Ini Lho Istimewanya Posisi Duduk di Antara 2 Sujud Saat Sholat

Jakarta – Posisi duduk di antara 2 sujud ternyata punya keistimewaan dalam ilmu kedokteran tulang. Posisi ini menentukan keberhasilan operasi Total Hip Replacement (THR) dan penanganan setelahnya misal fisioterapi.

“Salah satu luarannya adalah bisa duduk di antara 2 sujud, attahiyat, dan bisa jongkok. Bagi orang Indonesia posisi tersebut sangat penting dalam menentukan kesembuhan. Pasien umumnya nggak mau operasi karena takut nggak bisa duduk saat sholat,” kata Guru Besar di Bidang Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ismail Hadisoebroto Dilego, dalam pengukuhan guru besar Sabtu (20/4/2019).

Salah satu kondisi yang mengharuskan THR adalah pengapuran sendi panggul yang mengakibatkan nyeri, kaku, dan tidak bisa gerak. Menurut Prof Ismail, THR tak mengakibatkan Range of Movement (ROM) atau keterbatasan aktivitas bila komponennya diatur dengan baik. Dalam risetnya, Prof Ismail melibatkan 81 pasien THR yang dioperasi pada usia 19-82 tahun dengan waktu evaluasi 7-65 bulan. Hasil riset merekomendasikan pendekatan yang lebih spesifik pada tiap kasus untuk tujuan reparasi, rekonstruksi, dan replacement. Pada cedera sederhana, THR harus diawali tindakan open reduksi internal fiksasi (ORIF). Dalam kasus yang lebih kompleks bisa langsung THR karena ORIF tak memberi efek yang memuaskan. ORIF juga harus dilakukan pada penanganan kasus gagal sambung atau non union.

Studi kasus THR revisi menunjukkan luaran fungsional yang baik selain mampu melakukan aktivitas dan posisi yang diharapkan pasien. Yaitu bisa jongkok, duduk di antara 2 sujud, dan melakukan attahiyat saat sholat.

(up/up)

Kondisi Kepala Mayat Dalam Koper di Antara Paha, Dimutilasi?

Kondisi Kepala Mayat Dalam Koper di Antara Paha, Dimutilasi? Mayat dalam koper ditemukan di pinggir sungai/Foto: Istimewa

Blitar – Mayat laki-laki tak dikenal ditemukan dalam koper di antara rimbunan semak-semak. Koper bervolume sekitar 60 x 40 cm berwarna hitam, tampak pas dengan tubuh korban.

Kondisi mayat dalam koper itu tertekuk. Kedua betis ditekuk ke belakang paha. Berhimpitan dengan bagian atas badan yang tertekuk di atasnya. Sementara posisi kepala, berada di antara dua paha.

“Saya tidak tahu pasti, apakah kepala itu kondisinya terpotong atau tidak. Tapi untuk bagian tubuh lainnya masih menyatu. Tidak dimutilasi,” kata Kepala Desa Karanggondang, Edy Sucipto, Rabu (3/4/2019).
Mayat dalam koper itu juga tanpa memakai busana. Sehingga jelas kelihatan jenis kelamin korban sebagai laki-laki.
Koper ditemukan Imam warga sekitar, di antara rimbunnya semak-semak dan rerumputan. Tepatnya di bawah jembatan jalur nasional Blitar-Kediri Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Saat itu Imam mencari rumput untuk pakan ternaknya.
(fat/fat) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Girls in The City, Perang Sosial Media Antara Salsa dan Cleo Semakin Memanas

Pada Girls in The City episode sebelumnya, Cleo mencoba untuk menyatakan perasaannya kepada Zian. Namun Zian malah menyatakan cintanya ke Salsa.

Akibat kejadian itu, Cleo menjadi salah paham dan membenci Salsa. Cleo terus menyindir Salsa di sosial medianya, membuat Salsa semakin dibenci orang banyak.

Karena merasa tak tahan atas hujatan yang dilimpahkan kepadanya, Salsa menshare videonya saat menolak Zian. Hal itu membuat Salsa tidak lagi dibenci, malah mendapat banyak fans.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Saksikan Girls in The City episode 2 di Vidio.com.

Kemlu Cek Info Puluhan WNI di Antara Petempur ISIS di Kamp Suriah

Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan mengecek informasi soal puluhan WNI yang ditemukan berada di antara ribuan petempur asing ISIS.

Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir menyebut belum ada data pasti mengenai jumlah WNI yang terkait dengan militan ISIS yang berada di Suriah. Sebab ada deteksi WNI masuk secara ilegal ke Suriah.

“Terkait WNI yang diduga terlibat atau ke sana dalam konteks mendukung ISIS tentunya itu sebagian dari mereka pada saat ke sana sudah tidak memiliki dokumen yang resmi, sebagian dari mereka. Oleh karena itu, tentunya kita harus melakukan berbagai tahap, memastikan apakah kita memberikan layanan sebagai WNI. Yang pertama adalah untuk bisa mengetahui, melakukan verifikasi,” ujar Arrmanatha (Tata) di kantor Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019).

Verifikasi dilakukan untuk memastikan WNI yang diduga terlibat ISIS masih berstatus WNI. Namun verfikasi ini akan melibatkan Polri, BIN dan BNPT.

“Mereka juga akan terlibat dalam proses menentukan verifikasi apakah mereka yang dikatakan, yang dulu terlibat dalam ISIS? apakah mereka WNI atau tidak. Setelah itu baru kita bisa menentukan apa yang kita akan lakukan?” sambung Tata.

Dilaporkan BBC, sebagian warga Indonesia yang ditemukan berada di antara ribuan petempur asing ISIS menyatakan ingin kembali ke Indonesia.

Di antara mereka terdapat puluhan anak dan perempuan, yang saat ini berada di kamp pengungsi di Al-Hol, Suriah timur.

Mereka sebelumnya berada di Baghuz, kantong terakhir kelompok ISIS, yang direbut oleh Pasukan Demokratis Suriah, SDF pimpinan suku Kurdi.

Salah seorang warga Indonesia, Maryam, menyebut berasal dari Bandung, Jawa Barat. Dia menyatakan ingin pulang ke Indonesia.
(fdn/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lucas Hernandez di Antara Bek-Bek Termahal Dunia

Kamis, 28 Mar 2019 15:14 WIB

dok. Istimewa – detikSport

Jakarta – Direkrut Bayern Munich dari Atletico Madrid seharga 68 juta pound, Lucas Hernandez langsung masuk 10 besar bek termahal di dunia. Siapa saja penghuni 10 besar?

Puluhan WNI Ditemukan di Antara Ribuan Petempur Asing ISIS di Kamp Suriah

d

Sebagian warga Indonesia yang ditemukan berada di antara ribuan petempur asing ISIS menyatakan ingin kembali ke Indonesia.

Di antara mereka terdapat puluhan anak dan perempuan, yang saat ini berada di kamp pengungsi di Al-Hol, Suriah timur.

Mereka sebelumnya berada di Baghuz, kantong terakhir kelompok ISIS, yang direbut oleh Pasukan Demokratis Suriah, SDF pimpinan suku Kurdi.

Salah seorang warga Indonesia, Maryam, menyebut berasal dari Bandung, Jawa Barat. Dia menyatakan “ingin pulang ke Indonesia.”

Bersama empat anaknya, Maryam ditemui di Al-Hol pada pekan pertama bulan Maret oleh Afshin Ismaeli, seorang wartawan lepas.

“Saya dengan empat anak dan keluar dari Baghuz…kami ingin pulang ke negara asal kami, ke Indonesia,” kata Maryam dalam rekaman video yang dibuat Afsin.

Afshin mengatakan kepada BBC Indonesia, “Kondisi di kamp itu sangat, sangat buruk dan memprihatinkan. Tidak cukup untuk menampung ribuan orang, tidak ada bantuan. Ada yang membagi makanan tapi tak cukup untuk semua.”

Warga Indonesia yang ditemui Afshin baru keluar dari Baghuz, namun ia mengatakan banyak pengungsi yang telah bertahun-tahun di kamp itu.

Pasukan SDF yang didukung Amerika Serikat dilaporkan telah menahan lebih dari 5.000 milisi asal Suriah dan mancanegara sejak Januari lalu. Mereka ditempatkan di berbagai penjara, sementara perempuan dan anak-anak ditempatkan di kamp pengungsi.

Menurut salah seorang pejabat Kurdi seperti dikutip kantor berita AFP, lebih dari 9.000 keluarga pendukung ISIS yang berasal dari luar negeri ditampung di kamp Al-Hol.

Kamp ini dibangun untuk sekitar 20.000 orang, namun saat ini menampung lebih dari 70.000 orang.

Kecewa dengan masyarakat internasional

Pejabat Kurdi, Abdul Karim Omar, mengatakan kepada wartawan BBC, Aleem Maqbool, dirinya sangat kecewa dengan dunia internasional karena merasa seolah dibiarkan untuk menangani para petempur ISIS.

Abdul Karim mengatakan pihaknya kewalahan menampung para milisi yang ditahan ini.

Dia mengaku sangat kecewa atas langkah sejumlah negara yang mencabut kewarganegaraan warga yang bergabung dengan ISIS. “Kurdi telah sangat menderita selama ini berada di bawah ISIS dan juga melawan kelompok militan itu.”

Abdul Karim memperingatkan, “Membiarkan anggota ISIS di kawasan yang tak stabil di bawah pemerintahan yang tak mampu menangani, akan menimbulkan masalah.

BBC Indonesia berusaha mengontak Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI di Damaskus untuk menanyakan langkah penanganan WNI yang bergabung dengan ISIS, namun belum mendapatkan jawaban.

PBB mengatakan lebih dari 40.000 petempur asing dari 110 negara kemungkinan bertolak ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan ISIS.

Amerika Serikat menyerukan direpatriasikannya ratusan pria, perempuan dan anak-anak yang ditahan di medan perang.

Namun banyak negara yang ragu-ragu untuk menerima mereka kembali. Sejumlah pihak juga mengkritik langkah Amerika yang juga menolak kembalinya salah seorang warga dari Alabama yang bergabung dengan ISIS.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Negosiasi Tarif MRT Antara Anies dan Ketua DPRD DKI Dianggap Ilegal

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik angkat bicara mengenai negosiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi terkait penetapan tarif MRT Jakarta yang dilakukan pada, Rabu 26 Maret 2019.

“Harusnya kesepakatan itu dibawa lagi ke rapim. Harus dilalui prosesnya,” kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Taufik menjelaskan, keputusan tarif telah disepakati dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) yang digelar pada, Senin 25 Maret 2019. Dia menyebut hasil rapat tersebut tidak dapat diubah begitu saja, namun harus melalui aturan yang ada.

Karena hal itu, Taufik menyarankan agar penetapan tarif MRT Jakarta dikembalikan di rapat bersama di DPRD DKI Jakarta.

“Saran saya itu harus sesuai ketentuan dan tata tertib. Boleh saja ada kesepkatan tapi kembalikan ke rapim untuk pengesahannya supaya legal,” ucap politikus Partai Gerindra itu.

Selain Taufik, Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus menganggap hasil negosiasi Anies dan Prasetio mengenai tarif MRT Jakarta itu ilegal.

“Saya enggak ada dihubungi apa-apa, jadi saya menyatakan ilegal kalau diganti-ganti hasil Rapimgab,” kata Bestari.

Bestari mengatakan keputusan tarif itu harus melalui kesepakatan bersama bukan melalui keputusan sepihak dengan melalui prosedur yang ada.

“Wah nggak bisa (kalau nggak ada rapat lagi). Sejak kapan ketua dewan kemudian menjadi penentu, itu kan harus kesepakatan,” jelasnya.

Jelang Laga, Saling Intai Terjadi antara Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam

Jakarta – Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Vietnam U-23 akan bentrok pada matchday kedua Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3/2019). Semestinya kedua tim sudah┬átak asing satu sama lain┬ákarena baru bersua pada semifinal Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja (24/2/2019).

Meski baru berjumpa satu bulan lalu, kekuatan kedua tim diyakini mengalami perubahan. Vietnam, misalnya, perubahan banyak terjadi dalam komposisi pemain mengingat adanya perubahan pelatih.

Saat Piala AFF U-22 2019, Timnas Vietnam U-22 dilatih Nguyen Quoc Tuan, saat ini Timnas Vietnam U-23 kembali dibesut pelatih Park Hang-seo. Park lantas memanggil beberapa pemain anyar dalam tim.

Perubahan juga terjadi di kubu Tim Garuda Muda, dengan masuknya tiga pemain yang berbasis di luar negeri.

Itulah mengapa, tim pelatih kedua tim mencoba mengintip kekuatan dan kelemahan terkini tim lawan. Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam saling bergantian mematai penampilan lawan saat melakoni matchday pertama Grup K, Jumat (22/3/2019), di Stadion My Dinh.

Vietnam, yang dipimpin pelatih kepala Park Hang-seo, lebih dulu terlihat di tribune kehormatan Stadion My Dinh, untuk mengamati duel Thailand versus Indonesia. Laga ini memang lebih dulu dipertandingkan, tepatnya kick-off jam 17.00 WIB.

Park tak sendirian, ia didampingi beberapa asisten pelatihnya, termasuk eks pelatih Timnas Kamboja, Lee Tae-hoon, serta Direktur Teknik, Jurgen Gede.

Beberapa asisten pelatih Park terlihat membawa buku untuk membuat catatan perihal permainan Indonesia maupun Thailand, yang akan jadi lawan Vietnam selanjutnya. Pada pertandingan itu, Timnas Indonesia U-23 di luar dugaan menyerah dari Thailand dengan skor cukup telak, 0-4.

Saling Balas Dungu Antara Rocky vs TKN Jokowi

JakartaRocky Gerung dan anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin saling balas serangan ‘dungu’. Begini rangkumannya.

Rocky Gerung bicara jaket kedunguan dan kartu pradungu

Hal itu diucapkan Rocky saat menghadiri acara Aliansi Pengusaha Nasional yang digelar di Djakarta Theater, Kamis (21/3/2019). Dia bicara usai Prabowo-Sandi berpidato. Rocky sendiri menyebut dirinya sedang stand up comedy.

Rocky menceritakan tentang bully yang diterimanya. Rocky menyinggung soal jaket 01 dan jaket 02.

“Sering kali, saya di-bully lagi kan, bahwa… kayak kemarin di Osaka yang kemudian jadi viral. Saya pinjam ini jaketnya persis jaket begitu, ada tulisan 02. Saya pakai jaket begituan karena saya habis ceramah di Osaka. Saya kedinginan, maka hanya ada jaket 02, maka saya pinjam jaket itu. Karena saya kedinginan. Kalau saya kedunguan, saya pinjam jaket 01,” sebut Rocky.

“Jadi geng petahana marahin saya, kenapa nggak pernah pakai jaket 01. Lo itu jaket kedunguan, bukan kedinginan. Itu mempersoalkan hal yang sifatnya teknis saja,” imbuh dia.

Saling Balas Dungu Antara Rocky vs TKN JokowiRocky Gerung di acara Aliansi Pengusaha Nasional (Foto: Gibran Maulana/detikcom)

Dia lanjut berbicara tentang kartu. Menyinggung kartu Pra-Kerja, Rocky lantas bicara soal kartu Pradungu.

“Semua kartu sudah dikeluarin. Kemarin saya katakan yang terakhir kartu Pra-Kerja. Saya bilang masih ada satu kartu yang belum dikeluarin, namanya kartu Pradungu dan jangan harap kartu itu akan dibagikan kepada saudara-saudara karena beliau akan pakai sendiri kartu itu,” sebut Rocky.

TKN Jokowi balas menyebut ‘dungu’

Juru bicara TKN Irma Suryani Chaniago heran mengapa Rocky Gerung terlihat sangat benci dengan Jokowi. Dia balik mempertanyakan bagaimana kriteria kartu yang tidak dungu menurut Rocky.

“Apa sih ukuran kartu yang tidak dungu menurut dia? Kalau nggak mampu bikin program dan cuma mampu ngomong dungu saja artinya Rocky Gerung itu asbun (asal bunyi) dan dungu stadium 4,” kata Irma.

Menurut politikus NasDem ini, ungkapan ‘kartu pradungu’ Rocky sebagai bentuk kekesalan karena kubu Prabowo-Sandi ‘hanya’ bisa menunjukkan e-KTP.

“Rocky Gerung dungu! Teriak dungu! Kartu yang dibutuhkan rakyat dia bilang pradungu! Karena dia kesal, jagoannya cuma bisa nunjukin e-KTP yang selama ini selalu dibilang banyak yang bodong dan lain-lain. Malu dong menggunakan produk orang lain trus klaim. Bikin program yang autentik! Jangan cuma bisa nambah kalimat ‘plus’ doang dibelakang kartu yang dikeluarkan Jokowi,” tegasnya.

Serangan balasan juga dilontarkan anggota TKN lainnya, Inas Nasrullah. Dia balas menyebut Rocku Gerung pakar dungu.

“Kalu kita bicara kedunguan, maka pakar dungu-nya memang Rocky Gerung, sebab kedunguan ini tidak diajarkan di universitas manapun karena memang tidak ada ilmunya, sehingga bisa kita simpulkan bahwa kedunguan tersebut diperoleh dari pengalaman pribadi Rocky Gerung sendiri,” kata Inas.
(imk/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Antara Jokowi dan SBY, Siapa yang Dipilih JK?

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepada calon presiden Joko Widodo atau Jokowi agar tetap merakyat jika terpilih kembali dalam Pilpres 2019. Hal itu dikatakan JK saat menjadi pembicara sebagai sahabat kerja Jokowi selama 4,5 tahun dalam acara Jokowi di Mata Sahabat yang digelar relawan #PejuangkerjaJokowi.

“Kalau terpilih lagi tentu salah satu pesan agar meneruskan gaya merakyat Beliau,” kata JK saat menjawab pertanyaan di Kantor Kerja Hub 86, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019) malam.

Dia pun menjelaskan alasan mengapa yakin memilih Jokowi kembali. Salah satunya yaitu mantan Gubernur DKI tersebut tidak memiliki jiwa demokratis dan tidak otoriter.

“Beliau tidak akan merusak bangsa dengan otoriter dan nepotisme,” ungkap JK.

Pada kesempatan itu JK menjelaskan perbedaan cara memimpin Presiden Susilo Bambang Yudhono dan Presiden Jokowi. Dia menceritakan sosok Ketua Umun Partai Demokrat yang mengedepankan kesempurnaan.

“Ini yang susah etikanya. Masing-masing punya cara pandang memimpin. SBY selalu ingin perfect, sempurna. Pak Jokowi selalu ingin detailnya,” kata JK.

Kemudian, ketika diminta memilih antara keduanya. Kalla menjawab Jokowi. Sebab saat ini, JK sedang mendukung Jokowi untuk kembali menjadi Presiden periode 2019-2024.

“Jokowi hahahaha, karena sekarang kita dukung Jokowi. Kalau SBY tidak disebut kan dia tidak marah lagi,” kata JK sambil tertawa.

JK juga terkesan dengan kinerja Jokowi. Bisa menggelar pertemuan bersamanya serta kabinet kerja hingga ratusan kali dalam setahun.

“Tahun 2017 ada 240 kali rapat. Jadi 200 kali ketemu, bertemu berdua. Ya saya kira tiga ratus kalilah setahun,” ungkap JK.