Di Usia Berapa Kamu Bisa Punya Kartu Kredit?

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit jadi salah satu produk perbankan yang paling banyak digunakan setelah tabungan. Banyaknya keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit tentu menjadi salah satu penyebabnya.

Selain itu, produk yang satu ini juga memiliki akses yang sangat luas, bahkan diterima di berbagai negara di dunia. Jika melihat semua kelebihan ini, wajar saja bila banyak orang yang berniat untuk memilikinya.

Lalu, untuk usia berapa sebenarnya kartu kredit ini diperuntukkan? Sebagaimana produk perbankan lainnya, pihak bank juga punya aturan yang ketat terkait dengan kepemilikan kartu kredit.

Bukan hanya untuk orang dewasa yang telah bekerja dan punya penghasilan saja, kartu kredit juga bisa digunakan oleh anak-anak. Namun penggunaan kartu kredit oleh anak-anak ini tentu jadi hal yang patut dicermati, mengingat penggunaan produk ini juga memiliki sejumlah risiko cukup besar.

Usia pengakses kartu kredit ini bisa dibedakan dalam beberapa kategori, termasuk jenis kartu kreditnya juga. Simak ketentuan beberapa kategori usia yang dapat mengakses kartu kredit berikut ini, termasuk jenis kartunya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tanpa Batasan Umur untuk Dapatkan Kartu Kredit Virtual

Beberapa tahun terakhir, semua orang sudah bisa mengakses kartu kredit virtual, selama yang bersangkutan sudah memiliki rekening tabungan.

Kartu kredit virtual merupakan produk kartu kredit yang bisa diakses oleh setiap nasabah yang sudah punya rekening tabungan dan aktif menggunakan layanan internet atau SMS banking.

Meski tidak semua bank menyediakannya, namun umumnya bank pemerintah dan juga bank swasta nasional sudah menyediakan produk yang satu ini di dalam layanan mereka.

Sesuai dengan namanya, produk ini tidak memiliki bentuk fisik. Kartu kredit virtual bisa digunakan untuk berbagai transaksi online yang mudah dan cepat, sebagaimana layaknya pembayaran yang dilakukan dengan kartu kredit pada umumnya.

Hal ini tentu akan sangat membantu, terutama jika transaksi online yang dilakukan tersebut hanya bisa menggunakan kartu kredit saja.

Kehadiran produk yang tidak berbatas usia ini menjadi alternatif bagi anak-anak, bahkan orang dewasa yang sulit mengakses kartu kredit biasa/fisik.

Terkait dengan sistem dan juga aturan penggunaan kartu kredit virtual ini, setiap bank mungkin saja menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. Namun apapun sistem yang diterapkan, produk ini tentu layak jadi pilihan untuk berbagai transaksi pembayaran online yang lebih mudah dan nyaman.

Top 3: Kena OTT KPK, Berapa Harta Ketua Umum PPP Romahurmuziy?

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Jawa Timur, pada Jumat, 15 Maret 2019. Pemeriksaan terhadap orang nomor satu di partai politik itu masih dalam proses.

“Sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo, kepada Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

Lantas seberapa besar nilai kekayaan Romahurmuziy?

Seperti mengutip situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Jumat (15/3/2019), politikus yang biasa disapa Rommy itu terakhir kali melaporkan nilai kekayaannya pada 19 Maret 2010.

Itu berarti saat dirinya masih menjabat sebagai anggota DPR periode 2009-2014. Dia melaporkan jika memiliki harta sebesar Rp 11.834.972.656 yang terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

Informasi mengenai kekayaan Rommy menjadi artikel yang paling bikin penasaran pembaca. Lengkapnya berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Kena OTT KPK, Berapa Harta Ketua Umum PPP Romahurmuziy?

KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Jawa Timur pada Jumat, 15 Maret 2019. Informasi seputar Rommy menjadi perhatian pembaca termasuk jumlah kekayaannya.

Rommy melaporkan nilai kekayaannya sembilan tahun lalu. Kala itu total kekayaannya mencapai Rp 11.834.972.656 

Adapun rinciannya, dia memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan di berbagai daerah, seperti Bekasi, Jakarta, Tangerang Selatan, dan Sleman senilai total Rp 2.551.827.000.

Sementara untuk harta bergerak berupa kendaraan atau alat transportasi senilai Rp 775.500.000. Harta bergerak lainnya berupa perusahaan, yakni PT Dugapat Mas, senilai Rp 1.478.496.000.

Selengkapnya baca di sini!

Daftar Kota Layak Huni di Dunia, Jakarta Nomor Berapa?

Liputan6.com, Jakarta – Mercer mengeluarkan daftar tahunan kota dengan kelayakan hidup terbaik di dunia. Tahun ini kota Wina di Austria kembali menempati nomor wahid dan Baghdad, Irak berada di peringkat bawah.

Mercer menilai kualitas sebuah kota dari beragam aspek, mulai dari ekonomi, layanan publik dan transportasi, lingkungan, sosial-budaya, pendidikan hingga keamanan.

Pada daftar tahun ini, Mercer juga menilai keselamatan dan kemerdekaan personal, hubungan dengan negara lain, serta kemerdekaan pers ikut dinilai. “Keselamatan personal adalah fondasi stabilitas di kota, tanpa itu bisnis dan talenta tak bisa berkembang,” tulis Mercer.

Bagaimana dengan Jakarta?

Jakarta ada di peringkat 142 dari 231 kota di dunia. Peringkat Jakarta juga lebih rendah dari negara berkembang lain di ASEAN seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Peringkat Jakarta tercatat stagnan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data Mercer selama 5 tahun terakhir, peringkat tertinggi Jakarta berada di posisi 140 pada tahun 2015.

Setahun kemudian Jakarta turun peringkat ke nomor 142, kemudian turun lagi ke 143, dan kembali ke 142 pada tahun lalu hingga sekarang.

Kota ASEAN dengan kualitas hidup terbaik versi Mercer ialah Singapura di nomor 25, kota itu pun juga kota terbaik seantero Asia. Kota ASEAN yang peringkatnya di bawah Indonesia adalah kota dari Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Selengkapnya peringkat kota ASEAN di daftar Mercer, beserta 10 kota terbaik dan terburuk dunia.

Berapa Harga Pesawat Boeing 737 Max 8 yang Jatuh?

Jakarta – Pesawat Boeing jenis 737 Max 8 kembali menjadi sorotan, karena kurang dari 6 bulan, pesawat tersebut jatuh dua kali. Pertama jatuh pada Oktober 2018 dioperasikan oleh Lion Air. Terakhir, Ethiopian Airlines pun mengalami insiden yang sama menggunakan pesawat tipe ini.

Boeing jenis ini terhitung pesawat baru. Di Indonesia, ada dua maskapai yang mengoperasikan pesawat ini, yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air.

Menarik untuk diketahui, berapa harga pesawat berkapasitas 180 penumpang ini?

Dikutip dari situs Statista, Senin (11/3/2019), Boeing punya banyak jenis pesawat. Termahal adalah tipe 777-9, yang dijual rata-rata di harga US$ 442,2 juta atau setara Rp 6,19 triliun (kurs: Rp 14.000/dolar AS), dan termurah adalah tipe 737-700 yang dijual rata-rata US$ 89,1 juta atau setara Rp 1,2 triliun.
Nah, pesawat tipe 737 Max 8 dijual rata-rata dengan harga US$ 121,6 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun per unit.

Boeing tipe 737 adalah salah satu tipe pesawat Boeing paling laku. Sekitar 69 penjualan semua pesawat yang terjual di 2017 adalah tipe 737.

Seperti diketahui, pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines jatuh kemarin setelah 6 menit lepas landas dari Bandara Addis Ababa, Ethiopia menuju ke Nairobi, Kenya.

Sebanyak 149 penumpang dan 8 awak kabin dinyatakan tewas. Terlihat juga serpihan serta sejumlah benda yang diduga milik penumpang berserakan di lokasi kecelakaan. TV Pemerintah Ethiopia menyatakan para penumpang di dalam pesawat itu berasal dari 33 negara.

Pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh itu merupakan jenis yang sama dengan yang dipakai maskapai RI, Lion Air, yang jatuh Oktober 2018. Pesawat Lion Air kode registrasi PK-LQP itu disebut hanya terbang kurang lebih 13 menit sebelum terhempas ke lautan dan tak pernah sampai ke tujuannya, Pangkalpinang. (zlf/ang)

Lolos Seleksi Lowongan Kerja ‘Spesial’ BUMN, Berapa Gajinya?

Jakarta – Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan pekerjaan untuk 11.000 posisi. Lantas, berapa gaji yang ditawarkan bila calon pelamar lolos?

Menurut Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro, gaji yang ditawarkan kepada calon pelamar yang lolos berada di atas upah minimum regional (UMR). Selain itu, gaji tersebut juga ditambah dengan tunjangan hingga bonus.

Imam pun menilai tawaran gaji untuk calon pelamar sangat menarik untuk diambil.

“Di atas UMR lah pastinya. Ditambah kesejahteraan, bonus dan lain-lain. Menarik lah pokoknya,” kata dia kepada detikFinance, Sabtu (9/3/2019).

Selain itu, Imam mengungkapkan pendaftaran lowongan pekerjaan tersebut dibuka sampai dengan 17 Maret mendatang. Pendaftaran tersebut bisa dilakukan langsung di situs resmi penyelenggara rekrutbersama.fhcibumn.com.

Adapun, terdapat tiga tahapan dalam pendaftaran, yakni membuat akun, mengisi dan melengkapi data, terakhir memilih program rekrutmen, apakah jalur umum, reguler atau disabilitas.

Sementara tahapan seleksi lowongan juga dibagi menjadi tiga. Pertama seleksi administrasi, tes kemampuan dasar (TKD), dan seleksi bidang di BUMN pilihan masing-masing.

(eds/eds)

Gaji PNS Bulan Depan Naik 5%, Jadi Berapa ya?

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung soal rencana kenaikan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5%. Dia memastikan kenaikan itu akan diterapkan bulan depan.

Rencana kenaikan gaji PNS sebesar 5% sebenarnya sudah digaungkan pemerintah sejak tahun lalu. Jika jadi diterapkan lalu berapa kiranya kenaikan nominal yang bisa didapat PNS?

Mengutip aturan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, Rabu (12/12/2018), besaran gaji pokok PNS saat ini masih sama dengan tahun 2015.

Dalam peraturan itu disebutkan, gaji pokok PNS jabatan terendah atau golongan IA dengan masa kerja 0 tahun ialah sebesar Rp 1.486.500. Kemudian untuk golongan IIIA dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.456.700. Sedangkan untuk golongan tertinggi PNS atau golongan IVE masa kerja 32 tahun sebesar Rp 5.620.000.

Pemerintah sendiri akan menaikkan gaji pokok tersebut sebesar 5%. Bila demikian, maka gaji pokok saat ini akan ditambahkan 5% sesuai dengan keputusan pemerintah.

Bilang dihitung secara kasar, maka untuk gaji pokok golongan IA dengan masa kerja 0 tahun ialah sebesar Rp 1.486.500, kemudian bila ditambah 5% yang sebesar Rp 74.325 akan menjadi Rp 1.560.825.

Selanjutnya, untuk gaji pokok golongan IIIA dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp 2.456.700, kemudian ditambahkan 5% yang sebesar Rp 122.835 akan menjadi Rp 2.579.535.

Yang terakhir, untuk gaji pokok PNS jabatan tertinggi atau golongan IVE Rp 5.620.000, kemudian ditambahkan 5% sebesar Rp 281.000 akan menjadi Rp 5.901.000.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan rencana kenaikan gaji PNS itu saat meresmikan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Jokowi memastikan mulai April 2019, kenaikan gaji PNS akan berlaku. Sebagaimana yang telah direncanakan, kenaikan gaji PNS sebesar 5%. Kenaikan gaji ini akan dirapel mulai dari awal tahun, alias Januari 2019.

“Ini PP-nya (peraturan pemerintah) baru disiapkan. Saya kira ini Maret ini akan selesai sehingga awal April nanti sudah bisa diberikan kenaikan itu kepada bapak ibu sekalian, dirapel,” paparnya.

Gaji PNS Bulan Depan Naik 5%, Jadi Berapa ya?

(das/eds)

Berapa Harga Tiket MRT yang Pas di Kantong Warga DKI?

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan tarif untuk MRT dan LRT ke DPRD DKI Jakarta. Tarif untuk MRT dipatok Rp 10 ribu, sedangkan untuk LRT dipatok Rp 6 ribu.

Subsidi yang ditanggung Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 21.659 untuk MRT dan Rp 35.655 untuk LRT.

Lantas apakah tarif tersebut sudah terjangkau? disamping itu bagaimana beban pemprov menanggung subsidi yang diperlukan?

Untuk informasi selengkapnya, baca halaman selanjutnya.

(ang/ang)

Mobil Anti Peluru Milik Putri Diana Dilelang, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta – Mobil Rolls-Royce Silver Spur tahun 1987 yang pernah ditumpangi Putri Diana sedang dilelang. Kendaraan itu pernah mengantar Putri Diana ketika berkunjung ke Amerika Serikat (AS) pada tahun 1990.

Dilaporkan Driving, mobil Rolls-Royce itu berwarna hijau metalik dengan interior dilengkapi tan leather dan sunroof. Dan sebetulnya, mobil itu dipesan secara custom oleh oleh Kedutaan Besar Inggris untuk tur sang putri di AS.

Mobil ini dibuat di Inggris dan kemudian dikapalkan ke AS. Rolls-Ryoce ini pun tak dijual di rumah lelang mewah terkemuka, melainkan di tempat lelang mobil antik bernama Bring a Trailer.

Keaslian mobil dibuktikan lewat laporan Carfax, mulai dari sejarah pembelian, keaslian cat, serta tidak pernah mengalami kecelakaan. Situs lelang juga menunjukkan video ketika mobil ini dikendarai. 

Pada situs Bring a Trialer, ada foto-foto Putri Diana di mobil ini pada 4 Oktober 1990 ketika ia menghadiri acara amal Royal Gala Evening di Washington D.C., juga pada 5 Oktober 1990 ketika berkunjung ke Grandma’s House yang menampung anak-anak dengan HIV positif.

Armored 1987 Rolls-Royce Silver Spur ini pernah ditumpangi Putri Diana. Dok: Bring a Trailer

Julukan Putri Diana sebagai Queen of Heart (Ratu Hati) juga tercermin lewat aksinya di dalam mobil ini, yakni ketika ia mengajak salah satu gadis kecil penghuni Grandma’House untuk naik ke dalam mobil.

Mobil ini dibeli pemilikinya dari pemerintah Inggris pada tahun 2007. Rolls-Royce ini akan dilelang hingga tanggal 6 Maret 2019, dan hingga saat ini telah ditawar seharga USD 45 ribu atau Rp 635 juta (USD 1 = R[ 14.130).

2 dari 2 halaman

Catatan Manis Rolls-Royce di 2018, Mulai SUV Baru dan Torehan Penjualan

Tahun lalu, Rolls-Royce mencapai angka penjualan tertinggi. Produsen mobil mewah asal Inggris mencatatkan penjualan sebanyak 4.107 mobil.

Merek yang berada di bawah bendera BMW Group ini berhasil mendistribusikan produknya ke 50 negara. Salah satu faktor utama yang terjadi pada 2018 adalah peluncuran SUV mewahnya, Rolls-Royce Cullinan.

“2018 merupakan tahun tersukses buat Rolls-Royce. Kami sangat fokus pada apa yang diminta konsumen,” ujar Rolls-Royce Motor Cars CEO, Torsten Muller-Otvos seperti disitat dari Paultan.

Pengharapan pabrikan yang bermarkas di Goodwood Inggris adalah pencapaian yang lebih baik lagi di 2019. “Tim kami berdedikasi tinggi untuk membuat produk yang terbaik di dunia. Semuanya punya keahlian untuk memproduksi barang mewah,” tambahnya.

Saat ini, pasar terbesar Rolls-Royce adalah  Amerika. Pada pencapaian tahun lalu mereka memperkerjakan tambahan 200 tenaga kerja. Artinya, secara total Rolls-Royce telah memperkerjakan lebih dari 2.000 orang sejak pabrik barunya dibuka pada 2003.

Sandy Tumiwa Terjerat Sabu, Butuh Berapa Lama untuk Rehabilitasi?

Jakarta – Penyalahgunaan sabu seolah sangat sulit diberantas. Setelah aktor Sandy Tumiwa tertangkap karena mengonsumsi Sabtu, baru-baru ini 2 anggota TNI ditangkap diduga bawa sabu di Bandara Soekarno-Hatta.

Pelaku penyalahgunaan narkoba, selain berhadapan dengan hukum, juga akan berhadapan dengan proses rehabilitasi. Menurut peneliti dr Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction (IMAN) lamanya proses rehabilitasi tidak bisa diperkirakan. Beberapa faktor yang menentukan durasi proses adalah kondisi lingkungan dan psikologis pengguna.

“Pada beberapa kasus pengguna yang cenderung depresi, narkoba ternyata digunakan untuk mengobati diri sendiri. Artinya, jika dia merasa tidak nyaman langsung konsumsi narkoba. Proses rehabilitasi penggunaan narkoba yang sudah jadi kebiasaan ini tidak bisa singkat,” kata dr Hari pada detikHealth.

Proses rehabilitasi tak hanya mengeluarkan dampak buruk (detoksifikasi) akibat penggunaan narkoba. Proses ini juga membantu pemulihan kondisi emosi dan jiwa pengguna yang mengakibatkannya terjerat narkoba. Termasuk keberanian melepaskan diri dari tekanan atau contoh lingkungan sekitar yang menggunakan narkoba.

Terkait kondisi psikologis, dr Hari menjelaskan ada 2 faktor yang menyebabkan seseorang menggunakan narkoba. Mereka umumnya ingin feel good dan feel better dengan mengonsumsi narkoba. Pengguna yang ingin feel better biasanya sudah punya masalah hingga akhirnya kecanduan narkoba.

(up/up)

Jejak Tudingan Mobil Camry yang Bikin Mahfud Polisikan Kakek Kampret

Jakarta – Mahfud Md mempolisikan akun twitter Kakak Kampret @KakekKampret_ soal tuduhan mobil Camry. Mantan Ketua MK menilai cuitan Kakek Kampret sudah bentuk fitnah, bukan kritik lagi.

Kasus bermula saat @KakekKampret_ membuat cuitan dengan dimention ke @Mohmahfudmd, pada 27 Februari 2019, yaitu:

Saudara mahfud @mohmahfudmd apa bener Mobil Camry punya anda Plat B 1 MMD adalah setoran dari pengusaha besi kerawang ex cabub PDIP. Jika bener atas dasar apa pemberian itu kakek sekedar bertanya (ditambah dua emoticon tertawa-red)

Cuitan itu tidak digubris. Lalu @KakekKampret_ kembali mencuit:

Saudara mahfud @mohmahfudmd kenapa anda ga jawab pertanyaan kakek ini. Apa bener Toyota Camry B 1 MMD dari pengusan besi karawang, mantan ex cabub karawang dari PDIP..? saudar mahpud jawab lah (ditambah dua emotical tertawa-red)

Mahfud Md tidak terima dituduh hal demikian dan melaporkan ke Polres Klaten.

“Laporan terkait hoaks yang menyangkut saya. Dan ini bagi saya yang begini-begini ini tidak bisa dibiarin. Kalau diskusi publik tidak masalah tapi kalau menyangkut harkat pribadi harus diselesaikan lewat polisi,” kata Mahfud Md di Polres Klaten, Jumat (1/3/2019).

Usai melapor, Mahfud Md menjelaskan asal-usul mobilnya.

“Saya beli mobil itu tahun 2013, tiga hari sebelum saya pensiun dari MK, karena mobil saya akan ditarik oleh negara. Saya tarik uang saya untuk membeli mobil cash. Kenapa dikaitkan dengan pilbup yang terjadi tahun 2015, tidak ada hubungannya,” ujar dia.

Lalu Mahfud kembali bercuit di Twitter menjawab banyak pertanyaan warganet.

Sudah lapor, giliran Kakek untuk menyelesaikan sendiri. Saya akan ikuti terus

Tidak berapa lama, akun @raffie aqmal mengomentari sikap Mahfud Md, yaitu:

Zaman SBY paling aman bagi rakyat Indonesia. Zaman sekarang cuma bertanya saja d laporin dan yang laporinnya pendukung petahana langsung diproses. Jikalah yang laporin kubu oposisi walaupun itu penghinaan dan penyebar hoax, pastilah MANGKRAK..! Di sini saya belajar bahwa rezim ini… (ejaan sudah disesuaikan-red).

Mendapati komentar di atas, Mahfud Md mencoba menjelaskan yaitu pelaporannya tidak terkait pemilu.

Bung Raffie, ini tak ada kaitannya dengan Pemilu. Ini soal tudingan secara insinuatif bahwa saya pernah menerima setoran mobil dari seseorang. Saya tak tahu dan tak ingin tahu, dia itu pendukung siapa. Cuitannya sampai dua kali dengan sangat insinuatif (ejaan sudah disesuaikan-red).

Wakil Ketua MPR Zaenal Maarif pernah digelandang ke pengadilan karena pengaduan Pak SBY. Eggy Sujana juga dihukum setelah diadukan. Masak, dibilang tak ada (Zaman SBY tidak ada pelaporan-red). Hukum tetaplah hukum. Setiap hari saya dikritik oleh banyak akun tapi tak pernah saya laporkan karena hanya beda pendapat. Kalau memfitnah, beda.

Akun Ahmad Rohiman @kangimanow memention dengan simpati:

Saya turut sedih pak atas fitnah itu…

Mahfud lalu menjawab:

Mas Rohimin, tiap hr sy dpt banyak kritik terbuka ka ka. Tp sy tak pernah mengadu. Yg Kakek Kampret ini beda, dia memfitnah dan nyebar hoax. Tak bisalah dia mengelak dgn alasan hanya “bertanya”. Bertanya, kok lewat fitnah terbuka? Kalau betul bertanya, kan bisa lewat DM Twitter.

(asp/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>