Penggemar EXO Kesal pada Lucinta Luna, Kenapa?

JawaPos.com, Jakarta – Lucinta Luna memang kerap membuat sensasi di dunia hiburan Tanah Air. Kali ini, ia membuat EXO-L, sebutan penggemar EXO kesal.

Hal itu dipicu dari unggahan Lucinta Luna di Instagram Story, Sabtu (16/2/2019). Ia memperlihatkan foto dirinya bersama leader EXO, Suho.

Dalam foto tersebut, tampak Lucinta Luna berswafoto dengan Suho EXO. Keduanya begitu dekat.

Ternyata, foto tersebut hanyalah hasil editan semata. Dan itu membuat EXO-L marah. Mereka mengungkapkan kekecewaannya dengan membalas Instagram Story Lucinta Luna.

2 dari 3 halaman

Kata-Kata Kasar

Ada juga penggemar EXO memberikan emotikon menangis. “Tolong hentikan! Ini membuat para EXO-L marah,” ujarnya.

Ternyata, komentar mereka dibalas oleh Lucinta Luna dengan kata-kata yang cukup kasar kemudian diunggah ulang olehnya.

T***l, emang lo sodara dia? B**o dipelihara,” balas Lucinta Luna.

3 dari 3 halaman

Halu

Di media sosial lain, para penggemar juga mengungkapkan kekesalannya dengan apa yang telah dilakukan Lucinta Luna terhadap idolanya.

Astagfirullah,” tulis seorang penggemar yang menyertakan emotikon menangis.

Ya Allah, jauhkan idolaku dari kehaluan dia!” tulis penggemar yang juga menyertakan emotikon menangis.

Aduh, amit-amit! Kesal aku lihatnya! Halunya luar biasa,” tulis yang lain.

Sebelumnya, Lucinta Luna juga sempat membuat heboh para penggemar K-pop setelah mengaku bahwa dirinya mirip dengan Lisa dan Jennie Blackpink. (JawaPos.com)

Juventus Menang Mudah atas Frosinone

Jakarta Juventus mengalahkan Frosinone, 3-0, pada lanjutan pekan ke-24 Serie A 2018-2019, di Allianz Stadium, Turin, Jumat (15/2/2019) waktu setempat.

Turun dengan kekuatan terbaik, Juventus tidak mampu dibendung Frosinone. Laga baru berjalan enam menit, Paulo Dybala sudah mencatatkan nama di papan skor melalui tembakan dari jarak jauh.

Tidak butuh waktu lama bagi Juventus untuk menggandakan kedudukan. Pada menit ke-17, giliran Leonardo Bonucci yang mencetak gol setelah memaksimalkan kemelut di depan gawang Frosinone.

Setelah unggul 2-0, Juventus tidak mengendurkan serangan. Sementara itu, Frosinone masih kesulitan menembus rapatnya pertahanan La Vecchia Signora.

Gol penutup laga tersebut baru tercipta pada menit ke-63. Cristiano Ronaldo berhasil menggetarkan jala lawan setelah menerima umpan silang mendatar Mario Mandzukic.

Itu menjadi gol ke-19 Cristiano Ronaldo dari 24 pertandingan Juventus di Serie A. Cristiano Ronaldo pun semakin kukuh sebagai pencetak gol terbanyak sementara Serie A.

Tidak ada lagi gol yang tercipta pada sisa pertandingan. Juventus membungkus kemenangan tiga gol tanpa balas atas Frosinone.

Hasil itu semakin memperkuat posisi Juventus di puncak klasemen sementara Serie A. Pasukan Massimiliano Allegri mengemas 66 poin atau unggul 14 poin dari Napoli yang baru memainkan 23 laga.

Susunan pemain

Juventus: 1-Wojciech Szczesny; 20-Joao Cancelo, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini (4-Martin Caceres 70), 2-Mattia De Sciglio; 30-Rodrigo Bentancur, 23-Emre Can, 6-Sami Khedira (5-Miralem Pjanic 81); 17-Mario Mandzukic, 10-Paulo Dybala, 7-Cristiano Ronaldo (33-Federico Bernardeschi 64)

Pelatih: Massimiliano Allegri

Frosinone: 57-Marco Sportiello; 6-Eduardo Goldaniga, 27-Bartosz Salamon, 25-Marco Capuano; 17-Francesco Zampano (7-Luca Paganini 83), 66-Raman Chibsah (5-Mirko Gori 78), 92-Federico Viviani, 24-Francesco Cassata, 3-Cristian Molinaro; 9-Daniel Ciofani (89-Andrea Pinamonti 58), 28-Camillo Ciano

Pelatih: Marco Baroni

Wasit: Antonio Giua

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Hazard Batal Tinggalkan Chelsea Jika Zidane Datang

Liputan6.com, Jakarta – Rumor masa depan Eden Hazard di Chelsea memasuki babak baru. Dia dikabarkan siap bertahan di Stamford Bridge jika Zinedine Zidane menjadi manajer. 


Masa depan Hazard bersama Chelsea kini memang berada di masa-masa yang genting. Sudah sejak lama Hazard mengaku tertarik pindah ke Real Madrid dan pihak Madrid pun siap meluncurkan tawaran transfer.

Beberapa waktu lalu, Hazard juga mengaku sudah memutuskan apa yang jadi masa depannya. Meskipun tidak gambang bicara ingin pindah ke Madrid, tapi pemain asal Belgia diyakini memberi signal akan pindah ke Madrid.


Chelsea saat  ini memang disebut sedang mempertimbangkan untuk menunjuk manajer baru. Maurizio Sarri yang didapuk jadi manajer pada awal musim 2018/19, kini sedang berada dalam ancaman. Sebab, dia gagal membawa Chelsea tampil konsisten.

Akhir pekan lalu, The Blues kalah dengan skor yang telak ketika berjumpa Manchester City. Marcos Alonso dan kolega menelan kekalahan setengah lusin gol tanpa balas.

Kekalahan itu memicu kabar jika Sarri sudah mendapatkan ultimatum. Manajer asal Italia tersebut bakal dipecat Chelsea jika tidak mampu melakukan perbaikan dalam dua pekan ke depan. Celakanya, jadwal The Blues cukup berat.

2 dari 3 halaman

Datangkan Zinedine Zidane 

Dikutip dari The Sun, Chelsea kini sudah mulai menjajaki kemungkinan menunjuk manajer baru andai Sarri tak bekerja dengan baik. Zinedine Zidane jadi kandidat favorit. Sebab, pria asal Prancis kini tidak sedang punya kontrak dengan klub mana pun.

Kabar tersebut dapat respon positif. Hazard yang sudah lama ingin pindah ke Madrid siap bertahan di Chelsea jika memang Zidane ditunjuk jadi manajer baru.

3 dari 3 halaman

Ingin Dilatih Zidane

Saat melatih Real Madrid, Zidane diklaim pernah mengajukan nama Hazard untuk dibeli kepada para petinggi klub. Tapi, pihak Los Blancos tak pernah memberi respon yang serius pada permintaan Zidane tersebut.

Sementara, Hazard juga disinyalir punya keinginan yang kuat untuk dilatih oleh Zidane. Pelatih yang sukses membawa Madrid meraih tiga gelar Liga Champions itu adalah salah satu sosok yang menjadi idola Hazard.


Sumber: Bola.net

Suami Dilempar Botol, Istri Di Maria Serang Balik Fans MU

Liputan6.com, Jakarta Winger Angle Di Maria menjadi target hujatan fans Manchester United (MU) saat PSG bertandang ke Old Trafford pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu dini hari WIB. Pemain yang pernah berseragam Setan Merah itu bahkan jadi sasaran lemparan botol.

Tidak hanya Di Maria yang kesal dengan perlakuan fans Setan Merah. Istrinya, Jorgelina Cardoso juga ikut geram. Seperti dilansir AS, Cardoso bahkan balas menghujat suporter MU.

Lewat Instagram story, Cardoso menampilkan gambar Di Maria tengah memegang botol bir seakan hendak meneguknya. “Ayo bersulang. Ini masih banyak asisst lagi,” tulisnya. Cardoso berusaha mengolok-olok fans MU yang membenci suaminya sepanjang laga. 

Di Maria memang menjadi sosok protagonis dalam duel MU vs PSG. Apalagi dalam duel ini, pemain Argentina itu mencetak dua assist yang membawa PSG menang 2-0.

Aksi tidak terpuji suporter MU ini sempat menyita perhatian petinggi UEFA. Mereka akan meminta pertanggungjawaban Setan Merah atas adegan memalukan tersebut. MU kemungkinan dapat menghadapi penyelidikan UEFA,  terutama akibat pelemparan Di Maria. 



2 dari 2 halaman

Terpancing Provokasi

Di Maria juga sempat terpancing dengan sikap suporter tuan rumah. Dia tertangkap kamera berulang kali mengucapkan kata-kata kotor ke arah fans Setan Merah saat merayakan gol kedua Les Parisien yang dicetak oleh Kylian Mbappe pada menit ke-60. Aksi tidak terpuji ini juga berpotensi membawa sanksi bagi pemain yang berusia 31 tahun tersebut. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:


Peluk Hangat Cucu untuk Ani Yudhoyono yang Berjuang Melawan Kanker Darah

Liputan6.com, Jakarta – Istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono tengah dirawat di sebuah rumah sakit di Singapura sejak awal Februari lalu. SBY pun memberi pernyataan resmi perihal sakit yang diderita sang istri.

“Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” kata SBY dalam keterangan video yang diterima Liputan6.com, Rabu, 13 Februari 2019.

Sejak dirawat, mantan ibu negara ini mendapatkan banyak dukungan dan untaian doa dari berbagai pihak, mulai dari keluarga hingga pesohor negeri. Ada pula momen manis kebersamaan Ani dengan cucu-cucunya.

Seperti potret yang diunggah menantu Ani, Aliya Rajasa melalui akun Instagram pribadi. Ia membagikan foto Ani Yudhoyono yang sedang terbaring di rumah sakit mendapat pelukan hangat dari cucunya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

Ani yang tengah berjuang melawan kanker daerah yang dideritanya tampak mengusap-usap dengan rasa sayang kepala putra Edhie Baskoro dan Aliya Rajasa tersebut. Di potret selanjutnya, pelukan cucu dibalas Ani sekaligus memberi ciuman sayang.

Sebelumnya, cucu tertua Ani, Almira Tunggadewi Yudhoyono juga memberi dukungan untuk sang nenek. Aira, begitu ia akrab disapa, mengunggah potret bernuansa hitam putih bersama Ani sedang berada di tempat tidur.

Get well soon memo! (Lekas sembuh memo!),” demikian tulis Aira. “Thank you Aira cantik. Doa cucu untuk neneknya insya Allah didengar Allah. Love you,” balas ibu dua anak tersebut.

Selain itu, Aira juga membuat kartu yang berisi untaian doa untuk kesembuhan sang nenek. Ia juga menyertakan pesan penuh cinta yang disampaikan dalam bahasa Inggris.

Dear Memo, Hope you feel better and get well soon! (Dear Memo, semoga merasa lebih baik dan lekas sembuh), Love, Aira,” demikian tulis Almira.

“Kartu ini buatan cucuku Aira yang sedang giliran jaga menunggu Memo di RS. 3 figur yang ada terbuat dari plester (bandaid). (emoji love) you Aira.” tulis Ani Yudhoyono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Instagram Tes Fitur DM untuk Versi Web, Bisa Balas Pesan Via PC

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sedang populer di seluruh dunia. Instagram nampaknya telah menjadi salah satu media sosial yang mampu menarik banyak pengguna.

Pada Juni 2018, Instagram hampir memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan. Jumlah ini jelas terbilang sangat besar dengan peningkatan yang signifikan, mengingat pada September 2017 mereka masih memiliki 800 juta pengguna.

Instagram memang menarik sebagi tempat untuk berbagi momen berupa foto dan video. Selain berbagi foto dan video Instagram memiliki salah satu fitur untuk mengirim dan menerima pesan langsung atau Direct Message (DM).

Dikabarkan Instagram sedang mengetes secara internal fitur DM melalui web atau desktop.

2 dari 4 halaman

Instagram versi web

Selain melalui aplikasi Instagram yang diunduh melalui Play Store dan Appstore, Instagram dapat diakses melalui web di browser yang ada di ponsel atau desktop dengan alamat instagram.com.

Para pengguna Instagram dapat mengakses akun Instagramnya melalui web browser. Pada awalnya fitur-fitur yang ditawarkan pada Instagram versi web ini cukup terbatas, hanya dapat melihat postingan dan feed pada timeline dan profil Instagram.

Namun seiring berjalannya waktu, Instagram mulai menambahkan beberapa fitur di Instagram versi web. Pada 2016 silam Instagram meluncurkan fitur Discover People untuk versi website-nya.

Fitur ini berbentuk ikon kompas kecil yang ketika diklik akan mengantarkan pengguna ke halaman baru berisi pengguna-pengguna lain yang mungkin Anda kenal.

Kemudian pada 2017, Instagram mengeluarkan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram melihat Instagram Stories melalui websitenya.

3 dari 4 halaman

Fitur DM di Instagram versi Web

Dilansir dari The Verge oleh Liputan6.com Rabu (13/2/2019) Instagram dilaporkan sedang menguji kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan langsung atau Direct Message (DM) versi web di perangkat seluler dan desktop.

Kabar ini pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli Reverse Engineering, Jane Manchun Wong. Reverse engineering sendiri adalah sebuah proses untuk mencari dan menemukan sebuah sistem teknologi, fungsi dan operasi yang bekerja di balik suatu aplikasi melalui sebuah proses analisa yang mendalam pada setiap komponen struktur dari aplikasi yang diteliti.

Melalui twitternya @wongmjane, Jane mengunggah beberapa screenshoot yang membuktikan bahwa Instagram sedang mengetes fitur DM versi Instagram ini.

4 dari 4 halaman

Berkaitan dengan Rencana Facebook Menggabungkan Aplikasi Pesan

Jane Manchun Wong pertama kali melihat uji internal terhadap fitur tersebut tak lama setelah muncul kabar bahwa Facebook bermaksud menyatukan beberapa aplikasi perpesanannya seperti Messenger, WhatsApp dan Instagram DM.

Langkah ini dinilai ada hubungannya dengan rencana Facebook untuk menggabungkan DM Messenger, WhatsApp, dan Instagram ke dalam satu platform tunggal. Untuk saat ini, salah seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada The Verge bahwa fitur tersebut tidak sedang diuji publik.

Sahabat: Ahok Nggak akan Balas Dendam ke PA 212 Lewat PDIP

Jakarta – Dosen UIN Adi Prayitno mengungkap PA 212 curiga Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok akan balas dendam lewat PDIP. Jubir PA 212, Novel Bamukmin, mengklarifikasi bahwa hal tersebut harapan, bukan kecurigaan. Sahabat Ahok yang juga politikus PDIP, Charles Honoris, menegaskan isu itu sama sekali tidak benar.

“Nah itu, saya bilang nggak mungkin balas dendam. Karena gini, Pak Ahok sudah memilih masuk PDI Perjuangan bukan untuk aktif berpolitik tetapi memilih PDI Perjuangan sebagai rumah untuk menyalurkan aspirasi politiknya,” kata politikus PDIP, Charles Honoris, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

Charles sekali lagi menepis anggapan bahwa Ahok akan balas dendam. Menurutnya, meskipun bergabung ke PDIP, Ahok tak tertarik menjadi pejabat negara.
“Jadi saya rasa tidak benar anggapan bahwa Pak Ahok ingin balas dendam ya, karena sekali lagi Pak Ahok sendiri sudah mengatakan bahwa masuk PDI Perjuangan itu bukan untuk menjadi pengurus ya, tidak tertarik menjadi pejabat negara, tapi hanya merasa bahwa PDI Perjuangan adalah rumah besar kaum nasionalis sehingga rumah yang cocok untuk bisa menyalurkan aspirasi politiknya,” ungkapnya.

“Bahwa Pak Ahok masuk PDI ya sebagai kader, bukan sebagai pengurus partai. Tidak punya kewenangan khusus untuk bisa mengatur kebijakan partai juga, atau tidak juga memiliki keinginan untuk menjadi pejabat negara. Misalkan ikut pilkada, atau ikut pemilu legislatif ya, hanya sebagai kader yang ingin memberikan kontribusi pemikiran, menyalurkan aspirasi politiknya ke PDI Perjuangan,” imbuh Charles.

Charles sekali lagi menegaskan Ahok tak akan balas dendam. Baginya, partai politik bukan alat untuk balas dendam, tetapi untuk kesejahteraan rakyat.

“Pasti tidak (akan balas dendam), pasti tidak. Karena PDI Perjuangan partai politik, partai PDI Perjuangan bukan alat untuk balas dendam ya, tapi partai politik adalah alat untuk kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Sebelumnya, Adi Prayitno mengungkapkan, PA 212 curiga bergabungnya Ahok ke PDIP lantaran ingin balas dendam. Ahok dicurigai ingin menjadikan PDIP sebagai alat untuk membalas dendam kepada kelompok yang memenjarakannya.

“Semalam saya diskusi dengan Alumni 212 Novel Bamukmin, dia ngomong bahwa di PA 212 itu mencurigai kembalinya Ahok ke PDIP dikhawatirkan menjadi ajang untuk membalas dendam kepada kelompok yang mengkriminalkan Ahok,” ujar Adi di restoran Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2).

Adi mengaku mendapat informasi langsung dari Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin. Ahok dicurigai akan menggunakan PDIP sebagai kendaraan politik untuk memperoleh lagi kekuasaan.

Novel Bamukmin sudah meluruskan pernyataan Adi. Novel hanya berharap PDIP bisa membina Ahok agar tak lagi bikin gaduh.

“Saya hanya mengkhawatirkan semoga bergabungnya BTP ini tidak menjadi ajang balas dendam atas masalah yang pernah terjadi dengan kasus hukum BTP ini. Semoga PDIP bisa membina BTP dengan baik agar BTP tidak kembali membuat kegaduhan dan kekisruhan negara ini,” kata Novel, hari ini.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Pria Bertemu Kekasih Lewat #BiroJomblo di Twitter Ini Manis Banget, Bikin Baper

Liputan6.com, Jakarta Jodoh bisa datang dari mana aja, katanya. Jodoh bisa datang dari belakang, depan, bahkan jodoh bisa datang dari samping. Tapi, untuk menemukan jodoh kamu harus berusaha lebih giat untuk menjemputnya. Terkadang kamu harus menempuh jalan yang panjang dulu sebelum akhirnya bertemu dengan kekasih.

Namun, jodoh bisa juga datang dari hal yang tidak kamu duga lho. Seperti yang dialami oleh pemuda yang satu ini.

Pria ini bertemu dengan kekasihnya lewat kolom komentar ketika iseng ikut-ikutan #birojomblo yang dipelopori oleh @shitlicious.

Berikut liputan6.com rangkum kisah pria yang bertemu dengan kekasihnya lewat kolom komentar, Senin, (11/2/2019).

2 dari 2 halaman

Kisah pasangan muda ini viral di media sosial

Pria bernama Nurkholis, @Agacheon menceritakan kisah saat pertama bertemu dengan kekasihnya di Twitter. Kala itu, tepatnya pada 24 Maret 2018, Nurkholis iseng-iseng ikut mencari pasangan lewat tagar BiroJomblo. Dia mengunggah foto dirinya dengan caption “Sengaja jomblo biar dipacarin kamu”.

Berawal dari cuitan isengnya itu kemudian postingannya dibalas oleh seseorang.

“Fotonya sendiri aja mas, gamau berdua gue apa?” balas seorang cewek.

Dari percakapan singkat tersebut, keduanya bertemu dan menjalin kasih. Bahkan keduanya memamerkan serangkaian momen kebersamaannya kala berlibur di Korea Selatan. Mereka menjadi bukti, jodoh bisa datang dari mana saja termasuk media sosial.

Akhirnya, si pria dipertemukan dengan jodohnya dan membawa kekasihnya ke negeri impian pasanganya. Dia juga mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa mewujudkan dua mimpi perempuan yang menjadi kekasihnya sekarang. Pertama, liburan ke Korea dan yang kedua, bertemu kekasihnya.

Sungguh kisah yang manis, bertemu jodoh lewat kolom komentar media sosial. Tertarik mencoba cara pasangan ini untuk mencari jodoh lewat Twitter?

Man City vs Chelsea: The Bues Terpuruk, Carragher Salahkan Sarri

Liputan6.com, London – Jamie Carragher ikut buka suara soal keterpurukan Chelsea di kandang Manchester City, Minggu (10/2/2019). Eks Liverpool itu menyebut pangkal masalah ada pada manajer Maurizio Sarri.

Pada laga lanjutan Premier League tersebut, Chelsea tumbang dengan skor memalukan enam gol tanpa balas. Sergio Aguero menjadi bintang dengan mencetak hattrick, yang kemudian disusul dua gol Raheem Sterling dan satu dari Ilkay Gundogan.

Kekalahan tersebut membuat The Blues tertahan di peringkat enam klasemen sementara dengan koleksi 50 poin. Sedangkan Manchester City semakin kokoh di puncak dengan raihan 65 angka, menyamai perolehan Liverpool yang menduduki peringkat dua.

Reaksi pun bermunculan dari berbagai pihak, salah satunya datang dari Carragher. Kepada Sky Sports, pria berumur 41 tahun tersebut tidak mampu menahan kritikannya untuk Sarri karena dianggap telah mengubah Chelsea seperti Arsenal.

“Memalukan, ini benar-benar buruk,” tutur Carragher, yang hanya membela Liverpool dalam 17 tahun kariernya sebagai pemain.

“Dia [Maurizio Sarri] mengubah Chelsea menjadi tim Arsenal yang dulunya pernah babak belur selama tujuh, delapan tahun di laga tandang pada laga-laga besar karena mereka sangat lemah,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Lemah

Carragher tampak tak percaya dengan bagaimana Chelsea bisa kalah telak dalam laga yang berlangsung di markas Manchester City, Etihad Stadium tersebut. Ia benar-benar menganggap The Blues bermain dengan sangat buruk.

“Anda tak bisa berkata seperti itu tentang Chelsea, apapun yang sedang terjadi. Tapi mereka sangatlah lemah. Kami menyaksikan sebuah tim sepak bola yang sangat lemah di sini,” tandasnya.

Kekalahan atas Manchester City membuat posisi Sarri semakin tersudut. Sebab hasil kontra Bournemouth, di mana mereka juga dibantai dengan skor 0-4, masih teringat jelas dalam benak fans meski mereka sempat menang atas Huddersfield 5-0 pekan lalu.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Politik Balas Budi Bupati Emir Dardak

Liputan6.com, Trenggalek – Bupati Emil Elestianto Dardak mengakui melakukan politik balas jasa kepada sejumlah pejabat birokrasi yang berada di lingkaran “ring satu” selama kepemimpinannya di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

“Terus terang begini lah. Ini buka-bukaan ya. Banyak yang mengabdi di ‘ring satu’ saya. Dan di manapun mereka kinerjanya sangat baik. Maka sudah suatu keharusan, secara etika, bahwa yang kinerjanya baik maka saya berikan tempat yang baik juga sebelum saya purna (tugas). Itu sudah pasti,” kata Bupati Emil Dardak di Trenggalek, Minggu (10/2/2019), dilansir Antara.

Pernyataan itu disampaikan Emil usai menggelar pelantikan pejabat tinggi pratama Sekda Trenggalek, serta mutasi terbatas sejumlah pejabat eselon II, III dan IV di pendopo Kabupaten Trenggalek, Sabtu, 9 Februari 2019, malam.

Emil saat ini sudah berada di penghujung purna-tugas. Pada 13 Februari mendatang ia akan dilantik sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa.

Emil mengakui kesempatan terbatas itu sengaja ia optimalkan. Apalagi ia merasa ada tugas dan tanggung jawab yang harus dia selesaikan, termasuk yang berkaitan dengan politik balas jasa untuk orang-orangnya yang berada di “ring satu”. “Tapi (itu) tidak banyak. Hanya hitungan jari,” ujarnya.

Selain terhadap anak buahnya yang dianggap loyal dan berkinerja baik, Emil juga melakukan mutasi jabatan dengan mempertimbangkan masukan masyarakat, mempertimbangkan masukan kolega sehingga menjadi formasi yang sangat penting dalam pemerintahan di Kabupaten Trenggalek.

“Kalau saya pergi tidak melakukan itu, dibilang meninggalkan tugas di tengah jalan. Maka ya saya pilih benar yang kami lakukan mutasi tadi,” katanya.

Namun, Emil menegaskan mutasi jabatan yang dia lakukan masih sangat terbatas. Baru kisaran 10-20 persen. Masih banyak pos jabatan baik di eselon II, III dan IV yang kosong dan harus segera diisi agar kinerja pembangunan berjalan efektif di Kabupaten Trenggalek.

“Ya sisanya masih banyak sekali. Dan itu kami serahkan kepada penerus kami (Wabup Trenggalek Mochammad Nur Arifin), termasuk untuk memilih orang-orang di ‘ring satu’ beliau,” kata Emil.

Sebelumnya, Emil berulang kali menegaskan bahwa pemilihan dan penetapan jabatan sekda, merupakan hasil interaksi selama kepemimpinannya di Trenggalek. Emil mengaku tidak memutuskan sendiri, melainkan telah didiskusikan dengan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin.

“Seleksi (jabatan sekda) dilakukan terbuka dan kompetitif, dengan melibatkan tim dari perguruan tinggi juga. Semua memperhatikan kompetensi dan rekam jejak di pemerintahan,” ujarnya.

Ia membantah penetapan Joko Irianto sebagai pejabat sekda yang baru dilatarbelakangi nepotisme, mengingat Joko yang merupakan anak kandung dari mantan Bupati Soetran (Bupati Trenggalek periode 1968-1975) masih memiliki hubungan pertalian darah dengan Emil.

“Familinya melihatnya yang gimana itu. Pertama, ini melalui proses seleksi, hasilnya juga terbuka tapi di sisi lain, di bilang famili ya semua di Trenggalek bisa dibilang famili karena ini tempat (wilayah) kecil. Beliau ini kan putranya Pak Soetran, mantan Bupati (Trenggalek), jadi ya mungkin nitis dari bapaknya, bakat (kapasitas) itu,” jawab Emil.

Kendati dalam pelantikan itu tidak dihadiri oleh Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin, Emil Dardak menegaskan setiap proses seleksi dan penetapan pejabat tinggi pratama Sekda Trenggalek terus dikonsultasikan dan didiskusikan.

Simak video pilihan berikut ini: