Top 3 News: Di Balik Motif Massa Kampanye Bentrok dengan Warga Sleman

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 News hari ini mengungkap bentrokan antar dua kelompok massa terjadi di Kabupaten Sleman, DIY, Minggu, 7 April kemarin. Salah satu massa yang bentrok merupakan massa yang sedang berangkat kampanye menuju ke Alun-alun Wates, Kulonprogo.

Sebagian massa yang menggunakan motor lalu masuk ke dalam gang kampung di samping SPBU Gamping. Selanjutnya tanpa alasan yang jelas, mereka melempar batu hingga memicu kemarahan warga. Bentrokan pun tak terhindarkan.

Sementara itu, penemuan jasad Budi Hartanto (27), warga Kediri yang diduga menjadi korban mutilasi kini kasusnya memasuki babak baru. 

Sebanyak sembilan orang saksi yang diduga mengetahui motif dibalik pembunuhan tersebut telah menjalani pemeriksaan. Polisi juga menduga kesembilan teman almarhum ini tahu seperti apa keseaharian Budi selain berprofesi sebagai guru dan pengajar tari di sebuah sanggar.

Kabar lainnya, pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab hadir dalam kampanye akbar capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga. Rizied hadir dalam video berdurasi 14 menit.

Ada 10 alasan yang dibeberkannya mengapa Sandiga dan Prabowo kerap mendapat sambutan hangat dari para pendukungnya saat gelar kampanye di daerah. Apa sajakah itu?

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Minggu, 7 April 2019.

Massa Kampanye Bentrok dengan Warga di Sleman Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta – Kericuhan terjadi di Jalan Wates Km 8, Padukuhan Ngaran, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Minggu (7/4). Kericuhan ini melibatkan sekelompok massa yang akan berangkat kampanye ke Alun-alun Wates, Kabupaten Kulonprogo.

Seorang saksi mata, Anton Prabu (40) mengatakan kericuhan bermula saat sekelompok massa tiba-tiba mendatangi Padukuhan Ngaran. Massa ini kemudian masuk ke dalam gang kampung yang berada di samping SPBU Gamping.

“Mereka masuk dan langsung melempari. Ada satu mobil yang terparkir di gang terkena lemparan sampai kacanya pecah,” ujar Anton di lokasi kejadian, Minggu (7/4).

Anton mengungkapkan dirinya tak tahu alasan massa tiba-tiba masuk ke kampungnya dan melakukan pelemparan. Massa, lanjut Anton, tiba-tiba datang dan langsung melempar batu.

Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri menerangkan massa yang terlibat gesekan merupakan massa yang sedang berangkat kampanye menuju ke Alun-alun Wates.

Dia menerangkan jumlah massa yang datang ke kampanya akbar nasional jumlahnya cukup besar. Dofiri mengungkapkan sebagian massa kampanye menggunakan sepeda motor.

“Hari ini memang ada kampanye di Alun-alun Wates. Peserta cukup banyak 10 sampai 15 ribu. Kebanyakan berangkat dengan mengendarai sepeda motor. Sehingga terjadi rombongan yang cukup panjang di Jalan Wates. Jadi saat berangkat terjadi sedikit gesekan, tapi tidak masalah, langsung berhasil kita halau,” urai Dofiri.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, hingga pukul 19.00 WIB sejumlah personel polisi dan TNI tampak berjaga di lokasi kejadian.

Reporter: Purnomo Edi/merdeka.com

Susun Jadwal Liga 1, PT LIB Janji Tak Bentrok dengan Agenda Timnas Indonesia

Jakarta Pertandingan Liga 1 rencananya  bakal dimulai pada 8 Mei 2019. Terkait dengan itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi segera mengeluarkan jadwal kompetisi selama satu musim penuh, dan paling lambat pertengahan April 2019. 

“Jadwal ini ada dalam proses, tapi semua itu sudah rampung tinggal kami rilis saja. Ada langkah yang kami sudah susun, saya tidak ingat persis tanggal berapa akan disebarkannya. Tapi, time line-nya sudah jelas, jadi tidak ada persoalan yang serius lagi,” tutur Direktur Utama interim PT LIB, Dirk Soplanit, ketika dihubungi wartawan.

“Kemungkinan pada April. Mungkin pada minggu pertama atau minggu kedua April. Semua sudah oke,” imbuh Dirk Soplanit.

Yang menjadi fokus PT LIB dalam menyusun jadwal Liga 1 adalah kegiatan Timnas Indonesia. Dirk berjanji Liga 1 2019 dan kegiatan Timnas tidak lagi mengalami benturan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi dalam penjadwalan ini, kami tidak ingin lagi terulang jadwal kompetisi berbenturan dengan Timnas. Timnas bermain, kompetisi tetap berputar, itu seperti kejadian tahun lalu. Akhirnya saling tuding antara federasi (PSSI) dengan PT LIB. Jadi, kami pastikan Timnas bermain, Liga 1 libur. Seperti itu,” ujarnya.

Musim lalu, adanya agenda Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2018, namun Liga 1 2018 tetap bergulir jadi perhatian serius pencinta sepak bola nasional.

Banyak kalangan meminta hal seperti itu tak terulang lagi dalam Liga 1 dan seterusnya, sehingga diperlukan antipasi tepat dalam hal penjadwalan dari operator kompetisi maupun PSSI.

Sumber: Bola.com 

Satgas Antimafia Bola memeriksa eks Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan. Berlinton diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pengaturan skor.

Bentrok Antar-Nelayan Kembali Pecah di Bengkulu

Tindakan menangkap kapal nelayan pukat harimau dan membakarnya menurut ketua Aliansi Nelayan Tradisional Bengkulu (ANTB) Rahmat Joker sebagai bentuk melepaskan kekecewaan. Sebab beberapa waktu lalu, sudah ada kesepakatan dan larangan bagi mereka untuk tidak beroperasi lagi.

“Kesabaran kami sudah hilang, ini jalan terakhir,” tegas Joker.

Kapolres Bengkulu AKBP Prianggodo Heru Nurprasety mengatakan, seharusnya nelayan tradisional tidak bertindak main hakim sendiri. Cukup mereka menangkap saja lalu serahkan barang bukti itu kepada kepolisian untuk diproses secara hukum.

“Serahkan kepada kami, jangan dibakar, supaya kami bisa mengusutnya,” ungkap Kapolres.

Lima ABK yang berada di atas kapal pukat harimau yang ditangkap nelayan tradisional itu, kata Kapolres, saat ini masih diamankan di Mapolres Bengkulu untuk diambil keterangan. Sementara sisa bangkai kapal yang sudah terbakar akan ditarik ke tepi pantai.

“Kita akan proses, sementara lima ABK itu kita amankan dulu,” kata Prianggodo Heru Nurprasetyo.

Nelayan Bengkulu Bakar Kapal Pukat Harimau

Yahudi Ultra-Orthodoks dan Liberal Bentrok di Tembok Ratapan di Yerusalem

Yerusalem

Ribuan Yahudi ultra-Ortodoks muda bentrok dengan kelompok perempuan Yahudi liberal pada salah satu situs tersuci Yudaisme, Tembok Ratapan, di Yerusalem.

Puluhan anggota kelompok Women of the Wall yang sedang memperjuangkan hak berdoa, harus dibawa keluar polisi.

tembok barat, yahudi, jerusalem AFP

Pengunjuk rasa, kebanyakan perempuan, menjawab desakan rabi ultra-Ortodoks untuk mengacaukan peringatan 30 tahun acara tersebut, lapor sejumlah media.

Sejumlah orang dilaporkan cedera di peristiwa tersebut.

Tembok Ratapan di Kota Tua Jerusalem – sisa dari kompleks Kuil Injil – saat ini memiliki bagian terpisah di mana pria dan perempuan berdoa.

tembok barat, yahudi, jerusalemAFP

The Jerusalem Post melaporkan 150 anggota kelompok bertemu dengan lebih dari 10.000 perempuan ultra-Ortodoks pada Jumat pagi, saling mengejek.

Sebagian pengunjuk rasa perempuan mengatakan kepada koran Haaretz bahwa mereka dibawa ke sana dengan menggunakan bus oleh sekolah keagamaan mereka untuk menghambat kelompok itu memasuki Tembok Ratapan.

tembok barat, yahudi, jerusalemAFP

“Saat berdoa, friksi terjadi antar para jemaat, termasuk Women of the Wall, dalam bentuk menyumpah dan berbagai komentar,” kata polisi.

Lewat sebuah cuitan, Women of the Wall mengatakan dua anggotanya harus dirawat karena kejadian itu. Kelompok tersebut kemudian dikawal ke bagian lain tembok yang memungkinkan jemaat non-tradisional berdoa.

tembok barat, yahudi, jerusalemAFP

Koran Haaretz melaporkan ratusan laki-laki ultra-Ortodoks juga berusaha menembus barikade polisi untuk memasuki kelompok perempuan, tetapi polisi berhasil mendorong kembali mereka.

Polisi mengatakan mereka telah menangkap satu pria yang berusaha menyerang perwira polisi.

tembok barat, yahudi, jerusalemEPA

Rabbi Tembok Barat, Shmuel Rabinowitz, meminta kedua pihak untuk tenang “menjaga Tembok Ratapan sebagai tempat persatuan dan bukannya perpecahan.”

tembok barat, yahudi, jerusalemEPA

Selama 30 tahun, kelompok Women of the Wall berjuang menentang peraturan yang melarang perempaun mengenakan skarf doa, berdoa dan membaca Taurat bersama-sama dengan suara keras di tempat itu.

tembok barat, yahudi, jerusalemAFP

Menurut tradisi Yahudi Ortodoks, perempuan seharusnya tidak melakukan ritus keagamaan ini.

Karena tekanan partai ultra-Ortodoks, pemerintah Israel pada tahun 2017 menghapus rencana membuat tempat berdoa semua jenis kelamin di tembok.

(zak/zak)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Zonasi Kampanye Akbar Parpol dan Capres-Cawapres

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membagi dua zona kepada kontestan capres-cawapres ‎dan partai politik dalam kampanye akbar untuk Pemilu 2019. Komisioner KPU, Wahyu Setiawan mengatakan, pembagian zonasi wilayah itu terdiri dari 17 provinsi. Namanya zona A dan B. Nantinya kampanye akbar diatur supaya tidak bentrok.

“Zona ini untuk membedakan jadwal kampanye. Sehingga di hari yang sama tidak mungkin peserta pemilu kampanye di dua zona,” ujar Wahyu di Kantor KPU, Jakarta, Rabu, 23 Februari 2019.

Wahyu mengaku nantinya perwakilan dari tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berkampanye sesuai jadwal yang ditentukan oleh KPU. Keputusan KPU membagi jadwal kampanye ini ditentukan pada 5 Maret 2019.

“Nanti ada mekanisme pengundiannya siapa yang di zona A‎ dan di zona B, ini ini diputus melalui pengundian,” katanya.

Adapun rapat umum atau kampanye akbar ditentukan oleh KPU dari tanggal 24 Maret sampai 13 April 2019. Nantinya, kampanye akbar ini akan dibagi menjadi dua dua, yakni zona A dan B yang terdiri dari 17 provinsi.

Adapun pembagian zonasi sebagai berikut:

Zona A

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Jambi

6. Banten

7. Jakarta

8. Jawa Barat

9. Kalimantan Barat

10. Kalimantan Tengah

11. Kalimantan Selatan

12. Sulawesi Selatan

13. Sulawesi Tengah

14. Sulawesi Utara

15. Nusa Tenggara Timur

16. Maluku

17. Papua

Zona B

1. Bengkulu

2. Lampung

3. Sumatera Selatan

4. Bangka Belitung

5. Kepulauan Riau

6. Jawa Tengah

7. Yogyakarta

8. Jawa Timur

9. Bali

10. Nusa Tenggara Barat

11. Kalimantan Utara

12. Kalimantan Timur

13. Sulawesi Barat

14. Gorontalo

15. Sulawesi Tenggara

16. Maluku Utara

17. Papua Barat‎

2 dari 3 halaman

Diundi

Masing-masing pihak akan melakukan pengambilan undian untuk di zona mana mereka akan melakukan kampanye. Pengambilan undian itu akan dilakukan pada Selasa, 5 Maret 2019 mendatang.

“Ini kan kita bagi dua zona, zona A dan zona B. Untuk siapa yang di zona A dan siapa yang di zona B. Kenapa hari Selasa, menurut penjelasan mereka harus koordinasi dengan induk organisasinya dan hari Selasa kita juga ada rapat persiapan debat yang ke-3, sehingga kita samakan pengundiannya,” pungkasnya.


Simak berita lainnya di Jawapos.com.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Amerika Serikat Tegaskan Dukung Oposisi Venezuela ‘Lawan’ Maduro

Bogota – Amerika Serikat (AS) menegaskan mendukung Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido untuk mengembalikan kebebasan rakyat Venezuela. Wakil Presiden AS, Mike Pence, menuturkan mendukung Guaido sepenunya, apalagi setelah kerusuhan pada Sabtu (23/2) di perbatasan antara Venezuela dan Brasil.

“Kami bersamamu 100 persen. Aku ingin meyakinkanmu, Presiden Guaido, peristiwa tragis akhir pekan lalu hanya menguatkan tekad Amerika Serikat untuk berdiri bersamamu. Kami akan terus berdiri sampai libertadmu dipulihkan,” kata Pence, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (26/2/2019) dini hari.

AS berharap pemerintahan Presiden Venezuela Nicolas Maduro mendapat sanksi, setelah terjadi kerusuhan di akhir pekan lalu. Kerusuhan terjadi ketika proses distribusi makanan dan obat-obatan dari kota Cucuta, Kolombia dihadang.

Pertemuan AS dengan 5 negara Amerika Latin di Bogota, pada Senin (25/2), diharapkan bisa membawa langkah-langkah baru untuk mengembalikan kebebasan rakyat Venezuela.

Bentrok antara pengunjuk rasa dengan pasukan loyalis Maduro pada akhir pekan lalu, mengakibatkan 3 orang tewas dan 300 warga mengalami cidera. Pada saat itu, warga bentrok karena konvoi truk berisi makanan dan obat-obatan ditembaki gas air mata oleh pasukan Maduro.

Guaido yang diakui oleh sebagian besar negara-negara Barat sebagai pemimpin sah Venezuela, telah mendesak untuk mempertimbangkan ‘semua opsi’ untuk mengusir Maduro.

Truk-truk di perbatasan disambut dengan gas air mata dan peluru karet. Pihak oposisi berharap pasukan Venezuela tak mengusir truk bantuan, karena sangat dibutuhkan oleh rakyat yang semakin menderita kekurangan gizi dan penyakit.
(idn/aud)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pengakuan Para Tentara Venezuela yang Membelot dari Maduro

CaracasSejumlah tentara yang membelot dari kekuasan Presiden Venezuela Nicols Maduro bersedia berbicara kepada BBC.
Sejumlah tentara yang membelot dari kekuasaan Presiden Venezuela Nicols Maduro bersedia berbicara kepada BBC. (BBC)

Sejumlah serdadu Venezuela yang membelot ke Kolombia, pada Sabtu (23/2) lalu, mengaku khawatir akan keselamatan keluarga mereka di bawah pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Dalam wawancara eksklusif dengan jurnalis BBC, Orla Guerin, salah seorang pembelot yang berusia 23 tahun mengatakan bahwa ia cemas pasukan yang masih setia terhadap Maduro akan “menyerang keluarga saya”.

“Tapi saya rasa ini adalah keputusan terbaik yang bisa saya buat,” tambahnya.

Lebih dari 100 serdadu dilaporkan membelot dari Maduro, sebagian besar melakukannya ketika pecah bentrokan pada Sabtu (23/2) lalu.

Insiden itu terjadi setelah Presiden Maduro mengirim pasukan untuk memblokade jalanan dan jembatan di area perbatasan dengan Brasil dan Kolombia, tempat pengiriman bantuan berupa makanan dan obat-obatanyang diorganisir Amerika Serikatdirencanakan untuk dikirim ke Venezuela.

Di beberapa titik perlintasan di perbatasan, pasukan keamanan Venezuela menembakkan gas air mata ke arah para sukarelawan, sementara para pengunjuk rasa membakar pos-pos pemeriksaan dan melemparkan batu ke arah para tentara dan polisi antihuru-hara.

Apa kata para pembelot?

Setelah sepakat untuk berbicara kepada BBC dengan identitas dirahasiakan, sekelompok pembelot Venezuela yang kini menetap di kota Ccuta menceritakan alasan mereka untuk meninggalkan militer di bawah kepemimpinan Presiden Maduro.

“Banyak anggota militer profesional yang ingin melakukan hal ini. Ini akan menjadi efek domino. Hal ini akan berpengaruh signifikan dalam tubuh pasukan bersenjata,” ungkap seorang pembelot lainnya yang berusia 29 tahun.

“Pasukan bersenjata telah hancur karena banyaknya pejabat korup.

“Anggota militer sudah lelah. Kami tidak bisa selamanya menjadi budak, kami membebaskan diri kami sendiri,” ungkapnya.

Seorang pembelot lainnya, seorang perempuan, menggambarkan hari Sabtu lalu sebagai situasi yang penuh “ketegangan”. Dia juga berkata: “Saya berpikir bahwa saya tidak bisa menyakiti warga saya sendiri.

“Anak perempuan saya masih di Venezuela dan itu yang terasa sangat menyakitkan. Tetapi saya melakukan hal ini untuknya. Ini sangat sulit karena saya tidak tahu apa yang akan mereka lakukan terhadapnya.”

Pembelot lainnya mengatakan bahwa ia merasa pedih harus melihat warga Venezuela saling serang demi bantuan kemanusiaan.

Pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan keamanan Venezuela di kawasan perbatasan Venezuela dengan Kolombia dan Brazil.
Pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan keamanan Venezuela di kawasan perbatasan Venezuela dengan Kolombia dan Brazil. (EPA)

“Saya merasa tak berdaya dan tak berguna. Saya merasa sakit melihat semua yang terjadi,” ujarnya.

Apa perkembangan terbarunya?

Pada Minggu (24/2), Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa kekuasaan Presiden Maduro di Venezuela “tinggal menghitung hari” menyusul insiden berdarah akhir pekan kemarin.

“Memilih hari tertentu itu sulit. Saya yakin warga Venezuela akan memastikan bahwa kekuasaan Maduro tinggal menghitung hari,” ujar Pompeo kepada CNN.

Setidaknya dua orang tewas hari Sabtu (23/2) lalu dalam bentrokan antara warga sipil dengan tentara loyalis Maduro.

Pemimpin oposisi Juan Guaid yang juga mengklaim dirinya sebagai presiden sementara Venezuela yang telah diakui oleh lebih dari 50 negara
telah meminta negara-negara lain untuk mempertimbangkan “semua tindakan” untuk menggulingkan Maduro setelah upaya pengiriman bantuan yang dipimpin pihak oposisi justru berakhir menjadi bentrokan.

Kepolisian Venezuela mencegah masuknya kiriman bantuan di Jembatan Internasional Simon Bolivar.
Kepolisian Venezuela mencegah masuknya kiriman bantuan di Jembatan Internasional Simon Bolivar. (EPA)

Ia juga menyatakan bahwa ia akan menghadiri pertemuan yang dihadiri oleh sebagian besar negara-negara Amerika Latin di Kolombia hari Senin (25/2) ini, meski tengah menjalani kondisi dilarang bepergian yang diberlakukan oleh Maduro. Wakil Presiden AS Mike Pence akan mewakili Amerika Serikat dalam pertemuan di Kota Bogota.

Seorang pejabat senior Gedung Putih menyatakan pada hari Minggu bahwa Pence berencana untuk mengumumkan “langkah konkret” dan “berbagai tindakan” untuk menyelesaikan krisis dalam pertemuan tersebut, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Sementara itu, Kolombia dan Brasil menyatakan bahwa mereka akan meningkatkan tekanan terhadap Maduro untuk melepaskan kekuasaannya. Presiden AS Donald Trump tidak mengesampingkan tanggapan bersenjata terhadap krisis Venezuela.

Sementara itu, pada hari Minggu, kapal yang mengangkut bantuan AS dari Puerto Rico ke Venezuela dipaksa berlabuh di pulau kecil Curaao setelah dicegat tentara angkatan laut Venezuela di pesisir utara, seperti laporan kantor berita AFP.

Kapal tersebut dilaporkan mengangkut sembilan kontainer bermuatan makanan dan obat-obatan.

Kapal bermuatan bantuan kemanusiaan dipaksa berlabuh di pulau Curaao.
Kapal bermuatan bantuan kemanusiaan dipaksa berlabuh di pulau Curaao. (Getty Images)

Maduro, yang menyatakan bahwa dirinya adalah presiden yang sah dan didukung oleh sekutu kunci perekonomian termasuk Rusia, Kuba, dan Cina, telah memperingatkan bahwa pengiriman bantuan asing dapat membuka jalan bagi intervensi militer Amerika Serikat.

Guaid, yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara bulan lalu, menentangnya dengan mengatakan bahwa dugaan ketidakberesan pemilu Venezuela 2018 menggambarkan ketidaksahan kepemimpinan Maduro.

Apa yang terjadi di perbatasan Sabtu lalu?

Pihak oposisi Venezuela bermaksud untuk membawa truk berisi bantuan kemanusiaan secara damai melalui kawasan perbatasan Brasil dan Kolombia.

Guaid telah berjanji bahwa bantuan akan masuk ke negeri tersebut pada hari Sabtu. Menanggapi hal tersebut, Maduro lantas menutup sebagian kawasan perbatasan Venezuela.

Warga sipil berusaha menyeberangi perbatasan untuk mendapatkan perbekalan berupa makanan dan obat-obatan, namun upaya tersebut dengan cepat berubah menjadi aksi kekerasan berdarah.

Para tentara menembaki warga sipil, menggunakan campuran amunisi langsung dan peluru karet.

Rekaman video memperlihatkan tentara Venezuela menabrakkan kendaraan lapis baja mereka ke gerbang perbatasan dengan Kolombia untuk membuat kerusakan.

Dalam video lainnya yang diunggah ke media sosial tampak empat tentara yang secara terang-terangan menolak kepemimpinan Maduro dan mengumumkan dukungan mereka bagi Guaid.

Guaid menjanjikan amnesti bagi para pembelot jika mereka bergabung dengan “sisi benar dalam sejarah” itu.

Sabtu lalu, pemerintah Kolombia memperkirakan jumlah korban luka-luka akibat bentrokan di daerah perbatasan tersebut mencapai angka 300 orang.

Bagaimana semua ini bisa terjadi?

Bantuan kemanusiaan yang menumpuk di Kolombia dan Brasil berada di jantung persaingan antara Maduro dan Guaid yang berawal dari terpilihnya kembali Maduro sebagai presiden pada pemilu 2018 lalu.

Selama beberapa tahun, Venezuela berada di tepi jurang krisis politik dan ekonomi.

Tingkat inflasi yang tak terkontrol menyebabkan melonjaknya harga komoditas, membuat banyak warga Venezuela kesulitan memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.

Lebih dari tiga juga orang telah meninggalkan Venezuela dalam beberapa tahun terakhir, menurut Komisioner Tinggi PBB untuk pengungsi UNHCR.

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 Lawan Vietnam

Jakarta Ujian berat akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 saat bentrok dengan Vietnam pada Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Komposisi terbaik wajib disiapkan oleh Pelatih Indra Sjafri.

Sejauh ini Timnas Indonesia U-22 sudah memainkan tiga laga di Piala AFF U-22 2019. Dua hasil imbang ketika menghadapi Myanmar dan Malaysia, kemudian menang 2-0 atas Kamboja di laga pamungkas Grup B. 

Indra Sjafri sudah melakukan beberapa rotasi pemain, baik sejak awal pertandingan maupun di tengah permainan. Komposisi terbaik dengan pemain yang siap tampil menjadi pilihan Indra Sjafri agar Tim Garuda Muda selalu tampil maksimal.

Namun, pertandingan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 2019 merupakan momentum yang harus disiapkan Timnas Indonesia U-22 dengan sangat baik. Vietnam adalah tim yang kini sangat disegani, tak hanya di level Asia Tenggara, tetapi juga di Asia.

Pertemuan kontra Vietnam ini tak hanya menjadi tantangan yang harus dihadapi untuk melangkah ke final Piala AFF U-22 2019.

Pertandingan ini juga menjadi uji coba sangat bagus bagi tim asuhan Indra Sjafri yang akan kembali menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Vietnam menjadi tuan rumah untuk grup yang terdiri atas Indonesia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Indra Sjafri dipastikan akan mempersiapkan pemain-pemain terbaik Garuda Muda untuk pertandingan kali ini. Bola.com memilih tiga pemain yang bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 di pertandingan menghadapi Vietnam.

2 dari 4 halaman

Marinus Wanewar

Striker Timnas Indonesia U-22 yang musim lalu berseragam Bhayangkara FC ini sudah mengemas tiga gol di fase grup Piala AFF U-22 2019. Bahkan dua gol yang dicetaknya ke gawang Kamboja dalam laga terakhir Grup B memastikan Tim Garuda Muda melangkah ke semifinal.

Satu gol lain dicetak oleh Marinus Wanewar ketika Timnas Indonesia U-22 bermain 2-2 dengan Malaysia di pertandingan kedua Grup B. Tak hanya berstatus sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di skuat Garuda Muda kali ini, Marinus Wanewar juga berada di daftar teratas pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-22 2019.

Namun, Marinus tak sendirian di puncak daftar tersebut. Striker Vietnam, Tran Danh Trung, juga sudah mengemas tiga gol. Otomatis pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 kontra Vietnam di semifinal ini menjadi ajang pembuktian ketajaman dari kedua striker itu.

Posisi dalam daftar pencetak gol terbanyak juga menjadikannya termotivasi untuk kembali mencetak gol di pertandingan semifinal. Agresivitas dan nalurinya ketika berada di kotak penalti lawan tak perlu diragukan, hanya tinggal dibuktikan kembali saat menghadapi Vietnam.

3 dari 4 halaman

Witan Sulaeman

Pemain yang mampu bermain di sejumlah posisi ini juga bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 ketika menghadapi Vietnam. Pergerakan yang dinamis di sejumlah area membuat Witan Sulaeman akan menjadi momok bagi pertahanan tim lawan.

Witan mampu bermain bagus sebagai gelandang serang. Namun, stamina dan kecepatan kerap membuatnya juga mampu tampil cemerlang ketika bermain di sisi sayap penyerangan.

Bahkan dalam kemenangan 2-0 yang diraih oleh Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Kamboja, gol pertama Marinus Wanewar berawal dari pergerakan tanpa menyerah yang dilakukan Witan.

Pemain muda yang senang mengumbar senyum itu mematahkan pergerakan bek kiri Kamboja yang bermaksud menghalau bola. Dengan keseimbangan yang bagus, Witan melepaskan umpan kepada Marinus yang akhirnya berbuah gol pertama bagi Tim Garuda Muda.

4 dari 4 halaman

Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah

Pergerakan luar biasa lini tengah Timnas Indonesia U-22 merupakan hasil kreasi dari pemain yang satu ini. Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, pemain yang mampu menjaga keseimbangan bertahan dan menyerang Tim Garuda Muda.

Luthfi merupakan orang pertama yang akan menghalau serangan-serangan Vietnam sebelum pemain lawan merangsek masuk ke lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Kemampuannya untuk membantu lini pertahanan tak perlu diragukan lagi.

Luthfi juga kerap menjadi penyokong serangan Tim Garuda Muda dengan berbagai cara. Umpan terobosan dari tengah lapangan ke kedua sisi sayap maupun ke jantung pertahanan lawan merupakan satu dari beberapa keahliannya.

Kemampuan set-piece, baik dari sepak pojok maupun dari tendangan bebas kerap menjadi awal dari terciptanya peluang-peluang yang didapatkan oleh Timnas Indonesia U-22.

Liverpool Akan Meniru Taktik PSG untuk Kalahkan MU

Liputan6.com, Liverpool – Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengaku akan meniru strategi Paris Saint-Germain untuk mengalahkan Manchester United (MU). Kedua tim akan bentrok pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (24/2/2019).

PSG menjadi satu-satunya referensi yang bisa diambil untuk mengalahkan MU di era Solskjaer. Sejak pria Norwegia itu ditunjuk menjadi manajer interim, Setan Merah baru sekali kalah, sekali imbang, dan sisanya menang. 

Kekalahan MU terjadi saat menjamu PSG pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Old Trafford. Skornya juga menyakitkan 0-2. 

Namun, Klopp juga mengatakan Liverpool juga bisa belajar dari Tottenham Hotspur yang tampil bagus meskipun akhirnya takluk dari MU.  

“Ya, memang hanya PSG (yang bisa kalahkan MU), tapi sejujurnya Tottenham bermain sangat bagus melawan United. Jadi seperti apa cetak birunya? Mereka bermain sangat keren dengan bola, banyak mengumpan, dan sangat percaya diri, menguasai bola dengan bagus, dan mencetak gol di saat yang tepat,” kata Klopp, seperti dilansir Metro, Jumat (22/2/2019). 

“Saat menghadapi Chelsea mereka juga bermain sangat bagus tanpa Anthony Martial dan Jesse Lingard. Tapi, saat sebelum melawan PSG mereka memainkan lima atau enam pertandingan dengan line-up yang sama dan Anda harus mengubahnya dalam 15 menit,” papar Klopp menganalisis permainan MU.

“Jelas (perubahan cepat) tak bisa dilakukan dan PSG memanfaatkannya. Jadi, itu hanya sedikit keberuntungan untuk PSG,” tambahnya.

2 dari 2 halaman

Tak Beri Kesempatan Serangan Balik

Klopp juga mengakui PSG bermain sangat bagus di Old Trafford, serta tak banyak memberi kesempatan kepada MU untuk melakukan serangan balik. 

“Mereka bermain sangat bagus, dan bisa menguasai dalam segala situasi, tak memberikan kesempatan kepada MU untuk melakukan serangan balik, karena MU punya pemain sayap yang ofensif,” kata Klopp. 

“Anda harus benar-benar berkonsentrasi 100 persen (saat melawan MU). PSG mampu melakukannya dengan baik. Mencetak gol-gol bagus pada momen yang tepat dan itu sangat membantu dalam sepak bola,” imbuh pelatih asal Jerman itu. 

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini: