Jurus Pemerintah Tekan Impor Migas

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk menekan impor terutama impor di sektor minyak dan gas (migas).

Meskipun demikian, dia mengakui impor migas Indonesia masih cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari impor minyak PT Pertamina yang tumbuh 13,5 persen.

“Jadi kita lihat beberapa langkah yang sudah kita lakukan memberikan dampak. Namun kelihatan bahwa impor kita masih cukup besar di beberapa kategori tadi, yang minyak, karena dalam catatan kita seperti Pertamina masih impornya growth-nya 13,5 persen,” kata dia, saat ditemui, di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menekan impor migas yakni dengan terus mendorong implementasi B20.

“Kalau kita lihat instrumen yang kita lakukan untuk memperbaiki defisit neraca pembayaran, current account defisit (CAD) dan neraca perdagangan itu adalah dengan beberapa langkah yang sudah dilakukan. B20 karena dari sisi migas kita mencoba mengurangi dari sisi defisitnya,” ujar dia.

Pemerintah juga tentu akan mendorong Pertamina untuk terus mengimplementasikan kebijakan B20. Dengan demikian diharapkan impor migas dapat terus ditekan.

“Jadi impor minyak kita mungkin perlu melihat dari Pertamina implementasi dari B20. Sehingga dia bisa menekan dari sisi kebutuhan impor minyak itu. Dan sudah menggunakan biodiesel,” kata dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Di Atas Target, Penerimaan Migas 2018 Capai Rp 228 Triliun

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) hingga akhir Desember 2018 mencapai Rp 228 triliun. Angka ini setara dengan 182 persen dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Penerimaan migas Rp 228 triliun atau 182 persen dari target APBN 2018,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Jumat 11 Januari 2019.

Djoko merincikan, dari total penerimaan tersebut sebanyak 72 persen atau Rp 163,4 triliun diperoleh dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara 28 persen sisanya atau Rp 64,7 triliun, merupakan pemasukan dari PPh Migas.

“Penerimaan migas lebih besar dari target APBN 2018. untuk PNPB Rp 163,4 triliun PPh Rp 64,7 triliun,” imbuhnya.

Dengan pencapaian ini pihaknya optimistis kinerja sektor migas ke depan akan lebih baik. Dengan begitu, penerimaan di sektor migas dapat meningkat dari tahun 2018.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Teman Pinjam Uang, Beri Jangan? (2)

Jakarta – Ketika ada orang ingin pinjam duit, apalagi orang tersebut tidak terlalu dekat tapi juga tidak jauh, maka akan timbul kegalauan dalam diri kita.

Galau apakah layak orang ini diberi pinjaman. Galau apakah uang anda akan balik lagi? Dan banyak pertanyaan yang menghantui diri kita.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pinjam meminjam bisa merusak hubungan pertemanan bahkan hubungan keluarga. Sering kita dengar bahwa orang yang diberi pinjaman jauh lebih galak ketika kita tagih.

Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas 3 hal yang harus kita tanyakan ke diri kita sendiri sebelum memberikan pinjaman, yaitu:
1. Ada Tidak Duitnya?
2. Mengapa Kita Perlu Memberikan Pinjaman?
3. Untuk Apa?

Nah artikel kali ini akan membahas 2 hal lagi yang harus kita tanyakan ke diri kita sebelum memberikan pinjaman ke orang lain, apa itu?

4. Bagaimana Jika
Pada beberapa kasus, peminjam adalah orang yang menggampangkan. Kalangan ini, memandang orang yang dia pinjami, hidupnya enak. Padahal, demi kebutuhan keluarga dan uang yang dipinjamkan, peminjam bekerja jauh, menjalani kehidupan Long Distance Relationship (LDR), pulang bertemu keluarganya hanya sebulan bahkan setahun sekali.

Dalam hal pinjam untuk modal bisnis, Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam memberi pinjaman adalah dengan, “bagaimana jika sharing modal saja.” Ingat untuk meminta proposal analisa usaha. Cara ini ibarat memberi kail, bukan ikan dan membuat orang lebih bertanggungjawab.

5. Kira-Kira Balik Nggak Ya Duitnya?
Pertanyaan yang sering muncul adalah, “balik gak ya duitnya jika aku kasih pinjam?” Jika yakin balik tepat pada waktunya sah-sah saja diambilkan dari dana yang sebenarnya dana terpakai namun tidak terlalu urgent, seperti dana sisa belanja, atau dana entertain pribadi, “uang laki-laki,” “uang perempuan.” Namun jika ada kekhawatiran bakal telat balikin, baiknya memang dari dana sisa yang benar-benar belum ada tujuan pakainya.

Bagaimana jika yakin gak bakal dibalikin? Biasanya orang tidak balikin ada 2 kategori, pertama karena memang tidak ada buat balikin, ia kategori butuh dibantu. Jangankan untuk balikin, meminjam itupun dia lakukan setelah berpikir beribu kali dan sudah menahan lapar berhari-hari.

Dalam kondisi ini, jangan diberi pinjaman, tapi berikan dana dari alokasi soisal, zakat jika masuk dalam 8 kategori penerima zakat, atau dana sedekah, sehingga ia tidak ada hukum pinjam meminjam namun, sedekah, pemberian atau hadiah.

Jika sekiranya tidak dibalikin, karena kategori kedua yaitu sengaja, tidak usah diberi pinjaman, daripada menghancurkan hubungan karena membuat suasana menjadi tidak nyaman. Tidak ditagih, nyatanya berutang, ditagih, galakan yang utang. Mengalami?

Pasti pernah mengalami deeeh. Makanya sebelum ngasih utang pastikan dulu keuangan anda sehat dan baik, jangan malah terganggu. Nah tau pasti sehat dan baiknya ke mana?

Cek di kelas atau workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik di sini.

Di artikel berikutnya kita akan bahas seperti apa sih sebenarnya etika pinjam-meminjam yang bisa dilakukan dan dibenarkan? Yuk simak terus.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)

Santiago Solari Tak Cemas Real Madrid Alami Krisis Penyerang

Madrid – Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, tak mengkhawatirkan krisis penyerang yang tengah melanda timnya. Solari menyerahkan rencana mendatangkan striker anyar kepada manajemen Los Blancos.

El Real saat ini hanya memiliki dua pemain yang berposisi sebagai striker murni, yakni Karim Benzema dan Mariano Diaz. Akan tetapi, kedua pemain tersebut harus menepi karena tengah dibekap cedera.

Benzema diprediksi absen selama beberapa pekan akibat mengalami patah di jari kelingking tangan kanannya. Sementara itu, Diaz masih harus menjalani perawatan karena cedera otot di kaki kanannya.

Situasi tersebut membuat Real Madrid kekurangan stok penyerang. Alhasil, Los Blancos disebut-sebut bakal mendatangkan striker baru pada bursa transfer Januari 2019.

Sejumlah penyerang top masuk dalam daftar belanja, mulai dari Bas Dost (Sporting CP), Marcus Rashford (Manchester United), Krzysztof Piatek (Genoa), hingga Paulo Dybala (Juventus).

“Saya selalu mengatakan bukan posisi saya untuk menjelaskan kebijakan perekrutan pemain. Skuat yang kami miliki luar biasa, dengan banyak pemain muda, banyak pemain berpengalaman dan mereka semua 100 persen berkomitmen,” ujar Solari.

“Mereka semua adalah pemain yang berbeda, belum tentu spesialis ‘pemain nomor sembilan’. Spesialis nomor sembilan yang kami miliki adalah Karim Benzema dan dia cedera,” lanjutnya.

Untuk mengisi kekosongan di lini depan, Vinicius Junior yang berposisi sebagai winger bakal menempati pos penyerang. Selain itu, Real Madrid juga bisa memainkan pemain muda, Cristo Gonzalez, sebagai juru gedor.

Sumber: FourFourTwo/Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

OPINI: 4 Tantangan Mengelola Masalah Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Saya menyimak pidato Kenegaraan Pak Prabowo semalam melalui laman Youtube. Saya menganalisis sesuai dengan kapasitas sebagai ekonom dan pengelola dana.

Pak Prabowo memulai pidato yang berapi-api dengan penderitaan anak bangsa yang terlilit utang sehingga sampai bunuh diri. Lalu penderitaan para petani yang diserbu oleh barang impor.

Memang harus diakui berbagai hal tersebut masih menjadi tantangan. Beliau kemudian mengajak untuk memacu swasembada pangan dan energi lewat program yang disitirnya sebagai Dorongan Besar.

Baiknya kita menunggu penjelasan tim ekonomi Pak Prabowo apakah yang dimaksud selaras dengan pemikiran Paul Rosenstein-Rodan tahun 1943.

So what my take, my dear friends?

Saya cermati pemerintah, sekarang dan siapa pun nanti yang memimpin, menghadapi tiga tantangan (sebetulnya empat).

Pertama, memacu kapasitas produktif terutama lewat penyediaan infrastruktur agar untuk memacu pertumbuhan, tentunya tanpa diikuti oleh memburuknya defisit neraca berjalan.

Ini istilahnya pro-growth. Tantangan kedua adalah menekan ketimpangan kemakmuran yang justru memburuk sejak era reformasi.

Berdasarkan data BPS, gini ratio yang kerap digunakan untuk mengukur ketimpangan berada pada angka 0,389 untuk 2018. Walau menurun dibandingkan lima tahun terakhir. Namun, masih terbilang tinggi. Pemerintah hakikatnya dituntut lebih banyak kebijakan pro-poor.

Tantangan ketiga adalah fiscal sustainability terkait beban pembayaran utang. Sering saya sampaikan persoalan utang di Indonesia bukan terkait besar atau rasio utang terhadap GDP (produk domestik bruto/PDB).

Dibandingkan banyak negara, Indonesia terbilang hati-hati, seperti terlihat pada peraga. Tantangan lebih terkait pada biaya berutang dan produktivitas utang.

Saya nilai, dan ini terbuka untuk diuji, pemerintahan saat ini menyadari tantangan di atas. Pro-growth diatasi dengan mempercepat penyediaan infrastruktur.

2 dari 2 halaman

Tantangan Selanjutnya

Walau memang menimbulkan dua masalah. Pertama, kurang menyerap tenaga kerja mengingat lebih banyak dikerjakan dengan mesin.

Kedua, memperburuk neraca berjalan mengingat banyak barang modal yang harus diimpor. Untuk pro-poor, saya cermati juga terjadi peningkatan drastis terutama sejak kuartal terakhir tahun 2017.

Sebab sebelumnya peningkatan administered priced yang bersamaan dengan menurunnya harga komoditas primer andalan ekspor Indonesia memukul daya beli masyarakat.

Sangat bisa jadi banyak kelompok masyarakat yang saat itu kecewa dengan pemerintah yang menanggung beban lebih berat apalagi ketika pemerintah juga memacu penerimaan pajak.

Terkait fiscal sustanabiity, terus terang saya memahami peralihan focus kebijakan tahun lalu from growth to stability.

Dengan rasio utang terhadap GDP (11 persen) yang terbilang rendah disbanding negara sekawasan, dan rasio dana pihak ketiga perbankan terhadap GDP hanya 40 persen, Indonesia dipastikan tetap membutuhkan utang luar negeri.

Terkait pengelolaan utang, sebetulnya pemerintah sekarang punya pencapaian bagus bila mencermati perkembangan keseimbangan primer.

Angka ini menghitung selisih antara pendapatan negara terhadap pengeluaran yang setelah dikurangi bunga utang.

Kecenderungan penurunan keseimbangan primer ini, bahkan sempat menyentuh angka positif, menunjukkan kemampuan pemerintah untuk tidak berutang demi menutupi utang.

Bayangkan angka keseimbangan primer ini bisa semakin turun bila bunga berutang bisa lebih rendah. Coba cermati peraga:

Saya selalu menilai kehebatan Presiden itu banyak ditentukan oleh kemampuan mengambil keputusan yang berat yang dapat disetujui masyarakat. Kebijakan yang kurang populis. Pahit di depan, namun manis kemudian. Sengara membawa nikmat.

Bukan nikmat membawa sengsara seperti kasus Penyakit Belanda.

Jadi coba cermati peraga yang menunjukkan perkembangan neraca berjalan, neraca perdagangan, defisit neraca minyak dan harga minyak.

Sejak tahun 2004, kita bukan lagi negara OPEC. Coba cermati sejak kapan defisit neraca minyak (histogram) terus memburuk.

Kapan kira-kira saat terbaik kita menurunkannya agar tidak lebih buruk. Pandangan saya adalah ketika neraca perdagangan barang surplus yakni pada periode 2009-2011.

Sebagai kesimpulan pada hakikatnya tidak ada yang baru dalam pidato Pak Prabowo. Dapat dipastikan Dorongan Besar juga akan dibiayai dengan utang.

Salam,

Budi Hikmat

Direktur Strategi dan Kepala Makro Ekonomi PT Bahana TCW Investment Management

Ancelotti Bantah Koulibaly Ingin ke MU

Jakarta Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti, membantah kabar Kalidou Koulibaly tidak bahagia berada di timnya. Ancelotti yakin Koulibaly tidak akan hengkang dan melanjutkan kariernya bersama Manchester United.

Pemain 27 tahun tersebut santer dikabarkan masuk dalam daftar belanja MU pada bursa transfer Januari 2019. Kalidou Koulibaly dianggap sebagai solusi ideal untuk mengatasi rapuhnya lini belakang The Red Devils.

Sang pemain pun disebut-sebut berminat untuk hengkang ke Inggris dan membela Manchester United. Apalagi, Koulibaly kerap menerima perlakuan rasis dari suporter di Italia.

Teranyar, dia mendapat perlakukan tak pantas tersebut ketika Napoli kalah 0-1 dari Inter Milan pada laga pekan ke-18 Serie A di Giuseppe Meazza, 27 Desember 2019.

“Di Inggris mereka menulis jika Koulibaly dapat pergi (ke Manchester United) karena masalah rasisme, saya kira tidak. Koulibaly bahagia di Naples,” ujar Ancelotti.

“Dia kesal seperti yang lain, tetapi itu tidak akan menjadi pemicu yang membuat dia pergi. Koulibaly tidak pernah memperlihatkannya, dia ingin tinggal di Naples dan di Italia, negara yang sangat dia sukai,” papar Carlo Ancelotti.

Sumber: Sportsmole

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Rencana Kabur Tersangka Korupsi Madrasah Aliyah Gowa Kandas di Bandara

Liputan6.com, Gowa – Penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel berhasil menggagalkan upaya pelarian salah seorang tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan ruang kelas belajar dan asrama putra-putri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin (14/1/2019).

Hendrik Wijaya, salah seorang tersangka tersebut ditangkap di area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Rencananya Direktur PT. Insani Persada itu hendak berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat Lion Air nomor penerbangan JT897.

“Dia merupakan salah satu dari tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi MAN IC Gowa dan perkaranya sudah dinyatakan P21,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani via pesan singkat.

Usai menangkapnya di area keberangkatan Bandara, penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel langsung membawanya ke Mapolda Sulsel sekaligus dilakukan penahanan guna mempermudah upaya pelimpahan tahap dua perkaranya ke Kejaksaan mendekat ini.

“Yang bersangkutan langsung ditahan di sel Rutan Mapolda Sulsel,” ucap Dicky.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kasus Dugaan Korupsi Madrasah Aliyah Gowa

Dalam kasus dugaan korupsi pembangunan ruang kelas belajar asrama putra dan putri Madrasayah Aliyah Negeri (MAN) IC Kabupaten Gowa, Sulsel, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Susel telah menetapkan tiga orang tersangka.

Selain Hendrik Wijaya yang berperan sebagai rekanan proyek, dua orang rekannya yakni Andi Muhammad Anshar selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Alimuddin Anshar selaku Direktur PT Syafitri Perdana yang berperan sebagai konsultan proyek juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Dari hasil pengerjaan proyek yang dilakoni ketiganya ditemukan adanya dugaan kerugian negara sebesar Rp 7 miliar lebih. Hal itu berdasarkan hasil audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel atas permintaan penyidik.

“Hasil audit BPKP Sulsel itu total los,” jelas Dicky.

Usai menetapkan tersangka, penyidik unit 1 subdit 3 tipikor Direktorat Reskrimsus Polda Sulsel pun langsung menggeledah rumah dan kantor rekanan PT. Cahaya Insani Persada yang berlokasi di Jalan A.Mallombassang No.80 Sungguminasa Kabupaten Gowa dan Jalan K.H.Wahid Hasyim No.244 Sungguminasa Kabupaten Gowa serta lanjut ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel yang berlokasi di Jalan Nuri No.53 Kecamatan Mariso, Makassar.

Proyek pembangunan ruang kelas belajar dan asrama putra-putri Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) milik Kanwil Kemenag Sulsel tepatnya berlokasi di Desa Belapunraga, Kabupaten Gowa.

Proyek tersebut diketahui menggunakan dana yang bersumber dari Angaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 sebesar Rp 8.230.000.000 melalui Kementerian Agama RI.

Namun dalam perjalanannya, pembangunan sarana belajar mengajar tersebut terhenti bahkan bangunannya dinilai terbengkalai karena tak dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Alasan Central Retail Tutup Gerai di Neo Soho

Liputan6.com, Jakarta – Usai PT Hero Supermarket Tbk yang gencar menutup gerai pada 2018, PT Central Retail Indonesia juga bakal menyusul memberhentikan pengoperasian salah satu toko Central Department Store di Neo Soho, Grogol, Jakarta Barat pada 17 Februari 2019.

Gerai Central Departement Store Neo Soho yang akan berhenti beroperasi ini membuat perusahaan retail asal Thailand tersebut kini hanya memliki satu toko lainnya, yakni berada di Central Grand Indonesia, Jakarta.

Public Relation Department Manager PT Central Retail Indonesia, Dimas Wisnu Wardana mengatakan, pemberhentian Central Departement Store Neo Soho ini seolah mengindikasikan ada perubahan tren belanja dari para konsumen.

“Kami mengamati tren belanja konsumen kami bergeser kepada sistem yang lebih cepat dan efisien. Untuk memenuhi kebutuhan customer kami tersebut kami memusatkan segala sumber daya kami ke flagship store kami, Central Grand Indonesia,” ungkap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (14/1/2019)

Dengan penutupan ini, ia menuturkan, kegiatan bisnis PT Central Retail di Indonesia pada 2019 hanya akan berpusat di Grand Indonesia. “Tahun ini kami hanya fokus di gerai flagship kami di Central Grand Indonesia,” ujar dia.

Perusahaan ritel asal Thailand ini sudah berdiri lebih dari 60 tahun di Thailand. Sedangkan di Indonesia, perusahaan ritel ini berdiri pada 2104 tepatnya pertama kali Grand Indonesia.


2 dari 2 halaman

Tawarkan Diskon

Sebelum masa kontrak Central Departement Store Neo Soho berakhir, Dimas menyebutkan, gerai tersebut bakal menghabiskan stok barang dagangan dengan mengadakan closing down sale hingga 90 persen sejak 14 Januari sampai 17 Februari 2019.

Untuk kegiatan bisnis ke depan, dia menambahkan, pihaknya kini tengah memperkuat omni channel berbelanja central department store Central On Demand melalui aplikasi messenger seperti whatsapp dan Line.   

“Sekarang ini kami penetrasi perlahan ke ranah online, fokus hanya melalui omni channel yang kami miliki dulu, karena investasi untuk e commerce juga tidak terbilang murah,” ujar dia.



Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ingin E-Money Edisi Khusus Keluaran Bank Mandiri? Beli di Sini

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk memperluas pemasaran e-money dengan membuka official store di platform Shopee. Official Mandiri e-store tersebut menjual merchandise e-money dalam berbagai pilihan edisi khusus.

SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri Jasmin mengatakan, inisiatif kerjasama dengan pelaku daring ini didasarkan pada tren belanja masyarakat saat ini yang sebagian besar dilakukan secara online.

“Buktinya, transaksi platform digital pelaku daring melalui Bank Mandiri pada tahun lalu mengalami peningkatan volume transaksi menjadi Rp 24 triliun atau naik 400 persen dibandingkan 2017,” kata dia dalam acara penandatangan kerjasama di kantor Shopee, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Meskipun diperoleh secara online, Jasmin mengatakan, Bank Mandiriakan menjamin keaslian dan kepastian produk e-money yang dijual sehingga dapat langsung dipergunakan untuk berbagai transaksi harian, seperti pembayaran tarif tol, TransJakarta,tarif parkir sampai minimarket.

“Dengan perkembangan pesat Shopee sebagai salah satu daring yang paling banyak dikunjungi, kami percaya kerjasama ini dapat semakin mempermudah masyarakat yang ingin memiliki Mandiri e-money atau bahkanmengoleksi berbagai edisi e-money yang telah diterbitkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain menjadi official store pertama milik Bank di marketplace, Mandiri e-store di platform digital ini juga diharapkan dapat semakin memperkuat penetrasi uang elektronik di masyarakat sehingga ikut mengakselerasi gerakan nasional nontunai yang sedang digalakkan oleh Pemerintah dan Bank Indonesia.

E-Money yang dijual di official store tersebut saat ini mendapat diskon atau potongan harga sebanyak 20 persen. “Diskonnya sampai akhir bulan ini,” ujar Jasmin.

2 dari 2 halaman

Inovasi

Dalam kesempatan serupa, Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja menjelaskan pihaknya senantiasa berkomitmen untuk mendengarkan masukan dari pengguna dalam berinovasi, termasuk bekerjasama dengan mitra-mitra ternama dalam menambah ragam pilihan produk sesuai dengan kebutuhan.

“Shopee sangat senang menjadi mitrayang dipercaya oleh Bank Mandiri untuk memperluas jangkauan dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk memiliki akses secaralangsung dan mudah ke produk-produk e-money Bank Mandiri,” ujarnya.

Hingga akhir Desember 2018, perseroan telah menerbitkan sebanyak 16,4juta kartu dengan akseptasi mandiri e-money di lebih dari 45 ribu merchant dan 60 ribu lokasi top up. Saat ini kartu Mandiri e-money telah terbit dalam berbagai edisi unik dengan desain yang bervariasi seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, Disney Tsum Tsum dan lain-lain.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Efisiensi Jadi Kunci Agar Bisnis Retail Tak Tumbang

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, efisiensi merupakan kunci agar suatu perusahaan yang bergerak dalam bisnis retail bisa menjaga napas usaha.

Hal itu dia lontarkan setelah ditanyai perihal kasus penutupan 26 gerai milik PT Hero Supermarket Tbk pada Kuartal III 2018 lalu, yang berakibat pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 532 karyawan.

“Itu kembali lagi ya, persaingan di bisnis retail sangat ketat. Di samping itu perilaku pembeli sekarang sudah berubah,” ungkap dia di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Tak hanya itu, ia menambahkan, maraknya kegiatan usaha online dalam bentuk e-commerce juga turut memainkan peran. “Memang tidak bisa dipungkiri bahwa belanja e-commerce ada pengaruhnya,” ucapnya.

“Semakin lama trennya semakin banyak. Itu bisa dipahami, untuk teman-teman di sektor retail lumayan berat. Dari persaingan sesama retail yang ketat, lalu tambah ada lagi online,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Penurunan Daya Beli

Selain itu, ia menduga, penurunan daya beli masyarakat juga ikut berpengaruh terhadap melemahnya perusahaan bisnis retail yang menerapkan kegiatan transaksi secara konvensional.

“Jadi ini semua mengakibatkan beberapa retail itu enggak bisa bertahan. Dulu kan sempat ada Seven Eleven yang tutup karena salah satu yang memukul mereka enggak boleh jualan bir. Padah orang-orang kesana sambil minum-minum,” tuturnya.

Hariyadi lantas coba menyimpulkan, masyarakat dewasa ini cenderung beralih untuk melakukan transaksi secara daring lantaran adanya faktor efisiensi.

“Bisa saja kemungkinan itu. Karena kan orang pada akhirnya mencari efisiensi. Dan itu semua terjadi karena enggak bisa bertahan dalam persaingan. Intinya itu,” pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

7 Trik Ampuh Bayar Uang Muka KPR

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu tantangan terbesar saat membeli rumah atau mengajukan KPR adalah membayar down payment (DP) atau uang muka. Di Indonesia, total DP yang harus dibayar adalah sekitar 5 persen hingga 25 persen dari harga rumah yang sebenarnya.

Semakin mahal rumah yang ingin dibeli, maka semakin besar DP yang harus dibayar. Tidak berhenti sampai disitu saja, setelah DP rumah lunas, Anda harus membayar cicilan setiap bulan yang jumlahnya tidak sedikit.

Pembayaran DP Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mahal sering menyebabkan seseorang menunda keinginan untuk membeli rumah, mungkin termasuk Anda. Apalagi jika orang tersebut hanya berstatus sebagai karyawan biasa dengan gaji yang pas-pasan.

Satu hal yang pasti, nothing is impossible. Trik berikut ini akan membantu Anda untuk membayar DP rumah atau uang muka KPR dengan harga selangit, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tinggalkan Gaya Hidup yang Konsumtif

Kebiasaan hangout atau kongko bersama teman sebaiknya mulai dikurangi atau dihilangkan jika Anda ingin cepat-cepat mempunyai rumah. Selain menguras gaji bulanan, kebiasaan ini juga menyita banyak waktu.

Waktu luang yang harusnya bisa Anda gunakan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan uang terpaksa harus terlewat begitu saja demi menikmati secangkir kopi bersama teman. Tidak hanya hangout, Anda juga harus belajar untuk menahan nafsu belanja saat berada di mall atau supermarket

Usahakan membawa catatan belanja agar barang yang dibeli sesuai dengan barang yang terdaftar di catatan tersebut. Cara ini cukup membantu dalam mengontrol pengeluaran Anda setiap bulan.

2 dari 4 halaman

2. Hitung Tabungan yang Terkumpul

Setelah sekian lama menabung, coba hitung jumlah tabungan yang sudah terkumpul. Apabila jumlahnya masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan, jangan bersedih atau putus asa, melainkan tumbuhkan niat agar Anda semakin giat menabung.

Agar tabungan cepat terkumpul, sediakan amplop tabungan harian. Isi amplop tersebut sesuai nominal yang telah Anda tetapkan, misalnya Rp 20 ribu per hari atau lebih.

Tabungan harian ini sifatnya terpisah dari tabungan bulanan. Gunanya agar jumlah tabungan yang terkumpul dua kali lipat lebih besar dan lebih siap untuk segera bisa membayar DP KPR.

3. Cari Pemasukan Tambahan

Apabila gaji bulanan tidak memungkinkan Anda untuk menabung dalam jumlah besar, sebaiknya carilah pemasukan tambahan. Caranya dengan bekerja paruh waktu di tempat yang membuka lowongan kerja part time.

Uang yang didapatkan dari kerja paruh waktu akan sangat membantu kondisi keuangan Anda setiap bulan. Sayangnya, kerja part time di Indonesia tidak sebanyak yang ada di luar negeri.

Sebagai gantinya, Anda bisa menjalankan bisnis online atau bekerja sebagai penulis lepas yang mekanisme kerjanya sangat fleksibel.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Tambah Utang atau Memberi Pinjaman ke Orang Lain

Jika ingin segera mempunyai rumah, sebaiknya hindari menambah utang agar sisa gaji Anda dapat ditabung secara utuh setiap bulan.

Pastikan pula riwayat utang dalam kondisi baik, artinya terhindar dari kredit macet. Sebab kreditur yang cicilannya pernah bermasalah dipastikan mengalami kesulitan saat ingin mengajukan pinjaman kepada bank.

Selain berutang, Anda juga harus berhenti meminjamkan uang kepada orang lain, termasuk teman sendiri. Sampaikan alasan kenapa Anda menolak permintaan mereka secara jujur agar mereka dapat memakluminya.

5. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Punya barang yang tidak terpakai? Mengapa tidak menjualnya untuk menambah pundi-pundi tabungan? Anda bisa menjual barang bekas tersebut lewat online shop atau garage sale. Jumlah yang terkumpul pasti lumayan, apalagi kalau jumlah barang yang terjual cukup banyak.

Pastikan barang bekas yang akan dijual masih bagus agar barang tersebut cepat laku. Tetapkan harga jual yang sesuai dengan kualitas dan merek barang. Jangan sampai Anda menetapkan harga jual yang terlalu tinggi untuk barang yang sama sekali tidak mempunyai merek.

4 dari 4 halaman

6. Mengikuti Investasi Berjangka

Investasikan sebagian dari gaji Anda untuk membeli produk investasi yang ditawarkan oleh pasar, seperti reksadana, valuta asing (valas), dan emas. Tidak seperti deposito, ketiga investasi ini dapat Anda cairkan setiap kali diperlukan.

Untuk memaksimalkan nilai investasi, cari tahu tingkat profitabilitas produk investasi yang ingin dibeli. Jangan ragu untuk berinvestasi pada aset yang profitable karena keuntungan yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu cukup besar.

7. Ikuti Acara Pameran Properti

Sekali-sekali, hadirilah pameran properti yang ada di kota tempat tinggal Anda. Hal ini membantu Anda untuk mencari tahu harga pasaran rumah dari berbagai tipe, sehingga Anda tahu jumlah uang yang harus disiapkan.

Harga sebuah rumah ditentukan oleh tipe, lokasi, dan fasilitas yang didapatkan. Apabila Anda menemukan rumah idaman, segera tanyakan harganya kepada developer yang bersangkutan. Tanyakan jumlah DP yang harus dibayarkan dan mekanisme cicilan setiap bulan.

Jangan Tunda untuk Memiliki Rumah

Apabila keinginan untuk membeli rumah sudah bulat, segera putuskan tipe rumah yang diinginkan agar Anda tahu jumlah DP yang harus disiapkan.

Jangan lupa lakukan trik-trik yang sudah dijelaskan di atas agar Anda semakin terbantu untuk mendapatkan rumah idaman. Semoga segera mempunya rumah idaman!