6 Makanan Khas Indonesia dari Serangga, Berani Santap?

3. Rempeyek Laron

Jika biasanya isian rempeyek berupa kacang tanah atau kacang kedelai, yang satu ini lain. Rempeyek ini berisi laron. Laron yang biasanya muncul saat awal musim hujan ini dimanfaatkan untuk jadi ‘isian’ rempeyek. Laron tinggal dicampur dengan adonan rempeyek dan digoreng tipis-tipis dalam minyak panas.

4. Botok Tawon

Membayangkan rasa botok berupa kelapa parut yang gurih dan pedas memberi efek perut lapar. Namun, botok yang satu ini isiannya ditambah dengan larva tawon atau lebah madu. Botok tawon banyak dijumpai di Banyuwangi, Kediri, dan Blitar, Jawa Timur.

5. Jangkrik Goreng

Suara jangkrik yang khas sering terdengar di sawah maupun kebun. Di balik suaranya yang nyaring, ternyata jangkrik bisa dijadikan makanan. Tak hanya di Indonesia, di Thailand jangkrik pun populer untuk disantap. Cara mengolahnya mirip seperti belalang goreng. Bila berkunjung di Ciamis, cobalah jangkrik goreng balado yang pedas dan gurih.

6. Sayok

Makanan ini terbuat dari larva capung yang ditemukan di danau-danau. Serangga ini biasanya memakan ikan kecil di sekitarnya. Sayok banyak dikonsumsi masyarakat Danau Linow, Tomohon, Sulawesi Utara. Berani coba? (Fairuz Fildzah)

Jokowi: BUMN Kita Harus Berani Keluar dari Kandang

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar keluar kandang sehingga dapat menjadi pionir untuk kembangkan usaha di luar negeri.

Dengan begitu diharapkan dapat membuka pasar, jaringan bagi sektor swasta. Salah satu langkah dilakukan dengan membangun holding BUMN mulai berkaitan dengan konstruksi, karya, migas, pertanian, perkebunan dan perdagangan. Jokowi menambahkan, dengan begitu, pihaknya juga akan membangun superholding BUMN.

“Oleh sebab itu BUMN ke depan harus berani keluar dari kandang untuk jadi pionir ke luar negeri membuka pasar, jaringan, networking, swasta bisa masuk mengikuti mereka,” ujar Jokowi, dalam debat final, Sabtu (13/4/2019).

Jokowi menambahkan, saat ini BUMN juga sudah mengembangkan bisnis ke luar negeri dengan ekspor. Salah satunya dilakukan PT INKA, selain itu BUMN karya.

“Kita tahu sudah mulai perusahaan karya melakukan pekerjaan besar di Timur Tengah dengan kerjakan infrastruktur, perumahan. Dan juga pabrik INKA kita sudah ekspor kereta api ke Bangladesh tidak dalam jumlah sedikit,” kata dia.

Dengan begitu diharapkan juga dapat mendorong perusahaan lain termasuk swasta untuk mengembangkan usahanya di luar negeri.

“Swasta ikut, namanya Indonesia in corporation dan itu kecil-kecil akan ikut belakangnya. Ekonomi kita jadi besar dengan apa yang disampaikan,” tutur dia.

Guardiola Tak Berani Lagi Sebut Tottenham ‘Timnya Harry Kane’

JakartaManchester City akan menghadapi Tottenham Hotspur di leg pertama perempatfinal Liga Champions. Pep Guardiola kembali menegaskan Tottenham bukan cuma Harry Kane.

Manchester City bakal bertandang ke Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB pada leg pertama perempatfinal Liga Champions. Jelang laga ini, komentar Guardiola dua musim lalu yang menyebut Tottenham adalah tim Harry Kane kembali diungkit.

Saat itu, manajer The Citizen ini menyebut Tottenham sebagai ‘timnya Harry Kane’ dalam persaingan Liga Inggris, merujuk penampilan dominan sang penyerang. Komentar Guardiola ini sempat membuat Mauricio Pochettino berang.

Pochettino menilai mantan pelatih Barcelona itu tak menghormati Tottenham dan mengecilkan pemain yang lainnya. Guardiola sudah langsung mengaku salah saat itu, tapi kembali menegaskannya saat ini usai ditanya apakah masih berpikir Tottenham timnya Kane.

“Tidak, saya tidak bisa mengatakan itu atau Mauricio (Pochettino) akan marah kepada saya dan saya tidak menginginkan hal tersebut,” ujar Guardiola kepada Sky Sports.

“Saya pikir kolega saya salah memahami komentar saya saat itu. Pernyataan tersebut pada saat itu untuk mengungkapkan soal Tottenham di periode itu. Kane kala itu mencetak delapan gol di tiga, empat, atau lima laga di periode tersebut dan itu sebabnya saya berkata demikian,” tambahnya.

“Saya tahu Tottenham Hotspur bukan hanya Harry Kane, tidak hanya sekarang, dua tahun lalu, satu tahun yang lalu, dulu sekali. Klub ini kuat dan memiliki banyak potensi.”

“Mereka bagus dalam melakukan pergerakan, melakukan tusukan ke belakangan pertahanan, dan betapa kuatnya mereka secara fisik di semua departemen: dalam hal merancang permainan, bola mati, perpincahan bola. Ini tim yang luar biasa,” tuturnya menyimpulkan.

Tapi Guardiola tetap mengakui Kane punya kualitas top. Kemampuan olah bola dan visinya bikin Guardiola terkesima.

“Dia adalah tipe nomor 9 untuk tim internasional, dia adalah striker yang luar biasa dan memiliki segalanya; kaki kanan dan kiri, cara dia bergerak, serta kemampuan untuk menjaga dan mengatur bola,” sambungnya.

“Dia cerdas dan ketika berada di dalam kotak dia melakukan segalanya. Dia adalah striker modern, tetapi tentu saja bukan cuma Harry Kane di Tottenham, kami tahu itu dan kami orang-orang orang tidak mempercayai saya,” jelas Guardiola. (raw/raw)


Manchester United Harus Tampil Berani Lawan Barcelona

Jakarta Mantan pemain Manchester United, Andy Cole, menyumbang saran pada Setan Merah jelang pertemuan melawan Barcelona pada perempat final Liga Champions, Rabu (10/4/2019). Dalam duel ini, Setan Merah yang ditangani Ole Gunnar Solskjaer berstatus underdog. 

Cole mencetak gol bersejarah ke Barcelona dalam perjalanan Manchester United menjuarai Liga Champions 1999. Saat itu MU dua kali bermain imbang dengan skor 3-3 kontra Barca di fase grup. 

Menurut Cole, Manchester United harus bermain agresif saat menghadapi Barcelona, seperti 10 tahun silam. Dia bahkan meminta Manchester United bermain tanpa rasa takut.  

“Pergi dan lakukan hal yang sama (main agresif). Kami tahu United tim yang sangat bagus dan Barcelona juga,” kata Cole, seperti dilansir Sky Sports, Senin (8/4/2019). 

“Kami pernah menunjukkan tak punya rasa takut di sana (Nou Camp, kandang Barcelona). Banyak tim yang ke sana dan menunjukkan sedikit takut. Mereka punya pemain-pemain fantastis, tapi Manchester United juga,'” imbuh dia. 

Manchester United lolos ke perempat final dengan penuh kejutan karena berhasil menyingkirkan Paris Saint-Germain di babak 16 besar. Namun, dalam beberapa pertandingan terakhir MU tampil inkonsisten sehingga dianggap bukan modal bagus untuk menantang Barcelona di Liga Champions. 

Apalagi rekor Manchester United kontra Barcelona juga kurang bagus. Setan Merah hanya menang sekali dalam semua duel melawan Barcelona.  

Berita Video Sejarah Panjang Pertemuan Manchester United Vs Barcelona di Liga Champions

4 Minuman Unik dari Kotoran Hewan, Berani Cicip?

Liputan6.com, Jakarta – Keinginantahuan membuat orang selalu berinovasi. Tak sedikit orang mencoba untuk menciptakan sesuatu yang sebelumnya tak ada, seperti minuman yang terbuat dari kotoran hewan.

Dari kotoran hewan itu kemudian diolah menjadi minuman yang bisa dinikmati banyak orang. Ada juga minuman tersebut berkhasiat untuk kesehatan.

Kini, sesuatu yang awalnya menjijikan kemudian diolah dan dikemas menjadi minuman. Berikut beberapa minuman yang dibuat dari kotoran hewan.

Kopi Luwak

Bagi pecinta kopi, nama kopi luwak sudah tak asing lagi. Kopi luwak terbuat dari biji kopi yang keluar dari saluran ekskresi luwak. Saat ini tak sedikit orang yang menyukai kopi luwak.

Dilansir dari merdeka.com, 5 April 2019, luwak hanya memakan buah kopi yang sudah matang. Selain itu, biji kopi yang tidak dicerna sempurna diyakini mengalami proses fermentasi oleh enzim pencernaan di dalam usus luwak dan menjadi lebih enak lagi jika diolah menjadi kopi.

Black Ivory

Berbeda dengan Indonesia, Thailand punya kopi Black Ivory. Serbuk kopi ini juga diolah dari biji kopi yang dikeluarkan saluran ekskresi gajah Thailand. Black Ivory memiliki rasa yang tak terlalu pahit, karena protein di dalam kopi sudah dicerna oleh enzim di dalam usus gajah.

Ttongsul

Minuman unik lain adalah Ttongsu. Minuman tersebut merupakan arak tradisional dari Korea Selatan yang dibuat dari kotoran manusia. Saat ini, minuman tersebut telah langka karena jarang diproduksi, meski diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan tulang.

Teh Hijau

Teh buatan An Yashi, dosen Universitas Sinchuan, China ini terbuat dari campuran teh hijau dan kotoran panda. Hasilnya adalah teh dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Kotoran panda sarat akan berbagai vitamin dan mineral yang berasal dari bambu, makanan kesukaannya. Sama seperti teh hijau, bambu mengandung unsur yang dapat mencegah kanker dan meningkatkan khasiat anti-kanker yang ada pada teh hijau.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Minum kopi luwak sudah biasa, tapi bagaimana jika minum kopinya sambil ditemani hewan luwak? Anda bisa menemukannya di kawasan Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Di sini, hewan luwak bisa diajak bermain, berswafoto hingga minum kopi bersama. Seru j…

Rangkaian Produk Kecantikan Asal Jepang yang Bikin Anda Berani Bare Face

Liputan6.com, Jakarta – Kecantikan perempuan Jepang yang minimalis jadi goals Anda? Lepas dari makeup, kulit yang bersih, kenyal, dan lembab tentu jadi idaman banyak orang. Karenanya, Senka menghadirkan rangkaian produk yang membuat Anda berani bare face atau dalam istilah Jepang, suppin.

“Sebagai perusahaan kosmetik ternama dari Jepang yang telah hadir lebih dari 140 tahun lalu, Shiseido Group ingin jadi inspirasi bagi perempuan di seluruh dunia untuk tidak kehilangan cantik alami,” kata Presiden Direktur PT Shiseido Cosmetics Indonesia Jun Kinumaki saat konferensi pers d Shangri-La Hotel, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Wajah suppin alias bare face dengan tampilan kulit cerah bisa dicapai dengan proses double cleansing. Pembersihan jenis ini dikatakan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Anesia Tania, terbilang esensial, terlebih bagi perempuan yang terbiasa mengaplikasikan makeup setiap hari.

“Kalaupun tidak makeup, kulit biasanya akan terpapar minyak dan keringat, belum lagi penggunaan skincare mengandung SPF. Itu tentu harus dibersihkan dengan benar-benar bersih,” papar Tania di kesempatan yang sama.

Menjawab kebutuhan itu, Senka mengajak perempuan Indonesia untuk melakukan pembersihan ekstra memakai Senka Perfect Whip, Perfect White Clay, dan Senka Perfect Whip Green Tea. “Hadir juga rangkaian makeup remover lewat produk Senka All Clear Water, All Clear Oil, dan All Clear Whip,” jelas Senior Brand Manager Senka Fanny Aeni di kesempatan tersebut.

Fanny menjelaskan, perbedaan makeup remover keluaran Senka adalah sanggup menghapus tiga lapis kotoran berupa makeup, polusi, dan minyak berlebih. Juga, terdapat bahan unik yang bersumber dari tumbuhan untuk mengoptimalkan kebersihan kulit wajah.

“Senka hadir mengingkatkan kualitas kulit wajah perempuan Indonesia dengan double cleansing dan perawatan harian yang efektif. Sehingga, suppin atau bare face sebagai filosofi kecantikan alami perempuan Asia bisa terwujud,” kata Fanny.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sendy eks JKT 48 mempercayakan perawatan wajahnya pada dr Wenny Tan dari Beauty Inc.

Benarkah Juventus Tak Berani ke AS karena Kasus Ronaldo?

JakartaJuventus diberitakan tidak berani menggelar tur pramusim ke Amerika Serikat karena Cristiano Ronaldo sedang dililit kasus tuduhan pemerkosaan. Benarkah begitu?

The New York Times beberapa waktu melaporkan, Juventus kemungkinan tidak akan menggelar pramusim ke AS pada musim panas mendatang. Padahal, Bianconeri biasanya berlaga di ajang International Champions Cup edisi Negeri Paman Sam.

Untuk musim panas nanti, Juventus dikabarkan memilih tur ke Asia. Kabarnya, keputusan itu diambil karena Ronaldo sedang terlilit kasus tuduhan pemerkosaan pada wanita AS bernama Kathryn Mayorga.

Demi menghindari risiko Ronaldo diciduk kepolisian, Juventus pun memilih menghindari AS. Tur ke Asia disebut menjadi opsi Si Nyonya Tua.

Laporan terbaru mengatakan, tujuan Juventus memilih tur ke Asia rupanya bukan karena menghindari AS akibat kasus Ronaldo. Raksasa Serie A itu disebut ingin ganti suasana pramusim.

Press Associaton Sport, sebagaimana dilansir Eurosport, menulis keputusan Juventus tidak ke AS tidak punya kaitan dengan kasus yang melilit Ronaldo. Manajemen klub disebut ingin berganti suasana karena ingin melebarkan ekspansinya ke kawasan timur, khususnya Asia.

Dalam empat musim terakhir, Juventus tiga kali menggelar pramusim di AS. Hanya pada 2016 mereka menyambangi Australia, yang masih dalam zona Asia.

(yna/nds)

Jokowi Sebut Tak Ada Presiden yang Berani Larang Azan dan Legalkan Zina

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku banyak berita bohong atau hoaks yang menyerang dirinya, terutama menjelang Pilpres 2019. Menurut dia, hoaks tersebut tersebar baik door to door ataupun lewat media sosial.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membagikan 5 ribu sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor di Kawasan Bogor Nirwana Residence Jawa Barat, Kamis (21/3/2019).

“Sebulan lagi Pileg, Pilpres, kita lihat di bawah banyak kabar hoaks, bohong di mana-mana, baik di media sosial, baik langsung ke rumah. Saya titip hati-hati, politik kadang seperti itu,” ujar Jokowi.

Jokowi lalu mencontohkan beberapa berita hoaks yang menyerang dirinya, yaitu menghapus pendidikan agama dan melegalkan pernikahan sesama jenis. Tak hanya itu, dia mengaku juga difitnah akan melarang azan berkumandang, jika terpilih kembali menjadi Presiden 2019-2024.

“Tidak mungkin, siapa pun presiden tidak mungkin berani melakukan itu, karena Indonesia negara dengan norma-norma agama yang kuat, norma etika dan tata krama yang kuat. Jangan kemakan hal seperti itu,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi membagikan 5.000 sertifikat tanah kepada warga Kota Bogor dan Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pemberian sertifikat ini dilakukan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 2019.

Jokowi mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mempercepat proses penerbitan sertifikat tanah. Hal tersebut dilakukan lantaran agar konflik lahan di tengah masyarakat tak kembali terjadi.

“Karena masyarakat enggak pegang yang namanya tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki yang namanya sertifikat,” kata dia.

Dia mengaku kerap mendapat keluhan masyarakat soal konflik lahan setiap datang ke daerah. Konflik lahan biasanya melibatkan masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, ataupun masyarakat dengan perusahaan.

“Ini lah sekarang kenapa kita percepat sertifikat supaya enggak ada sengketa,” tegas Jokowi.

Jokowi Dinilai Berani Ambil Kebijakan yang Tak Populis

Liputan6.com, Jakarta – Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin mendapat dukungan dari 10 ribu pengusaha dan pekerja nasional.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui deklarasi yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, selama lebih dari 4 tahun memimpin Indonesia.

Jokowi dinilai telah menunjukan kinerja yang memuaskan. Salah satunya soal penyerapan tenaga kerja dan mengatasi masalah pengangguran.

“Ya kalau lihat datanya BPS kan (pengangguran) menurun, untuk sektor tenaga kerja kan tantangannya besar,” ujar dia di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Menurut dia, salah satu faktor yang membuat penyerapan tenaga kerja meningkat karena keputusan Jokowi untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Meskipun keputusan ini dinilai tidak populis, khususnya bagi kalangan buruh.‎

“Pak Jokowi berani mengambil keputusan yang tidak populis dengan mengeluarkan PP 78/2015. Kalau untuk hitung-hitungan politik itu tidak populis, dia membatasi kenaikan (upah minimum provinsi/UMP). Tetapi dampaknya ke penyerapan tenaga kerjanya jadi besar. Orang jadi ada kepastian. Sekarang yang padat karya mulai berani investasi lagi,” jelas dia.

Selan itu, dengan adanya PP ini memberikan kepastian bagi para investor. Sehingga para investor tidak ragu untuk menanamkan modalnya di Indonesia yang berdampak pada peningkatan lapangan kerja di dalam negeri.

“Pak Jokowi berani melawan pandangan-pandangan yang populis tetapi demi kebaikan kita. Masa kita mau naikij gaji tanpa suatu parameter yang jelas. Kan semakin tinggi gajinya penyerapan tenaga kerjanya makin kecil. Itu yang terjadi sebelum Pak Jokowi mengambil keputusan (menerbitkan PP). Padahal yang namanya upah minimum kan jaring pengaman sosial, itu adalah upah terendah yang harus dibayar,” tandas dia.

Gara-Gara Tuduhan Pemerkosaan Ronaldo, Juventus Tidak Berani ke AS?

JakartaCristiano Ronaldo sedang terjerat kasus dugaan pemerkosaan pada perempuan Amerika Serikat. Imbasnya, Juventus dilaporkan tidak berani menggelar pramusim di AS.

Ronaldo tengah diselidiki oleh Kepolisian Las Vegas, atas dugaan pemerkosaan pada wanita AS bernama Kathryn Mayorga. Sang wanita yang melaporkannya sendiri.

Kathryn mengaku diperkosa bintang Juventus itu pada 2009, atau ketika Ronaldo masih berseragam Manchester United dan belum pindah ke Real Madrid. Ronaldo dikabarkan sempat membayar Kathryn untuk tutup mulut, sebelum akhirnya sekarang mengadukannya ke pihak berwajib.

Kini kasus sedang bergulir. Seperti dilaporkan The New York Times, Juventus disebut mempertimbangkan tidak menggelar agenda pramusim 2019/2020 di Amerika Serikat guna melindungi Ronaldo dari penahanan kepolisian.

Juventus sendiri punya kontrak jangka panjang dengan turnamen pramusim bergengsi International Champions Cup, yang diselenggarakan oleh Relevant Sports di New York. Biasanya, Bianconeri terbang ke AS untuk berlaga dalam ajang pramusim itu.

Dengan bergulirnya kasus Ronaldo, Juventus masih pikir-pikir soal agenda pramusim. Seorang juru bicara Juventus, seperti dilaporkan, mempertimbangkan kawasan Asia untuk menggelar persiapan uji coba. Ada kemungkinan Juventus bakal ke China atau Singapura, menyusul Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Adapun persiapan pramusim dianggap penting bagi Juventus. Sementara jika nekat terbang ke AS tanpa Ronaldo, Si Nyonya Tua diprediksi tidak menarik penonton karena tidak menyertakan bintang utamanya.

Ronaldo sendiri didatangkan Juventus dari Real Madrid pada musim panas 2018 seharga 100 juta euro. Penyerang Portugal itu sudah mencetak 24 gol dan 12 assist dari 36 penampilannya, dengan membantu Bianconeri memuncaki klasemen Liga Italia dan melaju ke perempatfinal Liga Champions.

(yna/din)