Puji Donald Trump, Wapres AS: Kepemimpinan Luar Biasa Hebat

Liputan6.com, Munich – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence menegur ketidakkompakan dukungan negara-negara Uni Eropa atas isu di Iran dan Venezuela.

Di saat bersamaan, dia juga menolak usulan Kanselir Jerman Angela Merkel untuk memasukkan Rusia dalam upaya kerja sama global, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Minggu (17/2/2019).

Menyebut hasil kepemimpinan Donald Trump sebagai “luar biasa hebat”, Pence berujar di hadapan para pejabat senior Eropa dan Asia bahwa Uni Eropa harus mendukung pengunduran diri AS dari perjanjian nuklir Iran, dan mengakui pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, sebagai presiden setempat.

“AS lebih kuat dari sebelumnya, dan Amerika memimpin di panggung dunia sekali lagi,” kata Pence kepada para pejabat di Konferensi Keamanan Munich, seraya menyebut AS sukses menerapkan kebijakan luar negerinya, mulai dari Afghanistan hingga Korea Utara.

Sebelumnya, para pemimpin Eropa bermasalah dengan retorika Donald Trump, yang mereka katakan tidak menentu dan mengganggu. Hal tersebut utamanya merujuk pada keputusan presiden AS ke-45 itu, untuk menarik diri dari perjanjian nuklir Iran –yang disepakati pada 2015– dan menuduh Teheran terus mengembangkan bom nuklir.

Tetapi Pence –yang selama kunjungannya ke Polandia menuduh Inggris, Jerman dan Prancis merusak sanksi AS terhadap Iran– mengulangi permintaannya agar kekuatan Eropa menarik diri dari kesepakatan tersebut.

“Rezim Iran secara terbuka mendukung Holocaust, dan mereka mencari cara untuk mencapainya,” ujar Pence, yang juga mengunjungi kamp konsentrasi Nazi Auschwitz.

“Sudah tiba waktunya bagi mitra Eropa kami untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran yang menghancurkan, dan bergabung dengan kami membawa tekanan ekonomi dan diplomatik,” lanjutnya mengajak.

Sementara itu, dalam upaya mendorong kebijakan Donald Trump yang mendukung negara berdaulat, Pence mengatakan: “sekali lagi dunia lama dapat mengambil sikap yang kuat dalam mendukung kebebasan di dunia baru”.

“Hari ini kami menyerukan Uni Eropa untuk melangkah maju demi kebebasan dan mengakui Juan Guaido sebagai satu-satunya presiden Venezuela yang sah,” katanya, menyebut Nicolás Maduro sebagai diktator yang harus mundur.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Tanggapan Kanselir Jerman

Pidato Wapres Pence terlihat kontras dengan apa yang disampikan kanselir Jerman Angela Merkel, tentang pembelaannya atas perdagangan luar negeri dan hubungan dengan Rusia, serta ajakan untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah-masalah global.

Berbicara di depan Pence, Merkel mempertanyakan apakah keputusan AS untuk meninggalkan kesepakatan nuklir Iran dan menarik diri dari Suriah adalah cara terbaik untuk mengatas pengaruh Teheran di Timur Tengah.

Merkel juga membela rencana pembangunan jalur pipa gas alam baru dari Rusia ke Jerman yang kembali dikecam oleh Pence.

Sebelumnya, pemerintahan Trump menuduh Jerman sebagai “tawanan” Rusia karena bergantung pada sumber energi yang berasal dari Negeri Beruang Merah.

“Jika selama perang dingin … kami mengimpor gas Rusia dalam jumlah besar, saya tidak tahu mengapa jika saya berkata bahwa ini lebih buruk: Rusia tetap menjadi mitra kami,” bela Merkel secara sarkas.

Selama sesi tanya jawab pada KTT terkait, Merkel menambahkan bahwa akan salah jika mengecualikan Rusia secara politis, meski Pence menyebut Washington “meminta pertanggungjawaban Rusia” atas anekasi Krimea dari Ukraina pada 2014 lalu.

“ecara geostrategis, Eropa tidak memiliki minat untuk memutuskan semua hubungan baik dengan Rusia,” kata Merkel.

Di lain pihak, Wapres Pence juga menyampaikan pesan Trump tentang kritik terhadap surplus Jerman terhadap neraca perdagangannya dengan AS, dan mengancam akan mengenakan tarif pada industri otommotif negara ekonomi terbesar Eropa itu sebagai balasannya.

“Jika itu dipandang sebagai ancaman keamanan bagi Amerika Serikat, maka kami terkejut,” kata Merkel, mengundang tepuk tangan dari hadirin.

“Kami bangga dengan (industri mobil kami), banyak yang diproduksi di AS dan diekspor ke China,” lanjutnya kembali mengundang tepuk tangan.

Pemilih Luar Negeri Bisa Pakai 3 Metode untuk Gunakan Hak Pilih

JakartaKPU mengatakan pemilih Luar Negeri dapat memilih tiga metode untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019. Tiga metode tersebut antara lain melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS), kotak suara keliling, dan pos surat.

“Tiga metode pemilihan, TPS, Kotak Suara Keliling dan Pos, tergantung kondisi di masing-masing negara,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, di Gudang logistik KPU Komplek Pergudangan Zoodia, Jl Husein Sastranegara, Kota Tangerang, Minggu (17/2/2019).

Arief mengatakan bila pemilih bertempat tinggal dekat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) maka pemilih dapat menggunakan hak pilihanya dengan mendatangi TPS di KBRI. Namun bila pemilih memiliki tempat tinggal jauh dari KBRI maka KPU akan menggunakan kotak suara keliling untuk mendatangi tempat pemilih.
“Kalau warga negaranya tinggal semua berdekatan dengan kantor KBRI, maka kita hanya gunakan TPS. Tetapi kalau ada warga negara Indonesia yang tinggal disatu komunitas tertentu jauh dari kantor KBRI, dia tidak bisa datang maka kita gunakan kotak suara keliling,” ujar Arief

Sedangkan bagi pemilih yang bertempat tinggal tersebar di banyak daerah, KPU akan mengirimkan surat suara via pos. Arief mengatakan pihaknya telah menyiapkan perlengkapan berupa perangko hingga amplop bagi pemilih tersebut.

“Tapi kalau tersebar dibanyak tempat dan jauh jauh kita kirim by pos. Nanti dikirim balik dan kita siapkan amplopnya, kita siapkan perangkonya. Pokonya dia tinggal buka pilih lalu ditutup lagi kirimkan,” ujar Arief.

Dia mengatakan opsi pemilihan ini telah ditentukan oleh masing-masing pemilih. Menurutnya, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah lebih dulu mendata cara apa yang akan digunakan pemilih gunakan.

“Nah sebetulnya cara menentukan itu juga dipilih oleh mereka sendiri, jadi kita buat daftarnya kita beri opsi mau gunakan langsung ke TPS, mau by post atau bergabung di kotak suara keliling,” tuturnya.
(dwia/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mauro Icardi Diklaim Capai Kesepakatan dengan Juventus

Liputan6.com, Milan – Sejak awal musim, Mauro Icardi santer bakal meninggalkan Inter Milan. Hal ini diindikasikan dari alotnya proses pembicaraan kontran baru penyerang asal Argentina itu di Giuseppe Meazza.

Baru-baru ini, Inter Milan mengambil keputusan besar. Inter mencopot ban kapten dari tangan Mauro Icardi sehingga dia tak bersedia tampil saat menghadapi Rapid Vienna.

Mauro Icardi kabarnya menolak bermain untuk Inter karena sudah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk pindah ke Turin. “Saya rasa Inter tahu bahwa Icardi sudah mencapai kesepakatan dengan Juventus,” ujar Valer De Maggio kepada Radio Kiss Kiss.

2 dari 3 halaman

Sudah Terendus

Dalam pengamatan De Maggio, Inter Milan memutuskan untuk mencopot ban kapten Icardi dengan pertimbangan matang. Ia menilai bahwa kehadiran Giuseppe Marotta yang merupakan mantan Direktur Juventus di manajemen Inter membuat mereka memahami situasi Icardi sebenarnya.

“Inter adalah klub yang besar dan Marotta adalah seorang direktur yang hebat. Mereka tidak akan melakukan itu [mencopot ban kapten Icardi] tanpa alasan yang tidak masuk akal.”

3 dari 3 halaman

Sudah Sepakat

Menurut De Maggio, pencopotan bak kapten bukan satu-satunya alasan Icardi tak mau bermain melawan Rapid Vienna. Sang jurnalis percaya Icardi sudah sepakat bergabung dengan Juventus sehingga ia sudah enggan berkomitmen bersama Inter.

“Saya merasa Inter melakukan keputusan yang besar dengan mencopot status kaptenya. Bagi saya pribadi, saya percaya Icardi sudah mencapai kesepakatan dengan Juventus.” tandasnya.

Inter Milan kabarnya menuntut bayaran sebesar 110 juta Euro bagi Juventus jika mereka benar-benar meminati Icardi.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

De Jong Bakal Cocok di Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Frenkie De Jong akan bergabung dengan Barcelona musim depan. Pelatih Ernesto Valverde yakin sang pemain akan cocok dengan permainan Barcelona. 

Barcelona sudah mencapai kesepakatan untuk menggaet Frenkie De Jong dari Ajax. Bahkan raksasa La Liga itu harus membayar mahal untuk mendapatkan gelandang 21 tahun itu.

Mahar De Jong mencapai 65 juta pounds. Dengan transfer sebesar itu, Barca mampu mengalahkan banyak klub besar Eropa untuk mendapatkan tanda tangan De Jong.

Akan tetapi, pemain asal Belanda itu tidak langsung bergabung dengan rekan-rekan barunya di Camp Nou. De Jong baru akan bergabung dengan Barcelona mulai musim depan.

2 dari 2 halaman

Yakin

Valverde merasa cukup yakin dengan kemampuan yang dimiliki De Jong. Meski datang dari Belanda, sang pemain diyakini tak butuh waktu lama untuk bisa langsung klik dan memberikan yang terbaik di klub barunya.

“Dia adalah pemain yang berkomitmen, tidak pernah menyerah dengan bola, menghadapi lawan dengan baik, mengambil tanggung jawab penting mengingat betapa muda dia. Saya pikir dia akan sangat cocok di klub,” kata Valverde kepada Barca Blaugranes.

Sumber Bola.net

Barcelona Ingin Rakitic Bertahan

Liputan6.com, Jakarta Masa depan Ivan Rakitic di Barcelona menyisakan tanda tanya besar Pelatih Barca Ernesto Valverde ingin Rakitic tetap di Nou Camp.

Rakitic sudah menjadi salah satu pemain penting Barcelona sejak direkrut dari Sevilla pada musim panas 2014. Gelandang asal Kroasia itu sejauh ini sudah mencatatkan 248 penampilan di semua kompetisi bersama Blaugrana. 

Kontrak Rakitic bersama Barcelona saat ini masih berlangsung sampai 2021. Namun Barcelona dikabarkan masih belum punya keinginan untuk menambah masa bakti Rakitic.

Situasi tersebut membuat masa depan Rakitic di Barcelona menjadi tidak jelas. Apalagi sang pemain belakangan ini dihubungkan dengan dua tim asal Inggris, Manchester United dan Chelsea.

Valverde sendiri menegaskan bahwa Rakitic menjadi pemain yang sangat penting di Barcelona. Ia berharap pihak klub bisa tidak melepas sang pemain di bursa transfer.

“Klub akan melakukan apa yang dirasa nyaman untuk memiliki salah satu skuat terbaik di dunia,” kata Valverde kepada Barca Blaugranes.

“Rakitic adalah bagian yang sangat penting dari tim, tetapi begitu juga para pemain lain, terutama yang bermain secara teratur.

“Jadi kita lihat saja, tapi saya yakin klub akan melakukan apa yang harus dilakukan.”

2 dari 2 halaman

De Jong

Barcelona sudah mencapai kesepakatan untuk menggaet Frenkie De Jong dari Ajax. Gelandang 21 tahun itu baru akan bergabung dengan Barca mulai musim depan.

Kedatangan De Jong jelas akan membuat lini tengah Barca semakin padat. Apalagi, mereka juga sudah merekrut Arturo Vidal dan Arthur Melo pada musim panas lalu.

Dengan kedatangan De Jong, Rakitic disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang akan dilepas Barcelona. Barca kabarnya bersedia menjual Rakitic untuk memberikan ruang kepada De Jong.

Sumber Bola.net

Subunit GOT7 Jus2 Gelar Showcase di Indonesia, Ini Harga Tiketnya

Liputan6.com, Jakarta – Setelah JJ Project, GOT7 kini memiliki subunit baru beranggotakan dua orang yang diberi nama Jus2. Kali ini, member yang bergabung adalah JB dan Yugyeom.

Yang istimewa, Jus2 tidak hanya menggelar tur showcase di Korea Selatan saja, melainkan beberapa negara. Indonesia, ternyata menjadi salah satu negara yang dikujungi duo ini.

Informasi showcase Jus2 di Indonesia, telah dikabarkan secara resmi oleh promotor acara ini, MecimaPro, melalui akun Twitter resmi mereka, Jumat (15/2/2019) kemarin.

Jus2 PREMIERE SHOWCASE TOUR in JAKARTA, Sunday April 21 2019 at Nusantara Hall, ICE BSD,” begitu isi pengumumannya.

2 dari 3 halaman

Harga Tiket

Tak hanya itu, diinformasikan pula harga tiket showcase Jus2, dalam tiga kelas yang disediakan. Yang termurah adalah Yellow seharga Rp 900 ribu, serta Green dan Blue yang masing-masing dibanderol Rp 1,6 juta dan Rp 2,2 juta.

Seluruhnya, adalah tiket dengan tempat duduk yang ditandai dengan nomor bangku.

Tiket untuk member MecimaPro akan mulai dijual pada 17 Februari 2019 pukul 9 WIB. Sementara penjualan untuk umum dimulai dua jam kemudian di Indotix dan Palemtiket.

3 dari 3 halaman

Rilis Videoklip 4 Maret

Selain di Jakarta, Jus2 juga akan menggelar showcase di Makau, Taipei, Tokyo, Osaka, Bangkok, dan Singapura. Duo ini akan debut merilis videoklip mereka pada 4 Maret mendatang, dan mini album Jus2 akan diluncurkan sehari setelahnya.

Jubir Gedung Putih Ditanyai Soal Dugaan Intervensi Rusia dalam Pilpres AS

Washington DC – Sekretaris Pers yang juga juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengakui dirinya telah ditanyai oleh penyidik pada kantor Penasihat Khusus Robert Mueller. Hal itu menjadi bagian dari penyelidikan dugaan keterkaitan antara tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Rusia.

Diketahui bahwa Mueller hingga kini masih terus menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pilpres AS tahun 2016 yang dimenangkan oleh Trump.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (16/2/2019), pengakuan Sanders soal ditanya penyidik kantor Mueller itu pertama kali dilaporkan oleh CNN pada Jumat (15/2) waktu setempat.

“Presiden mendorong saya, sama seperti yang dia lakukan terhadap semua orang dalam pemerintahan, untuk bekerja sama secara penuh dengan Penasihat Khusus. Saya senang untuk secara sukarela duduk bersama mereka (penyidik-red),” ucap Sanders kepada CNN.
Tidak disebut lebih lanjut oleh Sanders soal kapan dia ditanyai penyidik kantor Mueller. Namun laporan menyebut wanita berusia 36 tahun itu ditanyai pada waktu bersamaan saat penyidik kantor Mueller menanyai John Kelly, yang menjabat Kepala Staf Gedung Putih sebelum mundur pada Desember 2018.

Diketahui bahwa Sanders mulai menjabat sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih sejak Juli 2017. Sebelumnya dia bergabung tim kampanye Trump dalam pilpres 2016 sebagai salah satu penasihat.

Badan-badan intelijen AS menyatakan Rusia mencampuri pilpres tahun 2016 dalam upaya menguntungkan Trump dan merugikan rivalnya, Hillary Clinton, capres dari Partai Demokrat.

Mueller sebagai Penasihat Khusus menghabiskan waktu 20 bulan terakhir untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pilpres 2016 dan dugaan kolusi antara tim kampanye Trump dengan Rusia. Semakin lama penyelidikan Mueller itu semakin memfokuskan pada Trump dan orang-orang dekatnya.

Terlebih diketahui bahwa Mueller juga menyelidiki dugaan yang menyebut Trump berupaya menghalang-halangi penyelidikan kasus ini.

Otoritas Rusia sendiri telah berulang kali menyangkal melakukan intervensi dalam pilpres AS. Sedangkan Trump yang kerap menyebut penyelidikan kantor Mueller sebagai ‘witch hunt‘, telah membantah semua tuduhan.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Henhen, Bintang Muda Persib Awali Karier dengan Sepatu Buatan Sendiri

Liputan6.com, Bandung – Bintang muda Persib Bandung, Henhen Herdiana, bercerita tentang perjalanan awal karier sepak bolanya. Bek kanan ini menuturkan, dia mengawali karier dengan penuh perjuangan.

Henhen, 23 tahun, bahkan harus memulai karier dengan sepatu sepak bola buatannya sendiri.

“Saat SD, mungkin kelas 6 atau 5 ada sepatu kulit, saya ganti bawahnya. Bagian bawah sepatu saya beli dan dilem kemudian dijahit sendiri. Kuat juga, lama terpakai walau kurang nyaman,” kata Henhen di situs resmi Persib.

Henhen menuturkan, keluarganya memang hidup sederhana. Maka itu, membeli sepatu bola pun menjadi hal yang susah, lantaran untuk keperluan sehari-hari pun mereka harus berjuang.

Cukup lama, Henhen, yang jebolan akademi sepak bola Persib, mengenakan sepatu buatannya sendiri itu. Bahkan, saat bergabung dengan sebuah sepak bola, dia pun masih mengenakannya.

2 dari 3 halaman

Sepatu Bola Pertama

Sampai akhirnya, sang ayah membelikannya sebuah sepatu baru. Ketika itu, kebetulan sang ayah punya rezeki, dan membelikan Henhen sepatu bola pertamanya. Harganya, Rp 200 ribu.

Henhen pun senang bukan kepalang, sepatu itu terus dia pakai hingga hancur.”Sepatu sampai jebol. Saya masih pakai sepatu itu sampai rusak. Sampai sekarang saya pakai sepatu merek yang sama,” ungkap Henhen.

3 dari 3 halaman

Bersyukur

Maka itu, saat ini, Henhen menyebut dirinya sangat bersyukur karena masa-masa sulit itu sudah dia lalui. Dia pun mengambil banyak hikmah dari pengalamannya di masa lalu.

Kini, Henhen mengaku lebih peduli terhadap sepatu.

Kenangan-kenangan masa lalu tersebut, kata Henhen selalu memotivasinya, sebelum akhirnya dia bergabung dengan Persib.

2 Ujung Tombak Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengumumkan skuat Piala AFF 2019, Rabu (14/2/2019). Dia hanya membawa dua striker murni. 

Pada awal Januari 2019, Indra Sjafri memanggil 38 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22. Dalam daftar tersebut, sebanyak delapan nama diantaranya merupakan penyerang.

Namun, seiring perkembangannya, nama-nama tersebut dikerucutkan menjadi dua penyerang.

Ezra Walian tidak mendapatkan izin dari klubnya RKC Waalwijk, adapun Septian Satria Bagaskara (Persik Kediri), Yoga Pratama (PSIM Yogyakarta), Beni Oktaviansyah (Kalteng Putra), dan Dalmiansyah Matutu (Arema FC) dicoret.

Otomatis slot penyerang murni yang dibawa Indra Sjafri ke Piala AFF 2019 tersisa dua nama yakni Marinus Wanewar (Persipura Jayapura) dan Dimas Djarad (PS Tira Persikabo). Jumlah yang harus dikorbankan Indra Sjafri karena memutuskan untuk membawa lebih banyak pemain tengah.

Marinus dan Dimas diproyeksi menjadi ujung tombak skuat Timnas Indonesia U-22. Asumsinya adalah mereka tidak banyak bergerak dan tinggal melakukan penyelesaian akhir di depan gawang lawan.

Pada tiga laga uji coba jelang Piala AFF 2019, peran keduanya memang tidak terlalu mencolok. Beberapa kali mendapatkan peluang, namun penyelesaian akhirnya belum sempura.

Hanya Marinus yang pada uji coba terakhir mampu mencetak gol ke gawang Madura United sekaligus menghindari Timnas Indonesia U-22 dari kekalahan.

2 dari 3 halaman

Marinus Wanewar

Pemain Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, mengamati instruksi saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (15/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama lengkap: Marinus Maryanto Wanewar

Tempat dan Tanggal Lahir: Sarmi, Papua, 24 Februari 1997

Tinggi badan: 181 cm

Posisi: Penyerang

Klub: Persipura Jayapura

Marinus merupakan produk asli binaan akademi Persipura Jayapura. Pada 2016, Marinus mendapatkan kepercayaan tampil di skuat reguler.

Persaingan yang ketat di lini depan Persipura akhirnya membuat Marinus dipinjamkan ke Bhayangkara FC pada 2018. Bersama The Guardian, pemain berusia 21 tahun itu sukses mencetak tiga gol dalam 18 laga.

3 dari 3 halaman

Dimas Drajad

Pemain Timnas Indonesia U-22, Dimas Drajad, mengamati rekannya saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (15/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Nama Lengkap: Muhammad Dimas Drajad

Tempat dan Tanggal Lahir: Gresik, 30 Maret 1997

Tinggi Badan: 178 cm

Posisi: Penyerang

Klub: PS Tira Persikabo

Dimas Drajad memulai kariernya sebagai pesepak bola dengan bergabung di akademi Deportivo Indonesia, Persegres Gresik United, dan PS TNI. Namanya kemudian melejit setelah bergabung dengan PS Tira pada Liga 1 2018.

Pemain berusia 21 tahun itu tampil sebanyak 20 pertandingan dan sukses mencetak empat gol. Dimas Drajad juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-19 periode 2013-2016 dan tampil sebanyak 20 pertandingan dengan sumbangan 12 gol.


Sumber: Bola.com

Nadeo Argawinata Masih Mungkin Balik ke Timnas Indonesia U-22

Jakarta – Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata termasuk salah satu pemain yang tidak masuk skuat Timnas Indonesia U-22 untuk Piala AFF U-22 2019. Namun, Nadeo masih punya peluang memperkuat tim di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada 22-26 Maret 2019.

Setelah melewati tiga laga uji coba jelang berangkat ke Piala AFF U-22 2019, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memutuskan 23 nama yang dibawanya ke Kamboja. Indra Sjafri membawa tiga penjaga gawang, yaitu Awan Setho, Satria Tama, dan Muhammad Riyandi.

Nadeo Argawinata dipastikan tercoret dari Tim Garuda Muda di Piala AFF U-22 2019. Namun, penjaga gawang yang memiliki jam terbang cukup tinggi bersama Borneo FC pada Liga 1 2018 itu masih punya kesempatan kembali ke Tim Garuda Muda dalam waktu cepat.

“Seperti yang sudah sering saya katakan. 40 pemain yang sudah didaftarkan kemarin itu bisa saja kembali dipanggil untuk kualifikasi Piala AFC. Ada yang mungkin dipanggil, ada yang mungkin tidak dipanggil,” ujar pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

Hal tersebut dibenarkan pelatih kiper Timnas Indonesia U-22, Hendro Kartiko. Menurut legenda Timnas Indonesia itu, Nadeo masih berpeluang kembali bergabung setelah Piala AFF U-22 2019.

“Ya Nadeo masih punya kesempatan. Saya juga berharap di kesempatan nanti setelah Piala AFF, Nadeo bisa dipanggil lagi dan dia datang dengan sudah memperlihatkan peningkatan,” ujar Hendro Kartiko.

Seusai Piala AFF U-22 2019 yang digelar mulai 17 hingga 26 Februari 2019, Timnas Indonesia U-22 akan kembali berkumpul untuk melakukan pemusatan latihan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Timnas Indonesia U-22 akan mengikuti turnamen kualifikasi tersebut yang digelar di Vietnam pada 22 hingga 26 Maret 2019.

Sumber Bola.com