Berhasil Kendarai Motor Marquez, Beginilah Reaksi Finalis MotoGP Street Experience

Liputan6.com, Jakarta Puncak kegiatan kompetisi digital RC213V-S MotoGP Street Experience telah di gelar Senin (10/12) di Sirkut Sentul Internasional, Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 10 finalis yang lolos seleksi PT Astra Honda Motor (AHM) mengendarai Motor supersport Honda RC213V-S, motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang ditunggangi oleh Marc Marquez di ajang MotoGP.

Peringkat pertama hingga tiga yakni Ezra Fiesta Kinanta (Bekasi), Beni Gunawan (Pontianak), dan Ronny Pangalila (Manado) menjadi kloter pertama yang merasakan motor mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc. Ketiganya didampingi pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Dimas Ekky Pratama, Andi Gilang, dan Gerry Salim.

Setelah melakukan 3 putaran di Sirkuit Sentul, Ezra Kinanta berbagi cerita tentang rasanya mengendarai motor senilai Rp 7,3 Miliar ini. “Gak bohong, motornya enak banget. Perasaannya seperti naikin rumah Rp 7 M,” kata Erza.

“Setelah mencoba sepeda motor ini berkali-kali akhirnya saya paham sekali mengapa sepeda motor ini bisa menjadi juara dunia. Sebab, salah satu keunggulannya adalah frame-nya menggunakan teknologi twin-spar seperti yang ada juga di motor-motor MotoGP,” jelas dia.

Ezra juga menggambarkan poin lain yang mendukung konsep Total Kontrol pada Honda RC213V-S, termasuk dalam hal suspensi dan juga sistem perpindahan gigi.

“Suspensinya menggunakan swing arm yang besar, suspensi Ohlins, sudah menggunakan teknologi FDR, jadi benar-benar stabil saat di tikungan. Belum lagi teknologi kopling ganda yang memungkinkan pengendara memindahkan gigi tanpa harus menggunakan kopling. Jadi seperti video game. Ridernya tinggal berkonstrasi pada balapan,” ujarnya.

Total Kontrol pada Honda RC213V-S juga dirasakan peserta lain, Benny Gunawan asal Pontianak, Kalimantan Barat. 

“Luar biasa sekali, luar biasa. Sangat luar biasa sekali dan maksimal sekali. Manuvernya luar biasa. Dari kecepatan tinggi, langsung masuk tikungan, langsung menurunkan kecepatan, itu seolah – olah kita tidak membutuhkan kerja keras. Jadi motor enak sekali untuk dimanuver. Dan saat kita gas itu emang luar biasa. Enak sekali,” kata Benny.

Finalis RC213V-S MotoGP Street Experience lainya Aryo Gagat Rakasiwi dari Bogor juga memuji tenaga yang mampu dihasilkan oleh motor Honda RC213V-S. “Gue bingung sih mau komentar apa. Ini motor pokoknya tenaganya luar biasa,” kata Aryo. Selain tenaga, Aryo juga menceritakan soal kenyamanan dan handling yang dimiliki RC213V-S.

“Soal handling, wah pokoknya comfort banget. Motor tuh kalau lo ajak rebahan benar-benar seimbang. Benar-benar stabil,” tambah Aryo.

AHM menghadirkan 3 Honda RC213V-S yang digunakan secara bergiliran oleh top 10 finalis RC213V-S MotoGP Street Experience. Gelaran ini sekaligus menjadi penutup kegiatan kompetisi digital RC213V-S MotoGP Street Experience yang dilaksanakan sejak awal November 2018. Dimana, AHM mengajak peserta untuk mengunggah foto serta cerita momen terbaik mereka besama Honda CBR series kesayangan lengkap dengan safety gear di website www.motogp-streetexperience.com dan media sosial peserta.

Selama periode kontes 9 – 27 November 2018 tercatat sebanyak 1.089 peserta yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini dari seluruh Indonesia.

Terpilih 20 finalis untuk mengikuti seleksi Safety Riding Training and Slalom Competition di Wahana Jatake, Tangerang (8/10). AHM kemudian menyeleksi dan hanya memilih 10 finalis yang bisa menjajal Honda RC213V-S di Sirkuit Sentul. Finalis yang menempati posisi pertama yakni Ezra mendapatkan hadiah 1 Helm Shoei plus Jacket Alpinestars. 9 Finalis lainnya mendapatkan Helm Arai lengkap dengan Jacket Alpinestars. 10 finalis lain yang tidak turun di Sirkuit Sentul tetap mendapatkan hadiah berupa Jacket Alpinestars.

GM Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra dalam keterangan tertulisnya mengatakan aktivitas melalui media digital yang dimulai sejak tahun lalu mendapat perhatian besar dari para pecinta balap. Oleh karena itu, kini perusahaan berupaya terus memberikan kesempatan berharga bagi pencinta motor sport untuk merasakan sensasi performa tinggi motor sport Honda. 

“Kami berharap konsumen dapat merasakan pengalaman tak terlupakan dengan mengendarai langsung motor MotoGP Honda RC213V-S versi jalan raya. Performa Total Control yang disematkan pada motor supersport ini sejalan dengan performa Honda CBR series yang dipasarkan di Tanah Air,” ujar Indraputra.

Motor supersport Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang ditunggangi pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP. Produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa, yakni mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 kW/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. System pembakaran menggunakan PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) dengan daya tampung bahan bakar 16,3L.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *