KPK Selesai Geledah Kantornya, Menag Lukman: Terima Kasih Bekerja Cepat

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengaku sudah langsung dapat bekerja lagi di kantornya di Kementerian Agama pascapenggeledahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ini kan penyegelan baru Jumat malam, sudah selesai Jumat. Dan saya berterima kasih kepada KPK yang bekerja cepat sehingga tidak terlalu mengganggu karena sekarang saya akan bisa bekerja,” tutur Lukman di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Lukman menyebut, dia banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Meski bisa kembali bekerja, dia belum mengetahui apa aja yang diamankan KPK dari kantornya.

“Saya dapat informasi bahwa ruangan saya sudah bisa dibuka lagi dan proses penggeledahan KPK sudah katanya, saya mendapat informasi sudah selesai. Sehingga saya harus segera memasuki ruangan saya karena ada beberapa surat-surat yang harus saya tindak lanjuti, harus saya baca, harus saya tandatangani,” jelas dia.

Lukman mengatakan, dia menunggu KPK menindaklanjuti penggeledahan tersebut. Nantinya, dia baru akan memberikan pernyataan resmi ke masyarakat terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan sejumlah pejabat Kemenag.

“Saya minta juga kepada teman-teman media untuk menahan diri juga untuk tidak, menahan diri juga menanyakan hal-hal yang terkait dengan kasus ini,” Lukman menandaskan.

Ruang Kerja Digeledah, Menag: Terima Kasih KPK Bekerja Cepat

Jakarta – Ruang kerja Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin digeledah KPK terkait operasi tangkap tangan (OTT) Romahurmuziy. Menag berterima kasih karena KPK bekerja cepat sehingga dirinya bisa kembali bekerja di ruangannya.

“Saya berterima kasih, saya mendapatkan informasi bahwa ruangan saya sudah bisa dibuka lagi dan proses penggeledahan KPK sudah, katanya sudah selesai. Saya sangat berterima kasih KPK bekerja cepat,” ujar Menag Lukman Hakim di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Lukman mengaku belum tahu barang apa saja yang dibawa tim penyidik KPK dari penggeledahan. KPK sebelumnya menyegel sejumlah ruangan termasuk ruang Sekjen Kemenag Nur Kholis Setiawan.

“Belum tahu (soal barang yang dibawa KPK). Ini baru mau masuk. Saya mendapatkan konfirmasi bahwa ruangan saya sudah dibuka. Proses penggeledahan sudah dilakukan,” katanya.

Karena penggeledahan sudah rampung, Menag mengaku ingin segera kembali bekerja di ruangannya. Sebab ada dokumen yang harus ditindaklanjuti terkait tugas-tugasnya.

“Katanya sudah selesai sehingga saya harus segera memasuki ruangan saya karena ada surat-surat yang harus saya tindaklanjuti, yang harus saya baca, yang harus tandatangani,” ujar Lukman.

Menag Lukman Hakim sebelumnya berjanji kooperatif dengan KPK terkait pengusutan kasus dugaan suap jual-beli jabatan di Kemenag. Lukman Hakim juga berharap ruangan yang disegel KPK bisa segera difungsikan kembali.

Penggeledahan di Kemenag terkait penanganan kasus Romahurmuziy, tersangka penerima suap total Rp 300 juta. Diduga Romahurmuziy membantu seleksi jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Muafaq dan Haris juga ditetapkan KPK sebagai tersangka.Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy, sedangkan Haris diduga menyetor duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Benarkah Pelaku Aksi Teror di Masjid New Zealand Bekerja Sendirian?

ChristchurchBrenton Tarrant, charged for murder in relation to the mosque attacks, makes his first appearance in the Christchurch District Court Brenton Tarrant, 28, dalam persidangan di Pengadilan Christchurch pada Sabtu (16/3) didakwa melakukan pembunuhan. (Reuters)

Polisi mengatakan pelaku serangan teror yang terjadi di dua masjid di Christchurh, Selandia Baru, Jumat (15/3), bekerja sendirian.

Sang pelaku, pria Australia bernama Brenton Tarrant, 28 tahun, yang mendeskripsikan dirinya sebagai pendukung supremasi kulit putih, menyiarkan aksinya secara langsung di Facebook.

Adapun tiga orang lainnya yang ditangkap usai penembakan terjadi, diyakini tidak terlibat dalam aksi yang dilakukan Tarrant, ujar Komisaris Polisi Mike Bush.

Namun dia menambahkan hal tersebut belum bisa dipastikan.

Sebanyak 50 orang tewas dalam aksi penembakan tersebut, dan setidaknya 50 orang terluka. Sementara dua orang dalam kondisi kritis.

Bush mengatakan otoritas setempat berusaha melakukan identifikasi korban penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood secepat mungkin.

Dia menambahkan upaya identifikasi terhadap korban merupakan proses yang sensitif dan pihaknya memahami “kebutuhan agama dan budaya”.

Siapa saja yang terlibat?

Pada Sabtu, tersangka utama penembakan tersebut hadir di pengadilan mengenakan kaus putih dengan tangan terborgol. Dia tersenyum ke arah kamera.

Dia telah didakwa melakukan pembunuhan dan dakwaan lainnya diperkirakan akan ditimpakan kepadanya.

Dalam jumpa pers, Bush mengatakan Tarrant merupakan satu-satunya pelaku yang didakwa melakukan penembakan tersebut.

“Dia kami tangkap karena dia diyakini sebagai ancaman langsung, staf kami bertindak cepat… mereka menempatkan dirinya dalam bahaya untuk menghentikan serangan lebih lanjut – dan saya yakin mereka berhasil mencegah serangan lebih lanjut,” paparnya.

Dia menambahkan polisi meyakini dua orang yang ditangkap di dekat lokasi penembakan tidak terlibat. Seorang perempuan dibebaskan tanpa dakwaan dan seorang pria didakwa dengan pelanggaran yang melibatkan senjata api.

Selain itu, seorang remaja berusia 18 tahun juga ditangkap, namun keterlibatannya bersifat “tidak langsung” dan dia akan disidang pada Senin (18/3) besok.

Meskipun demikian, Bush menambahkan, “Saya tidak akan mengatakan hal-hal yang konklusif sampai kita benar-benar yakin berapa banyak orang yang terlibat.”

Semua orang yang ditangkap tidak memiliki sejarah perbuatan kriminal sebelumnya, kata polisi.

Tarrant telah dikembalikan ke tahanan tanpa pembelaan dan dijadwalkan kembali hadir di pengadilan pada tanggal 5 April mendatang.

Hakim ketua memutuskan bahwa wajah tersangka harus dikaburkan dalam foto dan video untuk mempertahankan haknya atas persidangan yang adil.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan Tarrant memiliki lisensi senjata api dan memiliki lima pucuk senapan.

Bagaimana kronologi peristiwa?

Laporan pertama terjadinya penembakan datang dari Masjid Al Noor di pusat kota Christchurch saat salat Jumat pukul 13:40 waktu setempat.

Pelaku menyetir ke arah masjid, memarkir mobilnya dan memberondong dengan senapan sembari berjalan masuk ke dalam masjid melalui pintu utama. Dia menembak laki-laki, perempuan bahkan anak-anak selama lima menit. Dia menyiarkan aksinya tersebut melalui kamera yang dipasang di kepalanya dan dia pun menyebutkan identitasnya di video tersebut.

Pelaku kemudian mengemudi sejauh lima kilometer menuju masjid lainnya di Linwood, di mana aksi penembakan kedua terjadi.

Map of the route of the attack
BBC

Perdana Menteri Ardern mengatakan senapan yang digunakan pelaku telah dimodifikasi dan mobil yang dikendarai pelaku penuh dengan senjata, yang menunjukkan “niat pelaku untuk melakukan lebih banyak serangan”.

Pelaku mendapatkan lisensi kepemilikan senjata pada November 2017 yang membuatnya bisa membeli semua senapan yang dia gunakan dalam serangan tersebut.

Pelaku tidak termasuk dalam radar dinas keamanan di Australia dan Selandia Baru.

A silver fern is projected onto the sails of the Opera House in commemoration of the victims of the Christchurch massacre on March 16, 2019 Sydney Opera House memproyeksikan daun pakis perak sebagai tanda belasungkawa bagi keluarga korban yang tewas dalam serangan teror di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru. (Getty Images)

Sebelum terjadinya serangan, akun media sosial atas nama Brenton Tarrant digunakan untuk mengunggah manifesto bernada rasis, di mana dia juga menyebut dua masjid yang menjadi target serangan.

Manifesto itu diberi judul ‘The Great Replacement’, yang diambil dari frase di Prancis yang kerap digunakan oleh ekstremis anti-imigran Eropa. Pelaku disebut telah merencanakan aksinya setelah kunjungannya ke Eropa tahun 2017 dan terpicu oleh peristiwa serangan di wilayah tersebut.

Pelaku mengirimkan manifesto itu ke 70 orang, termasuk ke alamat publik Jacinda Ardern, kurang dari 10 menit, sebelum serangan terjadi, lapor New Zealand Herald.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fraksi PKB Dinobatkan Teraktif, Cucun: Spirit untuk Bekerja Maksimal

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsulrijal menyatakan, tugas menjadi dewan bukanlah hal mudah. Ada mandat rakyat yang diemban, Selain menjadi amanah tentu melahirkan kebijakan prorakyat adalah prioritas.

Ucapan Cucun tersebut dlontarkan usai Fraksi PKB dinobatkan sebagai fraksi teraktif dan fraksi peduli sosial di ajang Anugerah Teropong Parlemen Award 2019 yang digelar di Hotel Mulia, Kamis 7 Maret 2019.

“Kita berharap ini semakin membangun spirit perjuangan kader PKB di parlemen. Prestasi ini menjadi semangat untuk bekerja lebih maksimal,” ungkap Cucun di Gedung DPR, Jum’at (8/3/2019).

Menurutnya, kinerja legislator memang perlu mendapat sorotan, khususnya dari kalangan pekerja media yang bisa melihat secara obyektif kinerja parlemen.

“Saya kira ini penting menerus dilakukan, rakyat dengan adanya award seperti ini juga bisa melihat kinerja fraksi mana yang betul-betul bekerja untuk rakyat,” kata tokoh asal Kabupaten Bandung itu.

Selain menyabet dua penghargaan, dua kader PKB juga mendapatkan Penghargaan. Keduanya adalah Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal dan Daniel Johan (Wakil Ketua Komisi IV) sebagai Anggota Parlemen yang Aspiratif.

“Alhamdulillah kerja ikhlas kami di parlemen setidaknya dilihat, penghargaan ini adalah pembuktian atas kinerja dan tentunya doa konstituen PKB,” tukasnya.

Ingin Sukses Bekerja? Simak Pesan dari Peraih Nobel Ekonomi 2004 Ini

Sebelumnya, peraih Nobel Ekonomi 2004, Finn Erling Kydland, angkat suara soal investasi asing di Indonesia. Meski belakang isu investasi asing, seperti dari China, sedang menjadi polemik, tetapi Kydland mengajak memahami esensi dasar dari investasi asing.

Ia menyebut, negara dapat mengambil keuntungan dari investasi asing untuk mendanai proyek-proyek yang tidak seluruhnya bisa dilaksanakan dengan dana domestik.

“Investasi asing, secara umum, seharusnya merupakan hal yang baik. Itu adalah cara membantu ketika negara tak memiliki sumber sendiri dan dana yang cukup,” ujar dia dalam konferensi pers di Universitas Binus, Jakarta Barat pada Jumat 8 Maret 2019.

“Dan hal tersebut (investasi asing), jika dilakukan dengan benar, maka dapat membantu ekonomi tumbuh lebih cepat,” ucap Kydland.

Lebih lanjut, dia juga mencontohkan negaranya sendiri, Norwegia, yang pada  1920 sampai 1930-an adalah negara yang sangat miskin. 

Norwegia pun mengandalkan dana investor asing untuk membuat negaranya berkembang. Kydland berkata, Norwegia jadi tumbuh lebih cepat berkat investasi. 

Ketika ditanyakan mengenai kasus investor China, Huang Xiangmo, yang mencoba mempengaruhi politik di Australia, Kydland menyebut kasus itu berbeda, sebab tidak memberikan kontribusi apapun bagi ekonomi.

“Menggunakan uang untuk mempengaruhi politisi adalah hal berbeda. Itu sama sekali tak membantu memperkaya sebuah negara,” kata dia.

Secara ekonomi, Kydland menepis anggapan, investasi asing, seperti untuk infrastruktur atau pabrik, dapat berniat jahat. Menurut dia, setiap investor pasti ingin agar proyek sukses agar mendapatkan untung.

“Sebagai investor, kamu  pasti selalu berharap mendapat untung. Kamu tak akan melakukannya kecuali yakin ada keuntungannya. Jadi saya tak dapat memikirkan contoh bahwa investasi dapat memiliki niat jahat atau buruk,” kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mendorong para pelaku startup terus mengembangkan diri, hingga berstatus unicorn.

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kepala BNPB Ingatkan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan masyarakat terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah minim air. Dia mengingatkan soal pentingnya mitigasi bencana.

“Bangsa kita harus mencari solusi untuk mengatasi karhutla yang melibatkan masyarakat yang juga dalam bagian pentahelic,” ujarnya dalam acara gelar peralatan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Dia pun menjelaskan sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kobaran api menjalar dalam ranah perhutanan. Di antaranya adalah fakror alam dan non-alam.

“Penyebabnya adalah faktor alam, non alam manusia yang tidak sengaja, dan faktor non alam yang disengaja bakar oleh manusia. Hal ini yang harus BNPB ditindaklanjuti,” katanya menandasi.

Mantan Sesjen Wantannas ini mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menghemat listrik dan air bersih. Dia juga mengimbau agar mengurangi sampah pelastik.

Menurutnya, BNPB penting bekerja dengan jujur untuk meraih kepercayaan masyarakat. “Kita bangun kepercayaan publik. BNPB menjadi lembaga yang layak dijadikan contoh dan menjadi yang terbaik,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Peringatan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memperingati potensi kebakaran hutan di wilayah Sumatera, khususnya Riau. Hal tersebut dikarenakan kurangnya intensitas hujan.

“Kondisi kurang hujan di wilayah-wilayah tersebut didukung oleh kondisi troposfer bagian tengah yang didominasi kelembapan udara yang relatif rendah. Ini sesuai dengan peta prediksi spasial anomali radiasi balik matahari gelombang panjang (OLR),” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dikutip dari laman BMKG, Jumat 22 Febuari 2019. (rifqi aufal sutisna)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tampil di Piala Presiden 2019, Pemain Asing Tidak Perlu Kitas

Jakarta – Pemain asing yang akan tampil di Piala Presiden 2019 tidak perlu memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Hal itu dipastikan oleh PSSI. Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, klub hanya tinggal memastikan pemain asing itu memiliki Visa Kunjungan Usaha.

Managers Meeting Piala Presiden 2019  telah digelar pada Kamis (28/2/2019). Dalam kesempatan tersebut, PSSI memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan turnamen pramusim yang akan dimulai Sabtu (2/3/2019).

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, juga mengungkapkan para pemain asing yang akan memperkuat klub peserta Piala Presiden 2019 tak memerlukan Kitas seperti di edisi sebelumnya. Maksimal empat pemain asing yang akan bermain di setiap klub hanya perlu untuk memastikan datang ke Indonesia dengan menggunakan Visa Kunjungan Usaha.

“Untuk proses imigrasi pemain asing, PSSI sudah berkoordinasi dengan BOPI pada pekan lalu dan kami sepakat dengan arahan BOPI, mengingat ini merupakan ajang uji coba bagi klub, kami akan menggunakan regulasi VISA, bukan Kitas,” ujar Ratu Tisha Destria di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

“Alasannya kalau Kitas artinya sang pemain sudah bekerja di sini, sementara untuk Piala Presiden 2019 ini belum pasti pemain itu akan digunakan oleh klub saat kompetisi nanti,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kuota 3 + 1

Sementara untuk jumlah pemain asing yang boleh digunakan setiap klub, PSSI masih menerapkan kuota 3+1, perinciannya minimal satu pemain asing harus berasal dari Asia.

“Kalau ada dua atau tiga pemain asing dari Asia justru itu tidak ada masalah,” tegas Ratu Tisha.

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret 2019 dan akan berakhir pada 12 April 2019. Babak penyisihan grup digelar di lima kota dan kabupaten, yaitu Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Sumber: Bola.com

Menaker Yakin Program Desmigratif Bisa Tekan Pengiriman TKI Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan, Program Desa Migrasi Produktif (Desmigratif) yang dicanangkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bisa menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang kerap dilakukan calo.

Lewat program ini, calon TKI bisa mendapat informasi lengkap seputar pasar kerja dan tata cara bekerja di luar negeri.

“Bahkan kalau mau misalnya berangkatnya lewat PT, mau nanya PT yang sudah dicabut mana saja, kadangkala orang enggak tahu kan. Itu kalau di layanan migrasi bisa diakses informasi itu,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Namun dia mengakui jika upaya tersebut masih butuh usaha yang lebih keras. “Karena ini memang lebih jangka panjang dalam rangka membantu pengelolaan remitansi para TKI,” jelas dia.

Kendati demikian, Hanif menilai, pelaksanaan Program Desmigratif sejauh ini telah berjalan dengan baik, sehingga bisa menangani oknum calo di lapangan.

Alhamdulillah selama ini sudah ada relatif berjalan baik. Dalam program desmigratif itu kan warga desa jadi punya tempat untuk crosscheck Informasi. Karena di situ disiapkan ada informasi pasar kerja, juga kalau mekanisme bekerja ke luar negeri itu seperti apa, syarat-syaratnya bagaimana, dan seterusnya,” tuturnya.

Selain itu, ia melanjutkan, program ini juga mampu menopangi keberlanjutan hidup keluarga TKI yang ditinggal di kampung halamannya.

“Misal yang tinggal pasangannya. Kalau istrinya pergi berarti yang lakinya di rumah, itu kita kasih pelatihan kewirausahaan, kita kasih bantuan sarana dan prasarana usaha sampai mereka menciptakan usaha produktif,” paparnya.

“Kemudian untuk community parenting, anak-anaknya kita urus, kita ada rumah edukatif. Sejumlah BUMN men-support kita, dan anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk kepentingan yang positif,” dia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Kemnaker Ingin Pemda Ikut Danai Program Desa Migran Kreatif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen mengoptimalkan program Desa Migran Produktif alias Desmigratif agar lebih maksimal. Program ini dinilai dapat membangkitkan pembangunan ekonomi di desa.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, Kemnakar menargetkan 150 desa masuk program desmigratif pada 2019 ini.

“Masih jalan, Desmigratif untuk tahun ini sekitar 150 desa yang kita jalankan dengan program desmigratif itu di 10 provinsi, sekitar 60 kabupaten,” kata dia di Kemnaker, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Hanif mengakui bahwa meskipun terjadi kenaikan jumlah desa sasaran program dibandingkan tahun sebelumnya, namun itu tidak tinggi. Pada 2018, program ini menyasar 130 desa.

“Naik. Cuma kenaikannya tidak melonjak begitu, karena anggaran kita untuk itu relatif terbatas,” ungkap Hanif.

Karena itu, pihaknya mendorong agar pemerintah daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk turut ambil bagian dalam pendanaan program ini.

“Kita bikin role model-nya, jadi ada modeling dari Kementerian untuk pelayanan dan perlindungan TKI dari desa. Kemudian nanti kita berharap pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota juga bisa mereplikasi itu di desa-desa yang kebetulan belum,” jelas dia.

“Karena kalau kami kan desanya tiap tahun paling satu kabupaten atau satu provinsi kita kasih dua desa sebagai model. Kalau provinsinya bisa lebih kenceng, kabupatennya lebih kencang, saya kira akan makin banyak desa-desa yang terjangkau oleh program desa desmigratif,” Dia menandaskan.


Reporter: Wifridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com