Menyalakan Lentera Literasi Lewat Perpustakaan Keliling

Liputan6.com, Jakarta – Walau sudah banyak ditinggalkan sebagai sumber bacaan, nyatanya keberadaan perpustakaan tetap dibutuhkan. Gudang ilmu itu diperlukan agar literasi tetap menyala, terutama di pelosok.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat yang sulit mengakses perpustakaan yang menetap. Penggiatnya termasuk Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) yang berdiri sejak 2017.

Kota pertama yang ditargetkan adalah Tulungagung. Berawal dari tiga kecamatan, perpustakaan keliling berwujud Mobil Pustaka Pintar itu kini sudah melayani 22 sekolah dan 10 tempat publik. Keanggotaannya mencapai 3.170 anak.

Perpustakaan keliling tidak saja melayani peminjaman buku, tapi juga berbagai kegiatan atau aktivitas yang akan terus berkembang upaya untuk mencerdaskan masyarakat,” kata Direktur Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, Trini Hariyanti saat konferensi pers di Gedung Teater Perpustakaan Nasional Republik Indoneia, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Menurut Trini, angka buta huruf dan penggangguran masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan. Ia berharap program literasi melalui keberadaan perpustakaan keliling bisa menekan angka tersebut.

“Maka sejak dini, masyarakat sudah harus didekatkan akses membaca, akses buku, sehingga pengetahuannya meningkat,” ujarnya.


Tahun ini, program Mobil Pustaka Pintar meluaskan program yang mencakup penambahan 2000 koleksi buku. Perpustakaan itu tetap memfokuskan operasi di Tulungagung, Jawa Timur, karena memiliki angka pekerja migran yang tinggi dan kesejahteraan warga yang belum terpenuhi dengan baik. (Indah Permata Niska)


Saksikan video pilihan di bawah ini :



Deretan Momen Kocak Pria Ketika Memasak, Kreatif tapi Lebay Banget

Liputan6.com, Jakarta – Memasak erat kaitannya dengan wanita. Ya, sebagian besar dari wanita tentu berusaha untuk bisa memasak terlebih bagi mereka yang telah menikah. Memasak memang dikatakan susah-susah gampang. Makanya tak semua wanita bisa memasak, terlebih lagi para pria.

Meski saat ini telah banyak pria yang akrab dengan dapur dan lihai memasak. Namun, sebagian besar dari mereka tentu sangat jarang menyentuh dapur. Sayangnya, tentu ada beberapa momen yang mengharuskan mereka “terjun” ke dapur.

Tentunya ada begitu banyak hal lucu yang dilakukan para pria ketika harus memasak di dapur. Kebanyakan dari mereka dengan kreatif menggunakan pengaman agar tak terkena minyak ketika memasak, khususnya menggoreng makanan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut momen kocak para pria ketika memasak.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 8 halaman

1. Tips biar mata enggak perih saat potong bawang

3 dari 8 halaman

2. Pakai ponco untuk melindungi diri dari cipratan minyak panas

4 dari 8 halaman

3. Helm ternyata bermanfaat juga ya untuk memasak

5 dari 8 halaman

4. Boleh juga idenya

6 dari 8 halaman

5. Masak sambil dengerin lagu enggak masalah sih, tapi jangan gini juga kali

7 dari 8 halaman

6. Kalau ini lengkap dengan jaket kulitnya

8 dari 8 halaman

7. Ini terniat sih, sampai pakai tameng segala

Mitos Atau Fakta, Tangkur Buaya Bikin Pria Ganas di Atas Ranjang

Liputan6.com, Purwokerto – Seorang kawan mengarahkan saya untuk membelokkan kendaraan ke sebuah sudut di Kota Purwokerto. Dia bilang, di toko obat tradisional itu, mungkin masih ada tangkur buaya, kelamin buaya jantan yang konon berkhasiat meningkatkan vitalitas pria.

Sedikit malu-malu, kami pun bertanya apakah ada stok tangkur buaya di toko itu. Si pelayan toko, yang kebetulan perempuan, tersenyum. Tapi lantas menggeleng.

“Tidak ada. Kalau dulu ada,” ucap dia.

Pencarian tangkur buaya kemudian berlanjut di internet. Inilah jalan pintas yang kebanyakan digunakan saat dunia nyata buntu. Maka terpampanglah berderet-deret iklan obat kuat lelaki, obat oles untuk kejantanan pria dan lain sebagainya.

Ada satu nomor telepon yang tersanding. Maka, saya pun menghubunginya.

Tetapi, kembali saya dibuat kecewa. Responnya pun berbelit-belit. Di seberang sana, orang yang mengiklankan tangkur buaya dengan harga Rp200 ribu itu mengaku tangkur buaya itu bukan miliknya, melainkan temannya.

Dan si teman, sudah lama tak berhubungan. Kembali buntu.

Saya lantas teringat dengan seorang kawan, pemilik penangkaran buaya berizin satu-satunya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namanya, Fatah Arif Suyanto. Saya memanggilnya Mas Yanto, terkadang Mas Fatah.

“Saya percaya kalau sebagian besar orang (yang belum pernah mencobanya) rata-rata percaya hal tersebut. Sebab di semua artikel media bacaan hanya ada keterangan membenarkan hak tersebut,” ucap Yanto, saat ditanya apakah ia percaya khasiat tangkur buaya untuk meningkatkan vitalitas pria.

Tetapi, sebagaimana misteriusnya fosil hidup zaman Dinosaurus ini, Yanto pun meyakini ada sisi-sisi tubuh buaya yang bermanfaat bagi manusia. Sebabnya, bangsa buaya mampu bertahan hidup berjuta-juta tahun. Ini tentu berbeda saudara tuanya, spesies lain sezaman yang akhirnya punah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Pawang Buaya: Antara Mitos dan Fakta Khasiat Tangkur Buaya

Namun, ia sendiri mengaku belum pernah mencoba. Karenanya, ia tak bisa memastikan apakah tangkur buaya memang benar berkhasiat atau tidak.

Yanto, yang juga pawang buaya berlisensi ini mengakui, di komunitasnya pernah ada perbincangan soal tangkur buaya jantan. Namun, informasinya yang berkhasiat adalah kelamin buaya jantang yang mati karena usia.

Artinya, tangkur buaya yang didapat dari peternakan atau tangkapan alam yang buaya dibunuh, tak berkhasiat apa pun. Hanya saja, secara ilmiah, itu pun tak pernah dibuktikan.

Sedangkan di Indonesia, buaya tua yang mati secara alamiah mesti dilaporkan. Seluruh bagian tubuhnya diperiksa sehingga tak memungkinkan untuk mengambil bagian tubuh yang terkecil sekalipun, apalagi kelaminnya.

“Biasanya ada proses verbal hukum. Tidak ada yang sempat mengambil tangkur, kalaupun diambil mngkin tidakk bisa tahu persis cara pneggunaannya,” kata Yanto lagi.

Ia menganggap fenomena tangkur buaya yang dipercaya meningkatkan vitalitas pria telah bercampur antara fakta dengan mitos. Sebab, rata-rata pembelinya adalah orang yang belum pernah mencoba.

Celakanya, terkadang, ada obat-obatan tradisional atau jamu tertentu yang memasang foto tangkur buaya yang disebut sebagai salah satu bahannya. Padahal, belum tentu juga di dalam obat itu terkandung zat yang berasal dari kelamin buaya jantan.

“Obat-obatan vitalitas biasanya dijual kepada konsumen yang punya khayalan seksual berlebihan. Hanya menguntungkan si penjual,” Yanto menarik kesimpulan.

3 dari 3 halaman

Salah Kaprah Penyebutan Tangkur Buaya Versi Pengobatan Tradisional

Penjelasan lebih gamblang soal tangkur buaya dikemukakan oleh Kepala Laboratorium Biologi Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Dr Diniatik. Ternyata, ada perbedaan tangkur buaya versi pengobatan tradisional dengan tangkur buaya versi awam.

Dalam versi pengobatan tradisional, tangkur buaya yang dimaksud adalah hewan sejenis ikan laut dari keluarga Syngnathoides ordo Solonichtyes, dengan nama latin Syngnathoides biaculoatus. Sepintas lalu penampakannya mirip dengan kuda laut.

Hewan ini lah yang masuk dalam daftar bahan obat tradisional Tiongkok dan banyak diteliti secara ilmiah. Dari berbagai literatur, tangkur buaya atau Syngnathoides biaculoatus itu mengandung banyak asam amino.

Tentu saja, asam amino bermanfaat untuk kesehatan, Akan tetapi, dalam penelitian-penelitian yang telah dilakukan itu tak ada satu pun yang mengarah secara spesifik ke kemampuan seksual.

“Misalnya steroid, alkaloid atau afrodisiak. Itu belum ada,” ucap Diniatik.

Kandungan hewan laut yang disebut itu hanya bersifat tonikum, atau penambah stamina. Bisa dikonsumsi segar, berbentuk olahan, atau dibuat tablet dan kapsul.

Berbeda dengan tangkur buaya yang hewan laut yang banyak dipublikasikan secara ilmiah, tangkur buaya kelamin buaya jantan sulit ditemukan. Yang ada, adalah publikasi penelitian pengobatan dengan memanfaatkan sampel organ dalam buaya.

“Ini penelitian yang saya dapat tentang aktivitas antiamuba dan antitumor dari lisat organ jantung dan organ kandung empedu dari buaya crocoadylus palustris,” dia menerangkan.

Dan ampel yang diambil pun bukan lah testis buaya, melainkan darah buaya. Dan itu diperkuat banyak artikel penelitian tentang antikanker dari Crocodylus siamensis.

Soal pemanfaatan tangkur buaya sebagai penambah vitalitas, Dini justru memperingatkan kemungkinan munculnya toksin atau racun. Pasalnya, bahan tersebut berasal dari benda hidup yang telah mati.

Kalau pun ada zat yang efektif untuk meningkatkan stamina atau vitalitas, ia tak yakin metode yang digunakan, seperti merendam tangkur buaya dalam air dan minyak, mampu mengikat senyawa yang diperlukan.

“Menurut saya masih perlu penelitian lagi,” dia menambahkan.

Jadi Finalis Puteri Indonesia 2019, Diah Ayu Lestari Kunjungi Sekolah PAUD

Liputan6.com, Jakarta – Penyanyi Diah Ayu Lestari mengunjungi sebuah sekolah PAUD di kawasan Tanah Abang, Sabtu (9/2/2019). Kedatangan Diah karena dirinya memang sangat menyukai anak-anak dan senang berbagi dengan sesama.

Kedatangan Diah Ayu Lestari juga sekaligus untuk berbagi kabar bahagia. Perempuan yang dikenal dengan lagu-lagu jazz-nya ini menjadi salah satu finalis pemilihan Puteri Indonesia 2019. Diah mewakili DKI Jakarta 3 dengan beberapa finalis lainnya.

Diah Ayu Lestari datang ke PAUD Puspita, Tanah Abang, dengan membawa buku-buku tulis dan bacaan. Dirinya melihat PAUD yang berada di tengah kota Jakarta itu masih memiliki kekurangan sehingga dirinya ingin membantu.

“Kedatangan aku karena ingin berbagi dengan anak-anak. Di sini, aku bisa memberi informasi kepada anak-anak mengenai makanan yang sehat, bergizi. Memberikan edukasi sebagaimana mestinya,” ujar Diah Ayu Lestari dengan mimik muka semringah.

2 dari 3 halaman

Mengajar

Diah Ayu Lestari mengaku bahwa dirinya sering kali melakukan aktivitas yang berkaitan dengan anak-anak. Dirinya juga pernah mengajar di sebuah PAUD di daerah pelosok. 

“Aku pernah mengajar PAUD selama 4 bulan. Mengasyikan sekali bisa dekat dengan anak-anak. Aku memang senang dengan anak-anak,” ujar Diah Ayu Lestari.

3 dari 3 halaman

Puteri Indonesia 2019

Hal ini pula akhirnya yang menjadi latar belakang Diah Ayu Lestari untuk ikut ajang pemilihan Puteri Indonesia. Dirinya berharap bisa ikut ambil bagian untuk mengkampanyekan kekerasan terhadap anak-anak dan wanita. 

“Kalau saya melihat di Indonesia banyak kasus yang sangat memprihatinkan. Pelecehan seksual, wanita yang tidak mendapatkan keseimbangan di hukum. Intinya, saya ingin mengajak wanita untuk bilang tidak,” ujar Diah.

Mengikuti ajang pemilihan Puteri Indonesia, Diah Ayu Lestari mengaku ini pengalaman pertama yang dijalaninya.  “Saya tidak pernah ikut pemilihan sebelumnya.  Ini adalah sesuatu yang baru. Sedangkan finalis yang lain mungkin sudah berpengalaman,” pungkasnya.

Ustaz Arifin Ilham: Jangan Dengki karena Kita Beda Pilihan

BogorUstaz Arifin Ilham mengadakan zikir bersama di Masjid Az-Zikra, Sentul, Jawa Barat. Ustaz Arifin berpesan agar warga Indonesia tidak saling dengki dan mengumbar kebencian menjelang Pilpres 2019 nanti.

“Kita orang beriman beliau orang beriman. Walaupun kita berbeda pilhan karena kita ikut ulama tapi kasih sayang jangan menimbulkan kebencian,” ucap Arifin saat zikir bersama di Az-Zikra, Sentul, Minggu (3/2/2019).

Arifin juga mengajak warga Indonesia untuk tidak menyebar fitnah atau hoax. Dia menyampaikan, siapa pun presidennya nanti, mereka adalah umat Rasulullah SAW.


“Jangan dengki karena berbeda pilihan ini sifat yang membakar. Ingat, ayahnya Jokowi umat Rasulullah, sayangi beliau. Ingat, ayahnya Prabowo umat rasulullah, sayangi keduanya,” ujarnya.

Ibadah zikir bersama ini diisi dengan bacaan-bacaan ayat suci Alquran, selawat, dan puji-pujian. Ustaz Arifin juga mendoakan umat muslim di seluruh dunia agar selalu terlindung dalam keselamatan dan khusnul khotimah.

Tak sedikit jemaah yang hadir meneteskan air mata sambil membaca selawat.
(rvk/bpn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Said Aqil Tak Surut di Tengah Kontroversi ‘Imam Harus NU’

Jakarta – Pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj soal imam masjid hingga pengurus kantor urusan agama (KUA) seharusnya dari NU jadi kontroversi. Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas menyesalkan pernyataan tersebut.

“Imbauan terhadap Said Aqil Siroj untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan umat. Pernyataan KH Said Aqil Siroj yang menyatakan bahwa imam masjid, khatib, KUA, menteri agama, harus dari NU kalau dipegang selain NU salah semua, jelas sangat kita sesalkan,” ujar Anwar Abbas dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (28/1/2019).

Anwar menganggap pernyataan tersebut berasal dari Said Aqil secara pribadi. Anwar yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yakin pernyataan tersebut bukan sikap NU.


Anwar pun meminta Said Aqil menarik ucapannya sekaligus minta maaf. Menurutnya pernyataan tersebut mengancam persatuan dan kesatuan umat.

Said Aqil sendiri tak surut di tengah kontroversi tersebut. Said Aqil menolak permintaan Anwar karena NU tak berada di bawah struktural kepengurusan MUI.

“Sekjen Majelis Ulama meminta saya mencabut ungkapan saya kemarin, bahwa kalau bukan NU salah semua. Saya NU, bukan bawahan Majelis Ulama. NU bukan bawahan majelis ulama, bukan. Nggak ada hak perintah-perintah saya,” kata Said dalam sambutannya di acara Rakornas LDNU di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Menurut Said, Anwar tidak mempunyai kewenangan memerintah dirinya. Dia mengaku nekat dan menegaskan tidak takut kepada siapa pun.

“Sekali lagi, kaya saya gitu lho nekat, Ketua PBNU nggak boleh takut sama siapa pun, saya tidak takut. Kecuali sama istri saya… (disambut gelak tawa), itu pun kadang-kadang,” ujar Said.

Said Aqil memilih ‘tak ambil pusing’ bila ada yang marah dengan pernyataannya. Said menjelaskan banyak orang yang keliru dalam menafsirkan terkait khotbah Salat Jumat. Menurut dia, khotbah seharusnya singkat dan sakral.

“Khotib sekarang bacaan Alqurannya, plentang plentong. Masyaallah. Kemarin saya katakan, khotib kalau bukan dari NU, salah semua. Pada marah, biarin,” ucap Said.

Said menjelaskan apabila imam dan khatib bukan dari NU, dikhawatirkan khotbahnya akan radikal. Dia menjamin jika kader NU ceramah tak akan berisi materi yang radikal, caci maki, hingga fitnah.

“Kalau imamnya bukan dari NU, dikhawatirkan radikal khotbahnya, provokasi, mencaci maki. Itu yakin yang khotbah begitu itu bukan NU itu, saya jamin. Yang khotbah seperti itu bukan NU. Khotbah NU tidak ada. Seperti Sunda Kelapa, Masjid Istiqlal, nggak ada itu karena dipegang oleh orang NU,” kata Said.

Pernyataan yang jadi kontroversi itu disampaikan Said saat berbicara di peringatan Hari Lahir ke-73 Muslimat NU di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (27/1) kemarin. Said ingin kader NU berperan di segala bidang.

“Agar berperan di tengah-tengah masyarakat. Peran apa? Peran syuhudan diniyan, peran agama. Harus kita pegang. Imam masjid, khatib-khatib, KUA-KUA, Pak Menteri Agama, harus dari NU. Kalau dipegang selain NU, salah semua,” ujar Said Aqil disambut tepuk tangan anggota Muslimat NU yang hadir.

Said mengatakan selama ini kader NU memang telah berperan banyak di tengah masyarakat. Namun ada satu peran yang belum dilakukan, yakni syuhudan syiayah atau peran politik.
(jbr/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

8 Cara Membaca Alquran untuk Pemula dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta Seorang muslim wajib bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Karena ketika sholat kita pasti membaca surat-surat pendek yang ada dalam juz amma. Belajar membaca Alquran memang tidak mudah, apalagi untuk orang yang sudah dewasa karena sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat membaca Alquran. 

Sebaiknya belajarlah membaca Alquran sejak usia dini, yaitu mulai dari bacaan iqra’ dan mengenal huruf-huruf hijaiyah. Berikut cara membaca Alquran yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (23/1/2019)

2 dari 5 halaman

Mengenal Huruf Hijaiyah dan Tanda Baca

1. Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah sendiri ialah huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Alquran. Bisa dikatakan bahwa huruf hijaiyah seperti huruf abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kamu ingin lancar dalam membaca Alquran. Sehingga kalian harus belajar dan mengerti akan huruf hijaiyah dan ejaannya.

Cara membaca Alquran untuk pengenalan dasar tentang huruf hijaiyah yang dimaksud adalah huruf hijaiyah yang digunakan dalam Alquran terdapat 29 macam dan jumlah huruf hijaiyah tersebut sudah termasuk Alif. 

2. Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Cara membaca Alquran secara cepat kedua setelah mempelajari huruf hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat di dalam Alquran. Cara membaca Alquran tersebut dikarenakan tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana  pengucapan huruf  hijaiyah di dalam Alquran.

Sebagai contoh, jika dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, maka di bahasa Arab ada harakat.

Adapun untuk pengenalan lebih detail mengenai tanda baca harakat ini, kamu bisa mencari di buku tajwid Alquran yang banyak di jual di toko buku, atau bisa tanya (belajar) langsung ke Ustad atau guru mengaji.

3 dari 5 halaman

Mengenal bacaan tajwid dan belajar sungguh-sungguh

3. Mengenal Bacaan Tajwid Al Qur’an

Cara membaca Alquran dengan lancar selanjutnya ialah dengan lebih mengenal bacaan tajwid Alquran. Dan ilmu bacaan tajwid Alquran ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Alquran secara baik dan benar.

Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas. Cara membaca Alquran secara sederhana bahwa bacaan tajwid ini bisa dikatakan sebagai Grammar nya dalam Bahasa Inggris. Dan adapun Grammar dalam Bahasa Arab sendiri antara lain bacaan Idzhar, bacaan Idgham, bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya. 

4. Belajar Secara Sunguh-sungguh dan Rajin

Cara membaca Alquran agar cepat lancar selain langkah langkah di atas ialah, harus belajar dengan sungguh sungguh, rajin dan tidak putus asa. Karena harus selalu diingat bahwa dalam belajar membaca Alquran itu termasuk dalam ibadah dan akan mendapatkan pahala.

Oleh karena itu, sudah sangat pasti bahwa ikhtiar tersebut pastinya akan selalu diganggu oleh Setan dan pasti akan selalu ada halangannya seperti malas, mengantuk dan lain lain.

Namun harus selalu diingat sekali lagi bahwa ini termasuk ke dalam ibadah dan akan mendapatkan pahala sehingga harus belajar secara ikhlas dan rajin.

4 dari 5 halaman

Mengetahui isyarat tanda baca dan Selalu Latihan

5. Mengetahui Isyarat Tanda Baca

Dalam cara membaca Alquran ada banyak sekali isyarat tanda baca, misalnya Mad Arid Lissukun dan Mad Wajib Muttasil. Mad arid lissukun adalah apabila ada huruf mad bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah di akhir kalimat. Maka cara membacanya harus dimatikan dulu baru dipanjangkan.

Sedangkan Mad Wajib Muttashil adalah apabila ada huruf mad bertemu dengan hamzah pada satu kata, maka cara membacanya harus panjang lima harokat. 

6. Latihan atau Praktik Membaca Alquran

Cara membaca Alquran, kamu tidak akan bisa membaca Alquran dengan fasih, kalau tidak pernah mempraktekkannya secara langsung. Sebaiknya ketika sedang praktek membaca Alquran ada yang membimbing seperti guru ngaji atau orang tua kalian sendiri.

Agar ada yang membenarkan ketika salah membacanya dan jangan lupa baca doa setelah membaca Alquran.

5 dari 5 halaman

Menyiapkan Waktu Untuk Belajar dan Mencari Guru Ngaji

7. Menyiapkan Waktu Untuk Belajar Membaca Alquran

Cara membaca alquran tidak ada kata terlambat. Siapkan dan alokasikan waktu terbaik kamu untuk belajar membaca Alquran. Kesungguhan dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Alquran menjadi salah satu kunci agar kamu bisa baca Alquran dengan cepat.

Kebanyakan orang hanya memberikan waktu sisa dalam belajar membaca Alquran, jika demikian menyebabkan kita tidak akan pernah bisa belajar Alquran. Jangan sampai kita hanya memberikan waktu sisa dalam mempelajari kitab suci.

8. Cari Guru Mengaji

Setelah memiliki waktu belajar selanjutnya adalah memiliki guru yang dapat membantu menguasai cara membaca Alquran. Karena untuk dapat membaca alquran memerlukan proses. Kamu dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca Alquran secara privat.

Jika kamu ingin belajar Alquran secara otodidak atau mandiri sebenarnya sangat memungkinkan, karena sekarang ini sudah banyak panduan membaca alquran misal dari video belajar ataupun dari youtube. Permasalahan utama belajar Alquran otodidak adalah tidak ada yang mengkoreksi jika bacaan salah.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Tata Cara Shalat Witir Lengkap Sebagai Penutup Shalat Sunnah

Liputan6.com, Jakarta Dalam mencari ridho Allah SWT, umat Islam harus senantiasa menjalankan perintah-Nya. Yakni dengan cara mengerjakan amalan wajib dan sunnah, serta menjauhi semua jenis larangan-Nya. 

Umat Islam mempertebal iman dan menyempurnakan ibadah dengan amalan-amalan sunnah, salah satunya adalah shalat sunnah sebagai penyempurna shalat wajib.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk melakukan hal-hal yang terpuji, di mana contoh mudahnya adalah dengan mengerjakan shalat witir sebagai penutup shalat sunnah. Tingkatan keistimewaan shalat  witir membuat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepada sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya. Shalat ini pula yang menjadi penutup seluruh shalat malam.

Shalat  witir adalah shalat  sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah shalat sunnah yang dikerjakan di hari itu. Jika Anda telah selesai menjalankan shalat sunnah sunnah dan tidak bermaksud mengerjakan shalat sunnah lainnya, disarankan untuk menutupnya dengan shalat witir.

Shalat  witir merupakan salah satu shalat  sunnah muakkad, artinya yaitu sangat dianjurkan. Disebut shalat witir karena jumlah rakaatnya ganjil. Sebenarnya, shalat witir lazimnya dikerjakan dengan 3 rakaat. Namun jika kondisi fisik tidak memungkinkan, mengerjakan shalat witir sebanyak 1 rakaat juga tidak dilarang.

Lalu sudahkah Anda mengetahui bacaan niat shalat  witir yang benar? Jika belum, Liputan6.com Rabu (23/1/2019) sajikan ulasan tata cara shalat witir lengkap dengan bacaan doa untuk menyempurnakan ibadah Anda.

2 dari 4 halaman

Niat shalat witir dan waktu sholat witir

Niat shalat  witir 1 rakaat salam

Bagi Anda yang ingin mengerjakan shalat  witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat shalat  yang bisa Anda hafalkan.

Ushallii sunnatal witri rok ‘ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’alaa.

Artinya:

Saya niat shalat  witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta’alaa.

Niat shalat  witir 3 rakaat 1 kali salam

Berikut ini bacaan niat shalat  witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam. 

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatain (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’alaa.

Artinya :

“Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta’alaa”.

Waktu shalat witir

Waktu shalat witir terbentang sejak setelah shalat Isya’ hingga terbitnya fajar. Sehingga, melaksanakan shalat witir selain di waktu yang telah disebutkan, merupakan mubah hukumnya. Menurut hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengerjakan shalat witir pada pada akhir malam.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Shalat Witir

Dalam mengerjakan shalat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula keseluruhan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam.

Tata cara shalat witir yang pertama adalah membaca niat yang dapat dilakukan baik dalam hati maupun secara lisan. Tidak ada peraturan yang memaksa mengenai membaca niat shalat witir. Setelah membaca niat, lakukan takbiratul ikhram.

Takbiratul Ihram

Tata cara shalat witir setelah membaca niat adalah takbiratul ihram. Takbiratul Ihram dilakukan setelah membaca niat yaitu dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga untuk laki-laki, dan sejajar dengan dada untuk perempuan, sambil membaca:

“Allaahu akbar”

Kemudian kedua tangan disedekapkan pada dada dan membaca do’a iftitah:

“Kabiiraa wal hamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahi bukrataw waashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahirabbil ‘aalamiin. Laa syariika lahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.”

Membaca Al-Fatihah

Tata cara shalat witir selanjutnya adalah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Berikut adalah bacaan do’anya:

“Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maalikiyaumiddiin. Iyyaaka na’budu waiyyaaka nasta’iinu. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladhdhaalliin. Aamiin.”

Membaca Suratan Pendek

Jika melakukan shalat witir tiga rakaat, disunnahkan membaca surat Al A’la pada rakaat pertama dan surat Al Kafirun pada rakaat kedua. Sedangkan pada rakaat ketiga membaca 3 surat yaitu Al Ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Nas.

Ruku’

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, tata cara shalat witir selanjutnya adalah ruku’. Bacaannya adalah:

“Subhaana rabbiyal ‘adziimi wa bihamdih”. (3x)

I’tidal

Setelah ruku’, kemudian bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca:

“Sami’allaahu liman hamidah.”

“Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wa mil ‘ulardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.”

Sujud

Tata cara shalat witir setelah I’tidal adalah melakukan sujud. Saat sujud, bacalah tasbih sebanyak tiga kali:

“Subhaana rabbiyal a‘laa wa bihamdih.” (3x)

Setelah sujud, lakukan duduk di antara dua Sujud dan membaca:

“Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.”

Selanjutnya, setelah melakukan sujud lanjutkan dengan rakaat kedua hingga ketiga seperti urutan yang dijelaskan di atas. Pada rakaat ketiga, lakukan lah tahiyatul akhir seperti yang akan dijelaskan selanjutnya.

Tahiyatul Akhir

Bacaan doa tahiyatul akhir adalah sebagai berikut:

“attahiyaatul mubaarakaatush shalawaa-tuth thayy1baatu lillaah. assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. assalaamualainaa wa’alaa `ibaadillaahish shaalihhn. asy-hadu al laa ilaaha illallaah, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullaah. allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad. wa alaa aali sayyidinaa muhammad. kama shallaita ‘alaa sayyidinaaibraahiim. wa’alaa aali sayyidinaa ibraahiim wabaarik-‘alaa sayyidinaa muhammad wa-‘alaa aali sayyidinaa muhammad. kamaa baarakta alaa sayyidinaa ibraahiim. wa ‘alaa aali sayyidinaa ibraahiim fil’aala miina innaka hamiidum majiid.”

Salam

Selesai Tahiyatul Akhir, lakukan salam dengan menengok ke kanan dan ke kiri bergantian sambil membaca:

“Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.”

4 dari 4 halaman

Doa Shalat Witir

Setelah shalat witir disunnahkan membaca dzikir berikut sebanyak tiga kali:

Subhaanal malikil quddus

Setelah membaca dzikir, berikut adalah doa setelah shalat witir yang dapat diamalkan.

Allohumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’aafaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik


Reporter: Yunisda Dwi Saputri

7 Cara Menghafal Al-Quran dengan Cepat Agar Tidak Mudah Lupa

Liputan6.com, Jakarta Salah satu amalan paling baik bagi umat Islam adalah menghafal Al-Quran. Para penghafal Al-Quran akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah atau mahkota kemuliaan bagi dirinya di hari kiamat. 

Selain itu, dengan menghafal Al-Quran, niscaya di akhirat kelak akan mendapatkan Tasyrif Nabawi atau penghargaan khusus dari Nabi.

Keutamaan lain dari menghafal Al-Quran adalah kelak di surga akan mendapatkan tempat tertinggi di mana tidak ada tingkatan tertinggi lain setelah itu. Selain tiga keutamaan tersebut, masih banyak lagi keutamaan yang didapat jika ikhlas menghafal Al-Quran.

Untuk meraih keutamaan ayat-ayat Allah SWT ini, sebagian orang memiliki niat yang besar untuk memulai hafalan Al-Quran. Namun, terkadang tidak sedikit orang yang belum menemukan cara menghafal Al-Quran yang tepat dan cepat agar tidak mudah lupa.

Bahkan untuk menghafal satu surat pun kadang membutuhkan waktu yang sangat lama dan hanya bertahan tidak lama untuk hafal di luar kepala.

Kali ini, Rabu (23/1/2019) Liputan6.com akan paparkan cara menghafal Al-Quran terkhusus untuk yang berniat mewujudkan amalan baik ini. Namun, sebelum mulai membahas cara menghafal Al-Quran, ada baiknya untuk mengetahui sejarah turunnya Al-Quran yang belum banyak diketahui umat muslim.

Berikut adalah rangkuman sejarah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

2 dari 4 halaman

Sejarah Turunnya Al-Quran

Ayat pertama Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan yaitu pada hari ke-17 yang kemudian disebut dengan Nuzulul Quran. Ayat pertama tersebut diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Muhammad SAW di Gua Hiro, Mekkah, Arab Saudi.

Turunnya ayat pertama Al-Quran juga disebut sebagai hari diresmikannya Muhammad menjadi seorang Nabi. Pertemuannya dengan Malaikat Jibril dikisahkan membuat Nabi Muhammad terkesima karena riwayat Malaikat Jibril yang memiliki sayap yang terbentang dari ufuk Barat hingga ufuk Timur.

Setelah itu, ayat-ayat Al-Quran turun berangsur-angsur selama kurang lebih 22 tahun. Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 30 Juz, 114 Surat, dan 6666 Ayat pada dua tempat yang berbeda.

Pertama adalah di Mekkah dimana ayat-ayat yang turun di kota ini disebut dengan ayat Makkiyah. Ayat Makkiyah dikenal dengan ayatnya yang pendek. Ayat Makkiyah turun selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari dimulai saat Nabi Muhammad berusia 40 tahun.

Kota kedua turunnya Al-Quran adalah Madinah yang kemudian ayatnya disebut dengan ayat Madaniyah. Ayat Madaniyah turun setelah Nabi Muhammad berhijrah dari Mekkah. Ayat Madaniyah dikenal dengan ayatnya yang panjang.

Ketika diturunkan, Nabi Muhammad menyampaikan ayat-ayat tersebut kepada para sahabat, yang kemudian mereka tulis dalam lembaran-lembaran. Ada yang menulisnya di kertas, ada pula di kulit hewan. Meski hanya dalam bentuk lembaran, tetap dinilai suci karena terdapat tulisan berupa ayat-ayat dari Allah SWT.

Lembaran-lembaran tersebut disebut mushaf yang kemudian dikumpulkan menjadi satu menjadi Al-Quran.

3 dari 4 halaman

Menghafal dari Satu Cetakan Mushaf dan Tidak Menghafal Banyak Sekaligus

Menghafal dari Satu Cetakan Mushaf

Ketika ingin lancar menghafal Al-Quran, pastikan kamu menggunakan satu cetakan mushaf yang sama. Hal ini agar kamu tidak bingung ketika mulai menggunakan cetakan berbeda yang nantinya membuat metodemu kacau karena ukuran ayatnya pun akan berbeda.

Selain cetakan yang sama, gunakan Al-Qur’an yang lebih mudah dibaca. Kamu bisa membeli Al-Qur’an dari cetakan-cetakan yang terkenal lalu konsisten menggunakan mushaf tersebut.

Tidak Menghafal Banyak Sekaligus

Allah tidak menyukai orang yang melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Begitu pula saat menghafal Al-Quran. Jangan paksakan diri kamu untuk menghafal Al-Qur’an dalam jumlah yang banyak sekaligus karena cara tersebut bukanlah cara yang efektif.

Cara menghafal Al-Quran sedikit demi sedikit secara konsisten jauh lebih baik daripada menghafal banyak sekaligus.

4 dari 4 halaman

Menyetorkan Hafalan di Hadapan Qori yang Lebih Mahir dan Cara Lain:

Menyetorkan Hafalan di Hadapan Qori yang Lebih Mahir

Ketika kamu mulai merasa berhasil menghafal satu ayat, surat, maupun juz, segera setorkan kepada seseorang yang memiliki bacaan bagus dan faham ilmu tajwid seperti imam-imam masjid ataupun guru tahfiz yang dekat dengan rumahmu. Hanya karena kamu sudah hafal, tidak berarti bacaanmu sudah tepat dan bagus.

Oleh karena itu, kamu akan mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dan bisa segera dikoreksi jika disetorkan di hadapan Qori yang lebih mahir.

Baca Berulang-Ulang

Seperti seorang murid yang akan menghadapi ujian sekolah, menghafal Al-Quran dengan cara membaca berulang-ulang juga merupakan metode yang tepat untuk cepat menghafal. Kesungguhan dalam membaca ayat Al-Quran secara berulang-ulang akan mempercepat proses dalam menghafal. Semakin sering kamu mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatanmu.

Mengutamakan Durasi

Cara menghafal Al-Quran selanjutnya adalah dengan mengutamakan durasi hafalan. Berkomitmenlah pada durasi kamu biasa menghafal, bukan pada jumlah ayat yang harus dihafal. Jika kamu biasanya menghafal selama dua jam setiap hari, lakukan secara konsisten dengan dua jam tersebut sehingga tidak memberi tekanan kepada otak yang harus menghafal terlalu lama.

Mengulangi Hafalan Setiap Waktu Sholat

Selain mengatur durasi hafalan, mengulangi hafalan sebelum atau sesudah waktu sholat dapat kamu lakukan untuk menambah daya hafalan. Kamu dapat sisihkan waktu minimal 15 menit. Selain itu, mengulangi hafalan setiap waktu sholat juga bisa membantu kamu melaksanakan sholat tepat pada waktunya.

Menghafal Untuk Setia, Bukan Untuk Khatam

Saat datang niat untuk menghafal Al-Quran, lakukanlah untuk setia dengan wahyu Allah SWT daripada hanya untuk sekedar khatam. Sehingga, setelah berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz, kamu tidak meninggalkan Al-Qur’an dan tetap semangat mengulang hafalan.

Seperti itulah cara menghafal Al-Quran dengan cepat dan tepat agar tidak mudah lupa. Semoga dengan menghafal Al-Quran, kamu dapat memperoleh syafaat Al-Quran yang tiada duanya. Selamat mencoba!


Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Ingin Jadi Penghapal Al-Qur’an, Vebby Palwinta Terbantu dengan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Semenjak memutuskan untuk hijrah pada awal tahun 2108 lalu, Vebby Palwinta semakin serius mempelajari ilmu agama. Tak hanya itu saja, ia juga mengimbanginya dengan sikap selektif dalam mengambil tawaran-tawaran sinetron yang datang kepadanya.  

Tak hanya sekadar berakting, Vebby Palwinta juga berharap apa yang ia perankan sebagai pesinetron bisa memberikan manfaat yang baik bagi orang banyak. Keinginannya tersebut rupanya kini tercapai.

Lewat sinetron Kun Anta 2, Vebby Palwinta memerankan karakter Sarah yang dianggap bisa mewujudkan keinginannya itu. 

“Ya memang penginnya dapat peran yang baik (pasca berhijab). Kebetulan memang ditawarinnya pas banget, karakternya pas, jadi ya sudah diambil,” ujar Vebby Palwinta saat syukuran penayangan perdana sinetron Kun Anta 2 di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Senin (21/1/2019).

2 dari 3 halaman

Bermanfaat

Tak hanya bagi orang lain, perannya kali ini diakuinya juga sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri. Pasalnya, peran yang dimainkan Vebby Palwinta itu menuntutnya untuk bisa menjadi penghapal Al-Qur’an.  

3 dari 3 halaman

Masyarakat

“Di sini ada dialog yang kadang-kadang ada bacaan surat ini, surat itu. Nah itu yang harus benar-benar aku pelajarin sih. Karena kan nggak boleh salah ya, kita sampaikan ke masyarakat juga harus benar. Karena di sini aku benar-benar santri yang hafal Al-Quran, kayak hafizah ibaratnya gitu,” tuturnya. 

Selain Vebby Palwinta, pemain lain yang menjadi nama baru di sinetron Kun Anta 2 adalah Umay Shahab.