Berkenalan dengan Bus Listrik Transjakarta Asal China

Jakarta – Menyambut hadirnya era transportasi ramah lingkungan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menandatangani nota kerjasama dengan merek bus listrik asal China, BYD, dan bus listrik lokal, MAB (Mobil Anak Bangsa).

Kesepakatan kerjasama antara Transjakarta dan beberapa stakeholder memang baru dilakukan pada (21/3/2019). Dan unit uji coba bus listrik ini kabarnya baru akan tersedia bulan Mei 2019 nanti. Tapi untuk bus listrik BYD C6 sudah bisa dicoba di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Detikcom pun tak ketinggalan mencicipi rasa menumpangi bus yang punya dimensi tanggung itu. Bus listrik BYD C6, bisa dicoba masyarakat luas di area parkir dalam JIExpo, Kemayoran, dari tanggal 20-22/3/2019.

Sekilas informasi, dari tampilan luar, BYD C6 memiliki desain livery persis dengan saudaranya BYD K9 yang dipamerkan di arena Busworld South East Asia 2019, JIExpo, Kemayoran.

Dari eksterior, BYD C6 menggunakan warna biru muda yang dikombinasikan warna hijau ‘lemon’ lengkap dengan siluet bergambar pohon. Segar.

Lanjut membahas interior, BYD C6 ini memiliki konfigurasi jok 2-1, dengan jumlah kursi sekitar 24 buah ditambah satu jok pengemudi. Karena ruang kabin cukup terbatas, maka opsi untuk penumpang berdiri pun tidak ada.

Buslistrik TransjakartaBuslistrik Transjakarta Foto: Pradita Utama

Bicara dimensi, BYD C6 memiliki panjang 7.403 mm, lebar 2.140 mm, dan tinggi 2.926 mm. Pintu masuk penumpang di bus ini terletak di tengah dengan mekanisme pintu geser yang dikendalikan secara elektronis.

Layaknya kendaraan listrik pada umumnya, bus BYD C6 ini pun sangat-sangat senyap. Bahkan, detikcom sempat kaget ketika bus ini tiba-tiba berjalan tanpa bising dan suara khas mesin kala di-starter. Untuk informasi, BYD C6 dibekali baterai Iron-phospate kapasitas 135 kWh.

bus transjakartabus listrik transjakarta Foto: Pradita Utama

Bicara kenyamanan, calon bus listrik Transjakarta ini rasanya masih cukup nyaman ditumpangi untuk jarak pendek. Sementara untuk jarak yang cukup panjang, sepertinya penumpang harus bisa menahan pegal, karena jujur dimensi kursi cukup terbatas dan legroom kurang memadai.

Memang konsep BYD C6 ditujukan untuk bus angkut jarak pendek. “Bus ini memang cocok untuk feeder (pembantu). Nah kalau yang di dalam (BYD K9) baru untuk bus intracity,” ujar Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi.

Bus listrik TransjakartaBus listrik Transjakarta Foto: Pradita Utama

Untuk pengisian dayanya sendiri, diklaim bisa rampung dalam waktu 4 jam, dengan output daya sekitar 40 kW. Bicara power, BYD C6 diklaim bisa mengkail tenaga sebesar 241 dk dan torsi 1.500 Nm.

“Bus BYD sudah kami coba di Bali, hampir 1 bulan nggak ada masalah sama sekali,” pungkas Dino. (lua/lth)


Jalan Terjal Membongkar Praktik Nenek Asal Sinjai dalam Menggandakan Uang

Liputan6.com, Makassar Polsek Bontoala, Makassar terus menyelidiki kasus dugaan penipuan dengan motif penggandaan uang yang diduga dilakukan seorang nenek asal Kabupaten Sinjai, Sulsel, inisial HT (61).

Kapolsek Bontoala, Kompol Saharuddin mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih kesulitan memeriksa pelaku.

“Usia pelaku sudah renta sehingga sulit dimintai keterangan. Setiap pertanyaan jawabannya selalu lupa dan tidak ingat lagi,” kata Saharuddin via telepon, Jumat (22/3/2019).

Karena kendala tersebut, penyidik belum meningkatkan status HT menjadi tersangka. Penyidik hingga saat ini masih terus mencoba mendalami keterangan pelaku.

“Kendalanya itu, sehingga penyidik masih terus mencoba mengorek keterangan pelaku dan belum menetapkan sebagai tersangka,” terang Saharuddin.

Kasus dugaan penipuan dengan modus bisa menggandakan uang awalnya dilaporkan oleh Suriati (37), korbannya yang tinggal di Jalan Petta Punggawa, Kecamatan Bontoala, Makassar.

“Korban yang datang melapor ke Polsek Bontoala sekaligus membawa pelaku. Pelaku ini dibawa korban dari Jakarta,” jelas Saharuddin.

Korban mengaku sudah tiga kali mengirimkan uang ke pelaku dengan iming-imingan uang tersebut bisa digandakan jumlahnya.

“Total uang yang saya berikan ke pelaku itu senilai Rp 500 juta. Belakangan saya tahu ternyata saya ditipu,” ucap korban, Suriati.

Ia mengatakan, memberikan uang ke pelaku via transfer sejak tahun 2017 dan terakhir kembali mengirimkan pelaku uang tepatnya pada bulan Maret 2019.

“HT ini mengaku ke saya mampu menggandakan uang dengan berbagai persyaratan yang ia minta,” ungkap Suriati.

Ia mengatakan berhasil mengamankan pelaku di Jakarta setelah menjebaknya untuk bertemu. Setelah bertemu di salah satu tempat di Jakarta, korban pun langsung membawanya ke Polsek Bontoala Makassar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

hidayah untuk suami penipu dan penggandaan uang

KPU RI Sebut ASN Boleh Hadiri Rapat Kampanye Terbuka, Asal..

Liputan6.com, Jakarta – Komisoner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan aparatur sipil negara (ASN) boleh hadir dan mendengar langsung visi misi dari peserta Pemilu di rapat kampanye terbuka. Namun, dengan beberapa catatan.

“Boleh hadir, tapi tidak boleh pada saat jam kerja, kemudian tidak boleh pakai atribut dan lainnya,” kata Wahyu di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2019).

Menurut dia, tindakan ini semata menjaga netralitas mereka dalam pesta demokrasi, dan juga kesetaraan sebagai hak warga negara yang memiliki hak pilih.

“Jadi kan mereka punya hak pilih, ya boleh datang ya artinya, tapi tak untuk ikut kampanye,” jelas dia.

Rapat kampanye terbuka dimulai pada 24 Maret 2019, secara nasional. KPU RI telah membagi zonasi untuk giat ini yang tersebar masing-masing 17 provinsi untuk kubu TKN Jokowi-Ma’ruf dan BPN Prabowo-Sandiaga.

Bulu Mata dan Rambut Palsu Asal Purbalingga Curi Perhatian Masyarakat Italia

Liputan6.com, Jakarta – Turut berpartisipasi di pameran produk kosmetik dan kecantikan, Cosmoprof, di kota Bologna, Italia pada 14-18 Maret 2019, bulu mata palsu dan wig asal Indonesia berhasil curi perhatian warga Negeri Spaghetti.

Dilansir dari Antara, Jumat (22/3/2019), pengunjung pameran dengan antusiasnya menyampaikan kekaguman pada kualitas produk bulu mata dan rambut palsu yang produksi di Purbalingga, Jawa Tengah.

Duta Besar Indonesia di Roma, Esti Andayani, yang turut hadir dalam pameran ini menyampaikan bahwa partisipasi Indonesia dalam Cosmoprof adalah upaya memperluas akses pasar UKM dalam rangka pengembangan usaha dan penetrasi pasar global.

KBRI Roma dan ITPC Milan mendukung partisipasi lima perusahaan bulu mata dan rambut palsu Indonesia, yaitu PT Bio Takara, CV Mitra Jaya Mandiri, PT Stellaris International, CV Indobeauty Cemerlang, dan Shim Internasional.

Seluruh produk adalah buatan tangan dengan bahan baku rambut asli manusia. Ini merupakan suatu keunikan dibanding produk lain yang menggunakan bahan baku sintetis.

Dalam pertemuannya dengan President of Bologna Fiere, Gianpiero Calzolari, Esti mengharapkan, pameran seperti ini dapat diselenggarakan di Indonesia. Pasal, Indonesia memiliki nilai strategis dengan daya tarik potensi pasar nan besar, serta daya beli masyarakat kelas menengah yang kuat, khususnya untuk produk kecantikan.

Bukan kali pertama, tahun lalu di kesempatan yang sama, produk bulu mata palsu dan wig asal Indonesia juga telah menarik perhatian pengunjung pameran di kota Bologna, Italia. Kualitas produk kecantikan satu ini pun banyak dipuji kala itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Produk bulu mata Purbalingga ini juga disukai oleh para selebritas Hollywood.

Asal Muasal Indonesia Mengadopsi Setir Kanan

Bagi pecinta otomotif, khususnya roda empat, mendengarkan beragam istilah-istilah teknis tentu tidak membingungkan. Tentu Anda paham dengan istilah FR (front engine, rear wheel drive), FF (front engine, front wheel drive), AWD (all wheel drive), bahkan all wheel steering. Jika Anda paham dengan istilah tersebut, maka 

Mobil Honda yang Anda lihat di foto mengadopsi mesin depan dan belakang, masing-masing menggerakkan sepasang roda, dan semua roda dapat dikemudikan dengan lingkar kemudi. Lantas apa sebutannya?

Mobil ini memang bukan mobil biasa, melainkan sebuah hasil karya modifikasi unik yang sedikit kelewat batas. 

Uniknya, di dalam kabin terdapat sepasang lingkar kemudi, lengkap dengan jok untuk masing-masing pengemudi. Ya, modifikasi unik ini dapat menampung dua orang, dan masing-masing akan mendapatkan akses untuk mengemudi.

Tidak disebutkan apa motivasi sang pemilik untuk memodifikasi mobilnya dengan konsep yang unik tersebut. Yang pasti, mobil tersebut ditemukan di ajang pameran otomotif LeMons yang berlangsung di Pebble Beach, dikutip Topgear. Hebatnya lagi, mobil Honda tersebut dinobatkan sebagai mobil terbaik yang menghadiri pameran tersebut.

Detik-detik Penangkapan Kapal Maling Ikan Asal Vietnam

Jakarta – Kapal Pengawas Perikanan KKP kembali menangkap kapal ikan asal Vietnam melakukan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing).

KP Hiu Macan 01 berhasil mengamankan 2 (dua) KIA berbendera Vietnam yang tertangkap tangan sedang melakukan kegiatan illegal fishing di Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) Laut Natuna Utara. Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Agus Suherman di Jakarta, Selasa (19/3). Dok. Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mengungkap Tabir Cinta Terlarang Para Pengungsi Asal Afghanistan di Pekanbaru

Selama ini, ruang gerak para WNA berstatus pengungsi ini memang dibatasi jamnya. Mereka dilengkapi kartu khusus dan harus melapor setiap pergi ke berbagai sudut kota dengan syarat harus pulang pukul 20.00 WIB.

“Mereka bisa ke mall, ikut fitnes, pusat perbelanjaan, tidak bisa dibatasi itu,” ungkap Junior.

Dengan postur yang agak lebih dari WNI secara umum, ditambah parasnya yang menawan, pengungsi Afghanistan ini banyak menarik perhatian kaum hawa di Pekanbaru, termasuk yang sudah punya suami ketika sedang fitnes.

Perkenalan diawali dengan tukar nomor telepon, berlanjut ke saling menghubungi, baik melalui chatting atau telepon, hingga menyatakan ketertarikan satu dengan yang lainnya.

“Karena sudah ada yang enam tahun di Indonesia, mereka tidak sulit berkomunikasi, sudah pandai bahasa kita,” jelas Junior.

Pengakuan pengungsi ini, mereka memang tulus berhubungan dengan kaum hawa di Pekanbaru, termasuk istri orang. Mereka membantah mendapatkan bayaran berhubungan dengan istri orang.

Bantahan ini, entah mereka berbohong ataupun jujur, disebut Junior sebagai penguat para WNA ini tidak menjadi gigolo di Pekanbaru. Apalagi beberapa tahun belakangan merebak isu tak sedap itu.

“Tidak dibayar mereka, bahkan mengaku berteman saja,” ucap Junior.

Dalam hal ini, Rudenim juga tak punya wewenang menanyakan apakah mereka dibayar atau tidak, serta sama siapa saja mereka berhubungan. Ada Peraturan Presiden yang mengatur, sehingga Rudenim hanya bisa menentukan jenis pelanggarannya saja.

Cerita Keluarga Asal Aceh Selamat dari Penembakan di Masjid Selandia Baru

Liputan6.com, Aceh – Dian Fajrina dan keluarga terhindar dari maut. Keluarga asal Aceh yang tinggal di Kota Christchurh, Selandia Baru ini luput dari insiden penembakan yang menewaskan 49 orang.

Padahal, Fajrina dan keluarga selalu menyempatkan diri menunaikan salat Jum’at di Masjid Al-Noor di Christchurch, yang merupakan lokasi penembakan sadis tersebut. Namun, hari itu takdir menentukan lain.

Ia dan keluarga mengurungkan niat ke masjid tersebut karena tiba-tiba turun hujan. Di saat yang sama, kendaraan mereka sedang diperbaiki di bengkel.

“Alhamdulillah, Dian beserta keluarga sehat karena tadi tak jadi ke masjid karena hujan, mobil di bengkel, dan kesehatan sedang kurang fit. Rencana awalnya kalau mobil sudah baik, seluruh keluarga akan ke masjid. Tapi, Allah masih memberi kesempatan untuk meneruskan kehidupan bagi Dian sekeluarga.” demikian pesan Fajrina kepada rekan dan sanak famili tak lama setelah kejadian.

Fajriana saat ini sedang menyelesaikan studi S3 di Selandia Baru. Dia ditemani suami dan keluarga menetap di Kota Christchurch. 

Pascakejadian, kampus tempat Fajrina kuliah diliburkan selama sepekan. Aktivitas perkuliahan akan dimulai kembali pada tanggal 24 Maret.

“Saat ini sedikit banyak kami merasa aman. Namun masih was-was juga. Rencananya saya tidak ke kampus dulu seminggu ini, karena di kampus juga sudah diumumkan kuliah di cancel dari tanggal 18-24 Maret,” kata Fajriana kepada Liputan6.com, Sabtu malam (16/3/2019).

Kendati situasi cenderung kondusif, Fajrina dan keluarga akan tetap waspada. Semua hal menyangkut keperluan rumah seperti belanja akan diurus oleh suaminya, Muliyadi Abubakar.

“Hingga pukul 10 malam tadi masih terdengar ada helikopter yang sepertinya sedang patroli. Sesekali juga lewat mobil polisi dan ambulans, kebetulan rumah kami memang di pinggir salah satu jalan utama, tapi bukan jalan utama yang sejajar dengan jalan yang menuju ke masjid,” ungkap Fajrina.

Cerita Mengenai Rekannya

Fajrina juga berkisah mengenai temannya yang masih mengalami trauma pascakejadian tersebut. Dua orang temannya bernama Irfan dan Kevin masih syok karena melihat langsung peristiwa Jum’at berdarah tersebut.

“Kalau kami tidak terlalu berefek karena tidak berada di lokasi kejadian. Namun, pukulan terberat dialami oleh teman kami, Irfan dan Kevin, yang menyaksikan langsung kejadiannya. Mereka sulit tidur karena masih terbayang-bayang kejadian kemarin,” tutur Fajrina.

Kabarnya, warga Aceh yang berada di Selandia Baru berjumlah sekitar 41 orang. Selain di Christchurh, mereka tersebar di Palmerston North, Auckland, Invercargill, dan Wellington.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Insiden berdarah terjadi di Selandia Baru hari Jumat (15/3). Sebuah masjid diberondong tembakan saat sedang berlangsung ibadah salat jumat.

Keistimewaan Manuka, Madu Mahal Asal Selandia Baru

Liputan6.com, Jakarta – Selandia Baru kini sedang jadi sorotan seantero jagat usai aksi teror penembakan di masjid bernama Al Noor Mosque, Kota Christchurch, pada Jumat, 15 Maret 2019. Tragedi memilukan ini terjadi sesaat akan dilaksanakan salat Jumat.

Namun di sisi lain, Selandia Baru juga populer dengan produksi madu yang memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh bernama Manuka. Melansir discover.manukahealth.co.nz, Jumat, 15 Maret 2019, Manuka berasal dari nektar bunga semak Manuka (Leptospermum scoparium).

Madu Manuka sendiri merupakan kombinasi nektar dari bunga Manuka dan lebah yang memberikan madu ini khasiat unik. Di lingkungan bersih Selandia Baru, lebah madu yang pandai mengubah nektar dari pohon Manuka asli menjadi Manuka yang langka juga luar biasa.

Lantas, apa yang membuat Manuka berbeda dari madu lainnya? Tumbuh di daerah terjauh dan terpencil di Selandia Baru, madu Manuka hanya dapat dibuat dalam waktu singkat sekitar enam minggu setahun saat tanaman berbunga.

Jumlah madu yang dihasilkan sangat bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan berapa banyak madu. Madu ini madu pertama yang diteliti secara luas dan diakui karena kalitasnya yang luar biasa.

Setelah penelitian yang memakan waktu bertahun-tahun, para ilmuwan menemukan ‘bahan manuka ajaib’ atau yang disebut methylglyoxal (MGO). Ini adalah senyawa alami yang kuat dalam madu Manuka yang kini dikenal sebagai indikator langsung potensi madu.

Sejumlah besar penelitian menyebut madu Manuka memiliki banyak penggemar setia di seluruh dunia. Masukan yang diterima pun menyebut bahwa Manuka sebagai obat kesehatan musim dingin, suplemen alami, dan makanan natural alternatif.

Cara terbaik untuk menikmatinya adalah langsung dari sendok, tetapi juga dapat menggantikan madu biasa dalam teh atau kopi. Bisa juga ditambahkan dalam makanan seperti sereal, yogurt, dan smootie.

Madu Manuka tersedia dalam berbagai varian dan ukuran. Madu ini dibanderol dengan harga mulai 20 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 195 ribu hingga 199 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 1,9 juta. Ada pula MGO™ 1000+ Manuka Honey – Limited Release seharga 270 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 2,6 juta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Seorang pengumpul madu asal India melakukan aksi menegangkan. Ia memasukkan lebah ke mulutnya.

Pengantin ISIS Asal Australia Ingin Pulang ke Negaranya

Damaskus

Seorang wanita Australia bersama dua anaknya yang berada di kamp pengungsi untuk keluarga ISIS menyatakan ingin pulang kembali ke negaranya. Anaknya, katanya, sangat membutuhkan perawatan medis.

Pengantin ISIS Australia:

Wanita itu menolak memberitahu identitasnya, tetapi ABC menyakini dia adalah Zehra Duman, wanita berusia 24 tahun asal Melbourne.

Zehra kini ditahan di kamp pengungsian Al Hawl di Suriah.

Dalam wawancara eksklusif dengan ABC, wanita itu mengaku ingin membawa putranya yang berusia dua tahun dan putrinya yang berusia enam bulan kembali ke Australia.

“Kedua anak saya sakit. Mereka sangat kekurangan gizi,” katanya seraya menambahkan, putrinya kini begitu kurus.

Dia mengaku sudah tak punya uang dan mengeluhkan kurangnya makanan di kamp pengungsi. “Mereka tidak membiarkan kami menghubungi keluarga kami,” katanya.

Wanita ini mengatakan kehidupan putrinya sangat kritis.

“Anakku butuh susu dan saya tak punya uang membeli susu. Saya tidak tahu harus bagaimana lagi,” ujarnya.

Dia juga mengatakan ingin kembali ke Australia. “Saya ingin kembali ke negara saya. Saya kira semua orang menghendaki hal itu karena saya warga negara Australia,” katanya.

“Saya memahami kemarahan mereka terhadap kami semua di sini. Tapi anak-anak ini tak perlu menderita,” katanya seraya menambahkan, anak-anaknya pun berhak diperlakukan seperti anak-anak normal.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan mereka yang pergi ke luar negeri untuk mendukung kelompok teroris harus menyadari konsekuensi perbuatan mereka.

“Mereka harus bertanggungjawab atas keputusan bergabung dengan teroris yang memerangi Australia,” tegasnya.

“Saya tidak ingin membahayakan penduduk Australia dengan mengambil orang-orang dari situasi tersebut,” kata PM Morrison.

Dia menambahkan, mereka akan menghadapi proses hukum di Australia jika berusaha kembali lagi ke negara tersebut.

Meninggalkan Melbourne di Usia 19 Tahun Zehra stands in a field with three women and a teenage boy. She wears a Niqab and holds a child.
Wanita asal Australia Zehra Duman (tengah) bersama pekerja kemanusiaan di Suriah. (Supplied)

Kepada ABC, wanita Australia ini mengaku telah berusaha melarikan diri dari ISIS selama dua tahun. Namun dia tidak pernah punya peluang.

“Sangat berbahaya untuk melarikan diri. Jika tertangkap oleh pihak yang satu atau pihak yang lain, kita akan menghadapi masalah besar,” ujarnya.

Dia mengatakan orang tak bisa meninggalkan daerah tersebut tanpa uang, sementara ISIS melarang pengiriman uang dari luar.

Kisah wanita Australia ini tampaknya cocok dengan yang dialami Zehra Duman. Remaja 19 tahun asal Melbourne itu bergabung dengan ISIS pada November 2014.

Zehra pindah ke Raqqa yang diklaim sebagai ibukota ISIS, menikahi kombatan ISIS asal Australia Mahmoud Abdullatif.

Dia dikenal sangat vokal mendukung retorika ISIS di media sosial, serta menjadi perekrut untuk kelompok teroris tersebut.

Di tahun 2015 Zehra, yang menyebut dirinya Umm Abdullatif Australi, memposting foto wanita memegang senjata otomatis, dengan kalimat, “Tangkap aku jika kamu bisa”.

Akun Twitter yang diyakini milik Zehra tersebut sudah ditutup tahun 2015, namun sebelumnya dia banyak menyerukan aksi kekerasan terhadap non-Muslim.

Pada Februari lalu, ABC memperoleh rekaman seorang wanita yang diyakini sebagai Zehra Duman dan putrinya di Suriah, yang saat itu tampak sehat.

Video itu direkam pekerja kemanusiaan asal AS David Eubank di Suriah utara.

Wanita yang kini berada di kamp pengungsi itu, menolak memastikan apakah dirinya adalah Zehra Duman.

Dia mengaku mengikuti pacarnya ke Suriah. “Aku mengenalnya sejak masih remaja di sekolah,” ujarnya.

“Saya bukan Muslim sebelumnya. Saya ke sini untuk menikah dengannya,” katanya.

Dia mengatakan suaminya itu sudah meninggal dan dia mengaku tak ada jalan keluar dari sana.

Setelah kematian Abdulatiff, Zehra menikah lagi dengan kombatan ISIS lainnya yang juga meninggal dalam pertempuran di kota Al Soussa, dekat Baghouz.

“Suamiku terbunuh. Saya berusaha keluar dari sana. Saya pergi sendiri bersama anak-anakku,” ujarnya.

Sudah menghubungi keluarganya A close up of a woman's eyes which are visible through an opening in her hijab
Wanita ini mengaku sebagai warga negara Australia. (ABC News)

Bulan lalu, Pasukan Demokrat Suriah (SDF) bernegosiasi dengan ISIS agar mengizinkan warga sipil pergi dari wilayah ISIS.

Wanita yang diyakini sebagai Zehra Duman pun ikut dalam konvoi dan tiba di area pemrosesan pengungsi tiga pekan lalu.

Dia mengaku belum melakukan kontak dengan pihak berwenang Australia.

“Saya belum melihat orang kedutaan sama sekali. Kami tak tahu apa yang terjadi. Kami tak diizinkan memiliki telepon, tak diizinkan berbicara dengan keluarga kami,” katanya.

Dia sangat berharap bisa segera keluar dari wilayah tersebut.

“Pada akhirnya, kami ini manusia. Kami memiliki hak asasi manusia,” ujarnya.

Dia mengaku keluarganya sudah tahu dia berada di kamp pengungsi karena sempat menghubungi mereka sebelum meninggalkan Baghouz.

Wilayah Suriah utara saat ini dipenuhi sekitar 30.000 anggota keluarga ISIS yang meninggalkan Baghouz dalam beberapa pekan terakhir.

Pihak berwenang Kurdi menyatakan mereka menyiapkan tiga kali makan sehari bagi wanita dan anak-anak. Mereka juga berusaha semaksimalnya menyiapkan perawatan kesehatan.

Namun mereka mengaku sangat membutuhkan bantuan dan menghendaki negara seperti Australia mengambil kembali warganya.

Juru bicara SDF Mustafa Bali mengatakan sejauh ini belum ada tanggapan atas permintaan bantuan tersebut.

“Jika ada teroris Australia di sini dan kami memulangkannya, mereka mungkin dipenjara dalam waktu singkat. Lalu mereka akan membahayakan penduduk di Australia,” katanya.

Sejauh ini puluhan anak-anak meninggal dunia di kamp pengungsi itu.

Awal pekan ini, anak pengantin ISIS asal Inggris Shamima Begum dilaporkan meninggal dunia.

Kematian bayi itu memicu perdebatan di Inggris, apakah akan mengizinkan anak-anak kombatan ISIS kembali ke negara asal orangtua mereka.

Simak berita selengkapnya dalam Bahasa Inggris di sini.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>