Ayah, Naik Motor Itu Miskin?

Jakarta – Seorang anak ibarat sebuah kertas kosong, mereka akan belajar dan menyerap apa saja dari lingkungannya. Peran orang tua menjadi penting untuk menguraikannya secara jelas, agar sang anak memiliki bekal di perjalanan hidupnya.

Hafizul Hakim, seorang ayah yang berasal dari Malaysia membagikan pengalamannya di jejaring Facebook dan seperti dikutip dari World of Buzz. “Ayah, apakah kita miskin?” ujar Altamis, putra dari Hafizul Hakim.

“Teman-teman saya mengatakan jika kita mengendarai sepeda motor, kita miskin,” kata sang anak sambil menunjuk kepada sepeda motor matik kesayangan milik ayahnya yang sudah bersama selama 9 tahun.

Hafizul sempat heran dengan pertanyaan anaknya tersebut, kemudian bertanya kepada putranya apakah dia tahu arti sebenarnya dari menjadi miskin, karena Hafizul ingin tahu seberapa banyak yang diketahui si anak tentang kata tersebut.

“Erm. Mereka tidak punya cukup makanan untuk dimakan, mereka tidur di bawah jembatan, mereka tidak mandi dan mereka mengenakan pakaian yang sobek,” jawab putranya.

Setelah mendengarkan jawaban putranya, Hafizul membenarkan jawaban sang anak sembari menjelaskan bawa mengendarai sepeda motor itu tidak berarti seseorang itu miskin.

“Memiliki motor bukan berarti miskin, terkadang orang yang punya mobil pun pusing karena cicilannya yang belum dibayar. Kalau motor ayah kan sudah lunas sejak lama,” ujar Hafizul.

“Aku belum kaya dan aku masih bekerja keras untuk membayar rumah, untuk membeli popok adik dan makanan,” kata Hafizul sembari memasangkan helm corak bumblebee di kepala sang anak.

Si anak pun mengangguk setelah akhirnya mengerti arti dari kata miskin. Kemungkinan besar Altamis hanya bingung dan perlu penjelasan setelah mendapat perkataan tersebut dari teman-temannya.

Hafizul menambahkan sebenarnya jawaban ini keluar dari perkataan ayahnya di tahun 90-an yang situasinya sama. Kala itu Hafizul ditertawakan teman-temannya karena diantarkan ayahnya menggunakan motor jadul Honda Fame. (riar/ddn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *