Achmad Jufriyanto Tanggapi Persaingan Lini Belakang Persib Bandung

Liputan6.com, Bandung – Stok pemain belakang Persib Bandung sudah berlimpah sebelum Achmad Juriyanto bergabung. Maung Bandung memiliki Bojan Malisic, Indra Mustafa, Al Amin Syukur Fisabilillah, Saepulloh Maulana, dan Fabiano Beltrame.

Biasanya, dalam situasi seperti itu, akan ada satu atau dua pemain hengkang. Entah itu karena keinginan personal untuk pergi atau demi mendapatkan kesempatan bermain.

Achmad Jufriyanto menanggapi santai menghadapi hal tersebut. Pemain yang baru dikontrak Persib selama dua tahun itu hanya fokus berjuang merebut tempatnya.

“Jadi sebelum datang, saya sudah tahu ada penumpukan untuk posisi belakang. Dari saya pribadi saya menilainya itu jadi hal yang normal dalam setiap tim. Sebagai pemain semua kita butuh pesaing, kalau saya pribadi tidak masalah karena mungkin sekarang ada saya, Fabiano, dan Bojan,” kata pemain yang akrab disapa Jupe itu.

Jupe menilai banyaknya pilihan merupakan hal positif. Ini akan jadi motivasi bagi pemain Persib untuk menunjukkan kemampuan saat latihan maupun pertandingan.

“Dengan adanya pilihan ini, kita akan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap latihan dan pertandingan. Itu hal yang positif buat pemain, sebagai langkah untuk improve kemampuan dia. Tim juga menerima hal positif dari situ karena setiap pemain selalu memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Gary Neville Sebut MU Butuh Lini Belakang Baru

Liputan6.com, Manchester – Mantan bek tangguh sekaligus kapten Manchester United (MU), Gary Neville bicara soal mantan klubnya. Pria yang ikut membawa MU meraih treble winners di tahun 1999 itu menyoroti beberapa kelemahan yang harus dibenahi Setan Merah musim depan.

“MU harus membangun kembali skuatnya, itu tak diragukan lagi,” ujar Neville, dikutip Manchester Evening News. “Ole Solskjaer (manajer MU) butuh pertahanan yang baru.”

Neville tentu bukan asal bicara. Dia mengungkapkan ini menyusul kiprah MU yang tak lagi berpeluang juara, musim ini. Terakhir, The Red Devils disingkirkan Barcelona di perempat final Liga Champions.

Neville kemudian menyebut, saat ini, MU sanagat membutuhkan bek kanan dan bek sentral. Bukan sekadar bagus, namun harus berkelas dunia, kata Neville, yang kini dikenal sebagai komentator sepak bola itu.

Setidaknya kata Neville, yang semasa bermain menempati posisi bek kanan dan bek tengah itu, MU butuh satu lagi pemain belakang untuk mendampingi Victor Lindelof. Sejauh ini, pemain asal Swedia itu memang tampil amat gemilang bersama Setan Merah.

Sejak direkrut dari Benfica pada 2017 lalu, Lindelof mampu menunjukkan kualitasnya sebagai bek andal. Bahkan, saat MU masih ditangani Jose Mourinho, kiprah gemilang Lindelof sudah banyak membuat suporter Setan Merah kagum.

Tanam ‘Buah Surga’ di Belakang Rumah, Milenial Ini Raup Puluhan Juta

Karawang – Petani muda di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sukses memanfaatkan lahan terbatas menjadi mesin penghasil uang. Dengan jeli, ia mengubah sepetak tanah di belakang rumahnya menjadi kebun dan persemaian buah tin. Meski bertani di lahan sempit, kini ia bisa meraup untung hingga puluhan juta rupiah setiap bulan.

“Kebun ini hanya seluas 10 X 12 meter. Dulunya lahan tak terurus, penuh rumput dan semrawut. Daripada mubazir, lahan belakang rumah ini, saya buat kebun dan tempat persemaian buah tin,” kata Dede Abdul Halim (31), petani asal Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya Karawang, saat ditemui detikFinance di rumahnya, Kamis (4/4/2019).

Dede mengaku terdorong menanam buah tin karena buah itu disebut dalam kitab suci Al Quran. Selain itu, kata Dede, buah tin dikenal punya banyak manfaat kesehatan.

“Terlebih bisnis buah tin masih prospektif karena tergolong jarang, sedangkan peminat banyak,” ujar Dede.

Setiap bulan, kata Dede ia mendapat order paling sedikit seribu batang bibit buah tin. Dengan harga jual Rp 20 ribu per batang, Dede bisa meraup untung rata-rata Rp 20 juta setiap bulan.

“Saya kirim bibit buah tin ke Bandung, Purwakarta, Subang bahkan sampai ke Lombok,” tutur dia.

Keuntungan yang diraih Dede makin berlipat jika pohon tin berbuah. Di pasaran, kata Dede harga jual buah tin cukup tinggi. Untuk satu kilogram buah masak, bisa mencapai Rp 200 hingga Rp 300 ribu.

“Merawat pohon tin juga tidak merepotkan. Cuma perlu disiram dua hari sekali. Tidak perlu perawatan yang ribet,” katanya.

Dede Abdul Halim memperlihatkan bibit tin jenis Green Jordan. Dede Abdul Halim memperlihatkan bibit tin jenis Green Jordan. Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom

Keuntungan bisa berlipat ganda bagi yang mengulik bisnis pohon tin lebih dalam. Dede menuturkan untuk jenis pohon tin tertentu, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah per batang.

“Selalu saja ada kolektor yang mencari pohon tin langka. Biasanya menghasilkan buah dengan warna unik, ada garis – garisnya,” kata Dede.

Dede memulai bisnis buah tin empat tahun lalu. Lantaran memiliki urat petani dari ayahnya, ia memutuskan tak bekerja setelah kuliah jurusan pertanian.

“Saya memulai bisnis ini dengan modal dengkul. Ngumpulin informasi dan modal dari teman -teman komunitas petani buah tin,” tutur Dede.

Dede kemudian berkecimpung dalan jaringan komunitas petani tin dari wilayah Karawang, Purwakarta hingga Subang. Mereka kerap bertukar informasi dan seluk beluk tanaman tin. Kebanyakan, kata Dede anggotanya petani pemula usia muda.

“Kami berbagi banyak hal dan saling bantu satu sama lain,” tutur Dede.

Setelah empat tahun berjalan, bisnis Dede mulai berkembang. Dia menyediakan berbagai jenis tin seperti Brown Turkey, Green Jordan dan Purple Jordan. Untuk merawat tanaman-tanaman itu, Dede mempekerjakan empat pemuda. Salah satunya Cahya Ningrat (19).

“Di sini saya belajar sambil bekerja. Supaya tidak merepotkan orang tua,” kata lulusan smk jurusan mesin itu. Cahya mengaku harus menunda cita-citanya menjadi pegawai pabrik lantaran tak juga dipanggil bekerja.

(ang/ang)

Pemain Belakang Lengah, Persela pun Terhenti di Piala Presiden 2019

LamonganPersela Lamongan tak bisa melewati adangan Madura United di perempatfinal Piala Presiden 2019. Kelengahan lini belakang disebut menjadi penyebab kegagalan.

Dalam pertandingan di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (31/3/2019), Persela menelan kekalahan 1-2 dari Sape Kerrap. Alberto Goncalves dan Aleksandar Rakic yang menjadi pencetak gol tim asuhan Dejan Antonic, dibalas sekali via Washington Brandao.

Atas kegagalan lolos ke semifinal, pelatih Persela, Aji Santoso, mengucapkan permintaan maaf untuk LA Mania.

“Saya minta maaf ke suporter karena belum bisa membawa Persela ke semifinal,” kata Aji Santoso, usai pertandingan.

Atas lahirnya dua gol yang menyebabkan laju Laskar Joko Tingkir di Piala Presiden, Aji menyebut, karena adanya ketelodoran para pemain belakang Persela. “Sehingga pemain lawan bisa crossing. Crosing kurang diantisipasi datangnya bola,” ujarnya.

Meski harus menderita kekalahan, Aji tetap mengapresiasi perjuangan anak didiknya. “Pertandingan seru, jual serangan, tidak ada yang salah-anak cara bermain anak-anak,” tuturnya.

(cas/rin)

Ingat, Penumpang Belakang Wajib Menggunakan Sabuk Keselamatan

Liputan6.com, Jakarta – Saat berkendara menggunakan mobil, baik pengemudi atau penumpang wajib mengutamakan keselamatan di jalan raya. Pasalnya, kegiatan menempuh perjalanan menggunakan roda empat, adalah kegiatan yang penuh risiko, dan pastinya berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Melansir Hyundai Indonesia, salah satu langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan, berkendara dengan wajar dan mengikuti peraturan lalu lintas. Faktor lain, penggunaan perangkat keamanan serta keselamatan seperti sabuk pengaman juga memiliki peran penting.

Selain itu, dengan menggunakan safety belt, risiko cidera yang dialami oleh pengemudi atau penumpang menjadi lebih kecil.

Sebab, jika tidak menggunakan safety belt, pastinya memiliki risiko cidera yang cukup parah, karena ketika terjadi tabrakan baik itu dari depan, samping hingga belakang, orang di dalam mobil akan terpental.

Jika sudah seperti itu, jelas bagian yang paling rawan, yaitu kepala bisa membentur ke kaca, dashboard, hingga bagian lainnya. Jadi, itulah salah satu fungsi dari menggunakan safety belt, setidaknya sopir dan penumpang merasa lebih aman dan nyaman.

4 Wajah Baru Rasa Lama di Lini Belakang Timnas Indonesia

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membawa 22 pemain ke Yangon untuk menjalani laga persahabatan internasional kontra Myanmar yang akan digelar Senin (25/3/2019). Dalam tim kali ini, ia memanggil empat pemain bertahan yang sudah lama tidak memperkuat Timnas Indonesia, setidaknya dalam dua tahun terakhir.

Setelah membawa pemain-pemain yang dipanggilnya mengikuti pemusatan latihan di Australia dan Bali, Simon McMenemy akhirnya memilih 22 pemain yang dibawanya ke Yangon.

Dari kesemuanya, pelatih kelahiran Skotlandia itu membawa enam pemain untuk mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Laga persahabatan kontra Myanmar menjadi laga internasional pertama Tim Garuda pada 2019. Seperti yang sudah terjadi sebelumnya, laga pertama seorang pelatih Timnas Indonesia akan menjadi tolok ukur ke depannya.

Apalagi konsentrasi tim ini adalah untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA dan sebagai persiapan untuk kualifikasi Piala Dunia dan Asia.

Hal tersebut membuat Simon harus sangat berhati-hati dalam memilih pemain terbaik yang dibawanya untuk memperkuat Tim Merah-Putih. Nama-nama beken yang pernah membela Timnas Indonesia beberapa tahun lalu pun kembali mendapatkan kesempatan untuk berseragam Tim Garuda.

Sejumlah pemain senior tersebut sejak awal dibawa oleh Simon sebagai pengimbang pemain muda yang juga memang disukainya.

Pengalaman dan jam terbang para pemain senior tentu menjadi faktor penting untuk mengangkat mentalitas tim yang juga diisi oleh para pemain muda yang juga memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk berseragam Timnas Indonesia.

Setiap lini pun terlihat bagaimana perpaduan antara pemain berpengalaman dan pemain baru, seperti Andritany Ardhiyasa dan Teja Paku Alam di bawah mistar gawang.

Kemudian ada juga di lini depan, di mana nama lama Greg Nwokolo kembali hadir mendampingi Dedik Setiawan yang baru berpengalaman untuk membela Tim Garuda dan Ilija Spasojevic yang dalam dua tahun terakhir sempat menjadi pilihan di lini depan Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Bola.com membahas kehadiran 4 pemain dari total enam pemain bertahan, yang kembali hadir di Timnas Indonesia setelah beberapa tahun terakhir absen membela Tim Garuda.

Suami Sering Memeluk dari Belakang? Ini Maknanya

Misal, saat baru sampai di rumah dalam keadaan lelah, rasa nyaman akan diberikannya lewat memeluk Anda dari belakang. Ia peduli pada Anda dan berusaha melakukan sesuatu yang sederhana untuk membuat suasana hati Anda membaik.

3. Kebutuhan akan rasa nyaman

Adakalanya saat pasangan sedang ada masalah dan merasa tertekan, memberi pelukan pada perempuan yang disayangi bisa memberikan rasa nyaman di hatinya. Dengan memberi pelukan, ia kembali mengingatkan diri kalau ia tak sendiri.

4. Hanya ingin menggoda

Salah satu godaan termanis yang ia bisa berikan adalah memeluk Anda dari belakang. Tak ada maksud lain, pure hanya ingin mengerecoki apa yang tengah Anda lakukan. Hal ini pun bisa jadi sebuah cara mempertahankan percikan cinta di antara kalian.

Penulis: Endah Wijayanti/Fimela.com

Bojan Malisic Yakin Lini Belakang Persib Bisa Lebih Baik

Liputan6.com, Bandung – Ketangguhan pertahanan Persib Bandung disorot setelah dua laga di Piala Presiden 2019. Total lima gol bersarang ke gawang Maung Bandung dari laga melawan Tira-Persikabo dan Persebaya Surabaya.

Menanggapi banyaknya kemasukan bola ke gawang Persib, bek tengah Bojan Malisic buka suara. Komandan lini belakang Maung Bandung itu mengungkapkan hal tersebut disebabkan lemahnya komunikasi.

“Mungkin kurang komunikasi di lini pertahanan, saya tahu ini sepak bola. Kalau di lapangan kita selalu mencoba untuk menang dan kita selalu coba sebaik mungkin dan meningkatkan kualitas,” kata Malisic usai latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (9/3/2019).

Malisic menegaskan, Persib selalu mencoba untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas permainan di lini belakang.

“Kadang kita bermain bagus tapi kalian tahu, selalu ada kesempatan dari tim lawan yang bisa bikin gol,” ucapnya.

Berita video highlights grup A Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (7/3/2019).

Orang-Orang yang Bisa jadi Pendonor Sumsum Tulang Belakang, Selain Saudara

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik menghampiri Ani Yudhoyono yang telah hampir sebulan menjalani pengobatan kanker darah di National University Hospital, Singapura. Istri Susilo Bambang Yudhoyono itu dikabarkan telah mendapat pendonor sumsum tulang belakang untuk melancarkan pengobatannya.

Transplantasi sumsum tulang belakang atau sel punca (stem cell) adalah tindakan penting bagi pengobatan pasien kanker darah tipe leukemia, limfoma, atau myeloma.

Dengan transplantasi sumsum tulang belakang atau sel punca, pasien kanker darah bisa menjalani kemoterapi dosis tinggi serta pengobatan lainnya. Pasien bisa mendapat transplantasi melalui sel puncanya sendiri (autologous transplant) atau dengan sel punca dari donor yang pas (allogeneic transplant).

Lalu, siapa sajakah yang bisa menjadi pendonor sumsum tulang belakang?

Bila ingin menjadi pendonor bagi pasien kanker darah, Anda harus punya sel punca yang cocok dengan pasien tersebut. Perlu tes darah untuk melihatnya. Para staf laboratorium akan melihat permukaan sel darah Anda lalu membandingkannya dengan sel darah pasien yang memerlukan transplantasi.

Pemeriksaan ini diperlukan karena masing-masing orang memiliki set protein berbeda-beda pada permukaan sel darahnya. Protein HLA dan antigen histokompatibilitas yang diteliti di laboratorium. Hasil tes tersebut akan menunjukkan seberapa besar kecocokan HLA pada pendonor maupun calon penerima donor.



2 dari 2 halaman

Saudara Kandung

Melansir laman Cancerresearchuk, saudara kandung cenderung menjadi donor yang paling cocok. Kemungkinannya 1 banding 4 sel-sel saudara kandung sangat cocok. Transplantasi dari donor yang berasal dari saudara kandung ini disebut matched related donor (MRD). Kecil kemungkinan saudara lain dalam keluarga yang memiliki kecocokan sebagai donor.

Bila Anda dan pasien yang akan menerima donor hanya memiliki 50 persen kecocokan, transplantasi sumsum tulang belakang atau sel punca masih tetap bisa dilakukan. Ini disebut haploidentical transplant.

Menurut National Marrow Donor Program, hanya 30 persen pasien yang bisa mendapatkan donor dari anggota keluarga yang benar-benar memiliki sel yang cocok. Jadi, transplantasi haploidentikal memang cenderung lebih mudah ditemukan diantara anggota keluarga besar, mengutip dari laman Medicalexpress.

Pasien kanker juga bisa mendapat donor dari anggota keluarga yang bukan saudara kandung. Ini disebut sebagai matched unrelated donor. Biasanya perlu banyak orang untuk dites tipe jaringan selnya untuk mendapatkan donor macam ini.

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.