Ma’ruf Amin Soal Korupsi: Banyak Penangkapan Bukti Sistem Penindakan Bagus

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin menilai upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air mengalami kemajuan yang signifikan. Ma’ruf menyebut banyaknya pihak yang ditangkap bukan karena korupsi merajalela.

“Kegiatan korupsi, penindakan korupsi di Indonesia sampai saat ini menunjukkan kemajuan yang signifikan. Namun ada orang mengatakan karena banyaknya yang ditangkap menunjukkan banyaknya korupsi. Padahal justru karena bagusnya sistem penindakan, bukan karena banyaknya korupsi,” kata Ma’ruf, Selasa (19/3/2019).

Penilaian tersebut disampaikan Ma’ruf saat memberikan sambutan dalam acara diskusi yang digelar oleh Seknas Jokowi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, cawapres nomor urut 01 itu menganggap pemberantasan korupsi jauh lebih baik sekarang ini.

“Dulu tidak ada, atau jarang yang ditangkap, karena penegakan hukum lemah, penindakan hukumnya itu belum sebaik seperti sekarang. Ini saya kira yang mesti dipahami,” jelasnya.

Namun, Ma’ruf menyadari pemberantasan korupsi di Indonesia harus terus ditingkatkan. Terkait hal tersebut, Ma’ruf menyoroti soal upaya pengembalian kerugian keuangan negara.

“Meskipun demikian, apa yang telah dicapai tersebut perlu ditingkatkan lebih lanjut terutama dalam hal upaya mengembalikan kebocoran keuangan negara baik yang di dalam negeri maupun yang disimpan di luar negeri. Saya kira itu tujuan kita yang mana dana-dana yang sudah dikorupsi itu bisa dikembalikan,” terang Ma’ruf.

Sekadar informasi, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia tahun ini memang naik menjadi 38. Menurut Transparency International Indonesia (TII), Indonesia menduduki peringkat ke-89 dari seluruh negara di dunia. Untuk cakupan Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan ke-4.
(zak/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKD Jatim: Kiai Ma’ruf Tak Terduga, Visinya Bagus

Surabaya – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin memuji penampilan cawapres Ma’ruf Amin dalam debat cawapres Pilpres 2019. Dia mengatakan Ma’ruf mampu menyampaikan dengan baik visinya.

“Bagus, Kiai Ma’ruf Amin yang tidak diduga seperti orang-orang sebelumnya (tampil baik). Memang ritmenya agak kurang. Kalah di ritme saja. Tapi kalau dari segi visinya cukup bagus,” kata Machfud kepada awak media di The Square Balleoom ICBC Center, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Minggu (17/3/2019).

Dia mengatakan Ma’ruf tampil baik karena sudah seorang santri terbiasa dengan budaya debat.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud ArifinKetua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)

“Tapi yang jelas Pak Kiai Ma’ruf orang santri itu biasa debat baik bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia sudah terlatih debat. Cuma sekali lagi mungkin ritmenya sudah tidak bisa seperti orang yang usia 50-an,” lanjutnya.
Machfud menilai debat cawapres kali ini memang tidak seramai debat sebelumnya yang diikuti capres. Meski demikian, debat cawapres tetap penting dan akan untuk selalu ramai dikomentari di masing-masing kubu.

“Yang ramai itu bukan di debatnya cawapres ini. Tapi yang nanggapi masing-masing di udara (online) nantinya terus. Kemudian ada juga nanti pihak-pihak komentator masing-masing seolah-olah ini unggul semuanya masing-masing punya versi baik dari pihak 01 maupun 02. Itu yang meramaikan pascadebat,” tandas mantan Kapolda Jatim itu.

Dari pantauan detikcom, acara nobar tersebut dihadiri ratusan para pendukung dan pimpinan dari partai koalisi Indonesia Kerja di Jatim. Berbeda dengan konsep sebelumnya, konsep dalam nobar tersebut banyak menghadirkan berbagai pakar dan dosen dari berbagai universitas di Jatim untuk membedah debat cawapres itu.
(jbr/jbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Novel Bamukmin Resmi Mundur, PBB: Bagus Ketimbang Jadi Duri

JakartaNovel Bamukmin resmi menyatakan mundur sebagai caleg Partai Bulan Bintang (PBB) untuk DPRD DKI Jakarta dan mengalihkan dukungan pada caleg Gerindra. DPP PBB memandang sikap itu lebih baik ketimbang Novel tetap menjadi bagian dari PBB.

“Itu lebih bagus ketimbang dia berada di dalam tubuh Partai Bulan Bintang, menjadi duri-duri yang bisa menghambat pertumbuhan Partai Bulan Bintang,” kata Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noor, saat dihubungi, Kamis (14/3/2019).

Ferry mengatakan, Novel yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam pilpres tak sejalan dengan sikap politik PBB yang mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dia pun mengaku pihaknya telah 3 kali memanggil Novel terkait pernyataannya yang tak bisa dikontrol. Namun Novel tak pernah memenuhi panggilan itu.

“Ketika partai memutuskan dukung Jokowi, dia kecewa. Kekecewaan ini yang membuat dia marah dan ingin keluar dari PBB bahkan mengancam ingin menenggelamkan PBB. Akhirnya karena ada stetmen yang tidak bisa direm, DPW beberapa waktu yang lalu memanggil dia sebanyak 3 kali, ingin klarifikasi. Ternyata dia tidak pernah hadir dan membuat pernyataan mundur resmi,” ungkap Ferry.

Ferry pun mengapresiasi sikap jantan yang diambil Novel. Jika nanti Novel lolos menjadi anggota DPRD, PBB akan langsung menggantinya dengan figur lain.

“Saya mengangkat jempol dan salut kepada Novel Bamukmin yang secara jantan telah mundur dari PBB, mungkin secara undang-undang kami belum bisa menarik dia, tapi bahan kita adalah ketika dia terpilih kita akan mem-PAW dia langsung,” ucapnya.

Terkait beralihnya dukungan Novel ke Gerindra, PBB menilai itu sebagai sesuatu yang ngawur. PBB juga yakin Novel tak akan lolos ke DPRD DKI Jakarta.

“Saya rasa dia tidak akan pernah terpilih karena dia tidak mensosialisasikan diri. Ya nggak bisa lah (suara partai pindah), ngawur aja. Mana bisa suara partai dipindahkan ke partai lain. Kita lihat saja apakah ada yang mencoblos nama dia,” tutur Ferry.

Habib Novel Chaidir Hasan atau Novel Bamukmin sebelumnya mengumumkan pengunduran diri dari PBB. Novel mengundurkan diri karena menilai PBB tak berkomitmen menyetop kriminalisasi ulama.

“Mereka nggak ada iktikad baik lagi untuk bisa berjuang membela ulama, bersama-sama berjuang melawan penista agama. Itu tidak ada lagi. Komitmen mereka untuk melawan penista agama sampai ini hari saya belum pernah denger. Komitmen mereka untuk menyetop kriminalisasi ulama, saya belum pernah denger itu, sehingga saya meyakini, hari ini saya keluar. Dengan secara resmi, dengan surat yang tadi sudah saya buat, sudah saya tandatanganin, insyaallah hari ini saya antar surat resmi,” kata Novel di kantor ACTA, Jalan Utan Kayu Raya No 70B, Jakarta Timur, Rabu (13/3).
(abw/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Timnas Indonesia Punya Kombinasi Pemain yang Bagus

Jakarta Bek Persipura Jayapura yang sedang menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia, Yustinus Pae, melihat perpaduan antara pemain muda dan senior di Tim Garuda sebagai hal positif. Menurut dia, kombinasi yang bagus ada di dalam tim asuhan Simon McMenemy.

Pemanggilan Tinus Pae ke Timnas Indonesia ini merupakan yang kedua dalam kariernya sebagai pemain profesional. Yustinus Pae pernah memperkuat Timnas Garuda pada 2013. Namun, saat itu ia hanya bermain di laga yang tidak resmi, yakni menghadapi Liverpool.

Mendapatkan kesempatan kembali ke Timnas Indonesia, Yustinus Pae melihat perpaduan pemain senior, seperti dirinya, Otavio Dutra, Greg Nwokolo, dan Fachruddin Aryanto, serta pemain muda seperti Evan Dimas, Wahyu Subo Seto, dan Febri Hariyadi, menjadi sebuah hal yang sangat positif.

“Saya merasa materi pemain yang ada saat ini banyak pemain muda dan senior yang mendapatkan panggilan. Menurut saya, ini merupakan kombinasi yang sangat bagus. Pemain muda sangat bagus dan pemain senior di sini memiliki pengalaman yang juga akan mendukung tim dengan baik,” ujar Yustinus Pae.

Yustinus Pae juga membicarakan mengenai kesempatan yang didapatnya untuk bisa membela Timnas Indonesia setelah lebih dari lima tahun absen. Yustinus Pae bertekad mengerahkan kemampuan terbaik setelah akhirnya kembali mendapatkan kepercayaan tersebut.

“Saya bersyukur, Tuhan memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengikuti pemusatan latihan ini. Saya akan berusaha memberikan yang terbaik atas semua yang sudah dipercayakan kepada saya,” ujarnya.

Berita video Simon McMenemy memaparkan beberapa kriteria pemain yang akan dipilihnya untuk Timnas Indonesia dalam konferensi perdananya sebagai pelatih tim Garuda, Kamis (24/1/2019).

Piala Presiden 2019: Bali United Sebut Semen Padang Tim Bagus

Liputan6.com, Jakarta Bali United mengawali kiprahnya di turnamen Piala Presiden 2019 dengan manis. Pada pertandingan yang disiarkan Indosiar itu, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu, menang atas Mitra Kukar dengan skor telak 3-0 pada laga perdana babak penyisihan Grup B.

Di pertandingan berikutnya di turnaman Piala Presiden 2019, Bali United akan bersua Semen Padang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (11/3/2019). Berbanding terbalik dengan Serdadu Tridatu, tim lawan sebelumnya harus menelan kekalahan 2-4 dari Bhayangkara FC.

Kendati demikian, pemain Bali United, M. Taufiq enggan memandang sebelah mata tim lawan meski berstatus sebagai tim promosi di Liga 1 2019. Oleh sebab itu, Serdadu Tridatu harus tetap tampil all out agar tak kehilangan poin.

“Lawan Semen Padang yang pasti kami tidak boleh meremehkan mereka. Kami harus fokus dan kerja keras. Kami tetap respect dengan Semen Padang karena mereka juga tim bagus. Mereka mempunyai pemain-pemain berkualitas. Tapi kami juga punya motivasi besar untuk mendapatkan point penuh menghadapi mereka besok,” ujar Taufiq.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Pelatih

Sementara itu, Bali United saat ini dilatih oleh pelatih yang sukses membawa Persija Jakarta menjuarai kompetisi Liga 1 musim lalu yaitu Stefano Cugurra Teco. Taufiq pun berharap keberhasilan tersebut bisa merembet ke timnya yang saat ini tengah berjuang di Piala Presiden.

“Ya Teco pelatih bagus, dia punya kualitas kerja di tim dan sampai saat ini Bali United sangat baik dilatih sama coach Teco. Mudah-mudahan dia bisa membawa Bali United berprestasi dan juara di Piala Presiden,” imbuh Taufiq.

3 dari 3 halaman

Puncak Klasemen

Bali United saat ini memuncaki klasemen sementara Grup B Piala Presiden 2019 dengan mengemas tiga poin. Kemudian disusul oleh Bhayangkara FC yang menempati peringkat kedua dengan koleksi tiga poin juga, tapi kalah selisih gol.

Sumber: bola.net

Dynamo Kiev Punya Dua Sayap Bagus, Chelsea Harus Waspada

LondonChelsea berhadapan dengan Dynamo Kiev dalam 16 besar Liga Europa. Manajer Maurizio Sarri dinilai Dynamo Kiev punya dua sayap yang oke.

Chelsea akan lebih dulu menjamu Dynamo Kiev di Stamford Bridge, Jumat (8/3/2019) dinihari WIB. Sepekan kemudian, gantian Chelsea yang bermain tandang.

Sarri menilai Chelsea punya kemampuan untuk menang di dua pertemuan. Namun, tim asal London itu butuh konsistensi permainan yang sama bagusnya saat leg pertama dan kedua.


“Tim saya cukup oke untuk menang di kandang, dan untuk menang tandang. Kami tahu dua pertandingan akan sangat sulit,” kata Sarri dalam konferensi pers jelang laga seperti dikutip dari situs UEFA.

“(Dynamo Kiev) adalah tim muda yang bagus, fisik, dan sangat berbahaya dalam serangan balik karena mereka punya dua sayap yang sangat cepat. Kami butuh bermain yang sama bagusnya saat di kandang dan tandang,” sambungnya.

Dua pemain sayap Kiev biasanya diisi oleh Viktor Tsygankov di posisi kanan dan Benjamin Verbic di sisi kanan. Tsygankov tercatat sudah mencetak 11 untuk Kiev dan Verbic melesakkan 12 gol sepanjang musim ini.

(ran/raw)

Jokowi Sempat Keluhkan Survei di Jabar, Ma’ruf: Sekarang Sudah Bagus

Jakarta – Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut elektabilitasnya anjlok 8 persen di Jawa Barat gara-gara serangan hoax. Cawapresnya, Ma’ruf Amin menyatakan elektabilitas keduanya di Jabar kini sudah bagus.

“Sebelumnya itu. Sekarang bagus,” ujar Ma’ruf di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

Ma’ruf sebelumnya diketahui mengadakan safari politik di Jawa Barat selama lima hari. Ia pun kembali mengatakan elektabilitas paslon nomor urut 01 itu baik di wilayah Jawa Barat.


“(Elektabilitas) bagus kalau menurut saya, malah bagus,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, capres Joko Widodo mengungkapkan kegelisahannya karena masifnya penyebaran hoax pada masa Pilpres 2019. Hoax berdampak negatif termasuk ke elektabilitas Jokowi yang mendadak turun di Jawa Barat.

“Di Provinsi Jawa Barat, saat itu, 1,5 bulan yang lalu kita sudah menang 4 persen. Dulu kan kita kalah telak tuh, ini sudah menang 4 persen. Enggak ada hujan enggak ada angin, tahu-tahu anjlok 8 persen,” ujar Jokowi.

“Cek lagi ke rumah ke rumah ke rumah. Apa yang muncul? Ternyata fitnah, hoax sudah masuk,” imbuhnya.

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Maman Imanulhaq, menjelaskan maksud pernyataan sang capres.

“Itu adalah daerah-daerah yang awalnya kita naik signifikan, tapi tiba-tiba dalam survei turun kembali. Jadi Jabar kita tetap menang, tapi ada beberapa daerah yang kemudian sempat naik lalu terkoreksi karena isu hoax itu,” kata Maman kepada wartawan, Senin (4/3).

Menurut Maman, memang ada penurunan elektabilitas Jokowi di sejumlah daerah di Jabar. Namun ia menyebut penurunan itu tidak drastis.
(azr/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mourinho soal Rakitic: Bagus di Lapangan, Jelek di Medsos

JakartaJose Mourinho menilai Ivan Rakitic salah satu pemain terbaik di dunia. Ia menilai gelandang Kroasia itu cuma kurang satu hal: aktivitasnya di media sosial.

Hal itu dilontarkan Mourinho di BeIN Sports, usai Barcelona mengalahkan Real Madrid 1-0 di Santiago Bernabeu, Minggu (3/3/2019) dini hari WIB. Rakitic yang mencetak gol kemenangan Blaugrana.

Mourinho menilai Rakitic jelas-jelas punya kualitas hebat di lapangan. Ia bercanda, jika pemain berusia 30 tahun itu cuma kurang bisa memanfaatkan media sosialnya.

“Sebelum saya pergi, saya ingin bilang sesuatu. Saya ingin bilang begini sejak lama, lama sekali: Ivan Rakitic adalah salah satu pemain yang paling sering diabaikan. Saya cuma ingin meluruskannya sebab selama ini kami cuma berbicara pemain besar,” kata Mourinho dilansir Sky Sports.

“Bagi saya, Rakitic perlu meningkatkan Instagramnya dan sosial medianya sebab dalam momen seperti ini, itu sangat penting. Dan dia tidak cukup bagus dalam hal itu, dia sudah bagus di lapangan.”

“Dia pemain hebat di semua level. Dia bertahan di sisi kanan untuk mengimbangi Messi, dia berlari bermil-mil. Dalam penguasaan bola, dia juga hebat, fantastis, bermain dengan sederhana dan efektif. Dia salah satu pemain yang kerap diabaikan,” ungkap Mourinho.

Sebelumnya, Mourinho, ketika masih menjadi manajer Manchester United, dikabarkan sempat bersitegang dengan Paul Pogba karena media sosial. Kicauan gelandang asal Prancis di media sosialnya dikabarkan membuat Mourinho berang.

(yna/cas)

Solari: Barcelona Cuma Bikin 2 Tembakan, Kerja Madrid Sudah Bagus

Madrid – Meski kalah telak di pertemuan terakhir dengan Barcelona, Santiago Solari menilai Real Madrid sudah tampil oke. Apalagi Barca cuma bisa melepaskan dua tembakan sepanjang laga.

Madrid menelan kekalahan memalukan dengan skor 0-3 saat menjamu Barcelona di tengah pekan ini. Hasil itu membuat El Real terdepak dari Copa del Rey dengan agregat 1-4.

Meski kalah tiga gol tanpa balas, Madrid tampil lebih dominan. Terutama dalam penciptaan peluang, di mana mereka berhasil melepaskan 14 tembakan. Di sisi lain Barca hanya membuat empat tembakan, dan dua yang mengarah ke sasaran.

Dalam konferensi pers jelang kembali menghadapi Barcelona, Santiago Solari menyebut Madrid sebenarnya sudah melakukan pekerjaan dengan baik pada pertemuan sebelumnya.

“Menghadapi Barcelona (di Copa del Rey) kami hanya menerima dua tembakan ke arah gawang, jadi kami harusnya sudah melakukan banyak hal yang bagus untuk bisa seperti itu,” kata Solari dikutip dari Marca.

“Sulit untuk berkata-kata jika Anda melihat hasil akhirnya, tapi kami bermain sangat baik,” lanjut dia.

Barcelona memang dapat banyak tekanan di laga tersebut. Namun buruk penyelesaian akhir membuat Madrid menuntaskan laga tanpa bikin gol. Sebaliknya, tim tamu justru sangat efektif dalam pemanfaatan peluang.

“Kami berdiri lagi, siap bangkit dan mengambil poin. Kami akan menjelang laga ini dengan semua antusiasme yang kami miliki, dan semangat yang sama. Kami mencoba memperbaiki berbagai hal,” lanjut dia.

Duel El Clasico kedua dalam pekan ini akan dilangsungkan lagi di Santiago Bernabeu, Minggu (3/3/2019) dinihari pukul 2.45 WIB.
(din/din)

Kolev Pusing Hadapi Jadwal Padat Persija

Jakarta – Ivan Kolev mengakui Persija punya masalah pelik jelang Piala Presiden 2019. Ia mencari solusi agar para pemainnya tetap fit mengikuti turnamen itu dan juga Piala AFC 2019.

Saat ini Persija Jakarta masih melakukan persiapan menghadapi Borneo FC, pada pertandingan pertama Grup D Piala Presiden 2019. Mereka berlatih di Lapangan Sutasoma Halim Perdanakusuma. Namun, Ivan Kolev harus berpikir keras bagaimana menjaga kebugaran pemain dengan jadwal padat sampai 15 Maret mendatang.

“Jadwal bermain dua sampai tiga hari sekali, dan itu sulit sekali menjaga kebugaran. Kami harus mencoba memaksimalkan semua pemain. Sebenarnya kami beruntung karena memiliki skuat yang bagus,” ujar Ivan Kolev.

Persija menjalani dua laga Grup D Piala Presiden 2019 dalam sepekan ke depan, yakni menghadapi Borneo FC pada Selasa (5/3/2019) dan Madura United, Jumat (8/3/2019). Setelah itu, Persija akan bertandang ke Myanmar untuk menghadapi Shan United pada laga kedua Grup G Piala AFC 2019, Selasa (12/3/2019).

Setelah itu, Persija masih melakoni laga terakhir Grup D Piala Presiden 2019 menghadapi PSS Sleman, Jumat (15/3/2019). Namun, Kolev ingin para pemainnya fokus menghadapi satu per satu laga yang harus dihadapi. “Kami terus menjalani program yang sudah kami buat. Kami berlatih setiap hari,  tentu dengan menyesuaikan persiapan kami dengan pertandingan-pertandingan yang akan datang,” ujar Kolev.

Persija akan menghadapi Borneo FC dalam laga pertama mereka di Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Selasa (5/3/2019).

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini