AS Tetapkan Hari Berkabung Nasional Jelang Pemakaman George HW Bush

Liputan6.com, Washington DC – Rincian mengenai acara pemakaman mantan presiden Amerika Serikat George HW Bush (94) yang meninggal dunia pada Jumat 30 November 2018 malam waktu setempat, sedang disusun oleh keluarga Bush, kata Kementerian Pertahanan AS, Sabtu 1 Desember 2018.

Setelah upacara kedatangan jenazah Bush senior di Washington DC pada Senin 3 Desember nanti, jenazahnya akan disemayamkan di Rotunda Capitol, kompleks Kongres AS. Masyarakat bisa mengantre untuk melayat dan melihat peti jenazahnya dari Senin malam sampai Rabu pagi.

George HW Bush, yang menjabat sebagai presiden pada 1989-1993, akan disemayamkan dalam upacara kenegaraan pada Rabu 5 Desember 2018 di Katedral Nasional di Washington, disusul dengan pemakaman pada Kamis 6 Desember 2018 di perpustakaan kepresidenannya di Texas, AS.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengatakan dalam pernyataan bahwa Rabu 5 Desember telah ditetapkan sebagai hari berkabung nasional, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (2/12/2018).

Sanders juga mengumumkan bahwa bendera-bendera di Gedung Putih telah diturunkan ke setengah tiang untuk menghormati ayah dari mantan presiden George W Bush itu.

Gedung Putih, pada Sabtu 1 Desember, juga mengumumkan bahwa Presiden AS Donald Trump akan menghadiri pemakaman George HW Bush.

Upacara pemakaman kenegaraan biasanya diadakan bagi presiden atau mantan presiden atau para pejabat lain yang ditetapkan oleh presiden.

Pemakaman kenegaraan adalah acara yang berlangsung antara tujuh sampai sepuluh hari dan mencakup tiga tahapan: upacara-upacara di negara bagian di mana pejabat itu tinggal, di Washington, DC, dan di negara bagian di mana individu itu telah memilih untuk dikebumikan.

Simak video pilihan berikut:

Presiden Donald Trump dalam kicauannya di Twitter mengungkapkan kekagumannya atas almarhum yang menurutnya berjasa dalam memimpin Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *