Jadwal MotoGP Argentina: Menanti Kejutan di Rio Hondo

Liputan6.com, Jakarta – Para pembalap MotoGP bakal berjuang mengejar hasil lebih baik pada seri kedua balapan motor paling bergengsi di sirkuit Rio Honda, Argentina akhir pekan ini. Absen dua pekan jadi bahan evaluasi bagi pembalap untuk bangkit di Argentina.

Pada MotoGP Qatar 10 Maret lalu, terjadi pertempuran sengit antara pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dengan pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso di Sirkuit Losail. Terjadi perebutan posisi satu dua tapi Dovizioso yang keluar sebagai pemenang.

Dovizioso mengalahkan Marquez dalam perebutan juara di Losail. Sedangkan podium ketiga diraih oleh Cal Crutchlow, pembalap LCR Honda yang mampu mengasapi pembalap Suzuki, Alex Rins di lap-lap akhir.

MotoGP Qatar menjadi semacam evaluasi awal bagi tim-tim MotoGP. Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales meraih hasil mengejutkan. Vinales yang start dari pole positions meraih hasil mengecewakan karena finis di posisi ketujuh.

Sedangkan Rossi yang start di posisi ke-14 masih bisa meraih hasil menggembirakan posisi kelima. Meski ini menjadi hasil terburuk dalam kariernya selama mengikuti MotoGP Qatar sejak 2008.

Berita video terpopuler 2018 yang pertama adalah mengenai insiden Valentino Rossi jatuh yang disebabkan aksi menyalip Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018.

Messi Comeback, Timnas Argentina Luncurkan Jersey Baru

Buenos AiresArgentina menandai comeback Lionel Messi ke timnas dengan meluncurkan jersey baru. Seragam ini akan dikenakan Tim Tango di Copa America 2019.

Messi kembali memperkuat Albiceleste setelah istirahat selama enam bulan lebih usai kegagalan di Piala Dunia 2018. Saat itu Messi dikritik habis karena tak mampu membawa Argentina berprestasi.

Di bawah asuhan Lionel Scaloni, Argentina mencoba mencari peruntungan dengan skuat yang terbilang dihuni banyak pemain baru. Maka mereka pun butuh Messi untuk jadi pembimbing.

Bersamaan dengan kembalinya Messi, Argentina juga meluncurkan jersey terbaru yang akan dipakai di Copa America tengah tahun nanti. Messi didapuk langsung sebagai bintang iklannya mengingat dia adalah ambassador utama Adidas.

Untuk jersey ini, warna biru-putih khas Argentina masih mendominasi. Namun tidak seperti jersey di Piala Dunia di mana ada tiga garis, kini hanya ada dua garis vertikal warna biru langit dengan warna putih sebagai pemisah.

Messi Comeback, Argentina Luncurkan Jersey BaruFoto: Twitter @Adidas

Huruf pun menjadi lebih segar dengan desain baru dan warna biru tua yang cocok berpadu dengan latar belakang putih. Warna biru gelap menghiasi juga bagian kerah dan ujung lengan jersey tersebut.

Selain Messi, beberapa bintang Argentina lain juga jadi model jersey baru itu seperti Paulo Dybala, Lautaro Martinez, dan Angel Correa. Jersey ini kemungkinan dipakai saat melakoni laga ujicoba internasional kontra Venezuela dan Maroko.

Argentina tentu berharap jersey ini membawa peruntungan baru untuk timnas di Copa America. Dimulai 14 Juni di Brasil, Argentina gabung Grup B bersama Kolombia, Paraguay, dan tim undangan Qatar.

(mrp/din)

Jadwal MotoGP Argentina 2019, Balapan 29-31 Maret

1. Andrea Dovizioso (Ducati) 25 poin

2. Marc Marquez (Repsol Honda) 20 poin

3. Cal Crutchlow (LCR Honda) 16 poin

4. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 13 poin

5. Valentino Rossi (Monster Yamaha) 11 poin

6. Danilo Petrucci (Ducati) 10 poin

7. Maverick Viñales (Monster Yamaha) 9 poin

8. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 8 poin

9. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 7 poin

10. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 6 poin

11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) 5 poin

12. Pol Espargaro (Red Bull KTM) 4 poin

13. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 3 poin

14. Andrea Iannone (Aprilia Gresini) 2 poin

15. Johann Zarco (Red Bull KTM) 1 poin

16. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 0 poin

17. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 0 poin

18. Karel Abraham Reale (Avintia) 0 poin

19. Tito Rabat (Reale Avintia) 0 poin

20. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM) 0 poin

Berita video balapan MotoGP Argentina di mana Cal Crutchlow menjadi juara dan terjadi insiden Valentino Rossi yang terjatuh karena aksi menyalip Marc Marquez di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Buenos Aires, Minggu (8/4/2018).

Terpuruk di Qatar, Vinales Ingin Bangkit di MotoGP Argentina

Jakarta Maverick Vinales jadi pembalap paling kecewa pada MotoGP Qatar, Senin (11/3/2019) dini hari WIB. Start di posisi terdepan, pembalap Monster Energy Yamaha itu malah finis ketujuh.

Namun, Vinales tak mau terpuruk terlalu lama. Dia justru antusias dan penasaran menyambut balapan berikutnya di MotoGP Argentina pada 31 Maret waktu setempat. Vinales punya alasan khusus tak sabar membalap di Argentina. 

“Saya tahu balapan (MotoGP Qatar) bakal sulit meskipun start dari posisi pertama. Sayangnya saat start saya membuat kesalahan. Setelah itu saya ditinggalkan rombongan, kemudian kesulitan mengejar,” kata Vinales, seperti dikutip Crash

“Saya meninggalkan Qatar dengan mengetahui fakta kami harus berkonsentrasi pada pengereman. Faktanya, saya sangat penasaran berangkat ke MotoGP Argentina. Alasannya kami akan menjemput nasib yang berbeda, bekerja secepatnya dengan perspektif berbeda, dan mengikuti garis berbeda,” imbuh Vinales. 

Vinales juga menjelaskan masalah yang merecokinya di Sirkuit Losail sehingga gagal naik podium pada seri pembuka tersebut. 

“Sayangnya, di sini, fakta melaju sendirian tak membuat saya memami beberapa aspek,” ujar Vinales. 

“Sulit bagi saya berkendara ketika berada dalam rombongan, saya kehilangan jalur klasik. Rasanya berbeda ketika saya melaju sendirian seperti saat di tes maupun latihan bebas, dan kualifikasi. Saat balapan, saya berada di antara pembalap lain. Saya harus mengerem di lintasan lurus, dan hal itu sangat memakan ban, yang berefek negatif,” imbuh Maverick Vinales. 

Berita video MotoGP Qatar 2019 yang berlangsung sengit antara Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso.

Terpuruk di Qatar, Vinales Bertekad Bangkit di MotoGP Argentina

Vinales juga menjelaskan masalah yang merecokinya di Sirkuit Losail sehingga gagal naik podium pada seri pembuka tersebut. “Sayangnya, di sini, fakta melaju sendirian tak membuat saya memami beberapa aspek,” ujar Vinales. 

“Sulit bagi saya berkendara ketika berada dalam rombongan, saya kehilangan jalur klasik. Rasanya berbeda ketika saya melaju sendirian seperti saat di tes maupun latihan bebas, dan kualifikasi.”

“Saat balapan, saya berada di antara pembalap lain. Saya harus mengerem di lintasan lurus, dan hal itu sangat memakan ban, yang berefek negatif,” imbuh Maverick Vinales.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Berita video MotoGP Qatar 2019 yang berlangsung sengit antara Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso.

Akhirnya! Messi Masuk Skuat Argentina Lagi

Buenos Aires – Masa istirahat Lionel Messi sudah selesai. Pesepakbola 31 tahun itu memutuskan untuk kembali memperkuat Timnas Argentina bulan ini.

Messi sebelumnya menyatakan istirahat dari Tim Tango setelah penampilan mengecewakan di Piala Dunia 2018. Messi gagal membawa Argentina melaju jauh setelah dihentikan Prancis di babak 16 besar.

Penampilan buruk Argentina itu seakan jadi puncak kritik untuk Messi yang lagi-lagi belum bisa tampil oke di level timnas. Beberapa kali pemanggilan oleh pelatih Lionel Scaloni pun ditolak Messi.

Sampai akhirnya Messi menerima panggilan itu untuk laga internasional Argentina bulan ini menghadapi Venezeuela (22 Maret) dan Maroko (26 Maret). Ini jadi salah satu persiapan Argentina menuju Copa America Juni mendatang.

Kembalinya Messi membuat dua nama top harus tersingkir dulu dari skuat Argentina yakni Mauro Icardi dan Sergio Aguero. Di lini depan, Lautaro Martinez, Giovanni Simeone, dan Dario Benedetto bakal menemani Messi.

Selain itu tidak ada Gonzalo Higuain juga di daftar penyerang dan memperpanjang pengasingannya dari timnas sejak Piala Dunia lalu. Untuk laga ujicoba kali ini, Scaloni memanggil sekitar 31 pemain yang sebagian besar bermain di Liga Argentina.

(mrp/ran)

Ketika Putra Mahkota Arab Saudi Tebar Pesona di Kawasan Asia

Jakarta – Arab Saudi tengah menggencarkan aksi tebar pesona.

Selama beberapa hari terakhir, khalayak dunia mendapat kabar bahwa kerajaan tersebut menunjuk duta besar perempuan pertama di negara sekutu utamanya, Amerika Serikat.

Adapun putra mahkota Mohammed bin Salman baru saja merampungkan kunjungan ke Cina, Pakistan, dan India guna merundingkan kesepakatan dagang dan investasi bernilai miliaran dolar AS.

Rangkaian kejadian ini hanya berselang lima bulan setelah negara-negara Barat dikejutkan oleh pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Badan intelijen AS, CIA, dan lembaga spionase Barat lainnya menyimpulkan bahwa sang putra mahkotayang kerap disebut dengan inisial MBSamat mungkin mendalangi pembunuhan tersebut, yang dibantah keras oleh sejumlah pejabat Saudi.

Akibat kasus itu, MBS yang tadinya mendapat sambutan hangat di berbagai tempat, dijauhi oleh negara-negara Barat di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Oleh media Barat, MBS dikritik habis-habisan, tidak hanya terkait kasus pembunuhan Khashoggi, tapi juga terkait pemenjaraan demonstran damai, termasuk perempuan, dan melancarkan perang di Yaman.

Dihadapkan pada situasi ini, apa yang MBS lakukan? Dia beralih ke arah timur, persis seperti yang dilakukan para pemimpin negara-negara Teluk pada 2011 setelah dihujani kritik dari Eropa mengenai praktik sewenang-wenang di negara mereka.

Di negara-negara Asia, kedatangan MBS disambut karpet merah.

Di Pakistan, negara bersenjata nuklir yang sedang kesulitan keuangan, MBS dihormati dengan tembakan salvo 21 kali, kawalan pesawat jet tempur, dan hadiah senjata api berlapis emas.

Kemudian di India, MBS diterima dengan hangat oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Mereka lalu mendiskusikan rencana Saudi dalam berinvestasi besar-besaran, terutama pada sektor energi.

Dan di Cina, sang putra mahkota berbincang bersama Presiden Xi Jinping kemudian meneken kesepakatan penyulingan minyak senilai US$10 miliar (Rp139,9 triliun).

Kaum bangsawan Saudi tidak pergi sendirian. Jika Anda adalah putra mahkota dan penguasa de facto, Anda akan disertai rombongan 1.100 orang yang menumpang sejumlah pesawat, menginap di ratusan kamar hotel, serta membawa alat fitness pribadi.

Rombongan itu mencakup wartawan-wartawan dari media yang dikendalikan pemerintah sehingga mereka dapat melaporkan kepada rakyat bagaimana pemimpin mereka disambut oleh negara tujuan.

Posisi MBS di Arab Saudi sudah dianggap aman sebelum melakoni perjalanan mengingat tiada pesaing kuat yang mengincar takhta.

Pun dengan sambutan hangat yang diterima MBS di negara-negara Asia tambah menguatkan posisinya di mata rakyat Saudi sekaligus menyingkirkan anggapan bahwa sosoknya dikucilkan sejak pembunuhan Khashoggi.

Namun, Amerika Serikat sulit diyakinkan. Bukan kebetulan bahwa duta besar Saudi untuk Washington yang baru diangkat adalah perempuan.

Putri Reema binti Bandar Al Saud adalah pebisnis mandiri yang sukses. Dia juga dikenal gencar memperjuangkan peranan perempuan Saudi yang lebih luas dalam masyarakat di kerajaan itu.

Theresa May, putri Reema Bint Bandar al-SaudPutri Reema (kanan) bertemu dengan PM Inggris Theresa May di Riyadh pada 2017. (AFP/Getty)

Bagaimanapun, Putri Reema harus menghadapi Kongres AS yang kritis dan media yang melaporkan secara panjang lebar mengenai kekurangan Arab Saudi dalam hal hak asasi manusia.

Pendahulunya, Pangeran Khalid bin Salman Al Saud, buru-buru meninggalkan Washington setelah kasus Khashoggi. Dia dituduh ikut terlibat dalam pembunuhan sang wartawan, yang dia bantah. Belakangan dia tidak menempati jabatan Dubes Saudi untuk AS tanpa penjelasan rinci.

Lalu bagaimana posisi Eropa dalam situasi ini? Singkat kata, kebingungan.

Bagi Inggris, Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar di Timur Tengah dan sekitar 50.000 pekerjaan di Inggris tergantung pada hubungan kedua negara.

Dengan kekayaan minyaknya yang melimpah, Arab Saudi adalah pasar besar bagi para eksportir. Apalagi, Saudi merupakan salah satu pembeli utama persenjataan Inggris, sesuatu yang dijanjikan pemimpin oposisi Jeremy Corbyn akan diakhiri.

Hubungan Inggris dan Prancis lebih sejuk, tapi kedua negara tidak ada yang menerapkan sanksi signifikan terhadap Riyadh.

Jerman, di sisi lain, menanggapi kasus pembunuhan Khashoggi dengan membekukan ekspor senjata ke Saudi. Tapi, aksi ini justru mengancam hubungan Inggris-Saudi lantaran beberapa onderdil pesawat tempur Typhoon pesanan Saudi diproduksi di Jerman.

Pesan Saudi ke negara-negara Barat tampaknya ada dua.

Dengan beralih ke negara-negara besar nan penting di Asia, Saudi seperti ingin mengatakan: “Kami punya teman-teman lain di sekeliling dunia dan mereka gembira berbisnis dengan kami”.

Kemudian dengan menunjuk duta besar perempuan ke Washington, Saudi tampak ingin mengatakan, “Kami tahu kami punya kekurangan yang harus diperbaiki, jadi kami dengan senang hati ingin mendengar apa yang Anda katakan.”

Yang perlu dicermati para pengritik Saudi, apakah semua langkah yang baru dilakukan MBS berpengaruh terhadap semua pembangkang politik yang ditekan di Saudi, suatu hal yang membuat negara-negara Barat malu dalam berbisnis dengan Riyadh.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tolak Real Madrid dan Chelsea, Icardi Merapat ke Juventus

Liputan6.com, Jakarta – Penyerang Mauro Icardi hampir pasti akan meninggalkan Inter Milan akhir musim nanti. Icardi sedang bermasalah dengan La Beneamata setelah negosiasi kontrak baru menemui jalan buntu.

Pemain asal Argentina itu saat ini berlatih terpisah dengan skuat utama Inter Milan. Icardi juga telah kehilangan jabatan sebagai kapten tim. Sejak dicopot sebagai kapten, Icardi tak pernah bermain lagi untuk Inter. 

Performa apik Icardi bersama Inter membuat banyak klub besar tertarik merekrutnya. Real Madrid, Chelsea dan Juventus sangat berminat kepada eks pemain Sampdoria itu.

Akan tetapi, menurut Corriere dello Sport, Icardi tak tertarik pindah ke Real Madrid ataupun Chelsea. Mantan pemain Barcelona itu masih senang bermain di Italia.

Karena memprioritaskan tetap di Italia, Juventus menjadi kandidat terkuat klub baru Icardi musim depan. Kebetulan Juventus juga sudah menyatakan minat kepada Icardi.

2 dari 3 halaman

Napoli

Juventus nyaris merekrut Icardi musim panas tahun lalu. Namun urung dilakukan setelah I Bianconeri berhasil mendapatkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Selain Juventus, klub Italia lain yang mungkin bisa menjadi pelabuhan baru Icardi adalah Napoli. Namun mahalnya biaya transfer Icardi bisa menjadi kendala.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia

Real Madrid vs Barcelona: Los Blancos Tak Pernah Takut kepada Messi

Liputan6.com, Madrid – Pelatih Real Madrid, Santiago Solari menegaskan, anak asuhnya tidak gentar dengan bintang Barcelona, Lionel Messi jelang leg kedua semfinal Copa Del Rey di Estadio Santiago Bernabeu, Rabu (27/2/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Messi tercatat sebagai pemain aktif Barcelona yang paling banyak menghadapi Real Madrid. Dia sudah terlibat dalam laga bertajuk El Clasico dalam 39 pertandingan.

Pemain Timnas Argentina itu juga tercatat sebagai top scorer El Clasico. Dia sudah mencetak 26 gol ke gawang Real Madrid.

“Kata-kata itu (takut dengan Messi) tidak ada dalam kamus mereka yang bertanding dalam sepak bola. Kami menikmati jalannya kompetisi, kami akan memberikan jiwa dan raga kami setiap hari.”

“Kami masuk ke lapangan untuk bertarung guna memenangkan setiap pertandingan. Perspektif kami adalah menikmatinya,” ucap Solari, seperti dikutip dari situs resmi Real Madrid.

2 dari 3 halaman

Catatan Minus Messi

Meski top scorer Barcelona di ajang El Clasico, seorang Messi tetap saja punya catatan minus. Pemain berusia 31 tahun itu tak mampu mencetak gol ke gawang Real Madrid di ajang El Clasico.

Bahkan, pada semifinal leg pertama Copa Del Rey, 7 Februari lalu, Lionel Messi tak amin akibat cedera. Namun pada leg kedua nanti, Messi dipastikan bermain.

3 dari 3 halaman

Statistik Messi

Berikut statistik Lionel Messi di ajang El Clasico:

Main: 39

Gol: 26

Hat-trick: 2

Assist: 14

Saksikan video pilihan berikut ini: