Nama-nama Mobil yang Artinya Saru

Jakarta – Nama merupakan hal penting bagi industri apapun termasuk otomotif guna memberikan impresi atau identitas. Dari penamaan tersebut, sering kali harapan dan tujuan tertuang. Namun tidak jarang sebuah nama pada suatu produk tertentu harus hilang atau bias bila diterjemahkan dalam bahasa berbeda.

Itulah sebabnya Ford mengganti salah satu model legendarisnya, Laser, menjadi Focus. Seperti dilansir news.com.au, berikut nama-nama mobil yang akan cukup ‘mengganggu’ bila diterjemahkan dengan bahasa tertentu sehingga beberapa pabrikan terpaksa mengganti penamaannya.

(ruk/ddn)


Kreator Hoax Surat Suara Pose 2 Jari, TKN: Artinya Jelas Kan?

Jakarta – Terdakwa perkara hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra, mengacungkan salam dua jari sebelum mengikuti sidang. TKN Jokowi-Ma’ruf Amin menilai pose dua jari Bagus Bawana menunjukkan secara jelas mengenai arah keberpihakannya.

“Artinya jelas kan? Yang bersangkutan bagian dari yang dia perjuangkan!” kata juru bicara TKN Irma Suryani Chaniago, saat dihubungi, Jumat (5/4/2019).

Sementara itu, BPN Prabowo-Sandiaga mengaku menolak dikaitkan dengan terdakwa karena tidak ada kebijakan timses untuk meminta simpatisan atau relawan menyebarkan hoax. Menanggapi itu, Irma mengaku lelah menanggapi BPN karena selalu berkilah.
“Sudahlah.. Capek ngadepin orang-orang yang lempar batu sembunyi tangan… Hit and RUN,” sambungnya.
Sebelum menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), terdakwa perkara hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra, mengacungkan salam dua jari. Bagus sebelumnya mengaku siap menjalani sidang.

Dari pantauan detikcom, Bagus tampak duduk di kursi pengunjung sebelum sidang dimulai. Dia kemudian menunjukkan salam dua jari dengan tangan kanannya.

Gaya pose salam dua jari diketahui identik dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Salam dua jari tersebut sering digunakan kubu Prabowo selama kampanye.

Kasus ini berawal dari penangkapan yang dilakukan polisi terhadap Bagus. Dia diduga membuat hoax ada 7 kontainer surat suara yang sudah tercoblos asal China di Pelabuhan Tanjung Priok. Dalam hoax yang dia buat pada awal Januari 2019, disebutkan surat suara tercoblos pada bagian yang ada gambar paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

Informasi hoax itu dia tuangkan dalam rekaman suara dan tulisan, kemudian dia viralkan di akun Twitter serta WhatsApp Group yang diikutinya.

Di media sosial, Bagus mengidentikkan dirinya dengan pendukung paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga. Dia pun mengaku sebagai Ketua Dewan Koalisi Nasional Prabowo. Namun hal tersebut dibantah Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga.

(yld/knv)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tanda Waqaf dalam Al Quran dan Artinya, Muslim Wajib Tahu

1. Waqaf Taamm (ﺗﺂﻡّ) adalah  waqaf yang sempurna yaitu menghentikan bacaan pada kata yang sempurna, tidak berhenti pada tengah-tengah kata, serta tidak mempengaruhi makna dan arti kata, karena tidak memiliki hubungan dengan ayat sebelumnya maupun ayat setelahnya;

2. Waqaf kaaf (ﻛﺎﻒ) adalah waqaf yang memadai yaitu berhenti pada sebuah kata yang sudah mempunyai arti sempurna, tidak berhenti pada tengah-tengah kata atau bacaan. Akan tetapi bacaan tersebut masih mempunyai hubungan makna dengan kata setelahnya.

3. Waqaf Hasan (ﺣﺴﻦ ) adalah waqaf yang baik yaitu berhenti pada sebuah bacaan atau kata yang sempurna, tidak mempengaruhi arti atau makna. Akan tetapi bacaan tersebut masih mempunyai hubungan makna dengan kata setelahnya.

4. Waqaf Qabiih( ﻗﺒﻴﺢ) adalah waqaf buruk yaitu berhenti pada kata atau bacaan yang tidak sempurna, berhenti pada tengah-tengah kata atau ayat. Wakaf jenis ini harus dijauhi karena bacaan tersebut masih berhubungan dengan bacaan sebelumnya baik maknanya maupun lafazdnya. Sehingga arti dari kata tersebut bisa rusak.

Kata-Kata Gaul Bahasa Inggris dan Artinya, Milenial Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia.

Bahasa Inggris termasuk dalam bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa resmi oleh Uni Eropa, negara persemakmuran, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta beragam organisasi lainnya.

Nah, mungkin bagi sebagian yang bukan penutur asli bahasa Inggris mengira bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang baku. Tapi ternyata bahasa Inggris juga memiliki bahasa gaul lho. Kata-kata gaul tak hanya dimiliki oleh bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris pun banyak ditemui kata-kata gaul. Kata-kata gaul dalam bahasa Inggris ini disebut dengan bahasa slang.

2 dari 5 halaman

Mengenal kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya

Kata-kata slang atau kata-kata gaul dalam bahasa Inggris merupakan bahasa informal yang diciptakan oleh suatu kelompok tertentu.

Kata-kata gaul bahasa Inggris tidak bersifat baku dan informal. Terkadang kata-kata slang terkesan blak-blakan, lucu, keras, atau bahkan ada yang sedikit jorok. Kata-kata gaul ini biasanya dituturkan oleh remaja atau kelompok sosial tertentu untuk bercakap sehari-hari.

Penutur kata-kata slang sendiri ini adalah para anak muda, maka dari itu kata-kata ini biasa disebut dengan bahasa gaul. Di Indonesia mirip seperti ‘gue’, ‘elu’, ‘sob, ‘bete’, dan lain sebagainya.

Kata-kata gaul ini bersifat musiman karena memang tidak dibakukan dalam penuturan resmi bahasa Inggris dan akan terus berkembang sepanjang masa.

Jika kamu tertarik menguasai bahasa Inggris, ada baiknya kamu memahami kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya. Dengan mengetahui kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya, saat kamu bertutur dengan orang asing semumuranmu, bahasamu tak terlalu baku dan formal seperti yang diajarkan biasanya. Namun pastikan kamu menggunakan bahasa gaul ini pada orang yang tepat ya.

Berikut kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (7/3/2019) :

3 dari 5 halaman

Kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya: Sapaan Orang

– Baby

Kata ini mungkin sudah sering terdengar di lagu atau film-film barat. Artinya bukan merujuk pada bayi atau anak kecil ya. Baby dalam istilah slang artinya adalah sebuah panggilan sayang atau kekasih hati.

Contoh:

‘Baby I love you’ artinya: sayang, Aku mencintaimu.

– Buddy

Buddy dalam istilah gaul bahasa Inggris memiliki arti sapaan teman atau kawan. Kata ini biasa digunakan untuk menyapa teman dekat.

Contoh:

‘Hi buddy! How are you?’ artinya: hai kawan, apa kabarmu?

4 dari 5 halaman

Kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya: Singkatan

Kata-kata gaul juga dapat berupa singkatan kalimat atau frasa. Berikut beberapa kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya yang berupa singkatan:

ASAP: As Soon As Possible artinya secepat mungkin atau secepatnya.

LOL: laugh out loud artinya tertawa lepas.

CMIIW: correct me if I’m wrong artinya koreksi jika aku salah

AKA: Also Known As artinya alias

BRB: Be Right Back artinya Segera Kembali atau segeralah kembali

IDK: I Don’t Know artinya aku tidak tahu

IMO: In My Opinion artinya Menurut pendapatku

OMG: Oh my God! artinya Oh Ya Tuhan!

ROTFL: Rolling On Floor Laughing artinya tertawa sampai guling-guling

YOLO: you only life once artinya hidup cuma sekali loh

TBH: To Be Honest, artinya sejujurnya.

5 dari 5 halaman

Kata-kata gaul bahasa Inggris dan artinya

– Down to earth

Menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya.

– Hang out

Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

– Blow Me

Artinya ‘buat aku terkesan’

– Feeling so blue

Menggambarkan rasa sedih atau sedang dalam kesedihan.

– Creep/creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

– Crush on

Menyatakan naksir atau menggemari contoh: “I got crush on that boy” artinya “aku naksir cowok itu”

– For real?

Menyatakan atau lebih tepatnya menanyakan kebenaran akan suatu hal. Contoh: ”you just moved there? For real?” artinya “kamu pindah ke tempat itu? Yang benar saja”

– Hella

Menyatakan ‘sangat’ contoh “wow! She’s hella beautiful” artinya wow dia sangat cantik!

– Bae

Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa.

– Savage

Istilah ini sudah kerap ditemu di berbagai kesempatan. Savage berati berani atau nekat tidak peduli dengan konsekuensi yang akan didapat.

– Triggered

Artinya terpicu, terpancing atau menjadi marah.

– Puppy love

Dalam bahasa Indonesia puppy love diartikan sebagai cinta monyet


Mengenal Warna Air Mani dan Artinya untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Semen dan air mani, samakah? Semen adalah cairan tubuh warna putih keruh yang dikeluarkan dari uretra dan keluar dari penis selama ejakulasi. Semen terdiri dari sel-sel sperma bergerak (disebut spermatozoa) dan cairan kaya nutrisi yang disebut cairan mani.

Cairan mani berfungsi untuk mengangkut sel-sel sperma dan meningkatkan kemampuan pembuahan mereka. Bagaimana jika semen warnanya berbeda-beda, apa artinya?

Richard N. Fogoros, MD, seorang peneliti dan penulis di bidang kardiologi menjelaskan, semen seringnya beraroma seperti klorin dan rasanya sedikit manis karena mengandung fruktosa yang tinggi. Namun, rasa air manicenderung berubah sedikit dari orang ke orang dan mungkin dipengaruhi oleh diet.

Menurut Fogoros, volume semen yang dikeluarkan selama ejakulasi bervariasi di antara studi penelitian. Dalam studi review di Journal of Andrology menunjukkan volume rata-rata sekitar 3,4 ml. Selain itu, dua faktor yang dapat mempengaruhi volume semen selama ejakulasi termasuk saat terakhir Anda ejakulasi dan status hidrasi.


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ketika air mani berwarna

1. Warna merah dan cokelat

Jika air mani berwarna merah atau coklat, kata Fogoros, itu bisa menjadi pertanda darah. Meskipun mungkin tampak mengkhawatirkan bagi Anda, dalam kebanyakan kasus, darah dalam air mani Anda (disebut hematospermia) biasanya jinak.

Alasan paling umum untuk itu adalah dari biopsi prostat, tetapi bisa juga karena berbagai kondisi lain yang mempengaruhi organ-organ saluran reproduksi pria seperti infeksi. Jarang sekali kondisi darah dalam air mani adalah tanda kanker.

Berita baiknya menurut Fogoros, hematospermia umumnya sembuh dengan sendirinya. Namun, penting untuk memeriksakannya ke dokter. Dokter kemungkinan akan mengajukan pertanyaan, melakukan pemeriksaan (terutama skrotum dan kelenjar prostat), dan melakukan tes urine untuk memastikan infeksi bukan penyebabnya.

2. Warna kuning dan hijau

“Semen yang normal berwarna off-white atau agak kuning. Tetapi, air mani dengan warna kuning atau hijau terang dapat mengindikasikan infeksi seperti infeksi menular seksual (IMS) gonore,” tulis Fogoros seperti dilansir Verywellhealth.

Menurut Fogoros, apabila air mani berubah warna karena infeksi gonore, memerlukan pengobatan dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Demikian juga jika air mani berbau busuk, segeralah periksakan ke dokter karena ini juga sering merupakan tanda infeksi.

Habiburokhman Sakit Hati Puisi Neno Disebut Biadab

Jakarta – Juru Bicara Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman, mengatakan pernyataan mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif yang menyebut puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Pernyataan itu dinilainya berlebihan.

“Pernyataan Buya Syafii Maarif yang menyatakan puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Sejauh ini kami menempatkan Buya Syafii sebagai ulama dan cendekiawan berhati mulia, namun pernyataan beliau kali ini menurut saya sangat berlebihan dan cenderung tidak adil,” kata Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat (1/3/2019).

“Kalau puisi Mbak Neno dianggap biadab karena mengarah ke politisasi agama, bagaimana dengan mereka yang juga diduga mempolitisasi agama di kubu politik sebaliknya? Apakah biadab juga? Atau hanya yang bertentangan dengan 01 yang biadab?” imbuhnya.

Menurut Habiburokhman, kata biadab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkonotasi ekstrem dan dicontohkan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Habiburokhman sakit hati jika puisi Neno disamakan dengan pemerkosaan anak.

“Kata biadab mungkin berasal dari bahasa Persia yang berarti sekadar tidak bertata krama. Tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tersebut sangat ekstrem karena bisa berarti tidak beradab dan kejam dengan contoh pemerkosaan anak di bawah umur. Sakit sekali hati kami kalau puisi Mbak Neno disamakan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Terlebih jika yang menyampaikannya adalah sosok yang selama ini sangat kami hormati dan kagumi,” ungkapnya.

Politikus Gerindra ini meyatakan yang pantas dikatakan biadab adalah para koruptor dan pihak-pihak yang menggunakan kekuasaan untuk menindas lawan politik.

“Menurut saya, yang layak dikatakan biadab adalah para koruptor pencuri uang rakyat, atau jika ada pihak yang menggunakan pengaruh kekuasaan untuk menindas dan memenjarakan lawan politik,” ucap Habiburokhman.

Sebelumnya, Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itukan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.
(azr/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Deflasi Februari 0,08 Persen, Ini Tanggapan BI

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi 0,08 persen pada Februari 2019.

Ini berbanding terbalik dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi yang sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 yang sebesar 0,32 persen (mtm).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, deflasi yang terjadi pada bulan ini menunjukan pencapaian positif di awal tahun.

Artinya, pemerintah telah berhasil dan menekan sejumlah beberapa harga kebutuhan pokok di tingkat masyarakat.

“Dan ini juga sejalan dengan survei pemantauan harga yang kami sampaikan sebelumnya bahwa memang harga-harga Alhamdulillah terus terkendali,” kata dia saat ditemui di Kompleks Masjid Bank Indonesia, Jumat (1/3/2019).

Perry mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, sejumlah harga dari beberapa komoditas memang telah turun. Penurunan itu terjadi misalnya pada daging ayam, cabai merah, bawang, hingga telur.

“(Berkat) koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia dan berbagai pihak menunjukan bahwa harga harga terkendali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semua komoditas khususnya bahan bahan makanan itu mengalami penurunan,” pungkasnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Laporan BPS

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indonesia mengalami deflasi0,08 persen pada Februari 2019. Ini berbeda dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 sebesar 0,32 persen (mtm).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti melaporkan dari 82 kota cakupan perhitungan indeks harga konsumen (IHK), sebanyak 69 kota mengalami deflasi. Sedangkan 13 kota mengalami inflasi.

Deflasi tertinggi terjadi di Merauke sebesar 2,11 persen dan terendah Serang sebesar 0,02 persen. Sedangkan inflasi tertinggi yaitu di Tual sebesar 2,98 persen dan terendah di Kendari sebesar 0,03 persen.

“Deflasi di Merauke lebih disebabkan oleh penurunan harga sayuran, cabai, itu mengalami penurunan harga. Inflasi tertinggi di Tual disebabkan karena sayuran khususnya bayam dan ikan segar,” tandas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tampil di Piala Presiden 2019, Pemain Asing Tidak Perlu Kitas

Jakarta – Pemain asing yang akan tampil di Piala Presiden 2019 tidak perlu memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Hal itu dipastikan oleh PSSI. Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, klub hanya tinggal memastikan pemain asing itu memiliki Visa Kunjungan Usaha.

Managers Meeting Piala Presiden 2019  telah digelar pada Kamis (28/2/2019). Dalam kesempatan tersebut, PSSI memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan turnamen pramusim yang akan dimulai Sabtu (2/3/2019).

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, juga mengungkapkan para pemain asing yang akan memperkuat klub peserta Piala Presiden 2019 tak memerlukan Kitas seperti di edisi sebelumnya. Maksimal empat pemain asing yang akan bermain di setiap klub hanya perlu untuk memastikan datang ke Indonesia dengan menggunakan Visa Kunjungan Usaha.

“Untuk proses imigrasi pemain asing, PSSI sudah berkoordinasi dengan BOPI pada pekan lalu dan kami sepakat dengan arahan BOPI, mengingat ini merupakan ajang uji coba bagi klub, kami akan menggunakan regulasi VISA, bukan Kitas,” ujar Ratu Tisha Destria di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

“Alasannya kalau Kitas artinya sang pemain sudah bekerja di sini, sementara untuk Piala Presiden 2019 ini belum pasti pemain itu akan digunakan oleh klub saat kompetisi nanti,” lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Kuota 3 + 1

Sementara untuk jumlah pemain asing yang boleh digunakan setiap klub, PSSI masih menerapkan kuota 3+1, perinciannya minimal satu pemain asing harus berasal dari Asia.

“Kalau ada dua atau tiga pemain asing dari Asia justru itu tidak ada masalah,” tegas Ratu Tisha.

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret 2019 dan akan berakhir pada 12 April 2019. Babak penyisihan grup digelar di lima kota dan kabupaten, yaitu Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Sumber: Bola.com

Puisi Neno Disebut Biadab, BPN Prabowo: Pak Buya Syafii Khilaf?

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membela Neno Warisman yang puisinya disebut mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif biadab. BPN mempertanyakan di mana letak kesalahan puisi Neno.

“Mbak Neno sejak dulu memang dikenal antara lain karena puisi. Dia sering menulis dan membaca puisi. Jika sekarang dia menyontoh doa Rasulullah SAW dalam puisinya, salahnya di mana?” kata anggota Dewan Pakar BPN Prabowo-Sandiaga, Dradjad Wibowo kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Menurut dia, orang yang berkarya lewat puisi harus dihormati. Jika tak setuju, kata Dradjad, lebih baik membuat puisi lain asalkan tidak merevisi doa.

“Orang berkarya seni melalui puisi ya kita hormati lah. Jika tidak sepakat dengan isinya, orang bisa bikin puisi lain yang dia cocok. Yang penting tidak merevisi doa hehe,” ucap politikus PAN itu.
Dradjad pun mempertanyakan apakah Buya Syafii sedang khilaf karena pernyataannya tersebut. Meskipun demikian, ia tetap mendoakan kebaikan bagi Buya Syafii.

“Apa Pak Syafii sedang khilaf ya? Saya mendoakan kebaikan bagi beliau,” ungkap Dradjad.

Sebelumnya, mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itu kan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.

Saksikan juga video ‘TKN soal Puisi Neno Warisman: Tuhan Tak Perlu Diancam!’:

[Gambas:Video 20detik]

Ikuti Perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(azr/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>