Tak Lolos SNMPTN, Siswa Bisa Masuk UNJ Lewat Berbagai Jalur

Bamsoet Ajak Anggota DPR RI Taat Lapor Pajak
Sejumlah kereta Mass Rapid Transit (MRT) berjajar di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (20/2). MRT Jakarta akan segera dioperasikan pada Maret 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Artis peran Steve Emmanuel menjalani sidang perdana dugaan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (21/3). Steve Emmanuel ditangkap polisi pada 21 Desember 2018 di Kondominium Kintamani, Mampang, Jaksel. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mendorong siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tak perlu cemas dan khawatir menghadapi persaingan revolusi industri 4.0.  
Dua hakim konstitusi membaca sumpah jabatan di depan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani membesuk istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono. (foto: dokumentasi Demokrat)

TKN Jokowi: Ma’ruf Amin Paham Berbagai Persoalan, Beliau Ulama

Jakarta – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menyebut sang cawapres akan tampil mengejutkan di debat cawapres malam ini. Hasto bicara soal sosok Ma’ruf sebagai ulama.

“Nanti penampilan Kiai Ma’ruf dalam simulasi yang dilakukan sangat mengejutkan. Beliau memahami berbagai persoalan rakyat karena sebagai ulama selalu bisa menjawab persoalan rakyat,” kata Hasto di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Dia mengatakan Ma’ruf akan menampilkan diri sebagai sosok ulama. Hasto menyebut Ma’ruf memahami berbagai persoalan bangsa.
“Ini yang akan tampil sosok beliau sebagai ulama, sosok sebagai pengayom seluruh masyarakat Indonesia. Seluruh persoalan sudah biasa dikonsultasikan ke Kiai Ma’ruf. Dari persoalan keluarga, fikih, sampai ekonomi rumah tangga,” ujar dia.
Hasto pun optimistis Ma’ruf bakal mengungguli sang rival, Sandiaga Uno. “Sangat optimis,” ucap Hasto.

Debat ketiga ini nantinya akan membahas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Debat ini akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom.
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Serba-serbi Termometer, Instrumen Pengukur Panas dan Berbagai Jenisnya

Jakarta – Suatu waktu, mungkin Anda atau anak, keluarga serta orang terdekat terserang demam. Hal yang lumrah dilakukan selanjutnya adalah menempelkan tangan ke kepala orang yang merasa demam tersebut.

Yang bisa dikatakan oleh yang memeriksa kondisi orang yang sakit itu akan terbatas pada suhu tubuhnya panas atau dingin. Atau anda akan mengatakan bahwa pada siang hari yang terik, Anda akan mengatakan bahwa cuacanya sedang panas. Hal yang berbeda akan Anda katakan saat minum segelas es teh. Anda akan berujar minuman itu dingin.

Nah kemampuan manusia hanya akan terbatas pada hal-hal yang bersifat kualitatif, panas atau dingin. Sesuatu akan dikatakan panas apabila memiliki suhu tinggi, dan sebaliknya akan dikatakan dingin apabila memiliki suhu rendah.

Hal ini tentu akan merepotkan apabila menyangkut dengan urusan medis. Karena panas atau dingin akan sangat relatif, dan tidak bisa digunakan sebagai parameter kondisi kesehatan seseorang sedang baik atau sedang sakit. Oleh karena itu, untuk mengukur suhu dari sesuatu dibutuhkan sebuah instrumen yang dapat mengetahui kondisi panas atau dingin tersebut. Alat inilah yang disebut dengan termometer.

Mungkin banyak dari kita belum tahu bahwa termometer asal katanya merupakan dari bahasa Yunani. Dalam bahasa itu, kata termometer terdiri dari dua kata yaitu thermos dan meter. Thermos memiliki makna panas dan meter memiliki makna mengukur. Jadi termometer merupakan suatu alat atau instrumen untuk mengukur derajat panas dari sesuatu.

Nah, termometer ini ada beragam jenis dan beragam fungsinya. Termometer konvensional memiliki prinsip kerja memanfaatkan pemuaian dari zat cair. Sebuah termometer yang diisi zat cair dipastikan memiliki sifat termometrik. Sifat ini adalah sifat yang membuat zat cair tersebut berubah karena suhu. Termometer paling konvensional akan diisi dengan 2 jenis zat cair yaitu alkohol atau raksa. Dua jenis zat cair ini memiliki sifat termometrik yang paling baik dibandingkan zat cair lainnya misalnya air.

Dengan adanya perubahan bentuk zat cair ini, dapat diketahui perubahan suhu dari sesuatu yang diukur dengan menambahkan skala. Ada beberapa skala yang lazim digunakan di dunia yaitu celcius (C), Kelvin (K), reamur (R), dan Fahrenheit (F). Di indonesia sendiri, satuan suhu paling lazim untuk digunakan adalah celcius.

Termometer Air Raksa dan Termometer Alkohol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, termometer memiliki jenis dan fungsi yang beragam. Tulisan kali ini akan menerangkan mengenai jenis-jenis termometer yang ada dan populer penggunaannya di indonesia. Termometer dapat digolongkan dalam beberapa jenis, tergantung dari sudut manakah kita ingin menggolongkannya. Apabila digolongkan berdasarkan prinsip kerja, kita akan mengenal termometer zat cair, termometer bimetal, termometer hambatan, dan termokopel. Mari pertama kita bahas mengenai termometer yang digolongkan berdasarkan zat cair yang dipakainya. Apabila melihat jenis zat cair yang dipakai sebagai cairan termometer, kita akan mendapati 2 jenis termometer yaitu termometer air raksa dan termometer alkohol.

Kedua jenis termometer ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termometer air raksa akan lebih mudah dibaca karena air raksa memang memiliki sifat mengkilap. Termometer air raksa memiliki jangkauan pengukuran lebih luas yaitu dari suhu -39 derajat celcius sampai dengan 375 derajat celcius. Nah termometer ini memiliki tingkat pemuaian yang lebih teratur dan lebih sensitif sehingga cepat menyesuaikan apabila ada perubahan suhu. Kekurangan dari termometer air raksa adalah harganya yang relatif mahal. Belum lagi pada dasarnya raksa adalah zat yang beracun. Satu lagi kekurangan dari jenis termometer ini adalah tidak mampu mengukur suhu di bawah 40 derajat celcius.

Untuk termometer alkohol, kelebihannya adalah jangkauan ukurnya yang luas dari -114 derajat celcius sampai 78 derajat celcius. Berbeda dengan termometer air raksa yang lebih mampu mengukur suhu panas, termometer ini akan lebih mampu untuk mengukur suhu dingin. Termometer alkohol memiliki harga yang relatif lebih murah, sehingga jenis termometer ini bisa dimiliki masyarakat umum secara lebih mudah.

Termometer alkohol memiliki ketelitian yang lebih baik, karena untuk kenaikan suhu yang kecil, alkohol akan memiliki perubahan volume yang besar. Nah termometer jenis ini tentu memiliki kekurangan, yang pertama adalah titik didihnya yang rendah yaitu 78 derajat celcius yang berarti tidak dapat mengukur suhu yang tinggi. Alkohol pada dasarnya tidak memiliki warna, sehingga perlu untuk diberi warna agar dapat terlihat. Selanjutnya kekurangan dari alkohol adalah dia akan membasahi dinding sehingga susah dibaca.

Dari perbandingan di atas, termometer yang akan digunakan sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhannya. Apabila diperlukan untuk mengukur suhu yang tinggi, akan lebih baik menggunakan termometer air raksa, karena jangkauannya yang lebih luas untuk suhu tinggi. Apabila ingin mengukur suhu yang rendah, maka akan lebih baik menggunakan termometer alkohol karena jangkauan suhu rendahnya lebih baik. Selain termometer yang digolongkan berdasarkan zat cairnya, termometer akan digolongkan dari fungsinya.

Termometer Suhu Badan

Jenis termometer pertama yang digolongkan berdasarkan fungsinya adalah termometer suhu badan. Termometer suhu badan lazim digunakan untuk keperluan medis. Yang paling umum dipakai adalah termometer air raksa. Cara penggunaannya adalah dengan meletakkan termometer di bawah lidah atau di ketiak selama beberapa saat. Air raksa dalam pipa akan naik dan berhenti pada skala tertentu yang akan menunjukkan suhu badan Anda.

Kini seiring perkembangan zaman termometer suhu badan tidak lagi menggunakan air raksa melainkan menggunakan termometer inframerah. Cara kerja termometer inframerah adalah dengan mendeteksi adanya radiasi panas menggunakan sinar laser. Termometer inframerah ini dapat mengukur suhu dengan cukup diarahkan ke bagian tertentu saja misalnya kepala atau mulut tanpa harus menyentuh secara langsung. Termometer suhu badan inframerah ini jauh lebih praktis, sehingga kegunaannya lebih banyak menggeser fungsi termometer badan dari air raksa.

Termometer Maksimum-Minimum

Jenis termometer lainnya apabila digolongkan berdasarkan fungsinya adalah termometer maksimum-minimum. Termometer ini dipakai oleh badan meteorologi dan geofisika (BMKG). Termometer ini dapat memperkirakan suhu maksimum dan minimum dalam suatu daerah dalam jangka waktu tertentu. Termometer ini biasa disebut dengan termometer Six Belani, sesuai dengan penemu dari termometer ini.

Termometer ini menggunakan alkohol sebagai bahan termometriknya. Termometer jenis ini bekerja berdasarkan prinsip pemuaian. Apabila suhu di suatu tempat naik, alkohol dalam tabung akan memuai, sehingga mendesak permukaan raksa di kaki kiri. Desakan air raksa di kaki kiri akan mendesak permukaan air raksa di kanan, sehingga mendorong petunjuk baja maksimum pada angka tertentu. Hal yang sebaliknya akan terjadi apabila suhu turun. Dengan demikian, kita dapat mengetahui suhu maksimum pada petunjuk di kaki kanan termometer. Lalu pada penunjuk di kaki kiri dapat mengetahui suhu minimum dari benda yang kita ukur.

Termometer Dinding

Termometer jenis terakhir adalah termometer dinding. Termometer ini umum digunakan untuk mengukur suhu ruangan. Skalanya berkisar antara -50 derajat celcius sampai -50 derajat celcius. Suhu normal dari ruangan adalah 25 derajat celcius. (nwy/up)

Punya Kebiasaan Tidur Mangap? Waspadai Berbagai Dampak Buruk Berikut

Jakarta – Kebiasaan tidur dengan mulut terbuka alias mangap tidak cuma jelek kalau dilihat. Bila tidak diatasi, dalam jangka panjang juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tidur dengan mulut terbuka kadang-kadang memang tidak bisa dihindari. Dalam kondisi kelelahan yang teramat sangat, ditambah dengan efek gravitasi, seringkali rahang sulit dipertahankan pada posisinya saat tertidur sehingga mulut akan menganga tanpa disadari.

Hati-hati, terlalu sering tidur dengan posisi mulut mangap bisa memicu beberapa dampak sebagai berikut.

1. Merusak gigi
Efek tidur dengan mulut mangap bahkan diklaim lebih merusak gigi dibanding efek minuman bersoda. Aliran udara pernapasan di mulut menyebabkan mulut kering, saliva atau liur tidak bsia melindungi gigi dari pertumbuhan bakteri merugikan.

2. Bau mulut
Mulut kering adalah penyebab utama halitosis, atau orang awam menyebutnya bau mulut.

3. Cepat letih
Pernapasan melalui mulut memberikan suplai oksigen lebih sedikit ke paru-paru. Dampaknya, tubuh jadi lebih mudah letih sepanjang hari meski tidurnya sudah cukup lama.

4. Bibir pecah-pecah
Berkurangnya kelembapan rongga mulut menyebabkan kulit bibir mudah retak atau pecah-pecah. Untuk mengunyah jadi tidak nyaman, lalu berdampak pada gangguan nutrisi.

5. Deformitas
Perubahan bentuk dan struktur rongga mulut merupakan dampak ekstrem dari kebiasaan tidur mangap yang berlarut-larut. Terus menerus mangap dalam waktu lama membuat posisi gigi dan rahang berubah, lalu berdampak pada struktur lidah maupun bibir.

(up/wdw)

Daftar Harga Makanan Kucing Berbagai Ukuran Terbaru, Banyak Pilihannya

Liputan6.com, Jakarta Sejak dulu, kucing memang menjadi hewan peliharaan favorit. Selain tingkahnya yang lucu, kucing juga terkenal dengan bulunya yang lebat dan cantik. Ditambah dengan hadirnya sosial media. Kegemasan kucing menjadi virus positif saat dibagikan di laman sosial media.

Untuk memiliki kucing yang aktif dan sehat, pemiliknya harus memberi asupan makanan yang bergizi. Makanan yang asal diberikan dan jauh dari kata bergizi akan membuat kucing menjadi lemas karena berat badan menurun.

Alhasil, hewan berbulu indah ini tidak lagi bisa menghibur pemiliknya. Apalagi, jika kesehatannya sampai terancam. Untuk itu, merawat kucing peliharaan wajib menjadi perhatian utama sang pemilik, agar si kucing selalu sehat dan bisa menghibur.

2 dari 7 halaman

Perawatan Kucing Peliharaan

Perawatan kucing dapat berupa pemberian makan yang bergizi serta perawatan tubuh secara teratur. Misalnya, pemiliknya akan membawa si kucing ke klinik khusus hewan peliharaan untuk memandikannya atau memberinya vitamin.

Tindakan semacam itu memang harus dilakukan oleh ahli agar pemberian vitamin tidak salah kaprah. Sementara itu, makanan sehari-hari harus khusus disiapkan oleh pemilik karena pemilik tidak boleh selamanya bergantung pada dokter hewan maupun perawat di klinik. Terlebih lagi, makanan kucing dapat dengan mudah ditemukan di toko terdekat.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan daftar harga makanan kucing berbagai merk dan ukuran yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang punya peliharaan kucing di rumah, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019).

3 dari 7 halaman

Harga Makanan Kucing Merek Whiskas

Merek ini mungkin terdengar paling akrab di telinga banyak orang. Selain dapat ditemukan dengan mudah di minimarket maupun supermarket terdekat, Whiskas juga dijual dengan harga yang terjangkau. Jenis kemasan Whiskas yang sering dijual di toko adalah Whiskas Tuna ukuran 480 gram yang berada di kisaran Rp 35 ribu.

Selengkapnya, berikut daftar kisaran harga makanan kucing merek Whiskas:

1. Whiskas Dry Adult 1+ Rasa Mackerel 1,2 kg – Rp 70.200

2. Whiskas Pouch Junior 85gr Rasa Mackerel – Rp 79.100

3. Whiskas Pouch Junior 85gr Rasa Tuna – Rp 79.100

4. Whiskas Pouch 85gr Basah Rasa Grilled Saba – Rp 79.100

5. Whiskas Kaleng 400gr Rasa Tuna – Rp 42.000

6. Whiskas Ocean Fish 480gr – Rp 30 ribu

7. Whiskas Ocean Fish 1,4kg – Rp 70 ribu

8. Whiskas Ocean Fish 7kg – Rp 268 ribu

9. Whiskas Tuna 1,4kg – Rp 70 ribu

10. Whiskas Tuna 3,2kg – Rp 142 ribu

4 dari 7 halaman

Harga Makanan Kucing Merek Royal Canin

Merek Royal Canin dilengkapi dengan nutrisi untuk menjaga sistem imun, mendukung tumbuh kembang dan sistem kekebalan. Selain itu, makanan diracik sedemikian rupa agar lembut sehingga mudah dikunyah. Berikut adalah daftar harga makanan kucing merek Royal Canin:

1. Royal Canin Kitten 400gr – RP 55 ribu

2. Royal Canin Kitten 2kg – Rp 240 ribu

3. Royal Canin Kitten 10kg – Rp 950 ribu

4. Royal Canin Kitten Persian 400gr – Rp 65 ribu

5. Royal Canin Kitten Persian 2kg – Rp 260 ribu

6. Royal Canin Kitten Persian 10kg – Rp 1,100 juta

7. Royal Canin Mother Kitten 400gr – Rp 55 ribu

8. Royal Canin Kitten Hair & Skin 400gr – Rp 55 ribu

9. Royal Canin Kitten Hair & Skin 2kg – Rp 230 ribu

10. Royal Canin Kitten Hair & Skin 10kg – Rp 950 ribu

5 dari 7 halaman

Harga Makanan Kucing Merek Friskies

Merek Friskies adalah makanan kucing berbentuk kibble dengan rasa lezat dan padat akan nutrisi. Seperti merek lainnya, Friskies juga berupa makanan kering dan basah yang keduanya memiliki aroma dan rasa yang memikat. Selain itu, ada juga snack atau camilan sebagai salah satu produk Friskies. Selengkapnya, berikut kisaran harga makanan kucing merek Friskies:

1. Friskies Kitten 400gr – Rp 33 ribu

2. Friskies Kitten Chicken & Fish 1,2kg – Rp 66 ribu

3. Friskies Dewasa Ocean Fish 450gr – Rp 30 ribu

4. Friskies Dewasa Ocean Fish 1,5kg – Rp 68 ribu

5. Friskies Dewasa Ocean Fish 3kg – Rp 147 ribu

6. Friskies Dewasa Ocean Fish 7kg – Rp 297 ribu

7. Friskies Dewasa Tuna 1,5kg – Rp 68 ribu

8. Friskies Dewasa Tuna 7kg – Rp 297 ribu

9. Friskies 2in1 Gravy Coated 1,1kg – Rp 67 ribu

6 dari 7 halaman

Harga Makanan Kucing Merek Me-O

Merek Me-O dikhususkan untuk kucing yang memiliki bulu panjang seperti kucing Anggora dan Persia. Maka tak heran jika merek Me-O difokuskan untuk mencegah kerontokan pada bulu kucing Anda. Berikut adalah daftar harga merek Me-O:

1. Me-O Persian 1,5kg – Rp 70 ribu

2. Me-O Adult Semua Rasa 1,5kg – Rp 65 ribu

3. Me-O Kitten 1,5kg – Rp 63 ribu

7 dari 7 halaman

Harga Makanan Kucing Merek Pro Plan

Merek Pro Plan tidak hanya tersedia untuk kucing, lho. Pro Plan pun juga menyediakan makanan bernutrisi untuk anjing peliharaan Anda. Selengkapnya, berikut daftar harga makanan kucing merek Pro Plan:

Pro Plan Kitten 3,18kg – Rp 320 ribu

Pro Plan Dewasa 2,5kg – Rp 275 ribu

Pro Plan Dewasa 3,18kg – Rp 320 ribu

Pro Plan Dewasa 7,26kg – Rp 588 ribu

Pro Plan Tract 3,18kg – Rp 320 ribu

Setelah mengetahui daftar harga di atas, ada baiknya Anda juga menilik kandungan gizi yang terdapat dalam merek-merek tersebut. Anda tidak boleh hanya asal membeli produk makanan kucing dengan harga terjangkau, untuk kucing kesayangan Anda di rumah.

Kantong Plastik Berbayar Tingkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga menyampaikan dukungannya terhadap penerapan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG).

Dibanding dibiarkan tercecer menjadi limbah, dia mengatakan, Kementerian PUPR sudah berinisiatif mengolah kantong plastik sebagai bahan campuran aspal.

“Kami sangat mendukung. Kalau dulu saya di Balitbang (Kementerian PUPR) sudah proses kantong plastik dicacah bisa dicampur aspal dan perkuat campuran aspal. Istilahnya aspal plastik,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk diketahui, beberapa toko ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar mulai Jumat 1 Maret 2019 ini.

Danis melanjutkan, kantong plastik tetap tergolong sebagai benda yang tak aman bagi lingkungan. “Kalau secara klasifikasi barang tak aman bagi lingkungan seperti ember dan botol mineral, plastik kresek ini nomor 7,” sebutnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat agar lebih memilih membawa tentengan sendiri seperti goodybag saat berbelanja daripada membeli kantong plastik.

“Masalahnya bukan berbayar atau tidak, utamanya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bagaiman kurangi sampah plastik. Dengan bayar kan jadi mikir, lain kali saya bawa goodybag atau apa lah,” pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Mulai 1 Maret, Konsumen Bayar Kantong Plastik Minimal Rp 200 di Toko Ritel

Semua toko ritel modern akan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) mulai Jumat 1 Maret 2019.

Beberapa toko ritel tersebut di antaranya adalah Alfamart, Ramayana, SuperIndo, LotteMart, Informa, Electronic City, Matahari, AlfaMidi, Papaya, Yogya, Borma dan retail lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

Ketua Umum Aprindo, Roy Mande menyebutkan, pihaknya sebagai asosiasi resmi yang menaungi usaha ritel di Indonesia mengambil langkah tersebut sebagai salah satu upaya mendukung visi pemerintah pada 2025  yakni bisa mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik. 

“Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Aprindo menyatakan komitmen bersama untuk mengurangi kantong belanja plastik sekali pakai (kresek) di semua gerai-gerainya. Salah satu caranya adalah dengan kembali menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) secara bertahap mulai 1 Maret 2019,” kata Roy dalam acara konferensi pers di Kuningan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). 


Dia menegaskan, membuat kantong plastik menjadi barang dagangan adalah langkah nyata dari peritel modern untuk mengajak masyarakat agar menjadi lebih bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik sekaligus menanggulangi dampak negatif lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia.

Konsumen yang ingin menggunakan kantong plastik sekali pakai atau kresek akan dikenakan biaya tambahan sebesar minimal Rp 200 per lembarnya.

“Konsumen akan kita sarankan untuk menggunakan tas belanja pakai ulang yang juga disediakan di tiap gerai ritel modern,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bank Mandiri Guyur Promo Menarik di Japan Travel Fair 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, sebagai mitra resmi pendukung jalannya Japan Travel Fair 2019, persiapkan penawaran menarik bagi nasabah yang akan berlibur ke Jepang.

Hal ini dilakukan karena Jepang masih menjadi destinasi favorit bagi nasabah Bank Mandiri. Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri mengatakan, Bank Mandiri senantiasa memberikan penawaran menarik bagi nasabah yang bermimpi jalan-jalan ke Jepang.

“Jumlah transaksi kartu Mandiri di Jepang itu capai 37 persen pada tahun 2018. Karena banyak penggunanya, kami memutuskan untuk memberikan promo dan diskon kepada nasabah yang bermimpi berlibur ke Jepang,” ungkapnya di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Ada banyak keuntungan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit Bank Mandiri di pameran Japan Travel Fair 2019, di antaranya tiket dengan harga spesial dengan cashback hingga Rp 5 juta, program #spend&get hingga Rp 2 juta dan tiket Ed Sheeran.

Selain itu, cicilan 0 persen hingga 20 bulan, diskon hingga 50 persen dengan fiestapoin, Lelang Fiestapoin dengan Tiket PP ke Jepang dan masih banyak yang lainnya.

Japan Travel Fair 2019 ini diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka dan mulai dibuka hari ini dan berakhir pada 3 Maret 2019.

2 dari 2 halaman

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 820 Triliun

Sebelumnya, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyalurkan kredit sebesar Rp 820,1 triliun sepanjang 2018. Jumlah tersebut tumbuh 12,4 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Keuangan Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan, dari capaian itu, pembiayaan produktif perseroan tercatat sebesar Rp 558,7 triliun atau 77,71 persen dari portofolio.

“Kinerja ini pun kemudian berdampak pada kenaikan nilai aset konsolidasi perseroan menjadi Rp 1.202,3 triliun pada akhir tahun lalu,” kata Panji dalam acara paparan publik laporan keuangan, di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Senin 28 Januari 2019.

Panji menambahkan, peningkatan kredit produktif tercermin dari penyaluran kredit modal kerja (bank only) yang tumbuh 9,58 persen yoy menjadi Rp 334,12 triliun dan kredit investasi  yang mencapai Rp 224,6 triliun, naik 11,69 persen yoy.

“Pertumbuhan kredit tersebut terutama didorong oleh dua segmen utama, yakni Corporate dan Retail, terutama kredit micro dan consumer,” ujar dia.

Dia mengungkapkan pada 2018, pembiayaan segmen korporasi Bank Mandiri mencapai Rp 325,8 triliun, naik 23,3 persen yoy. 

“Khusus ke sektor infrastruktur, Bank Mandiri membukukan kenaikan pembiayaan (baki debet) yang signifikan sebesar 29,3 persen secara yoy menjadi Rp 182,3 triliun, atau 63,9 persen dari total komitmen Rp 285,4 triliun yang telah diberikan,” ungkapnya.

Dari realisasi itu, penyaluran sektor transportasi tercatat sebesar Rp 39,5 triliun, migas dan energi terbarukan Rp 36,6 triliun, tenaga listrik Rp 34,0 triliun, konstruksi Rp 20,9 triliun, jalan Rp 15,9 triliun, telematika Rp 14,7 triliun, perumahan rakyat & fasilitas kota Rp 10,0 triliun, dan infrastruktur lainnya sebesar Rp 10,8 triliun. 

Sementara itu, kredit segmen retail perseroan tumbuh 10,52 persen yoy menjadi Rp 246,6 triliun. Khusus segmen mikro, perseroan telah memberikan kredit senilai Rp102,4 triliun, tumbuh 23,0 persen dari tahun sebelumnya.

“Adapun kredit konsumer yang disalurkan Bank Mandiri pada tahun lalu mencapai Rp 87,4 triliun, atau tumbuh 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar dia.  

Sebagai realisasi komitmen pada tujuan pemerataan pembangunan, sepanjang 2018 Bank Mandiri telah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 17,58 triliun, atau mencapai 100,11 persen dari target. 

“Secara kumulatif, hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 65,91 triliun kepada lebih dari 1,25 juta debitur yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank Mandiri berkeinginan untuk menumbuhkan bisnis perseroan secara berkesinambungan dengan memperkuat struktur pendanaan melalui peningkatan dana murah, menjaga pertumbuhan biaya operasional serta penyaluran kredit yang lebih prudent baik di segmen Wholesale dan Retail,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga Lenovo A7000 Plus dan Spesifikasinya, Smartphone dengan Audio Gahar

Liputan6.com, Jakarta Lenovo memang lebih terkenal dengan produk laptop serta PC yang jadi andalannya. Pada 2013, Lenovo dinobatkan sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Bermarkas di Beijing, Lenovo awalnya merupakan perusahaan kecil bernama Legend atau dalam bahasa China ‘Lianxiang’ dan didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi.

Namun jangan salah, perusahaan ini juga mumpuni dalam membuat smartphone. Sejak Lenovo mengakusisi Motorola, mereka pun mulai memproduksi smartphone yang sampai sekarang diterima dengan baik di pasaran, termasuk di Indonesia.

Selain spesifikasinya yang menarik, harga smartphone Lenovo juga tergolong ramah di kantong. Salah satu yang menjadi daya tarik dari perusahaan ini adalah harganya yang cenderung di bawah pasar sehingga peminatnya cukup banyak. Dari sekian banyak produk yang dikeluarkan oleh Lenovo, A Series merupakan seri yang paling laris di Indonesia.

Salah satu A Series yang laku di pasaran ialah A7000 Plus. Smartphone yang memiliki konektivitas yang cepat ini mampu menarik para konsumen. Apakah kamu tertarik untuk memiliki Lenovo A7000 Plus? Sebelum membeli, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga Lenovo A7000 Plus dan spesifikasinya.

Tenang, pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus. Penasaran berapa harga harga Lenovo A7000 Plus di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut Liputan6.com rangkum harga harga Lenovo A7000 Plus dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Body Lenovo A7000 Plus

Desain Lenovo A7000 Plus terlihat ramping dengan dimensi 152.6 x 76.2 x 8 mm dan berat 140 g, membuat ringan untuk dibawa. Berkat lapisan warna doff pada bodynya membuat perangkat ini tidak licin saat dipegang.

Sementara untuk warnanya Lenovo A7000 Plus hadir dengan pilihan warna yang menarik yaitu hitam, putih dan kuning.

· Layar Resolusi Tinggi

Dengan layar 5.5 inchi dan Full HD, kamu bisa mendapatkan tampilan terbaik dari film, gambar, dan game dalam A7000-Plus.

Selain resolusi tinggi dan tingkat kecerahan tinggi layar selebar 5.5 inchi ini memiliki sudut pandang lebar mendekati 180 derajat. Hasilnya? Kamu pun bisa menikmati teks yang jernih, gambar yang tajam, dan warna yang lebih nyata, baik di dalam maupun di luar rumah kapan saja.

· Konektivitas

Lenovo A7000 Plus dibekali Prosesor Octa-Core 64-Bit MediaTek MT6753 dengan RAM 2GB akan menjamin performa kencang. Selain itu smartphone ini sudah 4G LTE dan dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, WiFi, dan GPS.

Ditambah dengan memori internal 16 GB, namun jika kamu merasa masih terlalu kecil bagi semua foto, video, dan musik koleksimu. Kamu bisa sematkan microSD hingga 32 GB pada A7000-Plus.

Perangkat ini juga telah didukung dengan USB-on-the-go untuk kemudahan berbagi data dan mengisi daya perangkat lain.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Kamera Berkualitas

Kamera A7000 Plus ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Kamera smartphone ini juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash untuk membantu pemotretan di tempat yang minim cahaya.

Tak hanya itu saja, kamera belakang C7 juga sudah diimbangi dengan seperti Aperture F/2.0, CMOS Sensor, Geo-tagging, Face detection, Digital zoom, HDR, ISO Setting, Autofocus, Touch Focus, Panorama, dan Digital Image Stabilization. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080p. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan A7000 Plus tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, kamera depan A7000 Plus 5 MP dibekali deteksi gerakan saat berfoto, seperti melambaikan tangan dan mengatakan ‘Cheese’. Untuk keperluan video call dan selfie, kamu bisa mengandalkan kamera depan ponsel pintar ini.

· Audio yang berkualitas

saat pakai headset untuk mendengarkan musik, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dari smartphone ini. Pasalnya, A7000 Puls ini dibekali Audio Dynamic Dolby Atmos yang membuat suara serasa terdengar di sekeliling kamu.

Baik secara horizontal namun vertikal. Semua itu adalah bagian dari desain audio 360 derajat, lengkap dengan 5 pengaturan mode equalizer yang dapat disesuaikan dengan selera ruang dengarmu.

· Baterai Besar

Kapasitas baterai besar dengan kapasitas baterai 3000 mAh, A7000 Plus sempurna untuk kamu tidak bisa lepas dari smartphone. Baik untuk media sosial, bermain game, hingga chatting, smartphone ini tidak akan mengecewakan kamu.

4 dari 4 halaman

Harga Lenovo A7000 Plus

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga Lenovo A7000 Plus dibanderol pada kisaran Rp 1.299.000. Harga Lenovo A7000 Plus biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus yang mungkin bisa menjadi referensimu.