Elektabilitas Petahana di Bawah 50%, PAN: Pertanda Baik untuk Prabowo-Sandi

Seperti dikutip Merdeka.com dari Harian Kompas Rabu (20/3/2019), berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini lebih tipis dibandingkan survei Litbang Kompas Oktober 2018.

Elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini hanya selisih 11,8 persen. Jokowi-Maruf mendapat perolehan suara 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 37,4 persen. Sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Metode pengumpulan pendapat menggunakan wawancara tatap muka sejak tanggal 22 Februari-5 Maret. Survei ini diikuti 2.000 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error penelitian plus/minus 2,2 persen.

Sebelumnya pada Oktober 2018 lalu, Litbang Kompas juga telah merilis elektabilitas dua pasangan capres. Saat itu, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebanyak 52,6 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga 32,7 persen. Sebanyak 14,7 persen masih merahasiakan pilihannya. Saat itu, selisih suara keduanya masih 19,9 persen.

Disebutkan pula, penyebab menurunnya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf karena sejumlah hal. Seperti perubahan pandangan atas kinerja pemerintah, berubahnya arah dukungan kalangan menengah atas, membesarnya pemilih ragu pada kelompok bawah dan persoalan militansi pendukung yang berpengaruh pada penguasaan wilayah.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pilpres 2019 semakin dekat, sejumlah lembaga survei merilis hasil survei terbaru. Berapa jarak elektabilitas Jokowi dan Prabowo?

Jokowi Soal Survei Kompas: Hasil Survei Baik Justru Melemahkan Kita

Dikutip dari Harian Kompas Rabu (20/3/2019), berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini lebih tipis dibandingkan survei Litbang Kompas Oktober 2018.

Elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini hanya selisih 11,8 persen. Jokowi-Maruf mendapat perolehan suara 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Ma’ruf 37,4 persen. Sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Metode pengumpulan pendapat menggunakan wawancara tatap muka sejak tanggal 22 Februari – 5 Maret. Survei ini diikuti 2.000 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error penelitian plus/minus 2,2 persen.

Sebelumnya pada Oktober 2018 lalu, Litbang Kompas juga telah merilis elektabilitas dua pasangan capres. Saat itu, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebanyak 52,6 persen sedangkan Prabowo- Sandiaga Uno32,7 persen. Sebanyak 14,7 persen masih merahasiakan pilihannya. Saat itu, selisih suara keduanya masih 19,9 persen.

Jokowi: Hasil Survei yang Baik Justru Bisa Melemahkan

Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan hasil survei Litbang Kompas yang memposisikan dirinya unggul 11,8% dari rivalnya Prabowo Subianto jadi bahan evaluasi dan koreksi. Jokowi mengatakan justru hasil survei yang baik bisa melemahkan.

“Ya itu, justru kalau saya hasil yang baik justru bisa melemahkan kita. Justru menjadikan kita tidak waspada,” kata Jokowi ditemui wartawan di Sekretariat DPD PDIP DKI Jakarta, Jl Tenet Raya, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Jokowi mengatakan, hasil survei yang tidak baik lah yang justru bisa menjadi pemicu semangat timnya untuk bekerja lebih baik di lapangan. Apalagi, waktu pencoblosan terhitung tidak lebih dari sebulan lagi.
“Tetapi hasil survei yang tidak baik atau kecil malah mendorong, memicu seluruh relawan, kader untuk bekerja lebih militan lagi,” kata Jokowi.
Sebelumnya, Jokowi mengatakan ada banyak lembaga survei di Indonesia yang merilis tingkat elektabilitas sementara untuk Pilpres 2019. Semuanya jadi bahan masukan baginya, termasuk survei Litbang Kompas.

“Ya survei kan banyak sekali kan. Ada berapa? Mungkin ada lebih dari 10. Semuanya kita pakai untuk evaluasi, untuk koreksi, untuk memacu bekerja lebih baik lagi,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, semua hasil survei yang ada akan jadi bahan evaluasi. Hasil survei tersebut juga jadi pemicu semangat bekerja.

“Saya kira semua survei kita lihat sebagai bahan koreksi, sebagai bahan evaluasi untuk mendorong bekerja lebih baik lahi,” kata Jokowi.

Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres yang berlaga di Pilpres 2019, sebulan sebelum hari pencoblosan. Survei digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden, yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut ini hasil survei yang dirilis Litbang Kompas:

Jokowi-Ma’ruf Amin 49,2%
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 37,4%
Rahasia 13,4%.
(jor/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Unik, Bikin Tugasmu Makin Keren

5.  Tempelkan Bahan Kliping

Setelah kamu berhasil menggunting bahan dan membuat pola yang diinginkan, maka cara membuat kliping selanjutnya adalah dengan menempelkan bahan-bahan membuat kliping. Namun sebelum itu, kamu perlu untuk menyusun gambar tersebut dengan lebih sistematis dan rapi.

Usahakan untuk menyusun berdasarkan tahun terbitnya supaya hasilnya juga akan semakin rapi dan bagus.  Dalam langkah ini, kamu juga dianjurkan untuk membuat hiasan tertentu misalnya bunga atau hiasan jenis lain pada halaman utama kliping dan juga halaman yang lainnya.

Di samping hiasan jenis bunga, Anda juga bisa menambahkan pernak-pernik menarik lain sesuai dengan apa yang diinginkan supaya hasil klipingnya lebih baik dan menarik.

6.  Cover untuk Kliping

Cara membuat kliping selanjutnya adalah dengan membuat cover dari kliping tersebut. Namun sebelum ini, kamu sebaiknya memastikan terlebih dahulu bahwa penempelan kliping kamu sudah rapi dan benar-benar telah menempel.

Sesudah benar-benar rapi dan lengkap, cara membuat kliping selanjutnya adalah membuat covernya. Adapun cover di sini tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan rasa penasaran dari para pembaca untuk kemudian membaca kliping yang telah dibuat.

Dalam pembuatan cover ini usahakan sebaik dan serapi mungkin supaya benar-benar mampu menarik hati pembaca. Usahakan pula membuat cover yang kekinian agar tampak lebih fresh dan indah.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka di sini isinya adalah berbagai sumber yang dijadikan sebagai rujukan informasi di dalam pembuatan kliping.  Beberapa cara membuat kliping ini akan membantu kamu dalam membuat sebuah kliping yang sempurna dan memiliki nilai tinggi.

Dengan begitu, informasi yang hendak disampaikan kepada pembaca pun juga bisa tersampaikan serta dipahami dengan baik. Dan untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan hiasan yang menarik dan kekinian dalam daftar pustaka.

Ini sangat penting untuk menghindarkan pada pembaca dari rasa bosan dan jenuh saat membaca kliping.

Cara Membuat Essay yang Baik, Dilengkapi Pengertian dan Tahapannya

Beberapa tahapan dalam cara membuat essay yang baik perlu kamu perhatikan. Hal ini penting agar tulisan essay yang kamu buat tidak salah sasaran dan tidak melebar ke permasalahan yang tidak ada hubungannya.

Beberapa cara membuat essay yang baik, bisa kamu perhatikan beberapa poin dibawah ini sebagai berikut:

1. Pikirkan dan tentukan tema/topik yang akan dibuat essay

Menentukan tema atau topik adalah cara membuat essay pertama yang harus kamu lakukan.  Penting terlebih dahulu untuk menentukan tema essay.

Disarankan bagi kamu untuk memilih tema yang disukai oleh banyak orang. Hal ini agar tulisan essay kamu dapat dibaca oleh banyak orang.

2. Melakukan riset

Setelah kamu menentukan tema, cara membuat essay yang baik selanjutnya adalah melakukan riset.

Riset yang dilakukan bisa melalui pencarian-pencarian melalui buku, internet, jurnal, arsip, koran atau bahkan kamu bisa langsung terjun ke tengah masyarakat untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Dalam melakukan riset ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar essay yang kamu buat menjadi tulisan yang baik dan akurat. Beberapa hal tersebut antara lain:

–  Fokus pada salah satu atau dua metode untuk riset.

–  Carilah sumber-sumber yang akurat dan dapat dipercaya seperti web jurnal, buku-buku dari penulis yang berkompeten dan sebagainya.

– Lakukan riset melalui buku terlebih dahulu lalu lengkapi dengan penambahan informasi melalui web jurnal atau media internet lainnya.

–  Catat semua sumber riset yang kamu dapat, agar jika kamu ingin mengutip kamu dengan mudah dan cepat menemukannya sehingga akurasi essay kamu buat dapat dipercaya.

3. Merancang outline

Semua karya tulisan yang baik biasanya berasal dari sebuah kerangka tulisan atau outline. Kerangka tulisan akan membantumu menyusun essay dengan runtut dan tidak melebar jauh dari topik yang telah kamu tentukan.

Dari kerangka tersebut agar mempermudahmu untuk menyusun ide-ide yang bisa kamu tuangkan dalam essay.

Cara Membuat Cerpen untuk Pemula dengan Baik dan Benar, Perhatikan Langkahnya

Setelah mendapatkan tema yang tepat dan penokohan, cara membuat cerpen selanjutnya adalah menetukan alur cerita. Alur atau plot merupakan jalan cerita yang akan kamu kembangkan hingga menjadi sebuag cerpen. Alur berupa susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.

Alur dibagi menjadi 3 yaitu:

– Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.

– Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).

– Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

Dalam penulisannya alur juga meliputi beberapa tahap yaitu:

– Pengantar: bagian cerita berupa gambaran, waktu, tempat atau kejadian yang merupakan awal cerita.

– Penampilan masalah: bagian yang menceritakan masalah yang dihadapi pelaku cerita.

– Klimaks: masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.

– Antiklimaks: masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan kekhawatiran mulai hilang.

– Penyelesaian: masalah telah dapat diatasi atau diselesaikan.

Dalam tahap ini kamu juga harus menentukan konflik yang ingin kamu bangun. Konfliklah yang akan membuat ceritamu hidup. Dari setiap konflik pasti ada sebuah penyelesaian, maka tentukan juga penyelesaian dari konflik yang kamu buat.

Mali Optimistis Persib Lebih Baik di Liga 1 2019

Hal senada juga disampaikan bek Persib lainnya, Indra Mustafa. Meski dalam turnamen pramusim tidak mencapai hasil sesuai harapan, hal tersebut tak membuat pemain bernomor punggung 16 ini patah semangat.

Justru, Indra semakin termotivasi untuk membawa Maung Bandung semakin berprestasi. “Alhamdulilah, sekarang sudah mulai banyak dapat kesempatan dan jam terbang. Tentu yang kemarin-kemarin harus dijadikan pelajaran untuk menatap musim baru. Kita pasti bisa,” ujar bek jebolan Diklat Persib ini.

Tak hanya itu, Indra juga memiliki target khusus untuk dirinya di musim 2019 ini. Pemain yang mulai bergabung musim 2018 tersebut pun siap menjawab kepercayaan pelatih Miljan Radovic.

“Intinya saya harus bisa menampilkan performa yang lebih baik lagi dan bisa memanfaatkan kesempatan. Musim 2019 harus lebih segalanya dari musim kemarin,” paparnya.

Kapolri Harap Istri Terduga Teroris di Sibolga Keluar dalam Keadaan Baik

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya masih bernegosiasi dengan istri terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara. Kapolri berharap istri terduga teroris itu bisa keluar dalam keadaan selamat.

“Saat ini pihak kepolisian masih dalam proses negosiasi dan berdialog dengan istrinya, kita berharap tentunya ini bisa keluar dan terselamatkan dalam keadaan baik-baik saja,” kata Tito usai menghadiri kegiatan silahturahmi di Pondok Pesantren Al Kautsar di Medan, Sumatera Utara seperti dilansir Antara, Selasa (12/3/2019).

Tito menyebut terduga teroris Husain alias Abu Hamzah yang berhasil ditangkap Densus 88 Antiteror di Sibolga merupakan bagian dari jaringan yang berafiliasi dengan ISIS. Penangkapan Husain juga merupakan pengembangan atas penangkapan terduga teroris berinisial R di Lampung.
“Mereka ini adalah kelompok yang berafiliasi dengan paham-paham ISIS,” katanya.
Untuk peristiwa di Sibolga, lanjut dia, terduga teroris Husain alias Abu Hamzah berhasil diamankan Densus 88 Antiteror namun istri dan anaknya masih bertahan di dalam rumah.

Kapolri menegaskan peristiwa penangkapan teroris ini tidak ada kaitannya dengan pemilu maupun pengamanan presiden yang akan berkunjung ke suatu daerah.

“Saya tegaskan kembali bahwa penangkapan pelaku teroris ini tidak ada kaitannya dengan pemilu dan kunjungan presiden,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, polisi terus melakukan upaya negosiasi dengan istri Husain. Negosiasi dilakukan dengan melibatkan tokoh masyarakat.

Husain sebelumnya sudah ditangkap pada siang hari tadi. Kemudian saat petugas hendak menggerebek ke dalam rumah Husain, bom meledak. Seorang anggota polisi dan warga terluka akibat kejadian di Gang Sekuntum, Sibolga, Sumut, ini.
(gbr/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

7 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin

Selain semangaka, biji-bijian menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Hhususnya untuk ibu hamil pun wajib mengonsumsi biji-bijian selain makanan sehat lainnya diantaranya:

1. Biji chia dan biji labu

Biji chia kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak bayi pada masa kehamilan. Sedangkan mengonsumsi biji labu saat hamil merupakan cara yang efektif untuk mengurangi mual.

Selain itu kandungan alami di dalam biji labu juga dapat menenangkan mood swing Anda saat hamil.

2. Biji melon dan Poppy seeds

Tak hanya daging buahnya saja, biji melon ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Biji melon dapat kamu jadikan snack untuk meningkatkan energi selama masa kehamilan. Oleh karena setelah mengonsumsi melon, keringkan bijinya.

Sedangkkan poppy seeds harus dikosumsi dengan jumlah yang secukupnya dan  tidak terlalu banyak. Sebab poppy seeds mengandung opiat yang dapat membahayakan janin.

3. Biji bunga matahari dan biji delima

Biji bunga matahari adalah makanan atau camilan yang paling umum. Biji bunga matahari mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan janin pada trimester ketiga kehamilan.

Mengonsumsi biji delima saat hamil adalah cara yang sehat untuk menyehatkan kehamilan kamu. Sebab biji delima kaya akan zat besi yang dapat membantu kesehatan darah saat hamil.

Bojan Malisic Yakin Lini Belakang Persib Bisa Lebih Baik

Liputan6.com, Bandung – Ketangguhan pertahanan Persib Bandung disorot setelah dua laga di Piala Presiden 2019. Total lima gol bersarang ke gawang Maung Bandung dari laga melawan Tira-Persikabo dan Persebaya Surabaya.

Menanggapi banyaknya kemasukan bola ke gawang Persib, bek tengah Bojan Malisic buka suara. Komandan lini belakang Maung Bandung itu mengungkapkan hal tersebut disebabkan lemahnya komunikasi.

“Mungkin kurang komunikasi di lini pertahanan, saya tahu ini sepak bola. Kalau di lapangan kita selalu mencoba untuk menang dan kita selalu coba sebaik mungkin dan meningkatkan kualitas,” kata Malisic usai latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (9/3/2019).

Malisic menegaskan, Persib selalu mencoba untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas permainan di lini belakang.

“Kadang kita bermain bagus tapi kalian tahu, selalu ada kesempatan dari tim lawan yang bisa bikin gol,” ucapnya.

Berita video highlights grup A Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (7/3/2019).