Pujian Pengunjung Usai Main Salju di Trans Snow World Bekasi

Bekasi – Setelah diresmikan tadi pagi, sejumlah traveler telah mencoba wahana Trans Snow World Juanda di Bekasi. Ini komentar dan masukan mereka.

Minggu pagi tadi (24/3/2019) taman rekreasi salju Trans Snow World Juanda diresmikan langsung oleh Walikota Bekasi, Rachmat Effendi. Turut hadir juga Wakil Walikota Tri Adhianto dan Founder dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung.

Walau belum dibuka untuk umum hari ini, sejumlah tamu undangan telah berkesempatan hadir untuk melihat dan bermain salju di Trans Snow World Juanda. Salah satunya adalah Yulia, warga Depok yang datang bersama dua anaknya.

“Yang senang anak-anak, saya nunggu karena nggak kuat dinginnya. Berasa di luar negeri,” ujar Yulia yang menunggu anak-anaknya bermain.

Pujian Pengunjung Usai Main Salju di Trans Snow World BekasiSuasana musim dingin bagai di luar negeri (Johanes Randy/detikcom)

Antusiasme senada juga diucapkan oleh pengunjung lain asal Jakarta, Justin Pradinata. “Kalau menurut saya ini amazing banget. Mungkin masyarakat Indonesia yang nggak tahu salju bisa ke Trans Park Juanda buat pegang langsung,” ujar Justian.

Tak hanya itu, Justian juga merekomendasikan Trans Snow World sebagai tempat wisata di Bekasi yang asyik dikunjungi bareng keluarga mau pun kekasih tercinta. Makanan dan minuman pun juga tersedia. Malah, ia juga sempat mencoba main ski.

“Belajar ski saya kira di awal susah, tapi ternyata nggak. Tadi sama pelatihnya,” ujar Justian.

Pengunjung lain bernama Febri yang datang bersama anaknya juga mengungkapkan kekagumannya pada wahana salju pertama di Indonesia tersebut. Hanya saja, ia merasa kalau waktu bermain selama 2 jam masih kurang cukup.

Pujian Pengunjung Usai Main Salju di Trans Snow World BekasiMirip di Swiss kan? (Rachman/detikcom)

“Senang, tapi waktunya kurang sih. Ngantre kereta gantung rada lama. Tadi cuma sempat coba satu dua wahana, karena rada ramai,” ujar Febri.

Itulah beberapa komentar dan masukan dari para pengunjung pertama Trans Snow World Juanda, Bekasi hari ini. Sekiranya antusiasme akan lebih membludak esok Senin (25/3) ketika wahana benar-benar dibuka untuk umum pertama kalinya.

Trans Snow World Juanda buka dari pukul 09.00-23.00 WIB. Harga tiket Snow World adalah Rp 200 ribu untuk weekday dan Rp 275 ribu untuk weekend. Harga tersebut sudah termasuk rental sepatu boot dan kaus kaki gratis. Pembelian tiket dapat melalui aplikasi detik.com.

Nggak perlu ke luar negeri untuk merasakan salju, cukup ke Bekasi dan pilih jam bermainmu di www.transsnowworld.com. (rdy/fay)

Dihamili, Cewek di Bekasi Gugat Pacarnya Rp 5,1 Miliar

Bekasi – Hati-hati dalam membina hubungan dengan pacar. Di Bekasi, Jawa Barat, seorang perempuan menggugat mantan kekasihnya karena tidak mau bertanggung jawab atas kehamilan yang ia perbuat.

“Benar ada gugatan itu. Nomor perkara 456/Pdt.G/2018/PN.Bks,” kata humas PN Bekasi, Djuyamto kepada wartawan, Jumat (15/5/2019).

Kasus bermula saat seorang lelaki, inisial A berpacaran dengan seorang perempuan inisial B. Hubungan itu sudah layaknya suami istri sehingga B hamil.

“Tapi si A tidak mau menikahi si B. lalu digugatlah si A,” ujarnya.


B meminta majelis hakim menghukum A untuk memberikan ganti rugi materil Rp 100 juta dan kerugian immateril Rp 5 miliar. B juga meminta uang paksa (dwangsom) sebesar Rp 1 juta untuk setiap hari keterlambatan dalam melaksanakan putusan setelah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Sidang masih pembuktian dengan pemeriksaan saksi. Ketua majelis yaitu Abdul Ropik dengan anggota Adi Ismet dan Donald Panggabean,” ujarnya.
(asp/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ketahuan Chatting dengan Pria Lain, Istri di Bekasi Dibunuh Suami

Jakarta – Seorang wanita berinisial N tewas di tangan suaminya, S. S merencanakan pembunuhan itu lantaran cemburu karena sang istri ketahuan chatting dengan pria lain.

“Hasil pengakuan, tersangka S melakukan pembunuhan berencana karena sakit hati dan merasa kesal terhadap korban, karena cemburu bahwa pernah diketahui di HP korban ada komunikasi dengan laki-laki lain,” kata ujar Kapolsek Serang Baru AKP Wito dalam keterangannya, Rabu (6/3/2019).

Pembunuhan itu terjadi pada Rabu (27/2) dini hari di rumah korban di Desa Sirna Jaya, Serang Baru, Kabupaten Bekasi. Sebelumnya tersangka S merencanakan pembunuhan itu dengan mengajak tersangka M.

“Tersangka ini curhat kepada tersangka M, kemudian merencanakan pembunuhan pada 26 Februari 2019,” ungkap Wito.

Keduanya mengeksekusi korban tepatnya pada Rabu (27/3) pukul 01.00 WIB. Saat itu korban sedang tertidur pulas bersama anaknya, HK (4). Pembunuhan dilakukan ketika korban tidur di samping anaknya.

“Kedua pelaku datang ke rumah korban lewat pintu belakang menuju ke kamar tidur yang kebetulan korban sedang tidur,” imbuhnya.

Tersangka M kemudian membekap mulut dan hidung korban menggunakan handuk kecil dan bantal sambil mencekik leher korban. Sedangkan tersangka S memegang tangan dan kaki korban supaya korban tidak meronta-ronta.

“Setelah korban diduga sudah meninggal, langsung ditutup dengan seprai warna ungu. Kemudian motor Honda Scoopy milik korban berikut STNK, helm, dan dompet dibawa oleh M ke rumah AL di Jonggol, Bogor,” ujar Wito.

“Atas suruhan tersangka S dengan tujuan menghilangkan jejak pembunuhan berencana tersebut,” ungkapnya.

Selesai membunuh korban, pelaku menghilang sejenak. S kembali datang ke rumahnya sekitar pukul 05.00 WIB dan menemukan anaknya yang sedang menangisi kematian ibunya.

“Tersangka S datang untuk mengambil anaknya yang saat itu sedang menangis, seolah-olah tidak terjadi apa-apa,” ungkapnya.

Kematian korban ini kemudian diusut polisi. Hasil olah TKP dan identifikasi, polisi menemukan sejumlah kejanggalan.

“Dari hasil penyelidikan, ada beberapa kejanggalan kematian korban N. Dan setelah selesai dilakukan olah TKP pada Senin, 4 Maret 2019 pukul 22.00 WIB, diperoleh beberapa kesimpulan yang kemudian digabungkan adanya beberapa keterangan dan langsung dilakukan penyelidikan yang mengarah pada pelaku S,” paparnya.

Polisi kemudian menangkap S di Kampung Gebang Malang RT 01/01 Desa Sirna Jaya, Kecamatan Serang Baru, Bekasi, pada Selasa (5/2) pukul 23.00 WIB. Tersangka pun mengaku membunuh korban dengan bantuan tersangka M.

Selanjutnya polisi menangkap tersangka M. Keduanya dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Dari hasil pemeriksaan, S mengaku membunuh korban karena cemburu. Rumah tangga keduanya juga sering ribut, bahkan korban meminta cerai.

“Menurut pengakuan tersangka, korban juga sering menghina pelaku dan orang tuanya dengan kata-kata ‘nggak sudi ke rumahmu, rumahmu banyak penyakit, banyak virus’, yang akhirnya korban dan tersangka pisah rumah selama satu bulan,” ujarnya.
(mei/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Warga-TNI Gotong Royong Perbaiki Jalan Kampung di Bekasi

Jakarta – Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 kerja bersama warga melakukan perbaikan jalan desa di Jatiasih, Bekasi. Total jalan rusak yang akan diperbaiki sepanjang 644 meter.

Warga dan TNI melakukan perbaikan dan pengecoran di ruas Jalan Terusan Bagol di Kampung Cakung, RT 01/05, Kelurahan Jatiasari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Mereka bergotong royong memperbaiki jalan sejak Senin (4/3) malam.

“Malam ini kita langsung lanjutkan pengecoran di lokasi ini, karena kebetulan ada material coran yang datang. Jadi, biar cepat, kita langsung kerjakan bersama-sama malam ini,” jelas Lettu Inf Sulaiman dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (5/3/2019).

Total jalan yang akan diperbaiki sepanjang 644 meterTotal jalan yang akan diperbaiki sepanjang 644 meter (Foto: dok. Satgas TMMD)

Satgas TMMD berisi personel dari Kodim 0507/Bekasi, Korem 051/Wijayakarta, dan Kodam Jaya/Jayakarta. Lettu Inf Sulaiman merupakan komandan satuan setara kompi (SSK) yang memimpin Satgas TMMD. Sementara itu, warga dipimpin Ketua RT 01 Jamal.

Mereka mengecor jalan sepanjang 644 meter itu dengan lebar 3 meter dan ketebalan 15 cm. Kontur jalan yang rusak, menurun, dan berbelok-belok menjadi tantangan. Pada Selasa (5/3) pagi, pengerjaan dilanjutkan dengan pemasangan bekisting.

“Total hingga semalam pengecoran di ruas Jalan Terus Bagol ini sudah lebih dari 100 meter dan akan langsung kita lanjutkan terus secara bertahap. Karena ini yang terpanjang jalannya yang kita kerjakan, tantangannya juga tidak mudah. Jadi ada kesempatan, langsung kita kerjakan,” kata Sulaiman.

Perbaikan dilakukan sejak Senin (4/3) malamPerbaikan dilakukan sejak Senin (4/3) malam (Foto: dok. Satgas TMMD)

Sementara itu, Ketua RT 01 Jamal mengatakan warga dengan senang hati bergotong royong ikut memperbaiki jalan desa. Mereka tak ada masalah meski perbaikan dilakukan pada malam hari.

“Ya ini kan cuma sebulan, belum tentu setahun sekali. Makanya waktu mau ada TMMD ini, pas dikumpulin warga sudah sepakat untuk membantu total TMMD di sini. Karena nanti kita-kita juga yang ngerasain manfaatnya,” ucap Jamal.

Seorang warga RT 01/05, Esin (74), mengaku kaget ketika melihat progres pengerjaan perbaikan jalan. “Semalam kita mau tidur memang lagi siap-siap mau ngecor, cuma kirain belum sampai rumah kita. Eh kita bangun Subuh mau salat, pas lihat jalan, sudah rapi. Padahal semalaman kalau nggak salah hujan, eh pagi sudah rapi. Cakep dah, terima kasih banget kita,” ucap Esin.
(fjp/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Pamer 3 ‘Kartu Sakti’ Baru di Depan Warga Bekasi

BekasiPresiden yang juga capres Joko Widodo (Jokowi) memamerkan tiga ‘kartu sakti’ di depan warga dalam acara makan bakso bersama di Cikarang. Tiga kartu ini sebelumnya sudah disampaikan Jokowi saat pidato konvensi rakyat pekan lalu.

Yang pertama adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) hingga jenjang kuliah. Diharapkan, anak-anak Indonesia yang lulus SMA/SMK atau sederajat bisa meneruskan pendidikan ke kuliah.

“Ingin saya sampaikan, pemerintah sekarang ini segera akan memiliki Kartu Indonesia Pintar untuk kuliah. KIP kuliah seperti ini. Sekarang KIP untuk SD, SMP, SMA, SMK. Ini segera keluar KIP kuliah untuk anak-anak Indonesia agar bisa kuliah. Nih…,” ujar Jokowi dalam acara Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu di Kota Deltamas Cikarang, Jawa Barat, Minggu (3/3/2019).

Kedua adalah Kartu Pra-Kerja. Kartu ini berfungsi memberikan pelatihan bagi anak-anak yang lulus kuliah.

“Kartu ini nanti akan bisa dipakai untuk training-training yang diselenggarakan pemerintah. Setelah training kita harapkan masuk industri. Kalau belum, akan diberi gaji atau honor dari sini,” kata Jokowi.

Yang terakhir adalah Kartu Sembako Murah. Namun ia tidak menjelaskan lebih rinci ihwal kartu ini.

“Ketiga, kita akan keluarkan Kartu Sembako Murah seperti ini. Saya nggak akan bicara banyak mengenai kartu ini, kalau kurang informasinya nanti akan disampaikan lagi,” jelas Jokowi.

Saksikan juga video ‘ Program Baru Jokowi: KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja dan Kartu Sembako Murah’:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/rvk)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tampil di Piala Presiden 2019, Pemain Asing Tidak Perlu Kitas

Jakarta – Pemain asing yang akan tampil di Piala Presiden 2019 tidak perlu memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Hal itu dipastikan oleh PSSI. Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, klub hanya tinggal memastikan pemain asing itu memiliki Visa Kunjungan Usaha.

Managers Meeting Piala Presiden 2019  telah digelar pada Kamis (28/2/2019). Dalam kesempatan tersebut, PSSI memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan turnamen pramusim yang akan dimulai Sabtu (2/3/2019).

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, juga mengungkapkan para pemain asing yang akan memperkuat klub peserta Piala Presiden 2019 tak memerlukan Kitas seperti di edisi sebelumnya. Maksimal empat pemain asing yang akan bermain di setiap klub hanya perlu untuk memastikan datang ke Indonesia dengan menggunakan Visa Kunjungan Usaha.

“Untuk proses imigrasi pemain asing, PSSI sudah berkoordinasi dengan BOPI pada pekan lalu dan kami sepakat dengan arahan BOPI, mengingat ini merupakan ajang uji coba bagi klub, kami akan menggunakan regulasi VISA, bukan Kitas,” ujar Ratu Tisha Destria di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

“Alasannya kalau Kitas artinya sang pemain sudah bekerja di sini, sementara untuk Piala Presiden 2019 ini belum pasti pemain itu akan digunakan oleh klub saat kompetisi nanti,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kuota 3 + 1

Sementara untuk jumlah pemain asing yang boleh digunakan setiap klub, PSSI masih menerapkan kuota 3+1, perinciannya minimal satu pemain asing harus berasal dari Asia.

“Kalau ada dua atau tiga pemain asing dari Asia justru itu tidak ada masalah,” tegas Ratu Tisha.

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret 2019 dan akan berakhir pada 12 April 2019. Babak penyisihan grup digelar di lima kota dan kabupaten, yaitu Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Sumber: Bola.com

MFC Kembali Digelar, Cari 16 Anak Terbaik dari 5 Kota Besar

Jakarta – MILO kembali menggelar Football Championship untuk usia dini. Kali ini, ajang dengan nama MILO Football Champioship (MFC) 2019 akan digelar dengan kick off di Jakarta, Sabtu (2/3).

Turnamen U-12 ini sendiri  sudah digelar dalam beberapa tahun terakhir. Ajang ini akan kembali mencari anak-anak terbaik dari Indonesia yang akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu idolanya di FC Barcelona.

Satu yang membedakan MILO Football Championship kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah masuknya Surabaya sebagai kota penyelenggara final regional, membuat pencarian bakat dan turnamen sepak bola U-12 ini akan digelar di 5 kota besar, termasuk 4 kota yang setiap tahun sudah menjadi penyelenggara, yaitu Jakarta, Makassar, Medan, dan Bandung.

Sebelumnya fase penyisihan sudah dilakukan 20 kota, yaitu Jakarta Timur plus Jakarta Pusat, Jakarta, Selatan, Jakarta Barat, Tangerang Selatang, Bandung plus Cimahi, Purwakarta, Bekasi, dan Cirebon pada 9-10 Februari 2019. Sementara di Medan, Binjai, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Makassar, Bone, Bantaeng, dan Pare-Pare digelar pada 16-17 Februari 2019.

Kick-off final regional MILO Football Championship 2019 digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019). Turnamen digelar selama dua hari dan akan melibatkan tiga pelatih, yaitu Zainal Abidin, dan dua mantan pemain nasional, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Ponaryo Astaman.

Sementara itu, final regional Medan dan Bandung akan digelar bersamaan pada 9-10 Maret 2019. Sementara untuk Surabaya akan digelar pada 23-24 Maret, dan Makassar menjadi kota terakhir yang menggelar Milo Football Championship 2019 pada 6-7 April 2019.

Kurniawan pun menegaskan format pertandingan yang digunakan di MILO Football Championship kali ini akan mengikuti Filosofi Sepak Bola Indonesia yang digagas PSSI.

“Saya, Ponaryo, dan Coach Zainal, akan menjadi tim scouting. Kami akan menggunakan format 7 lawan 7 sesuai dengan filanesia dari PSSI,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto di Kantor Bola.com, Kamis (28/2/2019), siang.

Sementara itu, Ponaryo Astaman menegaskan proses scouting akan digelar di 5 kota besar yang menjadi tuan rumah final regional. Mantan kapten Timnas Indonesia itu pun mengungkapkan kriteria pemain yang akan dicarinya bersama Kurniawan dan Zainal Abidin.

“Proses talent scouting dilaksanakan dari semua final regional MILO Football Championship. Jadi pemain-pemain terbaik akan diambil dari lima kota besar itu. Untuk kriterianya, bukan hanya keterampilan individu yang kami cari, tapi bagaimana mereka bisa bertanding sebagai sebuah tim,” tegas Ponaryo di Kantor Bola.com.

2 dari 3 halaman

Peserta Perempuan Lebih Banyak di MILO Football Championship 2019

Kurniawan Dwi Yulianto yang sudah menjadi instruktur dalam MILO Football Championship dalam beberapa tahun terakhir mengungkapkan akan ada kuota khusus bagi pesepak bola perempuan di edisi kali ini. Dari talent scouting yang dilakukan di lima kota besar, akan diambil 16 pemain terbaik untuk mengikuti MILO Football Camp, di mana 4 pemain di antaranya harus perempuan.

“Kami memperbanyak peserta perempuan di edisi kali ini. Untuk 16 pemain yang terpilih mengikuti camp harus ada empat pemain perempuan yang dilibatkan. Setelah itu akan ada dua perempuan dari delapan pemain yang akan berangkat ke China,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto.

16 pemain terpilih dari talent scouting di MILO Football Championship 2019 akan mengikuti MILO Football Camp pada 22-27 April 2019. Dari pemusatan latihan tersebut akan dipilih delapan pemain terbaik, dengan dua pemain di antaranya perempuan, untuk berangkat ke China mengikuti MILO Champions Cup, bersaing dengan peserta MILO Football Championship di negara-negara lainnya pada Juli 2019.

3 dari 3 halaman

Jadwal MILO Football Championship 2019

Jakarta: 2-3 Maret 2019

Medan: 9-10 Maret 2019

Bandung: 9-10 Maret 2019

Surabaya: 23-24 Maret 2019

Makassar: 6-7 April 2019

KPU NTT Masih Kekurangan 2.001 Kotak Suara Pemilu 2019

Liputan6.com, Kupang – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (KPU NTT) mencatat masih ada kekurangan 2.001 dari kebutuhan 78.311 kotak suara untuk Pemilu Serentak 2019 di wilayah tersebut.

“Kekurangan tersebut karena 149 kotak suara rusak dan sisanya merupakan kekurangan pada saat pengiriman ke daerah-daerah,” ujar Juru Bicara KPU Provinsi NTT Yosafat Koli di Kupang, seperti dilansir Antara, Kamis (28/2/2019).

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan kesiapan logistik Pemilu, khususnya kotak suara dan bilik suara untuk kepentingan Pemilu Serentak 2019 di provinsi berbasis kepulauan itu.

“Kebutuhan kotak suara untuk NTT berjumlah 78.311 buah, yang diterima 76.459 buah, dan rusak 149 buah, sehingga masih ada kekurangan sebanyak 2.001 buah,” ucap Yosafat.

Menurutnya, selain kekurangan kotak suara, bilik suara untuk Pemilu di NTT masih kurang sebanyak 3.000 buah.

“Kebutuhan bilik suara untuk NTT sebanyak 29.421 buah, dan yang diterima 25.805 buah, sementara yang rusak 174 buah, sehingga masih ada kekurangan sekitar 3.000 buah,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Sudah Koordinasi

Menurut Yosafat, kekurangan logistik kotak suara dan bilik suara ini telah dikoordinasikan dengan KPU RI untuk segera dikirim ke Satuan Kerja (Satker) di masing-masing daerah.

Sementara, kata dia, logistik lainnya seperti tinta dan alat peraga lainnya masih dalam proses pendataan.

“Kami harapkan dalam waktu dekat ini semua kekurangan sudah bisa terdata sehingga bisa dikoordinasikan segera dengan KPU RI untuk proses pergantian,” pungkas Yosafat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bersama China, Kepolisian Australia Sita Satu Ton Lebih Narkotika

Liputan6.com, Canberra – Kepolisian Federal Australia menerangkan bahwa pihaknya telah menyita bahan kimia yang dapat dijadikan satu ton methamphetamine dan menangkap empat dalam operasi bersama dengan China.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (28/2/2019), mereka menyita lebih dari 1,4 ton ephedrine yang digunakan sebagai bahan pemula untuk membuat methamphetamine dengan harga pasar hampir 500 juta dolar Amerika.

Penyelidik mengatakan, mereka diberi petunjuk oleh pihak China tentang sindikat yang dicurigai memasukkan jumlah besar narkoba ke Melbourne, Australia.

Petugas perbatasan mencegat satu kontainer yang tiba dari China dan berlabel keramik ubin dan perekat yang oleh polisi dikatakan berisi 260 kantong ephedrine. Polisi mengatakan, mereka tukar ephedrine itu dengan bahan tidak berguna dan meneruskan pengiriman tersebut.

Dua di antara yang ditangkap berasal dari Melbourne, Australia dan dua lagi warga negara China.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Operasi Bersama Sejak 2015

Australian Federal Police Assistant Commissioner Bruce Hill mengatakan bahwa sejak 2015, otoritas Australia dan China bersama-sama menyita 24 ton obat-obatan dan bahan kimia prekursor.

“Kekuatan kemitraan ini dalam operasi seperti ini, yang tidak akan mungkin terjadi tanpa kerja sama yang erat,” kata Hill dalam sebuah pernyataan.

Apabila resmi bersalah, pelaku akan diganjar dengan hukuman setimpal.

Jaksa KPK Sanggah Pembelaan Billy Sindoro soal Izin Meikarta

Bandung – Jaksa pada KPK mematahkan bantahan terdakwa kasus suap proyek Meikarta, Billy Sindoro, yang mengaku tidak terlibat dalam perkara. Jaksa KPK menegaskan Billy memang terlibat kasus Meikarta sebagaimana fakta-fakta persidangan

Jaksa KPK mendasari keterlibatan Billy atas kesaksian dari Edi Dwi Soesianto (Kepala Divisi Land Acquisition and Permit PT Lippo Cikarang). Dalam persidangan, Edi Dwi menyebut ada tim pusat ditugaskan mengurus perizinan Meikarta yang dipimpin Billy Sindoro.

“Bahwasannya jaksa penuntut umum dalam surat tuntutan sudah sesuai fakta persidangan, analisis fakta dan yuridis dari rangkaian peristiwa terkait proses perizinan Meikarta di mana ada perbuatan yang dilakukan oleh Billy Sindoro berkaitan kesaksian Edi Dwi Soesianto ada tim pusat yang dipimpin Billy Sindoro setelah mandek perizinan,” kata jaksa KPK saat menanggapi pleidoi di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (27/2/2019).


Jaksa juga menjelaskan keterlibatan Billy dalam proses perizinan Meikarta ini berdasarkan bukti screenshot percakapan WhatsApp dan bukti percakapan telepon antara Billy dengan Fitradjadja. Percakapan-percakapan tersebut sudah dirunut dari mulai Agustus 2017 hingga Oktober 2018.

“Keseluruhannya membahas mengenai perizinan Meikarta. Kami menggambarkan secara jelas urut waktu ke waktu dari percakapan Billy Sindoro dan Fitradjadja Purnama. Menceritakan laporan terkait Meikarta selalu dilaporkan oleh Fitradjadja dan Fitradjadja membenarkan percakapan itu,” katanya.

Jaksa juga menjelaskan peranan Billy dalam pertemuan dengan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin di Hotel Axia Cikarang. Dalam pleidoinya, Billy membantah pertemuan itu membahas Meikarta dan membahas soal uang.

Akan tetapi, jaksa berpendapat berbeda. Dari keterangan saksi Bupati Neneng, jaksa beranggapan, pertemuan tersebut membahas soal izin Meikarta dan Billy menjanjikan duit Rp 10 miliar kepada Bupati Neneng.

“Bahwa terdakwa tidak mengurus bisa dibantah jaksa penuntut umum. Terdakwa bertemu Bupati Neneng Hasanah Yasin bicara Meikarta. Peristiwa itu terjadi di Hotel Axia Cikarang. Terkait janji di Hotel Axia Rp 10 miliar yang disampaikan Billy adalah terkait proses perizinan Meikarta,” kata jaksa.

Selain menanggapi pleidoi Billy, jaksa juga memberikan tanggapan atas pleidoi Henry Jasmen. Untuk Henry, jaksa menanggapi terkait blokir rekening yang diprotes Henry dalam pleidoinya.

Menurut jaksa, pemblokiran itu dilakukan lantaran masih ada proses penyidikan. Sebab rekening yang diblokir terdapat aliran dana terkait proses perizinan Meikarta.

“Terkait dengan blokir yang disampaikan terdakwa dan tim penasihat hukum, kami memberi tanggapan bahwa rekening masuk proses penyidikan, terintegrasi pada aliran dana baik dari Samuel Hutabarat maupun Samuel Tahir. Sehingga patut, berdasarkan Undang-undang, dilakukan pemblokiran. Setelah fakta di persidangan, kami menilai bahwa terkait rekening ada satu transaksi yang terkait pemberian tersebut. Transaksi yang tidak berhubungan akan kami lepas. Pertanda itu tidak terkait dengan perbuatan,” kata jaksa.

Untuk tanggapan terhadap pleidoi Fitradjadja tak banyak yang disampaikan jaksa. Jaksa hanya menjelaskan keterlibatan Fitradjadja pada saat proses perizinan Meikarta sudah berjalan.

Begitu juga dengan Taryudi, jaksa hanya menyebut permohonan keringanan hukuman yang disampaikan oleh Taryudi dikembalikan kepada majelis hakim.
(idh/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>