Terjebak Friendzone, Sebatas Kekasih Bayangan atau Benar Cinta Sejati?

Liputan6.com, Jakarta Seperti lubang hitam, friendzone bisa mengisap Anda begitu dalam. Rasa-rasanya hanya ingin berada di dekatnya tapi ia tetap saja menganggap sebagai teman. 

Lalu, tidak bisakah seorang teman menjadi pacar? Menurut pakar hubungan Darcy Sterling tidak bisa dipastikan.

Friendzone adalah ketika seseorang memiliki ketertarikan romantis pada teman Anda, tapi tidak yakin apakah mereka merasakan hal yang sama,” kata Sterling pada laman Men’s Health, Kamis (21/3/2019). 

Bagi yang beruntung, friendzone justru menuntun orang tersebut pada cinta sejati. Jadi, tergantung friendzone seperti apa yang tengah Anda jalani.

Ketika sang teman tidak memiliki perasaan romantis yang sama. Banyak yang kesulitan keluar dari zona pertemanan ini.

Saatnya realistis dengan keluar dan menjauh untuk beberapa waktu yang lama. Mereka sudah memberi tahu Anda bahwa mereka tidak memiliki perasaan terhadap Anda. Sangat tidak sopan untuk mencoba memaksakan diri pada mereka.

“Jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa mereka tidak memiliki perasaan romantis untuk Anda, hargai batasan mereka,” kata Darcy.

Hindari juga untuk mencoba menggoda maupun melakukan kontan fisik seperti menggandeng tangan atau memeluknya. 

“Jika Anda mendapatkan respons baik darinya walau dia tak suka, hal ini malah membuat Anda akan sakit nantinya dan akan terus terjebak dalam friendzone,” saran Darcy. 

Siapa ‘Penghadang’ Ahmad Dhani, Koalisi atau Aliansi Bela NKRI?

Surabaya – Terjadi perdebatan sengit saat sidang lanjutan Ahmad Dhani terkait kasus ‘idiot’ pencemaran nama baik. Tim Kuasa Hukum Dhani mempertanyakan soal Koalisi Bela NKRI dan Aliansi Bela NKRI.

Sidang Ahmad Dhani digelar mulai pukul 13.35 WIB-16.10 WIB. Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Hakim R Anton Widyopriyono, terjadi perdebatan antara saksi Ahli Bahasa Endang Sulihatin dan Tim Kuasa Hukum Ahmad Dhani.

Salah satu kuasa hukum, Aldwin Rahdian mempertanyakan mengenai keterangan di BAP. Dalam poin 8, sang saksi menyebut ‘Koalisi Bela NKRI’. Sedangkan di poin 12, Endang menjelaskan jika kata ‘idiot’ yang diucapkan Dhani untuk menghina ‘Aliansi Bela NKRI’.


“Mana yang benar ini? Apakah ada dua organisasi yang berbeda dan keduanya tidak disebut dalam video vlog yang sudah diputarkan tadi dalam persidangan,” kata Aldwin dalam sidang yang berlangsung di Ruang Cakra, Pengadilan Negeri Surabaya, Jalan Arjuna, Kamis (21/3/2019).

Menanggapi hal itu, Endang menjawab jika keterangan tersebut ia buat setelah membaca pertanyaan penyidik. “Semuanya sudah saya jawab, sesuai pertanyaan penyidik,” kata Endang.

Sidang 'idiot' Ahmad Dhani/Sidang ‘idiot’ Ahmad Dhani/ Foto: Deny Prastyo Utomo

Aldwin kemudian mengadu kepada hakim. Menurutnya, jawaban saksi melampaui batas kewenangannya sebagai saksi ahli.

“Majelis, ahli ini sudah melampaui kewenangannya karena tidak memberikan pendapat sesuai keahliannya. Tapi menyimpulkan keterangan BAP yang diterimanya dari penyidik,” imbuh Aldwin

Agustus 2018 lalu, Ahmad Dhani membuat sebuah vlog di Hotel Majapahit Surabaya. Dalam vlog yang kemudian beredar di media sosial, pentolan band Dewa 19 itu mengucapkan kata ‘idiot’ lebih dari satu kali. Kata tersebut diduga ditujukan pada Koalisi Bela NKRI yang kala itu menghadang Dhani di depan hotel, sehingga suami Mulan Jameela itu tidak bisa menemui rekan-rekannya di Kawasan Tugu Pahlawan yang hendak menggelar deklarasi #2019gantipresiden.

Menanggapi hal itu, saksi mengatakan jika kata ‘idiot yang diucapkan Dhani jelas ditujukan pada Koalisi Bela NKRI. “Memang tidak menyebut, tapi ini adalah rangkaian makna dari maksud kata ‘idiot’ yang diucapkan lebih dari satu kali,” imbuh Endang.

Di akhir persidangan, Dhani mengaku keberatan dengan keterangan saksi ahli. “Saya tidak sependapat, karena saya tidak ada niat dan kesengajaan mengucapkan kata itu,” pungkas Dhani.
(sun/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menunggu Ezra Walian atau Samuel Christianson di Skuat Timnas U-23

Jakarta – PSSI memastikan skuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 nanti malam. Jika Ezra Walian bisa didaftarkan, Samuel Christianson Simanjuntak yang bakal dicoret.

Ezra menjadi satu di antara 24 pemain yang diboyong Indra menuju Vietnam. Pemain naturalisasi itu juga disebut masuk dalam daftar 23 pemain yang akan memperkuat Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 mulai 22-26 Maret 2019.

Tapi, Ezra justru terganjal masalah administrasi. PSSI mengetahuinya sejak pekan lalu, sebelum batas waktu pendaftaran pemain.

Berpatokan pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan satu laga FIFA matchday melawan Myanmar, Ezra sah dan bisa bermain untuk Timnas. Tapi, PSSI juga mewaspadai potensi absen Ezra makanya dia membawa 24 pemain ke Hanoi. Pemain yang menjadi cadangan itu Samuel Christianson.
“Ini yang nanti kami akan keluarkan adalah Samuel Christianson Simanjuntak. Kami tarik dia kemudian masukkan Ezra, itu awalnya. Tapi, kalau sampai ini belum, Ezra yang kami hold dulu, kemudian Samuel masuk,” kata Manajer Timnas Indonesia U-23 Sumardji kepada detikSport, Kamis (21/3/2019).

Jika nama Ezra benar-benar dicoret, Sumardji mengatakan tidak akan serta merta memulangkan Ezra ke Tanah Air atau ke klubnya. Dia akan tetap bersama Awan Setho Raharjo dkk sampai Kualifikasi Piala Asia usai.

“Jadi gini, sebenarnya, kami sudah sepakat antara saya, Indra (Sjafri), dan ofisial yang bergabung dalam Timnas U-23 yang berangkat dari awal sudah memprediksi bahwa ada (atau) tidak ada Ezra itu tidak ada masalah. Karena kondisi anak-anak itu betul-betul dalam posisi yang siap, siap. Jadi tak perlu dipermasalahkan sebenarnya. Ini hanya menyangkut naturalisasi ya. Aman-aman saja,” katanya.

“Iya lah iya (pulangnya bersama). Kan kalau sudah 24 pemain dibawa ke sini, pulang sama, tak ada yang lagi pulang duluan,” dia menambahkan.

(mcy/fem)

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Minum Teh atau Kopi?

JakartaTeh dan kopi jadi minuman yang sering dinikmati banyak orang saat sarapan. Ada yang menambah dengan susu, gula dan madu. Mana yang lebih sehat?

Beberapa orang lainnya juga memilih untuk sarapan dengan espresso agar lebih bersemangat. Yang lainnya juga memilih campurkan kopi dengan susu. Keduanya sama-sama dipilih agar lebih bersemangat memulai aktifitas.

Manakah yang lebih sehat, minum kopi atau teh di pagi hari? Sama-sama mengandung kafein. Kafein dianggap buruk bagi kesehatan jika setiap hari dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti mudah gugup, cemas, mudah marah, sakit perut dan detak jantung yang tidak teratur. Karena itu sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari kafein berlebih.

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Teh atau Kopi?Foto: iStock

Food and Drug Administration AS atau FDS telah menetapkan batas konsumsi kafein yang aman yaitu 400 mg. Jumlah ini sama dengan empat hingga lima cangkir kopi kecil.

Baca juga: Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?

Dikutip dalam NDTV (16/03) Umumnya konsumsi kopi hitam lebih banyak kafeinnya daripada teh hitam. Teh hitam mengandung sekitar 55 mg kafein dalam setiap porsi (sekitar 236 ml). Sedangkan kopi mengandung hampir dua kali lipat dari jumlah itu. Jadi, jika Anda tidak bisa mengonsumsi kafein atau memiliki masalah lambung,sebaiknya pilih teh hitam daripada kopi hitam.

Kopi hitam tanpa gula dikatakan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme serta tingkatkan energi hingga mengurangi risiko alzheimer dan demensia.

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Teh atau Kopi?Foto: Thinkstock

Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme jauh lebih baik daripada teh hitam. Tentu Anda juga tahu bahwa teh banyak jenisnya, termasuk teh hijau, hitam, putih dan oolong. Tergantung pada teh berkafein mana yang Anda sukai.

Teh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Seperti contohnya teh hitam yang dikatakan mengurangi tekanan darah, menjaga gula darah tetap terkendali dan bahkan mengurangi risiko stroke. Bahkan teh juga kaya akan antioksidan yang melindungi fungsi jantung dan melawan peradangan di tubuh.

Jadi intinya, tergantung manfaat apa yang ingin Anda ambil dari minuman berkafein. Jika ingin memberi energi pada tubuh dengan cepat di pagi hari, kopi dapat membantu Anda lebih baik daripada teh.

Tetapi jika Anda membutuhkan tubuh yang rileks, maka pilihlah teh hitam. Teh juga lebih baik daripada kopi untuk mereka yang cenderung sering cemas jika dikonsumsi tanpa susu dan gula. Untuk antioksidan yang lebih banyak, pilih teh hijau dan teh putih. Sedangkan teh herbal adalah pilihan sarapan bebas kafein.

Baca juga: Suka Teh Atau Kopi? Faktor Genetik Ternyata Jadi Penentunya (lus/lus)

Hati-Hati Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Atau Ini yang Akan Terjadi…

Liputan6.com, Jakarta – Seorang pria berusia 31 tahun dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) setelah tiba-tiba pingsan. Sesaat ketika tiba di rumah sakit, ia mengalami kejang. Pemeriksaan fisik menunjukkan ia setengah tertidur, linglung, dan kondisi kesadarannya berubah-ubah.

Kemudian usai benar-benar sadar, dia mengungkapkan bahwa dia merasakan sakit di kepala dan mual selama beberapa hari. Selama itu pula, dia berjuang untuk mengingat nama-nama orang.

Fakta mengejutkan lainnya ialah, dia mengaku menderita nyeri di telinga kiri dan kehilangan pendengaran selama lima tahun terakhir.

Ketika para dokter ahli melakukan CT scan pada tengkorak laki-laki itu, mereka menemukan abses (radang jaringan tubuh) berisi nanah di jaringan di sekitar otaknya. Infeksi ini rupanya disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa, parasit yang mampu menimbulkan penyakit serius pada inangnya.

Kondisi yang dialami oleh pasien tersebut dinamakan Necrotising otitis externa (NOE, alias eksterna otitis ganas), yang memengaruhi jaringan di External Auditory Canal (EAC atau liang telinga).

Tapi bagaimana bakteri jahat ini masuk ke dalam tengkorak pria itu?

Pemeriksaan fisik yang diterapkan pada saluran telinga pria itu mengisyaratkan jawaban yang paling masuk akal: fragmen dari korek kuping yang telah ‘menyelip’ ke dalam kepala pasien selama bertahun-tahun.

Sementara itu, risiko infeksi berkembang dari benda asing yang bersarang di dalam EAC, kata para peneliti dalam laporan mereka, dikutip dari Science Alert, Rabu (20/3/2019).

Beruntung bagi laki-laki tersebut, pengangkatan sisa-sisa kapas dari korek kuping dan pemberian antibiotik dalam jumlah besar selama delapan minggu, mampu mengobati infeksi dan memperbaiki masalah neurologis serius yang ia alami.

“Antibiotiknya harus dihabiskan agar ia tetap sehat secara sistemik, tanpa defisit neurologis dan tidak ada gejala residual (telinga berdenging),” tulis para penulis. “Yang terpenting, dia tidak lagi menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinganya!”

Para peneliti menegaskan, pengalaman tersebut hanyalah segelintir bukti terbaru bahwa orang-orang tidak boleh memasukkan sesuatu ke dalam telinga mereka, bahkan jika mereka bermaksud untuk membersihkannya –yang sebenarnya tidak diperlukan.

“Penggunaan korek kuping sudah umum dilakukan di tengah masyarakat saat ini. Benda tersebut juga telah lama diketahui menyebabkan beberapa komplikasi, termasuk trauma, perforasi membran timpani (pecahnya gendang telinga), impaksi serumen (sumbatan kotoran telinga), infeksi, dan retensi (tertinggalnya) residu kapas korek kuping,” kata laporan itu.

Temuan ini dilaporkan dalam BMJ Case Reports.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Nantinya telinga itu akan ditransplantasikan ke kepala Ji. Dengan begitu, kondisi fisik Ji bisa kembali seperti semula.

Menanti Laporan Keuangan Pertamina, Untung atau Rugi?

Jakarta – PT Pertamina (Persero) belum mengumumkan laporan keuangan tahun 2018 ke publik sampai saat ini. Hal ini pun kemudian menjadi tanda tanya terkait kondisi keuangan perusahaan pelat merah, untung atau rugi.

Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman menilai ada yang janggal terkait belum keluarnya laporan keuangan Pertamina. Sebab, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada akhir Februari 2019 sempat berjanji akan merilis laporan keuangan pada 9 Maret 2019 lantaran sedang menunggu hasil audit. Tapi, hingga waktunya tiba laporan itu belum juga dirilis.

Hal itu semakin janggal jika dikaitkan dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

“Meskipun belum diaudit, selama ini Pertamina sangat rajin mempublikasikan laporan keuangannya. Ada laporan triwulan, laporan semester, hingga laporan tahunan yang dirilis beberapa hari setelah tutup tahun. Tetapi kali ini, kok berbeda?” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/3/2019).

Dia melanjutkan, kondisinya pun menjadi aneh ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menerima laporan lisan dari direksi yang menyatakan laba Pertamina 2018 sekitar Rp 20 triliun. Lalu, presiden juga memuji kinerja Pertamina yang tetap baik meski dibebani public service obligation (PSO).

Tapi, terang Yusri , itu bertolak belakang dengan keterangan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro pada 4 Desember 2018. Aloysius menyebut laba Pertamina kuartal III 2018 tercatat hanya Rp 5 triliun, atau anjlok 81% dibanding periode sama tahun 2017.

Saat dikonfirmasi, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, ketentuan umum laporan keuangan audit bisa sampai April dan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) digelar paling lambat Juni. Dia bilang, ada ketentuan khusus dari Kementerian BUMN supaya bisa diselesaikan Februari.

“Nah, Pertamina sudah kirim surat minta mundur sampai Maret karena BPK belum selesai audit yang PSO. Saya dapat info BPK sudah selesai review PSO dan hasilnya akan diserahkan ke KAP (auditor independen) yang mengaudit laporan keuangan Pertamina,” katanya kepada detikFinance dalam keterangan tertulis.

“Semoga sebelum akhir Maret sudah final dan bisa dikirim ke Kementerian BUMN,” sambungnya.

Orang nomor satu Pertamina, Nicke Widyawati pun akhirnya buka suara. Dia menepis rumor yang menyatakan Pertamina rugi di 2018. Sebutnya, itu kabar bohong.

“Jadi kalau ada yang mengatakan Pertamina rugi itu adalah bohong besar,” kata Nicke dikutip dari CNBC Indonesia.

Nicke menjelaskan, perseroan berhasil mengantongi laba di atas US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun (kurs Rp 14.000).

“Keuntungan di 2018 di atas US$ 2 miliar,” tambah Nicke.

Nicke melanjutkan, pendapatan Pertamina tumbuh menjadi US$ 56 miliar dibanding tahun sebelumnya US$ 42,5 miliar. (ang/ang)

Rutin Bercinta Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, bercinta bisa membuat hubungan makin dekat, menghilangkan stres, memperbaiki tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, satu lagi yang mungkin Anda tidak tahu, bercinta bisa memperlambat penuaan.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti University of California, Amerika Serikat, meneliti 129 orang yang telah berstatus sebagai ibu. Para partisipan diminta mencatat kepuasan hubungan seksnya. Selain itu, peneliti juga mengambil sampel darah untuk mengetahui indikator penuaan di sel-sel tubuh.

Seperti dikutip laman Reader’s Digest, Selasa (19/3/2019) peneliti menemukan bahwa istri yang bercinta sekali dalam seminggu memiliki telomer yang jauh lebih panjang. Telomer, merupakan tutup pelindung pada DNA yang menentukan umur sel.

Sebenarnya, telomer akan rusak akibat pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, dan proses alami yakni penuaan. Namun, hubungan seks yang teratur dapat memperbaiki kerusakan itu, sehingga tetap awet muda.

Telomer yang pendek, menurut peneliti, identik dengan masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Sementara, telomer yang lebih panjang tampaknya bisa mencegah penyakit.

PSG Akan Buru Griezmann Jika Neymar atau Mbappe Dilego

ParisParis St. Germain telah menetapkan target andai Kylian Mbappe atau Neymar mesti dijual. PSG siap memburu bomber Atletico Madrid Antoine Griezmann.

Bintang sepakbola Prancis itu dikabarkan kembali meragukan masa depannya setelah Atletico tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Padahal Griezmann baru di musim panas lalu meneken kontrak baru sampai 2023, setelah menolak Barcelona.

Dilaporkan AS, Griezmann memiliki klausul pelepasan senilai 200 juta euro (Rp 3,22 triliun). Dengan banderol setinggi itu, cuma beberapa klub saja yang mampu menebusnya. Salah satunya PSG.


Los Rojiblancos tidak akan mau menegosiasikan transfer Griezmann dengan tawaran yang lebih rendah. Apalagi Les Parisiens diketahui menerima tawaran wah untuk Mbappe dan Neymar.
Sementara itu, Griezmann sendiri diklaim tidak akan keberatan untuk kembali ke Prancis. Marseille disebut-sebut meminati jasa pemenang Piala Dunia 2018 itu, tapi PSG menjadi satu-satunya tujuan Griezmann kalau memutuskan untuk pulang kampung.

Kendati demikian, PSG tidak akan menjadi pemburu tunggal tanda tangan Griezmann. Barcelona juga dikabarkan akan kembali mencoba menggoda pesepakbola berusia 27 tahun itu.

Bukan rahasia lagi, Barca ingin memiliki penyerang lain untuk menggantikan Luis Suarez yang kini sudah berusia 32 tahun. (rin/yna)


Harga Sekelas, Ambil Wuling Almaz atau Honda HR-V?

Liputan6.com, Jakarta Wuling Almaz langsung buat geger bursa SUV nasional. Dengan fitur yang berlimpah, lagi-lagi harga yang diberikan Wuling jauh di kompetitor yang punya fitur setara.

Kalau melihat spesifikasi mesin yang dilengkapi turbocharger, seharusnya Wuling Almaz head to head dengan Honda CR-V. Tapi karena banderolnya Rp318,8 juta maka Almaz bermain di perkarangan Honda HR-V.

Apalagi di segmen SUV crossover penghuni paling laris adalah Honda HR-V, jelas ini membuka peluang Wuling Almaz untuk menggeser konsumen Honda untuk berpaling padanya.

Ada satu tipe Honda HR-V yang punya harga sangat mirip dengan Wuling Almaz. Ya, Honda HR-V 1.5 E harganya Rp317,5 juta. Dengan harga beda tipis, manakah yang layak dipilih?

Desain dan Dimensi

Wuling Almaz secara dimensi memang lebih besar dari Honda HR-V. Ya, panjang, lebar dan tingginya berurutan 4.655 mm, 1.835 mm dan 1.760 mm. Sementara Honda HR-V, 4.294 mm, 1.772 mm, dan 1.580 mm. Perbandingan dimensi sebenarnya sudah bisa terlihat jelas dari jarak sumbu roda. Wuling Almaz 2.750 mm sedangkan Honda HR-V 2.610 mm.

Walaun kabinnya cukup untuk 7 penumpang, tetapi Wuling Almaz diformat 5 penumpang. Duduk di dalam pun terasa lapang, terutama di baris kedua. Honda HR-V bukan berarti sempit. Ukuran lebih kecil dari Almaz, tapi masih menawarkan akomodasi luas khas Honda. Jok belakangnya fleksibel dan dapat dilipat rata lantai.

Saat menilai desain eksterior, bagi kami keduanya atraktif. Honda HR-V masih belum bosan dilihat, meski sudah beberapa tahun dipasarkan. Untuk model facelift ini, sedikit mendapat penyegaran di fasad maupun buritan. Almaz berkata lain. Sosoknya masih menjadi magnet kala bertemu di jalan. Desain wajah masa kini dengan gaya lampu bertingkat, cukup memberi karakter. Meski mirip dengan desain mobil lain, tak dipungkiri, banyak yang menyukainya. Sayang desain peleknya kurang menarik. Perpaduan dua warna yang dilingkari hitam, membuat ukurannya nampak kecil.

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum, Mudah Bisa Online

Sebenarnya banyak jasa kurir atau ekspedisi yang beroperasi di Indonesia. Jasa pengiriman memang masih banyak diminati karena memudahkan masyarakat untuk berkirim paket. Apa lagi didukung dengan aktivitas jual beli online yang semakin menjamur.

Terlepas dari banyaknya jasa ekspedisi di Indonesia, Pos Indonesia rupanya tak mau kalah saing. Pos Indonesia menawarkan kelebihan pada layanan-layanannya. Berikut kelebihan yang dimiliki Pos Indonesia:

1. Terpercaya sejak dulu

Pos Indonesia telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1746. Melihat sepak terjang Pos Indonesia yang sudah lebih dari 200 tahun, membuat banyak orang tak meragukan lagi pelayanan dari Pos Indonesia.

2. Standar harga pengiriman yang jelas

PT Pos Indonesia memiliki standar harga pengiriman yang jelas untuk setiap daerah. Masyarakat dapat melihat langsung tarif pengiriman Pos sesuai daerah tujuan di laman Pos Indonesia. Tarif pengiriman juga disesuaikan dengan jarak dan jenis layanan yang dipilih.

3. Cepat dan aman

Pengiriman oleh Pos Indonesia dilakukan setiap hari dari ke seluruh wilayah di Tanah Air. Hal ini tentu membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat.

Selain itu salah satu layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia untuk menjamin keamanan barang kiriman adalah dengan menyediakan fasilitas cek kiriman secara online.