Kiprah Generasi Muda yang Bergerak Mengatasi Perubahan Iklim

Jakartaschool strike(Getty Images) Aksi mogok sekolah demi perubahan iklim baru-baru ini menunjukkan bagaimanagenarasi muda menjadi bersemangat untuk mengatasi perubahan iklim.

Pemanasan global, dan pengaruhnya terhadap iklim, adalah salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi dunia saat ini.

Ini adalah metaproblem alias hal yang memperburuk sebagian besar masalah lain – dari kenaikan permukaan laut, hilangnya sumber daya alam hingga meningkatnya konflik, kemiskinan, dan ketidaksetaraan gender.

Meskipun ada banyak tulisan mengenai betapa mendesaknya upaya pengurangan emisi gas rumah kaca, mengeluarkan karbon dari udara, dan mendesain ulang sistem sosial-lingkungan kita menuju cara-cara baru dalam melakukan bisnis, sebagian besar pembuat keputusan dari konsumen individu hingga pemimpin dunia sangat lambat mengambil tindakan.

Yang tampaknya kurang adalah pemahaman dan konsensus mengenai teknologi dan praktik yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan krisis gas rumah kaca yang terus berkembang di atmosfer Bumi.

Namun, generasi muda kelihatannya memahami bahwa memang ada solusi untuk masalah iklim global ini.

“Krisis iklim telah dipecahkan. Kami sudah memiliki semua fakta dan solusi. Yang harus kita lakukan adalah bangun dan berubah,” kata calon penerima Hadiah Nobel Greta Thunberg dalam pidatonya di TED 2018.

Retorikanya yang berani, tegas, dan penuh informasi telah mengilhami gerakan global mogok sekolah untuk mendukung perbaikan iklim yang digelar para pelajar di berbagai belahan dunia. Gerakan ini disebut #FridaysForFuture.

Pada 15 Maret 2019, 1,5 juta anak muda dan pendukung mereka turun ke jalan, beraksi di 2.052 lokasi yang tersebar di 123 negara.

Selagi mereka melakukan aksi untuk masa depan yang mereka inginkan, perdebatan tanpa akhir tentang berbagai teknologi untuk menghentikan kenaikan suhu telah menunda perubahan yang diperlukan.

Hutan(Getty Images) Hutan yang tersisa di dunia harus dilindungi, karena mereka menjadi sangat vital untuk menyerap karbon

Solusi masalah iklim sudah ada dan banyak tersedia.

Sejatinya tidak ada halangan teknologi atau ekonomi; tapi kurangnya kemauan dan kepemimpinan untuk bergerak lebih jauh dan lebih cepat dari permintaan generasi mendatang.

Saya memimpin tim peneliti dari seluruh dunia, dan bersama-sama kita memetakan, membuat model, dan merinci solusi paling berpengaruh di dunia untuk mencoba dan membalikkan pemanasan global.

Penelitian kami di Project Drawdown menunjukkan bahwa ada teknologi dan praktik yang lebih baik untuk pembangkit listrik, transportasi, bangunan, industri, sistem pangan, penggunaan lahan, dan konsumsi berlebihan.

Solusi masalah iklim tersedia untuk negara, kota, bisnis, investor, pemilik rumah, sehingga konsumen dapat beralih ke sistem yang menguntungkan semua.

Ini sudah terjadi di seluruh dunia melalui solusi yang mempromosikan keadilan sosial, persamaan, dan pembangunan ekonomi, sambil memulihkan siklus karbon alami planet ini.

Pada generasi yang lebih muda inilah kita akan menemukan inspirasi dan keberanian untuk perubahan ini.

Solusi berlimpah, baik yang terbukti secara ilmiah dan layak secara finansial. Solusi-solusi ini adalah intervensi yang dapat mengubah cara dunia melakukan bisnis.

Ekonomi global didasarkan pada model pertumbuhan ekstraktif dan eksploitatif, memuntahkan gas rumah kaca ke atmosfer melalui pembakaran bahan bakar fosil, konversi lahan, dan konsumsi segala sesuatu dengan berlebihan – tetapi ekonomi tidak perlu demikian.

Opsi energi terbarukan, seperti panel surya, kincir angin, dan pembangkit panas bumi, dapat menghasilkan energi bersih dan listrik yang berlimpah. Ini penting karena produksi listrik saat ini menyumbang sekitar 25% dari emisi global.

Dengan teknologi tepat guna seperti penyimpanan energi dan fleksibilitas jaringan, sistem energi terbarukan dapat sepenuhnya menggantikan batubara, minyak, dan pembangkit listrik berbahan bakar gas.

Sejumlah besar pilihan tersedia dalam memindahkan orang dan barang dari titik A ke titik B dengan cara yang mengurangi atau menghindari pembakaran bahan bakar fosil dari knalpot.

Kendaraan hibrida atau listrik adalah pilihan yang baik untuk perjalanan jarak menengah atau lebih jauh. Adapun bersepeda, menggunakan transportasi umum, atau berjalan kaki adalah pilihan yang lebih baik untuk emisi dan kesehatan manusia bagi kehidupan sehari-hari banyak orang.

stroberi(Getty Images) Sebagai konsumen, kita harus lebih bertanggung jawab tentang bagaimana aksi kita berdampak pada bumi – termasuk bagaimana makanan kita didistribusikan, dan bagaimana itu diproses

Dengan mengurangi limbah makanan dan bergerak menuju pola makan nabati yang sehat, semua emisi dan energi ekstra yang terkait dengan produksi, pengolahan, pengemasan, distribusi, pemasakan, dan penguraian makanan yang tidak dimakan atau dikonsumsi berlebihan dapat dihindari, sambil juga menyediakan kebutuhan untuk populasi yang membutuhkan.

Ini adalah beberapa keputusan paling berdampak yang dapat dilakukan setiap individu setiap hari untuk membantu menyelesaikan krisis iklim.

Daripada menebangi hutan dan merusak lahan gambut untuk memasok nafsu makan kita yang besar terhadap daging, kayu, dan energi, melindungi ekosistem dapat melindungi, memperluas, dan menciptakan penyerap karbon baru.

Mengadopsi praktik regeneratif pada lahan pertanian saat ini, padang rumput, dan lahan rusak dapat memulihkan kesehatan dan kesuburan tanah, meningkatkan hasil, dan menyediakan bahan-bahan yang berlimpah tanpa merusak sistem alam.

Secara bersama-sama, penerapan praktik regeneratif untuk pertanian dan manajemen ternak, mengadopsi pola makan kaya sayuran, dan mengurangi limbah makanan, lahan pertanian yang ada saat ini dapat menghasilkan cukup makanan untuk memberi makan populasi dunia yang tumbuh, dari sekarang hingga 2050 dan seterusnya.

Mengambil tindakan untuk mengubah sistem pangan dari hulu hingga hilir dapat mencegah penebangan hutan untuk produksi pangan.

Lahan pertanian yang ada saat ini cukup untuk menghasilkan biomassa guna memasok bahan baku untuk bahan lain seperti bioplastik atau beton alternatif.

Namun, untuk mencapai semua ini, setiap individu harus membuat keputusan yang berbeda setiap hari untuk menentukan apa yang diproduksi, dibeli, dan dikonsumsi.

Keputusan ini mungkin sulit bagi sebagian orang, tetapi ketika hasilnya membantu menyelesaikan pemanasan global, kerawanan pangan, kesehatan manusia, dan penggundulan hutan, keputusan itu tidak perlu dipikir-pikir lagi.

Dengan manfaat berlapis yang cukup, atau ‘win-win-win-win’, menerapkan solusi masalah iklim menjadi masuk akal.

tenaga surya(Getty Images) Energi yang tidak menyebabkan polusi, seperti tenaga surya, bisa menggantikan energi fosil – jika kita bersedia mengubah cara kita mendapatkan energi

Intervensi ini perlu dipercepat dengan tingkat kecepatan yang jauh lebih lekas. Kaum muda sadar akan hal ini, mungkin karena itu adalah satu-satunya masa depan yang layak diperjuangkan.

Bersama dengan kaum miskin, perempuan, dan masyarakat adat di dunia, generasi muda akan mengalami dampak terburuk dari perubahan iklim jika tidak ada yang dilakukan; atau terlalu sedikit yang lambat dilakukan.

Bertindak sekarang sangat penting untuk semua orang dan semua yang ada di planet ini; Namun, sebagai prinsip yang memotivasi, memastikan bahwa generasi masa depan dapat hidup sehat, hidup yang bermakna harus menjadi prioritas utama umat manusia.

Seperti Greta Thunberg, Lauren Howland tidak sabar menunggu orang dewasa untuk menyelesaikannya.

Lauren, seorang perempuan berusia 23 tahun dari Bangsa Apache Jicarilla, adalah salah satu pendiri Dewan Pemuda Masyarakat Adat Internasional (IIYC), yang menerima Penghargaan Hak Asasi Manusia Robert F Kennedy pada tahun 2018 untuk kelanjutan kerjanya dalam masalah lingkungan.

Sebuah suara untuk masyarakat adat muda di seluruh dunia, Howland mengatakan: “Orang-orang muda lebih terhubung dan selaras satu sama lain dan planet ini pada zaman sekarang daripada masa lain dalam keberadaan manusia.

“Kami menyadari bahwa kami sedang berjuang untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan, dan kami membutuhkan pembuat kebijakan di planet ini untuk secara kolektif menyadari hal ini juga. Di sinilah, iklim berubah.

“Kami membutuhkan kebijakan iklim diterapkan dan diberlakukan di seluruh dunia sekarang, yang mencakup solusi yang sudah kami terapkan di komunitas lokal kami sendiri.”

Orang-orang muda lainnya bergabung memberi solusi, secara aktif melakukan inovasi yang berpotensi mengubah yang sudah-sudah.

Aron Claeys, seorang wirausahawan muda otodidak yang berbasis di Antwerp, Belgia, bekerja pada pengembangan solusi nanoteknologi untuk bahan yang berkelanjutan dengan tujuan “membalikkan pemanasan global, meningkatkan kesehatan, efisiensi energi dan kualitas hidup, sambil memulihkan biosfer planet”.

Dia dan timnya telah memasarkan produk-produk yang dapat menggandakan masa pakai tekstil, kulit, dan alas kaki ke industri mode, yang dapat mencapai 10% dari gas rumah kaca global.

Dia sekarang sedang mengerjakan pengembangan bahan bangunan yang mampu membersihkan sendiri, memurnikan udara, dan menangkap karbon.

Pemanasan global(Getty Images)

Krisis yang kita semua hadapi bersama adalah awal untuk membawa orang-orang muda ke dalam percakapan. Menciptakan masa depan yang kita semua inginkan membutuhkan generasi yang lebih tua dan yang lebih muda untuk bekerja bersama untuk perubahan yang kita butuhkan.

Orang-orang muda ingin berperan untuk ambil bagian. Orang tua yang memegang tampuk kekuasaan politik, ekonomi, dan intelektual saat ini harus mendengarkan suara-suara perubahan ini, mendukung gagasan dan inovasi baru, dan memikirkan kembali asumsi tentang cara dunia bekerja, karena dunia tidak akan menjadi milik kita selamanya.

Tidak ada diskusi tentang masa depan generasi muda kita tanpa mereka duduk di meja yang sama.

“Tidaklah cukup untuk mempersiapkan kaum muda pada akhirnya mengambil peran yang Anda [orang dewasa] pegang saat ini. Kaum muda siap untuk memberi dampak seperti kita sekarang. Kami membutuhkan orang-orang di atas kami untuk membimbing kami sekarang, sehingga kami tidak perlu menunggu untuk mendapatkan pekerjaan Anda; sehingga ketika kita berada di posisi Anda, kita bisa menjadi lebih sukses,” kata Silas Swanson, seorang mahasiswa tahun kedua di Universitas Columbia dalam panel pemuda di acara ‘Drawdown Learn’ Omega Institute yang diadakan tahun lalu di Rhinebeck, New York.

Silas membangunkan saya akan kebenaran ini, dan kami telah berhubungan sejak itu.

Setiap ilmuwan, pembuat kebijakan, insinyur, arsitek, arsitek, perencana kota, investor, pelaku bisnis, aktivis, ahli ekonomi, pemerhati lingkungan, pemimpin pemikiran, dan setiap profesional lain yang berminat akan iklim harus menyisihkan waktu mereka untuk membimbing setidaknya satu orang muda. Lima akan lebih baik, dan sepadan dengan usaha.

Mentoring tidak hanya mengajar di ruang kelas atau menawarkan saran selama jam kantor. Ini tentang komitmen untuk memberi dan belajar dari orang lain; untuk melakukan apa pun yang dapat dilakukan untuk mendukung, memberdayakan, dan mengangkat orang lain untuk mencapai potensi penuh mereka. Tidak memakan biaya terlalu banyak waktu, dan imbalan potensial tidak terhitung.

Masyarakat miskin(Getty Images) Masyarakat miskin akan menerima dampak perubahan iklim yang lebih buruk

Greta Thunberg menggerakkan legiun muda penyelenggara pemogokan iklim di seluruh dunia yang membangunkan orang-orang akan kebutuhan akan perubahan. Ada banyak suara muda tanpa tanda jasa lainnya di seluruh dunia yang bekerja untuk menciptakan masa depan yang mereka butuhkan. Kita generasi yang lebih tua harus melihat kepada remaja untuk inspirasi, motivasi, dan keberanian.

Daripada mencari keberanian untuk “melawan” perubahan iklim, kita perlu menemukan keberanian untuk melihat solusi yang masuk akal tepat di depan kita. Para pemuda masa kini dapat membantu kita semua menemukan jalan, dan bersama-sama kita dapat menciptakan masa depan yang kita inginkan.

Chad Frischmann adalah wakil presiden dan peneliti utama dari Project Drawdown, sebuah organisasi yang berusaha menemukan cara-cara komunitas global dapat membantu mengurangi dan membalikkan dampak perubahan iklim. Dia juga seorang mentor yang bersedia mengajar, dengan dua tempat terbuka.

Short presentational grey lineBBC

Versi bahasa Inggris dari artikel ini bisa Anda simak, The young minds solving climate change di laman BBC Future


(haf/haf)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Harga Emas Antam Tak Bergerak dari Rp 656 Ribu per Gram

 * Pecahan 0,5 gram Rp 352.500.000

* Pecahan 1 gram Rp 656.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.261.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.870.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.100.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.135.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.230.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.385.000

* Pecahan 100 gram Rp 60.700.000

* Pecahan 250 gram Rp 151.500.000

* Pecahan 500 gram Rp 302.800.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 605.600.000

Ingin Tetap Aktif Bergerak di Kantor? Lakukan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta – Jika Anda termasuk pekerja yang terus berkutat di balik meja kerja, pasti akan terasa sulit untuk tetap aktif bergerak bukan?

Jika iya, kurangilah untuk hanya berdiam diri di meja kerja Anda saja, karena ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Apakah Anda mau untuk hanya tidak berdiam diri saja di meja kerja? Untuk itu, lakukan lima hal ini untuk menjaga kesehatan Anda di kantor, seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (2/4/2019): 

1. Lakukan Olahraga Ringan di Meja Kantor Anda

Bekerja tidak menjadi alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Anda tetap bisa berolahraga sambil bekerja, misal olahraga angkat beban yang ringan dari meja kerja dapat membantu Anda tetap aktif bergerak dan sehat.

Isu Perang Dagang Bawa Wall Street Bergerak Bervariasi

Liputan6.com, New York – Wall Street ditutup bervariasi, dengan indeks S&P 500 tergelincir dipicu ketidakpastian mengenai kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China yang membuat investor gelisah.

Presiden AS Donald Trump dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan jika diskusi dengan China untuk mengakhiri perang dagang yang berlangsung selama berbulan-bulan mengalami kemajuan, meskipun Trump mengaku tidak bisa mengatakan apakah kesepakatan akhir akan tercapai.

Melansir laman Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 7,05 poin, atau 0,03 persen, menjadi 25.709,94. Sementara indeks S&P 500 kehilangan 2,44 poin, atau 0,09 persen, menjadi 2.808,48, dan Nasdaq Composite turun 12,50 poin, atau 0,16 persen, menjadi 7.630,91.

Trump dan Presiden Cina Xi Jinping direncanakan kembali menggelar pertemuan puncak di Florida pada bulan ini. Namun belum ada tanggal pasti yang ditetapkan. 

Bloomberg melaporkan pada hari Kamis bahwa pertemuan antara keduanya lebih mungkin terjadi pada awal April.

“Tetapi untuk menembus level pertahanan selanjutnya agaknya sulit. Ini menunjukkan bahwa kami mungkin berkisar antara 2.750 hingga 2.800 hingga kami mendapatkan jawaban untuk perdagangan China, Brexit, dan lainnya,” kata Art Hogan, Kepala Strategi Pasar National Securities di New York merujuk pada level S&P 500.

Terkait Brexit, rencananya Parlemen Inggris akan memberikan suaranya terkait penundaan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Adapun saham Boeing Co, eksportir tunggal AS terbesar ke China, tergelincir 1 persen. Pembuat pesawat terbesar di dunia itu memiliki masalah setelah jet 737 MAX dilarang terbang secara global menyusul kecelakaan fatal di Ethiopia pada hari Minggu.

Kemudian saham Facebook Inc turun 1,8 persen menjadi USD 170,17 setelah jaringan sosial terbesar di dunia ini terkena pemadaman besar selama sekitar 24 jam. Facebook mengatakan telah memulihkan layanan ke aplikasi utamanya dan Instagram.

Kemudian saham Adobe turun 2,1 persen dalam perdagangan yang diperpanjang setelah perusahaan memberikan perkiraan pendapatan yang mengecewakan untuk kuartal ini.

Yang masih tercatat naik adalah saham General Electric menguat 2,8 persen menjadi USD 10,30 setelah Chief Executive Larry Culp menetapkan target laba konservatif untuk tahun ini dan berjanji untuk tahun 2020 yang lebih baik. Saham Apple Inc naik 1,1 persen menjadi US 183,73.

Di sisi ekonomi, Laporan Departemen Perdagangan AS menunjukkan penjualan rumah turun lebih dari harapan pada bulan Januari, menunjukkan bahwa kelemahan pasar perumahan bertahan di awal kuartal pertama. Indeks perumahan PHLX turun 0,5 persen di tengah berita.

Kali ini, volume perdagangan mencapai 6,69 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 7,37 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Waspada Fenomena MJO Bergerak dari Pulau Jawa ke Arah Timur

Liputan6.com, Ambon – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di belahan Indonesia bagian timur untuk mewaspadai fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) yang berdampak berupa peningkatan curah hujan.

“Saat ini, MJO diprakirakan mulai bergerak merambat memasuki wilayah Indonesia bagian timur,” kata Kepala BMKG stasiun Ambon, Sunardi, Minggu (10/3/2019).

Hujan deras dengan intensitas tinggi masih akan terjadi sejak 8 Maret hingga18 Maret di wilayah Indonesia akibat fenomena MJO itu.

Ia mengatakan, pada periode 8-14 Maret 2019 diprakirakan potensi hujan lebat terkonsentrasi di sebagian wilayah pulau Jawa dan wilayah Indonesia Tengah dan lalu ke Timur.

Wilayah-wilayah tersebut antara lain, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat serta Papua.

Pada periode yang sama, diprediksikan akan terdapat beberapa sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi yang juga dapat meningkatkan potensi curah hujan meski cenderung memiliki waktu kejadian yang relatif lebih singkat.

Selain itu juga potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter diperkirakan terjadi di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa hingga Lombok, Selat Bali hingga Selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB, dan Laut Jawa bagian timur.

Selain itu selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, Perairan Kepulauan Sangihe – Talaud, Laut Flores, Laut Banda, Perairan Barat Kepulauan Kei, Perairan Utara Kepulauan Tanimbar, Perairan Manokwari hingga Biak.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis terusan, akibat curah hujan tinggi.

“Bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, petir dan jalan licin,” katanya dilansir Antara.

MJO merupakan variabilitas antar-musim di wilayah tropis yang bergerak dari Barat ke Timur. Hal ini terjadi karena interaksi antar-atmosfer dan lautan.

MJO terdiri dari dua fase, yakni basah (konvektif) dan kering. Kedua fase itu menghasilkan perubahan yang bertolak belakang terhadap kondisi cuaca di daerah yang terdampak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Selain pulau Jawa, BMKG juga memberi peringatan dini di berbagai wilayah Indonesia. Seperti angin kencang, hujan deras, dan gelombang laut.

Tanah Bergerak, 3 Rumah Mewah dan 1 Masjid di Bogor Ambles 2 Meter

Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah rumah dan masjid di Bogor, Jawa Barat rusak akibat pergerakan tanah. Bahkan, fenomena tersebut membuat rumah warga ambles sedalam dua meter.

Fenomena tanah bergerak terjadi di Jalan Swadaya, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu sekira pukul 01.30 WIB. Satu unit rumah berlantai dua ambruk rata dengan tanah, sedangkan satu unit rumah yang siap dihuni ambles dan rusak parah.

Sementara Masjid Al Muslimun ambles sedalam 2 meter, namun hanya mengalami keretakan pada dinding dan lantai bangunan.

“Amblesnya 2 meteran. Awalnya rumah dan masjid itu tingginya sama dengan jalan. Sedangkan 1 bangunan rumah 2 lantai ambruk,” kata Juhri, warga setempat, Sabtu (2/3/2019).

Tanah bergerak terjadi setelah wilayah Bogor dan sekitarnya diguyur hujan lebat. Sebelum ambruk, warga sempat merasakan getaran dan gemuruh hingga radius sekitar 100 meter.

“Terdengar suara blaarrrr. Saat itu semua pada keluar rumah dan melihat rumah ambruk,” ujar ustaz Solihin ZA, yang rumahnya sekitar 100 meter dari lokasi kejadian.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat malam kejadian, para pekerja bangunan tengah pulang ke rumah mereka masing-masing. Para santri yang biasa mengaji dan salat tengah malam di masjid itu pun sedang tidak ada di lokasi kejadian.

“Biasanya diiisi tukang bangunan, tapi karena tinggal finishing dan besoknya libur, mereka pulang. Para santri di sini juga biasa tidur di masjid itu, cuma malam tadi sepi,” ungkap Solihin.

Sebelum kejadian, dirinya juga sempat memiliki firasat buruk. Dia biasanya rutin di masjid hingga larut malam, namun pada saat kejadian dia memilih diam di rumah.

“Tadi malam itu bawaannya malas ke masjid,” terang Solihin.

2 dari 3 halaman

Sudah Diingatkan Warga

Informasi yang dihimpun, dua rumah mewah itu masih dalam tahap pembangunan namun sudah siap untuk dihuni. Sementara satu unit rumah lainnya sudah diisi oleh penghuninya.

Keempat bangunan itu berdiri di atas lahan bekas tempat pembuangan sampah. Akibat kejadian ini, aliran kali tersumbat lantaran tertutup material bangunan rumah dan turap yang ambruk.

Saat ada rencana tanah tersebut akan dijual untuk dibangun rumah kavling, warga sempat melayangkan protes kepada pemilik lahan. Karena lahan tersebut bekas tempat pembuangan sampah dan puing, serta berada di punggir bantaran kali sehingga rawan longsor.

“Sebelumnya Ketua RT/RW sudah ngasih saran ke pemilik tanah bernama Pak Reza, jangan dibangun rumah disitu. Tapi tidak didengar. Setelah tanahnya terjual oleh pembeli langsung dibangun rumah,” kata warga yang enggan disebut identitasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sering Pusing Mendadak? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa pusing secara tiba-tiba. Penyebabnya tidak hanya karena satu hal tapi mungkin ada beberapa hal lain.

Berikut beberapa pemicu pusing mendadak yang mungkin tidak diduga. Selengkapnya seperti dilansir Huffington Post (1/3/2019).

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah Anda belum bergerak secara lancar di area kepala.

“Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik’, di mana ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika Anda berdiri,” ungkap kata dokter kebidanan dan kandungan asal California, Amerika Serikat, Sherry Ross.

2. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab umum vertigo menurut ahli saraf dokter Ilan Danan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau yang disingkat BPPV. “BPPV disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus,” imbuhnya.

Menurut dokter Katharine Miao, pasien vertigo merasakan pusing makin hebat bila saat dirinya bergerak. Dalam beberapa hari kondisi ini bisa sembuh tapi bisa juga diberikan pengobatan.

2 dari 3 halaman

Migrain

Constantine Palaskas, seorang otolaringologi (dokter khusus pengobatan penyakit telinga, tenggorokan, kepala, dan leher) di Swedish Neuroscience Institute, Seattle, Amerika mengatakan bahwa migrain yang tidak lazim mungkin penyebab pusing tiba-tiba.

“Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, sejumlah besar penderita migrain mungkin menemukan dirinya berjuang melawan vertigo karena migrain,” ucapnya.

4. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Memiliki gula darah rendah juga dapat mengakibatkan Anda menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakan makanan yang seimbang dengan protein dan karbohidrat.

5. Tekanan darah rendah

Richard Wright, seorang ahli jantung di Santa Monica, Amerika mengatakan bahwa tekanan darah diukur dengan ‘sistolik’ (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan ‘diastolik’ (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80).

Wright menambahkan bahwa alasan paling umum seseorang menjadi pusing atau pingsan adalah karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak.

“Ini biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80,” katanya.

3 dari 3 halaman

6. Umur

“Ketidakseimbangan benar-benar umum pada orang tua karena penurunan penglihatan, [serta] telinga dan otak,” kata dokter THT, Anil K. Lalwani di New York, Amerika.

7. Kurang minum

Harvard Health menyatakan bahwa ketika tubuh Anda tidak mendapatkan air yang cukup akan membuat volume darah akan turun dan dapat menurunkan tekanan darah serta menghalangi otak untuk mendapatkan darah yang cukup.

8. Kekurangan zat besi

Palaskas kembali mengungkapkan bahwa tingkat kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Jika hal ini terjadi, Anda dihimbau untuk mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan tes darah guna mengukur tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Selain itu, dihimbau juga untuk mengonsumsi makanan seperti kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung zat besi.

Penulis: Dara Elisabeth

3 Pesan Ratna Sarumpaet ke Koleganya Saat Sebarkan Hoaks Penganiayaan

Liputan6.com, Jakarta – Ratna Sarumpaet sudah menjalani sidang perdananya terkait kasus hoaks pada Kamis, 28 Februari 2019. Sidang tersebut digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kasus ini mencuat dari cerita Ratna Sarumpaet soal penganiayaan dirinya oleh orang tak dikenal hingga mengakibatkan wajahnya lebam dan bengkak-bengkak. Hal itu seiring foto-foto dirinya yang beredar di media sosial dan viral.

Tampak hadir mendamping putri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan. Sidang tersebut beragendakan pembacaaan dakwaan. Jaksa mendakwa Ratna telah menyebarkan berita bohong kepada banyak orang yang dapat menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

Apalagi, berita bohong yang disebarkannya itu dinilai telah menimbulkan pro dan kontra. Dalam dakwaan yang dibacakan, terungkap jika Ratna beberapa kali mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp.

Pesan tersebut dibagikan Ratna kepada beberapa orang. Pesan yang disebar juga disertai foto Ratna saat dirinya sedang menjalani operasi wajah di RS Khusus Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat.

Berikut pesan-pesan yang disebar Ratna Sarumpaet kepada koleganya terkahit hoaks penganiayaan dihimpun Liputan6.com:

2 dari 5 halaman

1. Ahmad Rubangi

Dalam dakwaan yang dibacakan, Ratna Sarumpaet diketahui mengirimkan pesan kepada Ahmad Rubangi, Saharudin, dan Makmur Julianto alias Pele. Saat itu, Ratna mengabarkan kepada ketiganya jika dirinya akan pergi Bandung, Jawa Barat.

Namun rupanya, Ratna tidak pergi ke Bandung. Ia justru pergi RS Khusus Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat untuk melakukan tindakan medis operasi perbaikan muka (facelift) atau tarik muka (pengencangan kulit muka).

Ratna dirawat di ruang perawatan B1 lantai 3 untuk dirawat inap pada Jumat, 21 September 2018 hingga Senin, 24 September 2018. Saat dirawat itulah Ratna beberapa kali mengambil foto dan kemudian diberikan kepada Ahmad Rubangi ketika perjalanan pulang.

Di dalam perjalanan, terdakwa mengirimkan beberapa foto wajah terdakwa yang dalam kondisi lebam dan bengkak tersebut melalui WhatsApp kepada Ahmad Rubangi.

Saksi kemudin bertanya, “Ya Allah.. Kok sampai begitu..” dan dijawab terdakwa, “Dipukulin 2 laki2”.

Sesampai di rumah, terdakwa bercerita ke Ahmad Rubangi, Saharudin, dan Pele soal foto itu di kamarnya. Sembari menangis, terdakwa bercerita dipukul oleh orang sambil menunjukkan wajah lebam dan bengkak. Setelah itu, dia mengaku ingin istirahat sehingga saksi meninggalkan kamarnya.

3 dari 5 halaman

2. Rocky Gerung

Keesokan harinya pada 25 September 2018 pukul 20.43 WIB, terdakwa Ratna Sarumpaet mengirimkan foto yang sama ke Rocky Gerung dengan pesan, “21 September jam 18.50 WIB, area bandara Bandung”. Pukul 20.44 WIB, dia mengirim pesan lagi, “Not For Public”.

Rabu 26 September 2018 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, terdakwa bertemu dengan Deden Syarifuddin dan bercerita habis dipukuli. Dia pun kembali sambil menangis.

Pukul 16.30 WIB, Kamis 27 September 2018, saksi mengirim pesan lagi ke Rocky Gerung dengan pesan, “Hei Rocky negrinya makin gila n hancur – need badly :)”, dan pukul 16.33 WIB dengan pesan, “Need you badly”, pukul 16.36 WIB dengan pesan “Pasti kamu bahagia sekali disana ya, Penghormatan pada alam, bless you”.

Pada Jumat 28 September pukul 19.22 WIB, terdakwa kembali mengirim foto wajahnya ke Rocky Gerung dengan pesan “Day 7th”.

4 dari 5 halaman

3. Said Iqbal

Tak mendapat respons dari Rocky Gerung hingga hari ke-7, akhirnya Ratna menghubungi rekan aktivisnya yang lain yakni Said Iqbal. Lewat asistennya Saharudin, Said akhirnya bertemu Ratna di kediamannya pada 28 September 2018.

Kepada Said, Ratna mengaku dikeroyok dengan skenario cerita bohongnya, dan bukan lantaran efek operasi plastik. Lewat Said yang diketahui seorang aktivis buruh ini, Ratna meminta dirinya dipertemukan dengan Ketum Gerindra yang juga Capres 02, Prabowo Subianto.

Said yang bergerak cepat, langsung meneruskan informasi Ratna kepada ajudan Prabowo bernama Dani, berikut foto-foto wajah lebam Ratna.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jokowi Minta TKD Gorontalo Luruskan Fitnah dan Isu Hoaks

Liputan6.com, Gorontalo – Calon presiden petahana, Joko Widodo atau Jokowi meminta Tim Kampanye Daerah (TKD) Gorontalo tak lagi menggelar pertemuan-pertemuan formal.

TKD disarankan untuk memperbanyak kampanye dari rumah ke rumah atau langsung bertatapan dengan warga dalam rangka menjelaskan visi misi calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Sampaikan mengenai visi kita, program kita,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada TKD Gorontalo di Hotel Maqna Gorontalo, Kamis 28 Februari 2019.

Selain itu, Jokowi meminta TKD Gorontalo meluruskan fitnah yang beredar bahwa jika dirinya kembali terpilih sebagai Presiden maka azan tak bisa lagi dikumandangkan di Tanah Air. Demikian dengan fitnah lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang disebut-sebut bakal dilegalkan oleh Jokowi.

Counter mengenai isu-isu, fitnah-fitnah yang merugikan kita baik elektabiltas capres cawapres agar masyarakat betul-betul mengerti,” ujarnya.

Lebih lanjut, TKD Gorontalo didorong untuk memaparkan kepada masyarakat sejumlah keberhasilan pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla dalam bidang infrastruktur.

2 dari 3 halaman

Kawal Suara

Jokowi mengatakan, seluruh kader dan caleg partai pendukung Jokowi-Amin maupun relawan juga harus bergerak cepat mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di Pilpres 2019.

Khusus untuk pemilih lanjut usia, kata dia, TKD Gorontalo perlu memberikan pemahaman lebih agar mereka mengenal siapa capres dan cawapres yang bertarung di Pemilu kali ini.

“Dan tentu saja jangan lupa yang jadi saksi tetap mengawasi, mengawal suara itu. Jangan sampai hilang satu suara pun dari perjalanan TPS ke atas, ke atas. Betul-betul dikontrol, awasi, cek, apakah sesuai dengan angka yang kita dapatkan di TPS,” sambung Jokowi.


Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Akhir Pekan, IHSG Dibuka Menguat di 6.470

Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pagi ini. IHSG dibuka di level 6.470.

Sementara nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini berada di level Rp 14.100. Posisi dolar AS lebih perkasa dibanding posisi kemarin yang Rp 14.030.

Pada perdagangan pre opening, IHSG naik 25,272 poin (0,39%) ke 6.468,620. Indeks LQ45 juga menguat tipis 6,151 poin (0,61%) ke 1.022,027.

Membuka perdagangan, Jumat (1/3/2019), IHSG naik tipis 27,090 poin (0,42%) ke 6.470,438. Indeks LQ45 naik 6,173 poin (0,04%) ke 1.012,272.

Pada pukul 09.05 waktu JATS, IHSG melanjutkan pelemahan dengan penurunan 36,895 poin (0,57%) ke 6.480. Indeks LQ45 juga naik 8,874 poin (0,88%) ke 1.006,087.

Sementara itu, indeks utama bursa saham AS ditutup dalam teritori negatif pada perdagangan hari Kamis. Indeks Dow Jones turun 0.27%, S&P melemah 0.28% dan Nasdaq tertekan 0.29%.

Penurunan indeks terjadi pasca rilisnya data pertumbuhan ekonomi AS kuartal IV 2018 yang tercatat melambat menjadi 2.6% qoq lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 3.4%.

Adapun data indeks manufaktur dari Fed Kansas menunjukkan terjadi kontraksi yang cukup berisiko dimana indeks manufaktur negatif 4 dari sebelumnya positif 2.

Sementara itu, dari Bursa saham China yakni indeks Shanghai mengalami penurunan 0.44% seiring rilisnya data NBS manufacturing PMI bulan Februari yang di level 49.2 turun dari sebelumnya di level 49.5, serta data Non Manufacturing PMI bulan Februari di level 54.3 juga menurun dari sebelumnya di level 54.7.

Perdagangan bursa saham Asia mayoritas bergerak merah pagi ini. Berikut pergerakannya:

  • Indeks Nikkei 225 naik 178,801 poin ke 21.563
  • Indeks Hang Seng bertambah 58,01 poin ke 28.691
  • Indeks Komposit Shanghai turun 3,320 poin ke 2.937
  • Indeks Strait Times naik 4,370 poin ke 3.217

(fdl/fdl)