Apa Kabar Proyek Jet Tempur Buatan RI-Korea Selatan?

Jakarta – Sebuah stan dalam pameran Indo Defence 2018 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran menyita perhatian pengunjung. Sebab, stan yang diisi oleh perusahaan pelat merah PT Dirgantara Indonesia (PTDI) itu memasang miniatur jet tempur.

Sekilas, pesawat itu mirip pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat (AS) F-22 Raptor. Kemiripan itu terlihat dari bentuk sayap tengah dan sayap kecil di bagian belakangnya. Bedanya, dalam miniatur yang terpasang roket di bagian bawah sayap.

Jet tempur yang dipajang itu bernama Korean Fighter Experimental/Indonesian Fighter Experimental (KFX/IFX). Jet tempur itu merupakan pesawat yang tengah dikembangkan oleh Indonesia bersama dengan Korea Selatan.

Proyek KFX/IFX diiniasi pihak Korea Selatan. Indonesia menyatakan minat untuk ikut serta pada tahun 2009 yang ditandai dengan penandatangan letter of intent (LoI). Kemudian, LoI ini berlanjut dengan kesepakatan pengembangan bersama.

Di sela-sela kesibukannya mengurus pameran, Kepala Program KFX/IFX dari PTDI Heri Yansyah bercerita mengenai seluk-beluk proyek jet tempur ini. Dia juga berbicara mengenai kecanggihan pesawat.

Berikut petikan wawancara Heri Yansyah dengan detikFinance pada 7 November 2018 lalu:

Klik untuk melanjutkan (zlf/zlf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *