Manajer Manchester City Mengaku Tidak Adil kepada Riyad Mahrez

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester City, Pep Guardiola meminta maaf karena jarang memainkan Riyad Mahrez. Ia mengatakan, Mahrez jarang bermain karena ia tidak bertindak adil.

“Saya adalah alasan dia jarang bermain. Dia sama sekali tidak bersalah,” kata Guardiola seperti dilansir Sports Mole.

Mahrez didatangkan Manchester City dari Leicester City di awal musim ini dengan harga 60 juta poundsterling atau Rp 1,09 triliun. Gelandang asal Aljazair ini mendapat kontrak lima tahun.

Bermain di Manchester City, Mahrez harus bersaing dengan nama-nama seperti Raheem Sterling, dan Bernardo Silva. Sayangnya, Guardiola lebih memilih dua nama itu sebagai pemain utama di lini tengah.

“Kami punya pemain luar biasa seperti Bernardo dan Sterling yang berada dalam penampilan terbaik, yang mana itu adalah alasan satu satunya (Mahrez cadangan,red). Tidak ada alasan lain seperti saya kecewa atau apapun,” kata Guardiola.

2 dari 3 halaman

Berlatih Keras

Guardiola menambahkan, bukan hanya Mahrez yang harus menyingkir dari skuat utama The Citizens. Ada Leroy Sane yang tempatnya juga mulai digantikan oleh pemain lain seperti Kevin de Bruyne atau Ilkay Gundogan.

Mantan pelatih Barcelona ini pun mengakui sedih tidak bisa memberi Mahrez menit bermain. “Saya sedih karena dia berlatih luar biasa dan bertalenta, tetapi saat ini kami punya lima striker. Pada pertandingan terakhir, Sane tidak bermain,” kata Guardiola.

3 dari 3 halaman

Janji Beri Kesempatan

Lebih lanjut, Guardiola juga berjanji akan segera memberi Mahrez kesempatan bermain. Syaratnya, ia terus berlatih keras dan tidak mengeluh.

“Saya tidak ragu akan kualitasnya. Hanya terus saja berlatih, tidak banyak mengeluh dll. Waktunya akan datang. Saya yakin dia akan bermain bagus,” kata Guardiola mengakhiri.

Newport County vs Man City: Tuan Rumah Percaya Keajaiban

Liputan6.com, Jakarta – Newport County berharap ada keajaiban bagi timnya saat melawan Manchester City (Man City) pada babak 5 Piala FA, Minggu (17/2/2019). Striker Newport, Padraig Amond merasakan keajaiban bisa terjadi melawan Man City.

Harapan Newport juga bakal ada di pundak Padraig yang terus mencetak gol di setiap babak yang sudah diikuti.Maka itu dia berharap mimpi mereka untuk lolos ke babak selanjutnya bakal terjadi.

Newport sudah menjadi pembunuh raksasa sejauh ini. Mereka singkirkan Leicester City dan Middlesbrough di Rodney Parade.

Bagi Padraig, Newport membutuhkan keberuntungan tambahan untuk mengalahkan Man City. Itu bisa menjadi kabar terbesar dalam sejarah klub mereka.

“Keajaiban itu terkadang terjadi dan kami harus berdoa karena klub besar berikutnya melawan kami. Saya akan mandi di air suci dan meminumnya,” katanya seperti dikutip Mirror.

2 dari 3 halaman

Dikalahkan Wigan

Man City musim lalu juga dikalahkan tim kecil Wigan pada babak kelima. Padraig mengatakan kemungkinan terjadi kejutan besar masih ada.

“Perbedaan antara tim ini sangat besar, lebih besar dari David vs Goliath. Kami akan menampilkan aksi yang bisa membuat kami bangga,” ujarnya.

Kemenangan di Newport melawan tim besar di babak sebelumnya membuat Padraig bangga.Dia mengatakan fotonya saat selebrasi tersebar hingga ke China.

“Gol melawan tim besar belum habis. Saya striker yang mampu menempatkan posisi bagus di dalam kotak penalti,” katanya.

3 dari 3 halaman

Video

Juventus Bungkam Frosinone, Gol Bonucci untuk Istri dan Anak

Liputan6.com, Turin – Leonardo Bonucci ikut mencetak gol saat Juventus mengalahkan Frosinone. Gol itu ia persembahkan untuk istri serta putrinya.

Juventus masih terus meraih kemenangan dalam ajang Serie A. Kali ini Frosinone dibuat bertekuk lutut dengan skor 3-0 pada Sabtu (16/2) dini hari WIB.

Bonucci mencetak gol kedua Juventus dalam pertandingan tersebut, setelah Paulo Dybala membuka skor terlebih dulu. Cristiano Ronaldo kemudian mempersembahkan gol ketiga untuk membawa Juventus unggul 14 angka di puncak klasemen.

Bonucci yang mencetak gol pada menit ke-17. Ia mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan kemelut di depan gawang Frosinone.

Selepas menjebol gawang lawan, bek berusia 31 tahun itu melakukan selebrasi dengan membentuk inisial “LM” dengan jari-jari tangannya. Selebrasi tersebut ternyata ditujukan untuk istri serta putrinya yang baru lahir sepekan kemarin.

“Beberapa hari terakhir sangatlah indah, Matilda tiba dan memberi sinar cahaya bagi keluarga kami,” kata Bonucci kepada Sky Sport Italia.

“Saya mendedikasikan gol tersebut untuknya, keluarga dan istri, juga kepada semua yang telah dekat dengan saya selama beberapa tahun terakhir yang agak intens.”

2 dari 3 halaman

Momentum Bagus

Kemenangan atas Frosinone akan menjadi momentum yang bagus bagi Juventus menjelang pertandingan Liga Champions. Bianconeri akan menghadapi Atletico Madrid dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar.

“Kami dalam bentuk yang bagus, laga ini membantu kami agar siap untuk hari Rabu esok,” lanjutnya.

“Kami pergi ke Madrid dengan kesadaran penuh menghadapi tim yang akan berjuang maksimal hingga akhir, tapi Atleti juga akan menghadapi tim hebat yang tak akan lengah sedikit pun di atas lapangan.”

3 dari 3 halaman

Kasih Sayang

Bonucci dibenci para pendukung Juventus setelah membelot ke AC Milan pada musim kemarin. Namun, ia mendapat standin ovation dalam pertandingan tersebut.

“Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik. Saya pulang ke rumah, kasih sayang dari mereka penting, tetapi saya juga tahu apa yang bisa saya berikan dan kami semua bekerja keras untuk mencapai tujuan kami,” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Kalah dari PSG, Berbatov Bela Manajer MU

Liputan6.com, Manchester – Mantan striker Manchester United (MU) Dimitar Berbatov berang dengan kritikan yang ditujukan kepada manajer interim Ole Gunnar Solskjaer menyusul kekalahan dari Paris-Saint Germain (PSG). Berbatov menganggap kecaman kepada Solskjaer tidak adil.

“Dia telah membawa MU ke empat besar, sesuatu yang orang pikir tidak mungkin di musim ini. Tetapi ketika kalah di satu pertandingan dari tim penuh bintang, orang-orang mulai omong kosong lagi,” kata Berbatov seperti dilansir Goal.

Solskjaer masuk ke MU pada Desember lalu menggantikan Jose Mourinho yang dipecat. Di bawah asuhannya, performa Paul Pogba dan kawan-kawan meningkat.

Sebelum kalah 0-2 melawan PSG, MU tak pernah kalah di 11 pertandingan. Peringkat MU pun melonjak ke posisi empat di Liga Inggris.

Menurut Berbatov, kritikan kepada manajer adalah hal lumrah di era sepak bola masa kini. “Tetapi mereka yang mengerti sepak bola, tahu kerja Solskjaer bagus,” kata Berbatov.

2 dari 3 halaman

Lawan PSG

Terkait laga melawan PSG, Berbatov mengatakan gol pertama yang dicetak Presnel Kimpembe menjadi momentum yang mematikan MU. Setelah gol itu, Berbatov melihat PSG bermain dengan percaya diri.

“Perbedaan yang besar di pertandingan itu adalah gol pertama, bahkan tim yang paling kreatif terkadang mengandalkan bola mati, yang memberikan PSG kepercayaan diri dan kontrol pertandingan,” kata Berbatov.

3 dari 3 halaman

Bakal Dipermanenkan

Sementara itu, Solskjer sendiri rumornya bakal dipermanenkan oleh MU dalam waktu dekat. Saat ini, statusnya masih sebagai manajer sementara dengan kontrak hingga akhir musim ini.

Dukungan agar Solskjaer menjadi manajer tetap sudah datang dari internal maupun eksternal MU. Para pemain seperti Pogba dan Lingard kabarnya mendukung agar Solskjaer bertahan.

Selamatkan Karier, Winger MU Harus Kembali ke Arsenal

Liputan6.com, Manchester – Alexis Sanchez mendapat kesempatan mengakhiri periode buruk bersama Manchester United (MU). Dia bisa memulihkan karier dengan kembali ke Arsenal.

MU menukar Sanchez dengan Henrikh Mkhitaryan pada bursa transfer Januari 2018. Namun, dia hanya mencetak lima gol dari 37 penampilan di seluruh kompetisi. Dia pun kehilangan tempat di tim utama.

Repotnya, MU menjadikan Sanchez sebagai pemain dengan upah tertinggi. Mereka pun kesulitan menemukan klub baru yang bisa menampung pemain berkebangsaan Chile tersebut.

“Saya tidak tahu apakah Alexis mengambil keputusan tepat untuk meninggalkan Arsenal. Di sisi lain, Arsenal juga merindukannya,” ungkap legenda Arsenal Marc Overmars, dilansir Manchester Evening News.

“Mereka mencoba mendatangkan pemain lain sepertinya tapi gagal. Maka mungkin Alexis bisa kembali ke Arsenal,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Solusi Jangka Pendek

Sulit membayangkan terwujudnya skenario tersebut. Apalagi Arsenal kini memiliki duet Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette di lini depan.

Namun, The Gunners bisa mencari solusi jangka pendek dan mendatangkan pemain berpengalaman. Pasalnya, mereka baru saja kehilangan Aaron Ramsey.

3 dari 3 halaman

Alexis di Arsenal

Alexis memperkuat Arsenal selama empat setengah musim. Dia tampil di 166 laga dan mencetak 80 gol, serta memenangkan dua gelar Piala FA.

Membela HAM, Pengungsi Asal Sudan Terima Penghargaan

Liputan6.com, Jenewa – Abdul Aziz Muhamat, seorang pengungsi asal Sudan dianugerahi Penghargaan Martin Ennals dalam nominasi Pembela Hak Asasi Manusia di Jenewa Swiss.

Pria berusia 25 tahun itu terharu dan sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima.

“Tidak mudah untuk hidup di tempat di mana semua jari menunjuk pada Anda sebagai penjahat dan semua orang di sekitar Anda megatakan bahwa Anda telah melakukan kesalahan, (misalnya) mengapa Anda datang ke negara ini, dan seolah Anda memang layak berada di pusat penahanan,” katanya dalam sebuah pidato penerimaan penghargaan, dikutip dari ABC Indonesia pada Jumat (15/2/2019).

“Saya mengambil jalan ini untuk berdiri dan memperjuangkan hak semua orang di Pulau Manus.”

Abdul Aziz Muhamat melarikan diri dari perang di Sudan ketika masih remaja dan mencoba mencapai daratan Australia dengan kapal, sebelum akhirnya dikirim ke sebuah pusat detensi di Pulau Manus pada tahun 2013.

Sejak tiba di pulau itu, ia telah terang-terangan berbicara kepada publik tentang kondisi yang disebut sebagai “kejam dan tidak manusiawi” saat dalam pusat detensi.

Meskipun demikian ia juga menceritakan kondisi lebih mengerikan jika kembali ke negara yang belum stabil.

“Di negara saya, orang akan disiksa secara fisik, dan Anda tahu bahwa diri Anda akan mati,” katanya di depan banyak hadirin.

Mendedikasikan Penghargaan untuk Pencari Suaka di Dunia

Penghargaan Martin Ennals untuk Pembela Hak Asasi Manusia dinilai oleh 10 organisasi hak asasi manusia terkemuka yang bertujuan untuk menghormati “individu yang memiliki komitmen luar biasa terhadap upaya promosi dan perlindungan hak asasi manusia, terlepas dari risiko yang dihadapinya”.

Panel juri mengatakan penghargaan itu mengakui Muhamat adalah salah satu pengungsi di pulau Manus yang secara teratur berbicara kepada media, termasuk mengirim 4.000 pesan suara ke podcast pemenang penghargaan, The Messenger.

“Pemuda ini baru berusia 20 tahun ketika dia pertama kali tiba di pulau Manus,” kata Dick Oosting, ketua Yayasan Martin Ennals.

“Sejak itu, dia tidak pernah berhenti menyuarakan pendapatnya bagi mereka yang telah kehilangan hak-hak dasar mereka bersamanya.

“Dia menunjukkan keuletan dan keberanian yang luar biasa, selalu menentang dengan damai bahkan setelah seorang petugas polisi menembak kakinya.”

Dia juga dipuji karena bekerja dengan organisasi hak asasi manusia dan pengungsi internasional.


Simak pula video berikut:

2 dari 2 halaman

Tinggal Sementara di Luar Negeri

Berdasarkan informasi yang diperoleh ABC, Abdul Aziz Muhamat bepergian ke Jenewa dengan dokumen perjalanan PBB dan Pemerintah Swiss memberinya visa untuk kunjungannya tersebut.

Dokumen perjalanan pengungsi berfungsi seperti paspor tetapi lebih terbatas.

Ketika menerima penghargaan itu, dia mengatakan dirinya akan kembali ke Pulau Manus.

“Saya hanya akan berada di sini selama dua minggu dan saya masih akan kembali ke Manus,” katanya.

“Orang-orang menunggu saya untuk membagikan penghargaan ini dengan mereka dan memberi tahu mereka bahwa komunitas internasional mengakui keberadaan kita, atau ketahanan, perjuangan kita.”

Pada 2016, Mahkamah Agung Papua Nugini memutuskan penahanan Australia atas pencari suaka di Pulau Manus adalah ilegal dan pusat tersebut ditutup pada tahun berikutnya.

Abdul Aziz Muhamat dan sebagian besar lelaki yang tinggal di Pulau Manus sekarang tinggal di tiga fasilitas akomodasi di kota utama, Lorengau.

Sementara mereka dapat bergerak di sekitar pulau di siang hari, akomodasi masih dijaga dan jam malam diberlakukan.

Beberapa pengungsi sedang dipertimbangkan untuk pemukiman kembali di Amerika Serikat dan yang lainnya telah diberitahu bahwa mereka harus tinggal di Papua Nugini.

BATE vs Arsenal: Cech Singgung Kualitas Lapangan

Liputan6.com, London – Arsenal secara mengejutkan kalah 0-1 dari tuan rumah BATE Borisov di babak 32 besar Liga Europa, Jumat (15/2/2019) dinihari WIB. Usai pertandingan, kiper Arsenal, Petr Cech menyinggung soal kualitas lapangan stadion Borisov Arena.

Menurut Cech, meski buruk, kualitas lapangan sejatinya tidak berpengaruh signifikan terhadap penampilan Arsenal.

“Dengan lapangan yang lebih baik, kami mungkin bisa memaksimalkan kesempatan karena Anda punya arena yang lebih baik untuk pemain. Tetapi ini berlaku untuk kedua tim,” kata Cech seperti dilansir situs resmi Arsenal.

Arsenal sebetulnya lebih dijagokan menang kendati berstatus sebagai tim tamu. Maklum, tim asuhan Unai Emery lebih unggul dalam soal materi pemain.

Sayangnya, Cech dan kawan-kawan gagal mengonversi keunggulan kualitas itu menjadi gol. Satu gol Stanislaw Drahun di menit 45 gagal dibalas hingga pertandingan usai.

Arsenal malah harus kehilangan Alexandre Lacazette, lima menit sebelum laga usai karena diusir wasit. “Tidak peduli berapa banyak kesempatan yang kami buat untuk menang, kami ternyata tidak bisa menciptakan gol,” ujar Cech.

2 dari 3 halaman

Tetap Yakin

Meski kalah, Cech tetap yakin Arsenal bisa membalikkan keadaan pada leg kedua di Emirates Stadium. Hanya saja, ia mengakui kekalahan ini menyulitkan posisi Arsenal karena harus menang di leg kedua.

“Kami mendapatkan hasil yang tidak kami inginkan. Kami ingin mencetak gol dan ingin menang, kami ingin menempatkan diri kami di posisi yang baik untuk leg kedua. Tetapi kami membuat diri kami kesulitan,” ujar Cech.

“Kami harus memastikan kami memenangi leg kedua di kandang dan saya yakin kami bisa melakukannya,” kata Cech mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Lima Pertandingan Arsenal Berikutnya

Jumat (22/2/2019) Arsenal vs BATE

Minggu (24/2/2019) Arsenal vs Southampton

Kamis (28/2/2019) Arsenal vs Bournemouth

Sabtu (2/3/2019) Tottenham Hotspur vs Arsenal

Minggu (10/3/2019) Arsenal vs Manchester United

3 Bintang yang Memperbaiki Kinerja Real Madrid

Jakarta – Real Madrid menunjukkan peningkatan dalam beberapa laga terakhir. Usai menaklukkan rival sekota Atletico Madrid, mereka menumbangkan Ajax Amsterdam di Liga Champions.

Pelatih Santiago Solari pun banjir pujian. Dia dikenal sebagai pelatih yang cukup kejam dalam hal pemilihan pemain dan tidak ragu-ragu mencadangkan pemain kunci Zinedine Zidane yang vital saat memenangkan Liga Champions musim lalu.

Nama-nama seperti Gareth Bale, Marcelo, dan Keylor Navas sekarang menunggu giliran mereka di bangku cadangan. Di sisi lain, beberapa pemain yang sebelumnya tidak diperhitungkan menjadi starter reguler.

Berkat Santiago Solari, Real Madrid sekarang penuh dengan pemain muda berbakat yang secara teratur menjadi starter dalam pertandingan penting. Performa mereka pun juga cukup mengesankan di atas lapangan.

Berikut ini tiga pemain yang tak diduga mampu menjadi pemain penting Real Madrid di bawah asuhan Santiago Solari seperti dilansir Sportskeeda:

2 dari 4 halaman

Vinicius Junior

Transfer Vinicius Junior mungkin merupakan perjudian terbesar Florentino Perez di bursa transfer musim panas. Dia punya talenta yang cukup besar, tetapi tidak banyak orang yang memperkirakan dia akan menjadi starter reguler Real Madrid secepat ini.

Banyak yang meragukan kalau Vinicius bisa sukses di Bernabeu setelah diminta untuk bermain di Castilla (tim muda Real Madrid). Ia tidak pernah menjadi starter di bawah Julen Lopetegui dan hanya bermain kurang dari 15 menit ketika pelatih Spanyol itu memimpin.

Nasib Vinicius kemudian berubah setelah Santiago Solari menggantikan Lopetegui. Pemain muda Brasil itu secara bertahap menjadi pemain penting bagi Real Madrid dan bahkan sekarang bisa menggeser Gareth Bale dari posisi starter. Vinicius secara rutin mengisi starting XI Madrid dalam 10 pertandingan terakhirnya dengan mencetak dua gol.

3 dari 4 halaman

Lucas Vazquez

Lucas Vazquez jarang mendapatkan kesempatan bermain di bawah Julen Lopetegui. Setelah tidak terlalu terpakai dalam masa kepemimpinan Zinedine Zidane, Vasquez bahkan di ambang menuju pintu keluar Bernabeu ketika Lopetegui mengambil alih.

Solari kemudian mulai menunjuk Vazquez sebagai starter di Madrid tidak lama setelah pelatih Argentina itu menjadi pelatih kepala. Untungnya, kepercayaan Solari kepada mantan pemain Espanyol itu secara bertahap terbayar.

Vazquez kini sudah menjadi salah satu starter Madrid yang paling penting. Ia sudah mencetak beberapa gol penting dan assist di semua kompetisi sepanjang musim ini.

4 dari 4 halaman

Sergio Reguilon

Beberapa bulan yang lalu, tidak ada yang menyangka Sergio Reguilon bisa menggeser Marcelo di posisi starter Real Madrid. Pemain muda asal Spanyol itu tidak pernah terlihat pada masa kepemimpinan Julen Lopetegui dan Zinedine Zidane.

Pertama kali Reguilon menjadi berita utama mungkin ketika Sergio Ramos menggertaknya saat latihan. Untungnya, Solari secara bertahap memberikan kesempatan kepada bek sayap muda itu dan kepercayaannya terbayar.

Sekarang baik Reguilon dan Sergio Ramos bekerja berdampingan di pertahanan Real Madrid sementara Marcelo hanya mendapat kesempatan di Copa del Rey. Performa Reguilon juga mengesankan dan dia sudah bermain penuh 90 menit dalam empat pertandingan terakhirnya di La Liga dan membuat dua assist.


Sumber: Bola.net

Konser Ed Sheeran di Jakarta Dibuka Grup Jepang One Ok Rock

Liputan6.com, Jakarta – Konser Ed Sheeran Divide World Tour 2019 Jakarta akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, 3 Mei mendatang. Grup asal Jepang One Ok Rock pun didapuk sebagai band pembuka penyanyi asal Inggris itu.

Promotor konser Ed Sheeran, Sound Rhythm, dalam keterangan pers, Kamis (14/2/2019), mengatakan bahwa One Ok Rock yang dibentuk sejak 2005 itu sudah pernah tampil di panggung skala besar. Sebut saja Nippon Nudokan Live 2010, Yokohama Stadium Live 2014, dan arena-arena besar lain pada 2013 dan 2015.

Jauh sebelum menjadi band pembuka Ed Sheeran, One Ok Rock sempat manggung di Indonesia. Kala itu, mereka tampil di Lapangan Parkir Kolam Renang Senayan, Jakarta Selatan pada November 2013 silam.

Pada 2017, One Ok Rock tampil pada acara penghargaan Alternative Press Music Awards dan dinobatkan sebagai Best Break Through Artist. Mereka juga tampil di sampul Majalah Rock Sound Jepang dan dijuluki sebagai The Best Live Performance.

2 dari 3 halaman

Mengikuti Nomor Pembelian

Promotor konser Ed Sheeran di Indonesia yang menyediakan 45 ribu tiket, memastikan bahwa seluruh penonton akan menikmati pertunjukan musik dari bangku yang sudah disediakan. Bangku penonton akan mengikuti nomor pembelian.

Promotor mengimbau agar penonton tidak membeli tiket konser di situs yang tidak resmi atau membeli tiket di calo.

3 dari 3 halaman

Mencegah Hal-Hal Tak Diinginkan

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atas penjualan tiket di pasaran dengan harga tak wajar dan penipuan kepada fans Ed Sheeran, maka tiket konser akan dijual resmi secara pribadi. Nama setiap pembeli tiket akan tercetak di tiket resmi.

Pada saat tiba di tempat acara, tiap pemegang tiket diwajibkan untuk membawa identitas diri yang berlaku sesuai dengan nama yang tertera di tiket. Penonton yang sudah membeli tiket akan diperiksa saat memasuki tempat acara.

(Antaranews.com)

Citra Satelit Ungkap Penyebab Letusan Gunung Agung di Bali

Denpasar – Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Universitas Bristol, Inggris ungkap hasil riset ilmiah, mengapa Gunung Agung di Bali meletus pada November 2017, setelah lebih 50 tahun mengalami dormansi.

Temuan yang diterbitkan di jurnal Nature Communications ini dapat memiliki implikasi penting untuk meramalkan letusan di masa depan di daerah tersebut. Salah satu yang terpenting adalah, ditemukannya bukti geofisika, kemungkinan sistem pipa vulkanik yang saling terhubung antara gunung Agung dengan gunung Batur.

Letusan Gunung Agung sebelumnya pada tahun 1963 menewaskan hampir 2.000 orang dan diikuti oleh letusan-letusan kecil di gunung berapi tetangganya, Gunung Batur. Karena peristiwa masa lalu ini adalah salah satu letusan gunung berapi paling mematikan di abad ke-20, upaya besar dikerahkan oleh komunitas ilmuwan untuk memantau dan memahami bangunnya kembali aktivitas Gunung Agung.

Dalam erupsi terbaru November 2017, dua bulan sebelum letusan, tiba-tiba terjadi peningkatan sejumlah gempa kecil di sekitar gunung berapi yang tidur selama 54 tahun itu. Peristiwa itu memicu evakuasi sekitar 100.000 orang.

Menggunakan citra satelit Sentinel-1

Tim ilmuwan dari Fakultas Ilmu Kebumian Universitas Bristol, yang dipimpin oleh Dr. Juliet Biggs menggunakan citra satelit Sentinel-1 yang disediakan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) untuk memantau deformasi tanah di Gunung Agung.

Biggs menjelaskan: “Dari pemantauan jarak jauh, kami dapat memetakan setiap gerakan tanah, yang mungkin merupakan indikator bahwa magma segar bergerak di bawah gunung berapi.”

Dalam studi terbaru, yang dilakukan bekerja sama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Indonesia (CVGHM), tim ini mendeteksi kenaikan sekitar 8-10 cm di sisi utara gunung berapi selama periode aktivitas gempa bumi yang hebat.

Sistem pipa yang terhubung

Dr. Fabien Albino, dari Bristol School of Earth Sciences menambahkan: “Yang mengejutkan adalah kami memperhatikan bahwa baik aktivitas gempa dan sinyal deformasi tanah terletak lima kilometer dari puncak, yang berarti bahwa magma bergerak ke samping serta vertikal ke atas.”

Ditambahkannya: “Studi kami memberikan bukti geofisika pertama bahwa Gunung Agung dan Gunung Batur mungkin memiliki sistem pipa vulkanik yang terhubung.”

Tim peneliti menyebutkan: “Temuan ini memiliki implikasi penting bagi peramalan letusan dan bisa menjelaskan terjadinya letusan simultan seperti pada tahun 1963.”

Studi tersebut didanai oleh Pusat Pengamatan dan Pemodelan Gempa Bumi, Gunung Berapi, dan Tektonik (COMET), sebuah pusat penelitian terkemuka dunia yang berfokus pada proses tektonik dan vulkanik dengan menggunakan teknik observasi bumi.

Sumber: (Universitas Bristol/Nature Communications/ap/ml)


(rna/rna) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>