Bantah Prabowo, Menperin Sebut Unicorn Bawa Masuk Modal Asing ke RI

Liputan6.com, Jakarta – Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengaku khawatir keberadaan perusahaan rintisan (startup) milik swasta dengan valuasi USD 1 Miliar, atau biasa disebut unicorn mengakibatkan uang di Indonesia lari ke luar negeri.

Kekhawatiran Prabowo dibantah Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto.

“Justru terbalik, modal asing masuk ke Indonesia. Jadi bukan modalnya lari, tapi modal asing masuk ke Indonesia,” jelas Airlangga kepada wartawan usai menerima anugerah Herman Johannes Award di UGM, Yogyakarta, Jumat (22/2/2019).

Tak hanya itu, menurut Airlangga, keberadaan unicorn di Indonesia juga membuka lapangan kerja baru. Bukan itu saja, keberadaan unicorn juga menjadi platform berbagai usaha kecil dan menengah yang kini banyak bergerak di bidang e-commerce.

“Unicorn ini menjadi open platform untuk jutaan usaha kecil dan menengah. Jadi kalau yang di e-commerce itu dia punya lebih dari empat juta vendor, dan lebih dari 15 juta yang belanja di situ,” tutur Airlangga.

Selain itu menurut Airlangga, keberadaan unicorn di Indonesia turut membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan keluarga.

“Dan yang namanya e-commerce ini digunakan juga dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Jadi PKH itu ibu-ibu, ada bantuan (PKH) yang non tunai itu (penarikannya) menggunakan kartu, smart card,” lanjut Ketua Umum Partai Golkar itu.

Airlangga melanjutkan, kini unicorn di ASEAN baru ada berjumlah tujuh dengan empat di antaranya berada di Indonesia.

Menurutnya, jumlah unicorn di Indonesia akan terus bertambah sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo.”Pak Presiden Jokowi itu mengharapkan bahwa unicorn ini bertambah, tidak hanya empat. Kita sudah melihat ada dua-tiga (startup) lagi yang berpotensi menjadi unicorn,” tuturnya.

“Satu (berjarak) di virtual reallity, yang satu lagi adalah di bidang pendidikan. Dua-duanya sudah punya akses ke silicon valley, dan beberapa menteri negara-negara lain datang untuk belajar terhadap apa yang dikembangkan di Indonesia,” pungkas dia. 

2 dari 2 halaman

Untungkan Luar Negeri

Sebelumnya, dalam debat capres, minggu, 17 Februari 2019, Prabowo menyatakan perkembangan startup berpotensi membuat uang lebih banyak keluar dari Indonesia.

“Tapi hal mendasar dengan ekonomi Indonesia adalah terjadi disparitas, di mana segelintir orang kurang dari 2 persen yang kuasai ekonomi kita. Kalau ada Unicorn ini akan mempercepat uang kita lari ke luar negeri,” ujar dia di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Menurut dia, saat ini sebanyak Rp 11.400 triliun uang Indonesia ada di luar negeri. Hal ini menunjukkan jika uang pengusaha di Indonesia lebih banyak di luar negeri.

“Kalau kita antusias dengan e-commerce dan lain-lain, itu ini akan mempercepat arus uang lari ke luar negeri. Ini bukan saya pesimistik, saya hanya ingin menggugah kesadaran akan uang kita yang lari ke luar negeri,” tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

Cara bermain CoC di PC, Buat Kamu Pecinta Game

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi main game tentu sudah tak asing lagi dengan game CoC (Clash of Clans) ini kan? Bagaimana tidak, game yang berlatar belakang kolosal ini sudah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap bulannya. Permainan ini juga dimainkan dari berbagai kalangan dari anak kecil hingga dewasa.

CoC atau kepanjangan dari Clash of Clans adalah adalah sebuah game strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir dan dark elixir.

Mulai dari membangun prajurit yang andal, upgrade wall (tembok) agar kuat, membangkitkan Barbarian King dan Archer Queen, bahkan hingga membangunkan sang Golem.

Dalam permainan CoC sangat membutuhkan Gold dan Exilir untuk mencapai kemenangan. Seperti yang kita ketahui sendiri, untuk mendapatkan keduanya sangatlah sulit. Apalagi bila kita dihadapkan kepada yang reproduksi Dark Exilir, tingkat kesulitannya sudah mencapai batas maksimal.

Bermain CoC memang menyenangkan kamu pun bisa melepas penat setelah lelah bekerja, ataupun bermain ketika bosan. Sayangnya, jika bermian CoC melalui smartphone maka akan membuat baterai smartphonemu cepat habis.

Pasalnya bermain CoC di smartphone jika dipaksa akan membuat handphone terasa panas, hal ini akan membuat handphonemu berumur pendek. Enggak mau kan kalau smartphone kamu jadi rusak karena terlalu sering bermain CoC?

Maka tidak sedikit orang yang memilih bermain CoC lewat PC. Selain tampilan layar yang lebih besar kamu pun lebih nyaman bermain di PC. Apakah bisa bermain CoC lewat PC?

Tentu bisa, beberapa orang tidak mengetahui jika bermain CoC bisa dilakukan melalui PC ataupun laptop kesayanganmu. Nah, bagaimana cara bermain CoC di PC? Jangan khawatir pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara bermain CoC di PC.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika handphone kamu rusak karena terlalu sering bermain CoC. Kamu pun bisa langsung mempraktkikan cara bermain CoC di PC ini di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan cara bermain CoC di PC. Dalam bermain CoC di PC melibatkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat laptop bisa mengemulasi Android di PC atau laptop. Namun pada artikel ini akan menggunakan BlueStack untuk bermain CoC di PC.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara bermain CoC di PC bisa kamu coba!

2 dari 3 halaman

Cara Bermain Coc di PC dengan BlueStacks

1. Langkah pertama, unduh BlueStacks di http://www.bluestacks.com/ di PCmu

Setelah mengunduh, kemudian lakukan penginstallan. Kemudian kamu akan diminta masuk dengan akun Google. Jadi pastikan untuk memiliki akun Google ya.

2. Setelah itu, Klik tombol ‘search’ oranye dan temukan ‘Clash of Clans’

Google Play akan menanyakan ID dan kata sandi Google Anda, maka Anda dapat pergi ke menu utama Google Play, kemudian tulis di kolom pencarian ‘Clash of Clans’ kemudian klik Instal.

3. Setelah menginstal, cukup klik ‘Run’ untuk membuka game.

Nah, sekarang kamu pun bisa bermain CoC lewat PC kesayanganmu. Untuk memperbesar dan memperkecil, cukup gunakan tombol + dan – pada keyboard.

Jangan lupa untuk memulihkan desa di ponselmu sebelumnya kamu perlu bermain CoC di PC atau laptop. Pastikan juga bahwa laptop atau PCmu memiliki speseifikasi RAM yang cukup mumpuni untuk bermain game CoC ini.

3 dari 3 halaman

Tips Bermain CoC

Setelah mengetahui cara bermain CoC di PC, sebaiknya kamu mengetahui tips bermain CoC agar permainanmu mencapai kemenangan. Walau banyak dimainkan dan terlihat mudah, CoC ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk clasher pemula. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

1. Pantau lawan

Mempelajari lawan sebelum berperang adalah hal yang wajib kamu lakukan di dalam CoC., dengan memantau lawan kamu bisa mengetahui tata letak bangunan penting yang patut diserang lebih awal.

2. Pilih lawan yang tepat saat Clan Wars

Saat akan melakukan Clan Wars, ada baiknya kamu menyerang desa yang tidak memiliki bintang untuk awalnya. Selain lebih mudah, desa yang belum memiliki bintang ini menawarkan lebih banyak loot yang bisa diambil.

3. Gabung dengan Clan

Gabung Clan lain bilamana level kamu sudah memungkinkan. Lewat clan ini, kamu kamu pun akan lebih mudah membantu saat kamu diserang atau menyerang clasher lainnya.

4. Level Town Hall

Satu hal penting yang perlu kamu ingat saat akan menyerang town hall (TH) clasher lain, yaitu level Town Hall. Hanya karena Town Hall clasher lain lebih rendah, bukan berarti TH tersebut layak untuk di raih.

5. Jangan boros Gems

Seperti yang sudah kamu ketahui, gems merupakan ‘mata uang’ penting di dalam permainan CoC. Daripada kamu menghamburkan gems untuk mempercepat proses di dalam permainan, ada baiknya kalau kamu menyimpan gems yang dimiliki untuk keadaan yang super mendesak.

Uraian di atas adalah cara bermain CoC di PC yang bisa kamu praktikan. Amat sangat mudah bukan?


Sakit-sakitan dan Tak Punya Uang, WN Belgia Dideportasi

Liputan6.com, Mataram – Petugas kantor Imigrasi Kelas 1 Mataram, NTB mendeportasi seorang warga negara Belgia karena tak memiliki keluarga dan biaya hidup serta tinggal melebihi batas waktu atau overstay.

WN Belgia yang diketahui bernama Alexandre E.F. Delvaux yang berusia 67 tahun tersebut telah tinggal di Lombok sejak tahun 2012 menggunakan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) Pensiun.

Ia dideportasi atau dipulangkan ke negaranya karena alasan kemanusiaan. Sebab, selama di Lombok, Alexandre selain mengidap penyakit, hidup sebatang kara, juga tidak memiliki biaya hidup.

“Yang bersangkutan (Alexandre) diindikasikan sakit struk, gangguan ingatan, dan stres. Ia juga tidak memiliki biaya. Maka dari itu, Imigrasi Mataram bekerja sama dengan Kedubes Belgia di Jakarta untuk memfasilitasi keperluan pendeportasian yaitu Emergency Passport dan tiket ke Belgia,” kata Yusriansyah Fazrin, Kasi Inteldakim Imigrasi Mataram, Kamis, 21 Februari 2019.

Yusriansyah mengatakan, sebelumnya pihak Imigrasi mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada orang asing yang sakit-sakitan.

Setelah dilakukan pengecekan di sebuah indekos, petugas menemukan Alexandre dalam kondisi lemas tengkurap di lantai.

Petugas dibantu masyarakat dan beberapa anggota kepolisian mengevakuasi WN Belgia tersebut ke RS Bhayangkara Mataram untuk dirawat.

Setelah kondisi membaik, Alexandre kumudian ditempatkan di ruang detensi Imigrasi sambil menunggu proses pemeriksaan dokumen. Petugas Imigrasi menemukan dokumen bule tersebut telah melampau izin tinggal sejak tahun 2017.

Paspor yang bersangkutan berlaku sejak sampai 27 Desember 2017 atau telah habis masa berlaku.

“Begitu juga dengan Kitas Pensiun yang dimilikinya, masa berlaku 05-08-2016 sampai dengan 15-06-2017 juga telah habis,” tandas Yusriansyah.

Pendeportasian WN Belgia itu dilaksanakan via Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, tujuan Dubai-Brussels, menggunakan pesawat Emirates Airlines EK359, Etd pukul 00.10 WIB.


Simak video pilihan berikut ini:

Biodata BTS dan Fakta 7 Membernya, Buat Kamu yang Baru Jadi K-Popers

Liputan6.com, Jakarta Para K-Popers pastinya tidak asing dengan group asal korea yang bernama Bangtan Boys atau yang kerap dikenal dengan nama lain BTS. BTS merupakan salah satu group idol asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dengan single No More Dream. Single debut ini merupakan salah satu single dan album perdana BTS yang bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Saat ini member BTS terdiri dari 7 anggota yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Tiap personil BTS memiliki peran dan posisi masing-masing dalam grup. BTS masuk dalam label Big Hit Entertainment.

Aliran genre musik yang dibawakan BTS adalah K-Pop, EDM, R&B dan hip hop. BTS termasuk boyband Korea terpopuler dan banyak meraih penghargaan musik nasional dan internasional.

Popularitas BTS sangat besar tidak hanya di Korea Selatan saja, namun di Jepang dan negara Asia lain termasuk Indonesia. Bahkan BTS juga sukses menembus pasar musik Internasional. Beberapa lagu Korea terbaik dari BTS juga sukses menembus chart Billboard di Amerika Serikat. Berikut biodata BTS yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/1/2019).

2 dari 8 halaman

1. RM

Biodata BTS member pertama yang dibahas adalah Kim Nam Joon atau yang akrab disapa dengan nama panggung Rap Monster atau yang sekarang lebih dikenal RM. Ia lahir lahir pada 12 September 1994. RM merupakan leader sekaligus rapper dari Bangtan Boys.

Sebelum debut bersama BTS, ia dikenal sebagai rapper underground yang memiliki nama panggung Runch Randa yang sempat berkolaborasi dengan Zico, yang ketika itu juga merupakan seorang rapper underground.

3 dari 8 halaman

2. Jin

Biodata BTS member selanjutnya adalah Jin. Pria yang memiliki nama asli Kim Seok Jin ini lahir di Gwaecheon pada 4 Desember 1992 ini mengisi posisi sebagai vokalis dalam group.

Sebelum debut, Jin terlebih dahulu menjalani training selama tiga tahun. Selain itu Jin memiliki kemampuan memasak yang lebih baik dari member lainnya, sehingga Jin ditunjuk sebagai juru masak di dorm tempat tinggal para member BTS.

4 dari 8 halaman

3. Suga

Biodata BTS member ini sebelum debut dengan grupnya sekarang merupakan seorang rapper underground yang cukup terkenal di daerah Daegu dengan nama “Gloss”. Pria kelahiran Daegu 9 Maret 1993 dan lulusan Apujeong High School ini memiliki nama asli Min Yoon Gi.

Saat ini Suga ditunjuk sebagai lead rapper dari BTS. Pada 16 Agustus 2016, BTS Suga mengeluarkan mixtape bertajuk Agust D untuk pertama kalinya dan meluncurkan 2 Music Video (MV) sekaligus untuk lagu Agust D serta Give it to Me. Kedua MV tersebut berhasil ditonton lebih dari satu juta kali di YouTube hanya dalam kurun waktu 12 jam saja.

5 dari 8 halaman

4. J-Hope

Biodata BTS selanjutnya adalah Jung Ho Seok atau biasa akrab dipanggil J-Hope. Ia menempati posisi sebagai lead rapper dan main dancer dalam group. Selain itu pria kelahiran Gwangju 18 Februari 1994 ini pernah bergabung dalam grup street dance yang bernama NEURON sebelum ia bergabung bersama BTS.

Biodata BTS penyuka warna hijau ini dianggap sebagai member yang selalu membawa kebahagiaan kepada member lainnya dan dianggap sebagai ibu bagi para member. Pasalnya J-Hope selalu bisa berhasil menemukan solusi dalam setiap masalah.

6 dari 8 halaman

5. Jimin

Biodata BTS berikutnya adalah Jimin. Member kelahiran Busan, 13 Oktober 1995 ini merupakan lead vokal dan main dancer dalam grup. Terlahir dengan nama asli Park Ji Min ini memiliki beberapa nama panggilan, diantaranya Chim Chim, Dolly, Park Jimine.

Jimin sendiri ternyata sangat mengidolakan Big Bang, terutama Taeyang. Selain itu Jimin adalah member BTS yang paling memperhatikan urusan diet, karena dia paling tidak suka jika ada yang mengatakan berat badannya naik.

7 dari 8 halaman

6. V

Biodata BTS selanjutnya adalah Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan nama panggung V. Ia merupakan vocalist dalam grup Bangtan Boys. V lahir di Daegu pada tanggal 30 Desember 1995. Selain itu, diantara semua member, V dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh dan dianggap sebagai member yang paling misterius.

Nama V pun terkenal dengan kepribadian 4D, yakni istilah orang Korea yang memiliki kepribadian yang tak terduga dan cenderung absurd. V juga sering mendapat julukan Blank Tae karena ekspresi wajahnya selalu kosong atau blank. Selain bernyanyi, V juga dikenal akan kemampuannya dalam berakting.

8 dari 8 halaman

7. Jungkook BTS

Biodata BTS member terakhir adalah Jeon Jung Kook atau yang biasa disapa dengan Jungkook. Ia merupakan main vocalist, lead dancer, sub rapper, center, dan maknae dari Bangtan Boys. Lahir di Busan pada 1 September 1997, Jungkook pernah bersekolah di Seoul School Performing Arts.

Sebelum tergabung bersama BTS, Jungkook yang saat itu masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3, namun gagal dalam audisi tersebut. Meskipun begitu, Jungkook ternyata telah diincar oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Big Hit Entertainment. Akhirnya, Jungkook memutuskan untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011.

Pada 2012, Big Hit mengirimnya ke Los Angeles untuk belajar menari di sebuah akademi tari terkenal di sana. Setelah menjalani trainee di LA, Jungkook resmi debut bersama dengan 6 member lainnya dalam grup BTS.

Nah, itu tadi Biodata BTS, siapa nih member BTS favoritmu?

Gabung Militer Suriah Tanpa Izin, Seorang Tentara Swiss Diadili

Liputan6.com, Bern – Johan Cosar (37), salah seorang anggota tentara Swiss tengah menghadapi pengadilan pidana militer di negaranya.

Ia dituduh melakukan pelanggaran berupa bergabung dengan pasukan asing tanpa komando dari otoritas militer ataupun izin dari pemerintah Swiss.

Dalam pengadilan bulan ini, Cosar dibela oleh keluarga dan para simpatisan. Mereka membawa spanduk bertuliskan “memerangi Negara Islam (ISIS) bukanlah kejahatan,” sebagaimana dikutip dari BBC News pada Kamis (22/2/2019).

Cosar dituduh bergabung dengan pasukan militer Suriah, dalam penyerangan melawan ISIS. Ia merasa berbagi penderitaan dengan kelompok militer di Suriah, mengingat kakek dan neneknya berasal dari anggota komunitas Kristen Suriah.

Cosar berangkat ke Suriah beberapa waktu lalu sebagai jurnalis lepas, meskipun sebelumnya telah mendapatkan pengalaman di institusi militer Swiss.

Sesampainya di Damaskus, ia melihat kelompok Suriah Islam menekan komunitas Kristen. Cosar merasa tidak memiliki pilihan lain kecuali membantu mereka.

Ia kemudian berperan mendirikan Dewan Militer di Suriah. Dalam institusi itu ia melatih para prajurit dengan keterampilan yang ia dapatkan selama menjadi tentara di Swiss. Ia juga mendirikan pos pemeriksaan, serta klimaksnya menjadi pemimpin bagi 500 personel untuk sebuah pertempuran.

Karena tindakan tersebut, Cosar merasa bahwa dirinya layak mendapatkan “medali” penghargaan alih-alih disidang. Ia mengklaim dirinya telah ambil bagian dalam aksi memerangi terorisme.

Menanggapi pernyataan Cosar dan pengacaranya, hakim mengatakan bahwa vonis terhadap Cosar akan diberikan paling cepat pada Jumat 22 Februari 2019.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Hukum Pidana Militer Swiss

Cosar ditangkap di Swiss baru-baru ini, karena dianggap melanggar hukum pidana militer.

Perlu diketahui bahwa hukum pidana militer Swiss sangat berbeda dari negara yang lain, mengingat terdapat unsur historis di dalamnya.

Hukum pidana militer melarang warga negara Swiss untuk berjuang bagi negara asing tanpa perintah atau izin pemerintah.

Hal itu mengingat dalam sejarahnya, banyak rakyat menyanggupi bekerja untuk militer Spanyol, Belanda, Inggris, bahkan Napoleon. Kontribusi warga negara dalam perang tidaklah bersifat nasionalistis melainkan untuk kepentingan tertentu, tak terkecuali komersil.

Hukum tersebut diberlakukan sejak Swiss mendeklarasikan diri sebagai negara netral. Saat ini, satu-satunya pasukan Swiss yang sah di luar negeri adalah Garda Papal Swiss di Roma.

Top 3: Cara Perpanjang SIM Online Tanpa Antre

Liputan6.com, Jakarta – Saat ini, bila Anda ingin membuat atau perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa dilakukan secara online, lho. Layanan ini diresmikan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sejak akhir tahun 2015.

Layanan ini dibuat sebagai inovasi baru guna mempermudah masyarakat dalam proses perpanjang SIM online, sehingga masyarakat tidak perlu lagi repot-repot mengantre.

Anda tahu tidak? Layanan ini dibuat bukan hanya untuk melayani perpanjang masa berlaku SIM saja. Untuk Anda yang ingin membuat SIM baru, Anda bisa membuat secara online.

Dengan adanya layanan pembuatan atau perpanjang sim secara online ini, jelas sangat membantu masyarakat dengan cepat, praktis, dan tentunya lebih efisien. Sehingga, untuk Anda yang tidak punya waktu untuk datang ke Samsat. Anda sudah bisa melakukannya secara online.

Cara membuat sim online menjadi artikel yang paling bikin penasaran pembaca. Lengkapnya, berikut 3 berita terpopuler di kanal Bisnis Liputan6.com:

1. Begini Cara Perpanjang SIM Online Tanpa Antre dan Tak Pakai Ribet

Untuk Anda yang ingin membuat SIM baru, Anda bisa membuat secara online. Meski terbilang mudah, tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk membuat atau perpanjang SIM online ini.

Mau tahu cara memperpanjang sim online dengan mudah dan cepat? Selengkapnya baca di sini!

2 dari 3 halaman

Mau Kerja di Bank? Cek Lowongan Kerja BTN di Sini!

Tertarik berkarier di salah satu bank besar dan ternama di Indonesia, yakni Bank Tabungan Negara (BTN)? Buruan persiapkan diri terbaik Anda karena BTN kembali membuka lowongan kerja terbaru.

Baca Juga



Kali ini, BTN membuka lowongan bagi kalian yang memiliki pengalaman bekerja (experienced hire) pada bidang Fixed Income Dealer & Forex Dealer. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 28 Februari 2019.


Mau tahu kualifikasi bagi para pelamar dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut?
  Simak selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

Kronologi Kepemilikan Prabowo atas Lahan 220 Ribu Hektare di Kalimantan

Lahan calon presiden Prabowo Subianto menjadi kontroversial setelah diungkit Presiden Joko Widodo di panggung debat. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun angkat bicara karena ternyata ia terlibat.

“Itu ada Undang-undangnya, ada izinnya, tidak ada yang salah sebenarnya. Bahwa Pak Prabowo memang menguasai tapi sesuai UU, sesuai aturan, apa yang salah? Kebetulan waktu itu saya yang kasih itu,” kata wapres, Selasa, 19 Februari 2019.

JK menyebut, ia mau memberikan lahan ke Prabowo agar asing tidak masuk menguasai, dan syaratnya Prabowo harus membayar pembelian lahan, milik PT Kiani Kertas, secara kontan.



Isu belum padam, sebab diketahui JP Morgan asal Amerika Serikat (AS) terlibat dengan PT Kiani yang memiliki lahan 220 ribu hektare di Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Seperti apa ceritanya?

Simak selengkapnya di sini!

10 Pasangan Suami-Istri di Balik Jeruji

Jumat 22 Februari 2019, 07:37 WIB

Sudrajat – detikNews

Jakarta detikNews – Istri bos Abu Tours Nursyariah Mansur dihukum 19 tahun dan suaminya, Hamzah Mamba, 20 tahun. Pasangan ini menggenapi 9 suami-istri lainnya yang masuk bui.

Grafis: Mindra Purnomo

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

  • 10 Pasangan Suami-Istri di Balik Jeruji

    DETIKPHOTO | Jumat 22 Februari 2019, 07:37 WIB Istri bos Abu Tours Nursyariah Mansur dihukum 19 tahun dan suaminya, Hamzah Mamba, 20 tahun. Pasangan ini menggenapi 9 suami-istri lainnya yang masuk bui.

  • Polemik Tenaga Asing di Hutan Prabowo

    DETIKNEWS | Kamis 21 Februari 2019, 20:16 WIB Polemik lahan negara yang dikuasai Prabowo Subianto masih terus berlanjut. Kali ini, polemik merembet ke tudingan adanya pekerja asing diperusahaan Prabowo.

  • Foto News

    Potret Munajat Massa di Monas

    DETIKPHOTO | Kamis 21 Februari 2019, 22:27 WIB MUI DKI Jakarta menggelar kegiatan Munajat 212 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019). Acara itu diisi dengan zikir dan doa bersama.

  • Keluh Gaji Kecil Para Gubernur

    DETIKNEWS | Kamis 21 Februari 2019, 19:13 WIB Dalam rakernas APPSI, para gubernur curhat gajinya lebih kecil daripada anggota DPRD. Keluhan ini disampaikan langsung di depan Wapres Jusuf Kalla.

Polemik Tenaga Asing di Hutan Prabowo

Jakarta – Polemik lahan negara yang dikuasai Prabowo Subianto masih terus berlanjut. Kali ini, polemik merembet ke tudingan adanya pekerja asing di PT Tusam Hutani Lestari (THL), perusahaan milik Prabowo yang mengelola hutan di lahan berstatus Hutan Tanaman Industri (HTI) itu.

Status HTI itu sebelumnya diungkap oleh Ombudsman RI. Ombudsman menyebut berdasarkan hasil identifikasi, lahan yang sebelumnya diklaim oleh Prabowo berstatus Hak Guna Usaha (HGU) itu, ternyata menyandang izin HTI.

Kembali ke tudingan adanya tenaga kerja asing (TKA) di THL, hal itu mulanya dilontarkan oleh eks Panglima GAM wilayah Linge, Fauzan Azima. Fauzan yang pernah bertugas membawahi wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah, lokasi di mana hutan yang dikelola THL berada, menyebut pihak perusahaan mempekerjakan tenaga asing.

“Sekarang lahan itu mereka manfaatkan untuk ambil getah. Ada sebagian masyarakat (yang ambil getah), dan pihak ketiga. Kalau dulu (di sana) banyak dari luar. Dari China juga ada. Awalnya tenaga-tenaga kerja China semua di situ,” kata Fauzan saat dimintai konfirmasi, Kamis (21/2).
Tudingan itu langsung mendapat komentar dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin. TKN Jokowi-Ma’ruf menilai pernyataan mantan kombatan GAM itu menambah bukti bahwa Prabowo pro-asing.

Selain itu, pernyataan itu juga menunjukkan inkonsistensi Prabowo dan kubunya. Sebab, mereka dinilai kerap menggembar-gemborkan anti asing dan kerap menggoreng isu tenaga kerja asing (TKA).

“Pengakuan eks Panglima GAM Linge ini memperjelas bukti bahwa Pak Prabowo semakin inkonsisten. Ini menambah bukti sikapnya yang menuduh pihak lain pro-asing, padahal ternyata perusahaannya pun memperkerjakan tenaga kerja asing,” ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan.

Polemik Tenaga Asing di Hutan PrabowoFoto: Lahan milik Prabowo di Aceh (Ist)

Tak terima sang capres dituding tanpa dasar, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno memberi pembelaan sekaligus bantahan. BPN Prabowo-Sandiaga heran dengan tudingan tersebut. BPN tak habis pikir kenapa Fauzan Azima dengan getol menyerang Prabowo.

“Saya bingung, ini orang nyinyir banget, sih. Ya dibuktikan saja kalau memang ada isu TKA,” ujar juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

“Kalau ada isu TKA di sana, sudah diusir sama orang Aceh. Lalu juga sudah diberi sanksi oleh Pemprov Aceh. Logikanya sajalah, kalau ada TKA di sana, tentu sudah ada protes dari orang Aceh, pasti juga Pemprov beri teguran ke THL, dong,” imbuhnya.

Bantahan juga diberikan pihak THL. Perusahaan yang memiliki Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tamanan Industri (IUPHHK-HTI) itu membantah dan menyebut hanya mempekerjakan penderes dari Indonesia.

“Kalau tenaga kerjanya nggak ada, tapi kalau pembeli getahnya bisa jadi ada. Karena kita jual ke Medan (Sumatera Utara). Kalau tenaga di lapangannya yang dimaksud pekerja kan penderesnya, kalau penderes nggak ada,” kata Staf Bagian Perencanaan dan Administrasi Umum PT THL Husein Canto saat dimintai konfirmasi detikcom.

(mae/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Teriakan ‘Tambuah Ciek, Da’ di Restoran Padang, Apa Artinya?

Liputan6.com, Jakarta –Tambuah Ciek, Da!” Kalimat ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar jika berada di rumah makan yang menyajikan menu masakan Minangkabau atau biasa disebut orang kebanyakan Restoran Padang.

Kalimat tersebut diucapkan jika seseorang ingin menambah nasi. Maklum, kalau lauk biasanya sudah tersaji lengkap di meja makan. Secara harfiah, “tambuah” berarti tambah, “ciek” yang berarti satu, “Da” ditujukan untuk memanggil uda atau sapaan abang dalam bahasa Minangkabau. Jadi artinya, “Tambah nasinya, Bang!”

Namun, rupanya ada penggeseran makna dalam penggunaan kata “ciek” dalam bahasa Minangkabau. Kata tersebut tidak lagi berarti satu, melainkan menekankan perlakuan.

“Pada kalimat ‘tambuah ciek‘ misalnya, bahwa tidak ada yang lebih penting saat itu selain menambah nasi. Walau dia mau menambah yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Pasti dia akan bilang ‘tambuah ciek‘,” ujar Guru Besar Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Zuriyati kepada Liputan6.com, Kamis, 21 Februari 2019.

Pengampu mata kuliah Kajian Budaya dan Sastra Lisan ini juga memberikan contoh lain penggunaan kata “ciek” yang menandakan penekanan perlakuan, seperti pada kalimat “Lalok ciek luh” (Saya tidur dulu) atau “Pai den ciek” (Saya ikut juga).

“Dalam contoh kedua bahwa satu-satunya yang akan dikerjakan saat itu adalah lalok (tidur). Dalam ungkapan ketiga, tidak ada yang lebih penting selain pai (ikut),” dia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Ungkapan Idiomatik

Adapun dalam bahasa Minang berikut ini, kata “ciek” tetap bermakna satu. Seperti, “Indak ciek juo nan jaleh dek ang“. Artinya, “tak satu pun yang bisa kau jelaskan”. Atau “Indak ciek juo sineton nan rancak” yang artinya (tak satu pun sinetron yang bagus).

Tidak hanya kata “ciek” yang mengalami pergeseran makna, tetapi ada sejumlah kata yang memiliki makna berbeda dari arti harfiahnya, seperti kata “gadang” yang berarti besar. Kata ini bisa memiliki makna lain bila terdapat dalam ungkapan idiomatik, seperti “gadang ota” yang berarti pembohong atau “gadang sarawa” yang bermakna tak bisa berbuat apa-apa.

“Jadi pada padanan kata tersebut kata ‘gadang‘ bukan berarti besar”, Koordinator Bidang Seni dan Budaya Minang Badan Koordinasi Masyarakat Kabupaten Agam ini menandaskan.


Simak video pilihan berikut ini:

Tuan dan Puan dari Melayu O atau Melayu E?

Liputan6.com, Pekanbaru – Bahasa menjadi pembeda meski masyarakat berada dalam wadah sama bernama negara. Bahasa menjadi ciri kebudayaan dan identitas bagi penuturnya sebagai petunjuk dari daerah mana dia berasal.

Di Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan Melayu dan kebudayaannya. Melayu kemudian kian lekat dengan sebagian besar masyarakat yang tinggal di Sumatera, misalnya Riau, dan beberapa provinsi tetangga seperti Jambi, Sumatera Selatan, hingga Bangka Belitung.

Bagi masyarakat Melayu Riau, bahasa ini tentu saja menjadi bahasa ibu atau pertama kali diperoleh, dipelajari dari orangtua, lalu dituturkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun perlu diketahui, pengucapan dalam Melayu itu beragam tergantung dari kabupaten mana penuturnya berasal.

Di Riau sendiri, penuturan bahasa Melayu juga beragam dilihat dari pengucapan atau dialek huruf vokal berakhiran A menjadi O dan E dengan pengucapan ringan. Makanya, ketika seseorang mengaku Melayu, akan ditanya apakah Melayu O atau E.

Sebagai contoh pengucapan “kata”, ada yang menuturkan menjadi “kate” atau “kato”, kata “ke mana” biasanya diucapkan jadi “ke mane” atau “ke mano”.

Kemudian ada juga menggugurkan pemakaian huruf R lalu diganti dengan O, baik yang ada di tengah ataupun akhir kata. Misalnya telur menjadi “telo”, tidur menjadi “tido”, pergi menjadi “pegi”, berjalan menjadi “bejalan”.

Secara umum, perbedaan dialek O dan E karena geografis wilayah. Biasanya, dialek O sangat identik dengan masyarakat Melayu daratan sementara E bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.

Daerah pesisir sebut saja Bengkalis, Meranti, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir, sebagian Pelalawan. Kemudian daratan misalnya Kampar, Rokan Hulu, Siak, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, sebagian Pelalawan.

Terkadang, ada juga masyarakat Melayu pesisir yang dialeknya lebih banyak kepada O. Biasanya terjadi karena akulturasi budaya dengan wilayah daratan.

2 dari 2 halaman

Saling Menjaga Bahasa Ibu

Menurut Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Al Azhar, perbedaan dialek itu sampai sekarang masih terjaga. Setiap daerah masih menjaga bahasa ibu sebagai cara berkomunikasi yang pertama kali diperoleh.

“Hanya saja ketika diajak berbahasa Indonesia, masyarakat langsung mengerti. Bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa Melayu baku, tapi tetap saja berbeda dengan bahasa ibu (Melayu asli),” sebut Al Azhar di Pekanbaru, Rabu, 20 Februari 2019.

Al Azhar menjelaskan, perbedaan itu tidak menjadi penghalang komunikasi ketika dua ‘penganut’ dialek itu bertemu. Satu dengan lainnya akan saling menghargai dengan menjaga bahasa ibu masing-masing.

“Ketika orang Indragiri berbicara, orang Siak paham, begitu pula sebaliknya tanpa berbahasa Indonesia. Misalnya ketika di LAM ini rapat, kan datuknya dari berbagai daerah, terkadang pakai bahasa masing-masing,” jelasnya.

Kata pria 58 tahun ini, terpeliharanya bahasa ibu karena masyarakat Melayu menjunjung tinggi kekerabatan dan rasa berkaum. Tak jarang ada yang melebur jika tahu lawan bicaranya memakai dialek lain.

“Misalnya orang Siak ngomong, terkadang orang Bengkalis mengikuti karena perbedaannya tipis sekali. Dan rasa kekerabatan inilah yang membuat bahasa ibu tetap bertahan,” ucap Al Azhar.

Lebih jauh, Al Azhar menerangkan, di Indonesia terdata 700 bahasa daerah. Sebagian bahasa daerah sudah tidak digunakan lagi karena kecenderungan masyarakatnya memilih memakai bahasa Indonesia.

“Bahasa Indonesia penting karena sebagai pemersatu, tapi bahasa ibu tak boleh dilupakan karena itu yang menjadi ciri khas Indonesia,” sebut Al Azhar.


Simak video pilihan berikut ini: