Investasi Jadi Bahan Debat Capres Beri Dampak Positif

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimis investasi akan tetap tumbuh meski di tahun politik. Pada 2019 ini, BKPM menargetkan investasi sebesar Rp 792,3 triliun atau tumbuh 9,84 persen dibandingkan 2018.

Direktur Wilayah I BKPM, Agus Joko Saptono mengatakan, realisasi investasi di 2018 sebesar 94 persen dari target Rp 721,3 triliun atau sekitar Rp 677 triliun.

Meski Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada 2018 naik 25,3 persen yaitu sebesar 328,6 triliun dari Rp 262,3 triliun di 2017. Namun Penanaman Modal Asing (PMA) justru turun 8,8 persen yaitu sebesar Rp 392,7 triliun dibandingkan 2017 yang mencapai Rp 430,5 triliun.

“Memasuki semester II memang sudah ada indikasi turun karena nikai tukar rupiah yang terkoreksi dan trade war AS-China,” ujar dia di Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

Selain itu, lanjut dia, ada juga kekhawatiran terkait masuknya tahun politik sehingga membuat investor menahan investasinya. Hal ini merupakan siklus yang terjadi tiap 5 tahun atau jelang Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Tentu juga kita memasuki siklus di mana tahun politik selalu ada penurunan,” tuturnya.

Namun demikian, Agus tetap optimis investasi bisa tumbuh di 2019. Pada tahun ini, BKPM menargetkan investasi sebesar Rp 792,3 triliun.

“Tetapi saya merasa ke depan positif, karena meski di siklus ini (tahun politik), pertumbuhan ekonomi masih 5,17 persen, dibandingkan 2014 yang sebesar 5,02 persen. Di 2019 kami masih optmis akan naik. BKPM juga tengah menunggu sesuai dengan disampaikan pada awal Maret pengelolan sistem OSS akan dilakukan di BKPM. Kami akan melakukan perbaikan sehingga OSS bisa dimanfaatkan dengan baik dan pro investor,” tandas dia.

Sembuh dari Sakit, Suami Rey Utami Jadi Bahan Candaan

Liputan6.com, Jakarta – Presenter Rey Utami belum lama ini sempat dilanda kecemasan. Pasalnya sang suami, Pablo Putera Benua, sempat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit akibat penyakit jantung.

Kabar tersebut diketahui melalui unggahan foto Rey Utami pekan lalu yang memperlihatkan sang suami di depan alat CT Scan. “Ya Allah mohon kesembuhan untuk suamiku,” tulis Rey Utami dalam keterangannya.

Ia lalu mengunggah foto Pablo Benua tengah berbaring sambil memejamkan matanya. “Aku gak minta apa-apa, aku cuma pengen kamu sembuh…Kita bisa bareng-bareng lagi.. Ada disamping aku lagi.. Aku cuma minta itu aja sama Allah.. I love you so much baby ❤,” Rey Utami menyampaikan.

Pada foto kedua, seorang kerabat bertanya kepada Rey Utami mengenai penyakit yang diderita sang suami. Rey pun mengatakan bahwa suaminya terserang penyakit jantung. Lantas, bagaimana kondisi Pablo Benua kini?

Infrastruktur Jokowi Jadi Bahan Iklan Kampanye Prabowo

Jakarta – Salah satu akun Instagram telah mengunggah iklan kampanye Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menariknya, bahan iklan kampanye ini memanfaatkan infrastruktur, khususnya jalan tol yang telah dibangun era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bukan soal manfaatnya, iklan kampanye Prabowo-Sandi ini justru menonjolkan dampak negatif dari gencarnya pemerintah bangun infrastruktur.

Berikut selengkapnya: (hek/ang)

5 Cara Menghilangkan Tato Permanen dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang berbeda. Selain menunjukkan dengan pakaian atau gaya rambut, beberapa orang memilih untuk membuat tato di bagian tubuhnya. Ya, dengan membuat tato di bagian tubuh, maka Anda sudah memiliki ciri khas khusus yang dapat dikenali oleh orang lain.

Tato merupakan salah satu seni lukis di tubuh yang menanamkan warna ke dalam lapisan kulit. Penerapan ini sudah dikenal sejak lama, tepatnya pada saat nenek moyang dulu. Adanya tato pada tubuh mampu menunjukkan identitas, strata sosial dan artistik. Dan tentu saja membuat tato yang dipasang permanen akan terus melekat di kulit Anda.

Setiap orang tentunya memiliki tujuannya masing-masing dengan memasangkan tato ke tubuhnya ini. Namun setelah beberapa lama tato permanen melekat di tubuh, sewaktu-waktu ada keinginan untuk menghilangkannya.

Tapi seperti yang diketahui, menghilangkan tato permanen tidaklah mudah. Menghilangkannya akan sulit dan perlu dilakukan prosedur medis.

Namun sebetulnya ada cara menghilangkan tato secara alami dan tanpa memberikan efek samping yang berbahaya. Berbeda dengan prosedur medis, yang perlu banyak biaya dan pastinya memberikan efek samping. Nah berikut Liputan6.com, telah mengulas beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk menghilangkan tato permanen dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2019).

Cara mengusir Kecoa dengan Bahan Sederhana, Basmi dengan Mudah

Berikut adalah beberapa fakta aneh dan menarik tentang kecoa:

– Seekor kecoa bisa hidup selama seminggu tanpa kepalanya. Ini karena mereka memiliki sistem sirkulasi terbuka, dan mereka bernapas melalui lubang-lubang kecil di setiap segmen tubuh mereka. Mereka tidak membutuhkan kepala atau mulut untuk bernafas. Kecoak nantinya akan mati kehausan karena tidak bisa minum.

– Kecoa bayi berukuran sekecil debu, tetapi bisa berlari secepat kecoa dewasa.- Kecoa berdarah dingin dan bisa hidup tanpa makanan hingga sebulan. Namun, mereka hanya bisa hidup tanpa air selama satu minggu.

– Kecoa dapat menahan napas hingga 40 menit dan bertahan hidup sat terendam air selama tiga puluh menit.

– Kecoa adalah makhluk yang benar-benar mudah beradaptasi yang membuat pemberantasan menjadi sedikit rumit.

Syarat agar Bahan Makanan Tak Kedaluwarsa

Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah bahan makanan ternyata tak mengenal kedaluwarsa. Meski ada anggapan bahwa bahan makanan bisa kedaluwarsa.

Bahan makanan pokok orang Indonesia ini bisa bertahan lama. Beras tak punya tanggal kedaluwarsa dan bisa dikonsumsi bahkan setelah bertahun-tahun dibeli.

Namun, ada syaratnya. Beras harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, serta dalam wadah kedap udara. Apa jenis bahan makanan tersebut?

Gula

Semua jenis gula jika disimpan dengan benar akan bisa dipakai dikonsumsi dalam waktu lama. Namun, gula harus disimpan jauh dari lembap dan tungau.

Garam

Selain gula, garam akan tetap awet bila disimpan di tempat yang jauh dari lembap.

Madu

Bahan alami serba guna ini bisa disimpan dalam bentuk murninya. Madu mungkin bisa mengkristal, tapi masih tetap bisa digunakan.

Cuka putih

Bahan yang satu ini juga tak memiliki masa kedaluwarsa. Cuka putih tak mengalami perubahan dan bisa dipakai kapanpun untuk mengawetkan acar dan dressing salad.

Tepung jagung

Tepung yang satu ini juga sangat awet. Anda bisa membelinya dalam jumlah besar dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Pasta mentah

Pasta juga bisa tahan lama asalkan disimpan dalam wadah kedap udara sehingga tidak lembap.

Kopi

Bahan yang satu ini saat dalam bentuk butiran tetap segar selama disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara. Anda ingin mencoba agar bahan-bahan makanan bisa bertahan lama? (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berada tepat di lereng Gunung Merapi, kesejukan langsung terasa bagi siapa pun yang menjejakkan kaki di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tingkat kesuburan tanah di sini tinggi. Tanaman pertanian tumbuh subur di wilayah dengan ketinggian 1.000 hingga …

Ditemukan Sumber Bahan Kimia Terekstrem di Semesta, Ini Kata Fisikawan

Liputan6.com, Jakarta – Alam semesta kita penuh dengan bahan kimia yang seharusnya tidak ada. Demikian menurut fisikawan yang dikutip dari Live Science, Minggu (24/3/2019).

Unsur yang lebih ringan –seperti karbon, oksigen dan helium– tercipta karena adanya energi fusi yang menghancurkan proton di dalam bintang.

Tetapi elemen-elemen seperti kobalt, nikel, tembaga, yang muncul di jagat raya melalui yodium dan xenon, termasuk uranium dan plutonium, terlalu berat untuk diproduksi oleh fusi bintang. 

Namun, bahan-bahan kimia itu berlimpah di alam semesta. Ada ‘sesuatu’ yang menciptakan mereka.

Teori klasiknya adalah bahwa supernova –ledakan dari suatu bintang di galaksi yang menandai berakhirnya riwayat suatu bintang– adalah penyebabnya. Ledakan-ledakan itu secara singkat mencapai energi yang cukup kuat untuk menciptakan elemen yang lebih berat.

Teori dominan tentang terbentuknya unsur-unsur tadi adalah turbulensi. Ketika supernova melempar material ke alam semesta, gelombang kecil turbulensi menembus embusan anginnya.

‘Riak’ ini mengompresi material bintang yang keluar dengan kekuatan yang cukup besar untuk membanting atom besi yang tahan fusi ke dalam atom lain. Kemudian terbentuklah elemen yang lebih berat.

“Untuk memulai proses ini, kita perlu memiliki semacam kelebihan energi,” kata pemimpin studi, Snezhana Abarzhi, seorang ilmuwan material angkasa di University of Western Australia, Perth.

“Orang-orang banyak yang percaya selama bertahun-tahun bahwa kelebihan energi semacam ini dapat diciptakan oleh proses yang cepat dan ganas, yang pada dasarnya mungkin merupakan proses yang bergejolak,” lanjutnya kepada Live Science.

Tetapi Abarzhi dan rekan penulisnya mengembangkan model cairan dalam supernova yang menyimpulkan sesuatu yang lain, yang lebih kecil, yang mungkin sedang terjadi.

Mereka mempresentasikan temuan mereka pada awal bulan ini di Boston, dalam pertemuan American Physical Society March, dan juga menerbitkan temuan mereka pada 26 November 2018 dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

Di sebuah supernova, ledakan bintang terpental jauh dari intinya dengan kecepatan tinggi. Tetapi semua materi itu mengalir keluar dengan kecepatan yang sama.

Molekul-molekul dalam aliran material bintang ini tidak bergerak terlalu cepat. Meskipun mungkin sesekali ada ‘riak’ yang ikut tercipta, namun tidak ada cukup turbulensi untuk membuat molekul melewati zat besi pada tabel periodik.

Sebaliknya, Abarzhi dan timnya menemukan bahwa fusi kemungkinan terjadi di hotspot yang terisolasi di dalam supernova.

Ketika sebuah bintang meledak, letusan ini tidak simetris sempurna. Bintang itu sendiri memiliki penyimpangan kerapatan pada saat sebelum ledakan, dan gaya peledakannya juga agak tidak teratur.

Ketidakteraturan itu menghasilkan ultradense: daerah ultrahot di dalam ledakan bintang yang sudah panas. Alih-alih ada riak yang mengguncang seluruh massa, tekanan dan energi supernova menjadi lebih terkonsentrasi di bagian-bagian kecil dari massa yang meledak.

Wilayah-wilayah ini menjadi ‘pabrik’ bahan kimia yang lebih kuat daripada apa pun yang ada di bintang tersebut. Di sinilah, semua elemen berat di alam semesta berasal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Badan Antariksa Eropa atau European Space Agency (ESA) mengungkapkan rencananya membangun sebuah pangkalan manusia di Bulan. Pangkalan tersebut ke depan akan membantu manusia mengeksplorasi galaksi dan alam semesta.

Pabrik Bahan Kimia di China Meledak, 6 Orang Tewas

Jiangsu – Pabrik bahan kimia di China Timur meledak dan terbakar. Peristiwa itu mengakibatkan 6 orang tewas dan melukai 30 orang.

Seperti dilansir AFP, peristiwa itu terjadi Kamis (21/3/2019) di Jiangsu. Ledakan itu juga menyebabkan gedung pabrik hingga rumah-rumah rusak parah. Bahkan, sebuah sekolah yang berada di dekat pabrik bahan kimia itu juga hancur.

Seorang reporter CCTV di tempat kejadian melaporkan, asap beracun mengepul dari lokasi ledakan. Pejabat kota setempat mengatakan penyebab ledakan masih dalam penyelidikan.

“Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki,” kata para pejabat.

Menurut kantor berita resmi Xinhua, mengutip pihak berwenang setempat, ledakan itu terjadi setelah kebakaran di sebuah pabrik pupuk di kawasan industri kimia. Pekerja di dekat lokasi ledakan terperangkap setelah gelombang kejut dari ledakan merobohkan bangunan pabrik. Warga yang terluka telah dievakuasi ke rumah sakit untuk perawatan.
(idn/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jenis Batu Alam untuk Bahan Bangunan, Berikan Tampilan Rumah yang Sejuk

Batu alam untuk konstruksi merupakan batu alam yang biasanya dipakai untuk fondasi pada bangunan. Jenis batu alam ini kuat, sehingga mampu untuk menopang bangunan.

Batu alam untuk media merupakan batu alam yang biasa dipakai sebagai bagian dari interior dan eksterior pada bangunan. Jenis batu alam ini memiliki corak dan nilai seni pada batunya.

Sedangkan batu alam mulia merupakan jenis batu alam yang biasa dipakai sebagai perhiasan. Batu alam ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, serta nilai seni yang tinggi juga.

Jenis Batu Alam

Setiap batuan memiliki berbagai jenis batu-batuannya, akan tetapi tak semua batuan ini dapat digunakan sebagai bagian dari konstruksi sebuah bangunan. Batu alam yang digunakan sebagai bagian dari konstruksi adalah batuan dengan kekuatan dan nilai seni yang tinggi. Berikut ini ada jenis batu alam yang dilihat dari proses pembentukannya.

Batuan Beku

Merupakan batuan yang terjadi akibat pembekuaan magma. Magma sendiri merupakan cairan yang berada di dalam bumi. Magma yang ada di dalam Bumi ini bergerak yang diakibatkan oleh adanya tekanan panas. Magma ini bergerak ke atas untuk mencari tempat dengan tekanan yang lebih rendah. Pada prosesnya, magma akan mengalami pendinginan dan membeku.

Akibat dari pembekuan ini terciptalah batuan beku. Batuan beku ini pun terdiri dari dua jenis yaitu batuan beku dalam dan batuan beku luar. Batuan beku dalam merupakan batuan beku yang pendinginannya berada di dalam Bumi. Sedangkan batuan beku luar adalah batuan yang pendinginannya berada di permukaan Bumi.

Namun tak semua batuan beku dapat digunakan sebagai bagian dari kontruksi bangunan. Batuan beku yang biasa dipakai sebagai bagian dari konstruksi rumah seperti batu Andesit dan batu Lavastone.

Batuan Sedimen

Batuan ini terbentuk dari proses sedimentasi. Prosesnya berasal dari materi sedimen yang mengendap dan mengeras menjadi batu-batuan. Batuan sedimen berasal dari pelapukan batuan beku yang terbawa oleh angina, air, atau gletser.

Pelapukan ini kemudian mengendap bersama material lainnya seperti pasir, kerikil, dan sisa-sisa pelapukan mahkluk hidup. Material yang mengendap ini kemudian mengeras, dan menjadi batuan sedimen. Beberapa batuan sedimen yang dipakai sebagai batu alam seperti Limestone, Sandstone, dan Konlomerat.

Batuan Metamorf

Merupakan batuan yang terjadi akibat adanya tekanan dan panas akibat adanya proses metamorphosis. Batuan metamorft terbentuk melalui proses kristalisasi batuan beku, yang menyebabkan terjadinya perubahan partikel.

Hal ini menyebabkan terjadinya rekristalisasi. Batuan metamorft ini paling banyak digunakan sebagai konstruksi dan interior. Karena batuan jenis ini memiliki karakter yang unik akibat penggabungan dari berbagai macam batuan. Beberapa batuan metamorf yang sering digunakan seperti marmer, templek, koral sungai, dan koral laut.

Baking Soda, Bahan Ampuh Membersihkan Noda pada Sneakers Putih

Liputan6.com, Jakarta – Sneakers putih jadi salah satu item fesyen yang dimiliki banyak orang. Meski membelinya perlu pertimbangan karena perawatannya yang terbilang tak mudah.

Noda sedikit saja yang menempel, sneakers putih akan terlihat sangat kotor. Meski sudah beberapa kali digosok menggunakan sabun, belum tentu noda tersebut akan hilang.

Dilansir dari purewow, Kamis, 14 Maret 2019 ada cara yang mudah untuk membersihkan sneakers putih, yaitu dengan menggunakan baking soda.

Baking soda menjadi salah satu bahan dapur yang dikenal ampuh membersihkan noda membandel di sneakers putih.

Bahan:

– 1 sendok makan baking soda

1/2 sendok makan hidrogen peroksida

1/2 sendok makan air hangatsikat gigi

Cara:

– Campur semua bahan dalam wadah hingga menjadi pasta

– Gosok dengan lembut pasta tersebut pada noda atau perubahan warna di sneakers putih.

– Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas

Hidrogen peroksida merupakan pemutih nonklorin yang jika dipadukan dengan baking soda akan membentuk gelembung yang mengangkat noda. Itu sebabkan ia dapat digunakan untuk membersihkan kain atau sneakers putih. Penasaran ingin mencoba?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama buat generasi milenial. Simak komentar seru para milenial kece di video ini.