Solskjaer: Babak I Positif, Lalu Dua Gol Ceroboh Itu…

JakartaManchester United takluk 0-2 dari Manchester City di Old Trafford. Ole Gunnar Solskjaer menyayangkan dua gol ceroboh yang terjadi di babak kedua.

MU kalah 0-2 kala menjamu City di Old Trafford, Kamis (25/4/2019) dinihari WIB pada lanjutan Liga Inggris. Setelah sama kuat di babak pertama, gol Bernardo Silva dan Leroy Sane pada periode kedua membedakan kedua tim.

‘Setan Merah’ tampil cukup baik membendung City di babak pertama. Meski terancam tiga tembakan on target, praktis hanya satu yakni tendangan deras Bernardo yang membahayakan. Sementara dua lainnya adalah bola yang relatif mudah untuk David de Gea.

Tapi kemudian City hanya butuh dua tendangan on target untuk menjebol gawang MU di babak kedua. Pertama dari tusukan Bernardo, yang sepakan mendatarnya ke tiang dekat meluncur melewati Luke Shaw dan gagal diamankan De Gea.

Sementara gol kedua lahir dari kaki Sane, yang tak cukup cepat untuk ditutup ruang tembaknya oleh pertahanan MU. De Gea lagi-lagi takluk oleh tembakan ke tiang dekat, kali ini dengan tendangan keras.

City tercatat punya delapan percobaan, lima di antaranya mengarah ke gawang, dari penguasaan bola sebesar 63%. Sedangkan MU punya 12 tembakan, hanya satu yang on target.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer menilai tanda-tanda di babak pertama sudah bagus. Timnya menunjukkan reaksi positif usai kekalahan 0-4 dari Everton akhir pekan lalu.

Tapi kemudian kelengahan di babak kedua membuat gawang bergetar.

“Kami jelas menunjukkan sebuah reaksi. Para pemain dan suporter kompak. Para pemain ingin menunjukkan bahwa mereka peduli. Babak pertama berjalan positif, kammi puas saat turun minum,” ungkap Solskjaer dikutip BBC.

“Sayangnya kami kebobolan dua gol ceroboh di babak kedua yang seharusnya bisa dihindari. Saya takkan pernah menunjuk pemain, jadi itu karena pada semua pemain. Kami tahu kami menjalani masa sulit, tapi kami tetap kompak ketika kami kalah,” imbuhnya.

Dengan kekalahan ini, MU tertahan di posisi enam dengan 64 poin dari 35 pertandingan. Paul Pogba dkk. tiga poin dari Chelsea di urutan empat. (raw/raw)


Menunggu Babak Baru Kasus Sofyan Basir

Liputan6.com, Jakarta – Penetapan tersangka terhadap Direktur PT Perusahaan Listik Negara (PLN) Sofyan Basir telah dijatuhkan. Bersama Eni Saragih dan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, Sofyan diduga ikut menerima suap dari pimpinan Blackgold Natural Resources Johanes B. Kotjo.

Penjadwalan pemeriksaan kini tengah dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lantaran posisi yang bersangkutan tidak sedang berada di Tanah Air. Hal itu diungkap oleh Soesilo, kuasa hukum Sofyan Basir saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (24/4/2019). Dia menyebut kliennya tengah berada di Prancis sejak satu minggu yang lalu.

“Dia sibuk mengurus berbagai hal terkait dengan pekerjaan. Insyaallah akhir minggu ini (pulang),” jelas Soesilo.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah juga belum bisa memberi kepastian kapan penyidik akan mulai melakukan pemeriksaan terhadap tersangka.

Sebelumnya, penetapan tersangka yang dijatuhkan KPK terhadap Sofyan Basir didasarkan pada dua alat bukti dan fakta persidangan yang melibatkan tiga tersangka sebelumnya. Sofyan diduga bersama-sama Eni Saragih dan Idrus Marham telah menerima suap dari Johannes Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

“SFB (Sofyan Basir) diduga menerima janji dengan mendapatkan bagian yang sama besar dengan jatah Eni Maulani Saragih dan Idrus Marham,” ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

Tanda tanya besar pun muncul. Sebenarnya berapa besaran uang suap yang telah diterima Sofyan? Wakil Ketua KPK Saut Situmorang belum mau membeberkannya. Namun, Saut menjelaskan berapa uang suap yang telah diterima Eni Saragih dan Idrus Marham dari pengusaha Johannes Kotjo. Masing-masing telah menerima Rp 4 miliar dan Rp 2 miliar.

Sebelumnya, mantan Direktur Utama di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ini beberapa kali membantah pernah menerima janji fee dari proyek PLTU Riau-1. Saat itu dia menjadi saksi atas terdakwa Eni Saragih di Pengadilan Tipikor, Jakarta, 11 Desember 2018.

“Demi Allah, (tidak pernah) Yang Mulia,” kata Sofyan Basir saat itu. 

Man United Vs Man City Masih Tanpa Gol di Babak I

Manchester – Babak I Manchester United vs Manchester City di lanjutan Liga Inggris sudah selesai. Untuk sementara, belum ada gol yang tercipta pada derby Manchester.

Dalam pertandingan di Old Trafford, Kamis (25/4/2019) dinihari WIB, belum ada peluang dari kedua kesebelasan dalam 8 menit awal. Percobaan pertama MU hadir pada menit ke-11, tendangan jarak jauh Paul Pogba bisa ditangkap oleh kiper Man City, Ederson.

Kiper MU, David De Gea, melakukan penyelamatan pada menit ke-14. Tendangan Raheem Sterling membentur pemain MU, ditangkap dengan baik oleh kiper Spanyol itu.

MU mendapatkan peluang ganda. Tendangan Fred pada menit ke-16 masih melenceng. Sama halnya dengan percobaan Jesse Lingard sesaat kemudian.

De Gea melakukan penyelamatan lagi. Percobaan Bernardo Silva dari luar kotak penalti di menit ke-19 bisa diblok De Gea.

Rashford! Percobaannya dari jarak jauh pada menit ke-22 masih sedikit di atas mistar gawang City.

Bernado Silva kembali melakukan percobaan pada menit ke-25. Sepakannya dari dalam kotak penalti belum membuahkan hasil.

De Gea bikin penyelamatan lagi. Percobaan Sterling dari jarak dekat bisa ditangkap di muka gawang MU.

Di sisa babak pertama kedudukan 0-0 tak berubah. City menunjukkan penampilan yang dominan di paruh pertama laga. Penguasaan bolanya lebih dari 70 persen dalam data yang dilansir situs resmi Premier League.

Susunan Pemain

Man United: De Gea; Darmian, Young, Shaw, Lindelof Smalling; Fred, Pereira, Pogba; Lingard, Rashford

Man City: Ederson; Walker, Kompany, Laporte, Zinchenko; Fernandinho, Guendogan, Silva; Bernardo, Sterling, Aguero

(cas/ran)


Tottenham Vs Brighton Masih Sama Kuat di Babak Pertama

LondonTottenham Hotspur bertemu dengan Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris. Kedua tim masih sama kuat di babak pertama dengan skor 0-0.

Menjamu Brighton di Tottenham Stadium, Rabu (24/4/2019) dinihari WIB, The Lilywhites langsung menekan. Ancaman pertama datang lewat bola sundulan Jan Vertonghen, yang masih melambung di atas gawang.

Spurs kembali mengancam pertahanan Brighton di menit kesembilan. Bola hasil tembakan Christian Eriksen dari luar kotak penalti masih masih sedikit melebar dari gawang.

Brighton baru bikin ancaman di menit ke-16. Lewis Dunk berhasil menyambut umpan dari sepak pojok, namun arah bola masih bisa diblok lawan.
Intensitas serangan Spurs semakin meningkat di atas menit ke-20. Brighton dengan cepat menutup daerah sepertiga pertahanannya, yang bikin tim tuan rumah kesulitan masuk kotak penalti.

Sampai laga berjalan setengah jam, Tottenham melepas 10 tembakan, namun belum ada yang mengarah ke gawang dengan tujuh di antaranya berhasil diblok lawan.

Tottenham membuat ancaman di menit ke-34. Lucas Moura melepas umpan silang mendatar ke tiang jauh yang sudah siap disambar oleh Dele Alli. Bola yang gagal dihentikan oleh Mathew Ryan lebih dulu berhasil disapu bek lawan.

Brighton melancarkan serangan balik di menit ke-37. Umpan silang dari sisi kanan dilepaskan ke depan gawang Tottenham. Florin Andone, yang dalam posisi bebas terlambat dalam menyambar bola.

Peluang emas didapat Tottenham jelang turun minum. Alli dari jarak dekat berhasil melepaskan tembakan, namun bola yang sempat mengenai tangan kiper berhasil diblok lawan tepat di garis gawang. Skor 0-0 bertahan di babak pertama.

Susunan Pemain:

Tottenham: Lloris, Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose, Wanyama, Eriksen, Dele, Lucas, Son, Llorente.

Brighton: Ryan; Montoya, Duffy, Dunk, Bernardo; Jahanbakhsh, Stephens, Bissouma, Gross, Locadia; Andone.

(ran/rin)


LIDA 2019 Masuki Babak Top 6, Siapa Saja Duta yang Lolos?

Padahal, Angga mendapatkan pujian setinggi langit yang dilontarkan Inul Daratista untuk kolaborasinya dengan German Dmitrev asal Rusia saat menyanyikan lagu “Muskurane”. Angga yang terlihat sangat menjiwai lagu pun mampu membuat Dewi Perssik bernyanyi bersama sepanjang penampilannya.

Inul mengaku bahwa Angga tidak pernah masuk dalam prediksinya untuk bisa jauh hingga sekarang ini karena sebelumnya memiliki pesaing yang sangat bagus. Namun, Angga membuktikan seiring berjalannya waktu, kemampuannya terus terasah dan semakin membaik.

Chelsea Vs Burnley Sama Kuat 2-2 di Babak Pertama

London – Pertandingan babak pertama antara Chelsea vs Burnley sementara berlangsung sama kuat. Empat gol tercipta dalam 24 menit, di mana kedua tim berimbang 2-2.

Jalannya Pertandingan

Chelsea memulai dengan positif. Di menit ketiga, Chelsea berhasil memenangi sepak pojok yang dilakukan Cesar Azpilicueta. Lini pertahanan Burnley tidak mengamankan bola dengan baik sehingga bisa dikuasai Eden Hazard, yang meneruskan dengan tembakan ke arah meski bisa dihalau.

Empat menit kemudian, Chelsea nyaris membuka keunggulan. Umpan terukur Hazard kepada Gonzalo Higuain disambut dengan tembakan yang melewati Tom Heaton. Namun, Ben Mee melakukan sapuan sehingga bola urung menyeberangi garis gawang Burnley.

Di bawah tekanan, Burnley justru mampu mencuri gol. Di menit kedelapan, Jeffrey Hendrick membuka skor dengan tembakan first-time spektakuler di area D, yang diawali dari situasi sepak pojok.

Keunggulan Burnley hanya bertahan tiga menit. Chelsea berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui N’Golo Kante di menit ke-12.

Hazard mengecoh lini belakang Burnley di sisi kiri kotak penalti sebelum mengakhirinya dengan sebuah umpan tarik. Kante tanpa ampun menceploskan bola dengan sepakan kaki kiri dari tengah kotak.

Dua menit kemudian, Chelsea berbalik unggul 2-1. Serbuan ke sisi kiri pertahanan Burnley, sodoran Azpilicueta kepada Higuain diselesaikan dengan tembakan yang sempat mengenai mistar sebelum bersarang di sudut bawah gawang.

Burnley hanya butuh 10 menit untuk menyeimbangkan permainan. Kelengahan pertahanan Chelsea di set-piece memungkinkan Mee menyundul bola ke muka gawang.

Dibantu Chris Wood, bola jatuh di jalur Ashley Barnes yang dengan mudah menceploskan dengan tembakan dari jarak dekat ke sisi atas jala gawang Chelsea. Skor kini 2-2.

Saat pertandingan berjalan setengah jam, Higuain nyaris menciptakan gol keduanya. Memperoleh bola liar, striker Argentina itu melepaskan tembakan keras yang melayang tipis di atas gawang.

Babak pertama berakhir, Chelsea vs Burnley sementara 2-2.

Susunan Pemain

CHELSEA: Kepa, David Luiz, Azpilicueta, Emerson, Christensen, Jorginho, Kante, Loftus-Cheek, Higuain, Hazard, Hudson-Odoi (Pedro 41′)

BURNLEY: Heaton, Lowton, Bee, Tarkowski, Taylor, Cork, Westwood, Hendrick, Barnes, Wood, McNeil (rin/cas)


Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool ke Puncak, MU Babak Belur

Liputan6.com, Liverpool – Kompetisi kasta teratas Liga Inggris berlangsung tadi malam. Sejumlah hasil mengejutkan terjadi, termasuk kekalahan Manchester United (MU) dan Arsenal.

MU harus kalah telak dari tuan rumah Everton dengan skor 0-4. Hasil ini membuat mereka tetap menempati peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris musim ini.

Arsenal takluk di hadapan pendukungnya sendiri setelah dibekap Crystal Palace 2-3. Padahal, MU dan Arsenal sama-sama tengah berjuang untuk finis empat besar.

Di sisi lain, Liverpool kembali ke puncak klasemen Liga Inggris setelah melibas tuan rumah Cardiff City 2-0. Dua gol The Reds disarangkan Georginio Wijnaldum pada menit ke-57 dan dan James Milner dari titik penalti menit ke-81.

Sehari sebelumnya, Manchester City mampu menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor tipis 1-0. Sederet hasil itu membuat persaingan memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan semakin sengit.

Man United Babak Belur di Kandang Everton, Solskjaer Minta Maaf

JakartaManchester United tampil sangat buruk saat bertamu ke Everton. Kalah dengan skor telak 0-4, Ole Gunnar Solskjaer minta maaf,

Usai tersingkir dari Liga Champions, MU menelan kenyataan pahit lainnya di Liga Inggris. Bertamu ke Everton, Paul Pogba dkk tampil tanpa taji. Mereka menelan salah satu kekalahan terburuknya musim ini saat dihajar 0-4.

Saat tuan rumah tampil agresif dan menunjukkan semangat juang tinggi, MU justru seperti kehilangan seluruh kemampuannya. Sepanjang 90 menit The Red Devils hanya melepaskan satu tembakan on target. Sedangkan Everton bikin delapan.

“Kami kalah di semua aspek hari ini. Satu-satunya hal kami unggul atas Everton – meski saya tak bisa katakan kami mengalahkan mereka – adalah dukungan luar biasa yang kami punya. Dan saya hanya ingin meminta maaf atas penampilan buruk ini,” kata Ole Gunnar Solskjaer usai pertandingan.

Kekalahan atas Everton akan menyulitkan MU memburu tiket ke Liga Champions musim depan. Saat ini Setan Merah duduk di posisi enam klasemen Liga Inggris dengan 64 poin.

“Semua orang di sini bisa bilang kalau mengaku cinta saja tidak cukup – tak cukup pantas untuk menjadi bagian tim Manchester United. Kami tahu itu dan memohon maaf lagi pada fans,” lanjut manajer asal Norwegia itu.

(din/cas)

MU Babak Belur di Markas Everton

Manchester United: David De Gea; Victor Lindelof, Chris Smalling, Phil Jones, Diogo Dalot; Nemanja Matic, Fred, Paul Pogba; Marcus Rashford, Romelu Lukaku, Anthony Martial.

Cadangan: Sergio Romero, Alexis Sanchez, Juan Mata, Jesse Lingard, Andreas Pereira, Ashley Young, Scott McTominay.

Everton: Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Kurt Zouma, Lucas Digne; Idrissa Gueye, Morgan Schneiderlin; Richarlison, Gylfi Sigurdsson, Bernard; Dominic Calvert-Lewin.

Cadangan: Martin Stekelenburg; Phil Jagielka, Theo Walcott, Cenk Tosun, James McCarthy, Tom Davies, Ademola Lookman.