Batas Wagub DKI Kosong 18 Bulan Jelang Masa Jabatan Anies Habis

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, batas akhir kursi wakil gubernur (wagub) DKI kosong adalah hingga 18 bulan sebelum masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan habis. Kursi wagub DKI tidak bisa diisi jika telah melewati batas tersebut.

“Sampai kapan batas akhirnya? Sampai akhirnya 18 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan gubernur. Karena kalau sudah masuk 18 bulan, nggak bisa diisi lagi wakilnya,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2018).

Namun Tjahjo mengungkapkan, pemerintah pusat maupun gubernur DKI tidak dapat memaksa parpol pengusung untuk segera menunjuk sosok yang mengisi kursi wagub DKI.

“Aturan nggak ada (soal kekosongan kursi wagub), karena pemerintah pusat dan Pak Gubenur DKI nggak bisa maksa harus diisi,” ungkapnya.
Menurut Tjahjo, pihaknya sudah membuat surat kepada gubernur dan DPRD DKI untuk segera mengisi kursi wagub yang kosong. Namun, sekali lagi ia menegaskan bahwa yang berhak mengisi adalah dari partai pengusung.
“Partai pengusung menyampaikan surat kepada gubernur, gubernur menyampaikan surat kepada DPRD. DPRD dibahas, pilih satu apakah musyawarah atau voting, hasilnya diserahkan kepada Mendagri. Kami serahkan kepada Setneg untuk dibuat Keppresnya. Simple itu saja,” jelas Tjahjo.
(azr/nvl) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *