Jadwal Padat, Persija Hanya Berlatih Ringan Jelang Bersua Tira-Persikabo

Jakarta – Persija Jakarta berlatih ringan, Jumat (15/2/2019) sore, dua hari jelang leg pertama 16 besar Piala Indonesia melawan Tira-Persikabo. 

Persija baru kembali dari Australia menjalani laga babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia, Rabu (13/2/2019). Dalam waktu empat hari Macan Kemayoran sudah harus kembali bertanding menghadapi Tira-Persikabo di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (17/2/2019).

Pelatih Ivan Kolev mengaku tidak bisa memberikan beban latihan terlalu berat kepada pemainnya, mengingat mereka harus segera kembali bertanding. Ia hanya ingin mengembalikan kebugaran pemain yang mengalami kelelahan agar cukup fit saat menjalani leg pertama 16 besar Piala Indonesia 2018.

“Kalian melihat bagaimana tadi saya tidak bisa memberikan latihan yang berat. Saya hanya memberikan latihan ringan khusus untuk pemain yang kemarin bertanding karena memang perlu pemulihan,” ujar Ivan Kolev seusai sesi latihan Persija di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jumat (15/2/2019) sore.

Bicara mengenai kemungkinan rotasi pemain, terutama karena adanya tambahan tiga pemain asing yang tidak bisa dimainkan saat Persija menjalani dua laga kualifikasi Liga Champions Asia, Ivan Kolev mengaku masih menunggu kondisi terakhir timnya hingga malam sebelum pertandingan.

“Saya harus melihat bagaimana kondisi besok, terutama kondisi pemain yang kemarin bertanding di Australia. Setelah itu saya baru akan pikirkan perlukah untuk melakukan rotasi,” ujar Ivan Kolev.


Sumber: Bola.com

Twitter Pertimbangkan Fitur Klarifikasi

Liputan6.com, Jakarta – CEO Twitter Jack Dorsey mengatakan perusahaan tengah mempertimbangkan fitur “klarifikasi”. Ini merupakan respons atas permintaan fitur edit yang telah menjadi topik perbincangan sejak beberapa tahun terakhir.

Fitur ini, sebagaimana dikutip dari Mashable, Jumat (15/2/2019), memungkinkan pengguna untuk menambahkan konteks tambahan atas tweets lama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jack Dorsey saat menjadi pembicara di Goldman Sachs’ Internet and Technology Conference di San Fransisco, Amerika Serikat.

“Salah satu konsep yang tengah kami pikirkan adalah klarifikasi. Itu (akan) seperti fitur retweet with comment, tetapi untuk menambahkan konteks dan warna atas apa yang mereka tulis di tweet atau yang mereka maksud,” kata pria berusia 42 tahun tersebut.

Faktanya, penggunaan retweet with comment memang cukup sering digunakan pengguna untuk mengantisipasi salah tulis dan sebagainya.

Namun menurut Dorsey, kedua tweets tersebut (tweet asli dan retweet with comment) belum tentu memiliki eksposur yang sama dan opsi konteks tambahan memungkinkan kedua tweets itu terekspos secara sama.

Namun Dorsey menegaskan, fitur di Twitter ini masih sebatas dalam tahap pertimbangan perusahaan dan peluncuran fitur ini dinilai belum begitu mendesak.

Terlepas dari itu, Dorsey menilai fitur ini dapat sangat bermanfaat bagi pengguna supaya bisa lebih nyaman di Twitter.

2 dari 2 halaman

Belum Maksimal Lindungi Korban Bullying

Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)

Diwartakan sebelumnya, Dorsey mengatakan Twitter dan perusahaan-perusahaan teknologi di Silicon Valley belum berupaya secara maksimal dalam melindungi korban perundungan daring. Ia menyebut hal ini sebagai “kegagalan besar”.

Dilansir dari Reuters, dalam sebuah wawancara melalui Twitter dengan Recode pada Selasa (12/2), Kara Swisher, Dorsey mengatakan akan memberikan dirinya nilai “C” terkait “tanggung jawab teknologi” yang disebutkan Swisher.

“Kami membuat kemajuan, tapi berantakan dan tidak cukup terasa. Mengubah pengalamannya belum cukup berarti. Dan kami telah menempatkan sebagian besar beban pada korban perundungan. Itu adalah kegagalan besar,” ungkap Dorsey.

Twitter bersama dengan Facebook menghadapi kritik terkait unggahan yang kasar, pengguna palsu, dan berita tidak akurat di layanannya. Media sosial mikroblog itu telah banyak berinvestasi untuk meningkatkan hal yang digambarkan Dorsey sebagai “kesehatan kolektif” Twitter.

Dorsey mengatakan, ia tidak suka dengan cara Twitter yang cenderung mendorong kemarahan, pemikiran jangka pendek, ruang gema, dan percakapan yang terpotong-potong. Kurangnya keberagaman di dalam perusahaan juga tidak membantu mengatasi masalah seperti itu.

(Why/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

3 Cara Mudah untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Menganggap diri sendiri sebagai suatu hal yang berharga atau menghargai diri sendiri adalah suatu hal yang perlu dimiliki oleh seseorang. Rasa Percaya diri, menghargai, dan optimisme dapat muncul di saat kita dapat mencitai diri kita sendiri.

Tidak memandang rendah diri sendiri adalah suatu hal yang penting, di mana dengan menghargai dan tidak memandang diri kita sendiri rendah akan membawa rasa ringan tanpa beban pada diri kita. Kepercayaan diri juga dapat membuat kita lebih berani dan mau menunjukkan potensi atau kemampuan yang kita punya. Sifat minder atau muram menutup aura positif yang kita miliki.

Menanamkan pemikiran bahwa kita berharga dan mencintai diri sendiri bukanlah suatu hal sulit ataupun sangat mudah, namun dapat dilakukan secara sederhana. Dilansir dari Hivisasa.com, berikut tiga cara sederhana mencintai dirimu sendiri :

1. Menerima

Coba untuk menerima apa yang kamu punya, jangan paksakan apa yang tak bisa kamu ubah. Terlalu memaksakan sesuatu akan membuat kamu membencinya, suka dan tidak suka adalah sebuah pemikiran yang kamu miliki. Kamu tidak akan mendapat sesuatu yang menurut kamu lebih baik karena itulah yang kamu punya.


Saksikan Video Pilihan Berikut ini :

2 dari 2 halaman

2. Mengubah Suatu yang Mungkin

Lebih baik fokus untuk mengubah apa yang bisa kamu ubah. Ubahlah hal-hal yang membuatmu lebih positif dan memungkinkan untuk diubah. Hal sederhana ini akan membuat kamu lebih mencintai tubuh dan dirimu.

Anda dapat melakukan hal-hal positif untuk mendukung perubahan yang Anda inginkan, seperti olah raga dan mencoba menikati hidup dengan suatu hal yang positif.

3. Jangan Memusingkan Omongan Orang

Jangan mendengarkan semua yang orang-orang katakan tentang kamu dan tubuhmu karena kamu tidak dapat mengubah pemikiran semua orang. Belajarlah memproses dan mencoba untuk berpikir lebih jernih tentang apa yang orang-orang katakan.

Mereka hanya mengatakan apa yang mereka ingin katakan dan mungkin itu tidak mempertimbangkan diri kita, maka penting menjaga telinga dan mata kita supaya hati ini dapat mencintai diri dan tubuh kita.


Reporter 

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Anies Serahkan Bantuan Seribu Sak Semen Untuk Korban Kebakaran di Jakbar

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan seribu sak semen untuk korban kebakaran di Tomang, Jakarta Barat. Dia menyebut setidaknya terdapat 169 bangunan rusak akibat kebakaran beberapa waktu lalu.

“Bantuan yang disalurkan dari Bank DKI ini, tolong disalurkan dengan sebaiknya. Gunakan untuk membangun kembali rumah bapak ibu,” kata Anies di Jakarta Barat, Kamis (14/2/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan sak semen merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank DKI. Selain itu, Anies menyebut beberapa bantuan juga berdatangan dari berbagai pihak.

“Tadi Pak Lurah menceritakan, bantuan berdatangan dari sana sini. Bantuan itu menandakan bahwa di kelurahan Tomang, menjadi sumur pahala,” ucap Anies.

2 dari 2 halaman

Diimbau Urus Dokumen Rusak

Sementara Corporate Secretary Bank DKI, Herry Djufraini mengharapkan penyaluran bantuan itu dapat meringankan beban korban bencana kebakaran.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Bank DKI sebagai upaya merevitalisasi bangunan serta sarana dan prasarana yang terkena dampak bencana,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin korban kebakaran di Grogol Petamburan lebih aktif mengurus dokumen yang rusak ataupun hangus terbakar.

Dia menyebut pihaknya telah menyediakan pos untuk pengurusan dokumen yang dibutuhkan. Sehingga pada korban kebakaran tak perlu ke kelurahan.

“Kita harapkan warga juga proaktif. Dalam suasana seperti ini, banyak dokumen, surat-surat yang hilang,” kata Anies di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa 22 Januari 2019.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Benzema Jadi Tumbal Kemenangan Real Madrid atas Ajax

Liputan6.com, Jakarta Karim Benzema menjadi tumbal kemenangan Real Madrid atas Ajax Amsterdam pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions, Kamis dini hari WIB (14/2/2019). Pada laga ini, pemain Prancis itu harus meninggalkan lapangan lebih awal gara-gara mengalami cedera.

Bertanding di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Benzema terpaksa meninggalkan lapangan pada menit ke-73. Posisinya kemudian digantikan Marco Asensio.

Benzema sempat mencetak gol bagi Los Blancos pada menit 60. Ajax lalu membalas lewat H Ziyech menit 75′ sebelum Real Madrid kembali unggul lewat gol Marco Asensio (87′).

Seperti dilansir AS, cedera yang dialami Benzema tampak tidak serius. Real Madrid juga beruntung karena dalam waktu dekat ini tidak harus menghadapi pertandingan seberat Liga Champions. Ini memberikan waktu bagi Karim Benzema untuk memulihkan diri.

“Saya baik-baik saja, saya akan beristirahat satu atau dua hari dan hanya itu,” kata Benzema usai pertandingan.

Sejak ditinggal Cristiano Ronaldo, beban Benzema sebagi penyerang Real Madrid memang terasa lebih berat. Namun sayang, ketajaman striker nomor 9 tersebut sempat menurun.

Kondisi ini diperparah dengan cedera yang datang mengganggu. Benzema masih mengenakan pelindung tangan saat menghadapi Ajax Amsterdam akibat cedera jari yang dialami lawan Real Betis. Benzema juga tidak dalam kondisi terbaiknya dalam dua laga terakhir, yakni saat bertemu Barcelona dan Atletico Madrid.

2 dari 2 halaman

Gol ke-19 Musim Ini

Benzema sendiri sebenarnya merupakan aset berharga Real Madrid. Dia sempat menjadi mesin gol alternatif Los Blancos selain Ronaldo saat berhasil mencetak 32 gol pada musim 2012/13. Ini merupakan rekor baru yang ditorehkan striker bernomor 9.

Di markas Ajax, Karim Benzema kembali ditempatkan sebagai target man. Kerjasama cantik dengan Vinicius Jr pada menit ke-73 akhirnya berbuah gol ke-19 Benzema musim ini.

Kemenangan pada leg 1 tentu saja membuat langkah Los Blancos menuju babak perempat fiinal Liga Champions bakal lebih mudah. Apalagi leg kedua akan berlangsung di kandang sendiri, Santiago Bernabeu, 6 Maret mendatang. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Utang AS Capai Rp 330 Ribu Triliun, Kok Bisa?

Liputan6.com, Washington D.C. – Utang Amerika Serikat (AS) terus meningkat hingga menyentuh USD 22 triliun atau Rp 330 ribu triliun (USD 1 = Rp 14.092). Angka itu sudah melewati 100 persen Gross Domestic Product(GDP)/Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Dilansir CNBC, utang AS pada era Presiden Donald Trump merangkak naik USD 2,06 triliun dari total utang era Presiden Barack Obama, yakni USD 19,9 triliun. Bila dibandingkan lewat rasio utang terhadap GDP, utang AS naik 0,5 persen dari era Obama, yakni dari 103,6 persen menjadi 104,1 persen.

Membandingkan utang pada GDP penting karena mengukur kemampuan pemerintah membayar utang lewat pertumbuhan dan mengukur seberapa besar pertumbuhan yang diciptakan utang.

Kenaikan rasio utang di AS terjadi besar-besaran di era Presiden Obama. Padahal sebelumnya, utang AS di era Presiden Ronald Reagan menyentuh 65,3 persen pada pertengahan 1995, lalu turun di era Presiden Bill Clinton di level 30,9 persen di kuartal II 2011.

Ukuran penting lainnya adalah debt held by the public, atau uang yang dipinjam pada individu, negara bagian, pemerintah daerah, juga bank asing dan pihak lainnya di luar AS.

Rasio utang kategori tersebut terhadap GDP telah naik menjadi 75 persen sebelum Trump menjabat. Di awal Presiden Obama menjabat, rasionya 47,5 persen.

Sebelumnya, ketika utang AS menyentuh USD 20 triliun, Oppenheimerfunds mengingatkan agar tak perlu ada histeria pada nominal utang yang tampak besar. Pasalnya, aset negara AS masih sebesar USD 200 triliun. Salah satunya adalah aset migas senilai USD 128 triliun per tahun 2017.

“Singkatnya, aset dan kekuatan pajak pemerintah AS mengerdilkan utang mereka, yang bahkan belum mendekati solvency (kemampuan bayar utang),” tulis perusahaan pengelola aset global tersebut.

2 dari 2 halaman

Bahaya Bila Utang Terus Meningkat

Walau kini utang AS belum mengancam perekonomian, keadaan finansial di masa depan dapat mengancam jika tren utang terus meningkat dan melewati level yang tak bisa dikelola pemerintah.

Proyeksi non-partisan dari Kantor Anggaran Kongres mengindikasikan bahwa utang publik akan naik menjadi 90 persen terhadap PDB dalam 10 tahun ke depan.

“Dar situ, levelnya diperkirakan menabrak 150 persen pada 2049, yang mana menurut ahli ekonomi di atas level pengelolaan,” tulis CNBC.

Berdasarkan estimasi fiskal di tahun 2019, defisit anggaran di era Trump diprediksi menyentuh USD 1 triliun pada 2022.

Janji pemerintahan Trump, pertumbuhan ekonomi akan menutup utang tambahan dan beban defisit juga belum terealisasi.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Grup Garuda Indonesia Pangkas Harga Tiket 20 Persen Mulai Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta – Grup Garuda Indonesia melalui lini layanan full service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia serta grup Sriwijaya Air-NAM Air menurunkan  harga tiket pesawat di seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen.

Penurunan harga tiket tersebut berlaku mulai Kamis, 14 Februari 2019. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Ari Akshara mengatakan, ‎penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia  National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.

“Hal tersebut sejalan dengan aspirasi masyarakat dan sejumlah asosiasi industri nasional serta arahan Bapak Presiden RI mengenai penurunan tarif tiket penerbangan dalam mendukung upaya peningkatan sektor perekonomian nasional khususnya untuk menunjang pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, hingga industri nasional lainnya, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan perekonomian,” ujar dia di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Selain itu, lanjut dia, penurunan tersebut sejalan dengan komitmen dan upaya peningkatan akses konektivitas udara bagi masyarakat, 

‎”Garuda Indonesia Group memastikan komitmen penurunan harga tiket pesawat sejalan dengan dengan sinergi intensif yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara tetap terjaga” kata dia.

Langkah yang diambil oleh grup Garuda Indonesia sebagai BUMN tersebut juga sejalan dengan sinergi positif seluruh sektor penunjang layanan penerbangan dalam memastikan tata kelola industri penerbangan yang tepat guna.

Hal ini baik dari aspek aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara serta business sustainability maskapai penerbangan di Indonesia.

Lebih lanjut melalui penurunan tarif tiket penerbangan tersebut, grup Garuda Indonesia berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas.

Grup Garuda Indonesia dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan berkualitas yang dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat.

“Penurunan harga tiket tersebut kami pastikan akan menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memberikan layanan penerbangan yang berkualitas dengan tarif tiket penerbangan yang kompetitif,” ujar Ari.

2 dari 2 halaman

Menpar Terima Keluhan soal Tingginya Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Sebelumnya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, tingginya harga tiket pesawat memberi dampak penurunan bagi sektor pariwisata.

Dirinya pun mengaku sempat mendapat keluhan dari berbagai provinsi lantaran jumlah kunjungan wisatawan turun akibat harga tiket pesawat yang tinggi.

“Banyak sekali protes hampir dari semua provinsi. mulai Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, Padang, gubernurnya langsung protes ke saya. Karena kenaikannya terlalu tinggi,” kata dia saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu 13 Februari 2019.

Arief menuturkan, jika harga tiket untuk penerbangan domestik naik, secara otomatis akan berpengaruh pada permintaan tiket. Turunnya jumlah permintaan tiket tersebut kemudian bisa berdampak pada sektor pariwisata di Indonesia.

“Ada rekan nanya ke saya apa pengaruh kenaikan? Pengaruh kenaikan harga pasti penurunan demand, itu namanya price elasticity. Jadi kalau harga naik 20 persen demand turun 20 persen kalalu harga naik 100 persen demand 0 itu. Teorinya seperti itu,” ujar dia.

Dirinya pun tidak mempermasalahkan tingginya harga tiket pesawat, hanya saja perlu disesuaikan dengan harga pasar.

Bahkan, apabila ini dibiarkan secara terus menerus, dirinya menilai justru akan memberikan beban bagi pelaku usaha khususnya di sektor pariwisata. 

“Dan itu berbahaya. Jangan sampai kita mahal sendirian apalagi kalau international flight, memalukan kalau kita dibandingkan dengan negara lain harga kita jauh lebih tinggi,” kata dia.

“Jadi kalau mau naik 100 persen proyeksikan saja naiknya 3 tahun jangan sekarang,” tambah dia


Saksikan video pilihan di bawah ini:

HEADLINE: Usulan Harga Avtur Turun, Mungkinkah?

Liputan6.com, Jakarta – Jumlah penumpang pesawat beberapa bandara di Tanah Air mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena harga tiket penerbangan yang cukup mahal.

Salah satu contohnya di Bandara Kualanamu International Airport (KNIA), Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jumlah penumpang di bandara tersebut mengalami penurunan hampir 20 persen.

Branch Communication and Legal Manajer Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto kepada Liputan6.com, pada Selasa 12 Februari 2019 mengatakan, akibat harga tiket pesawat domestik naik, Bandara Kualanamu mengalami penurunan 189.762 penumpang.

“Data yang kita terima sejak Januari 2019, penurunan sebesar 189.762 penumpang atau 19,9 persen,” kata Wisnu.

Selain penurunan jumlah penumpang, mahalnya harga tiket pesawat juga berdampak pada penurunan jumlah penerbangan, yaitu sekitar 1.734 penerbangan atau 23,6 persen.

“Sedangkan yang mengalami pembatalan di Bandara Kualanamu sebanyak 1.904 penerbangan,” katanya.

Hal yang sama juga terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma. Di awal tahun ini, jumlah penumpang di bandara tersebut turun hingga 25 persen.

“Secara garis besar ada penurunan, kurang lebih hingga 9 Febuari 2019 sekitar 25 persen. Dari sejak Natal kemarin sudah ada penurunan,” kata Pelaksana Tugas Office in Charge (Plt. OIC), Ariko Mahjaya kepada merdeka.com, Rabu (13/2/2019).

Peneliti Institute for Development Economy and Finance (Indef), Bhima Yudhistira mengatakan, salah satu penyebab mahalnya harga tiket pesawat adalah harga avtur yang mahal.

Dia menuturkan, harga avtur di Indonesia menjadi mahal karena infrastruktur penyaluran avtur yang tidak efisien.

“Akar masalahnya adalah infrastruktur penyaluran avtur masih tidak efisien sehingga harga avtur di Indonesia cenderung lebih mahal dari Singapura dan Malaysia. Itu yang membuat avtur kita enggak bersaing,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Bhima dalam jangka panjang, Pemerintah perlu memikirkan untuk membangun infrastruktur penyaluran avtur terutama di luar Jawa.

“Jadi Infrastruktur. Ini jangka panjang. Pemerintah harus panggil investasi untuk masuk ke infrastruktur penyaluran avtur,” kata dia.

Tak berbeda jauh, Ketua Umum INACA Ari Ashkara juga mengatakan agar maskapai bisa menurunkan harga tiket maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menurunkan harga avtur.

Ari pun meminta kepada regulator dan operator untuk menurunkan harga bahan bakar untuk pesawat terbang hingga 10 persen.

Ia menyatakan, avtur merupakan kebutuhan paling besar dalam pengoperasian pesawat, yakni dapat mencapai 45 persen.

“Komponen paling besar adalah fuel (bahan bakar), menyumbang 40 sampai 45 persen dari biaya maskapai penerbangan,” jelasnya.

2 dari 5 halaman

Monopoli Pertamina

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku telah menerima permintaan dari INACA untuk menurunkan harga avtur hingga 10 persen.

“Memang itu permintaan dari INACA. INACA minta kepada kami dan kami teruskan kepada Kementerian ESDM dan BUMN. Nanti kita ngomong bersama,” kata dia.

Budi Karya melanjutkan, avtur memang menjadi salah satu beban terberat yang harus ditanggung perusahaan maskapai. Hal ini lantaran avtur menjadi komponen terbesar dalam pengoperasian pesawat.

“Beban terberat mereka itu dua. Satu leasing pesawat, yang kedua adalah avtur. Jadi itu hampir 70 persen. Avtur kira-kira 35-40 persen. Leasing pesawat mungkin 25-30 persen,” terang dia.

Mahalnya harga avtur ini ternyata tidak hanya berdampak kepada industri penerbangan,  tetapi sampai ke industri pariwisata.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan, mahalnya harga avtur ini membuat tiket pesawat mahal serta kamar- kamar hotel menjadi sepi.

Dia pun meminta pemerintah agar mencari solusi agar harga tiket pesawat turun. Salah satunya membuka dominasi PT Pertamina (Persero) dalam rangka penyediaan avtur. Memang, selama ini badan usaha yang bisa menjual avtur di Indonesia hanya Pertamina.

Hariyadi pun mengadu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai masalah tersebut saat acara Gala Dinner PHRI di Hotel Sahid Jakarta, Senin 11 Januari 2019.

Jokowi pun mengaku kaget mendengar hal tersebut. Jokowi mengatakan dirinya akan memberikan dua pilihan kepada Pertamina, yaitu menurunkan harga atau mengizinkan perusahaan minyak lainnya untuk menjual avtur. Hal ini lantaran dia menilai harga avtur yang tinggi akan berdampak negatif kepada sektor-sektor lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, opsi yang ditawarkan Jokowi tersebut sangat bagus.

“Bagus juga (swasta ikut menjual avtur) Kenapa tidak? Sekarang mungkin lagi dirumuskan jangan lagi hanya Pertamina,” kata dia, saat ditemui, di Kantornya, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Menurut dia, dengan adanya opsi yang demikian, Presiden ingin memberi ruang pada sektor swasta untuk terlibat dalam ekonomi, terutama penjualan BBM.

“Presiden mau tidak hanya semua BUMN. Memang ada kewajiban Pertamina juga untuk daerah-daerah terpencil ndak bisa dipungkirin sih,” jelas dia.

Diharapkan dengan masuknya sektor swasta dalam penjualan avtur, maka harga avtur di Indonesia bisa lebih kompetitif.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun membuka pintu kepada swasta untuk turut memasok avtur ke bandara-bandara yang sedang di bangun di Indonesia. Selama ini, kebutuhan avtur bandara selalu dipasok Pertamina.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, dengan masuknya swata ini diharapkan bisa membuat harga avtur di Indonesia lebih kompetitif.

“Jadi kita sudah bebaskan, fuel ini tidak boleh monopoli oleh Pertamina maka kita berikan kesempatan swasta untuk berpartisipasi,” jelas Agus di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Agus mengakui harga avtur di Indonesia saat ini memang lebih mahal dibandingkan harga avtur internaisonal. Hal ini yang sering dikeluhkan maskapai di Indonesia.

Jika harga avtur ini lebih mahal dibandingkan internasional, sejumlah maskapai internasional lebih memilih Singapura menjadi hub untuk masuk ke Indonesia ketimbang langsung menuju salah satu kota di Indonesia.

Padahal di sisi lain, pemerintah tengah meningkatkan jumlah wisatwan asing ke Indonesia.”Dengan begitu maka harapannya harga avtur lebih kompetitif,” jelas Agus.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah untuk membuka ruang bagi pihak swasta agar bisa ikut menjual avtur. Hal ini agar harga avtur di Indonesia bisa lebih kompetitif.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, jika memang harga avtur yang dinilai mahal ini membuat harga tiket pesawat naik, maka lebih baik penjualan avtur tidak hanya dilakukan oleh Pertamina, tetapi juga oleh badan usaha BBM swasta.

“Kami usulkan kepada Presiden kalau memang harga avtur lebih mahal, ya dibuka saja kompetisi. Tidak hanya Pertamina yang boleh jual avtur. Untuk menjawab masalah,” ujar dia di Kantor Apindo, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Jika memang dinilai harga avtur Pertamina sudah kompetitif, lanjut Hariyadi, maka pemerintah harus mencari tahu permasalahan lain yang menyebabkan harga tiket pesawat mengalami kenaikan.




3 dari 5 halaman

Penurunan PPN

Menteri Badan Usah Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengakui harga avtur yang dijual Pertamina sedikit lebih mahal jika dibandingkan beberapa negara tetangga.

Menurut Rini, ada beberapa penyebabnya. Pertama, jika dibandingkan dengan Singapura, avtur Indonesia dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Sementara di Singapura penyelenggaraan avtur tersebut bebas PPN.

“Ya kita mengusulkan gitu (PPN dihapus) sih ke Menkeu, nanti kita lihat. Tapi kita lihat cost structure kita, saya sudah mendetailkan lagi,” kata Rini di Istana Kepresidenan, Rabu (13/6/2019).

Menanggapinya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mengkaji penurunan pajak pertambahan nilai (PPN) avtur Pertamina.

“Saya menyampaikan, Garuda pernah menyampaikan, kalau itu sifatnya playing field. Kita bersedia untuk meng-compare dengan negara-negara lain,” Sri Mulyani.

PPN avtur milik Pertamina selalu dibandingkan dengan beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Jika nantinya ditemukan perbedaan signifikan pihaknya bersedia melakukan perubahan.

“Kita selalu dibandingkan dengan Singapura, KL, kalau memang treatment terhadap PPN, itu adalah sama, ya kita akan lakukan sama hal ini. Kita lihat supaya tidak ada kompetisi yang tidak sehat, antara Indonesia dengan negara lainnya,” jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, saat ini Pertamina masih mengkaji berapa penyesuaian harga avtur termasuk setelah dikenai PPN. “Ya nanti Pertamina akan review saja, kita akan lihat apa ada implikasinya,” tandasnya.



4 dari 5 halaman

Formula Baru

Untuk mendorong penurunan harga avtur, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun menetapkan formula harga avtur untuk menjaga kestabilan harga jual eceran jenis Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 17 K/10/MEM/2019.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, formula harga avtur menjadi perhitungan harga dasar untuk menetapkan harga jual eceran yang disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) kepada maskapai penerbangan berbadan hukum Indonesia di titik serah untuk setiap liter.

Dalam menetapkan harga jual eceran avtur yang disalurkan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara tersebut, ditetapkan batas atas margin sebesar 10 persen dari harga dasar.

“Kita taruh harganya batas atas, tadinya enggak ada formulanya kita bikinkan formulanya batas atasnya sekian,” kata Arcandra.

Dalam lampiran, dinyatakan bahwa formula harga dasar ditetapkan berdasarkan biaya perolehan, biaya penyimpanan dan biaya distribusi, serta margin dengan batas atas sebagai berikut: Mean Of Platts Singapore (MOPS) + Rp 3.581 per liter + Margin 10 persen dari harga dasar.

Dengan ketentuan MOPS merupakan bagian biaya perolehan atas penyediaan Jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Avtur dari produksi kilang dalam negeri atau impor sampai dengan Terminal atau Depot Bahan Bakar Minyak.

PT Pertamina (Persero) akan mengikuti pemerintah dalam menetapkan harga avtur, dengan mengacu pada formula yang telah dibuat. Hal ini untuk menjaga agar harga avtur tetap kompetitif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pemerintah telah menerbitkan formula harga berbagai jenis Bahan Bakar‎ Minyak (BBM) salah satunya adalah avtur. Sehingga dalam menetapkan harga avtur Pertamina mengacu pada formula tersebut.‎

“Jadi kita mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah, sama halnya dengan BBM kamarin,” kata Nicke.

Menurut Nicke, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan perubahan harga avtur, dengan mengacu pada formula harga yang telah diterbitkan pemerintah.

“Belum tahu sih, lagi dihiitung simulasikan. Kan ada formulanya, ditetapkan pemerintah, kita ikutin aturannya,” tutur dia.‎

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, dalam formula harga avtur ada patokan harga tertinggi, sehingga Pertamina tidak bisa melebihi harga tersebut dalam menetapkan besaran harga avtur.

“Ya kan dikasihnya harga patokan, ya kita ikut aja sama harga patokan,” tuturnya.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menjelaskan, pada dasarnya, penurunan harga avtur sangat mungkin untuk direalisasikan oleh Pertamina. Kendati begitu, secara regulasi harga avtur sendiri sebenarnya telah melalui proses persetujuan antara pihak maskapai dengan Pertamina (business to business/b2b).

“Secara regulasi, avtur itu bukan barang subsidi sehingga memang dijual secara b2b. Jadi kalau ditanya apakah mungkin untuk diturunkan harganya, ya mungkin bisa. Tetapi kan Pertamina tidak hanya menjual avtur di Pulau Jawa saja tetapi di remote area Indonesia juga,” ungkapnya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (13/2/2019).

Dia menambahkan, yang terpenting dari harga avtur saat ini ialah tidak melebihi batas wajar dari yang sudah ditentukan.

“Yang penting harga avtur Pertamina tidak melebihi batas wajar saja,” ujarnya. 

5 dari 5 halaman

Benarkan Harga Avtur di RI Lebih Mahalnya?

Direktur Eksekutif RefoMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, harga avtur yang dijual di dalam negeri sudah kompetitif dengan negara-negara lain.‎ Bahkan jauh lebih murah dibanding beberapa negara.

“Saya kira penilaian tersebut perlu dilihat lebih jauh,” tutur komaidi kepada Liputan6.com.

P‎orsi avtur dalam komponen pembentukan harga tiket sekitar 20 persen, sehingga biaya bahan bakar hanya memiliki sedikit peran dalam menentuan harga tiket pesawat.

“Artinya ada 80 persen biaya lain yang semestinya lebih menentukan besaran harga tiket penerbangan,” tandasnya.

Resmi Jadi Gubernur, Khofifah Mengaku Banyak Pekerjaan Rumah di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta – Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara. Khofifah mengaku banyak pekerjaan rumah yang menunggunya di Jawa Timur, salah satunya menuntaskan ketimpangan kemiskinan di desa dengan di kota.

“Ketimpangan di desa dan kota sangat tinggi, kemiskinannya. Ketimpangan di utara dan selatan. Memang wilayah selatan, wilayah Pak Emil jadi Bupati Trenggalek akan jadi pekerjaan rumah,” kata Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/2/2019).

“Kami bersama untuk membangun penguatan pemberdayaan ekonomi mereka, kesehatan, pendidikan sehingga ada kemajuan yang bisa dirasakan antar Jatim utara selatan,” sambung dia.

Selain itu, Khofifah dan Emil akan fokus pada masalah kesehatan. Dia berjanji tahun ini, Rumah Sakit Pamekasan akan dinaikkan tingkatnya dari tipe C ke B.

“Masyarakat Madura bisa mendapatkan percepatan pelayanan secara kualitatif maupun kuantitatif. Layanan kesehatan pasti akan dimaksimalkan karena Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Timur masih terendah di provinsi se-Jawa,” jelas Khofifah.

2 dari 3 halaman

Ambil Alih Lansia

Mantan Menteri Sosial itu menyoroti soal kemiskinan cukup akut di wilayah pedesaan, yang disebabkan faktor lansia di keluarga miskin. Khofifah berjanji mengambil alih 50 ribu lansia di keluarga miskin agar mereka mendapatkan kehidupan yang layak.

“Beban lansia di keluarga miskin akan kami intervensi. Lansia usia 70 tahun ke atas lewat Program Keluarga Harapan (PKH) plus. Ini bagian dari program kerja 33 hari,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Jokowi pun meminta Khofifah-Emil langsung tancap gas bekerja.

“Ya secepatnya, secepat-cepatnya langsung tancap gas bekerja untuk masyarakat di provinsi Jawa Timur,” ujar Jokowi usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/2/2019).

“Untuk ibu Khofifah Indar Parawansa dan juga untuk pak Emil Dardak. Semuanya, pesen saya tadi hanya satu, cepat, tancap gas, bekerja,” imbuh Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Juventus Beri Diskon Bila Chelsea Ingin Permanenkan Higuain

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira menghampiri Chelsea. Juventus kabarnya siap memberikan potongan harga bagi The Blues jika ingin mempermanenkan Gonzalo Higuain di musim panas nanti. 

Pada akhir Januari kemarin, Chelsea resmi mendapatkan jasa Gonzalo Higuain. Mereka meminjam Gonzalo Higuain dari Juventus hingga akhir musim nanti dengan opsi pembelian permanen.

Chelsea sendiri kerap diberitakan akan mempermanenkan Higuain. Pasalnya mereka sudah melepas Alvaro Morata ke Atletico Madrid sehingga mereka kekurangan sosok penyerang di tim mereka.

Dilansir The Mirror, Chelsea sendiri akan mendapatkan kemudahan dari Juventus untuk memiliki Higuain secara permanen. Pasalnya juara bertahan Serie A itu siap memberikan diskon kepada The Blues.

Sebelumnya beredar kabar bahwa manajemen Chelsea sempat menentang perekrutan Higuain secara permanen. Pasalnya sang striker memiliki klausul rilis yang mahal di Juventus.

Striker 31 tahun itu masih terikat kontrak di Juventus hingga tahun 2021. Ia kabarnya masih memiliki klausul rilis sebesar 60 juta Euro di kontraknya.

Manajemen Chelsea sendiri menilai harga itu terlalu mahal untuk seorang penyerang yang berusia di atas 31 tahun. Alhasil mereka baru mau membeli sang striker secara permanen jika ia menunjukkan kontribusi yang besar dalam tim Maurizio Sarri.

2 dari 2 halaman

Beri Diskon

Juventus sendiri kabarnya sudah mendengar keluhan dari manajemen Chelsea. Mereka juga kabarnya siap mempermudah kepindahan Higuain ke London Barat.

Mereka kabarnya ingin mengurangi beban gaji mereka. Pasalnya mereka baru saja merekrut Aaron Ramsey yang dirumorkan mendapatkan gaji sebesar 400 ribu euro per pekan di Turin.

Higuain sendiri saat ini memiliki gaji sebesar 270 ribu euro per pekan, sehingga jika sang striker pergi maka anggaran gaji Higuain bisa dialihkan ke Ramsey.

Higuian tercatat baru membuat 2 gol dari 4 penampilan bagi Chelsea sejauh ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Sumber: Bola.net