Dukung Tilang Elektronik, Tambahan 12 CCTV Bakal Terpasang di Sudirman-Thamrin

Liputan6.com, Jakarta – Mendukung penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah kamera pengawas aatau CCTV. Tambahan ini, bakal dilakukan di kawasan Sudirman-Thamrin.

Sosialisasi dengan pengendara ini dilakukan agar para pengendara paham dan bisa terus meningkatkan tertib lalu lintas. Ada sebanyak 12 unit kamera yang akan dipasang.

“Bulan depan (akan dipasang). Nanti tanggalnya akan sesuai kesepakatan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, di kawasan Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dilansir laman resmi NTMC Polri, Jumat (26/4/2019).

Perlu diketahui, 12 kamera tambahan yang dipasang guna menunjang program ETLE ini adalah kamera canggih yang sebelumnya pernah disinggung Yusuf juga.

Dimana kamera itu nantinya bisa merekam pengendara yang kecepatannya berlebih, pengendara yang tidak mengenakan sabuk pengaman, serta pengendara yang hilang konsentrasinya, karena memainkan telepon genggam.

Sehingga, penindakan tidak hanya pada pengendara yang menerobos lampu merah dan melanggar marka jalan saja, seperti yang dilakukan kamera sekarang ini.

Bandara Baru Yogyakarta Bakal Bantu Tercapainya Target 20 Juta Wisman

Sebelumnya, Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal AirNav Indonesia, telah menyiapkan prosedur pengaturan lalu lintas penerbangan di ruang udara Yogyakarta.

Pengaturan ini untuk rangka mendukung beroperasinya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandara Baru Yogyakarta.

Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto mengatakan, Airnav telah menyiapkan prosedur Performance Based Navigation (PBN), yakni prosedur pengaturan navigasi penerbangan dengan menggunakan teknologi berbasis satelit.

Menurutnya, ruang udara Yogyakarta cukup padat, pergerakan pesawat udara dalam satu hari bisa sekitar 280 sampai dengan 300 pergerakan take-off dan landing terdiri dari 170 regular flightdan sisanya training.

Saat Bandara NYIA beroperasi, Bandara Adi Sutjipto tetap akan beroperasi untuk slot penerbangan militer dan training.

“Jadi cukup kompleks pengaturan ruang udaranya. Tetapi kami sudah siap sehingga penggunaan ruang udara Yogyakarta dapat dikelola dengan baik,” ungkap Novie, dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 22 April 2019.

Untuk tahap awal, NYIA akan melayani penerbangan internasional, sedangkan penerbangan domestik masih menggunakan Bandara Adi Sutjipto.

Novie menuturkan, AirNav Indonesia akan memberikan layanan aerodrome control (ADC) untuk pesawat udara yang take-off dan landing di NYIA melalui Menara Pemandu Lalu Lintas Penerbangan NYIA.

Sedangkan untuk pesawat udara di ruang udara Yogyakarta dengan ketinggian 4.000 sampai dengan 24.500 kaki akan dilayani oleh unit approach control (APP) yang bertempat di Bandara Adi Sutjipto yang telah dilengkapi dengan Radar Surveillance dengan coverage hingga radius 183 nautical miles.

“Tower ATC baru dengan peralatan navigasi penerbangan termasuk desk control, radio, AFTN dan VSAT sudah diuji coba dan siap beroperasi. Bahkan untuk fasilitas dan SOP/MOS (standard operation procedure/manual of standard) kami telah mendapatkan sertifikasi CASR (civil aviation safety regulation) 171 & 172 dari Kementerian Perhubungan. Untuk pelayanan informasi cuaca, BMKG siap mendukung kami dengan AWS (Automatic Weather Station),” terang Novie.

Air di Bendungan Katulampa Bakal Sampai ke Pintu Air Manggarai 2 Jam ke Depan

Liputan6.com, Jakarta – Ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat naik pada Kamis (25/4/2019) malam. Ketinggian air mencapai 220 sentimeter atau berstatus siaga 1. Sementara hingga saat ini hujan masih terus mengguyur Puncak, Bogor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta melalui siaran persnya menyebut, antisipasi air akan sampai ke Pintu Air Manggarai pada 2 hingga 5 jam ke depan.

Wilayah yang akan di lalui sebagai berikut :

– Srengseng Sawah

– Rawajati

– Pengadegan

– Cikoko

– Pejaten Timur

– Kebon Baru

– Bukit Duri

– Balekambang

– Cililitan

– Cawang

– Bidara Cina

– Kampung Melayu

– Manggarai

Sementara, upaya yang sudah dilakukan BPBD DKI adalah menyebarkan informasi kepada lurah serta warga yang tinggal dibantara kali atas kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa 220 cm melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, dan Website.

Kemudian, pemberitahuan kepada camat dan lurah melalui group Whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Sementara, penyebaran informasi pada masyarakat yang berada di bantaran sungai ciliwung melalui SMS Blast.

HEADLINE: Bandara Baru Yogyakarta Siap Beroperasi, Bakal Genjot Ekonomi dan Pariwisata?

Pengamat penerbangan yang juga anggota Ombudsman RI Alvin Lie menilai, pembangunan bandara baru selalu disertai oleh hadirnya beberapa tantangan yang harus diselesaikan pihak pengelola.

“Setiap bandara baru selalu menghadapi tantangan, yaitu taraf kesediaan dan ketertarikan pengguna jasa penerbangan (penumpang dan pemilik kargo) untuk menggunakan fasilitas bandara baru tersebut,” ujar dia kepada Liputan6.com.

Menurutnya, daya tarik suatu bandara sangat bergantung pada beberapa faktor. Antara lain, jalan akses, layanan transportasi publik dari dan ke bandara, fasilitas tambahan di sekitar bandara seperti tempat istirahat, makan, SPBU, dan sebagainya, hingga fasilitas dan layanan komersial di dalam kawasan bandara.

“Makin lengkap keempat unsur tersebut tersedia, makin atraktif bandara tersebut bagi pengguna jasa,” ungkap dia.

Alvin Lie pun turut menyoroti tantangan-tantangan yang bisa berpotensi mengurangi daya tarik Bandara Baru Yogyakarta. Di antaranya, jarak yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni 55 km dan membutuhkan waktu tempuh rata-rata sekitar 90 menit.

Selanjutnya, jalan akses tunggal, yaitu jalan raya Yogyakarta-Purworejo yang relatif sempit dan rentan tersendat pada saat lalu lintas padat, bila terjadi kecelakaan atau ada suatu kendaraan besar mogok.

“Kawasan di sekitas bandara juga belum berkembang. Belum ada hotel berbintang dan layanan komersial yang representatif serta berkapasitas besar. Kehandalan dan kepraktisan layanan transportasi publik ke dan dari bandara juga belum teruji,” dia menambahkan.

Di sisi lain, ia mencermati keberadaan Bandara Adi Sumarmo di Solo yang secara jarak lebih kurang setara dari pusat kota Yogyakarta. Namun, lanjutnya, jalan yang menghubungkan Yogyakarta dgn Solo sudah berkembang dengan berbagai fasilitas makan, belanja, istirahat dan sebagainya.

“Selain itu, juga ada layanan KA Yogyakarta-Solo, bahkan nantinya langsung ke bandara Adi Sumarmo. Tersedia pula banyak pilihan angkutan darat untuk rute tersebut,” jelas dia.

Mencermati situasi ini, dia mengatakan, pengelola Bandara Baru Yogyakarta ditantang untuk menawarkan berbagai insentif dan daya tarik bagi pengguna jasa penerbangan agar memilih lapangan udara tersebut, dan bukan beralih ke Bandara Adi Sumarmo..

“Apabila animo pengguna jasa rendah, airlines juga akan mengurangi frekuensi penerbangannya sehingga makin mengurangi daya tarik bandara. Hal-hal tersebut perlu diantisipasi agar Bandara Baru Yogyakarta tidak mengalami nasib serupa dengan Bandara Kertajati,” imbuhnya.

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo direncanakan mulai beroperasi di akhir April. Pesawat kepresidenan akan menjadi pesawat pertama yang mendarat di bandara ini.

Akibat Perubahan Iklim dan Ulah Manusia, 5 Tempat Wisata Keren Ini Bakal Hilang

Liputan6.com, Jakarta Setiap Negara di dunia ini pasti memiliki tempat destinasi wisata menakjubkan yang menjadi salah satu ciri khas bagi Negara tersebut. Indahnya destinasi wisata tersebut, ternyata diperkirakan tak selamanya dalam kondisi baik.

Banyak faktor yang mengakibatkan destinasi wisata ini menjadi terancam. Baik itu karena faktor alam maupun yang diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak bisa menjaganya dengan baik. Jadi, tidak mengherankan kalau destinasi wisata ini berpeluang rusak atau bahkan hilang.

Jadi, sebelum destinasi wisata ini benar-benar rusak, berubah, atau bahkan hilang, sempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata dunia ini. Terdapat beberapa destinasi wisata menakjubkan yang kondisinya sangat terancam.

Ada apa saja destinasi wisata dunia tersebut? Berikut Liputan6.com, Kamis (25/4/2019) lansir dari Reader’s Digest mengenai beberapa tempat wisata dunia dengan kondisinya terancam.

Presiden Sri Lanka Bakal Rombak Pasukan Keamanan Pascateror Bom Gereja

Kolombo – Teror bom yang mengguncang Sri Lanka setidaknya menewaskan 321 orang. Menyusul insiden ini, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena bakal mencopot menteri pertahanan yang saat ini menjabat.

Sirisena menyebut, Menhan Sri Lanka memiliki informasi mengenai serangan bom yang terjadi di gereja saat Paskah tersebut. Selain Menham, Sirisena juga akan merestrukturisasi kepolisian dan pasukan keamanan Sri Lanka.

“Saya akan sepenuhnya merestrukturisasi polisi dan pasukan keamanan dalam beberapa minggu mendatang. Saya berharap untuk mengubah kepala lembaga pertahanan dalam 24 jam ke depan,” kata Sirisena dalam pidatonya, seperti dilansir Reuters, Rabu (24/4/2019).
Ia mengaku kecewa tidak mendapatkan informasi intelijen soal ancaman terorisme tersebut. Ia menargetkan restrukturisasi dilakukan secepatnya.

“Para pejabat keamanan yang mendapat laporan intelijen dari negara asing tidak membagikannya kepada saya. Tindakan yang tepat akan diambil. Saya telah memutuskan untuk mengambil tindakan tegas terhadap para pejabat ini,” ujarnya.

Rentetan ledakan bom di Sri Lanka itu diketahui terjadi di tiga gereja — Gereja St Sebastian, Gereja St Anthony dan Gereja Katolik Roma Zion, lalu empat hotel mewah — Hotel Shangri La, Hotel Kingsbury, Hotel Cinnamon Grand dan Hotel New Tropical Inn, serta sebuah rumah di pinggiran Colombo.

Otoritas Sri Lanka sejauh ini melaporkan jumlah korban tewas setempat mencapai 321 orang. Jumlah korban luka mencapai sekitar 500 orang. Terdapat puluhan warga negara asing (WNA) di antara korban tewas.

Kepolisian Sri Lanka telah menangkap 40 tersangka yang sebagian besar warga Sri Lanka, terkait rentetan bom tersebut. Para penyidik Sri Lanka meyakini sedikitnya ada tujuh pengebom bunuh diri yang melakukan pengeboman.

Otoritas Sri Lanka juga menduga militan lokal bernama Jamaah Tauhid Nasional (NTJ) ada di balik rentetan bom itu. NTJ dicurigai mendapat bantuan dari jaringan internasional dalam melancarkan aksinya. Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena akan menemui para diplomat asing di Colombo untuk meminta bantuan internasional.
(dkp/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Di Negara Ini Nikita Mirzani Bakal Melahirkan

JawaPos.com, Jakarta – Kehamilan Nikita Mirzani sudah cukup besar. Tak lama lagi, ia akan melahirkan anak ketiga hasil pernikahan siri dengan Dipo Latief.

Nikita Mirzani tak sabar untuk bertemu dengan buah cintanya tersebut. Meski begitu, pada kehamilannya kali ini ia mengaku cukup santai.

“Iya ini lebih santai. Lebih banyak rezekinya, maksudnya rezekinya lancar. Ada aja syuting gitu, alhamdulillah,” terang Nikita Mirzani, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama, Nikita Mirzani akhirnya membuka cerita dirinya tengah bersiap untuk pergi ke negeri tetangga.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

14.193 Rumah Tangga Bakal Terima Subsidi Elpiji Langsung

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memprediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) stabil Pemilihan umum (Pemilu) 2019. Meski begitu, Pertamina tetap menyiapkan pasokan dan juga menjaga kelancaran distribusi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, momen Pemilu 2019 tidak banyak mempengaruhi kenaikan konsumsi BBM sebab hanya terjadi pada satu hari.

“Kalau pemilu stabil-stabil stabil ya. Kalaupun naik enggak banyak. Kan cuma sebentar,” kata Fajriyah, saat berbincang Dengan Liputan6.com, di Jakarta, Rabu, 17 April 2019.

Menurut Fajriyah, Pertamina akan menyesuaikan stok BBM dan Elpiji, dengan realisasi konsumsi. “Stok kami sesuaikan dengan prediksi peningkatan konsumsi,” ujarnya.

Pertamina Marketing Operation Region III wilayah Jawa Bagian Barat pun telah memastikan kesiapan pasokan BBM dan Elpiji di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten aman. Konsumsi BBM diperkirakan tidak mengalami lonjakan berarti, sedangkan konsumsi Elpiji meningkat rata-rata sekitar 4,3 persen.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, realisasi rata-rata harian BBM di wilayah MOR III DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat untuk jenis gasoline atau Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo diperkirakan mencapai 27,3 ribu kilo liter (KL).

Sementara itu, estimasi realisasi rata-rata harian gasoil atau Solar, Dexlite dan Pertamina Dex sebesar 10,1 ribu KL.

Dewi menambahkan, konsumsi gasoline menunjukkan kenaikan sekitar 2 persen dari Maret ke April 2019. Sedangkan pada periode yang sama, konsumsi gasoil mengalami kenaikan sebesar 3 persen.

“Kenaikan realisasi terjadi pada semua produk BBM. Hal ini disebabkan banyaknya hari libur dan aktivitas jelang Pemilu sejak Maret lalu,” tutur dia.

Proyek Infrastruktur Bakal Dihentikan H-10 sampai H+10 Lebaran 2019

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menghentikan seluruh kegiatan proyek infrastruktur saat H-10 hingga H+10 Lebaran 2019.

Upaya ini diinisiasi demi bantu kelancaran arus berangkat dan balik mudik Lebaran tahun ini, baik di proyek jalan tol maupun non tol.

“H-10 sampai H+10, sudah tidak ada lagi pengerjaan semua proyek, baik di tol maupun di tol,” tegas Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Kementerian PUPR, Ranto Parlindungan Rajagukguk di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Ranto mengatakan, kebijakan ini telah dirangkum dalam satu surat edaran yang telah diterbitkan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto.

“Pak Dirjen (Sugiyartanto) sudah mengeluarkan suratnya. Jadi kebijakan itu sekarang ada di tangannya,” ungkap Ranto.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan, pemerintah menaruh atensi lebih terhadap arus balik mudik Lebaran 2019 lantaran gerak kendaraan diprediksi akan lebih padat dibanding saat waktu berangkat. Secara perbandingan, puncak arus balik diperkirakan akan dipadati 750 ribu orang, sedangkan arus mudik 640 ribu orang.

“Pertimbangan kenapa arus balik jadi perhatian, karena memang jarak hari libur hari raya dan periode masuk kerja lebih pendek saat mudik balik. Sehingga saat mudik bakal terdistribusi lebih besar dibanding arus balik,” jelasnya.

“Sekarang kita perlu menaruh perhatian saat arus balik karena dua hal. Akumulasi puncak saat arus balik akan lebih besar, 750 ribu (orang). Dan kelelahan pemudik juga akan lebih besar saat arus balik,” dia menandaskan.

90 KPPS Meninggal Dunia, KPU Bakal Bertemu Kemenkeu Bahas Santunan

Jakarta – KPU mengatakan hingga saat ini ada 90 KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia pada saat proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019. KPU akan bertemu dengan Kementerian Keuangan untuk membahas santunan.

“KPU sudah membahas secara internal terkait dengan santunan yang akan diberikan kepada penyelenggara pemilu yang tertimpa musibah. Dengan memperhitungkan berbagai macam regulasi asuransi BPJS, kemudian masukan masukan dan catatan yang selama ini diberlakukan. Karena kami besok merencanakan akan melakukan pertemuan dengan kementerian keuangan,” kata Ketua KPU Arief Budiman, di Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Arief mengatakam besok rencananya Sekjen KPU Arif Rahman Hakim akan bertemu dengan pejabat di Kemenkeu. KPU memberikan 3 skema usulan santunan bagi korban KPPS.

“Kami mengusulkan yang pertama besaran santunan untuk yg meninggal dunia kurang lebih Rp 30-36 juta. Kemudian untuk yang cacat maksimal Rp 30 juta. Nanti tergantung pada jenis musibah yg diderita kalau cacat,” ujar Arief.

“Ketiga, untuk luka kami mengusulkan besarannya maksimal Rp 16 juta. Jadi ini akan dibahas bersama Kemenkeu termasuk mekanisme pemberiannya. Termasuk mekanisme penyediaan anggarannya. Karena kan anggaran KPU tidak ada yang berbunyi nomenklaturnya santunan,” ujar Arief.

Arief mengatakan hingga sore ini data KPPS yang meninggal dunia ada 90 orang, 374 orang sakit. Serta tersebar di 19 provinsi. Arief mengatakan nantinya oleh Kemenkeu akan diberi arahan dari anggaran mana bisa dicairkan santunan tersebut bagi korban KPPS.

“Nah ini akan diperkenankan diambil dari pos anggaran mana yang KPU bisa melakukan penghematan dan anggarannya belum dipakai nanti kami akan usulkan untuk bisa membiayai santunan ini,” kata Arief.
(yld/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>