Penjualan Baby Lobster di Cirebon Masih Marak

Liputan6.com, Cirebon – Praktek jual beli satwa laut ilegal jenis Baby Lobster masih marak terjadi. Terutama di sepanjang pantai selatan Jawa Barat.

Tercatat 9575 ekor Baby Lobster jenis mutiara dan pasir berhasil diamankan jajaran Dit Polairud Polda Jabar di awal tahun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9548 Baby Lobster jenis pasir dan 117 jenis mutiara.

“Penangkapannya hari Senin 14 Januari 2019 lalu di Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat,” kata Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol Widi Handoko di Cirebon, Selasa (15/1/2019).

Dia mengungkapkan, penangkapan tersebut hasil dari pengembangan informasi yang diberikan oleh warga setempat. Jajaran Ditpolairud Polda Jabar menangkap dua pelaku yang diduga akan melakukan transaksi secara ilegal.

Kedua pelaku, diketahui akan melakukan transaksi Baby Lobster ke pengepul besar yang ada di Provinsi Banten. Dari hasil penangkapan tersebut, kerugian negara ditaksir mencapai Rp 2,3 miliar.

“Baby Lobster merupakan salah satu satwa laut yang dilindungi pemerintah oleh karena itu banyak tangkap untuk di perjual belikan secara ilegal,” kata dia.

Dia mengungkapkan, dari hasil penyelidikan, harga jual Baby Lobster dari nelayan Rp 15 ribu per ekor, kemudian dijual ke pengepul di Banten Rp 16 ribu per ekor. Dari pengepul di Banten, Baby Lobster dijual ke pengepul besar dengan harga bervariasi.

Untuk Baby Lobster jenis mutiara dijual Rp 300 ribu per ekor dan jenis pasir Rp 250 ribu per ekor. Atas perbuatannya, dua pelaku dijerat Pasal 88 UU RI no 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No 31 tahun 2004 tentang perikanan Jo Pasal 55 KUHPidana dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan dendan Rp 1,5 milyar.

“Baby Lobster dijual ke Jakarta maupun Jambi bahkan luar negeri. Kami akan kembangkan terus sejauh mana aktivitas jual beli baby lobster ilegal ini,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Lepas Liar

Dia mengatakan, pihaknya akan menyerahkan hasil tangkapan Baby Lobster ke Balai Karantinan Jawa Barat untuk segera dilepas liarkan.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh iming-iming keuntungan hasil ilegal fishing. Dia juga akan meningkatkan sinergi dengan seluruh lapisan masyarakat guna menekan praktek ilegal fishing.

“Dari tahun ke tahun Ilegal Fishing Baby Lobster yang paling sering kami tangani. Tahun lalu kami banyak ungkap kasus ini,” kata dia.

Kepala Stasiun Karantinan Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPKP) Cirebon Obing Hobir mengatakan, ribuan Baby Lobster tersebut akan segera dilepas liarkan. Namun, pihaknya masih melihat kondisi perairan di Jawa Barat.

Namun, pelepas liaran tersebut tidak berarti di perairan asal Baby Lobster diburu pengepul. Dia menyebutkan, perairan selatan Jawa Barat merupakan habitat terbesar Baby Lobster.

“Lihat sikon dan kondisi laut yang tenang baru kami lepas liarkan kemungkinan yang terdekat di Pangandaran ya,” kata dia.

Obing menyebutkan, Baby Lobster banyak diburu dan dijual ke sejumlah restauran di luar negeri. Vietnam merupakan salah satu negara tujuan ekspor Baby Lobster secara ilegal.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Bikin Gemas, Victoria Beckham Ajak Putri Bungsu Perawatan di Spa

Liputan6.com, London – Pesona kecantikan Victoria Beckham masih belum pudar meskipun usianya sudah memasuki 44 tahun. Bahkan, bisa dibilang wajahnya tak kalah cantik dengan artis-artis yang lebih muda darinya. Tentunya, David Beckham bisa dianggap beruntung telah menjadi suaminya.

Bicara soal penampilan, perawatan kecantikan tentu sudah menjadi hal wajib bagi Victoria Beckham. Saat tak disibukkan dengan pekerjaan, desainer kondang asal Inggris ini selalu meluangkan waktu untuk pergi ke tempat spa untuk menjalani serangkaian perawatan.

Namun kali ini, Victoria Beckham tak ingin datang sendirian. Wanita yang pernah bergabung dalam grup Spice Girls ini akhirnya mengajak serta putri bungsunya, Harper Beckham.

Setidaknya, pemandangan itulah yang bisa ditemukan dalam unggahan Victoria Beckham di Instagram Stories-nya. Wanita asal Inggris ini mengabadikan video ketika Harper sedang memejamkan mata dan menikmati fasilitas spa pada hari itu.

2 dari 2 halaman

Mencuri Perhatian

“Kita harus memakai produk yang bersih untuk anak-anak kita,” tulis Victoria dalam postingan tersebut. Tak pelak jika hal ini berhasil mencuri perhatian para penggemar dan followers-nya di Instagram.

Banyak yang mengaku gemas dengan wajah lucu Harper. Namun tak sedikit pula yang iri dengan perawatan yang dijalani oleh gadis 7 tahun itu.

Meski masih sangat kecil, Harper memang sudah sering berkunjung ke tempat spa. Tak cuma perawatan baby facial seperti ini, ia juga kerap menghias kukunya dengan berbagai warna kuteks cantik sesuai dengan keinginannya.

Penulis: Soraya

Sumber: Kapanlagi.com

Aura Kasih Hamil Anak Pertama, Ammar Zoni-Irish Bella Resmi Tunangan

Jakarta

Pemberitaan detikHOT diramaikan dengan kabar Aura Kasih yang hamil anak pertama. Ada juga Ustad Arifin Ilham yang kesehatannya kembali menurun.

Berikut selengkapnya 5 Berita Terpopuler Minggu Ini:

1. Kabar Bahagia! Aura Kasih Hamil Anak Pertama

Aura Kasih Hamil Anak Pertama, Ammar Zoni-Irish Bella Resmi TunanganFoto: Instagram

Kabar bahagia kali ini datang dari Aura Kasih. Setelah menikah September 2018 di Bangkok, kini Aura Kasih, tengah mengandung anak pertamanya.

Hal tersebut dibagikan Aura dalam Instagram Storiesnya.

“Berita bahagia kehamilan saya harus dibagikan ke public…,” tulisnya dalam Instagram Storiesnya dilihat detikHOT, Kamis (10/1/2019).

2. Polisi Ungkap Nama Artis yang Diduga Terlibat Prostitusi

Aura Kasih Hamil Anak Pertama, Ammar Zoni-Irish Bella Resmi TunanganFoto: Hilda Meilisa Rinanda

Polisi mengungkap beberapa nama artis yang diduga terlibat dalam prostitusi online artis. Keenamnya akan dipanggil mulai minggu depan.

“Karena ini sudah kita panggil. Tadi menyampaikan Kapolda sudah memanggil 6 orang lagi, jadi kita surat panggilan ini sifatnya adalah memanggil seseorang dengan identitas seseorang nama seseorang,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat rilis di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (11/1/2019).

Siapa saja?

“Ini yang pertama adalah ML itu Maulia Lestari. Kemudian BS itu Baby Shu. Fatya Ginanjarsari, kemudian Riri Febianti, Aldira Chena kemudian Tiara Permata Sari,” papar Barung.

3. Vicky Prasetyo Resmi Cerai dari Angel Lelga!

Aura Kasih Hamil Anak Pertama, Ammar Zoni-Irish Bella Resmi TunanganFoto: Pool/Noel/DetikFoto.

Vicky Prasetyo dinyatakan telah resmi bercerai dengan artis Angel Lelga pada hari ini. Persidangan perceraiannya itu dilakukan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

“Ya alhamdullilah tadi sudah diputuskan ketuk palu sah maksudnya putusan sudah dibacakan sama ketua majelis putusannya. Ya sudah sah menurut agama dan negara,” ujar Vicky.

Dalam proses perceraiannya, Vicky menceritakan bahwa dia mengingat saat masih melakukan ijab kabul pada pernikahannya dengan Angel Lelga 1 tahun yang lalu.

4. Sebelum ke Malaysia, Ustad Arifin Ilham Titip Pesan Ini ke Anak

Aura Kasih Hamil Anak Pertama, Ammar Zoni-Irish Bella Resmi TunanganFoto: Rachman Haryanto

Putra Ustad Arifin Ilham, Muhammad Alvin mengungkapkan sang ayah menitipkan pesan ke dirinya sebelum dirawat di Malaysia. Apa isi pesannya?

Alvin mengatakan, Arifin meminta dirinya untuk mempublikasikan dokumentasi sewaktu dirinya dijenguk oleh para ulama.

“Ada cerita di balik postingan terbaru di atas. Sehari sebelum ke Malaysia, saya yang temenin abi seharian,” kata Alvin di Instagram Stories, Jumat (11/1/2019).

5. Soal Hubungan dengan Irish Bella, Ammar Zoni: Ini Settingan Allah

Aura Kasih Hamil Anak Pertama, Ammar Zoni-Irish Bella Resmi TunanganFoto: (Noel/detikHOT)

Keputusan Ammar Zoni untuk melamar Irish Bella mengundang banyak pertanyaan, karena mereka belum lama ini mengumumkan kedekatannya yakni di awal tahun 2019 ini.

Lantas kapan sebenarnya mereka mulai dekat?

“Kenal sudah lama, sekedar kenal. Siapa nggak tahu Irish Bella. Tapi untuk ngobrol yang benar-benar itu 1 Desember,” ujar Ammar Zoni saat ditemui di lokasi syuting di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Minggu (13/1).

(dal/ken)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Dua Finalis Puteri Indonesia Masuk Daftar Dugaan Prostitusi Online Artis

Jakarta – Polda Jawa Timur telah menyebutkan nama artis yang diduga terlibat dalam prostitusi online. Dua di antaranya adalah finalis Puteri Indonesia.

“Ini yang pertama adalah ML itu Maulia Lestari. Kemudian BS itu Baby Shu. Fatya Ginanjarsari, kemudian Riri Febianti, Aldira Chena kemudian Tiara Permata Sari,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat rilis di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (11/1/2019).

Dua di antara nama tersebut adalah finalis Puteri Indonesia tahun 2016 dan 2017.

“Finalis Puteri Indonesia tahun 2016 dan 2017,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Nama Fatya Ginanjarsari dikenal sebagai finalis Puteri Indonesia 2017. Dia mewakili daerah Kalimantan Utara.

Selain itu, Fatya juga mewakili Indonesia sebagai Miss Tourism World Indonesia 2018. Fatya Ginanjarsari juga menjadi Top 15 GUESS Girl Indonesia 2015.

Sementara satu finalis lainnya yakni bernama Maulia Lestari. Dia merupakan finalis Puteri Indonesia 2016 mewakili Provinsi Jambi.

Tonton video: Terungkap! 6 Nama Artis yang Diduga Terlibat Prostitusi Online
[Gambas:Video 20detik]
(nkn/ken)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Ada 2 Nama Finalis Puteri Indonesia dalam Jaringan Prostitusi Online

Surabaya – Dari enam nama yang diungkap polisi karena keterlibatannya dalam prostitusi online, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut dua di antaranya adalah finalis Puteri Indonesia.

Luki mengungkapkan keduanya merupakan finalis Putri Indonesia tahun 2016 dan 2017.

Kedua nama finalis tersebut adalah Fatya Ginanjarsari. Fatya diketahui merupakan Finalis Puteri Indonesia tahun 2017. Sementara Finalis Puteri Indonesia tahun 2016 yakni Mulia Lestari atau Maulia Lestari.

“Finalis Puteri Indonesia tahun 2016 dan 2017,” ujar Luki saat ditemui di Mapolda Jatim, Jumat (11/1/2019).
Sementara itu, Luki menyebut ada beberapa artis lainnya berprofesi sebagai artis FTV, sinetron hingga model.

Beberapa artis tersebut yakni Baby Shu, Riri Febianti, Aldira Chena (Sundari Indira), hingga Tiara Permatasari,

“Yang dua artis sinetron di tv swasta, yang dua finalis Puteri Indonesia, yang dua lagi artis ftv atau foto model,” lanjut Luki.

Luki menambahkan pihaknya telah melayangkan surat pemanggilan. Rencananya, para artis akan datang pekan depan. Hal ini untuk mencar data penyidikan tambahan yang tengah dilakukan polisi.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

MotoGP: Marquez Punya Kans Cetak Rekor yang Tak Pernah Diukir Rossi

Jakarta Mantan kepala kru sekaligus orang kepercayaan Valentino Rossi, Jeremy Burgess meyakini Marc Marquez berpotensi mengukir rekor fantastis di MotoGP. Rekor yang dimaksudnya adalah juara dunia di tiga pabrikan berbeda. 

Marquez hingga kini masih betah berkarier bersama Repsol Honda. Dia akan memasuki musim ketujuh di MotoGP bersama pabrikan tersebut. Baby Alien juga tak menunjukkan minat hengkang ke tim lain. 

Namun, jika memutuskan hengkang dari Honda, Marquez dinilai berpotensi juara dunia di tim lain, terutama Yamaha dan Ducati. 

“Marquez punya potensi menjadi juara dunia dengan tiga motor berbeda, Honda dan dua lainnya. Dia bisa melakukan sesuatu yang tak bisa dilakukan Valentino (Rossi), (Casey) Stoner, dan (Eddie) Lawson,” kata Burgess, seperti dilansir Tuttomoriweb, Minggu (6/1/2018). 

“Marquez masih muda dan akan sangat menyenangkan melihat dirinya di motor yang bukan Honda pada beberapa tahun mendatang,” imbuh Burgess. 

Sejauh ini, Rossi, Stoner, Giacomo Agostini, dan Lawson baru memenangi titel juara dunia MotoGP di dua pabrikan berbeda. Namun, mereka tak mampu memenanginya di tiga brand berbeda.

Berita video pembalap tim Repsol Honda, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez, menjadi duet pembalap terkuat untuk MotoGP 2019.

Mentan Lepas Ekspor Manggis dan Sayuran ke China

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melepas ekspor produk hortikultura lainnya di wilayah Banjaran, Kabupaten Bandung. Ekspor terseut berupa sayuran dan manggis dari gudang milik PT. Alamanda Sejati Utama untuk tujuan China, Singapura dan Hongkong.

Amran mengungkapkan, ‎ekspor holtikultura seperti sayuran, buah, dan bunga asal Indonesia memang tengah naik daun. Pada 2018, ekspornya meningkat 11,92 persen dengan nilai lebih dari Rp 5 triliun dengan negara tujuan ke 113 negara.

Secara spesifik, data Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) menunjukkan selama tahun lalu, ekspor sayuran naik 4,8 persen, ekspor bunga naik 7,03 persen, sementara ekspor buah naik signifikan 26,27 persen.

“Setelah mampu meningkatkan produksi dan daya saing, ini saatnya kita menggalakkan ekspor dan investasi. Capaian tren ekspor yang baik disubsektor hortikultura perlu kita tingkatkan di 2019, termasuk ekspor manggis yang tercatat bisa naik 500 persen,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Menurut Amran, upaya untuk mendorong ekspor saat ini menjadi prioritas Kementerian Pertanian (Kementan). Salah satunya adalah dengan memangkas perizinan.

“Jika dulu butuh hingga 13 hari bahkan hingga 3 bulan, kini eksportir hanya butuh 3 jam untuk mendapatkan izin ekspor melalui sistem online tanpa perlu tatap muka. Belum lagi kami cabut 291 peraturan yang menghambat, reformasi birokrasi, dan penegakkan hukum bagi mafia,” kata dia.

Amran juga menegaskan upaya perbaiki kualitas sesuai permintaan negara tujuan, karena produk pertanian punya persyaratan yang ketat terkait isu higienitas dan keamanan. Lobi pun dilakukan agar komoditas Indonesia bisa tembus ke negara lain, termasuk pengiriman bisa langsung ke negara tujuan tanpa transit seperti sebelumnya.

“Hasilnya jelas, perusahan seprti di PT. Alamanda ini bisa ekspor 42 komoditas sayuran, buah, tanaman hias. Volume sekitar 10.000 ton setahun ke 12 negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, China, Dubai, Saudi Arabia, Pakistan, India, Bangladesh, dan Australia, New Zealand,” jelas dia.

Ekspor sayuran dari PT Alamanda direncanakan bisa mencapai sebanyak 200 ton per bulan dengan aneka jenis yakni 12 komoditas sayuran, 29 buah-buahan, dan beberapa tanaman hias, antara lain, Baby Buncis 30 ton, Buncis 45 ton, Selada Air 30 ton, Kentang 60 ton, Ubi Manis 20 ton, ditambah Petai 2 ton dan sayur lainnya.

Untuk buah nonmusim, ada Jambu Biji merah atau Pink Guava 2 ton, Rock Melon 20 ton, dan Salak 4 ton. Sementara buah musiman, yang diekspor antara lain, manggis dengan perkiraan 500 ton per musim dan Mangga 100 ton per musim.

Seru! Pengunjung Bisa Berinteraksi dengan Dinosaurus di Dufan

Jakarta

Pernah punya impian bertemu dengan dinosaurus? Impianmu bisa terwujud karena Dunia Fantasi (Dufan) Ancol menghadirkan dinosaurus dalam pertunjukan spesial liburan akhir tahun bertajuk Dinoland.

“Dinoland kami hadirkan khusus untuk menambah keseruan pengunjung Dufan. Sensasi bisa dekat dengan mahluk purbakala ini tentunya sangat dinanti oleh seluruh pengunjung,” ujar VP Dunia Fantasi Ancol, Eddy Prastiyo.

Seru! Pengunjung Bisa Berinteraksi dengan Dinosaurus di DufanPengunjung Dufan berfoto bersama dinosaurus (Foto: dok. Dunia Fantasi Ancol)

Serunya, pengunjung diajak kembali merasakan suasana zaman purbakala saat bumi dipenuhi para reptil raksasa melalui pertunjukan berdurasi 25 menit. Tak hanya itu, pengunjung Dufan juga bisa bertemu langsung dengan 5 jenis dinosaurus.

Mulai dari Triceratops, Velociraptor, Baby T-rex, Baby Triceratops, hingga Long Neck-Brachiosaurus. Beberapa dinosarus tak hanya berdiam diri, melainkan berjalan bebas. Seru banget!

Seru! Pengunjung Bisa Berinteraksi dengan Dinosaurus di DufanPengunjung Dufan berinteraksi dengan dinosaurus (Foto: dok. Dunia Fantasi Ancol)l

Usai menonton pertunjukan Dinoland, pengunjung juga bisa berinteraksi seperti memegang dinosaurus dan berfoto bersama. Catat tanggalnya, pertunjukan Dinoland digelar mulai 15 Desember 2018 hingga 13 Januari 2019 di panggung Treasure Land setiap jam 14.00 dan 17.00 WIB.

Jika belum ada agenda liburan bersama keluarga atau teman, langsung saja ke Dufan. Apalagi Dufan menyediakan paket hemat dengan Annual Pass Dufan. Anda cukup membeli tiket Dufan dan bisa mendapatkan Annual Pass Dufan untuk digunakan gratis ke Dufan selama 1 tahun berikutnya.

Yuk, ajak orang tersayang ke Dufan dan rasakan suasana zaman purbakala bersama dinosaurus!

(adv/adv)

V BTS Ulang Tahun, Army Berikan Hadiah Spesial

ARMY mengadopsi sebuah harimau untuk V. Tentu saja bukan membawakan si hewan ke rumah V ya, tapi para fans berdonasi kepada WWF (World Wide Fund) atas nama V untuk memberikan perlindungan dan perawatan harimau yang sudah langka. 

Sebagai tanda terima dan ucapan terima kasih, pengapdosian harimau ini mendapat sertifikat. Mungkin fans memilih harimau karena V sering dapat julukan ‘baby tiger’ dari ARMY.

Fanclub V di China, Baidu KimTaehyung Bar, bekerja sama dengan salah satu akuarium di Korea, COEX Aquarium, untuk mendekorasi ruangan dengan foto-foto ganteng V. Di dalam akuarium juga ada atraksi menggunakan banner ulangtahun V.

Ini Dua Games Favorit Marc Marquez Saat Isi Waktu Senggang

Jakarta Juara dunia MotoGP 2018, Marc Marquez, kerap bermain PlayStation pada masa senggangnya. Dua games yang kerap dimainkannya adalah MotoGP dan Formula 1. 

Namun, games MotoGP bukan hanya jadi hiburan bagi Baby Alien. Pembalap asal Spanyol itu juga kerap menganggapnya sebagai salah satu metode berlatih. 

“Saya jelas melihat PlayStation sebagai sarana berlatih konsentrasi. Anda mungkin tidak mendapatkannya. Tapi, otak Anda bekerja ketika bermain games MotoGP atau Formula 1. Anda berusaha membalap dengan cara yang sama setiap lap,” kata Marc Marquez, seperti dilansir Speedweek, Sabtu (29/12/2018). 

Marquez juga mengungkap fakta menarik. Dia tak selalu membalap sebagai Marquez ketika memainkan games MotoGP. 

“Tergantung rutenya. Saya selalu memilih motor terbaik. Kadangkala terjadi saya menyalip diri sendiri,” ujar Marc Marquez. 

Marquez juga menceritakan lawannya ketika memainkan games MotoGP atau Formula 1. “Beberapa dari mereka dikenal ketika kami bermain MotoGP atau Formula 1, seperti Daniel Ricciardo, Carlos Sainz Jr, Max Verstappen. Tak ada yang suka kalah dari mereka, percayalah,” ujar Marc Marquez

Penggemar Esport khususnya game League of legends pasti tahu dengan Faker, gamer yang sudah mendunia dan melegenda. Faker hadir di Jakarta dalam gelaran ujicoba esports di Asian Games 2018.