Terjebak Friendzone, Sebatas Kekasih Bayangan atau Benar Cinta Sejati?

Liputan6.com, Jakarta Seperti lubang hitam, friendzone bisa mengisap Anda begitu dalam. Rasa-rasanya hanya ingin berada di dekatnya tapi ia tetap saja menganggap sebagai teman. 

Lalu, tidak bisakah seorang teman menjadi pacar? Menurut pakar hubungan Darcy Sterling tidak bisa dipastikan.

Friendzone adalah ketika seseorang memiliki ketertarikan romantis pada teman Anda, tapi tidak yakin apakah mereka merasakan hal yang sama,” kata Sterling pada laman Men’s Health, Kamis (21/3/2019). 

Bagi yang beruntung, friendzone justru menuntun orang tersebut pada cinta sejati. Jadi, tergantung friendzone seperti apa yang tengah Anda jalani.

Ketika sang teman tidak memiliki perasaan romantis yang sama. Banyak yang kesulitan keluar dari zona pertemanan ini.

Saatnya realistis dengan keluar dan menjauh untuk beberapa waktu yang lama. Mereka sudah memberi tahu Anda bahwa mereka tidak memiliki perasaan terhadap Anda. Sangat tidak sopan untuk mencoba memaksakan diri pada mereka.

“Jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa mereka tidak memiliki perasaan romantis untuk Anda, hargai batasan mereka,” kata Darcy.

Hindari juga untuk mencoba menggoda maupun melakukan kontan fisik seperti menggandeng tangan atau memeluknya. 

“Jika Anda mendapatkan respons baik darinya walau dia tak suka, hal ini malah membuat Anda akan sakit nantinya dan akan terus terjebak dalam friendzone,” saran Darcy. 

35,1% Pemilihnya Dukung Jokowi, PAN: Mayoritas Tetap di Jalan yang Benar

Jakarta – Hasil survei Litbang Kompas merilis 35,1% pemilih PAN mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. PAN, yang merupakan partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dengan tegas mengaku total mendukung pasangan nomor urut 02 itu.

“Ya, Alhamdulillah, kita selalu Prabowo-Sandi total, angkanya kan masih tergolong kecil lah yang menyatakan dukungan ke petahana. Mayoritas tetap di jalan yang benar. Saya berterimakasih buat yang selalu konsisten berjuang bersama untuk Indonesia Adil dan Makmur,” kata Wasekjen PAN, Faldo Maldini, kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Faldo mengatakan perlu interpertasi lain untuk membaca hasil survei Litbang Kompas tersebut. Yakni, PAN adalah partai yang disukai oleh banyak pemilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Kami bicara kritik yang diaminkan oleh pendukung petahana. Misalnya, dana riset, termyata memang kecil. Ekonomi yang tidak tumbuh, langsung Presiden bikin paket kebijakan ekonomi. Infrastruktur rasional yang kami bilang dari awal. Kan pendukung petahana tidak semuanya yang cinta buta, mereka lihat PAN adalah partai yang paling mungkin jalankan fungsi kontrol dengan baik,” tuturnya.
Menurut Faldo, PAN merupakan partai yang sangat dipercaya oleh pendukung kedua kubu. Dia yakin pendukung capres manapun akan membutuhkan kontrol untuk menjalankan janji kampanyenya setelah terpilih.

“Relawan saya di dapil juga banyak yang propetahana. Mereka bilang, ‘kami pilih Kang Faldo saja, kalau Pak Jokowi bisa selesaikan janji-janjinya dengan baik’. Di sosmed juga banyak yang bilang kayak gitu, PAN dianggap paling mampu kritis mengawasi. Itu esensi demokrasi, bukan asal bapak senang,” ujar Faldo.

PAN, kata Faldo, selama ini juga menjadi kontrol dalam Koalisi Adil Makmur. Oleh sebab itu, relawan-relawan Prabowo-Sandi yang tidak berafiliasi dengan partai politik pun memberikan dukungan kepada PAN.

“Kalau Pak Prabowo menang, tentu kita tidak dapat berharap terlalu banyak pada kawan-kawan Gerindra untuk lebih banyak kritik pemerintahan. Itu tidak salah karena mereka pengusung utama. Bagi tugas, maka biar PAN mengambil peran kontrol dari dalam, internal control. Bila ingin Prabowo-Sandi menjalankan janji-janjinya dengan tuntas, ayo bergabung bersama kami, kontrak kami adalah wujudkan adil dan makmur bersama Prabowo-Sandi,” katanya.

Survei Pilpres 2019 yang diadakan Litbang Kompas memotret loyalitas pemilih partai politik kepada calon presiden yang didukung parpol itu. Hasilnya, tidak semuanya loyal. Seperti diketahui, Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 didukung oleh PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, Hanura, PKPI, PBB, Perindo, dan PSI. Sementara pendukung Prabowo Subianto adalah Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, dan Berkarya.

Mayoritas pemilih partai politik akan mendukung capres yang diusung parpolnya. Seperti terlihat pada 95% pemilih PDIP yang mendukung Jokowi dan hanya 3% yang mendukung Prabowo. Hal yang sama terjadi pada pemilih Gerindra. Sebanyak 92,4% pemilih Gerindra mendukung Prabowo dan hanya 6,2% yang memilih Jokowi.

Tetapi, masih ada pula pemilih parpol yang mendukung capres lawan, seperti 41,7% pemilih Golkar yang ternyata memilih Prabowo hingga 35,1% pemilih PAN yang memberi dukungan ke Prabowo dan 31,5% pemilih Partai Demokrat yang ternyata mendukung Jokowi.
(mae/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya, Berbahasa yang Benar

7. Konjungsi (Kata Sambung)

Kata hubung atau konjungsi adalah jenis kata yang  berfungsi menghubungkan dua kata atau dua kalimat. Macam-macam konjungsi:

· Konjungsi perluasan, misalnya: yang.

· Konjungsi pengantar objek, misalnya: bahwa.

· Konjungsi penegasan, misalnya: malahan dan bahkan.

· Konjungsi penambahan, misalnya: dan, dan lagi, tambahan lagi, lagi pula.

· Konjungsi urutan, misalnya: lalu, setelah itu.

· Konjungsi pilihan, misalnya: atau.

· Konjungsi menyatakan waktu, misalnya: saat, ketika, sejak.

· Konjungsi sebab-akibat, misalnya: sebab, karena, karena itu, akibatnya.

· Konjungsi persyaratan, misalnya: asalkan, jikalau, kalau.

· Konjungsi pengandaian, misalnya: andaikata, andaikan, seandainya, seumpamanya.

· Konjungsi harapan/tujuan, misalnya: agar, supaya, hingga.

· Konjungsi pengantar wacana, misalnya: adapun, maka, jadi.

· Konjungsi perlawanan, misalnya:  tetapi, sedangkan, namun, sebaliknya, padahal.

8. Partikel (Kata Sandang)

Kata sandang adalah jenis kata yang bertugas memulai, mempertahankan, atau mengukuhkan sebuah kalimat dalam komunikasi. Unsur ini digunakan dalam kalimat tanya, perintah dan pernyataan. 

Cara Membuat Cerpen untuk Pemula dengan Baik dan Benar, Perhatikan Langkahnya

Setelah mendapatkan tema yang tepat dan penokohan, cara membuat cerpen selanjutnya adalah menetukan alur cerita. Alur atau plot merupakan jalan cerita yang akan kamu kembangkan hingga menjadi sebuag cerpen. Alur berupa susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.

Alur dibagi menjadi 3 yaitu:

– Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.

– Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).

– Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Dalam penulisannya alur juga meliputi beberapa tahap yaitu:

– Pengantar: bagian cerita berupa gambaran, waktu, tempat atau kejadian yang merupakan awal cerita.

– Penampilan masalah: bagian yang menceritakan masalah yang dihadapi pelaku cerita.

– Klimaks: masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.

– Antiklimaks: masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan kekhawatiran mulai hilang.

– Penyelesaian: masalah telah dapat diatasi atau diselesaikan.

Dalam tahap ini kamu juga harus menentukan konflik yang ingin kamu bangun. Konfliklah yang akan membuat ceritamu hidup. Dari setiap konflik pasti ada sebuah penyelesaian, maka tentukan juga penyelesaian dari konflik yang kamu buat.

Cara Memandikan Kucing yang Benar Agar Tidak Berontak, Butuh Kesabaran

Kita semua tahu kucing benci jika terkena air, apalagi mandi. Tetapi kadang tidak ada jalan lain, ketika kucing kamu sangat kotor yang membuat kucing kamu harus dimandikan. Ada beberapa cara memandikan kucing agar moemn memandikan kucing sedikit lebih nyaman bagi kamu dan hewan peliharaan kesayanganmu. Berikut cara memandikan kucing:

1. Tentukan waktu yang tepat

Tentukan waktu yang tepat memandikan kucing. Pastikan kucing kamu dalam keadaan senang, rileks dan kondisi perut kucing tidak dalam keadaan kosong. Kamu bisa memberi makan terlebih dahulu ketika akan memandikan kucing, tunggu suasana hatinya baik baru siap dimandikan.

Biasanya kucing dimandikan seminggu sekali. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memandikan kucing. Tetapi, apabila kucing kamu nampak kotor dan terlihat banyak kutu ditubuhnya segeralah dimandikan sebelum kutu tersebut beranak pinak.

2. Menggunakan sampo khusus kucing

Pastikan sampo yang akan kamu gunakan adalah sampo khusus kucing. Kamu bisa mendapatkanya di petshop terdekat. Pastikan sampo tersebut ringan tanpa bahan kimia atau parfum yang keras.

Ingat, jangan pernah gunakan sampo manusia. Karena sampo manusia memiliki tingkat pH yang berbeda dan tidak cocok untuk bulu kucing. Dikhawatirkan akan membuat bulu kucingmu rontok.

3. Gunakan air hangat

Gunakan ember plastik besar dengan air hangat yang cukup untuk memandikan kucing. Ingat ya air hangat bukan air panas. Pasalnya, banyak kucing yang sensitif dengan air dingin, dengan menggunakan air hangat mampu meminimalisir pemberontakan pada kucing.

Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat berpijak yang aman untukmu saat memandikan kucing, agar kamu tidak terpeleset saat memandikan kucing.

4. Basahi tubung kucing

Gunakan selang semprot untuk membasahi kucingmu. Hal ini membantu proses pemandian kucing. Jika kamu tidak memiliki selang semprot, kamu bisa menggunakan gayung Berhati-hatilah agar tidak menyemprot langsung ke telinga, mata, dan hidungnya.

5. Oleskan sedikit sampo ke tubuh kucing

Langkah selanjutnya ialah, tuangkan sedikit sampo ke tubuh kucing. Kamu juga bisa menggunakan washlap kemudian gosokkan ke tubuh kucing secara perlahan.

Gosokkan busa ke tubuh kucing sampai ke ekor. Jangan lupa bagian bawah dan leher, seperti kaki kucing. Berhati-hatilah agar tidak ada sampo di mata kucing kesayanganmu. Saat memandikan kucing diusahakan jangan sampai mengenai telinga kucing, karena kucing sangat tidak suka ada air atau benda masuk ke telinganya.

Jika kucing kamu merasa ketakutan saat mandi, mereka mungkin mendesis atau menggigit. Kamu bisa mengelus lembut kucing kamu, agar ia lebih tenang.

6. Bilas bersih dengan air hangat

Setelah selesai menyabuni, bilas kucing kamu dengan air hangat. Sekali lagi, pastikan untuk tidak terkena bagian mata dan telinganya ya.

7. Keringkan kucing

Gosok kucing kamu dari kepala hingga kaki dengan handuk yang lembut. Setelah itu, keringkan kucing kamu di ruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar sampai dia benar-benar kering.

Untuk mengeringkan bulu-bulunya, kamu bisa menggunakan blower atau pengering rambut. Kamu juga bisa menjemurnya dibawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

8. Berikan kasih sayang

Nah, cara memandikan kucing sudah selesai. Usap lembut kucing kamu supaya dia merasa rileks lagi dan tidak takut kalau kamu ingin memandikan kucingmu kembali.

KPU: Info Banyak TKA Masuk DPT Tak Benar

JakartaKPU melakukan penyisiran 103 data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terkait e-KTP warga negara asing (WNA) masuk daftar pemilih tetap (DPT). KPU mengatakan hasil penyisiran jumlah yang diberikan hanya ditemukan 102 data.

“Pemerintah memberikan data 103 WNA kepada KPU untuk dilakukan verifikasi. Kemudian KPU melakukan pengecekan, hasilnya data yang diberikan Kemendagri hanya sejumlah 102 WNA,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/3/2019).

Viryan mengatakan dari jumlah tersebut terdapat 101 orang yang masuk DPT, hal ini dikarenakan adanya satu nama ganda. Dia mengatakan, hasil ini berdasarkan pencocokan dengan data DPT hasil perbaikan ke 2 (DPT-HP 2).
“Di dalamnya terdapat pemilih ganda atas nama Guillaume dengan status WNA. KPU melakukan penyandingan dengan DPT-HP 2 dan ditemukan 101 WNA yang masuk DPT,” ujar Viryan.

Menurutnya, hal ini membuktikan informasi yang beredar terkait banyaknya WNA yang masuk dalam DPT tidak benar.

“Dengan informasi tersebut, sejumlah postingan di medsos bahwa banyak TKA masuk DPT tidak benar. Rasio dari DPT 0,0008%,” tutur Viryan.

Berikut sebaran 101 WNA yang masuk DPT di 17 provinsi,:

Aceh: 2
Bali: 34
Banten: 6
DIY: 3
Jambi: 1
Jawa Barat: 10
Jawa Tengah: 12
Jawa Timur: 16
Bangka Belitung: 1
Lampung: 1
Nusa Tenggara Barat: 7
Nusa Tenggara Timur: 1
Papua: 1
Sulawesi Selatan: 1
Sulawesi Utara: 1
Sumatera Barat: 3
Sumatera Utara: 1

Sedangkan sebaran negara 101 pemilih WNA masuk DPT, terdapat di 29 negara yaitu:

Afrika Selatan: 1
Maulitius: 1
Tanzania: 1
Amerika Serikat: 7
Kanada: 2
Bangladesh: 3
Cina: 4
Filipina: 4
India: 1
Jepang: 18
Korea Selatan: 4
Malaysia: 7
Pakistan: 1
Singapura: 3
Taiwan: 2
Thailand: 2
Vietnam: 1
Australia: 4
Belanda: 9
Inggris: 5
Italia: 2
Jerman: 5
Prancis: 2
Polandia: 1
Portugal: 1
Spanyol: 1
Swiss: 7
Turki: 1
Yunani: 1
(dwia/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prediksi Pelatih Ajax soal Sergio Ramos Terbukti Benar

Jakarta – Pelatih Ajax, Erik ten Hag sudah menduga Real Madrid bakal kesulitan tampil tanpa Sergio Ramos. Itu terjadi saat Madrid kalah telak dari Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Sebelum laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2018-2019, Hag sudah girang karena Real Madrid tidak diperkuat sang kapten Sergio Ramos. Ten Hag menganggap Ramos merupakan bos dan pemain penting di tim Madrid.

Ten Hag bahkan cukup optimistis tim asuhannya mampu meraih hasil positif di Santiago Bernabeu jika Ramos absen. Optimisme itu pada akhirnya jadi kenyataan.

Pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions, Ajax menggulung Real Madrid dengan skor 1-4, Rabu dini hari WIB (6/3/2019). Hasil ini membuat Ajax berhak lolos ke perempat final dan menyisihkan Madrid dengan keunggulan agregat 5-3.

Sergio Ramos dinilai sebagai figur penting bagi Real Madrid. Bukan hanya secara teknis, melainkan juga mental. Ramos adalah bintang sekaligus kapten. Pengaruhnya dalam tim cukup besar.

Tidak mengherankan jika Ramos absen, Real Madrid harus berjuang ekstra keras. Bahkan, dalam tiga laga kandang terakhir di Liga Champions tanpa Sergio Ramos, Madrid selalu menelan kekalahan. Termasuk melawan Ajax.

Kali pertama Madrid kalah saat tak diperkuat Sergio Ramos terjadi ketika menjamu Juventus 12 April 2018. Saat itu Madrid kalah dengan skor 1-3, Ramos absen karena mendapat sanksi akumulasi kartu.

Selanjutnya, Madrid kalah dengan skor 0-3 ketika berjumpa CSKA Moskow pada fase grup musim 2018-2019 ini. Madrid kemudian kalah 1-4 dari Ajax. Tiga laga tanpa Ramos, gawang Madrid sudah kebobolan 10 gol.

2 dari 2 halaman

Ironi Sergio Ramos

Real Madrid adalah penguasa di pentas Liga Champions. Madrid tercatat sebagai peraih gelar paling banyak dan Madrid adalah juara bertahan tiga musim terakhir. Tetapi, kini Madrid sudah tersisih, hanya akan jadi penonton, dan menyaksikan juara baru lahir.

Berdasarkan catatan Sqauwka, Madrid untuk kali pertama tersingkir dari babak 16 Besar sejak sembilan tahun terakhir. Sebuah rentan waktu yang tidak bisa dibilang pendek. Kali terakhir Madrid tersisih di babak 16 besar terjadi pada musim 2009-2010.

Selama durasi 2010 hingga 2019, pencapaian terburuk Real Madrid adalah tersisih di semifinal. Bahkan, dalam rentan sembilan musim tersebut, Madrid mampu meraih empat gelar juara Liga Champions.

Di sisi lain, Sergio Ramos absen dalam leg kedua kontra Ajax karena mengantongi hukuman akumulasi kartu kuning. Ironisnya, kartu kuning terakhir ia dapatkan saat meladeni Ajax pada leg pertama.

Ramos mengaku ia sengaja melakukan pelanggaran agar mendapat kartu kuning, absen di laga selanjutnya, dan kembali tampil saat Madrid bermain di babak perempat final. Namun, skenario itu berantakan setelah Ajax secara mengejutkan menang 4-1 di leg kedua.

Sumber: Bola.net

PD: Andi Arief Rawat Medis, Tak Benar Dibebaskan

Jakarta – Partai Demokrat menyatakan Andi Arief menjalani asesmen di Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait kasus sabu. Karena itu, Demokrat menepis tudingan Andi Arief dibebaskan.

“Saya di sini dengan Bang Pudjo (Kombes Sulistyo Pudjo) dari (Kabid Humas) BNN. Kami mengantarkan saudara Andi Arief sahabat saya untuk melakukan proses rawat medis,” kata Wasekjen Partai Demokrat, Rachlan Nashidik, di Gedung BNN, Jl. MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2019)

Rachland mengatakan Andi bukan pelaku kriminal dan kejahatan. Sebab, dalam asas pidana harus ada korban.
“Kalau kasus Pak Andi Arief ini korbannya apa? Dirinya sendiri. Andi ini adalah berdasarkan Pasal 127 itu ditemukan sebagai pengguna dan tidak ada barang bukti,” ujarnya.

Sebab itu, lanjutnya, prosedur yang harus dilakukan adalah melakukan proses rawat medis. Asesmen-asesmen itu dikatakannya sudah dilakukan secara simultan oleh kepolisian maupun BNN sejak kemarin.

“Jadi hasilnya sedang kita lakukan sekarang ini. Pak Andi akan mengikuti serangkaian proses rawat medis. Jadi kalau ada anggapan di luar bahwa Andi ini dibebaskan terus pulang ke rumah ya nggak bener gitu,” ucapnya.

Kedatangan Andi hari ini, menurut Rachland, jadi bukti koleganya itu mengikuti prosedur.

“Ini buktinya bahwa Andi sedang melakukan prosedur yang telah ditetapkan untuk melakukan rehab medis dan ini proses awalnya. Kita akan menunggu rekomendasinya seperti apa dari pihak BNN,” ujarnya.

Soal wajib lapor kemana, Rachland mengatakan belum ditentukan. Namun, lanjutnya, dalam rehabilitasi yang penting bukan lapor tapi datang baik rawat inap maupun rawat jalan.
(idh/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPK Bantah Fadli Zon: Tidak Benar Agus Rahardjo Usul Hapus LHKPN

JakartaKPK membantah pernyataan Wakil Ketua DPR Fadli Zon soal usul penghapusan LHKPN berasal dari Ketua KPK Agus Rahardjo.

“Pertama, saya sudah tanya langsung ke Pak Agus tidak benar seperti itu. Tidak mungkin ketua KPK mengusulkan penghapusan LHKPN, padahal UU memberikan tugas itu ke KPK,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2019).

Febri menegaskan, KPK punya usulan soal sinkronisasi data LHKPN dengan data pajak terutama untuk pejabat negara. Usulan ini disebut Febri mendapat respons baik dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kami tegaskan tidak benar kalau diklaim Ketua KPK (Agus Rahardjo) itu meminta penghapusan LHKPN. Yang benar adalah ke depan kami berharap pelaporan LHKPN ini bisa sinkron dengan pelaporan pajak untuk data-data dan pihak Kemenkeu kalau kita baca itu sangat antusias untuk menyambut ini,” tutur Febri.

Febri meminta para penyelenggara negara memiliki itikad baik untuk melaporkan LHKPN. Dia menyebut batas pelaporan LHKPN sampai tanggal 31 Maret 2019.

“Sebaiknya pelaporan dilakukan segera meskipun masih ada waktu sampai 31 Maret 2019,” imbuhnya.

Menurutnya, pelaporan LHKPN merupakan hal terpenting yang harus dilakukan setiap penyelenggara negara. Hal tersebut untuk menunjukkan transparansi terkait kekayaan yang dimiliki para penyelenggara negara.

“Keterbukaan jadi hal penting bagi penyelenggara negara karena tentu orang-orang akan bertanya apa yang harus disembunyikan oleh penyelenggara negara sampai nggak mau melaporkan kekayaannya. Jadi lebih baik kita transparan dan laporkan kekayaan sesuai aturan yang berlaku,” sebut Febri.

Fadli Zon sebelumnya menjelaskan soal saran penghapusan LHKPN yang sempat dilontarkannya. Fadli menyebut penghapusan LHKPN itu diusulkan Ketua KPK Agus Rahardjo.

“Saya waktu itu berdiskusi dengan Pak Agus Rahardjo Ketua KPK. Pak Agus Rahardjo sendiri yang mengusulkan agar LHKPN ini tidak usah lagi, tapi digabungkan dengan data pajak di SPT karena semuanya sama. Jadi ada redundant antara pajak dengan LHKPN,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/3).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang sebelumnya juga sudah menjelaskan dasar hukum pelaksanaan LHKPN. Saut mengatakan KPK melaksanakan perintah Undang-Undang 28/1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Saut menjelaskan kewajiban LHKPN disetor ke KPK setiap tahun diatur dalam Peraturan Komisi (Perkom) 7 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman, dan Pemeriksaan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

“KPK itu pelaksana UU, bukan pembuat (law maker) LHKPN, itu perintah UU LHKPN dasarnya UU 28/1999 lalu atas UU itu KPK membuat bentuk laporan tahunan dasarnya Perkom KPK. Kalau tidak setuju LHKPN itu soal lain, LHKPN itu moral obligation,” ujar Saut
(ibh/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BIN Jawab Prabowo: Tuduhan Otak Jahat Kumpul di Dunia Intel Tak Benar

Jakarta – Capres Prabowo Subianto menyebut ada otak jahat berkumpul di dunia intelijen. Menanggapi Prabowo, Badan Intelijen Negara (BIN) memastikan tudingan itu tidak benar.

“Intelijen bekerja profesional berdasarkan UU dan diawasi oleh DPR selaku wakil rakyat. Jadi semua dipertanggungjawabkan kepada negara. Jika ada tuduhan bahwa otak jahat banyak kumpul di dunia intelijen, itu tidak benar,” ujar Staf Ahli Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/3/2019).

Lebih lanjut, Purwanto mengatakan intelijen memiliki kode etik dan sumpah intelijen. Apalagi terkait isu yang sensitif seperti terorisme, saat melakukan pengumpulan bukti dan rapat pendalamannya bisa maraton dan BIN melibatkan berbagai kementrian/lembaga terkait.

“Intelijen tidak serampangan menuduh tanpa bukti kuat, semua juga dilengkapi dengan keterangan ahli dan saksi,” katanya.
Purwanto mengungkapkan, di zaman teknologi canggih saat ini, jika ada penyelewengan dan kejahatan mudah dijejaki dan viral.

“Kasus-kasus terorisme tetap diupayakan semaksimal mungkin dibawa ke pengadilan, di sana terbuka untuk umum, tidak ditutup-tutupi. Tugas intelijen adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Prabowo meminta publik tidak cepat menyimpulkan suatu kejadian, contohnya adalah peristiwa teror. Dia menyebut ada otak jahat di dunia intel.

“Saya belajar ilmu militer, ilmu perang, di situ ada ilmu macem-macem, intel, ilmu sandi yudha, jadi kadang-kadang karena saya mengerti paham pelaku, jadi saya mengerti kalau ada kejadian jangan serta merta percaya pada kejadian itu,” kata Prabowo.

“Karena di dunia ini banyak otak-otak kejam, otak-otak jahat banyak yang berkumpul di dunia intelijen,” sambung Prabowo.
(nvl/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>