Band Akustik Oecusi Meriahkan Festival Wonderful Indonesia di Wini

Liputan6.com, Jakarta Ada kejutan istimewa dalam Festival Wonderful Indonesia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (4/12/2018). Band asal Timor Leste, Akustik Oecusi, ternyata ikut menebarkan ‘virus’ Wonderful Indonesia dengan mengajak penonton mengeksplorasi keindahan alam NTT lewat lagu.

Salah satunya, lewat lagu Kolam Susu dengan aransemen khas Timor Leste.

“Ini persembahan istimewa untuk Indonesia. Wonderful Indonesia,” ucap drummer Akustik Oecusi, Rosi Almeida.

Lagu yang dicipataka pada 1973 tersebut begitu istimewa. Maklum, inspirasinya datang dari salah satu obyek wisata di Atambua “Kolam Susuk.” Semua penonton pun seakan diajak berwisata ke Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semua diajak ikut membayangkan betapa kaya, elok, dan uniknya tanah di kawasan perbatasan. 

“Kebetulan saya juga punya saudara di Kefa. Dari Wini sampai Atambua sana memang indah. Sangat pas untuk dijadikan tempat wisata orang Timor Leste,” ucap Rosi.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang telah mengundang band-nya untuk tampil di Festival Wonderful Indonesia

“Tongkat, kayu dan batu jadi tanaman. Apa enggak surga itu. Terima kasih untuk Kementerian Pariwisata RI yang sudah mengundang kami tampil di tanah yang indah ini, ” kata salah satu personel, Rhytem Amad Aranyado.

Dia memang tak asal bicara. PLBN Wini sekarang sudah semakin bagus. Fasilitas dan desainnya bercita rasa mewah. Selain itu, ada juga obyek wisata pantai dan tambak. Spot-nya menyebar dari Pantai Teluk Gurita-Atapupu di timur hingga pantai Tanjung Bastian-Wini di bagian barat, berbatasan dengan wilayah Oecusi.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran, I Ni Wayan Giri Adnyani, dan Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III, Ricky Fauzi, bahagia melihat acara Festival Wonderful Indonesia berlangsung sukses dan mendapat sambutan hangat.

“Saat GenPI Atambua mem-posting aktivitas di Wini, NTT, maka ada dua kekuatan yang menyatu. Followers dan fans menggabungkan kekuatan. Terima kasih untuk semuanya,” kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengucapkan terima kasih kepada band asal Akustik Oecusi. Baginya, pesan yang disampaikan sangat kuat.

“Ada rasa saling menghormati perbedaan, borderless, dan menyatu dalam suasana yang nyaman di Wini, NTT. Terima kasih Akustik Oecusi. Salam Wonderful Indonesia,” ujar Arief.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *