Marko Simic Segera Bergabung Kembali dengan Persija

Jakarta – Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic, bakal segera kembali bergabung dengan Tim Macan Kemayoran. Kabar menyejukkn ini pun mendapata tanggapan positif dari Ivan Kolev.

Dalam dua pekan ke depan, setelah ada hasil putusan sidang kasus hukum yang dijalani Marko Simic di Australia, mesin gol Persija itu akan kembali ke Jakarta. Kabar tersebut pun disambut baik oleh Ivan Kolev yang tengah mempersiapkan tim untuk Piala AFC 2019 dan Liga 1 2019.

“Kembalinya Marko Simic ke skuat Persija tentu bagus. Kita semua mengetahui kualitasnya sangat bagus dalam membantu tim, terutama untuk Liga 1 2019 mendatang,”ujar Kolev, Kamis (11/4/2019).

Ivan Kolev pun berharap Marko Simic bisa kembali ke skuat Persija dalam kondisi bugar. Tidak bertanding selama dua bulan tentu membuat Marko Simic akan mengalami penurunan kualitas fisik.

“Saya harap Simic bisa mempersiapkan diri terutama masalah kebugaran. Saya harap ia kembali Persija juga lebih percaya diri. Mampu adaptasi dengan tim juga dan mampu langsung memberikan kontribusi ke tim,”tutupnya.

Berita video momen Bepe (Bambang Pamungkas) gagal memaksimalkan peluang emas untuk menyelamatkan Persija Jakarta dari kekalahan di Piala AFC 2019.

Legenda Fiorentina Ingin Bergabung dengan Dewan Klub

“Aku sudah pergi selama 20 tahun, tetapi cinta itu selalu ada di sana. Aku tidak bisa menjelaskan bagaimana rasanya dengan kata-kata. Sejujurnya saya tidak punya,” katanya.

“Saya tidak mengharapkan hal seperti itu, bahkan jika Florence mencintaiku,” kata mantan striker Argentina, yang baru berusia 50 tahun, kepada wartawan.

“Pada satu titik saya merasakan tanggung jawab mewakili Florence di seluruh dunia. Pajangan kasih sayang ini membalas saya dengan sangat besar.

Beasiswa Chevening di Inggris Buka Agustus, Ini Caranya Bergabung

Liputan6.com, Jakarta – Berdasarkan informasi yang didapat dari perwakilan Inggris untuk Indonesia, beasiswa Chevening untuk tahun akademik 2020/2021 akan dibuka pada Agustus tahun ini.

Adapun pendaftaran untuk tahun akademik 2020/2021 akan dibuka melalui laman www.chevening.org/apply.

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa global pemerintah Inggris yang telah berjalan selama 35 tahun (sejak 1983). Lebih dari 1.700 orang Indonesia telah menerima Beasiswa Chevening selama periode itu.

Chevening memberi siswa kesempatan untuk belajar untuk gelar Master atau gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan Magister (S-2) di Inggris.

Program ini menargetkan mereka yang berpotensi untuk menjadi pemimpin, pembuat keputusan dan pembentuk opini di Indonesia yang akan memberikan kontribusi positif bagi masa depan Indonesia.

Menurut informasi yang didapatkan dari perwakilan Inggris untuk Indonesia, dalam keterangan tertulis yang Liputan6.com terima, Minggu (3/3/2019), Chevening terbuka untuk siapa saja yang telah menyelesaikan gelar S1 mereka dan memiliki setidaknya 2 tahun pengalaman kerja. Program itu juga disebut tidak memiliki batasan umur.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Penerima Beasiswa Chevening Kembali ke Tanah Air

Sementara iitu, Wakil Kepala Misi Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Rob Fenn, menyambut kepulangan 66 mahasiswa Indonesia dan dua warga negara timor Leste di Jakarta. Mereka telah kembali dari studi Master yang sepenuhnya didanai oleh Program Beasiswa Pemerintah Inggris Chevening.

Penyambutan dilakukan bertepatan dengan peringatan 35 tahun Chevening di Indonesia, yang dimulai pada tahun 1983 dan saat ini telah terdapat 1.700 alumni Chevening di seluruh Indonesia dan Timor Leste.

“Merupakan kehormatan besar bagi kami (pemerintah Inggris) untuk bekerja sama dengan orang-orang muda yang luar biasa ini, yang akan menjadi pemimpin di bidang pilihan mereka suatu hari nanti,” kata Rob Fenn dalam keterangannya pada Kamis 28 Februari 2019.

“Hari ini (Kamis) saya telah bertemu dengan siswa yang mengesankan dari berbagai bidang akademik: dari perubahan iklim; hukum dan hak asasi manusia; ekonomi dan jasa keuangan; untuk media dan komunikasi, dan di beberapa universitas terbaik di Inggris,” lanjutnya.

Sejumlah alumni diklaim telah menjadi pemimpin terkemuka di bidangnya, menggunakan pendidikan yang didapatkan selama di Inggris sebagai bekal untuk memberi manfaat bagi rakyat Indonesia.

“Kami menyambut para alumni ini menjadi klub eksklusif yang terdiri dari 1.700 Alumni Chevening Indonesia, yang termasuk tokoh-tokoh top dalam bisnis, politik, polisi, dan media,” tambah Fenn.

Dapat Kenaikan Pangkat, Sani Rizki Tak Lupakan Rekan di Timnas U-22

Liputan6.com, Jakarta Anggota Brimob Polda Metro Jaya dan Anggota Timnas U-22 Indonesia, Sani Rizki Fauzi mendapatkan kenaikan pangkat. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Polda Metro Jaya dengan prestasi Sani Rizki yang membawa Timnas U-22 juara di Piala AFF 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Metro, Argo Yuwono menyampaikan pihaknya dan para pimpinan Polri bangga akan keberhasilan Sani bersama Timnas U-22.Berkat prestasinya, Sani pun akan mendapatkan kenaikan pangkat.

“Informasi dari manajer akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa,” ujar Argo di Mako Brimob Kwitang, Jakarta, Jum’at (1/3/2019).

Mendengar hal tersebut, Sani yang juga hadir di Mako Brimob Kwitang sempat meneteskan air matanya karena terharu. Ia mengatakan, kemenangan ini juga berkat kerjasama dari seluruh temannya di Timnas U-22.

“Kami selalu bertekad satu sama lain, untuk selalu memotivasi rekan-rekan satu tim semua agar bisa memberikan hasil yang maksimal, dan alhamdulilah di pertandingan final kemarin kami berjuang keras dan hasilnya pun maksimal,” ujar Sani.

Ayah Sani, Edi Riyadi (49) yang ikut menemani Sani pun menyampaikan rasa syukurnya akan kenaikan pangkat yang akan diterima anaknya itu.

“Ya mudah-mudahan saya harapkan dari anak saya ada rizki lebih saya bisa punya rumah sendiri, itu cita-cita saya. Dan mudah-mudahan anak saya dikasih rizki yang banyak, umur yang panjang, dan mudah-mudahan tambah lagi semangat di bidang olahraganya, apalagi dalam masa tugasnya itu,”ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pilihan Tepat

Manajer Timnas U-22, Sumardji menambahkan, sejak awal ia memang ingin mengorbitkan bintang sepakbola berlatarbelakang Polri. Ia menanggap, dirinya tidak salah pilih untuk melatih Sani.

“Alhamdullilah saya berikan kepercayaan penuh kepada Sani ketika dia berlatih dengan disiplin, terlebih ketika dia secara khusus bersama-sama dengan ofisial saya berikan tanggung jawab penuh kepada Sani untuk debut pertamanya ketika lawan Kamboja,” ucap Sumardji.

Sani Rizki menyumbang satu gol saat Timnas U-22 menang 2-1 atas Thailand di final Piala AFF. Sedangkan satu gol kemenangan Timnas U-22 lainnya dicetak oleh Osvaldo Haay.

3 dari 3 halaman

Seleksi 2016

Pemain Bhayangkara FC itu mengikuti seleksi kepolisian pada 2016 saat Polri dan TNI memberikan kesempatan kepada pemuda berprestasi yang memiliki talenta di berbagai bidang, salah satunya olahraga untuk bergabung di institusinya.

“Jadi bukan hanya Sani saja. Ada banyak (anggota Polri berprestasi) di bidang sepakbola, bola voli, judo, sepak takraw, dan di cabor lain juga diberikan peluang besar, ini bentuk reward dari Polri kepada pemuda-pemudi yang berprestasi di bidang olahraga, maupun di bidang lainnya,” ucap Dedi.

Sani Rizki menjadi salah satu pemain kunci pada laga final Piala AFF U-22 yang digelar di Olympic Stadion, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam lalu. Dia menjadi pencetak gol pertama untuk tim Garuda Muda U-22.

Gol Sani pun membawa Timnas Indonesia U-22 mengimbangi Timnas Thailand yang unggul lebih dulu di babak kedua. Timnas Indonesia membalikkan keunggulan lewat gol sundulan Osvaldo Haay di menit 63. Skor 2-1 bertahan hingga menit akhir sekaligus memastikan kemenangan untuk tim Garuda Muda Indonesia.

Rajai Asia Tenggara, Ini 8 Negara Grab Beroperasi hingga Jadi Decacorn

Liputan6.com, Jakarta – Grab akhirnya dinobatkan menjadi startup yang meraih status decacorn pertama di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, decacorn adalah sebutan startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar.

Valuasinya bisa 10 kali lipat lebih besar dibandingkan unicorn, tetapi 10 kali lipat di bawah hectocorn.

Sepak terjang Grab menyabet status decacorn tentu tidaklah mudah. Sebelum mendominasi Asia Tenggara, perjalanan startup yang awalnya bernama GrabTaxi ini cukup panjang.

Hingga kini, Grab telah beroperasi di delapan (8) negara di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan juga Vietnam.

Dominasi Grab di Asia Tenggara, juga dibuktikan dari keputusan perusahaan mengakuisisi operasional Uber di Asia Tenggara.

Melalui penggabungan bisnis ini, Grab berambisi menjadi platform mobile online-to-offline (O2O) nomor satu di Asia Tenggara sekaligus menjadi pemain utama dalam bisnis layanan pesan-antar-makanan.

Grab juga akan mengambil alih operasional dan aset Uber di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai bagian dari akuisisi, Uber akan memiliki 27,5 persen saham di Grab dan CEO Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung dengan dewan direksi Grab.

2 dari 4 halaman

Valuasi Grab

Saat ini, valuasi Grab sudah mencapai US$ 11 miliar. Grab sendiri menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, serta hiburan digital.

Dengan filosofi terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Sebelumnya, startup yang berbasis di Singapura itu baru saja masuk dalam daftar perusahaan paling inovatif. Dikutip dari Business Insider, Grab berada di urutan kedua perusahaan paling inovatif.

3 dari 4 halaman

Kalahkan Apple dan Alibaba

Perusahaan ini bahkan mengalahkan perusahaan teknologi lain, seperti Apple dan Alibaba. Sekadar informasi, daftar perusahaan inovatif ini dirilis oleh Fast Company, majalah bisnis asal Amerika Serikat.

Grab juga dinobatkan sebagai perusahaan nomor satu untuk kategori transportasi.

Berdasarkan penuturan Fast Company, Grab terpilih menjadi dua besar perusahaan paling inovatif karena dianggap sudah mengubah kehidupan ratusan juta orang.

Menurut majalah tersebut, Grab berhasil mengoperasikan sistem yang kompleks menjadi transaksi sederhana tidak hanya untuk pengguna, tetapi juga merchant yang bergabung.

Adapun peringkat pertama diberikan pada Meituan Dianping, aplikasi asal Tiongkok.

Aplikasi sewa dan pengiriman ini dilaporkan sudah melayani 27,7 miliar transaksi selama enam bulan tahun lalu.

Grab sendiri menyambut baik laporan tersebut. Co-founder Grab Tan Hooi Ling, menuturkan pihaknya merasa rendah hati karena sudah diakui inovasinya bersama dengan perusahaan global lain.

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap 10 Perusahaan Paling Inovatif

Untuk mengetahui daftar lengkap 10 besar perusahaan inovatif versi Fast Company, berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum daftarnya.

1. Meituan Dianping

2. Grab

3. NBA

4. The Walt Disney Company

5. Stitch Fix

6. Sweetgreen

7. Apeel Sciences

8. Square

9. Oalty

10. Twitch

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Eha Pedagang Starling Nyaleg Diketawain Teman-temannya

Cilegon – Pencalegan Eha Soleha (44) sempat dianggap sinting oleh para pedagang di pasar induk Kranggot, Cilegon. Ia dianggap nekat dan membuat orang tak percaya karena dianggap tak punya modal.

“Oh, caleg kentir (sinting). Banyak yang bilang gitu orang pasar, ledek-ledekan. Biasa caleg kentir. Saya nggak tersinggung biasa aja,” kata Eha saat berbincang dengan detikcom di Cilegon, Banten, Jumat (1/3/2019).

Pedagang kopi keliling alias Starbuck Keliling (Starling) mengakui bahwa memang sebelumnya ia tidak punya pengalaman di dunia politik. Namun, karena diajak seorang anggota partai PPP menjadi caleg untuk DPRD Cilegon, ia tertarik dan mau bergabung. Apalagi, waktu itu ia tidak diminta sepeser pun untuk mendaftar di dapil 1 kecamatan Cibeber-Cilegon nomor urut 6.

Begitu pedagang di pasar tahu bahwa ia jadi caleg, Eha bahkan diminta datang ke dukun atau orang pintar. Eha dianggap tak mungkin menang kecuali ada keajaiban.

“Pergi sana ke orang pinter biar disulap. Ya saya menghormati saja orang pasar,” kata Eha yang juga pernah mengenyam pendidikan D3 di Akademi Bahasa Asing di Jakarta.

Sahriah, sesama pedagang di pasar Kranggot awalnya berpikir pengakuan pencalegan Eha sebagai guyonan. Namun, begitu temannya itu menyebarkan striker sampai kartu nama ke pedagang-pedagang, mereka baru yakin dan malah memuji keberaniannya.

“Saya pikir bercanda. Kaget begitu bener. Hebat lah saya dukung aja,” kata Sahriah.

Sesama pedagang yang lain pun terkejut. Apalagi, di stiker Eha terlihat cantik karena make up.

“Kaget banget, apalagi pas lihat fotonya cantik. Dikasih stiker dikira muka camat, ternyata bener baru percaya. Semoga menang namanya juga pedagang sering becanda,” kata sesama pedagang bernama Musdalifah menimpali.

(bri/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tinggalkan MU, Rossi Jalani Trial di LA Galaxy

Liputan6.com, Manchester – Giuseppe Rossi akhirnya meninggalkan MU setelah sempat berlatih bersama beberapa waktu terakhir. Amerika Serikat menjadi tujuan baru eks pemain Setan Merah tersebut.

Rossi sempat digadang-gadang sebagai salah satu pemain dengan segudang talenta pada usia mudanya. Manchester United (MU), yang kala itu diasuh Sir Alex Ferguson, lalu membajaknya dari skuat muda Parma pada tahun 2004.

Sayangnya, ia gagal menembus skuat utama. Bersama The Red Devils, ia hanya mampu mengantongi lima penampilan saja di Premier League. Alhasil, ia harus bergonta-ganti klub guna mendapatkan kesempatan bermain yang lebih.

Rossi sempat menemukan performa terbaiknya bersama Villarreal. Tapi, cedera parah yang dialaminya membuatnya harus tersingkir dari klub asal Spanyol itu pada tahun 2013. Setelah mondar-mandir di tim lain, ia akhirnya berakhir tanpa klub di tahun 2018 lalu.

Pada Januari 2019, ia sempat turut serta dalam sesi latihan MU yang diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer. Kehadirannya di tempat latihan memantik rumor soal dirinya bergabung dengan The Red Devils untuk sisa musim ini.

Namun tak lama berselang, kabar tersebut ditampik langsung oleh Solskjaer. Alhasil, Rossi pun kembali terluntang-lantung mencari klub baru untuk melanjutkan kiprahnya di dunia sepak bola.

2 dari 2 halaman

Ke LA Galaxy

Lama tak terdengar kabar soal dirinya, hingga rumor soal masa depannya kembali muncul baru-baru ini. Rossi disebut sedang melakoni masa percobaan dengan klub yang berbasis di kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Menyusul unggahan di Instagram yang menunjukkan dirinya sedang terbang ke Amerika, La Gazzetta dello Sport mengklaim bahwa Rossi akan segera bergabung dengan LA Galaxy. Di klub tersebut, ia bisa dipasangkan dengan mantan penyerang MU, Zlatan Ibrahimovic.

Namun media lainnya, The Athletic, menebar laporan yang berbeda. Disebutkan bahwa pria berumur 32 tahun tersebut akan melakoni sesi percobaan bersama rival sekota LA Galaxy, yakni Los Angeles FC.

Klub yang bermarkas di Banc of California Stadium itu tak memiliki nama-nama mentereng. Meskipun demikian, mereka tetap mampu mencatatkan torehan apik dengan finis di peringkat tiga klasemen Grup B Major League Soccer dengan koleksi 57 poin.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

ONE Championship Rilis Jadwal Lengkap Pertarungan One: A New Era di Jepang

Liputan6.com, Jakarta – ONE Championship resmi merilis daftar pertarungan yang akan menghiasi ajang ONE: A New Era yang akan digelar di Jepang, 31 Maret 2019. Ini akan menjadi ajang bersejarah karena pertama kalinya gelaran ONE Championship dihelat di Negeri Sakura.

Duel pemegang gelar ONE Championship Lightweight World Champion Eduard “Landslide” Folayang asal Filipina lawan legenda seni bela diri asal Jepang dan mantan Juara Dunia Shinya “Tobikan Judan” Aoki akan jadi headline utama ini. Pertarungan memang pasti ditunggu-tunggu.

Pasalnya, ini merupakan pertarungan ulang keduanya. Pada bulan November 2016, Folayang merebut gelar Juara Dunia Kelas Ringan ONE dari Aoki melalui TKO di ronde ketiga, namun ia harus menyerahkan sabuk tersebut kepada Martin Nguyen setahun kemudian.

Bulan November lalu, Nguyen melepaskan gelarnya dan petarung Filipina tersebut mengklaim mahkota juara tersebut dengan kemenangan angka dominan setelah lima ronde saat melawan petarung spesialis knockout asal Singapura, Amir Khan.

Selain itu, ada juga duel-duel seru para juara dunia melawan para penantangnya. Sebut juara ONE Championship Lightweight World Champion, Aung La n Sang yang akan berhadapan dengan petarung tuan rumah, Ken Hasegawa.

2 dari 3 halaman

Panda vs Angela Lee

Sementara pada laga utama tambahan pertama, pemegang gelar ONE Women’s Strawweight World Champion “The Panda” Xiong Jing Nan akan mempertahankan sabuk juaranya melawan ONE Women’s Atomweight World Champion “Unstoppable” Angela Lee.

Sementara itu, Indonesia juga turut mengirim seorang petarungnya, Anthony Engelen. Atlet yang bernaung di bawah Bali MMA blasteran Indonesia-Belanda ini akan berhadapan lawan juara dunia BJJ Garry “The Lion Killer” Tonon dari Amerika Serikat.

Anthony sendiri, sebelumnya menelan kekalahan dari Kwon Won Il dalam ajang ONE Championship: Eternal Glory yang digelar di Jakarta awal tahun ini. Kini, dia tentu berniat untuk kembali mendapatkan momentum kemenangan setelah ia kembali bergabung dengan ONE Championship pada tahun 2018.

Saat itu ia tampil apik dengan mengalahkan Meas Meul dan Jimmy Yabo, dalam ronde pertama, hanya berselang delapan hari.

3 dari 3 halaman

Daftar Pertarungan ONE: A New Era

Timnas Indonesia U-22 Bakal Mainkan Egy di Kualifikasi Piala AFC?

Jakarta – Kabar gembira didapat timnas Indonesia U-22 untuk menghadapi kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Pasalnya, Garuda Muda mungkin diperkuat Egy Maulana Vikri.

Egy Maulana Vikri merupakan satu dari tiga pemain yang mendapatkan panggilan mengikuti pemusatan latihan sebelum Piala AFF U-22 2019. Bersama Ezra Walian dan Saddil Ramdani, Egy tak bisa bergabung karena tak mendapatkan izin dari klub yang dibelanya. Ketiga pemain itu memang berkiprah di luar negeri.

Setelah timnas Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019, pelatih Indra Sjafri merencanakan langsung menggelar pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020 mulai Sabtu (2/3/2019).

Indra Sjafri rencananya akan memanggil tujuh pemain baru untuk melengkapi skuat Garuda Muda menjadi 30 orang yang mengikuti pemusatan latihan.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan ketiga pemain yang berkiprah di luar negeri dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 jelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut baru Egy Maulana Vikri yang sudah dipastikan bakal bergabung.

“Kami sudah bersurat dengan klub-klub Egy, Ezra, dan Saddil bermain. Egy sudah dikonfirmasi akan datang sekitar 3 atau 4 Maret. Sementara Ezra dan Saddil, kami masih dalam proses komunikasi lebih lanjut,” ujar Ratu Tisha Destria setelah penyambutan Timnas Indonesia U-22 di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu malam (27/2/2019).

“Harapannya, tentu mereka semua bisa bergabung dalam pemusatan latihan kali ini. Turnamen kualifikasi ini masuk dalam kalender FIFA, jadi tentu akan sangat penting bagi kami untuk melakukan persiapan. Dilihat nanti bagaimana perkembangannya,” lanjut Tisha.

Pemusatan latihan timnas Indonesia U-22 digelar mulai 2 Maret selama kurang lebih tiga pekan ke depan. Tim Garuda Muda akan tampil dalam kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan bergabung di Grup K, bersama Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Kisah Pilu Ayah Gantikan Wisuda Almarhumah Anak: Dia 3 Kali Gagal Sidang

Jakarta – Kisah seorang ayah menggantikan almarhumah putrinya yang wisuda di UIN Ar-Raniry, Aceh viral dan membuat haru. Sang ayah, Bukhari, dengan tegar mengambil ijazah Rina Muharrami. Bukhari menuturkan momen itu.

Bukhari berkisah, pada saat wisuda digelar pada Rabu (27/2/2019) kemarin, dirinya pagi-pagi dihubungi seorang dosen. Dia diminta datang ke kampus lebih cepat karena tidak ada undangan layaknya orang tua lain.

Tiba di UIN Ar-Raniry, Bukhari bertemu sang dosen. Dia ditemani masuk ke tempat wisuda dan bergabung bersama tamu undangan lain.

“Waktu itu bapak dosen itu sudah bilang agar saya mengambil ijazah Rina. Menurut beliau sayang kan ijazah tidak diambil,” kata Bukhari dengan mata berkaca-kaca saat ditemui rumah duka di Desa Cut Rumpun, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Kamis (28/2).

Jelang prosesi wisuda digelar, Bukhari kembali diberi tahu tata caranya. Saat mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Tarbiyah dipanggil, Bukhari ikut maju.

Pria berusia 59 tahun itu ikut berbaris bersama wisudawan lainnya untuk naik ke panggung. Saat wisudawan lainnya bertoga, Bukhari memakai kemeja lengan panjang dan peci. Dia lalu menerima ijazah Rina lalu bersalaman dengan rektor dan dekan di atas panggung. Bukhari juga dipeluk lalu mendekap erat ijazah putrinya itu dan turun dari panggung.

“Saat bersalaman itu, pak Rektor bilang ‘sabar pak, sabar’. Itu yang membuat saya haru sampai keluar air mata,” jelas pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan tersebut.

Usai menerima ijazah, air mata Bukhari tak terbendung terlebih kala melihat semua orang menangis. Bukhari sempat minta langsung pulang, tapi dicegah.

Kisah Pilu Ayah Gantikan Wisuda Almarhumah Anak: Dia 3 Kali Gagal SidangFoto: Ayah gantikan almarhumah anak saat wisuda (Dok. UIN Ar-Raniry)

Menurut Bukhari, putrinya Rina mulai mengalami sakit beberapa hari menjelang sidang. Putri sulungnya dibawa ke rumah sakit oleh teman-teman kampusnya karena tiba-tiba demam.

Beberapa jam di rumah sakit Zainal Abidin Banda Aceh, dia dibolehkan pulang. Esok harinya, Rina kembali kuliah seperti biasa.

“Rina tiga kali gagal sidang karena sakit dan akhirnya dia sidang pada tanggal 24 Januari. Dua hari usai sidang, dia kembali sakit dirawat di Puskesmas Blang Bintang karena kembali demam,” ungkap Bukhari.

Empat malam dirawat di rumah Puskesmas, dokter membolehkannya pulang. Namun tiba di rumah, kondisi Rina agak berlainan. Malam itu, dia sudah tidak tidur.

Pihak keluarga membawa Rina ke Rumah Sakit Meuraxa, Banda Aceh. Usai diinfus, Rina koma selama tiga hari sampai akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Selasa 5 Februari pagi.

“Hasil diagnosa dokter dia menderita tipes. Tapi menurut dokter penyakitnya diperparah karena Rina beban sehingga menyerang otaknya,” beber Bukhari.

“Selama hidup, dia anak cerdas dan tidak pernah membebankan orang tua. Dia gak pernah mengeluh,” ungkap Bukhari didampingi istrinya Nur Bayani (48).
(agse/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>