Manajer Manchester City Mengaku Tidak Adil kepada Riyad Mahrez

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester City, Pep Guardiola meminta maaf karena jarang memainkan Riyad Mahrez. Ia mengatakan, Mahrez jarang bermain karena ia tidak bertindak adil.

“Saya adalah alasan dia jarang bermain. Dia sama sekali tidak bersalah,” kata Guardiola seperti dilansir Sports Mole.

Mahrez didatangkan Manchester City dari Leicester City di awal musim ini dengan harga 60 juta poundsterling atau Rp 1,09 triliun. Gelandang asal Aljazair ini mendapat kontrak lima tahun.

Bermain di Manchester City, Mahrez harus bersaing dengan nama-nama seperti Raheem Sterling, dan Bernardo Silva. Sayangnya, Guardiola lebih memilih dua nama itu sebagai pemain utama di lini tengah.

“Kami punya pemain luar biasa seperti Bernardo dan Sterling yang berada dalam penampilan terbaik, yang mana itu adalah alasan satu satunya (Mahrez cadangan,red). Tidak ada alasan lain seperti saya kecewa atau apapun,” kata Guardiola.

2 dari 3 halaman

Berlatih Keras

Guardiola menambahkan, bukan hanya Mahrez yang harus menyingkir dari skuat utama The Citizens. Ada Leroy Sane yang tempatnya juga mulai digantikan oleh pemain lain seperti Kevin de Bruyne atau Ilkay Gundogan.

Mantan pelatih Barcelona ini pun mengakui sedih tidak bisa memberi Mahrez menit bermain. “Saya sedih karena dia berlatih luar biasa dan bertalenta, tetapi saat ini kami punya lima striker. Pada pertandingan terakhir, Sane tidak bermain,” kata Guardiola.

3 dari 3 halaman

Janji Beri Kesempatan

Lebih lanjut, Guardiola juga berjanji akan segera memberi Mahrez kesempatan bermain. Syaratnya, ia terus berlatih keras dan tidak mengeluh.

“Saya tidak ragu akan kualitasnya. Hanya terus saja berlatih, tidak banyak mengeluh dll. Waktunya akan datang. Saya yakin dia akan bermain bagus,” kata Guardiola mengakhiri.

Jokowi: Hentikan Gerakan Uninstall Bukalapak

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh pihak untuk menghentikan gerakan uninstall Bukalapak.com. Menurut dia, masyarakat justru harus mendorong anak-anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi.

Hal ini dikatakan Jokowi usai bertemu CEO Bukapalak Achmad Zaky di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (16/2/2019). Gerakan #UninstallBukalapak ini muncul dan menjadi trending di Twitter, usai Zaky menyinggung ‘presiden baru’ saat membahas revolusi industri 4.0.

“Kita harus bijak dalam bersikap, matang dalam bersikap dalam setiap peristiwa apapun. Sebab itu saya ajak hari ini untuk hentikan, untuk setop (gerakan) uninstall Bukalapak. Karena kita harus dorong anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas untuk maju,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak marah kepada Zaky terkait cuitannya yang ramai diperbincangkan. Jokowi pun mengajak agar semua pihak dewasa dalam bersikap.

“Tadi sudah bertemu dan saya tidak ada perasaan apa-apa terhadap Mas Zaky. Sudah tiap hari ketemu,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

Sebelumnya, CEO Bukalapak Achmad Zaky menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Sabtu (16/2/2019). Zaky mengaku, secara pribadi meminta maaf kepada Jokowi serta meluruskan cuitannya tentang ‘presiden baru’ dalam pertemuan itu.

“Tadi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden yang sudah meluangkan waktunya untuk bertemu dengan saya mengundang saya. Secara pribadi, saya tadi mengucapkan minta maaf kepada bapak dan meluruskan juga yang kemarin,” kata Zaky usai bertemi Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Sabtu (16/2/3019).

Pertemuan antara CEO Bukalapak itu dan Jokowi berlangsung terutup dari awak media. Jokowi turut didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki.

Menurut Zaky, dalam pertemuan itu, dirinya bersama Jokowi juga membahas tentang rancangan pemerintah membuat Indonesia maju. Menurut dia, pemerintah telah memiliki rencana untuk membuat Indonesia maju dengan berbasis inovasi.

“Kita akan support juga dan komitmen juga dari sisi Bukalapak. Poinnya adalah bagaimana membuat Indonesia maju,” ucap CEO Bukalapak Achmad Zaky.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Menjadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak?

Liputan6.com, Jakarta – Di era sekarang, pekerjaan tidak melulu mengharuskan Anda pergi ke kantor dan berseragam. Anda bisa menghasilkan uang lewat internet, seperti blogging.

Jika dulu blogging hanya dilihat sebagai hobi di waktu senggang, sekarang blogging dapat dijadikan profesi jika Anda menekuninya dengan serius. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini, dikutip dari Daily Mail (06/02/2019), jika ingin menjadi blogger sukses.

Tidak semua blogger memiliki pengaruh atau influence di khalayak umum. Tipe blogger ini biasanya hanya ngeblog untuk menyalurkan hobi mereka. Namun, semakin banyak pengikut aktif seorang blogger, maka semakin besar juga peluang blogger tersebut untuk mendapatkan banyak uang.

Seperti yang dilakukan blogger lifestyle terkenal Huda Kattan yang menghargai satu postingan di blognya senilai 10 ribu euro atau sekitar Rp. 158 juta. Tentu saja ada yang mau menggunakan jasanya karena ia memiliki pengikut yang banyak.

Namun, aktivitas blogging bukan hanya sebatas mencari uang. Lebih luas lagi, aktivitas ini dapat membantu menyebarkan beragam sudut pandang dan opini pada generasi sosial media. Oleh karenanya, Anda harus tetap berhati-hati saat menulis postingan di blog Anda.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Peralatan Tempur Anda

Alat tempur para blogger paling utama adalah komputer atau laptop dengan koneksi internet. Selain itu, para blogger juga harus menyiapkan beberapa akun untuk membuat blog, seperti akun email dan akun blog.

Anda dapat memilih beberapa provider blog yang Anda rasa nyaman sebagai media berbagi. Beberapa diantaranya ialah WordPress, WIXsite, Blogger, Tumbler dan lainnya.

Jika ingin terlihat profesional, Anda dapat menyewa domain yang harganya berkisar tiap tahunnya. Anda juga bisa membenamkan fitur lain di blog Anda dengan biaya tambahan juga tentunya.

Setelah lapangan Anda telah siap, saatnya tentunya apa permainan yang akan Anda isi di lapangan itu. Anda harus menemukan permainan yang menarik yang akan ditonton banyak orang. Sama seperti blog, siapkan topik menarik yang akan dibaca orang.

Kebanyakan, blogger berbayar fokus pada topik kecantikan dan hiburan. Meskipun begitu, Anda tetap bebas menentukan topik yang Anda minati. Seorang blogger bernama James Prestridge, awalnya membuat blog bertema review film yang begitu ia minati. Saat ini, pembacanya telah melewati angka lebih dari 20.000 pembaca.

Ada juga yang setiap harinya menulis review film sepanjang 800 kata dan diposting ke blognya. Jika ditekuni dengan baik, topik apapun akan dibaca oleh orang. Namun, kami sarankan untuk memilih tema yang diminati banyak orang untuk meningkatkan peluang terbacanya artikel.

3 dari 3 halaman

Promosikan Blog Anda dengan Tepat

Mempromosikan blog tidak jauh berbeda dengan mempromosikan produk jualan. Anda harus meyakinkan calon pembaca Anda bahwa isi blog Anda adalah hal yang mereka butuhkan.

Dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Snapchat, Anda bisa mengenalkan blog Anda kepada orang lain, dimulai dari teman dan kerabat Anda.

Jika sudah memiliki beberapa pembaca, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui iklan atau sponsor. Jasmine Johnson, blogger travel asal Brixton menyewa space untuk mengiklankan blognya di Instagram, yang kemudian terhubung dengan blognya langsung.

Saat ini, Jasmine mendapatkan bayaran 100 euro per artikel yang ia tulis di blog. Dengan strategi periklanan yang ia gunakan, bukan tidak mungkin jumlah bayarannya akan bertambah besar. Anda dapat menggunakan strategi ini.

Setelah mendapatkan pengunjung blog, Anda harus tetap memperhatikan kualitas artikel Anda. Cek akurasi konten sebelum Anda posting, pastikan artikel Anda mengandung informasi dan hiburan yang dibutuhkan para pembaca.

Pamer Foto Penggeledahan di Medsos, Wakil Ketua Satgas Antimafia Bola Sindir Joko Driyono

Jakarta Satgas Antimafia Bola menggeledah apartemen milik Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono. Di Tower 9 Apartemen Taman Rasuna, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (15/2/2018) malam pihak kepolisian menyita sejumlah barang pribadi milik Joko Driyono yang dicurigai ada kaitannya kasus skandal pengaturan skor sepak bola Indonesia yang ditangani polisi.

Pernyataan tegas berbau satir dilontarkan Krishna Murti, Wakil Ketua Satgas Antimafia Bola di akun pribadi Instagram-nya pada Kamis (15/2/2019).

“Anda mau bilang cuma anda yg bisa urus bola? Buktinya Indonesia enggak pernah juara. Anda mau bilang bahwa Anda selalu benar dan tidak mau turun? Jangan coba2 lawan Kekuatan rakyat Indonesia. Dan percayalah kami akan selalu bersama rakyat Indonesia. Dan percayalah bahwa kami hanya ingin sepak bola Indonesia kembali hebat. Kamu mau mafia-mafiaan? Kami tidak akan pernah gentar pada apapun. Bravo rekan-rekan satgas,”  ujar Krishna Murti.

Pernyataan Krishna Murti ditulis di foto yang memajang aksi satgas saat menggeledah apartemen Joko Driyono. Dalam foto tersebut tampak sang Plt Ketum PSSI dengan menggunakan kaos berwarna hitam.




Di sisi lain, Satgas Antimafia Bola masih terus mengembangkan penyidikan kasus pengaturan skor di Liga 2. Polisi menyebut kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus tersebut terbuka.

“Iya, sangat terbuka kemungkinan (tersangka baru) itu,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

Dari penggeledahan terakhir (di apartemen Joko Driyono), penyidik menyita sejumlah barang milik Joko Driyono yang diyakini berkaitan dengan kasus pengaturan skor. Namun, saat ditanya kemungkinan Joko Driyono menjadi tersangka, Dedi mengatakan penyidik harus menguatkan alat bukti dahulu.

2 dari 2 halaman

Kuatkan Alat Bukti

“Mekanisme untuk menetapkan tersangka tentunya Satgas menerapkan standar kehati-hatian juga untuk menghargai asas praduga tak bersalah. Artinya, dalam hal ini penyidik betul-betul menguatkan alat bukti, clear. Dalam mekanisme gelar nanti diumumkan tersangka,” ujarnya.

Hingga tulisan ini diturunkan berkembang rumor kalau Joko Driyono telah resmi ditetapkan sebagai tersangka, namun kebenaran kabar itu belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak Satgas Antimafia Bola.

Jarang yang Tahu, Ini Cara Posting Story dan Foto di Instagram Lewat PC

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer digunakan saat ini. Ya, hal itu karena Instagram menjadi platform yang bisa berkomunikasi sekaligus berbagi foto maupun video.

Seiring perkembangan, Instagram juga turut memperbarui fitur mereka. Mulai dari Story hingga IGTV kini sangat disukai para pengguna.

Sejauh ini, jika kamu ingin mengunggah foto ke Instagram maupun fitur Story, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel. Namun sayang, untuk bisa mengunggah foto maupun video di Instagram lewat PC masih banyak yang tidak tahu.

Tapi tenang, kamu yang sehari-hari berada di hadapan PC juga bisa tetap berbagi foto maupun video lewat PC kok. Berikut cara posting Story dan foto di Instagram lewat PC yang Liputan6.com lansir dari Forbes, Jumat (15/2/2019).

2 dari 5 halaman

Log In Instagram Lewat PC

Untuk memulainya, kamu perlu melakukan log in Instagram melalui website di PC, instagram.com. Setelah itu lakukan log in seperti biasa.

Sudah menyelesaikan log in, maka kamu akan berlanjut ketampilan feed Instagram. Kemudian kamu tekan kombinasi tombol pada keyboard ‘Ctrl+Shift+I’ untuk menampilkan menu ‘Developer Tools’.

Atau mudahnya, kamu bisa mencobanya juga dengan pengaturan dari Chrome dengan klik ikon ‘titik tiga’ kemudian pilih ‘More Tools’ dan ‘Developer Tools’.

Setelah itu, kamu akan disuguhi dengan tampilan ‘Developer Tools’ yang muncul pada bagian kanan Chrome.

Nah, di sini kamu jangan hiraukan pilihan apapun. Kamu hanya perlu langsung memilih ikon dengan gambar ‘ponsel dan tablet’ yang terletak pada bagian kiri atas (kolom tadi). Ikon tersebut akan mengubah tampilan situs dari desktop menjadi versi Mobile.

3 dari 5 halaman

Tampilan Instagram Jadi seperti di Ponsel

Setelah kamu klik gambar ‘ponsel dan tablet’ tadi, maka tampilan situs Instagram akan berubah. Untuk menyesuaikan tampilan pada bagian atas situs, kamu pilih tab ‘Responsive’.

Di sini kamu bisa memilih layar sesuai dengan model ponsel. Pada tab ‘Responsive’ tadi, akan disuguhkan pilihan model ponselnya, mulai dari Samsung Galaxy S5 hingga iPad Pro.

Kalau sudah memilih ukuran layar, kamu perlu me-refresh di halaman situs tersebut. Kamu bisa melakukan Refresh dengan menekan tombol ‘F5’ pada keyboard atau klik ikon ‘tanda panah putar’ di sebelah kiri URL address bar.

Tak lama kemudian, kamu akan disuguhi dengan tampilan Instagram baru versi ponsel yang telah kamu pilih sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Posting Story dan Foto di Instagram

Nah, lanjut pada tujuan awal. Untuk posting Story dan foto, kamu bisa melakukan ‘upload’ dengan mengklik tanda ‘+’ pada ‘Your Story’ atau pada menu bar yang terletak di bagian bawah situs tersebut, mirip dengan aplikasi Instagram versi ponsel.

Kalau sudah klik tanda ‘+’, maka pengguna akan disodori sebuah kotak dialog. Kotak ini akan membantu kamu untuk memilih foto yang bakal kamu posting ke Instagram, tentunya melalui PC kamu.

5 dari 5 halaman

Bisa Bereksperimen seperti di Versi Ponsel

Tak berbeda dengan posting Story di ponsel, lewat PC kamu juga bisa menambahkan teks atau stiker. Sementara untuk posting foto, kamu juga bisa menggunakan filter edit foto yang disediakan Instagram seperti di ponsel.

Namun perlu diingat, tak sempurna seperti posting lewat ponsel. Instagram versi web hanya akan mengenali file gambar dengan ekstensi JPG/JPEG saja. Untuk gambar dengan ekstensi GIF/PNG serta video tidak bisa diunggah ke Instagram lewat PC.

Dengan melakukan posting menggunakan PC ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk memindahkan file foto yang terdapat di PC. Saat kamu ingin posting foto di Instagram, kamu sudah bisa langsung mengunggahnya langsung lewat PC.

Buka Tanwir Muhammadiyah, Jokowi Kembali Tepis Isu PKI dan Antek Asing

Bengkulu – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Sidang Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu. Dalam forum itu, Jokowi meluruskan soal dirinya yang dituding antek asing dan anggota PKI.

“Saya ingin sampaikan berkaitan dengan isu yang 4 tahun ini saya diam dan tidak jawab apa-apa. Dan mumpung Tanwir Muhammadiyah, saya akan jawab, baik mengenai isu PKI, antek asing, antek aseng, kriminalisasi ulama, dan lain-lain,” kata Jokowi di lokasi Sidang Tanwir Muhammadiyah, Halaman Rumah Dinas Gubernur Bengkulu, Jumat (15/2/2019).

Jokowi mengatakan, dirinya sudah sejak 4 tahun lalu dituding sebagai Presiden RI yang antek asing. Jokowi mengaku heran dengan tudingan itu, sebab dirinya banyak melakukan kebijakan dengan mengambil alih aset dari tangan asing kembali dikelola penuh oleh Indonesia.
“Ini saya jawab, bukan marah ya, mohon maaf. Saya pikir antek asing yang mana? Padahal kalau kita tahu di 2015 Blok Mahakam yang dikelola Jepang dan Prancis sudah kita ambil dan diserahkan 100 persen ke Pertamina. Di tahun 2018, Blok Rokan yang dikelola Chevron (Amerika Serikat) lebih dari 90 tahun kemarin sudah kita menangkan dan 100 persen diserahkan ke Pertamina. Akhir 2018, bulan Desember yang namanya Freeport sudah mayoritas kita ambil 51,2 persen, sehingga saham pengendali ada di tangan kita yang diwakili PT Inalum, yang sebelumnya 40 dikelola oleh Freeport McMoran dan kita diam tidak ada yang namanya isu antek asing,” jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan bukan hal yang mudah untuk mengambil aset dari tangan asing ke Indonesia. Menurutnya, isu dirinya antek asing ini memang sengaja dibesarkan di tahun politik ini.

“Dan untungnya deposit minyak di Blok Rokan masih gede, di Freeport tembaga dan emasnya masih banyak. Jadi kalau kita ambil alih insyaallah tidak ada ruginya,” katanya.

Soal tudingan sebagai anggota PKI, Jokowi menilai hal itu tidak masuk akal. Dia menjelaskan, dirinya lahir tahun 1961, sementara PKI dibubarkan sekitar tahun 1965-1966.

“Jadi, umur saya saat itu masih 4 tahun. Kalau ada yang menuduh Presiden Jokowi itu PKI, berarti dulu ada PKI balita?” kata Jokowi disambut tepuk tangan peserta Tanwir Muhammadiyah.

Tak hanya dirinya, Jokowii juga mengatakan orang tua hingga kakek neneknya juga dituding sebagai anggota PKI. Untuk itu, dia meminta publik untuk mengecek di masjid terdekat baik di rumah orang tuanya, maupun rumah kakeknya soal ‘keislaman’ keluarga.

“Atau utusan dari rektor UMS bisa untuk cek, sangat mudah sekali saat ini, tidak ada yang bisa ditutupi,” katanya.

Dia juga bicara soal banyak foto di media sosial yang menggambarkan dirinya ada saat Ketua PKI DN Aidit berpidato di tahun 1955, teparnya di momen pemilu.

“Saya belum lahir, kok saya ada di dekat dia. Gambar seperti ini ribuan banyaknya. Waktu saya diberitahu anak saya, saya lihat kok ya mirip saya. Gambar seperti ini lah yang sekarang ini banyak meresahkan. Dan isu seperti ini terus digoreng jelang bulan politik,” jelasnya.

Terakhir, Jokowi bicara soal dirinya yang dituding melakukan kriminalisasi ulama. Dia menjelaskan, siapapun dan apapun jabatannya, selama melakukan permasalahan dan diputus hukuman penjara, maka itu murni persoalan hukum.

“Negara kita negara hukum, semua sama di hadapan hukum. Kalau ada gubernur, menteri, bupati, ketua atau anggota dewan, insinyur, dokter, bermasalah dengan hukum ya pasti aparat hukum akan tindak lanjuti, siapapun. Yang namanya kriminalisasi kalau orang tidak punya masalah itu kriminalisasi, silakan datang ke saya, saya akan urus,” jelasnya.

“Tapi kalau ada masalah hukum dan harus berhadapan dengan aparat hukum karena ada masalah ya harus dijalani,” imbuh Jokowi.
(jor/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Turun

Jakarta – Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan insentif berupa diskon kepada pelanggan R-I 900 VA RTM (Rumah Tangga Mampu) mulai 1 Maret 2019. Insentif ini diberikan karena adanya efisiensi di golongan ini, serta terjadinya penurunan harga minyak dan kurs dolar Amerika Serikat (AS).

Dengan pemberlakuan insentif ini, pelanggan golongan R-1 900 VA RTM hanya membayar tarif listrik sebesar Rp 1.300 per kilowatt hour (kWh) dari tarif normal sebesar Rp 1.352 per kWh. Penurunan tarif ini berlaku bagi 21 juta pelanggan listrik R-1 900 VA RTM

Penurunan atau pemberian insentif tarif ini dilakukan karena PLN berhasil melakukan efisiensi diantaranya penurunan susut jaringan, perbaikan SFC (Specified Fuel Consumption) dan peningkatan CF ( Capacity Factor) pembangkit. Selain itu insentif diberikan juga mengingat kondisi harga ICP selama 3 bulan terakhir mengalami penurunan dari US$ 62,98/Barrel menjadi US$ 56,55/Barrel.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menyatakan bahwa listrik sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat saat ini. Seluruh aktivitas masyarakat ditopang oleh pasokan listrik.
“Dengan adanya insentif ini, PLN ingin memberikan ruang untuk pelanggan R-1 900 VA RTM agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonominya dan dalam kegiatan kesehariannya,” jelas Made.

Made menambahkan bahwa insentif penurunan tarif bagi RTM 900 VA ini tidak menyertakan syarat apapun.

“Silakan nikmati penurunan tarif ini. Dan gunakan listrik PLN dengan nyaman dan tentu saja aman,” pungkas Made.

(ang/fdl)

Venezuela Memprihatinkan, Dokter-Perawat Desak Maduro Izinkan Bantuan

Caracas – Situasi di Venezuela kian memprihatinkan. Para dokter dan perawat pun menggelar aksi demo di perbatasan Venezuela dengan Kolombia. Mereka menuntut agar Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke negeri yang dilanda krisis itu.

“Sekarang ini situasinya kritis, ini mengerikan karena kami tak punya apapun: tak ada sarung tangan, tak ada pakaian, tak ada obat-obatan,” kata Francis Duran (34), perawat di rumah sakit San Antonio di kota perbatasan Urena, seperti dikutip kantor berita AFP, Kamis (14/2/2019).

Duran mengatakan bantuan sangat diperlukan saat ini. Dia mengatakan, seorang anak perempuan berumur 11 tahun harus dibawa ke Cucuta beberapa hari lalu untuk transfusi darah karena tak ada persediaan kantong darah di Venezuela.


Duran dan para demonstran lainnya turun ke jalan menuju jembatan perbatasan Tienditas yang memisahkan Urena dari kota Cucuta di Kolombia, tempat disimpannya berton-ton bantuan AS yang hendak dikirimkan ke Venezuela namun ditolak Maduro.

“Saya perawat dan demi para pasien saya, saya menuntut agar bantuan kemanusiaan bisa masuk,” demikian bunyi sebuah spanduk yang dibawa dalam aksi ini.

“Akan menjadi berkat dari surga jika bantuan bisa masuk,” ujar Ana Sanchez (72) yang membawa sebuah bendera Venezuela dalam aksi demo tersebut.

Selain krisis politik, Venezuela saat ini juga mengalami krisis ekonomi dengan jutaan warganya mengalami kekurangan makanan dan obat-obatan. Pemimpin oposisi Juan Guaido yang bulan lalu memproklamirkan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela, telah bertekad untuk membawa masuk bantuan AS tersebut.

Namun Maduro dengan tegas menolaknya dan menyebut bantuan tersebut tak lebih dari sebagai “pertunjukan politik” dan dalih untuk intervensi AS.

Untuk menghalangi masuknya bantuan tersebut, para tentara yang setia pada Maduro telah memblokir jembatan Tienditas dengan menempatkan dua kontainer barang dan sebuah tanker.

(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mengejar Cuan dari Jual Mimpi dan Cinta

Jakarta – Apapun yang bisa menghasilkan uang bisa menjadi peluang bisnis. Termasuk urusan percintaan, alias biro jodoh.

Jika mengetik kata biro jodoh dalam mesin pencari di internet, maka akan muncul beragam situs biro jodoh. Ini membuktikan bahwa, biro jodoh sudah seperti sebuah industri.

Usaha jasa ini sebenarnya juga sudah berkembang bahkan sejak internet belum begitu berkembang seperti saat ini. Mereka para penyedia jasa ini beriklan melalui surat kabar hingga selembaran.

Esron Pandapotan Pangabean misalnya, dia mengaku sudah mendirikan biro jodoh bernama Esron Club sejak 2001. Saat itu dia dan pesaing sering beriklan melalui surat kabar di media cetak.

“Nah dulu itu sampai ada kejadian, sudah bayar keanggotaan 1 bulan, tiba-tiba biro jodohnya tutup. Akhirnya yang iklan di salah satu koran terkemuka itu harus mencantumkan alamat jelas. Kami hingga saat ini salah satu yang bertahan dan berhasil,” ujarnya kepada detikFinance, Rabu (13/2/2019).

Sebelumnya Esron bergelut di bidang advertising, namun karena merasa memiliki bakat menjadi mak comblang dia memilih untuk mengembangkan biro jodoh dengan memakai nama perusahaan advertising-nya.

“Saya dulu sering menjodohkan teman dan berhasil. Mereka menyarankan saya buka biro jodoh. Jadi ini panggilan hati,” tuturnya.

Dari segi mekanisme bisnis, biro jodoh masih sama. Perusahaan menawarkan jasa mak comblang. Bagi mereka yang tertarik cukup mendaftarkan diri dan membayar biaya keanggotaan.

Biaya keanggotaan itu yang menjadi biaya operasional para biro jasa. Sebab biasanya mereka mengatur jadwal pertemuan antara kliennya. Sisanya masuk sebagai keuntungan perusahaan.

“Kalau kami memberikan pendampingan hingga mereka bertemu kita dampingi juga. Pertemuannya di tempat yang layak dan kita jaga kredibilitas kita. Karena kita berorientasi jodoh yang murni,” tambahnya.

Esron sendiri menawarkan beberapa paket keanggotaan, mulai dari Rp 500 ribu, Rp 1 juta, Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Besarannya menentukan pelayanan jasa.

Intinya anggota yang sudah terdaftar akan mendapatkan data anggota lainnya dari lawan jenis. Esron akan memberikan data anggota yang sekiranya cocok dengan selera kliennya.

“Tapi kita interview dulu. Makanya wajib tatap muka. Kita akan berikan yang cocok buat dia. Misalnya kalau dia dominan atau sifatnya cenderung leader, kita tidak bisa kasih yang sifatnya sama. Sudah pasti tidak cocok,” tambahnya.

Esron memang memberikan syarat untuk bertemu langsung, bisa datang ke kantornya atau melakukan pertemuan. Selain untuk mengetahui karakteristik kliennya, juga untuk memastikan bahwa kliennya adalah orang yang benar-benar butuh jodoh.

Esron mensyaratkan beberapa dokumen. Pertama KTP. Jika di KTP status tertulis lajang maka tidak masalah. Namun jika statusnya sudah menikah dan mengaku sudah pisah, maka dibutuhkan dokumen pelengkap.

“Kalau pisah meninggal atau hidup ya kita harus ada kelengkapan surat yang bisa dipertanggungjawabkan. Mungkin kalau ada orang yang mau iseng, jadi gagal di tahap interview,” tambahnya.

Selain itu kliennya juga harus mengisi data diri seperti pekerjaan hingga besaran pemasukannya. Hal itu untuk mencocokkan dengan keinginan anggota lainnya. Meski begitu dia menjamin data kliennya tidak akan bocor.

Esron mengaku saat ini biro jodohnya sudah memiliki 600 lebih anggota. Dari sekian banyak anggotanya, setidaknya ada 30% dari anggota Esron yang sudah berhasil dijodohkan.

“30% itu yang melapor ke kami ya. Kalau mereka yang sudah jalan sendiri tidak melapor kita tidak tahu,” tambahnya.

Meski terkesan banyak tapi sebenarnya bisnis yang menjual cinta ini ternyata tidak begitu menggiurkan. Omzet kotor Esron hanya Rp 25 juta, itu pun belum dipotong biaya operasional saat mempertemukan kliennya, membayar gaji 4 karyawan hingga operasional kantor.

Esron mengakui dia menggeluti bisnis yang menjual mimpi dan cinta ini memang bukan semata-mata mencari uang. Ada kepuasan batin saat berhasil menjodohkan kliennya. Bahkan dia memperbolehkan kliennya membayar biaya keanggotaan dengan dicicil.

“Kalau bicara omzet kadang bisa di atas kadang di bawah. Kebanyakan bayarnya kredit, misalnya Rp 1,5 juta mereka bayar Rp 300 ribu dulu. Tali oke tidak apa-apa. Saya menjalani cuma panggilan hati,” tutupnya. (das/ang)

Terancam Dihukum Mati di Lebanon, Pria Australia Ingin Bertemu 2 Putrinya

Jakarta

Seorang pria Australia yang terancam hukuman mati di Lebanon atas dugaan rencana untuk meledakkan sebuah pesawat penumpang telah meminta pengadilan militer untuk membebaskannya. Ia mengaku para penyelidik telah memaksanya untuk menandatangani pengakuan palsu.

Amer Khayat diinterogasi atas sebuah pernyataan dengan tanda tangan dirinya yang mengatakan dia tahu dia membawa bahan peledak yang disembunyikan di dalam boneka Barbie yang akan diledakkan 20 menit menjelang penerbangan Etihad pada Juli 2017.

“Itu penipuan,” katanya kepada pengadilan.

“Mereka memberi tahu saya, ‘Ceritakan kisahmu kepada kami. Itu tidak benar.”

Khayat memohon kepada majelis hakim pengadilan militer Lebanon untuk mengabulkan permohonannya.

Khayat telah ditahan sejak Agustus 2017 sementara otoritas di Lebanon melakukan penyelidikan atas dirinya.

“Apakah Anda ingin saya bunuh diri di penjara?” dia berteriak di ruang sidang.

“Saya punya dua anak perempuan. Saya belum melihat mereka selama dua tahun. Saya menjadi gila.”

Kepolisian Federal Australia (AFP) menuduh dua bom tersebut disembunyikan di bagasi Khayat oleh saudara-saudaranya sesaat sebelum ia naik ke penerbangan Etihad dari Sydney ke Abu Dhabi pada Juli 2017.

AFP mengatakan, Khayat tidak tahu apa-apa tentang bom tersebut, yang diduga disembunyikan di dalam alat penggiling daging dan boneka Barbie, dan dipindahkan dari kopernya pada menit-menit terakhir oleh saudara-saudaranya lantaran tasnya melebihi jatah bagasi Etihad.

Saudara-saudaranya, Khaled dan Mahmoud Khayat, juga warga negara Australia. Mereka mengaku tidak bersalah di Mahkamah Agung NSW atas tuduhan merencanakan serangan teroris.

AFP tidak dapat memberikan bantuan Khaled Khayat dan Mahmoud KhayatKhaledKhayat (kiri) danMahmoudKhayat ditangkap polisi dalam operasi kontra terorisme di Sydney pada Juli 2017.

Supplied

Di pengadilan Beirut, Amer Khayat mempertanyakan penahanannya yang berkelanjutan.

“Jika polisi [di Australia] mengatakan saya tidak ada hubungannya dengan [bom] ini, bagaimana Anda bisa mengatakan di sini bahwa saya ada hubungannya dengan kasus ini?” dia berkata.

Kepala pengadilan, Brigadir Jenderal Hussein Abdallah, mengatakan Lebanon telah berulang kali meminta informasi kepada Australia tentang kasus tersebut.

“Kami tidak mendapat informasi apa pun dari pihak berwenang Australia, mereka tidak mau bekerja sama,” katanya.

Pengacara Amer Khayat, Joceline Adib Al-Rahi, mengatakan kepada pengadilan: “Australia tidak akan memberikan informasi apapun karena Beirut memilik aturan hukuman mati. Anda tahu ini.”

AFP dicegah memberikan bantuan dalam kasus-kasus hukum internasional yang dapat mengakibatkan hukuman mati.

Jenderal Abdallah menanyai Amer Khayat tentang dugaan penerimaan yang dilakukan oleh saudara laki-laki lain, pejuang Negara Islam (IS) Tarek Khayat – yang ditangkap di Suriah pada Desember 2018 dan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Irak karena perannya dengan kelompok ekstremis.

Jenderal Abdallah mengatakan Tarek Khayat mengatakan kepada para interogator bahwa rencana pemboman itu berasal dari ISIS di Suriah.

khayat bersaudara ketika masih kecilkhayat bersaudara semasa kanak-kanak: kiri ke kananFadi,Amer,Tarek, Iman danWaled.

Supplied

Tarek Khayat mengaku telah menghubungi pakar bahan peledak ISIS dengan saudaranya, Khaled, di Sydney. Tarek mengatakan bahan peledak itu dikirim ke Khaled, yang memutuskan mereka harus disembunyikan di alat penggiling daging agar bisa diselundupkan ke pesawat, kata Jenderal Abdallah.

Jenderal Abdallah bertanya kepada Amer Khayat tentang hari mereka melakukan penerbangan Etihad, ketika Amer diduga membawa bom itu ke konter check-in Etihad di bandara Sydney.

“Apa yang terjadi dengan agen check-in ?,” kata Jenderal Abdallah.

“Dia bilang beratnya terlalu banyak … saya tidak tahu apa yang dilakukan Khaled. Dia pergi dan mengambil barang-barang,” jawab Amer.

Dia mengatakan adalah saudaranya yang mengeluarkan barang-barang dari tas, bukan dia.

“Dia membawa tas saya. Dia membawa troli, saya tidak,” kata Amer.

“Apakah anda melihat alat penggiling daging?” Jenderal Abdallah bertanya.

“Ya. Itu hanya alat penggiling daging,” kata Amer Khayat.

“Apakah kamu bertanya kepada kakakmu mengapa dia mengirim penggiling daging di kopermu?” Jenderal Abdallah bertanya.

“Dia bilang itu hadiah,” kata Amer.

Sidang Amer Khayat di Lebanon akan dilanjutkan pada 13 Maret.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.


(bag/bag) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>