Helikopter Antar Surat Suara ke Perbatasan Indonesia-Malaysia

Liputan6.com, Balikpapan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke wilayah perbatasan pada Senin, 15 April 2019. Helikopter milik TNI Angkatan Darat pun diperbantukan untuk mempermudah pengiriman logistik Pemilu tersebut ke wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

“Kodam VI Mulawarman mendukung pelaksanaan pemilu khususnya dalam mendistribusikan logistik di daerah sulit dijangkau,” kata Kepala Penerangan Kodam Mulawarman, Kolonel Dino Martino, Senin (15/4/2019).

Helikopter yang mengangkut logistik Pemilu tersebut, merupakan milik TNI AD yang dipinjam KPU Kaltim ke Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto. Helikopter itu dipinjam selama empat hari demi mendistribusikan logistik Pemilu ke wilayah yang sulit dijangkau.

Penggunaan helikopter jenis Helly Bell 412 merupakan realisasi kerjasama Kodam VI Mulawarman dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 di daerah sulit dijangkau sehingga bisa menjamin agar Pemilu bisa terlaksana tepat waktu di wilayah perbatasan.  

“Berdasarkan surat yang disampaikan ke Pangdam VI Mulawarman, KPU Kaltim meminjam helikopter selama empat hari terhitung sejak 14 April 2019. Transportasi udara dibutuhkan KPU agar logistik pemilu tiba tepat waktu dan tidak terlambat,” ucapnya

Kodam VI Mulawarman pun langsung menyiapkan helikopter jenis Helly Bell 412 dengan Nomor Registrasi HA 5183 yang diawaki oleh Mayor Cpn Hendri sebagai pilot dan Lettu Cpn Mofa sebagai co-pilot.

Helikopter itu akan mengantar logistik Pemilu ke tiga Kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu yakni Kecamatan Long Bagun, Kecamatan Long Apari dan Kecamatan Long Pahangai. Kabupaten termuda di Kaltim itu memang lokasinya paling sulit dijangkau apalagi jika melalui jalur darat  

Logistik Pemilu yang diangkut oleh helikopeter tersebut yaitu 15 kotak suara dan formulir C6, masing-masing 3.024 lembar formulir C6 untuk Kecamatan Long Apari dan  3984 lembar formulir C6  uk Kecamatan Long Pahangai. Rombongan brangkat sekitar pukul 14.00 Wita siang tadi.

Kondisi topografi daerah yang berbukit dengan infrastruktur jalan yang belum beraspal, juga membuat distribusi logistik pemilu harus segera dilakukan.

Kisah Petugas di Sulbar Antar Surat Suara, Naik Getek-Nyaris Tenggelam

Pasangkayu – Untuk mensukseskan jalannya Pemilu 2019, yang tinggal beberapa hari lagi, distribusi logistik pemilu dikirim hingga ke daerah pedalaman. Para petugas harus naik getek menyeberangi sungai yang arusnya sangat deras.

Kondisi geografis yang berbeda-beda, menjadi tantangan tersendiri bagi petugas KPU untuk mendistribusikan logistik pemilu, agar tiba di tempat tujuan dengan kondisi aman dan tepat waktu. Seperti yang dialami aparat gabungan dari KPU dan TNI-Polri, serta petugas penyelenggara pemilu PPK dan PPS saat hendak mendistribusikan logistik pemilu, menuju TPS 8. Di Dusun Kano, Desa Benggaulu, Kecamatan Dapurang, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin pagi (15/04/19).

Tidak hanya harus menguras tenaga menempuh perjalanan sejauh 100 kilometer menggunakan kendaraan roda empat, perjuangan mensukseskan hajatan pesta demokrasi lima tahunan ini, harus dibayar mahal dengan bertaruh nyawa.

Kisah Petugas di Sulbar Antar Surat Suara, Naik Getek-Nyaris TenggelamFoto: Petugas naik getek antar surat suara (Abdy-detikcom)

Bagaimana tidak, perjalanan para petugas demokrasi ini harus dilanjutkan dengan menyeberangi sungai Benggaulu yang terkenal berarus deras, hanya bermodalkan sebuah rakit kayu yang sudah lapuk, lantaran ketiadaan jembatan untuk menghubungkan kedua sisi sungai selebar kurang lebih 70 meter ini.

Akibatnya, rakit yang membawa beberapa kotak logistik pemilu termasuk beberapa petugas di atasnya, nyaris terbalik lantaran dihantam arus deras saat berada di tengah sungai.

Saat peristiwa terjadi, beberapa petugas terlihat berupaya menyeimbangkan rakit yang terlihat mulai miring, agar tidak tenggelam dan terbawa arus, sementara lainnya nekat menceburkan diri ke dalam sungai, dan menyelamatkan logistik pemilu yang telah dibungkus menggunakan plastik.

Setelah logistik pemilu aman dan semua petugas berhasil menjangkau sisi sungai, perjalanan kembali dilanjutkan sejauh 5 kilometer dengan berjalan kaki , menuju TPS 8 di Dusun Kano, Desa Benggaulu, yang menjadi tujuan pengantaran logistik pemilu ini.

Beratnya perjuangan, para petugas keamanan dan penyelenggara pemilu ini, yang nyaris terbawa arus sungai ini, sempat terekam kamera warga dan kini beredar luas di masyarakat.

“Jadi memang kondisi desa tersebut bisa dibilang sangat jauh dan aksesnya masih sulit djangkau kendaraan, dan Alhamdulillah walau proses pengiriman logistik ke daerah tersebut sempat diwarnai kecelakaan karena kondisi alam yang tidak bisa ditebak, teman-teman semua berhasil selamat dan logistik pemilu tiba di lokasi tujuan dengan kondisi baik ” ujar Ketua KPUD Pasangkayu, Sulbar, Sahran Ahmad saat diwawancara detikcom.

Sahran juga menyebutkan, bahwa masih ada beberapa lokasi di Pasangkayu yang memang sulit dijangkau akses kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Sehingga harus dilakukan dengan berjalan kaki, mendapat prioritas pengiriman logistik lebih awal.

“Jadi memang Dapurang merupakan salah satu wilayah yang kami prioritaskan untuk mendapat logistik lebih awal, karena di sana ada beberapa TPS yang jauh dan harus ditempuh dengan melewati medan berat,” ungkapnya.
(rvk/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dua Gol Deulofeu Antar Watford ke Final Menantang Man City

LondonGerard Deulofeu jadi bintang comeback gemilang Watford atas Wolverhampton Wanderers di semifinal Piala FA. Lolos ke final, Watford akan menantang Manchester City.

Bermain di Stadion Wembley, Wolverhampton Wanderers unggul lebih dulu di babak pertama. Matt Doherty menjebol gawang Watford di menit 36 untuk mengubah kedudukan jadi 1-0. Berdiri di tiang jauh, Doherty menanduk bola yang dikirim dari sisi kanan.

Keunggulan Wolves bertambah di pertengahan babak kedua. Raul Jimenez menggandakan keunggulan Wolves dengan gol akrobatiknya di menit 63.

Demi menjaga peluang lolos ke final, Watford tampil lebih agresif. Upaya tersebut terbayar melalui gol yang dilesakkan Gerard Deulofeu saat pertandingan tersisa 11 menit.

Berdiri di dalam kotak penalti yang dipenuhi pemain Wolverhampton, mantan gelandang AC Milan dan Barcelona itu dengan cerdik mencungkil bola. Si kulit bundar melambung ke arah tiang jauh dan masuk ke gawang. Gol brilian dari gelandang asal Spanyol itu.

Saat peluang melaju ke final semakin tipis, Watford diberi penalti oleh wasit pada periode injury time. Troy Deeney dilanggar oleh Leander Dendoncker saat menerima umpan dari sisi kiri. Dibantu VAR, wasit menyatakan penalti.

Maju sendiri sebagai eksekutor, Deeney tak melakukan kesalahan. Tendangan kerasnya ke arah tengah gawang gagal diblok kiper John Ruddy. Gol tersebut membuat laga menjadi sama kuat 2-2 dan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu, Watford mencetak gol ketiga yang sekaligus membuat mereka membalikkan keadaan. Gol penentu kemenangan ini dibuat oleh Deulofeu. Tembakan mendatarnya dari dalam kotak penalti tak bisa diadang kiper Ruddy.

Susunan Pemain

Wolverhampton Wanderer: John Ruddy; Romain Saiss, Conor Coady, Willy Boly; Matt Doherty, Leander Dendoncker, Joao Moutinho (‘102 dama Traore), Ruben Neves (’86 Ryan Bennett), Jonny Castro Otto (‘106 Ruben Vinagre); Raul Jimenez, Diogo Jota (’89 Ivan Cavaleiro)

Watford: Heurelho Gomes; Kiko Femenia (‘108 Daryl Janmaat), Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Jose Holebas (’98 Adam Masina); Abdoulaye Doucoure, Etienne Capoue; Will Hughes (’66 Gerard Deulofeu) (‘112 Ken Sema), Roberto Pereyra; Troy Deeney, Andre Gray.

(din/cas)


Gandeng GrabFood, Hokben Siapkan Layanan Pesan Antar Makanan Kurang dari 30 Menit

Liputan6.com, Jakarta – Kebanyakan konsumen menginginkan pesan antar makanan yang cepat tanpa menunggu dengan lama. Untuk itu, restoran cepat saji Hokben menggandeng GrabFood memperkenalkan sistem layanan baru yang terintegrasi pada Kamis (4/4/2019) di HokBen outlet, Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Sitem pelayanan baru GrabFood ini pertama kali dilakukan dan memilih berkolaborasi dengan HokBen. Pelanggan akan lebih mudah menikmati pelayanan pesan antar makanan Grabfood dengan rata-rata waktu 29 menit.

“Dengan sistem ini, maka merchant bisa menyiapkan langsung makanan yang dipesan dan mitra langsung bisa menuju merchant. Sampai di restoran, pesanan bisa langsung diambil,”  ujar Mediko AzwarMarketing, Directur Grab Indonesia.

Sementara, Marketing and Communication Group Head HokBen Fransisca Lucky mengatakan selama ini HokBen selalu berupaya menjadi bagian dari gaya hidup pelanggan. Seiring perkembangan teknologi, pelanggan ingin mendapatkan makanan yang dipesan dengan cara yang cepat dan mudah.

“Saya percaya bahwa kerja sama antara GrabFood dan HokBen akan memberikan dampak positif buat pelanggan kedua belah pihak. Yang pasti memberikan kemudahan baik pelanggan GrabFood maupun pelanggan HokBen,” tutur Francisca.

Fransisca menambahkan bahwa layanan ini sudah diterapkan di seluruh wilayah Indonesia dan tersebar di 150 gerai HokBen di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Sistem antar cepat ini sudah dimulai sejak 1 April 2019. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Demi memberikan pelayanan terbaik, seorang driver ojek online rela menembus banjir yang setinggi pinggang orang dewasa.

Babak I, Gol Giroud Antar Chelsea Memimpin 1-0 atas Brighton

London – Tuntas sudah laga babak I antara Chelsea vs Brighton dalam lanjutan Liga Inggris. Chelsea sementara unggul 1-0, berkat gol Olivier Giroud di menit ke-38.

Chelsea menjamu Brighton di Stamford Bridge, Kamis (4/4/2019) dinihari WIB. The Blues menguasai permainan dengan 69 persen ball possesion dengan satu percobaan on target dari total 11, yang bisa dikonversi menjadi gol.

Sedangkan Brighton kesulitan mengimbangi agresivitas tim tuan rumah. Si Burung Camar hanya bisa menciptakan satu percobaan saja, itupun tidak tepat sasaran.


Jalannya Pertandingan

Chelsea mendominasi penguasaan bola. Tapi peluang nyata pertama baru hadir di menit ke-11 saat N’Golo Kante bekerja sama dengan Callum Hudson-Odoi di sayap kanan. Pemain yang disebut terakhir melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan melengkung ke arah tiang jauh meski diblok sehingga melambung.

Setelahnya, sepak pojok Chelsea mengancam gawang Brighton lagi. Tendangan Hazard disambut Olivier Giroud dengan sundulan di dalam kotak penalti, tapi bola belum tepat sasaran.

Di menit ke-15, klaim penalti Chelsea ditolak. Kante jatuh dalam kawalan Gaetan Bong tapi wasit tidak menganggap ada pelanggaran.

Brighton akhirnya bisa keluar dari tekanan. Empat menit kemudian, Alireza Jahanbaksh melepaskan umpan silang yang diteruskan Solomon March dengan sontekan, tapi bola hanya bersarang di sisi luar jala gawang Kepa Arrizabalaga.

Chelsea terus mengurung Brighton. Di menit ke-27, crossing Cesar Azpilicueta menemui Giroud yang diteruskan dengan tandukan tapi bola masih melenceng. Usaha Chelsea kembali menemui jalan buntu saat sepakan Giroud diblok dua pemain bertahan lawan.

Delapan menit kemudian, Brighton gagal memanfaatkan peluang. Yves Bissouma melewati penjagaan Hudson-Odoi dan Azpilicueta, sebelum menusuk dari byline. Sebuah umpan silang dilepaskan Bissouma di depan gawang tapi tidak ada kawan yang menyambar.

Peluang emas juga dilewatkan Chelsea di menit ke-37. Sundulan Giroud menemui Hazard, tapi dalam posisi tidak terkawal, sepakan kaki kirinya dari tengah kotak penalti justru melambung tinggi.

Kebuntuan Chelsea akhirnya terpecah semenit berselang. Giroud membuka keunggulan untuk memimpin 1-0. Dari sisi kanan, Hudson-Odoi mengirim umpan silang mendatar yang diselesaikan Giroud dengan sontekan dari tiang dekat.

Di akhir waktu normal, peluang lain Chelsea terlahir. Dari kiri kotak penalti, Hazard melepaskan bola lambung kepada Hudson-Odoi. Tapi pemain yang disebut terakhir kurang tenang sehingga gagal mengantisipasi, momentum pun hilang.

Susunan Pemain

CHELSEA: Kepa, David Luiz, Azpilicueta, Emerson, Christensen, Jorginho, Kante, Loftus-Cheek, Hazard, Giroud, Hudson-Odoi

BRIGHTON & HOVE ALBION: Ryan, Bong, Bruno Saltor, Duffy, Dunk, Stephens, Proepper, March (Knockaert 31′), Bissouma, Andone, Jahanbakhsh (rin/cas)


Tawuran Antar Geng di Medan, Polisi Tangkap 20 Remaja

Medan – Polisi menangkap 20 remaja yang terlibat tawuran antar-geng di kawasan Jalan AR Hakim, Medan, Sumatera Utara. Para pelaku itu ditangkap di berbagai lokasi.

Kapolsek Medan Area Kompol Kristian Sianturi, mengatakan kelompok yang bertikai itu, melibatkan 15 geng yang anggotanya masih berusia belia yakni antara 2 kubu yang terdiri dari gabungan genng, Generasi Bocah Nakal (GBN), Deneke,Crazy Friends (CF),Family Braders Komat. Adapun kubu lainnya ialah gabungan dari geng Halat Punya Cerita (HPC), Persatuan Anak Main Net (PAM),Asal Cocok Libas (ACL), TO Friends, Pelajar Medan City (PMC), Bromo Friends, Bromo Anak Nakal (Brokal) dan lainnya.

Kelompok remaja itu, menurut dia, terlibat keributan saling lempar batu di Daerah Sukaramai Minggu (31/3) sekira pukul 04.00 WIB.

“Pihaknya yang mendapatkan laporan adanya tawuran antara kelompok anak remaja Halat melawan Sukaramai kemudian turun ke tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Kristian yang dilansir dari Antara, Senin (1/4/2919).

Dia mengatakan, personelnya melakukan penyisiran mulai dari daerah Sukaramai Jalan AR Hakim sampai ke Jalan Halat Medan. Kristian menyebutkan, hasil interogasi bahwa motif perkelahian antara remaja itu, berawal dari saling ejek mengejek di Facebook dan berlanjut dengan anak Halat bergabung dengan mengendarai sepeda motor mendatangi anak Sukaramai dan melakukan pelemparan dan saling balas.

Kristian menambahkan, selanjutnya, anak-anak Sukaramai balas menyerang dengan melempari warnet Legian di Jalan Halat, sehingga ada warga yang terkena lemparan batu. Setelah itu, anak Halat yang tergabung dalam 16 bendera menuntut balas dengan melakukan penyerangan ke anak Sukaramai.

“Sebaliknya anak yang tergabung dalam tiga geng di Sukaramai melakukan penyerangan balasan, dan begitu seterusnya saling lempar di jalan, sehingga mengganggu ketertiban umum,” katanya.

(rvk/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saat Becak Khas Makassar Antar Jokowi dan Iriana ke Lokasi Kampanye

Liputan6.com, Makassar – Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Iriana menumpang becak khas Kota Makassar untuk menuju ke Lapangan Karebosi, Minggu pagi tadi. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (31/3/2019), belasan tukang becak telah bersiap sejak subuh untuk mengawal Jokowi berkampanye. Demi bekerja dengan prima, pemeriksaan kesehatan pun dilakukan. 

Saudi menjadi salah satu tukang becak yang berkesempatan mengantarkan Jokowi dan Iriana menuju ke lokasi kampanye. Meski bangga, dia mengaku tak merasa grogi.

Kedatangan Jokowi tidak hanya disambut ribuan simpatisan, namun juga sekelompok pemusik tradisional. Di hadapan ribuan pendukungnya, Jokowi berorasi tentang rencana pembangunan Indonesia ke depan.

Juventus vs Atletico Madrid: Hattrick Ronaldo Antar Bianconeri ke Perempat Final

Memasuki babak kedua, Juventus yang tak ingin malu di depan pendukung sendiri, kembali melesat. Baru lima menit pertandingan babak kedua berjalan, Ronaldo kembali menghentak.

Gol kedua Ronaldo sempat tak diduga lantaran game on. Namun, sesaat kemudian, wasit memastikan bola yang disodorkan Ronaldo dan sempat dihalau Oblak, sudah masuk gawang Atletico berkat teknologi garis gawang. Skor 2-0 buat Juventus, agregat menjadi 2-2.

Tekanan tuan rumah makin menjadi, sementara Atletico kian tertekan. Pada menit ke-84, Juventus mendapat penalti setelah Benardeschi dijatuhkan di kotak terlarang. Ronaldo kembali maju, menjalankan tugas sebagai eksekutor.

Pemain asal Portugal itu dengan dingin menceploskan bola. Keunggulan Juventus bertambah menjadi 3-0. Sisa waktu yang ada, tak banyak yang bisa dilakukan kedua tim. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai. Agregat gol berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Juventus.

Juventus akhirnya melaju ke perempat final, menghentikan kiprah Atletico Madrid, yang di leg pertama unggul 2-0.  

Hasil Liga Champions: Hat-trick Ronaldo Antar Juventus ke Perempafinal

TurinJuventus ke perempatfinal Liga Champions setelah mengalahkan Atletico Madrid 3-0. Hat-trick Cristiano Ronaldo membawa Juve menang agregat 3-2.

Juventus menjamu Atletico di Allianz Stadium, Rabu (13/3/2019) dinihari WIB, dengan kekalahan 0-2 di pertemuan pertama 16 besar. Si Nyonya Tua berhasil membalikkan keadaan setelah menang 3-0 di laga ini.

Ronaldo membuka keunggulan Juve di menit ke-27 yang bertahan hingga turun minum. Dua gol kembali disarangkan Ronaldo pada babak kedua, yang membuat Si Nyonya Tua melaju ke perempatfinal dengan agregat 3-2.


Jalannya Pertandingan

Juventus langsung mengambil kendali permainan. Si Nyonya Tua mengalirkan serangannya lewat sisi kiri.

Juve berhasil melesakkan gol di menit keempat lewat Giorgio Chiellini. Wasit menganulir gol tersebut setelah Cristiano Ronaldo lebih dulu melanggar Jan Oblak.

Bianconeri terus mengurung pertahanan Atletico sampai laga berjalan 15 menit. Tapi, Juventus belum juga mampu memberi ancaman untuk gawang Los Colchoneros.

Atletico perlahan meningkatkan tekanan ke Juventus. Tembakan dilepaskan oleh Koke dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditepis Wojciech Szczesny.

Kerja keras Juve untuk mencari gol berbuah hasil di menit ke-27. Umpan silang Federico Bernardeschi diteruskan dengan sundulan Ronaldo. 1-0 Juve memimpin.

Tekanan terus dilakukan Juve ke pertahanan Atletico. Tim besutan Massimiliano Allegri lebih banyak mengalirkan bola ke jantung pertahanan Atletico lewat umpan-umpan silang.

Ronaldo kembali menebar ancaman di pertahanan Atletico, kali ini di menit ke-42. Umpan silang dari sisi kiri berhasil disambar dengan sundulan Ronaldo, namun bola masih bisa melenceng dari gawang.

Oblak bikin penyelamatan krusial di penghujung babak pertama. Kiper asal negara Slovenia itu menepis bola hasil sundulan Chiellini dengan satu tangan.

Tak ada gol tambahan hingga turun minum. Juve tetap memimpin 1-0.

Hasil Liga Champions: Hat-trick Ronaldo Antar Juventus ke PerempafinalFoto: Massimo Pinca/Reuters

Juventus kembali langsung menekan pertahanan Atletico di awal babak kedua. Gol pun datang di menit ke-49 lewat sundulan Ronaldo lagi.

Mantan pemain Real Madrid itu menyambar umpan silang Joao Cancelo. Bola sempat berhasil ditepis Oblak, namun teknologi garis gawang menyatak bola sudah sepenuhnya masuk. 2-0 Juve memimpin.

Situasi ini membuat Juve dan Atletico dalam posisi imbang dengan agregat 2-2.

Atletico melepas tembakan dari luar kotak penalti lewat Angel Correa di menit ke-61. Bola meluncur deras, namun masih sedikit melenceng dari target.

Di menit ke-69, Chiellini dan Alvaro Morata terlibat keributan. Striker Atletico itu tampak kesal dengan Chiellini dan mendorong bek Juve itu sampai terjatuh. Leonardo Bonucci segera memeluk Morata untuk meredakan emosi.

Juventus mendapat peluang emas di menit ke-82. Moise Kean, yang baru masuk menggantikan Mario Mandzukic, langsung berhadapan satu lawan satu dengan Oblak. Tembakan dilepaskan dari jarak dekat, namun masih melenceng dari target.

Si Nyonya Tua mendapat hadiah penalti di menit ke-86 setelah Bernardeschi dilanggar Correa. Ronaldo maju sebagai eksekutor dan berhasil merobek gawang Oblak untuk ketiga kalinya. Juve kini unggul 3-0.

Juve tak menurunkan tempo permainan. Paulo Dybala dkk. tetap berusaha menguasai bola. Hal itu menyulitkan tim tamu untuk melakukan serangan ke gawang Juve.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Juve menang 3-0 dan melaju ke perempatfinal.

Susunan Pemain:

Juventus: Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Spinazzola (Dybala 67); Can, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi, Mandzukic (Kean 80); Ronaldo.

Atletico Madrid: Oblak; Arias (Vitolo 77), Gimenez, Godin, Juanfran; Koke, Rodrigo, Saul, Lemar (Correa 56); Griezmann; Morata.

(ran/cas)

Sabu dan Wanita Misterius Antar Andi Arief ke Bui

Liputan6.com, Jakarta – Politikus Andi Arief diamankan penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu diduga menyalahgunakan narkoba saat berada di sebuah kamar, Hotel Peninsula, Jakarta Barat pada Minggu 3 Maret 2019 kemarin.

Kabar ini awalnya berhembus di media sosial. Foto-foto kamar yang disewa Andi Arief viral pada Senin sore, 4 Maret 2019.

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Idham Azis akhirnya membenarkan bahwa pihaknya mengamankan Andi Arief. Menurut Idham, Andi Arief diamankan karena penyalagunaan narkoba.

“Iya, sudah benar,” kata Idham saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (4/3/2019).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menuturkan kronologi penangkapan terduga politikus Andi Arief. Penangkapan Wasekjen Partai Demokrat itu berlangsung sekitar pukul 18.30 WIB.

“Memang benar, hari Minggu kemarin pukul 18.30 WIB, di salah satu kamar Hotel Peninsula, Jakarta Barat, petugas kami mendapat informasi dari masyarakat adanya pengguna narkoba,” ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Iqbal mengaku mendapat informasi adanya penyalahgunaan narkoba di sebuah kamar di Hotel Peninsula. Mendapat informasi itu, petugas langsung bergerak. Tim melakukan penyelidikan dan menggelar langkah-langkah penggerebekan terhadap terduga Andi Arief.

“Setelah diselidiki, surveillance, mapping, dan lain-lain, petugas berhasil menggerebek, penangkapan dan penyitaan terhadap beberapa barang bukti,” jelas dia.

Saat penggerebekan berlangsung, polisi menemukan orang yang diduga Andi Arief.

“Benar bahwa yang berada di kamar tersebut saudara AA,” ucap Iqbal.

Usai penangkapan, polisi masih memeriksa terduga Andi Arief. Iqbal menegaskan, terduga Andi Arief positif mengandung narkoba jenis sabu.

“Saat ini AA dalam pemeriksaan dan pendalaman berikut saksi-saksi. Sudah dilakukan tes urine dan positif mengandung zat narkoba jenis sabu,” ujar Iqbal.

2 dari 6 halaman

Wanita Misterius

Penangkapan Andi Arief pada Minggu malam masih menyisakan tanda tanya. Sejumlah kabar dan isu yang beredar belum semuanya diluruskan oleh pihak kepolisian.

Misalnya saja soal keberadaan barang bukti narkoba jenis sabu dan seorang wanita yang menemani Andi Arief. Polisi tidak menemukan barang bukti sabu dari tangan Andi Arief.

“Jadi narkoba yang ada di kamar tersebut tidak dapat ditemukan,” kata Iqbal

Polisi, kata Iqbal, hanya mengamankan beberapa alat yang digunakan untuk mengonsumsi sabu.

“Penyitaan terhadap beberapa barang bukti yang diduga benar dari kamar AA, diduga seperangkat alat untuk menggunakan narkotika,” ucap Iqbal.

Tak hanya itu, polisi belum mau mengungkap siapa wanita yang menemani Andi Arief di kamar hotel tersebut. Padahal kabar soal wanita bersama Andi Arief sempat terdengar, disusul tersebarnya foto wanita misterius tersebut.

Iqbal lagi-lagi menegaskan bahwa yang diamankan pada operasi Minggu 3 Maret 2019 malam itu hanya Andi Arief seorang.

“Saat petugas melakukan penggerebakan cuma satu, yaitu AA,” ucap mantan Wakapolda Jawa Timur ini.

3 dari 6 halaman

Andi Arief Dijebak?

Pascapenangkapan Andi Arief, beredar kabar bahwa operasi kepolisian itu adalah jebakan. Namun, dengan tegas Polri membantah tuduhan itu.

“Ini spontan (tidak menjebak),” tegas Kadiv Humas Polri Irjen Mohamad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Iqbal mengatakan, penangkapan yang dilakukan Polri berdasarka laporan dari masyarakat. Setelah mendapat kabar tersebut, Polri langsung meluncur ke lokasi untuk menindak.

“Petugas kami mendapat dari masyarakat ada pengguna narkoba. Setelah dilakukan mapping, survailence, petugas berhasil menggerebek dan melakukan upaya paksa kepolsian berbentuk penangkapan,” jelas Iqbal.

Karenanya, Iqbal meminta kepada publik untuk tidak langsung membenarkan informasi sumir yang beredar di media sosial.

“Jadi foto-foto dan info lain bisa ditambah-tambakan dan belum tentu semuanya benar. Yang benar hanya dari kami,” tegas Iqbal.

4 dari 6 halaman

Status Terperiksa

Hasil tes urine yang dilakukan polisi menunjukkan Andi Arief positif menggunakan narkoba jenis sabu. Namun karena tidak ditemukan barang bukti, status Andi hingga kini masih terperiksa.

Polisi baru menentukan status hukum Andi Arief pada 3×24 jam ke depan. “Masih terperiksa,” kata Iqbal.

Meski proses hukum tengah berjalan, namun rehabilitasi akan diterapkan pada Andi Arief.

“Kemungkinan direhab,” kata Iqbal.

5 dari 6 halaman

Respons Partai Demokrat

Partai Demokrat akhirnya buka suara terkait penangkapan Andi Arief. Kepala Divisi Advokasi dan Hukum DPP Demokrat, Ferdinand Hutahaean usai menggelar rapat bersama pejabat partai mengatakan, keputusan soal Andi Arief baru bisa diambil hari ini karena masih menunggu kedatangan sekjen partai.

“Besok kami akan sampaikan lebih lengkap. Kami akan mendalami langkah-langkah berikutnya. Bahwa sekjen masih di dapil kembali besok ke Jakarta,” kata Ferdinand di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin 4 Maret 2019.

Menurut dia, pihaknya pun akan mendalami terlebih dahulu penangkapan Andi Arief. Demokrat juga akan menemui Andi Arief untuk mendengar penjelasannya.

“Kami sampai sekarang belum bisa koordinasi dengan Andi Arief, maka kami mohon waktu untuk mendalaminya lebih jauh supaya tidak terjadi salah penyapainyan sehingga membuat semua jadi salah paham,” ujar Ferdinand.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: