Barcelona Selalu Lolos ke-16 Besar Liga Champions Sebagai Pemuncak Grup

Barcelona РBarcelona meraih satu tiket ke-16 besar Liga Champions musim ini sebagai pemuncak Grup B. Hasil itu didapat setelah Blaugrana menang 2-1 atas PSV Eindhoven, di Philips Stadion, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. 

Bermain di markas lawan, Los Cules tampil percaya diri. Mereka mencatatkan 60 persen penguasaan bola, berbanding 40 persen milik PSV.

Akan tetapi, Barca tetap mendapat perlawanan sengit dari tim tamu. Lionel Messi dkk. hanya memperoleh enam peluang bagus dari 21 kesempatan, sedangkan PSV Eindhoven melepaskan 22 tembakan yang sembilan di antaranya mengarah ke gawang.

Meski begitu, Barcelona berhasil mengunci kemenangan dengan skor 2-1. Sepasang gol skuat Catalan disarangkan Messi pada menit ke-61 dan Gerard Pique menit ke-70. Sementara itu, gol tunggal PSV dicetak Luuk de Jong (83′).

Berkat hasil positif ini, El Barca lolos ke-16 besar Liga Champions dengan status juara Grup B. Mereka mendulang 13 poin, unggul enam angka atas Tottenham Hotspur di urutan kedua.

Dengan pertandingan yang menyisakan satu laga lagi, jumlah poin yang dikoleksi Barcelona sudah tak mungkin lagi dikejar para rivalnya. Di sisi lain, PSV berada di dasar grup dengan nilai satu.

Torehan ini kian mempertegas dominasi Los Cules pada fase grup Liga Champions. Mereka selalu berhasil lolos ke-16 besar sebagai juara grup dalam 12 edisi terakhir Liga Champions secara beruntun.

Barca hanya gagal menembus fase knock-out sebagai juara grup pada musim 2006-2007. Saat itu, mereka berada di urutan kedua Grup A dengan nilai 11, terpaut dua poin dari Chelsea yang menghuni posisi pertama.

Sejauh ini, Barcelona telah 20 kali lolos ke-16 besar Liga Champions sebagai juara grup. Blaugrana unggul atas Manchester United dan Real Madrid yang sama-sama menorehkan 16 kali lolos ke fase knock-out di puncak grup.

Kini, Barcelona menanti calon lawan pada 16 besar Liga Champions. Rencananya, pengundian fase gugur akan berlangsung di markas besar UEFA, Nyon, Swiss pada 17 Desember 2018.

Sumber: Sport

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Kalahkan PSV, Barcelona Lolos ke Babak 16 Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *