Kolaborasi dengan Rumah Zakat, Shopee Ikut Resmikan Hunian Sementara di Palu

Liputan6.com, Palu – Shopee yang merupakan e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, bermitra dengan lembaga kemanusiaan, Rumah Zakat, melanjutkan kontribusinya untuk mendukung upaya bantuan bencana di Palu-Donggala setelah gempa bumi dan tsunami pada Oktober lalu.

Shopee dan Rumah Zakat kembali berkolaborasi untuk membangun Hunian Sementara (Huntara) bagi para korban yang mengungsi akibat bencana. Menurut Data dan Informasi Bencana Tsunami dan Likuidasi di Sulawesi Tengah, masih ada lebih dari 50.000 keluarga yang menunggu giliran untuk ditempatkan di hunian sementara yang disiapkan oleh pemerintah dan lembaga kemanusiaan di kabupaten atau kota di sekitar Palu-Donggala.

Sejalan dengan ini, Shopee dan Rumah Zakat bekerja bersama untuk membangun Hunian Sementara (Huntara) tambahan di Kecamatan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Palu. Sampai Desember tahun lalu, total dua Huntara dan enam sekolah darurat sudah berhasil dibangun.

Tahun ini, Shopee dan Rumah Zakat memperbarui komitmen mereka untuk membangun empat Huntara tambahan untuk para korban di daerah tersebut. Ini ditandai dengan peresmian pembangunan Huntara oleh Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee, dan Didi Sabir sebagai Strategic Partnership Division Head Rumah Zakat, pada 22 Januari 2019.

“Shopee berkomitmen untuk mengambil bagian dalam membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Dalam hal ini kemitraan dengan Rumah Zakat, yang bertujuan untuk melanjutkan proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Palu dan Donggala,” tutur Rezky Yanuar pada Liputan6.com di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, 22 Januari 2019.

“Dengan melakukan donasi di platform kami, mengunjungi sekolah, dan menyediakan sumber daya untuk mendukung pembangunan fasilitas darurat adalah cara kontribusi berkelanjutan Shopee kepada para korban bencana,” sambungnya.

Acara peresemian juga dihadiri jajaran pemerintah Palu yang diwakili Imran M Lataha selaku Asisten Dua Wali Kota Palu dan Daeng Malatu selaku pemilik tanah yang dijadikan Huntara. Ada 200 huntara yang dibangun di lahan dengan luas sekitar 1 hektare tersebut yang terwujud berkat sinergi dari sejumlah donatur termasuk Shopee.

2 dari 2 halaman

Shopee

“Kami berharap setelah diserahkannya bangunan huntara ini, semua pihak, khususnya masyarakat dapat bergotong royong untuk menjaga dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada secara tepat,” ucap Imran.¬†Sementara pihak Rumah Zakat nantinya akan tetap menggandeng para donatur untuk dapat menambah 300 unit Huntara lagi sehingga total akan ada 500 unit huntara yang terbangun.

“Huntara yang baru kita resmikan ini sudah siap huni. Di tiap pintu sudah ada nama keluarga yang tinggal di sini. Setelah listrik tersambung, kemungkinan minggu depan sudah bisa ditinggali,” terang Didi Sabir.

Pada Oktober 2018, Shopee bermitra dengan Rumah Zakat dan tiga lembaga lainnya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Dompet Dhuafa, untuk mengumpulkan dana dan mendistribusikan berbagai paket donasi kepada para korban di Palu-Donggala.

Melalui kampanye #ShopeeBersamaPaluDonggala, pengguna diajak untuk membeli paket donasi bantuan di Shopee. Sekitar 90.000 pengguna di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam penggalangan donasi tersebut.  (Henry Hens)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rotasi Jabatan di Polri, Irjen Idham Azis Diangkat Jadi Kabareskrim

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi beberapa perwira tingginya yang menduduki jabatan strategis di tubuh Polri. Jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) akan ditinggalkan Komjen Arief Sulistyanto dan akan diisi Irjen Idham Azis, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

“Saya membenarkan. Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty personel Polri. Juga sebagai penyegaran sehingga Polri semakin kuat dan optimal dalam melindungi, melayani dan mengayomi, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegakan hukum,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/1/2019).

Sementara itu posisi Kapolda Metro Jaya akan diserahkan Idham Azis kepada Irjen Gatot Eddy Pramono, yang saat ini menjabat sebagai Asrena Kapolri. Posisi Asrena akan diisi oleh Irjen Agung Sabar Santoso.

Keputusan mutasi jabatan ini tertuang dalam surat telegram bernomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

Komjen Arief akan mengisi jabatan yang sebentar lagi ditinggalkan Komjen Unggung Cahyono. Unggung mendapat amanah menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), yang akan ditinggalkan Komjen Lutfi Lubihanto dalam rangka memasuki masa pensiun.
(aud/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Andi Setyo Berpeluang Jadi Bek Utama Timnas Indonesia U-22

Jakarta Bek tengah PS Tira dan Timnas Indonesia U-22, Andi Setyo Nugroho, sepertinya akan menjadi andalan utama untuk mengisi lini belakang skuat Garuda Muda di Piala AFF U-22 2019.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, melihat postur tinggi yang dimiliki pemain berusia 21 tahun itu bisa menjadi keunggulan tersendiri.

Timnas Indonesia U-22 saat ini masih memiliki 10 pemain belakang setelah Indra Mustafa, Anan Lestaluhu, dan Syafril Lestaluhu dipulangkan.

Ke-10 pemain tersebut adalah Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Bagas Adi Nugroho, Dallen Ramadhan Doke, Dandi Maulana, Andi Setyo, Fredyan Wahyu, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, serta Samuel Christianson.

Jika menilik pemain-pemain yang bisa mengisi posisi sebagai bek tengah, ada nama-nama seperti Nurhidayat Haji Haris dan Rachmat Irianto, yang menjadi andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-19. Selain itu, ada Bagas Adi Nugroho dan Andi Setyo yang merupakan pemain Timnas Indonesia U-22di era Luis Milla.

Kehadiran Andi Setyo, yang di era Luis Milla kurang mendapatkan menit bermain, justru membuat Nova Arianto merasa senang. Mantan bek Timnas Indonesia yang kini menjadi asisten Indra Sjafri itu melihat Andi Setyo memiliki keunggulan dalam segi postur tubuh.

“Sebenarnya semua pemain hampir merata. Namun, saya sedikit fokus kepada Andi karena dia memiliki postur yang cukup tinggi. Saya ingin meningkatkan kemampuan dia di sini,” ujar Nova Arianto seusai sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Stadion Madya, Senayan, Senin (21/1/2019)

Timnas Indonesia U-22 akan berlaga dalam dua turnamen di kuarter pertama 2019. Piala AFF U-22 2019 akan menjadi turnamen pertama dijalani di Kamboja pada 17 Februari hingga 2 Maret 2019. Setelah itu, tim asuhan Indra Sjafri itu berlaga di Vietnam dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada 22 hingga 26 Maret 2019.

Donnarumma Doakan yang Terbaik untuk Higuain

GenoaGonzalo Higuain tak ada di skuat AC Milan saat melawan Genoa. Kiper Rossoneri, Gianluigi Donnarumma, mendoakan yang terbaik untuk pemain asal Argentina itu.

Milan memetik kemenangan 2-0 atas Genoa saat bertanding di Stadio Luigi Ferraris, Senin (21/1/2019). Fabio Borini dan Suso yang menjadi penentu kemenangan.

Higuain tak masuk daftar susunan pemain. Penyerang 31 tahun itu disebut meminta untuk tak disertakan dalam lawatan ke Genoa.

Ada kabar yang menyebutkan bahwa Higuain sudah berpamitan dengan skuat Milan. Dia menuju Chelsea untuk bereuni dengan pelatihnya saat bermain di Napoli, Maurizio Sarri.

“Andai Higuain menentukan pilihan ini, pasti ada alasannya. Tapi dia merupakan seorang teman dan saya mendoakan yang terbaik untuknya,” kata Donnarumma di Sky Sports Italia.

Mengenai absennya Higuain, asisten pelatih Milan, Luigi Riccio, juga memberikan keterangan pasca pertandingan.

“Itu sudah beredar sejak beberapa hari belakangan, tapi kami akan terus berjuang dengan pemain yang kami miliki,” kata Riccio.

(cas/raw)

Pemkot Batam Minta PNS Urunan Dana untuk Ringankan Beban Terpidana Korupsi

Jakarta

Pemerintah Kota Batam mengaku pernah mengeluarkan surat edaran yang meminta para pegawai negeri sipil (PNS) urunan membantu terpidana korupsi, Abd Samad, yang merupakan mantan PNS pada instansi terkait, pada 26 Desember 2018.

Pada surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, H. Jefridin, pemerintah kota meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh pegawai di lingkungan pemerintah Kota Batam untuk ‘meringankan beban hukuman’ Abd Samad, mantan Kasubbag Bantuan Sosial bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Batam, yang tersandung kasus korupsi.

Mahkamah Agung sudah menjatuhi hukuman empat tahun penjara dan denda sebesar Rp 626,36 juta kepada Abd Samad, terkait kasus hibah bantuan sosial pemerintah kota Batam untuk guru TPQ pada 2011.

Berdasarkan surat itu, jika Abd Samad yang ditahan di Rumah Tahanan Kelas 1 Tanjung Pinang, tidak membayar denda, masa hukumannya akan ditambah menjadi lima tahun enam bulan. Namun, jika dia sanggup membayar denda, dia akan bebas pada akhir Desember 2018.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Wali Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Batam, serta Inspektorat Daerah Kota Batam.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Sahir, membenarkan isi surat tersebut. Tujuannya, katanya, untuk membantu meringankan beban denda yang harus ditanggung terpidana korupsi itu.

Ia mengatakan pemerintah kota meminta para PNS untuk memberikan bantuan atau sumbangan sebesar minimal Rp 50.000 per-PNS, setelah istri Samad mengirimkan surat permohonan bantuan kepada pemerintah kota Batam, ujar Sahir.

“Dasarnya sederhana sekali, ini terkait jiwa korsa terhadap sesama pegawai,” ujar Sahir di Kantor Wali Kota Batam kepada wartawan Muhammad Zuhri, yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

“Maka kami ajak kawan-kawan untuk meringankan hukumannya,” katanya. Namun setelah surat tersebut menjadi viral di masyarakat, Sahir mengakui hal itu adalah sebuah kesalahan. Ke depan, katanya, ketika pihak pemerintah kota mengajak para PNS menunjukkan jiwa korsa mereka, hal itu dapat dilakukan secara lisan saja. “Ataupun bisa koordinasi dengan pihak Korpri saja, mungkin akan lebih tepat, tapi saat ini dana bantuan itu belum terkumpul,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, enggan mengomentari surat yang ia tanda tangani tersebut. Ia meminta pertanyaan ditujukkan ke Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Sahir.

Para PNS mengaku tidak tahu

Beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Batam mengaku tidak mengetahui surat edaran permohonan bantuan dana itu. Salah seorang PNS mengaku belum pernah mendapat arahan terkait hal itu.

“Tak ada, saya malah baru tahu, jika ada arahan, biasanya disebar,” ujar PNS perempuan itu.

Pegawai lainnya juga mengatakan hal yang sama, ia baru saja mengetahui kabar tersebut. Selama ini juga belum ada imbauan dalam organisasi perangkat daerah tempat dia bekerja.

“Ya baru tahu ini,” ujarnya singkat.

Sementara itu, beberapa pegawai lainnya tutup mulut ketika ditanya perihal ini.

Surat edaran dilaporkan ke ICW

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Dewi Anggraeni mengatakan ICW menerima laporan tersebut melalui pesan anonim di akun Instagram ICW @sahabatICW pada 10 Januari lalu.

Hingga sekarang, lanjut Dewi, ICW belum menindak lanjuti laporan tersebut. Namun, Dewi mengatakan, ICW akan menelusuri lebih lanjut soal laporan ini.

Menurut Dewi, hal ini menunjukkan pengamalan semangat korsa antara PNS yang tidak tepat.

“Kalau ICW sendiri melihatnya miris karena ini kan sudah terbukti kasus korupsi, seharusnya ditangani secara tegas. Tapi, ya semangat korsanya itu menurut kami juga berlebihan. Mengapa sampai dibebankan ke orang yang tidak ada sangkut pautnya juga?” kata Dewi kepada wartawan BBC Indonesia Callistasia Wijaya.

“Kalau menurut kami juga malah sebenarnya ini salah satu cara-cara baru. Jadi untuk meminimalisir uang yang harus saya gantikan, misalnya saya sebagai koruptor, uang yang harus saya gantikan dan harus saya berikan ke penegak hukum supaya tidak terlalu besar dari sisi saya, saya bisa membagi-baginya.”

Ketika seorang PNS sepakat untuk urunan, lanjutnya, hal itu akan berdampak pada semakin mudahnya praktik korupsi di kalangan birokrasi.

“Itu akan semakin memudahkan tindakan korupsi itu dilakukan. Jadi ya, yaudah nggak apa-apa (korupsi) dilakukan bersama-sama, nanti ada satu orang yang jadi tumbal, tapi uang penggantinya akan ditanggung bersama-sama. Akan menjadi semakin miris sih,” katanya.

Dugaan terjadinya maladministrasi

Pengamat reformasi administrasi dari Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Yogi Suprayogi Sugandi, mengatakan dugaan maladministrasi telah terjadi pada kasus ini karena surat edaran itu tidak memiliki basis peraturan dan tidak sesuai dengan etika ASN.

“Kalau ada surat itu, itu adalah satu bentuk maladministrasi, kesalahan administrasi yang masif. Jadi terlihat dibuat-dibuatnya,” kata Yogi.

“Pertama, dia melanggar etika, perilaku ASN yang tentang integritas. Yang kedua, integritas si Kepala BKD (badan kepegawaian daerah), yang mengeluarkan surat itu dipertanyakan. Atas perintah siapa (surat itu dikeluarkan)?” kata Yogi.

Dia menambahkan meski surat itu bersifat himbauan yang tidak memaksa, ASN akan menuruti permohonan yang dicantumkan itu.

Jika ada PNS yang ikut menyumbang untuk si terpidana, kata Yogi, itu sama saja mereka berkontribusi pada tindak kejahatan.

“Kalau orang ikut bekerja sama melakukan kejahatan, dia mengumpulkan uang, dan sebagainya, walau Rp 50.000 itu termasuk ikut kejahatan juga. Walaupun dia menyumbang,” kata Yogi.

Yogi menyebut hal ini dapat digolongkan sebagai pungutan liar dan penegak hukum harus menyelidiki kasus ini.

Senada dengan Dewi dari ICW, Yogi mengatakan semangat korsa telah dilaksanakan secara tidak tepat dalam kasus ini.

“Masa kejahatan untuk menutupi kejahatan? Ya nggak bisa dong. Itu kan masalah integritas anti korupsi,” katanya.

(zak/zak) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tips Usaha Kuliner Ini Cocok Untuk Kamu yang Baru Merintis Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Kamu tertarik untuk membuka usaha kuliner? Cabang usaha ini memang menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Keuntungan dapat dengan mudah kamu raih karena makanan sejatinya merupakan kebutuhan pokok manusia. Tentunya makanan tidak dapat dipisahkan dari manusia.

Banyak macam usaha kuliner yang bisa dicoba untuk kamu para pemula. Saat ini sudah banyak usaha kuliner dengan label kekinian. Peminatnya pun tak sedikit, membuat bisnis ini terus berkembang.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk membuka usaha kuliner, seperti yang dirangkum Liputan6.com, Senin (21/1/2019) 8 hal ini perlu kamu perhatikan dalam membuka usaha kuliner.

2 dari 3 halaman

8 Hal ini perlu kamu perhatikan dalam membuka usaha kuliner

1. Modal Awal Usaha

Yang paling utama dalam memulai usaha kuliner kamu adalah perlunya menyediakan modal. Jika kamu tidak mempunyai modal yang cukup, ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal, misalnya mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

2. Lokasi Usaha

Tentukanlah tempat usaha yang banyak dikunjungi atau dilewati banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha kamu juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.

3. Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, sebaiknya kamu melakukan penelitian terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Kemudian, pilihlah menu yang belum banyak dijual agar mengurangi tingkat persaingan. Namun, pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

4. Pemasok Bahan Baku

Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan untuk kelancaran proses produksi.

Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, kamu pun bisa menjadi orang kepercayaan jika berada dalam keadaan sulit atau terjepit modal.

Selain itu, kamu juga bisa diprioritaskan jika suatu saat bahan baku yang dibutuhkan langka di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Idealnya, karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Namun, bila usaha tergolong kecil, seorang asisten yang dapat mempermudah pekerjaanmu itu saja sudah cukup.

Jangan lupa untuk memerhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji sepadan dan tepat waktu. Hal ini untuk menjaga kestabilan keterampilan dan kesiapan karyawan.

6. Target Pemasaran

Menyesuaikan jenis usaha kuliner dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Walaupun kamu menawarkan harga murah meriah sekalipun, jika tidak sesuai dengan selera konsumen, ini bisa menjadi kendala.

7. Promosi yang Tepat

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha kamu ke banyak orang. Ini berhasil jika kamu bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia.

Selain itu saat ini juga sudah banyak media promosi lain yang juga efektif, contohnya media sosial.

8. Perizinan Usaha

Demi keamanan dan kenyamanan usaha, pastikan kamu sudah mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat.

Jika usaha semakin berkembang dan besar, ada baiknya segera mengurus Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usahamu, mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usahamu ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Setelah kamu memahami apa saja yang perlu kamu perhatikan saat memulai usaha kuliner, maka kamu dapat memilih jenis usaha kuliner apa yang akan kamu ambil.

Tak perlu langsung memilih usaha kuliner berskala besar. Kamu bisa mulai dengan usaha kuliner kecil seperti membuka stand makanan atau minuman. Namun jika kamu punya cukup modal dan berani mengambil resiko yang ada maka kamu dapat menyewa tempat untuk membuka restoran atau toko.

Berikut beberapa usaha kuliner yang liputan6 rangkum dan bisa jadi pilihanmu dalam membuka usaha:

3 dari 3 halaman

Beberapa pilihan usaha kuliner

1. Usaha makanan ringan

Makanan ringan atau snack merupakan makanan yang digemari semua orang dari berbagai usia. Makanan ringan ini dapat berupa aneka gorengan, keripik, atau kue. Bahan yang dapat kamu gunakan juga tergolong sederhana seperti pisang, singkong, kentang, ubi dan masih banyak lagi.

2. Makanan berat

Semua orang pasti butuh makanan berat untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat mereka. Kamu bisa membuka warung makan sederhana atau restoran. Untuk menu kamu dapat memilihnya sendiri sesuai dengan riset yang telah dibuat mengenai menu yang digemari orang saat ini.

Banyak pilihan menu makanan berat yang dapat kamu tawarkan. Kamu bisa fokus pada satu jenis menu atau dengan berbagai jenis menu.

3. Usaha minuman segar

Tak hanya makanan, minuman juga merupakan kebutuhan masyarakat. Usaha minuman cocok kamu pilih untuk membuka usaha. Usaha minuman ini misalnya jus buah, susu, kopi, coklat, dan masih banyak lagi. Kedai kopi misalnya, saat ini mulai digandrungi anak muda.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Timnas Indonesia U-22 Terus Mantapkan Filosofi Permainan

Liputan6.com, Jakarta РTimnas Indonesia U-22 masih perlu memantapkan pemahaman mengenai filosofi bermain yang diinginkan sang pelatih Indra Sjafri. Hal itu terus dilakukan memasuki pekan ketiga atau menyisakan kurang lebih satu bulan lagi jelang Piala AFF U-22 2019.

Memasuki pekan ketiga pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22, tampak 35 pemain yang mendapatkan panggilan berlatih dengan penuh semangat di bawah asuhan Nova Arianto, yang merupakan asisten pelatih. Indra Sjafri saat ini sedang mengambil materi modul kelima lisensi kepelatihan Pro AFC hingga 25 Januari 2019 di Spanyol.

Setelah dua pekan menjalani latihan, saat ini Timnas Indonesia U-22 memasuki persiapan umum untuk bertanding di Piala AFF U-22 2019 yang akan dimulai pada 17 Februari 2019.

Namun, Nova Arianto mengakui masih ada yang sedang dikejar oleh tim pelatih agar pemain benar-benar siap tampil di turnamen yang sebenarnya.

“Pemahaman pemain mengenai filosofi bermain yang diinginkan oleh coach Indra, itu yang saya pikir masih belum benar-benar bisa diterapkan. Jadi, itu yang menjadi fokus kami berlatih,” ujar Nova Arianto seusai sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Senin (21/1/2019).

“Sebelum coach Indra datang, kami akan membentuk fisik pemain terlebih dulu. Jadi setelah itu kami bisa masuk ke taktik sehingga permainan yang sesuai dengan filosofi coach Indra bisa semakin dipahami oleh pemain,” lanjut mantan bek Timnas Indonesia itu.

Timnas Indonesia U-22 dalam persiapan menuju Piala AFF U-22 2019 yang digelar di Kamboja pada 17 Februari hingga 2 Maret 2019. Setelah itu, tim asuhan Indra Sjafri itu akan langsung melakukan persiapan untuk tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar di Vietnam pada 22 hingga 26 Maret 2019.

Sumber: Bola.com

Bukan AC Milan, Fellaini Susul Fabregas ke AS Monaco?

Liputan6.com, Manchester – Marouane Fellaini digosipkan akan tinggalkan Manchester United (MU) di akhir musim. Dia kencang dikaitkan dengan kemungkinan hijrah ke AC Milan, tapi ternyata AS Monaco yang mendekatinya.

Aktivitas AS Monaco di bursa transfer pemain rupanya masih belum berhenti. Demi bertahan di Ligue 1, Monaco diklaim sedang memburu jasa gelandang Manchester United yakni Marouane Fellaini.

Monaco tidak bermain bagus pada musim 2018/19 ini. Bahkan pelatih Leonardo Jardim harus kehilangan jabatannya karena performa buruk tim. Jardim kemudian digantikan oleh Thierry Henry.

Monaco kini sedang berusaha bangkit bersama Herny. Beberapa pemain baru sudah didatangkan. Termasuk gelandang Chelsea, Cesc Fabregas. Namun, masih ada pemain yang jadi bidikan yakni Fellaini.

Seperti apa tawaran AS Monaco untuk mendapat servis Fellaini?

2 dari 2 halaman

Tawaran untuk Fellaini

Pembenahan lini tengah menjadi fokus utama Thierry Henry bersama dengan AS Monaco. Setelah Fabregas, kini nama Marouane Fellaini menjadi bidikan asisten pelatih timnas Belgia di Piala Dunia 2018 lalu tersebut.

Dikutip dari RMC Sport, Henry kini sedang berusaha untuk bisa membawa Fellaini ke Ligue 1. Henry sudah menjalin kontak dengan pihak United.

Henry akan mengajukan tawaran peminjaman kepada pihak United hingga akhir musim 2018/19 ini. Henry menyadari jika Monaco akan kesulitan jika membeli Fellaini di Januari 2019 ini. Opsi peminjaman jadi yang paling ideal.

Fellaini sendiri sudah tidak dibutuhkan oleh United. Manajer Ole Gunnar Solskjear pun diyakini akan melepas Fellaini ke klub lain. Meskipun, kontrak Fellaini di Old Trafford masih tersisa 18 bulan ke depan.

Sumber: Bola.net

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani Pembeli

JakartaSupermarket ini hadirkan robot canggih berbentuk unik. Robot itu bertugas sebagai asisten staf yang membantu para pelanggan yang berbelanja.

Penggunaan robot canggih dalam dunia kuliner agaknya sudah biasa. Biasanya robot dijadikan pengganti chef hingga pramusaji.

Tapi di supermarket ini, robot canggih justru digunakan untuk mengawasi para pelanggan yang berbelanja. Sehingga pelanggan yang kesulitan dapat segera mendapat bantuan.

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Giant Food Store, jadi salah satu supermarket populer di wilayah Pennsylvania, Maryland, Virginia, dan West Virginia. Supermarket ini jadi satu satunya supermarket yang memiliki robot asisten canggih bernama Marty di AS.

Sebanyak 172 cabangnya akan dilengkapi dengan satu buah Marty. Kehadiran Marty tidak begitu saja menggantikan semua pekerjaan para pekerja di supermarket.

Baca juga: Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Namun Marty bertugas mengawasi dan memberi sinyal adanya hal-hal tak diinginkan yang mengancam pelanggan. Robot canggih itu juga bisa melihat barang yang jatuh dan memberitahu pelanggan secara langsung ataupun lewat pengumuman publik di supermarket. Sehingga karyawan yang bertugas bisa membersihkan barang yang berjatuhan maupun tumpah.

“Marty tidak menggantikan pekerja kami. Sebaliknya, ia memungkinkan anggota tim kami untuk menghabiskan lebih banyak waktu terlibat dan membantu pelanggan yang ada,” ungkap Ashley Flower selaku juru bicara Giant pada Popular Mechanics (15/1).

Tak sama seperti robot lainnya, Marty punya tampilan yang unik. Pasalnya Marty punya ‘googly eyes’ alias mata palsu yang sering digunakan sebagai mata boneka.

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Sebenarnya ini bukan kali pertama Marty hadir di supermarket. Sebab perusahaan yang membawahi Giant, Ahold Delhaize USA yang berbasis di Belanda sudah lebih dulu menggunakan Marty.

Perusahaan itu juga membawahi Martin’s and Stop & Shop. Saat ini, sudah ada sebanyak 500 Marty yang membantu para pekerja Martin’s and Stop & Shop.

Marty sendiri dibuat oleh Brain Corp, perusahaan teknologi yang juga membuat robot janitor untuk Walmart.

Baca juga: Canggih! Ini 7 Robot yang Hadir di Industri Kuliner (dwa/lus)

Intip Gaya Nagita Slavina Nonton Konser Blackpink

Liputan6.com, Jakarta – Grup K-Pop Blackpink, menggelar konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (19/1/2019). Nagita Slavina juga ikut menyaksikan konser bertajuk “Blackpink In Your Area” tersebut.

Hal ini diketahui melalui unggahan terbaru di akun Instagram asisten Nagita Slavina, Merry. Dalam videonya, Merry memperlihatkan Nagita yang tengah berada di luar venue konser.

Istri Raffi Ahmad tersebut tampil kasual dengan kaos berwarna putih. Penampilannya semakin stylish dengan jaket hitam yang dikalungkan di pinggangnya.

Namun, tak ada keterangan apa pun yang melengkapi unggahan video tersebut.

2 dari 3 halaman

Penggemar Blackpink

Nagita Slavina sendiri diketahui merupakan penggemar Blackpink. Dalam beberapa kali unggahan di Instagram, Nagita tampak asyik menyanyikan lagu-lagu Blackpink bersama adik iparnya, Syahnaz Sadiqah.

Karena itu, tampaknya Nagita Slavina tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menyaksikan performa Jennie cs secara langsung.

3 dari 3 halaman

Konser 2 Hari

Sementara itu, Blackpink akan menggelar konser selama dua hari di Indonesia. Setelah pertunjukan hari ini, mereka akan kembali menghibur Blink, sebutan bagi penggemar Blackpink, pada Minggu (20/1/2019).

Awalnya, konser ini hanya akan digelar pada satu hari, yakni Minggu (20/1/2019). Namun karena animo penggemar yang tinggi, tanggal konser pun akhirnya ditambah.