Tak Laporkan Dana Awal Kampanye, PSI Hingga Berkarya Dicoret di Sultra

KendariKPU Sulawesi Tenggara (Sultra) membatalkan keikutsertaan empat parpol yang ada di Sulawesi Tenggara. Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani menjelaskan penyebab pembatalan empat parpol yang ada di Sultra.

“Pembatalannya didasarkan pada Pasal 334 ayat 2, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang kewajiban menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), di Pasal 338 ayat 1 ada sanksi pembatalannya,” jelasnya, Minggu (24/3/2019).

Lebih lanjut dijelaskannya, ada dua alasan mendasar dari partai-partai tersebut sehingga tidak menyampaikan laporan dana kampanye. Alasan pertama yakni tidak adanya kepengurusan pada parpol tersebut dan kedua, partai bersangkutan tidak mengajukan caleg.

Keempat Parpol yang dicoret dari Sultra yakni Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Keempat parpol tersebut juga tersebar di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sultra antara lain Partai Garuda dicoret dari Kabupaten Muna, Muna Barat, Wakatobi, Kolaka Utara, dan Buton Tengah, karena tidak menyampaikan LADK dan tidak mengusulkan caleg. Sementara untuk PKPI dibatalkan di Kabupaten Wakatobi, Konawe Utara, Kendari, dan Buton Tengah.
Dan PSI dicoret untuk wilayah Kabupaten Wakatobi, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara dan Kolaka Timur.
(gbr/tor)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jalan Tol Ruas Pandaan-Malang Beroperasi Awal Mei 2019

Liputan6.com, Pandaan – PT Jasa Marga Tbk, melalui anak usahanya PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) siap mengoperasikan Jalan Tol ruas Pandaan-Malang Seksi 1-3 sepanjang 30 kilometer (Km) paling lambat awal Mei tahun ini.

“Paling lambat awal Mei seksi 1-3 sudah bisa operasi. Syukur-syukur sekalian dengan seksi 4 yang sekarang sedang penyelesaian konstruksi,” kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menjawab pers usai membuka Festival Jalan Tol Pandaan-Malang, di Pandaan, Sabtu (23/3/2019).

Festival Jalan Tol keempat kalinya diselenggarakan oleh BUMN Jalan Tol itu adalah salah satu kegiatan sosialisasi sebelum sebuah ruas jalan tol dioperasikan.

Festival kali ini dilakukan di sekitar Gerbang Tol Singosari pada ruas Tol Pandaan-Malang yang diisi dengan kegiatan sepeda santai 15 km dan jalan santai lima km dengan total peserta hampir 7 ribu orang.

Menurut Desi, proses pengajuan untuk Uji Laik Operasi ruas tol itu sedang dalam persiapan untuk diajukan kepada pihak terkait.

Khusus untuk seksi 5 terdapat situs purbakala dan pekan depan akan diputuskan bersama pihak terkait, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR dan lainnya.

“Jadi, situs ini di ujung, di tiga kilometer terakhir. Tentunya kita harapkan dilestarikan saja. Malah seksi 5 bisa jadi destinasi,” kata Desi dilansir Antara.

BUJT lainSekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti Eko Susetyowati pada kesempatan itu mengatakan akan menganjurkan festival jalan tol juga diikuti oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya.

“Ini positif sebagai sebuah bentuk sosialisasi, apa yang kita kerjakan. Kita anjurkan agar BUJT lain juga ikut menyelenggarakan,” kata Anita.

Anita juga memastikan keterlibatan aneka kuliner dan usaha kecil menengah di sekitar jalan tol, pada acara itu akan diberi kesempatan untuk menempati tempat istirahat jalan tol.

“Ini yang kita dorong, agar mereka ikut merasakan dampak ekonomi dari adanya jalan tol ini,” katanya.

Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 37,62 km dan total investasi Rp5,97 triliun.

Selaku operator, PT JPM, sahamnya dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk 60 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk 35 persen dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) 5 persen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Penggalian Situs Pra Majapahit di Lokasi Proyek Tol Malang – Pandaan

5 Balapan Awal MotoGP 2019 Vital untuk Dovizioso

Berdasarkan chart waktu laps yang ditorehkan Dovizioso, pembalap asal Italia itu terlihat berhasil mengikis defisti jarak 0,6 detik di setiap lap pada beberapa kesempatan.

Contohnya di lap ke-17 dimana dia bisa lebih cepat 0,712 detik. Sedngkan pada lap lainnya rata-rata kecepatannya erkisar 1 menit 56 detik.

“Kami punya modal kuat tapi di pertengahan tikungan kami motor terlambat. Namun kami punya akselerasi sangat bagus dan kekuatan di trek lurus. Ini memberi kami kans saat ban dan trek dalam kondisi bagus,” ujar Dovi.

“Tapi saya juga tak tahu pasti, soalnya kondisi Honda juga sulit. Sepertinya mereka hanya alami perbaikan sedikit dibandingkan tahun lalu. Kita harus tunggu di kondisi berbeda.”

KPU Coret 11 Parpol Tak Lapor Dana Awal Kampanye Pemilu 2019

Berikut data ketidaklengkapan LADK mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota dirilis situs resmi KPU RI:

PKB: 6 Kabupaten, 3 Kota, tersebar di 6 Provinsi

Garuda: 1 Povinsi (Kalimantan Timur), 10 Kabupaten, 20 Kota, tersebar di 26 Provinsi

Berkarya: 27 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 11 Provinsi

PKS: 8 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 6 Provinsi

Perindo: 2 Kabupaten, 2 Kota, tersebar di 4 Provinsi

PPP: 19 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 9 Provinsi

PSI: 43 Kabupaten, 6 Kota, tersebar di 19 Provinsi

PAN: 5 Kabupaten, 2 Kota, tersebar di 2 Provinsi

Hanura: 7 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 6 Provinsi

PBB: 57 Kabupaten, 1 Kota, tersebar di 18 Provinsi

PKPI: 90 Kabupaten, 16 Kota, tersebar di 24 Provinsi

Saat Jokowi Kenang Awal Bangun MRT Bareng Ahok di DKI

JakartaCapres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutannya kepada para pendukungnya di acara deklarasi 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Jokowi mengenang saat dirinya bersama Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok membangun MRT Jakarta.

Awalnya, Jokowi mengaku heran karena negara sebesar Indonesia baru memiliki MRT saat ini. Dia juga heran MRT yang sudah diwacanakan sejak 30 tahun lalu tidak juga diputuskan.

“Apa yang ingin saya sampaikan, negara besar sebesar Indonesia ini masa baru punya MRT? Sekarang, sekarang, itu pun putusan politiknya kita putuskan saat saya jadi gubernur (DKI Jakarta) saat itu, dengan Pak Ahok,” kata Jokowi kepada para pendukungnya di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

“Yang namanya MRT kenapa sampai 30 tahun kok tidak diputus-putuskan dibangun?,” sambungnya.

 Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutannya kepada para pendukungnya di acara deklarasi 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, Kamis (21/3/2019) Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutannya kepada para pendukungnya di acara deklarasi 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Ma’ruf Amin, Kamis (21/3/2019) Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom

Jokowi mengungkapkan, yang selalu dipertimbangkan gubernur saat akan membangun infrastruktur seperti MRT adalah faktor untung dan rugi. Jokowi menyebut jika MRT memang tidak menguntungkan.

“MRT disuruh untung dari mana. Saya mutar di seluruh dunia yang namanya transportasi massal ya rugi, yang menguntungkan itu TOD (transit oriented development),” ujarnya.

Namun Jokowi mengingatkan, petimbangan untung dan rugi hanyalah dimiliki soerang pengusaha. Namun untuk pemerintah, selain mempertimbangkan untung dan rugi juga harus mempertimbangkan benefit.

“Sehingga yang kita putuskan saat itu adalah keputusan politik. Untuk apa? untuk keuntungan negara secara makro,” imbuhnya.
(nvl/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Program Awal Gusti Randa Sebagai Plt Ketum PSSI

Jakarta – PSSI menunjuk anggota Komite Eksekutif Gusti Randa sebagai Plt Ketum. Ini adalah pergantian pemimpin organisasi sepak bola Indonesia itu pada tahun ini. 

Sebelumnya Edy Rahmayadi mundur pada kongres tahunan Januari lalu. Sementara Joko Driyono lengser karena terkena masalah hukum.

Ditugaskan menjadi Plt Ketum PSSI hingga Kongres Luar Biasa digelar, Gusti Randa bersedia. Pria berusia 53 tahun itu pun telah menyusunkan sejumlah program untuk menjalankan roda organisasi.

Program pertama Gusti Randa adalah mengumpulkan seluruh Exco PSSI pada 21 Maret. Rencana selanjutnya yaitu memastikan kegiatan PSSI berjalan sesuai keputusan kongres tahunan.

3 Program Gusti Randa

1. Pertama, saya akan mengumpulkan Exco PSSI. Insya Allah pada 21 Maret 2019.

2. Kedua, memastikan kegiatan organisasi PSSI dari kesekjenan terus berjalan. Lalu memastikan program-program yang diputuskan pada Kongres PSSI. Kemudian memastikan Liga 1 berjalan, Timnas Indonesia segala jenjang berjalan. Lalu Garuda Select yang di Inggris tetap berjalan. Lalu ada youth development tetap berjalan. Masalah perwasitan segala macam harus berjalan. Semuanya. Memastikan tahapan-tahapan KLB supaya ada percepatannya.

Dan insyaallah pada April ini, kami mendapatkan arahan dari FIFA seperti apa. Yang pasti, kapan tahapan KLB harus saya pastikan berjalan. Harus sesuai Statuta PSSI. Saat KLB nanti, hasilnya pun ada. Tidak boleh menyimpang statuta. Termasuk pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

3. Terakhir, memastikan PSSI harus mereformasi persoalan-persoalan yangg sifatnya seperti pengaturan skor, itu harus zero toleransi. Siapapun itu harus dibabat habis. Ini sesuai amanah bapak presiden (Jokowi). Tidak ada toleransi soal itu. Jadi, mudah-mudahan saat 8 Mei, Liga 1 mulai, kami memulai sesuatu setelah mengevaluasi kelemahan sebelumnya. Kami sudah memanggil PT LIB, memohon ada perubahan yang signifikan khususnya di bidang perwasitan. Jangan sampai ada lagi wasit yang bermasalah.

Sumber: Bola.com

Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (19/3/2019), memutuskan menunjuk Gusti Randa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI menggantikan Joko Driyono.

Retrospekt! Diharapkan Jadi Awal Kolaborasi untuk Perkuat Ekosistem Digital

Liputan6.com, Jakarta – Binar Academy menghadirkan acara Retrospekt! bekerja sama dengan Tokopedia dan Sinar Mas Land pada Sabtu, 16 Maret 2019, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Acara ini diharapkan menjadi awal kolaborasi berbagai pihak, pemerintah, perusahaan, serta startup untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia.

“Kami meyakini Indonesia memiliki potensi sangat besar, terutama dalam bidang teknologi digital. Namun, saat ini masing-masing pihak masih bergerak sendiri. Melalui Retrospekt!, kami ingin membuka dialog antara pemerintah, perusahaan, serta startup, yang diharapkan mejadi awal kolaborasi,” kata CEO Binar Academy, Alamanda Shantika, dalam keterangan resminya, Senin (18/3/2019).

Retrospekt! terdiri dari dua kegiatan, Conference dan Job Fair. Retrospekt! Conference nantinya mengangkat tema #FailForward yang bertujuan mengajak para pakar dari berbagai industri, seperti retail, transportasi, keuangan, dan media, yang sudah berpengalaman menghadapi tantangan era digital, untuk berbagi cerita kegagalan mereka.

Hal tersebut diharapkan mampu memicu munculnya dialog yang dapat berkembang menjadi diskusi untuk kolaborasi antara pemerintah, perusahaan, dan startup, serta menginspirasi generasi millenial di Indonesia.

Memburu Jejak Pemberi Informasi Awal Terjadi Kiamat Dua Bulan Lagi

Liputan6.com, Surabaya – Polda Jawa Timur menelusuri pelaku pembuat hoaks adanya hari kiamat yang membuat puluhan warga Ponorogo menjual rumah dan hartanya beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah hoaks, salah satunya isu kiamat sudah dekat.

“Informasi terkait hari kiamat ini disebarkan secara sistematis dan membuat percaya beberapa kepala rumah tangga. Ada yang kemudian menjual harta dan rumahnya untuk mengikuti ini,” kata Barung saat peringatan Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 di Jembatan Suramadu, Minggu (17/3/2019).

Padahal, kata Barung, setelah ditelusuri, pondok pesantren yang ada di Malang tak pernah menyampaikan adanya kiamat yang sudah dekat.

“Kami sedang mendalami mereka yang (membuat hoaks). Namanya sudah kita tahu, alamatnya tahu meskipun rumahnya sudah dijual,” katanya dilansir Antara.

Polisi juga telah memeriksa beberapa orang perihal dari mana informasi kiamat itu mereka dapatkan.

Dalam penanganan kasus ini, pihak kepolisian menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) Jatim, para kiai dan organisasi masyarakat seperti Nahdlatul Ulama (NU).

“Pada tanggal 4 Maret 2019, kami langsung ke pesantren itu dan tidak didapatkan pesantren menyampaikan hal itu. Maka kami telusuri info awal kiamat dari mana, yang menyebarkan di Ponorogo itu,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Puluhan warga Ponorogo pergi meninggalkan rumahnya menuju Malang karena adanya isu kiamat di desa mereka.

Kick-off Liga 1 Digelar Awal Mei, PSSI Ingin Selesai Sebelum Pergantian Tahun

Jakarta Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ingin pelaksanaan Liga 1 2019 berakhir sebelum pergantian tahun, meski baru dimulai antara 1 hingga 8 Mei 2019. Pemadatan jadwal akan menjadi satu opsi yang harus dilakukan agar musim ini berakhir sebelum libur Natal 2019.

PSSI dan manajemen interim PT Liga Indonesia Baru, melalui RUPS luar biasa PT LIB, telah menetapkan kick-off Liga 1 2019 berada di rentan waktu 1 hingga 8 Mei 2019. Namun, ada kekhawatiran dengan kick-off yang cukup terlambat itu, membuat kompetisi harus berakhir pada awal 2020.

Berdasarkan perhitungan kalender Liga 1 2018 yang dilakukan Bola.com, pelaksanaan kompetisi kasta tertinggi pada musim lalu itu menghabiskan total 39 pekan kalender, dengan adanya empat pekan istirahat saat Idul Fitri dan empat pekan istirahat lain ketika Asian Games 2018 berlangsung.

Dengan waktu bersih kompetisi berlangsung sekitar 31 pekan untuk menjalani total 34 pekan pertandingan kompetisi, jika dihitung antara 1 hingga 8 Mei kompetisi baru dimulai, akhir musim akan jatuh di pekan kedua Desember 2019. Artinya, jika ditambah dengan libur Idul Fitri yang memang sudah pasti akan diberikan, musim ini bisa tuntas antara akhir Desember 2019 hingga ke Januari 2020.

Namun, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menekankan kompetisi kasta tertinggi itu akan diantisipasi untuk tidak melewati pergantian tahun. Pendaftaran pemain untuk klub yang mengikuti kompetisi AFC 2020 menjadi pertimbangan utama.

“Kalau dipastikan tidak akan melewati pergantian tahun itu harus, karena akan ada pendaftaran untuk kompetisi AFC. Jadi, kompetisi harus selesai sebelum pergantian tahun, mau tidak mau dengan simulasi kompetisi sampai di pekan kedua Desember, ya saya akan mengatakan mungkin bisa sampai pada pekan keempat Desember,” ujar Ratu Tisha dalam kunjungan ke redaksi Bola.com, Jumat (15/3/2019).

“Seperti tahun lalu, Liga 3 baru selesai 30 Desember. Kami berharap Liga 1 bisa selesai sebelum libur Natal. Pengalaman dari TSC 2016, waktu itu kick-off 29 April, bisa selesai pada pekan kedua Desember. Jadi, semoga dengan kick-off Liga 1 2019 itu antara 1 hingga 8 Mei, semua bisa selesai sebelum libur Natal,” lanjut Ratu Tisha.

Gejala Awal HIV AIDS, Waspadai Sedini Mungkin Sebelum Terlambat

Tahap Kedua

Pada tahap kedua penderita tidak mengalami gejala apapun dalam jangka waktu yang lama. Pengidap HIV pada tahap ini akan merasa sehat dan baik-baik saja, bahkan tahap ini dapat berlangsun hingga 10 tahun bahkan lebih. Hal ini yang dapat mengecoh penderita sehingga bisa saja penderita telah menularkan HIV melalui aktivitas beresikonya.

Namun, didalam tubuhnya, virus telah menyebar dan merusak sistem kekebalan tubuh. Disinilah HIV secara perlahan melumpuhkan sistem daya tahan tubuh penderita, dengan membunuh sel darah putih yang dinamakan CD 4 T cells.

Tahap Ketiga

Setelah HIV berhasil melumpuhkan sistem kekebalan tubuh, kadar CD 4 T cells sudah menurun dan dapat berada di bawah nilai normal yaitu 200. Pada tahap inilah, pengidap dapat didiagnosa menderita AIDS. Penyakit AIDS ini kemudian akan membuat penderita sangat rentan terserang penyakit mematikan seperti kanker, TB, dan pneumonia.

Pada tahap ketiga muncul gejala yang makin parah diantaranya adalah :

· Demam lebih dari sepuluh hari

· Merasa lelah setiap saat

· Sulit bernapas

· Diare parah

· Infeksi jamur pada mulut, tenggorokan, dan alat vital

· Muncul bintik ungu pada kulit yang tidak akan hilang

· Hilang nafsu makan sehingga berat badan turun drastis