Top 3 Berita Hari Ini: Jelang Imlek, Ketahui Warna-Warna Keberuntungan di Tahun Babi Tanah

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang warna-warna keberuntungan di Tahun Babi Tanah, waktu yang tepat untuk menghindari kopi, dan potret cantik Novita Hardini. Tahun Baru Imlek segera tiba, terdapat sejumlah warna mendekatkan keberuntungan pun ramai jadi sorotan.

Merah, misalnya, dianggap sanggup memberi Anda semangat dan kebahagiaan. Warna ini juga dipercaya mendatangkan kesan positif pada orang di sekitar Anda.

Sementara itu, ada waktu yang tepat untuk menghindari minum kopi berdasarkan penelitian.Anda harus menghindari mengonsumsi kafein dari sekitar jam 2 siang, atau setidaknya tujuh jam sebelum tidur. Pasalnya, kebiasaan itu dapat mempengaruhi tidur Anda secara negatif.

Pelacak tidur mengungkapkan bahwa kafein dikonsumsi tepat sebelum tidur, tiga jam sebelum tidur, dan hingga enam jam sebelum tidur menghasilkan efek gangguan pada tidur. Begitu pula minum kopi larut malam juga bisa memperdayai tubuh Anda menjadi jet lag – dengan mengganggu jam internal tubuh.

Selain warna-warna mendekatkan keberuntungan saat Imlek dan waktu yang tepat menghindari minum kopi, foto-foto cantik istri Wakil Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Novita Hardini pun menyita perhatian. Baik Nur Arifin dan sang istri tak jarang membagikan beragam potret di media sosial pribadi.

Seperti foto yang menampilkan hangatnya kebersamaan Nur Arifin dan sang istri. Ibu tiga anak ini terlihat anggun dalam balutan atasan hijau tosca muda dengan aksen di beberapa sisi, hijau berwarna krem, sedangkan Nur Arifin memakai kemeja putih.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Jelang Imlek, Ketahui Warna-Warna Keberuntungan di Tahun Babi Tanah 

Hitung mundur tahun baru Imlek makin dekat. Ragam persiapan untuk menyambut tahun baru bisa jadi sudah Anda lakukan. Bersama dengan itu, sederet harapan baru atau yang belum tercapai tahun lalu juga kiranya sudah mulai disusun.

Di samping kerja keras, ada hal lain yang mungkin Anda butuhkan dalam mencapai rentetan asa tersebut, yakni sedikit keberuntungan. Dirangkum Fimela.com, warna-warna inilah yang akan mendekatkan keberuntungan untuk Anda di tahun Babi Tanah.

Selanjutnya…

Waktu yang Tepat untuk Menghindari Minum Kopi Berdasarkan Penelitian

Banyak dari kita, minum kopi merupakan bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian. Minum kopi memberi kita dorongan energi yang sangat dibutuhkan saat pagi atau sore hari.

Dilansir dari Independent.co.uk, Senin, 21 Januari 2019, menurut penelitian, Anda harus menghindari mengonsumsi kafein dari sekitar jam 2 siang, atau setidaknya tujuh jam sebelum tidur. Pasalnya, kebiasaan itu dapat mempengaruhi tidur Anda secara negatif.

Selanjutnya…

Sederet Potret Cantik Novita Hardini, Istri Wakil Bupati Trenggalek

Wakil Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin belakangan jadi sorotan usai dikabarkan menghilang tanpa pesan sejak 9 Januari 2019 lalu. Pada 19 Januari 2019, suami Novita Hardini ini disebut meninggalkan tugas sebagai Wabup Trenggalek.

Setelah kabar ini mencuat, Nur Arifin terlihat mengunggah tiga buah video tengah mengemukakan pendapat dalam bahasa Inggris melalui akun Instagram pribadi. Kegiatan ini tidak lain ketika perjalanannya ke Eropa pada 11-19 Januari 2019.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula, Gampang Ditiru

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, memulai bisnis sendiri sangatlah mudah. Ingin memiliki penghasilan, namun tidak mengeluarkan banyak pengeluaran untuk jualan merupakan salah satu hal yang diinginkan bagi penjual. Saat ini jualan online sedang eksis-eksisnya, dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan jualan online, semakin banyak usaha yang dipasarkan dan juga menimbulkan persaingan dalam media sosial.

Dengan berjualan online, Anda tidak membutuhkan modal besar. Tetapi, kemungkinan akan mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Jadi nggak heran, banyak orang yang berbondong-bondong pindah dari seorang pegawai menjadi penjual online.

Namun perlu diingat, kalau jualan tentunya memiliki hambatannya masing-masing. Sebagai pemula, Anda nggak perlu takut buat memulai berjualan online. Sebagai langkah awal, yuk simal ulasan Liputan6.com mengenai beberapa cara jualan online tanpa modal buat pemula yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Jualan Online

1. Menentukan Mau Apa yang Dijual

Bisnis memiliki 2 macam, yaitu menjual produk dan menjual jasa. Sebelum Anda memulai untuk jualan online, Anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan Anda tawarkan ke konsumen. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan barang secara online.

Cara jualan online produk ini, dapat Anda lakukan dengan membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan Anda atau bisa juga menggunakan sistem dropship. Nggak hanya berjualan produk fisik, Anda juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa dan sejenisnya.

Nah, kalau Anda mau menawarkan jasa dalam jualan secara online, ada beberapa contoh penawaran jasa yang bisa Anda coba. Misalnya, jasa pengetikan, jasa penerjemah atau jasa pembuatan website.

Apapun pilihan jualannya, yang terpenting adalah Anda harus benar-benar menyukai bisnis tersebut. Hal ini sangat penting, agar jualan online Anda dapat bertahan dan berkembang dalam jangka waktu panjang.

2. Membangun Pondasi Media Sosial

Memilih untuk jualan online, berarti Anda harus aktif melakukan pemasaran di internet atau media sosial. Soalnya nih, salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak luas, adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Di media sosial, Anda dapat membuat akun jualan online di Instagram, Twitter, Facebook, atau bahkan aplikasi e-commerce.

3. Membuat Website Pribadi

Cara jualan online selanjutnya adalah dengan membuat website khusus jualan Anda. Pada tahap awal, Anda dapat menggunakan media sosial untuk perkenalan bisnisnya. Namun, untuk mengembangkan bisnis Anda, sebaiknya Anda memiliki website pribadi yang nantinya dapat digunakan sebagai ‘tempat jualan’ Anda.

Namun, pembuatan sebuah website membutuhkan biaya hosting yang per bulannya sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000 dan biaya domain sekitar Rp 100.000 per tahun. Jadi per bulannya Anda membutuhkan biaya sekitar Rp 40.000.

Jika Anda mampu mendapatkan keuntungan lebih dari biaya tersebut, maka Anda sudah ‘balik modal’, dan bisa mencoba memanfaatkan website sebagai tempat jualan Anda.

3 dari 5 halaman

Pemasaran yang tepat sasaran

4. Melakukan Pemasaran yang Tepat

Terdapat tiga komunitas orang yang menggunakan internet. Pertama, untuk mencari informasi, kedua untuk mencari hiburan, dan yang terakhir untuk membeli produk atau jasa.

Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda.

5. Berikan Nilai Tambah

Cara jualan online terakhir yang bisa Anda lakukan, untuk meningkatkan konsumen, adalah dengan memberikan nilai tambah. Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang bisa Anda berikan seperti layanan yang cepat dan mudah. Anda pun dapat memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Nilai tambah tersebut dapat menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Semakin bagus nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menggunakan Media Online untuk Jualan

1. Dapat dijalankan kapan saja

Dengan berjualan online, Anda tidak perlu khawatir waktu Anda akan habis untuk berjualan saja. Berjualan online, Andalah yang menentukan waktu bekerjanya.

2. Modal yang rendah

Jumlah modal menjadi hal yang sensitif bagi seseorang yang ingin memulai bisnisnya. Namun, dengan jualan online, Anda tidak perlu merogoh kocek besar-besaran. Anda hanya memerlukan perangkat seluler atau computer dan sejenisnya serta koneksi internet yang lancar.

3. Dapat dijalankan di mana saja

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda harus pergi ke warung atau ke tempat yang jauh. Anda cukup membawa perangkat seluler Anda dan memantau website tempat Anda menjual produk Anda.

4. Dapat menjangkau masyarakat luas

Cakupan jangkauan jualan online juga sangat luas. Hal ini disebabkan karena saat ini setiap orang memakai koneksi internet dan dapat saling terhubung. Dengan syarat salah satu dari mereka mengetahui mengenai seseorang tersebut, maupun informasi yang didapatkannya.

5. Biaya operasional murah

Biaya operasional murah terdengar logis dalam menjalankan jualan online. Hal ini diakibatkan karena Anda hanya perlu menginput produk dan mempromosikannya kepada rekan-rekan Anda. Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim karena konsumen yang akan menanggungnya.

5 dari 5 halaman

Menjadi bos dan membuka lowongan pekerjaan

6. Berpeluang besar

Sebagian masyarakat percaya bahwa membeli produk secara online lebih baik. Hal ini terjadi karena sering sekali harga produk yang sama, lebih murah di toko online daripada di toko offline.  

Inilah yang membuat peluang Anda lebih besar dalam menjalankan jualan online, karena banyak masyarakat yang memiliki pendapat seperti itu.

7. Anda dapat menjadi bos bagi diri sendiri

Saat menjalankan jualan online, Anda dapat membuat peraturan atau bahkan bekerja tanpa peraturan bagi diri Anda sendiri. Hal ini terjadi karena Andalah atasan untuk diri Anda sendiri sehingga tidak ada yang akan mengatur Anda selain konsumen.

8. Tidak membutuhkan tempat tertentu

Anda tidak perlu pusing memikirkan di mana Anda harus membangun gedung untuk berjualan. Pembangunan gedung untuk jualan, belum memastikan bahwa jualan Anda akan lancar. Oleh karena itu, jualan online sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengais rezeki.

9. Membuka lowongan pekerjaan

Di luar sana memang banyak lowongan pekerjaan, akan tetapi tidak memiliki persyaratan kerja sesimpel dan sesederhana di jualan online.

10. Mendapatkan kepercayaan konsumen

Anda dapat memilih untuk berjualan atau berbisnis online di salah satu website yang memang menjamin keamanan transaksi dengan pembeli. Sehingga, pembeli tidak takut lagi dan tidak berpikir bahwa Anda sedang berusaha melakukan penipuan terhadapnya.


Reporter: Nisa Mutia sari

Tips dari Yosi Project Pop Bila Edric Tjandra Bertengkar dengan Istri

Liputan6.com, Jakarta Edric Tjandra resmi menyandang status baru, yaitu sebagai suami. Saat menggelar pemberkatan di Eternity Chapel, Nusa Dua, Bali, tak sedikit sahabat Edric Tjandra yang hadir.

Selain Geng Tempe dan Menteri Ceria, hadir pula Yosi Project Pop. Dia hadir mengenakan atasan batik.

Yosi Project Pop mengaku senang akhirnya Edric Tjandra melepas status lajang yang cukup lama disandangnya.

“Hari ini akhirnya dia (Edric Tjandra) berani ambil keputusan besar untuk seorang laki-laki berstatus menjadi seorang suami,” ungkap Yosi Project Pop, jelang resepsi pernikahan Edric Tjandra, Jumat (18/1/2019).

2 dari 3 halaman

Pertengkaran Biasa

Sebagai seorang teman yang telah 12 tahun menikah, Yosi Project Pop punya cara jitu yang ia bagi untuk Edric Tjandra agar pernikahannya langgeng.

“Kalau pernikahan pasti tidak pernah lepas dari pertengkaran itu wajar, itu proses pendewasaan. Kalau itu terjadi ingat satu hal jangan lah menjadi orang yang mencari siapa yang salah atau benar. Sebagai pemimpin fokuslah pada keputusan yang benar,” tutur Yosi.

3 dari 3 halaman

Biar Langgeng

Yosi Project Pop juga memberi saran kepada Edric Tjandra, untuk bisa saling menerima.

“Jadi diri sendiri, saling menerima satu sama lain, dalam pernikahan yang sulit proses penerimaan. Kita menemukan yang tak kita temuin saat pacaran. Sifat-sifat tersembunyi terlihat saat menikah. Perbedaan-perbedaan saat pernikahan. Jalani dengan santai, penuh cinta dan ketawa,” tuturnya.

4 Jurus Jitu Atasi Rasa Gugup dan Detak Jantung yang Begitu Cepat

Liputan6.com, Jakarta – Terkadang rasa gugup dan detak jantung yang begitu cepat sulit dihindari. Biasanya hal ini terjadi ketika sedang ingin bertemu dengan orang yang disukai hingga persentasi di depan atasan serta wawancara kerja.

Nyatanya, rasa gugup dan detak jantung kencang ini normal terjadi pada manusia. Namun, Anda harus bisa melewatinya.

Kadang, rasa gugup yang terlalu besar bisa mengacaukan segalanya. Sehingga diperlukan sejumlah cara untuk bisa meredamnya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Sabtu (19/1/2019) berikut 4 jurus jitu hadapi rasa gugup dan detak jantung cepat:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Manuver Valsava

Manuver Valsava adalah teknik pernapasan yang mengarah pada upaya perubahan detak jantung yang berdegup kencang.

Bagaimana cara melakukannya:

Pertama, Anda bisa menjepit hidung dengan tangan sebelah kiri. Kedua, tutup mulutmu dengan tangan kanan lalu buang dan hirup napas seolah-olah sedang menggelembungkan balon.

Meski proses ini dirasa tidak nyaman, tetapi Anda harus tetap tahan. Lakukan ini selama 10 sampai 15 menit.

3 dari 5 halaman

2. Gunakan Air Dingin

Metode menggunakan air dingin (air es) sangat efektif untuk merangsang saraf dan membantu mengendalikan detak jantung ke posisi normal.

Jika Anda merasakan detak jantung berdetak cepat dan tak tentu iramanya, maka ambil satu mangkuk besar air dingin dan percikan ke wajah.

Atau, Anda bisa langsung memasukan bagian wajah ke air dingin tersebut. Lakukan secara berulang maka kondisi detak jantung akan normal.

4 dari 5 halaman

3. Minum Air Es

Jika sebelumnya air dingin hanya dibasuk ke muka, maka teknik yang satu ini menyarankan untuk meminum air tersebut.

Ya, sangat simple. Hanya butuh minum air dingin yang nantinya langsung merangsang saraf. Pada gilirannya, air dingin akan membuat detak jantung Anda melambat dan normal.

5 dari 5 halaman

4. Tarik Napas Panjang

Cara yang satu ini memang simpel namun terbukti ampuh. Hanya dengan mengatur napasmu mu sendiri. Jika rasa degdegan telah melanda dan detak jantung sudah tak menentu maka tarik napas panjang.

Tahan napas ini sampai hitungan lima atau selama yang Anda bisa. Lalu buang napas secara perlahan.

Tarik napas kembali lalu buang secara perlahan.

Menunggu Kembalinya BTP, The New Ahok

Liputan6.com, Jakarta “Saya bersyukur kepada Tuhan, Allah pencipta langit dan bumi, tidak terpilih di Pilkada DKI,”.

Itulah penggalan surat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dia unggah ke dalam akun instagram resminya pada Kamis, 17 Januari 2019 malam. Surat itu dia tulis di Mako Brimob dengan tangannya sendiri.

Setelah berada di dalam jeruji besi selama hampir 2 tahun, dia merenung jika dia terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk kedua kalinya, dia akan tambah arogan dan kasar.

“Jika saya terpilih lagi di pilkada tersebut, saya hanyalah seorang laki-laki yang menguasai balai kota saja, tetapi saya di sini (Mako Brimob) belajar menguasai diri seumur hidup saya,” lanjutnya menuliskan.

Seandainya waktu bisa diputar kembali, Ahok menyatakan lebih memilih ditahan selama dua tahun di Mako Brimob, daripada harus menjalani tugas sebagai orang nomor satu di Ibu Kota. Menurutnya, menjadi seorang gubernur hanya akan membuatnya menyakiti hati orang lain.

“Saya ditanya jika waktu bisa diputar kembali, mau pilih yang mana? Saya akan katakan saya memilih ditahan di Mako untuk belajar dua tahun (liburan remisi 3,5 bulan) untuk bisa menguasai diri seumur hidupku. Jika terpilih lagi, aku akan semakin arogan dan kasar dan semakin menyakiti hati banyak orang,” katanya menandaskan.

Setelah keluar dari penjara, Ahok ingin menjalani kehidupan yang baru. Dia tak ingin lagi dipanggil Ahok, melainkan BTP yang merupakan singkatan namanya Basuki Tjahaja Purnama.

Selain itu, beredar kabar Ahok akan segera menikah setelah keluar dari penjara. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyatakan, tak lama setelah bebas Ahok akan menikah dengan pujaan hatinya.

“Tanggal 15 Februari nikahnya, nanti saya saksi juga,” kata Pras saat dihubungi, Jumat (15/1/2019).

Ahok menurut Pras akan menikahi Bripda Puput Nastiti Devi di Jakarta. “Tempatnya rahasia, doakan saja lancar,” kata Pras.

Bukan hanya itu, Ahok mengaku dirinya mendengar jika kebebasan dirinya nanti akan disambut oleh banyak pihak. Ia pun meminta agar hal tersebut tidak dilakukan karena bisa mengganggu ketertiban di jalan umum.

Namun, dia bersyukur hal itu menandakan banyak orang yang sayang padanya.

“Terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini untuk saya. Tidak pernah dalam pengalaman hidup saya bisa menerima banyak pemberian dari makanan, buah-buahan, pakaian, buku-buku, dan lain-lain dari saudara-saudara. Saya merasa begitu dikasihi. Dan kasih yang saudara-saudara berikan kepada saya lebih baik daripada emas dan perak maupun dibandingkan kekayaan yang besar,” tulis Ahok.

2 dari 4 halaman

Rindu untuk Ahok

Ahok akan bebas pada 24 Januari 2019. Bebasnya Ahok dari tahanan usai dirinya menjalani vonis hukuman dua tahun penjara dikurangi remisi 3 bulan 15 hari.

Ahok telah menjalani hukuman sejak 9 Mei 2017 setelah divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Jakarta Utara.

Majelis hakim menyatakan Ahok terbukti melakukan penodaan agama dalam pidatonya di Kepulauan Seribu pada 2016 dan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara.

Beragam kegiatan pun sepertinya sudah direncanakan Ahok usai bebas dari penjara nanti. Seperti akan jadi pembicara, terjun kembali ke dunia politik, pergi ke luar negeri, hingga jalan-jalan bersama keluarga.

Meski kebebasan Ahok masih beberapa hari lagi, rupanya, sang mantan Gubernur DKI Jakarta sudah dirindukan banyak orang. Salah satunya seperti yang diunggah akun sosial media Instagram @save.ahok.

Mengunggah foto Ahok pada 13 Januari 2019, akun tersebut juga mengatakan menunggu.

Menunggu. #saveahok #ahok #basukibtp #btp,” tulis @save.ahok.

Rupanya, unggahan tersebut mendapat hujanan rindu dari para penggemar Ahok. Banyak masyarakat yang rindu akan sosok pria asli Belitung ini.

Aku termasuk orang yang paling menunggu kehadiran Beliau ….. 🙏🙏🙏👍👍👍❤❤❤😘😘😘,” kata @wahyu_wijaya__.

😢😢 dah gak sabar nunggu bapakku yg humble,” tulis @kezialasmaria.

Tak hanya itu, warganet juga tak sabar menanti Ahok kembali bersinar usai bebas dari tahanan.

MENUNGGU SANG PURNAMA BERSINAR KEMBALI. SANG PURNAMA PENUH DGN KERJAKERAS YG SLLU DIFITNAH TETAPI ALLAH SELALU DISISI BELIAU. SEHAT SELALU BAPAK,” ucap @iqbal.inst.

Menunggu mutiara yg segera bebas semoga sehat sll Aamiin…. Pk Ahok @save.ahok …kangen dgn canda tawa mu,” kata @yuni_zaen_.

3 dari 4 halaman

Surat Ahok

“Terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini untuk saya. Tidak pernah dalam pengalaman hidup saya bisa menerima banyak pemberian dari makanan, buah-buahan, pakaian, buku-buku, dan lain-lain dari saudara-saudara. Saya merasa begitu dikasihi. Dan kasih yang saudara-saudara berikan kepada saya lebih baik daripada emas dan perak maupun dibandingkan kekayaan yang besar.

Saya mendengar ada yang mau menyambut hari kebebasan saya di Mako Brimob bahkan ada yang mau menginap di depan Mako Brimob. Saya bebas tanggal 24 Januari 2019 adalah hari Kamis hari orang orang bekerja, jalanan di depan Mako Brimob dan di depan Lapas Cipinang adalah satu-satunya jalan utama bagi saudara-saudara kita yang mau mencari nafkah. Saya sarankan demi untuk kebaikan dan ketertiban umum bersama, dan untuk menolong saya, sebaiknya saudara-saudara tidak melakukan penyambutan apalagi menginap.

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, Allah Pencipta langit dan bumi bahwa saya diijinkan untuk ditahan di Mako Brimob. Saya bersyukur diijinkan tidak terpilih di Pilkada DKI 2017, Jika saya terpilih lagi di Pilkada tersebut saya hanyalah seorang laki-laki yang menguasai balaikota saja, tetapi saya di sini belajar menguasai diri seumur hidup saya. Kuasai balaikota hanya untuk 5 tahun lagi. saya Jika ditanya Jika waktu bisa diputar kembali, mau pilih yang mana? saya akan katakan Saya memilih ditahan di Mako untuk belajar 2 tahun (liburan remisi 3,5 bulan), untuk bisa menguasai diri seumur hidupku. Jika terpilih lagi aku akan semakin arogan dan kasar dan semakin menyakiti hati banyak orang. pada kesempatan ini saya juga mau sampaikan kepada ahokers, para PNS DKI, para pembenci ku sekalipun, aku sampaikan mohon maaf atas segala tutur kata, sikap, perbuatan yang disengaja maupun tidak sengaja menyakiti hati dan perasaan saudara dan anggota keluarganya. saya mohon maaf dan saya keluar dari sini dengan harapan panggil saya BTP bukan Ahok.

Pemilu dan pilpres 2019 akan dilangsungkan tanggal 17 April 2019. saya menghimbau seluruh ahokers jangan ada yang Golput. kita perlu menegakkan empat pilar bernegara kita yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI dengan cara memiliki partai politik yang mau menegakkan empat pilar di atas di seluruh Indonesia, kita harus mendukung agar di DPRD, DPRD, dan DPR RI maupun DPD RI memiliki jumlah kursi yang mencapai di atas 30 persen untuk partai yang teruji dan berkomitmen pada Pancasila.

Saya ingin mengutip pidato Presiden Soekarno yang saya kutip dari buku Revolusi BELUM SELESAI, kumpulan pidato Presiden Soekarno 30 September 1965-Pelengkap Nawaksara (10 Januari 1967), Penyunting: Budi Setiono dan Bonnie Triyana, terbitan serambi (www.serambi.co.id). Apa yang Presiden Soekarno sampai kan aku harap juga Diterima menjadi pikiran dan harapan aku kepada seluruh ahokers dimanapun domisili saudara: ” saudara-saudara. Pancasila adalah jiwa kita, bukan hanya jiwaku. tetapi ialah jiwa Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dan selama angkatan bersenjata Republik Indonesia berjiwa Pancasila Insya Allah swt, engkau akan tetap kuat, tetap kuat dan Sentosa, tetap kuat dan Sentosa, tetap kuat dan Sentosa menjadi tanduk daripada banteng Indonesia, yang telah kita dirikan pada tanggal 17 Agustus 1945…… Engkau adalah penegak daripada Pancasila dan Setialah kepada Pancasila itu, pegang Teguh kepada Pancasila sila Pancasila itu, sebagaimana aku pun berpegang teguh kepada Pancasila, bela Pancasila itu. bahkan sebagaimana ku katakan lagi tadi. saudara-saudara, laksana panggilan yang aku dapat dari pada atasan untuk memegang teguh kepada Pancasila ini.”

Majulah demi kebenaran, peri kemanusiaan dan keadilan.Ingatlah sejarah dan tujuan para proklamator dirikan negeri ini.

MERDEKA!

Salam dari Mako Brimob Basuki Tjahaja Purnama”

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kata-kata Gokil Lucu Ini Akan Musnahkan Stres Pikiranmu

Liputan6.com, Jakarta Terkadang rutinitas yang kamu hadapi membuat penat dan bosan. Ada saatnya kamu memiliki beban pekerjaan yang berat. Kalau sudah seperti itu, stres pun tak dapat dihindari. Pikiranmu jadi tak karuan, fokusmu hilang dan semua pekerjaanmu akhirnya terbengkalai.

Pastinya kamu tidak mau merasakan hal buruk seperti diatas. Apalagi stres juga bisa berdampak membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Kamu akan makin sedih dan terpuruk meratapi masalah-masalahmu. Eits, tapi ada banyak cara untuk menghilangkan stres kok. Kamu butuh hiburan?

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk liburan. Kamu bisa merefresh otakmu dengan hal-hal sederhana. Sesederhana membaca kata-kata gokil lucu yang akan menjadi penghiburanmu. Kata-kata gokil lucu cocok bagi kamu yang pikirannya sedang penat dan jenuh. Supaya tidak stress dan nantinya akan berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya kamu simak kata-kata gokil lucu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kata-kata gokil lucu untuk kamu yang ingin menghilangkan stres Jumat (18/1/2019). Tak perlu repot-repot mencari penghibur lain. Berikut kata-kata gokil lucu untukmu.

2 dari 5 halaman

Cara agar berjodoh dengan si dia

Bukan Salah Budi

Berhati hatilah jika ingin membalas budi, karena belum tentu budi yang melakukannya.

Mpok dan Bank Indonesia

Sebenarnya, yang melahirkan uang adalah Mpok Indonesia. Bank Indonesia cuma menanam benih.

Pokoknya Harus Jodoh

Ya Tuhan jika dia bukan JODOHKU, Tolong hapuskan kata BUKAN dari hidup ini.

Jangan Lupa Minta Kembalian

Dimana ada kelebihan, pastilah disitu ada kembalian.

Penyebab Kematian Terbesar

Hasil penelitian para ahli kedokteran, bahwa ternyata 100% penyebab kematian seseorang adalah jantung, yaitu JANTUNGNYA BERHENTI BERDENYUT

Bayar Hutang Dulu Baru Pergi

Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, jangan biarkan ia pergi, sebelum dia melunasi semua utangnya.

Jangan Sombong!

Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat 3.

Balas Dendam

Jika seseorang melemparmu dengan batu, balaslah dengan bunga..sekalian dengan potnya.

Uang memang penjamin kebahagiaan

Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

3 dari 5 halaman

Cara agar tetap diingat

Dosa Besar!

Sebuah dosa besar apabila seorang lelaki menggoda istri orang lalu menikahi suaminya.

Obat Darah Rendah

Ternyata air ludah bisa nyembuhin darah rendah. Coba aja ludahin muka temanmu yang sakit darah rendah 2 detik langsung darah tinggi.

Jodoh ditangan Tuhan

Jodoh Itu Di Tangan Tuhan, Tapi Jika Sudah 27 Tahun, Tuhan Lepas Tangan!

Membuang Waktu

Wasting time hanyalah membuang waktu

Cara untuk tetap diingat

Cara terbaik dan mudah untuk membuat orang lain mengingatmu adalah pinjamlah uang mereka.

Hidup dan Katering

Hidup pasti banyak rintangan. Kalau banyak rantangan berarti itu katering.

Semua Pekerjaan terasa ringan

Seberat apa pun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

Tidak usah Beli makanan mahal

Makanan semahal apa pun tidak akan terasa mahal jika tidak dibeli.

Pacar Orang

Sebenarnya pacar orang adalah pacar kita juga karena kita adalah orang.

4 dari 5 halaman

Cara memecahkan masalah

Takut Istri

Kalau Anda takut berbuat dosa, maka Anda adalah teman orang yang beriman.Jika Anda takut bohong, maka Anda adalah teman orang-orang sholeh.Anda takut berbuat baik, maka Anda temannya setan.Nah, kalau Anda takut sama istri, Anda teman saya!

Sungguh Dosa Besar

Sebuah dosa besar apabila seorang lelaki menggoda istri orang lalu menikahi suaminya.

Mana yang lebih ikut-ikutan

Cewek lebih suka ikut-ikutan dibanding cowok. Buktinya banyak cewek ikut-ikutan suka memakai celana, tapi nggak ada cowok yang ikutan memakai rok.

Pecahkan Masalahmu!

Jangan ragu dalam memecahkan masalah! Kecuali kalo ada tulisannya “memecahkan berarti membeli”.

Kebanyakan Gaya!

Menurut ilmu fisika, tekanan berbanding lurus dengan gaya. Jadi kalau kamu merasa hidupmu banyak tekanan. Mungkin karena kamu kebanyakan gaya.

Teman sejati yang sesungguhnya

Teman sejati itu seperti ingus, dia selalu hadir saat air mata datang dan jatuh.

5 dari 5 halaman

Sukses bukan bensin

Sukses itu dimulai dari diri sendiri, bukan dari nol seperti bensin.

Tinggalkan Jejakmu

Beberapa orang masuk ke kehidupan kita dan meninggalkan “jejak” di hati. Sementara yang lain, masuk ke kehidupan kita dan membuat kita ingin meninggalkan jejak di muka mereka.

Bentuk kepercayaan diri

Apa yang kulakukan saat melihat seseorang yang sangat menarik? Aku menatapnya, tersenyum padanya sampai capek terus…aku turunin deh itu cermin.

Sayang dan saython

Jangan mau dipanggil “Say”. Bisa jadi itu bukan “Sayang”, tapi “Saython”.

Tak Usah dipikirkan

Nggak usah mikirin omongan orang. Mereka aja ngomongnya nggak pakai pikiran.

Demikian kata-kata gokil lucu yang mungkin dapat menghiburmu. Bagaimana, apakah kumu sudah terhibur? Kata-kata gokil lucu ini juga akan menghilangkan stres yang saat ini kamu rasakan. Karena kamu pasti memerlukan penghiburan dalam menjalani pahitnya kehidupan. Bila kamu juga menemui orang yang butuh hiburan, kamu bisa membagikan kata-kata gokil lucu ini pada sahabatmu. Jangan terlalu serius! Hidup cuma sekali maka nikmati dengan santai.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Surat Ahok Jelang Bebas: Panggil Saya BTP

Liputan6.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menghirup udara bebas pada Kamis, 24 Januari 2019. Usai menjalani hukumannya selama 2 tahun penjara dikurangi remisi 3 bulan 15 hari di Mako Brimob, Ahok akan bebas.

Kebebasan Ahok rupanya sudah dinanti banyak pihak. Para penggemar Ahok pun menyampaikan kerinduannya melalui akun sosial media mereka masing-masing. Ketika bebas nanti, pria asli Belitung ini sudah memiliki banyak undangan.

Selain undangan untuk menjadi pembicara di berbagai acara, Ahok juga sudah mendapatkan undangan dari luar negeri.

Tetapi rupanya, Ahok lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya terlebih dahulu dengan liburan bersama.

Jelang kebebasannya, Ahok justru menuliskan surat yang diunggah oleh tim nya dalam akun Twitter @basuki_btp pada hari ini, Kamis (17/1/2019). Dalam surat tersebut, Ahok menuliskan ucapan terima kasih untuk orang-orang yang selalu mendukungnya.

Terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini untuk saya. Tidak pernah dalam pengalaman hidup saya bisa menerima banyak pemberian dari makanan, buah-buahan, pakaian, buku-buku, dan lain-lain dari saudara-saudara. Saya merasa begitu dikasihi. Dan kasih yang saudara-saudara berikan kepada saya lebih baik daripada emas dan perak maupun dibandingkan kekayaan yang besar,” tulis Ahok.

Selain itu, Ahok mengaku dirinya mendengar jika kebebasan dirinya nanti akan disambut oleh banyak pihak. Ia pun meminta agar hal tersebut tidak dilakukan karena bisa mengganggu ketertiban di jalan umum.

Ahok kemudian merasa bersyukur dirinya masuk ke penjara dan tidak terpilih kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta. Karena menurutnya, dia justru banyak belajar menguasai dirinya, bukan hanya Balai Kota saja.

Setelah bebas nanti, ia juga meminta agar tidak lagi dipanggil Ahok, melainkan BTP yang merupakan singkatan namanya Basuki Tjahaja Purnama.

Terakhir, Ahok juga mengingatkan para pendukungnya agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019.

2 dari 3 halaman

Isi Surat Lengkap

Berikut, isi surat lengkap Ahok:

Terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini untuk saya. Tidak pernah dalam pengalaman hidup saya bisa menerima banyak pemberian dari makanan, buah-buahan, pakaian, buku-buku, dan lain-lain dari saudara-saudara. Saya merasa begitu dikasihi. Dan kasih yang saudara-saudara berikan kepada saya lebih baik daripada emas dan perak maupun dibandingkan kekayaan yang besar.

Saya mendengar ada yang mau menyambut hari kebebasan saya di Mako Brimob bahkan ada yang mau menginap di depan Mako Brimob. Saya bebas tanggal 24 Januari 2019 adalah hari Kamis hari orang orang bekerja, jalanan di depan Mako Brimob dan di depan Lapas Cipinang adalah satu-satunya jalan utama bagi saudara-saudara kita yang mau mencari nafkah. Saya sarankan demi untuk kebaikan dan ketertiban umum bersama, dan untuk menolong saya, sebaiknya saudara-saudara tidak melakukan penyambutan apalagi menginap.

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, Allah Pencipta langit dan bumi bahwa saya diijinkan untuk ditahan di Mako Brimob. Saya bersyukur diijinkan tidak terpilih di Pilkada DKI 2017, Jika saya terpilih lagi di Pilkada tersebut saya hanyalah seorang laki-laki yang menguasai balaikota saja, tetapi saya di sini belajar menguasai diri seumur hidup saya. Kuasai balaikota hanya untuk 5 tahun lagi. saya Jika ditanya Jika waktu bisa diputar kembali, mau pilih yang mana? saya akan katakan Saya memilih ditahan di Mako untuk belajar 2 tahun (liburan remisi 3,5 bulan), untuk bisa menguasai diri seumur hidupku. Jika terpilih lagi aku akan semakin arogan dan kasar dan semakin menyakiti hati banyak orang. pada kesempatan ini saya juga mau sampaikan kepada ahokers, para PNS DKI, para pembenci ku sekalipun, aku sampaikan mohon maaf atas segala tutur kata, sikap, perbuatan yang disengaja maupun tidak sengaja menyakiti hati dan perasaan saudara dan anggota keluarganya. saya mohon maaf dan saya keluar dari sini dengan harapan panggil saya BTP bukan Ahok.

Pemilu dan pilpres 2019 akan dilangsungkan tanggal 17 April 2019. saya menghimbau seluruh ahokers jangan ada yang Golput. kita perlu menegakkan empat pilar bernegara kita yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI dengan cara memiliki partai politik yang mau menegakkan empat pilar di atas di seluruh Indonesia, kita harus mendukung agar di DPRD, DPRD, dan DPR RI maupun DPD RI memiliki jumlah kursi yang mencapai di atas 30 persen untuk partai yang teruji dan berkomitmen pada Pancasila.

Saya ingin mengutip pidato Presiden Soekarno yang saya kutip dari buku Revolusi BELUM SELESAI, kumpulan pidato Presiden Soekarno 30 September 1965-Pelengkap Nawaksara (10 Januari 1967), Penyunting: Budi Setiono dan Bonnie Triyana, terbitan serambi (www.serambi.co.id). Apa yang Presiden Soekarno sampai kan aku harap juga Diterima menjadi pikiran dan harapan aku kepada seluruh ahokers dimanapun domisili saudara: ” saudara-saudara. Pancasila adalah jiwa kita, bukan hanya jiwaku. tetapi ialah jiwa Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dan selama angkatan bersenjata Republik Indonesia berjiwa Pancasila Insya Allah swt, engkau akan tetap kuat, tetap kuat dan Sentosa, tetap kuat dan Sentosa, tetap kuat dan Sentosa menjadi tanduk daripada banteng Indonesia, yang telah kita dirikan pada tanggal 17 Agustus 1945…… Engkau adalah penegak daripada Pancasila dan Setialah kepada Pancasila itu, pegang Teguh kepada Pancasila sila Pancasila itu, sebagaimana aku pun berpegang teguh kepada Pancasila, bela Pancasila itu. bahkan sebagaimana ku katakan lagi tadi. saudara-saudara, laksana panggilan yang aku dapat dari pada atasan untuk memegang teguh kepada Pancasila ini.”

Majulah demi kebenaran, peri kemanusiaan dan keadilan.Ingatlah sejarah dan tujuan para proklamator dirikan negeri ini.

MERDEKA!

Salam dari Mako Brimob Basuki Tjahaja Purnama

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kostum Debat: Jokowi-Ma’ruf Merah Putih, Prabowo-Sandi Jas Hitam

Jakarta – Dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden akan bertarung di debat capres 2019. Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tampil dengan kostum berbeda.

Debat digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Jokowi-Ma’ruf berkostum merah putih sedangkan Prabowo-Sandi berjas hitam dengan kemeja putih sebagai dalaman.

Jokowi-Ma’ruf mengenakan atasan berwarna putih. Pakaian mereka dibalut jaket merah. Jokowi-Ma’ruf memakai jaket merah sesaat tiba di Hotel Bidakara yang merupakan arena debat capres 2019.

Sedangkan Prabowo-Sandiaga, keduanya mengenakan kemeja putih lengkap dengan dasi. Mereka membalut kemeja itu dengan jas hitam. Keduanya kompak mengenakan songkok.

Debat capres 2019 rencananya digelar pukul 20.00 WIB. Tema debat kali ini yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Keduanya telah tiba di lokasi acara dan siap berdebat.
(gbr/van) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tak Cukup Bukti, Laporan Baiq Nuril soal Dugaan Cabul Eks Kepsek Disetop

Mataram – Polisi menghentikan penanganan laporan Baiq Nuril Maknun atas eks Kepala SMAN 7 Mataram, H Muslim atas dugaan cabul.

“Benar, hasil gelar tadi yang dipimpin Direskrimum,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/1/2019).

“Hasil gelar perkara khusus, tidak cukup bukti untuk dinaikkan ke tingkat penyidikan,” imbuhnya.

Penghentian penanganan laporan ini juga disampaikan pengacara Baiq Nuril, Yan Mangandar Putra. Yan menyebut laporan tidak diteruskan karena dinilai tidak memenuhi syarat naik ke tahap penyidikan.

Menurut Yan, gelar perkara di polisi dihadiri ahli pidana, ahli bahasa, tim pengacara dan jajaran Polda NTB. Yan menyebut laporan tidak ditindaklanjuti ke penyidikan karena pembicaraan M bukan perbuatan cabul sebagaimana Pasal 294 ayat 2 butir satu KUHP.

“Karena dalam pasal tersebut menurut mereka tadi itu kan perbuatan cabul yang secara fisik, bukan verbal. Bahkan cabul secara verbal itu kan tidak dikenal dengan pasal 294,” tutur Yan.

Baiq Nuril melaporkan H Muslim karena diduga telah melakukan tindak pidana pencabulan terhadapnya. Dalam persidangan di PN Mataram, terungkap pembicaraan Muslim dengan Baiq Nuril via telepon. Eks atasan Baiq Nuril itu, kerap menceritakan hubungan badannya dengan wanita lain yang bukan istrinya.

Merasa dilecehkan, Baiq Nuril pun merekam percakapan itu lewat ponsel miliknya. Kasus itu berlangsung pada 2012 saat Baiq Nuril masih menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram. Sedangkan Muslim kala itu masih menjabat kepala sekolah.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Asa Terakhir untuk OSO

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan tetap tidak meloloskan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dalam pencalonan anggota legislatif DPD. Namun KPU memberikan waktu untuk OSO hingga 22 Januari 2019 untuk mundur dari pengurus parpol jika ingin lolos caleg DPD.

KPU menegaskan, OSO tidak diloloskan sebagai calon legislatif DPD karena menghormati konstitusi.

“Kita juga masih menghormati putusan konstitusi. Karena buat kami konstitusi di beberapa koran kemarin kata Pak Wahyu (Komisioner KPU), konstitusi adalah perjalanan kita menjalani tahapan pemilu,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra, di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

KPU tak memasukkan nama OSO ke Daftar Calon Tetap (DCT) karena, berdasarkan putusan MK, calon anggota DPD tidak boleh mengurus partai politik. Beda lagi dengan putusan Bawaslu yang meminta KPU memasukkan nama OSO ke DCT dan, jika terpilih, OSO harus mengundurkan diri.

Namun KPU berpegang teguh pada ketentuan MK. KPU juga sudah mengirimkan surat tanggapan terhadap putusan Bawaslu ke Bawaslu dan pihak OSO.

“Surat ke Bawaslu. Ya kita menjawab surat tanggapan ke Bawaslu,” kata Ilham.

Bawaslu sempat menyatakan ada akibat hukum yang ditimbulkan jika tak menjalankan putusan, salah satunya tak ada lagi calon anggota DPD karena SK penetapan DCT sudah dibatalkan putusan PTUN. Namun KPU menyiapkan antisipasi.

“Kita kan akan siapkan, nggak begitu keadaannya. Kita akan siapkan. Bahwa SK DCT-nya sudah disiapkan, artinya sudah kita putuskan. Artinya, orang-orang yang jadi calon-calon yang dipilih oleh partai. Itu kan sudah acc surat suaranya. Nggak masalah,” kata Ilham.

Protes karena OSO tidak dimasukkan ke DCT, massa pendukung OSO menggeruduk kantor KPU pada Rabu (16/1) siang kemarin. Mereka meminta KPU menetapkan nama OSO dimasukkan ke Daftar Calon Tetap anggota DPD.

“Kami menuntut KPU agar menetapkan OSO. Hari ini kami tunjukkan semangat muda kami kami genangi KPU dengan lautan manusia. Sudah kami katakan berulang kali, bila kata-kata kami tidak diindahkan, pemerintah dalam hal ini KPU, maka di depan jalanan akan kami genangi lautan manusia. Gedung ini akan kami runtuhkan,” kata sang orator di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Massa sempat terlibat saling dorong dengan anggota kepolisian yang menjaga kantor KPU. Massa bergerak saat orator memberi komando.

OSO pun terus berjuang agar dapat diloloskan menjadi calon legislatif DPD RI. Pengacara OSO, Dodi Abdul Kadir, menyiapkan langkah hukum selanjutnya.

Dodi mengungkapkan, dalam pertemuan antara KPU, PTUN, dan pihak OSO, PTUN menanyakan KPU soal pelaksanaan dari putusan PTUN yang meminta KPU memasukkan OSO ke DCT calon anggota legislatif.

“Tadi (saat pertemuan) secara gamblang KPU mengatakan belum menjalankan putusan PTUN, maka berdasarkan Pasal 116, PTUN akan membuat surat perintah kepada KPU untuk melaksanakan putusan PTUN, yang di dalamnya ada perintah kepada KPU untuk memuat Oesman Sapta sebagai calon anggota DPD pada Pemilu 2019,” kata Dodi saat dihubungi, Rabu (16/1).

Menurut Dodi, karena KPU belum menjalani putusan tersebut, PTUN akan mengirim surat yang meminta KPU mengeksekusi putusan yang meminta agar OSO dimasukkan ke DCT caleg DPD. Namun, jika surat sudah diterima dan KPU belum memasukkan OSO ke DCT caleg, tim hukum akan menempuh jalur hukum berikutnya.

“Apabila KPU tetap tak melaksanakan putusan PTUN dan putusan Bawaslu, maka tentunya kami akan melakukan tindakan hukum. Kami akan menindaklanjuti sesuai dengan Pasal 116 UU Tata Usaha Negara dan tentunya kami juga akan mempertimbangkan tindakan hukum lainnya, berupa baik tindakan hukum pidana dan perdata. Termasuk melaporkan KPU ke DKPP” kata Dodi.

Dodi menambahkan, jika KPU belum menjalankan putusan PTUN, pihak pengadilan bisa memerintahkan DPR hingga presiden agar KPU menjalankan putusan itu.

“Kalau juga KPU tak melaksanakan putusan pengadilan, maka pengadilan akan memerintahkan atasan KPU untuk memerintahkan KPU melaksanakan putusan pengadilan. Dalam hal ini kan atasannya itu kan DPR dan presiden,” ujar Dodi.

Menurut Dodi, alasan KPU berpegang teguh pada putusan Mahkamah Konstitusi dalam pencalonan DPD mengada-ada. Sebab, menurutnya, subjek dan objek hukum putusan MK dengan putusan PTUN berbeda.

“Perlu juga diketahui alasan yang dilakukan KPU bahwa ada putusan MK, itu adalah alasan yang mengada-ada. Putusan MK adalah subjek hukum dan objek hukum yang berbeda. Subjek hukumnya adalah pemerintah dan DPR, sedangkan objek hukumnya adalah undang-undang. Sedangkan putusan PTUN adalah objek hukumnya putusan tata usaha negara, sedangkan subjek hukumnya adalah pejabat tata usaha negara. Jadi beda putusan tata usaha dan UU,” jelasnya.

OSO masih memiliki kesempatan jika ingin lolos sebagai calon anggota legislatif. Namun syaratnya OSO harus mundur dari pengurus partai politik hingga batas waktu 22 Januari 2019.

“Kita memberikan kesempatan kepada Pak OSO untuk menyerahkan surat pengunduran diri sampai dengan tanggal 22 Januari,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Bawaslu sendiri sudah meminta KPU segera menjalankan perintah putusan mengenai pencalonan OSO, yang memutuskan agar meloloskan OSO sebagai calon anggota DPD.

“Kami menyampaikan bahwa sampai sore hari ini kami Bawaslu belum mendengar apa sikap dari KPU sampai hari ini. Karena kami belum menerima surat pemberitahuan secara resmi atas putusan Bawaslu tersebut,” kata Ketua Bawaslu Abhan di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/1).

(nvl/mae) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>