbeda dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 sebesar 0,32 persen (mtm).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti melaporkan dari 82 kota cakupan perhitungan indeks harga konsumen (IHK), sebanyak 69 kota mengalami deflasi. Sedangkan 13 kota mengalami inflasi.

Deflasi tertinggi terjadi di Merauke sebesar 2,11 persen dan terendah Serang sebesar 0,02 persen. Sedangkan inflasi tertinggi yaitu di Tual sebesar 2,98 persen dan terendah di Kendari sebesar 0,03 persen.

“Deflasi di Merauke lebih disebabkan oleh penurunan harga sayuran, cabai, itu mengalami penurunan harga. Inflasi tertinggi di Tual disebabkan karena sayuran khususnya bayam dan ikan segar,” tandas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Batuk Darah Terus-Menerus, Ternyata Lintah Hidup di Tenggorokan Pria Ini

Liputan6.com, Jakarta – Tanpa sadar kadang peristiwa yang tak diharapkan bisa terjadi. Seorang pria dari Yibin, Tiongkok baru-baru ini mengalami peristiwa mengerikan karena lintah masuk ke dalam bagian tubuhnya.

Melansir World of Buzz, Jumat (1/3/2019), pria bernama Li awalnya mengeluh sakit tenggorokan dan batuk darah terus-menerus selama dua bulan penuh. Kondisi tersebut yang membuatnya memutuskan untuk datang ke sebuah rumah sakit.

Namun, ketika dokter Zhang Dadong melakukan endoskopi pada Li, dia segera menyadari bahwa ada lintah yang hidup di tenggorokan pasiennya.

Karena dokter kesulitan untuk mengambil parasit berlendir tersebut, dia pun akhirnya menggunakan sepasang forceps untuk menghilangkannya setelah dibius dengan aerosol. Dokter akhirnya mendapati lintah berukuran 10 cm dari tenggorokan Li.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Sering Minum Air Mentah

Li diyakini telah menelan telur lintah ketika dia minum air mentah. Selama dua bulan, larva kemudian menetas dan tumbuh menjadi ukuran 10 cm.

Karena itu, dokter Zhang serta situs web medis lainnya menyarankan masyarakat merebus air yang akan dikonsumsi untuk membunuh parasit. Itu juga akan jauh lebih aman untuk diminum.

(Ul)