Sandiaga Uno Enggan Bahas Wacana Penghapusan UN Usai Debat Cawapres

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, debat cawapres kali ini cukup memuaskan. Dia yakin para pemilih yang belum menentukan pilihan akan semakin mantap menggunakan hak suara pada 17 April nanti.

“Kita pastikan untuk pemilih yang belum mantap memilih bisa memberikan dukungan kepada Prabowo-Sandi karena kita fokus untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat,” jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga juga mengapresiasi teknis penyelenggaraan debat cawapres malam ini. Menurutnya, dibanding debat sebelumnya, format kali ini lebih baik dan diharapkan terus digunakan untuk selanjutnya.

“Saya hanya bersyukur semua lancar. Biarkan masyarakat yang menilai dan saya ucapkan terima masih kepada Pak Kyai yang sudah menjadi mitra yang luar biasa dan kita bersyukur format yang terbaru dari KPU ini bisa menampilkan sesi yang informatif dan kita harapkan ini bisa menjadi format di debat-debat berikutnya,” Sandiaga Uno menandaskan.

Wapres JK dan PM Djibouti Bahas Kerjasama Pengembangan Geotermal

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menerima kunjungan Perdana Menteri Republik Djibouti HE Mr. Abdoulkader Kamil Mohamed di Istana Wapres, Jakarta, Kamis 14 Maret 2019. Dalam pertemuannya mereka membahas beberapa hal, salah satunya terkait pengembangan ilmu pengembangan khususnya kerja sama terkait energi panas bumi atau geotermal.

“Kami telah menyepakati berbagai antra Indonesia dan Djibouti khusunya di bidang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya kerjasama geotermal,” kata Abdoulkader usai bertemu JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis 14 Maret 2019.

Mereka pun berharap Indonesia bisa meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan para ahli di industri geotermal di Djibouti.

“Pemerintah Indonesia akan membantu kemampuan Djibouti untuk dapat mengembangkan industri geotermalnya. Sementara ini lahan yang ada di Indonesia dan lahan yang ada di Djibouti serupa. kami mengharapakan dukungan dari pemerintah Indonesia, terhadap pengembangan industri geotermal di sana,” papar Abdoulkader.

JK, kata Abdoulkader, akan memberikan fasilitas pendidikan bagi mahasiswa Djibouti untuk belajar industri geotermal di Indonesia.

“Karena itu pemerintah Indonesia memilki kemampuan di sektor itu, di bidang itu. Telah membantu negara tetangga kita yaitu Kenya. untuk mengembangkan industri berkelanjutannya, energi berkelanjutannya. Oleh karena itu kami mengharapkan hal yg sama untuk Djibouti,” kata Abdoulkader.

Ketum Partai Koalisi Jokowi Sudah Rapat Bahas Kampanye Akbar, Ini Hasilnya

JakartaPilpres 2019 segera memasuki tahap kampanye akbar yang dibagi per zonasi. Para ketua umum partai koalisi pengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin telah bertemu membahas pembagian kampanye. Apa hasilnya?

“Sudah kita pertemuan kemarin dengan Pak Jokowi dengan semua ketua umum partai,” kata Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kediamannya, Jl Warung Sila, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Lalu, apa hasil pertemuan tersebut? Cak Imin mengatakan para ketum partai sudah membahas detail pembagian tugas di kampanye akbar.
“Sudah kita bagi detail penugasan-penugasannya,” sebut Cak Imin.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan seluruh partai koalisi Jokowi-Amin telah dan terus berkoordinasi membahas waktu kampanye akbar berdasarkan zonasi agar terpenuhi semuanya.

“Ya kita terus koordinasi satu dengan seluruh partai-partai koalisi agar jadwal yang sudah dibagi per zona oleh KPU terisi secara serentak. Yang kedua kepada zona-zona yang berbeda itu diharapkan kalau toh ada yang berhimpitan jangan sampai terjadi bentrok,” ucap Cak Imin.

Kampanye terbuka akan berlangsung pada 23 Maret-13 April 2019. Setelah itu, KPU menetapkan hari tenang hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf akan memulai kampanye akbar di Zona B, sedangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi akan mengawali kampanye akbar di Zona A.

Berikut ini daftar pembagian wilayah kampanye rapat umum per zonasi:

Zona A:
1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Riau
5. Jambi
6. Jakarta
7. Jawa Barat
8. Jawa Tengah
9. NTT
10. Kalimantan Barat
11. Kalimantan Tengah
12 Kalimantan Selatan
13.Sulawesi Utara
14. Sulawesi Tengah
15. Sulawesi Selatan
16. Maluku
17. Papua

Zona B

1.Bengkulu
2.Lampung
3.Sumatera Selatan
4.Bangka Belitung
5.Kepulauan Riau
6.Yogyakarta
7.Jawa Timur
8.Banten
9.Bali
10.Nusa Tenggara Barat
11.Kalimantan Timur
12.Kalimantan Utara
13.Sulawesi Tenggara
14.Gorontalo
15.Sulawesi Barat
16.Maluku Utara
17.Papua Barat
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bertemu Jokowi di Istana, Ma’ruf Amin Bahas Persiapan Debat?

Liputan6.com, Jakarta – Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan cawapres Ma’ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/3/2019). Pertemuan keduanya dilakukan secara tertutup.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pertemuan antara Jokowi dan Ma’ruf berlangsung sejak pukul 19.00 WIB, di salah satu ruangan di Istana Kepresidenan Jakarta. Belum diketahui apa saja yang dibahas oleh pasangan capres-cawapres itu.

Namun, dari foto yang didapat, Jokowi dan Ma’ruf Amin tampak berbincang santai. Bahkan, keduanya tampak tertawa saat berbincang.

Dalam foto tersebut, Jokowi terlihat mengenakan kemeja batik lengan panjang bewarna cokelat. Sementara Ma’ruf Amin terlihat mengenakan jas warna hitam, dengan kain sarung di bagian bawah.

Seperti diketahui, cawapres Ma’ruf Amin akan mengikuti debat Cawapres yang digelar Minggu, 17 Maret 2019. Temanya adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Lawan tanding Ma’ruf, Sandiaga Uno bakal membawa isu defisit BPJS dan guru honorer. Ketum MUI itu mengaku telah menyiapkan jawabannya.

Bahas Percepatan Infrastruktur Jakarta, JK Panggil Sri Mulyani hingga Anies

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggelar rapat koordinasi bersama dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Kantornya Jakarta.

Adapun pembahasan ini terkait upaya percepatan pembangunan infrastruktur di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, rapat kali ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya.

Pembicaraaan dalam rapat tersebut menyangkut upaya percepatan pembangunan infrastruktur. Di antaranya adalah persoalan infrastruktur transportasi, air bersih, pengolahan air limbah, hingga perumahan.

“Jadi tadi Pak Wapres (JK) mengundang kita untuk meneruskan pembicaraan bulan lalu menyangkut pembangunan infrastruktur di Jakarta. Itu garis besar yang akan dibangun sama-sama,” kata Anies saat ditemui usai rapat di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Anies menuturkan, Jakarta mendapat tugas menyusun kebutuhannya untuk beberapa tahun ke depan. Beberapa kebutuhan itu di antaranya adalah menyiapkan atau memperpanjang lintasan  jalur dari Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), hingga Transjakarta.

“Jadi misalnya kita harus membangun jaringan MRT kita, dari yang saat ini 16 kilometer (km), kita diproyeksikan harus memiliki 223 km,  kemudian LRT saat ini 5,8 km,  kita butuh untuk membangun sampai 116 km. Transjakarta ada 431 km, kita akan membangun 2.149 km,” kata dia.

“Kemudian air bersih yang sekarang cakupannya 60 persen harus menjadi 100 persen.  Pengelolaan air limbah  saat ini 14 persen diproyeksikan bisa sampai 81 persen, kemudian pemukiman kita butuh tambahan 600 ribu unit rumah baru,” sambung Anies. 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Gerindra: Kemungkinan Djoko Santoso juga Bahas Kepulangan Habib Rizieq

Jakarta – Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab bertemu dengan Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Jenderal (Purn) Djoko Santoso di Mekkah. Ketua Bidang Advokasi dan Hukum DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan ada kemungkinan Djoko Santoso juga bicara tentang kepulangan Habib Rizieq pada pertemuan itu.

“Kemungkinan besar Pak Djoksan juga bicara rencana kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia setelah 17 April. Insyaallah kalau Prabowo-Sandi menang kita akan jemput Habib Rizieq pulang dan mendapat keadilan di Indonesia,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Sabtu (9/3/2019).

Habiburokhman menyampaikan pertemuan itu juga diikuti keluarga Djoko Santoso, anak Djoko Santoso yang juga anggota DPR RI Dapil Yogyakarta Andika Pandu, dan pengurus BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Pertemuan itu digelar disela-sela Djoko Santoso beribadah umrah. Habiburokhman mengaku yang mengantar Djoko Santoso ke Bandara Soekarno Hatta.

Selain itu, pada pertemuan itu juga membahas situasi terbaru di Tanah Air. Habiburokhman menyebut sikap Rizieq terus konsisten mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Sikap Habib Rizieq tentu konsisten mendukung Prabowo Sandi, beliau dukung tak sekedar dukung, tapi all out untuk memastikan Prabowo Sandi menang,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jubir FPI Munarman mengatakan pertemuan itu digelar dua hari lalu, Kamis (7/3) saat Djoko Santoso beribadah umrah. Munarman mengatakan pertemuan itu untuk merapatkan barisan untuk mendukung paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Habib Rizieq juga memberi amanah pada Djoko Santoso untuk mengawal pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil dan tidak boleh ada kecurangan. Munarman menyebut Habib Rizieq juga meminta umat Islam berpartisipasi mengawal pemilu yang jujur dan adil.

“Habib Rizieq mendorong agar Pak Djoksan mengawal dan memastikan pemilu yang jujur dan adil, tidak memihak, dan netralitas aparatur negara. Agar jangan sampai pemilu kali ini berjalan dengan berbagai kecurangan. Habib Rizieq menekankan agar semua elemen umat Islam dan berbagai elemen masyarakat ikut berpartisipasi aktif mengawal pemilu yang jujir dan adil tersebut. Salah satu cara yang didorong agar pemilu jujur dan adil adalah dengan Ikut menjadi saksi di TPS maupun mengawal kotak suara hingga di rekap di tingkat PPK (kecamatan),” ujar Munarman.
(yld/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Manajemen Inter Milan dan Icardi Bertemu Bahas Masa Depan

Liputan6.com, Milan – Perselisihan antara klub raksasa Italia Inter Milan dan Mauro Icardi selaku sang penyerang terus berlarut-larut. Oleh karena itu, kedua belah pihak berinisiatif membuat pertemuan guna mencari solusi terbaik untuk masing-masing.

Semua permasalahan dimulai saat Inter Milan, secara tiba-tiba, menyatakan bahwa Mauro Icardi tak lagi mengemban jabatan sebagai kapten tim. Dalam pernyataan singkat yang diumumkan melalui Twitter, Inter menunjuk Samir Handanovic sebagai penggantinya.

Publik dibuat heboh, dan Icardi pun memberikan respon yang kurang menyenangkan. Penyerang asal Argentina tersebut lalu menolak untuk memperkuat tim saat akan menghadapi Rapid Vienna di leg pertama 32 besar Liga Europa.

Masalah terus berlanjut, dan Icardi pun masih tak bersedia memenuhi panggilan untuk memperkuat tim. Performa Nerazzurri perlahan menunjukkan sedikit penurunan, di mana mereka gagal meraih kemenangan dalam dua partai terakhir di Serie A.

Menurut laporan, keputusan Icardi untuk tidak turut serta bersama tim adalah karena dirinya sedang mengalami cedera. Namun hal ini telah dibantah oleh tim setelah hasil pemeriksaannya beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa ia tidak mengalami masalah apapun.

Solusi tak kunjung ditemukan, dan diyakini bisa memberikan pengaruh buruk kepada perjalanan Inter Milan di sisa-sisa musim ini. Oleh karena itu, keduanya pun berinisiatif untuk membuat pertemuan.

2 dari 3 halaman

Agenda Pertemuan

“Manajer umum Beppe Marotta bertemu Mauro Icardi dan Wanda Nara hari ini,” tulis akun media sosial Twitter Inter Milan.

Dalam cuitan tersebut, tak disebutkan dengan jelas apa saja agenda perbincangan dari kedua belah pihak. Namun yang pastinya, Inter menegaskan bahwa pertemuan tersebut dilangsungkan guna mencari solusi terbaik untuk semuanya.

3 dari 3 halaman

Solusi Cocok

“Itu adalah pertemuan ramah tamah, bertujuan untuk menemukan solusi yang cocok bagi semuanya,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi pasti soal hasil perbincangan tersebut. Dan sementara ini juga beredar sebuah spekulasi bahwa Icardi bisa menjalani operasi pada kakinya dan akan absen hingga akhir musim.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Bahas Netralitas ASN, Mahfud MD Singgung Birokrasi Korup di Orde Baru

Bahas Netralitas ASN, Mahfud MD Singgung Birokrasi Korup di Orde Baru Mahfud Md (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

JakartaMantan Ketua MK Mahfud MD bicara mengenai upaya pemerintah untuk memperbaiki kualitas dan netralitas ASN setelah masa reformasi. Dia pun menyinggung birokrasi yang korup di masa orde baru.

“Pada era orde baru, birokrasi kita dikenal sebagi birokrasi yang korup, menguasi tetapi bukan melayani. Masyarakat bukan hanya tidak dilayani dengan baik, tetapi juga tidak diperhatikan oleh birokasi kita,” kata Mahfud MD dalam diskusi terkait netralitas ASN di Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

“Manajemen birokrasi dulu bersifat spoil system (sistem memanjakan) dan kontif sehingga dalam studi-studi sering disebut sebagai birokrasi yang korup. Saya kira banyak buku tentang ini,” imbuhnya.
Menurut Mahfud MD, semangat memperbaiki sistem yang korup muncul pasca era reformasi. Salah satunya adalah perubahan atas UUD 1945 dan menciptakan sistem yang lebih demokratis.

“Pada reformasi ada semangat membaiki birokratif agar tidak koruptif seperti dulu. Selain melakukan perubahan atas UUD 1945 untuk menciptakan sistem yang lebih demokratis, berbagai peraturan perundang-undangan dan institusi juga dibentuk untuk menghilangkan sifat koruptif di instansi pemerintah,” tutur Mahfud MD.

Bahas Netralitas ASN, Mahfud MD Singgung Birokrasi Korup di Orde BaruFoto: Lisye Sri Rahayu/detikcom

“Ada KPK, ada MK, ada MPSK, ada KY, dan sebagainya, sehingga jumlah lembaga pemerintah sekarang ini kalau tidak salah sudah 120, yang semuanya untuk merespons agar birokrasi itu bisa netral, bisa profesional, dan lain-lain,” sambungnya.
Mahfud menjelaskan, banyak Undang-Undang dibuat semasa reformasi untuk membenahi birokrasi.

“Ada UU No 5 tahun 2014 tentang ASN yang sedang kita diskusikam sekarang ini, dan UU No 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan,” ujar Mahfud.

“Sebenarnya tujuannya sama untuk memperbaiki birokrasi kita, cuma titik beratnya beda. Bahkan sebelum lahirnya UU pembenahan tentang ini, dilakukan juga penguatan PTUN. Semula adalah UU No 5 tahun 1986 diubah menjadi UU No 9 tahun 2004 dan masih diubah lagi UU No 51 tahun 2009 di mana aparata bitokrasi harus diawasi demikian ketat dan dibawa ke pengadilan secepatnya kalau melanggar peraturan,” beber Mahfud Md.
(rna/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menlu Retno Bahas Kemerdekaan Palestina di KTM OKI

Liputan6.com, Abu Dhabi – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menghadiri Konferensi Tingkat Menteri ke-46 Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Retno Marsudi menegaskan pentingnya menyelesaikan persoalan Palestina yang belum selesai.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (3/3/2019), Menlu Retno menegaskan tidak ada pilihan lain bagi OKI selain memberikan dukungan nyata untuk kemerdekaan Palestina.

Retno juga membahas status Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, terus berjuang secara konkret untuk kemerdekaan Palestina.

Anggota OKI harus memberikan kontribusi dan menjadi bagian dari solusi atas permasalahan global termasuk dengan mencegah konflik, mengedepankan dialog dan perundingan, dan secara konsisten menghormati prinsip-prinsip Piagam PBB. (Karlina Sintia Dewi)