TNI AU Pastikan Netralitas, Jamin Jet Tempur Tak Lewati Batas

JakartaTNI Angkatan Udara (AU) menegaskan netralitasnya dalam Pilpres 2019. Penegasan itu sekaligus untuk membantah isu jet tempur milik TNI AU yang disebut mencegat pesawat capres Prabowo Subianto saat akan take off di Bandara Halim Perdanakusuma.

Tudingan itu pertama kali dilontarkan eks Kasum TNI Letjen TNI (Purn) JS Prabowo lewat akun Twitter @marierteman. Dia menyebutkan ada tiga jet tempur yang melintas saat pesawat Prabowo akan lepas landas menuju Purwokerto pada Senin (1/4).

“Info, saat akan menuju Purwokerto (1/4) pswt yg ditumpangi @prabowo aborted take off krn saat akan take off diujung runway melintas 3 jet tempur. Pengaduan resmi + CVR akn disampaikan kpd dirjen perhubungan udara,” cuit JS Prabowo.

“Tgl 2/4 selesai kampanye di Sumbar tdk dikawal Polri. Itu aja,” lanjut dia.

Menepis tudingan itu, Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus M Yuris mengatakan tak mungkin pihaknya menghalangi pesawat Prabowo. Sebab, selama ini TNI AU selalu menjunjung tinggi profesionalitas dan netralitas dalam setiap pemilihan umum.

“Tidak ada tendensi politik apa-apa. Jadi murni hanya profesionalisme kami kepada prajurit TNI AU menjelaskan kepada masyarakat, ini lo kejadian sebenarnya. Mohon tidak ada asumsi atau persepsi macam-macam kepada TNI AU menghalang-halangi salah satu kandidat. Tidak ada sama sekali perintah dari atasan kami sampai ke bawah itu yang memerintahkan menghalang-halangi. Terlalu naif kalau saya bilang, terlalu jauh. Karena komitmen netralitas ini kan luar biasa sudah sampai ke prajurit ke bawah sudah menyadari, sudah mematuhi semua apa yang diperintahkan Panglima TNI maupun kepala Staf AU,” ujar Yuris di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2019).

“Jadi semua prajurit, mulai prajurit perwira tinggi sampai prajurit tingkat tamtama, sudah mengerti apa itu komitmen netralitas TNI. Ada 9 poin yang tidak diperkenankan, artinya dilarang anggota TNI untuk terlibat dalam proses atau tahapan pemilu ini. Jadi itu kami menggunakan semua saluran informasi baik internal kami, kami berikan selebaran dan sebagainya bahwa inilah yang tidak boleh. Ada buku saku kecil juga dibagikan kepada prajurit TNI AU biar bisa dibaca apa sih yang boleh dan tidak boleh dilakukan prajurit TNI dalam proses pemilu di tahun ini. Mungkin tidak pemilu tahun ini saja, tapi pemilu yang akan datang. Netralitas TNI adalah harga mati bagi kami,” sambung dia.

Yusril lantas menceritakan sebab-musabab pesawat capres nomor urut 02 itu aborted take off atau batal lepas landas. Bukan dicegat oleh tiga jet tempur seperti tudingan awal, pesawat Prabowo batal lepas landas pada Senin (1/4) lantaran Kalong Flight, pesawat angkut sedang yang lepas landas sebelum pesawat 9HNYC yang ditumpangi eks Danjen Kopassus itu belum dalam kondisi aman.

“Dia ini pesawat ini (Kalong Flight) take off di depannya, kemudian climbing, baru di 1.500 feet, kemudian pesawat yang di belakangnya sudah open power dari ATC, kemudian menyadari itu pesawat ini belum bank ke kiri. Harusnya safety-nya itu setelah tidak ada lagi pesawat yang segaris lurus dengan pesawat yang akan take off berikutnya, nah itu makanya diperintahkan untuk close power lagi kemudian kembali ke line up untuk take off. Nah, seperti itu kejadiannya,” tutur Yuris.

“Jadi bukan Sukhoi yang menghalangi, dan Kalong Flight ini pun tidak menghalangi karena dia kan cuma terbang saja, sudah diatur oleh ATC. Seperti itu kejadiannya,” sambung dia.

Aturan Tarif Batas Bawah Gagal Turunkan Harga Tiket Pesawat?

Jakarta – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemehub) telah mengeluarkan aturan baru terkait harga tiket pesawat.

Pemerintah menuangkan aturan dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor 20 tahun 2019 dengan turunan Keputusan Menteri Nomor 72 Tahun 2019. Aturan ini menetapkan tata cara penghitungan tarif dan besar batasan tarif ada di Kepmen 72.

Apakah aturan batas bawah tarif tersebut efektif?

Menanggapi hal tersebut peneliti INDEF Nailul Huda menjelaskan tiket pesawat saat ini sudah menjadi konsumsi sekunder masyarakat di Indonesia.

Hal ini tercermin dari data inflasi yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut tarif angkutan udara adalah salah satu penyumbang inflasi.

“Nah ini sudah menunjukkan tiket pesawat sudah menjadi konsumsi sekunder bahkan primer masyarakat Indonesia, jadi harga tiket ini menimbulkan masalah untuk orang banyak,” kata Nailul saat dihubungi detikFinance, Selasa (2/4/2019).

Dia menambahkan dengan tarif batas bawah tersebut kemungkinan besar maskapai hanya akan memberikan promosi seperti potongan harga, namun dalam jumlah yang dibatasi dan tidak terlalu banyak karena kuota.

“Tapi harga non promo juga akan tetap tinggi. Jadi (aturan ini) bisa dibilang tidak efektif,” jelas dia.

Dari aturan baru Kementerian Perhubungan, batas bawah harga tiket pesawat ditetapkan sebesar 35% dari tarif batas atas. Misalnya jika tarif batas atasnya Rp 1 juta, maka tarif batas bawahnya di kisaran Rp 350 ribu.

Regulasi ini disebut untuk mempertimbangkan maskapai dalam mengatur harga tiket, yaitu memperhatikan persaingan yang sehat, perlindungan konsumen serta kewajiban publikasi besaran tarif.

(kil/ang)

PolMark Indonesia: 9 Parpol Lolos Ambang Batas Parlemen di Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta – Lembaga survei PolMark Indonesia merilis hasil temuan internalnya yang bekerja sama dengan DPP Partai Amanat Nasional di 73 Daerah Pemilihan (Dapil), dari 80 dapil seluruh Indonesia untuk tingkat pemilihan DPR RI. Hasilnya, 9 partai politik dinyatakan berpotensi lolos ambang batas parlemen 4 persen.

“Mereka adalah PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, PAN, Nasdem, PKS dan PPP,” kata pendiri Polmark Indonesia Eep Safullah dalam pemaparannya di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Sisanya, 7 partai dinyatakan berpotensi tidak lolos ambang batas parlemen. Seperti, Perindo, Hanura, PSI, PBB, Berkarya, PKPI dan Garuda.

Menurut Eep, para pemilih dengan agregat 73 dapil ini, 58,6% menyatakan pilihannya ditentukan oleh dirinya sendiri. Sisanya, 16,4% dipengaruhi oleh keluarga, sebanyak 2,3% dipengaruhi oleh tetangga dan sebesar 2% dipengaruhi oleh Ketua RT/RW.

Kemudian, sebesar 15% pilihan dipengaruhi tokoh (tokoh masyarakat, agama-parpol, kurah, camat dll). Sedangkan sisanya 5,6% tidak menjawab.

“Data ini sekaligus menunjukkan faktor yang bisa mempengaruhi pilihan berada dalam lingkungan terkecil pemilih,” jelas Eep.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan dari bulan Oktober 2018-Februari 2019 dengan jumlah responden 440 (margin of error plus-minus 4,8%) di masing masing 72 dapil dan 880 responden (margin of error plus-minus 3,4%) di 1 dapil.

Survei di 73 dapil ini mencakup 93% dari pemilih Pemilu 2019, dengan memperebutkan 534 kursi dari 575 keseluruhan Kursi DPR RI 2019. Pengambilan sampel survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95%.

Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Naik, Ini Pinta YLKI

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengubah regulasi mengenai tarif tiket pesawat.

Aturan baru ini untuk mengakomodir keluhan masyarakat mengenai masih mahalnya tiket pesawat.

Berbeda dengan yang disampaikan Menteri Perhubungan sebelumnya mengenai subclass, aturan baru ini mengubah aturan tentang Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB). 

Jika tarif batas bawah sebelumnya 30 persen dari tarif batas atas, kini ditingkatkan menjadi 35 persen. Dengan demikian, tak ada lagi perang tarif murah yang pada akhirnya merugikan maskapai.

“Rata-rata tarif batas bawah 35 persen dari batas atas. Berlaku hari ini. Semua maskapai berlaku,” kata Sesditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nur Isnin Istiantono di Kemenhub, Jumat 29 Maret 2019.

Aturan baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) No 20 Tahun 2019. Jika dalam aturan sebelumnya mengenai formula pentarifan dan tarif per mill ditempatkan dalam satu PM, kini mengenai tarif per mill dipisahkan dengan dilahirkan Keputusan Menteri (KM) baru, yaitu KM 72 Tahun 2019.

Dengan dipisahkan ini, harapannya Menhub bisa langsung menyesuaikan tarif tanpa harus mengubah PM yang harus melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kumham).

Penentuan tarif sendiri harus memperhatikan kondisi maskapai, persaingan sehat dan perlindungan konsumen.

“Yang baru diperhatikan dengan batasan ini maskapai akan fokus kepada kelangsungan keseimbangan industri penerbangan dan pengguna jasa,” tegas Isnin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kementerian Perhubungan tengah menggodok aturan baru terkait tarif pesawat. Sebelumnya, Pemerinta‎h menyoroti masih mahalnya harga tiket pesawat. Padahal saat ini Pertamina sudah menurunkan harga avtur yang diharapkan akan diikuti maskapai untuk me…

Intip Sejumlah Batas Tarif Tiket Pesawat untuk Kelas Ekonomi

Dalam lampiran keputusan menteri itu dicantum tarif batas atas dan tarif batas bawah dari angkutan niaga berjadwal, di antaranya (untuk pesawat dengan penumpang lebih dari 30 seats), yaitu:

1.Ambon-Gorontalo Rp 2.107.000 (batas atas) dan Rp 737.000 (batas bawah).

2.Ambon-Makassar  Rp 2.828.000 (batas atas) dan Rp 990.000 (batas bawah)

3.Balikpapan-Denpasar Rp 2.374.000 (batas atas) dan Rp 831.000 (batas bawah)

4.Balikpapan-Makassar Rp 1.516.000 (batas atas) dan Rp 531.000 (batas bawah)

5.Balikpapan-Surabaya Rp 2.410.000 (batas atas) dan Rp 844.000 (batas bawah)

6.Banda Aceh-Batam Rp 3.009.000 (batas atas) dan Rp 1.053.000 (batas bawah)

7. Banda Aceh-Medan Rp 1.364.000 (batas atas) dan Rp 477.000 (batas bawah)

8.Banda Aceh-Pekanbaru Rp 2.435.000 (batas atas) dan Rp 852.000 (batas bawah)

9.Bandung-Jakarta Rp 420.000 (batas atas) dan Rp 147.000 (batas bawah)

10.Bandung-Denpasar Rp 2.480.000 (batas atas) dan Rp 868.000 (batas bawah)

11.Bandung-Surabaya Rp 1.965.000 (batas atas) dan Rp 688.000 (batas bawah)

12.Banjarmasin-Jakarta Rp 2.591.000 (batas atas) dan Rp 907.000 (batas bawah)

13. Banjarmasin-Makassar Rp 1.740.000 (batas atas) dan Rp 609.000 (batas bawah)

14.Banjarmasin-Surabaya Rp 1.561.000 (batas atas) dan Rp 546.000 (batas bawah)

15.Batam-Jakarta Rp 2.544.000 (batas atas) dan Rp 890.000 (batas bawah)

16.Batam-Padang Rp 1.390.000 (batas atas) dan Rp 487.000 (batas bawah)

17. Bengkulu-Jakarta Rp 1.757.000 (batas atas) dan Rp 615.000 (batas bawah)

18.Bengkulu-Palembang Rp 1.061.000 (batas atas) dan Rp 595.000 (batas bawah)

19. Denpasar-Jakarta Rp 2.692.000  (batas atas) dan Rp 942.000 (batas bawah)

20. Denpasar-Semarang Rp 1.699.000 (batas atas) dan Rp 595.000 (batas bawah)

21. Jakarta-Padang Rp 2.608.000 (batas atas) dan Rp 913.000 (batas bawah)

22. Jakarta-Pontianak Rp 2.054.000 (batas atas) dan Rp 719.000 (batas bawah)

23. Jakarta-Surabaya Rp 1.857.000 (batas atas) dan Rp 650.000 (batas bawah)

24. Makassar-Surabaya Rp 2.310.000 (batas atas) dan Rp 809.000 (batas bawah).

“Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi diktum kedelapan keputusan Menhub (KM) Nomor 72 Tahun 2019 tentang tarif batas penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri yang ditetapkan pada 29 Maret 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kementerian Perhubungan tengah menggodok aturan baru terkait tarif pesawat. Sebelumnya, Pemerinta‎h menyoroti masih mahalnya harga tiket pesawat. Padahal saat ini Pertamina sudah menurunkan harga avtur yang diharapkan akan diikuti maskapai untuk me…

Daftar Lengkap Tarif Batas Atas dan Bawah Tiket Pesawat

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merilis aturan baru terkait tarif pesawat. Aturan tersebut yaitu Peraturan Menteri Nomor PM 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Selain itu, Kemenhub juga merilis turunan aturannya dalam bentuk Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 72 Tahun 2019 Tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan, mengatakan kedua aturan tersebut merupakan pembaruan dari PM 14 Tahun 2016 Tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan Dan Penetapan Tarif Batas Atas Dan Tarif Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga berjadwal Dalam Negeri.

“Jadi yang tadinya Mekanisme Formulasi dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah ada di dalam satu Peraturan Menteri (PM 14 tahun 2016), sekarang terpisah menjadi Peraturan Menteri dan Keputusan Menteri,” Jelas Hengki dalam keterangannya, Sabtu (30/3/2019).
Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono memastikan dalam aturan pihaknya masih memberlakukan kebijakan tarif batas atas dan tarif batas bawah seperti aturan sebelumnya. Terdapat ketentuan baru bagi airline dalam menentukan besaran tarif setiap rute penerbangan.

Terkait tarif batas atas dan tarif batas bawah, Isnin mengatakan di dalam aturan yang baru ini tarif batas bawah ditetapkan sebesar 35% dari tarif batas atas.

“Kemenhub sangat concern dengan apa yang dibutuhkan masyarakat konsumen pengguna moda transportasi udara saat ini. Akan tetapi dalam hal ini pemerintah juga ingin melindungi keberlangsungan usaha Badan Usaha Angkutan Udara,” ujarnya.

Berikut daftar lengkap tarif batas atas dan batas bawah tiket pesawat:

(fdl/fdl)

Ingat! Batas Waktu Lapor SPT Tahunan Sudah Mau Habis

Jakarta – Seluruh kantor pajak akan melayani pelaporan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan untuk wajib pajak (WP) hingga besok, Sabtu 30 Maret 2019. Sementara pelaporan SPT pada Minggu 31 Maret hanya bisa dilakukan secara online melalui e-filing.

Untuk diketahui, berdasarkan aturan yang berlaku, batas pelaporan SPT Tahunan hingga 31 Maret. Namun, karena batas akhir pelaporan jatuh pada hari Minggu, maka Ditjen Pajak memutuskan untuk membuka layanan di hari Sabtunya.

Pelaporan SPT sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak awal 2019. Namun berdasarkan catatan detikFinance pada 27 Maret, seperti disampaikan Ditjen Pajak, jumlah WP yang sudah melaporkan SPT baru mencapai 9,3 juta. Sementara, jumlah WP yang wajib lapor sebanyak 18,3 juta, artinya jumlah yang melapor baru sekitar separuhnya.


Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, DJP menargetkan jumlah WP yang lapor SPT tahun ini 85%.

“Yang wajib lapor SPT 18,3 juta, kami targetnya 85% lah, walaupun tahun lalu 71%. Sampai hari ini (27/3) 9,3 juta tadi pagi,” katanya di Kantor DJP Jakarta, Rabu (27/3/2019).

WP yang diwajibkan lapor SPT sebesar 18,3 juta terdiri dari 2,5 juta WP badan, dan sisanya adalah WP orang pribadi.

Ingat! Batas Waktu Lapor SPT Tahunan Sudah Mau HabisFoto: Tim Infografis, Nadia Permatasari

(ang/ang)

Jokowi Sebut Patok Batas Tanah Bisa Percepat Penerbitan Sertifikat

Liputan6.com, Kendari – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan pemeritahannya terus berkomitmen mempercepat sertifikasi tanah di semua provinsi. Jokowi mengatakan proses penerbitan sertifikat akan menjadi lebih mudah dengan bantuan patok batas tanah.

Hal ini dikatakan Jokowi saat meninjau langsung pencanangan Gerakan Pemasangan Patok Tanda Batas Bidang Tanah di Kecamatan Kadia Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/3/2019). Dia turut menancapkan patok tanah batas di salah satu bidang tanah milik warga.

“Lapangannya kita harus tahu, lapangannya sebetulnya seperti apa sih kok dulu lambat sekarang bisa cepat? Saya pengin melihat itu, pengin melihat lapangannya kayak apa. Kalau sekarang urusannya hanya pemilik dengan pemilik rampung. Dapat koordinat, langsung ketemu semuanya tadi. Gampang, cepat sekali,” kata Jokowi di lokasi.

“Sehinggaa inilah yang dulu 500 ribu (sertifikat) per tahun sekarang sudah 7 juta, tahun 2018 sudah 7 juta, tahun ini 9 juta per tahun. Loncatannya bisa berapa kali? Hampir 20 kali lipat,” sambung dia.

Usai melihat proses di lapangan, Jokowi optimis semua lahan yang ada di Indonesia segera tersertifikasi, agar tak ada lagi sengketa lahan. Terlebih, kata dia, proses pengukuran tanah kini bisa lebih cepat karena tidak menggunakan theodolite lagi.

“Ya saya yakin lebih. Insyaallah lebih. Sudah lebih semua terus. Kan kemarin 5 juta (targetnya) lebih 5,4 (juta). Tujuh jtenggak tahu nanti jadi berapa lagi. Yang jelas kita di lapangan sekarang tahu, ternyata sudah tidak memakai theodolite lagi. Tidak satu per satu,” jelasnya.

2 dari 3 halaman

Berlomba Membuat Sertifikat

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menargetkan seluruh bidang tanah di daerahnya sudah tersertifikasi pada 2025. Dia juga bakal mengimbau warga Sultra agar berlomba-lomba membuat sertifikat.

“Tempat ini akan jadi tonggak dan saksi sejarah dimulainya tanda batas tanah yang disaksikan oleh Pak Jokowi dan ibu. Ini juga akan dikenang oleh anak cucu kita. Kami sambut baik pencanangan tanda tapal batas karena ini salah satu bagian dari program nasional yakni sertifikat tanah,” tutur Ali Maziz.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Theresa May: Inggris akan Keluar dari Uni Eropa Sesuai Jadwal

Liputan6.com, London – PM Inggris Theresa May menyatakan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa dengan perjanjian yang menguntungkan, sesuai jadwal bulan depan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (1/3/2019) Perdana Menteri Theresa May mengatakan hari Rabu (27/2) bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa sesuai jadwal bulan depan, walaupun ada isyarat ia akan memungkinkan diadakannya pemungutan suara untuk menunda langkah Brexit itu.

May agaknya setuju dengan tekanan dari partai konservatif, dan akan mengizinkan pemungutan suara untuk menunda keluarnya Inggris tanggal 29 Maret dari Uni Eropa, kalau DPR tidak setuju.

Tapi May secara pribadi menentang ditundanya batas waktu itu dan mengatakan Inggris akan tetap keluar dari Uni Eropa kalau DPR berani dan tegas.

Kata May dalam tulisan yang dimuat harian Daily Mail, perundingan dengan Eropa untuk mengubah syarat-syarat Brexit supaya bisa diterima oleh DPR “telah mulai mendapat hasil.”

Parlemen Inggris dengan perbandingan suara yang sangat besar bulan lalu menolak perjanjian yang dicapai May dengan Uni Eropa, tentang jaminan untuk tetap membuka perbatasan

Inggris di Irlandia Utara dengan Irlandia, yang merupakan anggota Uni Eropa.

Tapi Uni Eropa mengatakan perjanjian yang dicapai dengan Inggris itu tidak bisa diubah lagi, walaupun perunding Eropa terus mengadakan pertemuan dengan jaksa agung Inggris tentang perbatasan dengan Irlandia itu hanyalah suatu langkah sementara.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Upaya Theresa May

Kemarin, Theresa May setuju bahwa DPR harus diberi kekuasaan lebih luas untuk mencegah anggota yang pro-Uni Eropa keluar dari pemerintahannya.

Ia mengatakan bahwa DPR akan mengadakan pemungutan suara sebelum tanggal 12 Maret. Kalau DPR menolak, akan diadakan pemungutan suara lagi untuk menentukan apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau menundanya selama tiga bulan lagi.

Langkah May itu membuat marah para anggota DPR yang pro-Brexit, yang khawatir tiap penundaan akan menjurus pada tidak jadinya Inggris keluar dari kelompok itu.

Kelompok yang setuju dengan Brexit mengatakan, perjanjian tentang perbatasan dengan Irlandia itu akan terus mengikat Inggris dengan perjanjian perdagangan Eropa, dan karenanya tidak akan bisa membuat perjanjian baru dengan negara lain.

Ketegangan Perdagangan AS-China Berlanjut Bawa Harga Minyak Jatuh

Liputan6.com, New York – Harga minyak mentah dunia turun dipicu berlanjutnya ketegangan perdagangan AS-Cina. Hal lainnya, tanda-tanda perlambatan ekonomi China dan India serta berita melonjaknya produksi AS melemahkan batas produksi minyak OPEC.

Melansir laman Reuters, Jumat (1/3/2019), harga minyak patokan global Brent untuk April berakhir turun 36 sen, atau 0,5 persen, menjadi USD 66,03 per barel. Sementara harga minyak Brent kontrak Mei turun 27 sen, atau 0,4 persen, menjadi USD 66,31.

Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman April naik 28 sen, atau 0,5 persen, menjadi USD 57,22 per barel.

Pada Februari, harga minyak mentah AS naik 6,4 persen dan minyak mentah Brent naik 6,6 persen. Harga telah dinaikkan sejak Januari oleh pemotongan pasokan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya seperti Rusia – sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +.

Aktivitas pabrik di China, importir minyak terbesar di dunia, menyusut untuk bulan ketiga pada Februari karena pesanan ekspor turun pada laju tercepat sejak krisis keuangan satu dekade lalu.

Ekonomi India kehilangan momentum pada kuartal terakhir 2018, mengurangi tingkat pertumbuhan tahunan menjadi 6,6 persen, laju paling lambat dalam lima kuartal dan jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan.

“Masalah energi akan membutuhkan bantuan besar dari kenaikan ekuitas dan / atau beberapa pelemahan berkelanjutan dalam Dolar AS jika WTI mampu mengangkat jauh di atas angka USD 58,” ujar Jim Ritterbusch, Presiden Ritterbusch and Associates, dalam catatannya.


Survei Reuters terhadap 36 ekonom dan analis mengindikasikan pesimisme yang tumbuh tentang prospek kenaikan harga yang signifikan tahun ini, memperkirakan Brent akan rata-rata USD 66,44 pada 2019, sedikit lebih rendah dari perkiraan Januari.

“Dalam jangka pendek, pasar minyak akan ditandai dengan ketatnya pasokan di pasar internasional. Namun, selama sisa 2019, kenaikan harga minyak duduk tidak sesuai dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi di pasar utama,” ujar Edward Bell dari Emirates NBD. 

Presiden AS Donald Trump pada hari Kamis memperingatkan jika dirinya bisa meninggalkan perjanjian perdagangan dengan China, bahkan ketika penasihat ekonominya memuji kemajuan “fantastis” menuju kesepakatan untuk mengakhiri perselisihan dengan negara Asia tersebut.

Amerika Serikat dan China telah memberlakukan tarif untuk barang-barang satu sama lain senilai ratusan miliar dolar, yang mengguncang pasar keuangan.

Harga minyak mentah juga terseret oleh berita bahwa produksi minyak AS melonjak lebih dari 2 juta barel per hari (bph) dalam satu tahun terakhir menuju rekor 12,1 juta bph pekan lalu.

Sementara impor minyak dari Arab Saudi dan Venezuela ke AS turun tajam, membantu menurunkan cadangan minyak mentah komersial AS sebesar 8,6 juta barel pada minggu lalu.