Prabowo 32,1% di Survei SMRC, BPN: Jangan Lihat Angka tapi Tren

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menganggap hasil survei seperti cermin dan cambuk. BPN pun memilih lebih melihat tren daripada angka dalam survei.

“Pertama tentu hasil survei dua fungsinya ya, cermin dan cambuk. Cermin kita sudah bercermin, cambuk, kita harus bekerja lebih keras. Kalau buat kami, jangan melihat angka, tapi lihat tren,” kata Wakil Ketua TKN Mardani Ali Sera di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

“Kalau dilihat tren Pak Jokowinya turun, 60-an ke 54 (persen), 6 persen, signifikan itu ya. Apalagi SMRC yang selama ini quote and unquote angkanya selalu menguntungkan Pak Jokowi,” imbuhnya.

Mardani melihat ada kemajuan karena antusiasme masyarakat di lapangan saat kampanye Prabowo-Sandi menurutnya luar biasa. Ia lalu menyinggung karakter politik di Indonesia bukan karakter partisan.

“Karakter politik di Indonesia itu bukan karakter politik partisan, di mana dari awal orang sudah menetapkan pilihannya. Di banyak hasil survei, lihat kasus Pilkada DKI, surveinya Mas Agus selalu unggul, Ahok selalu di urutan kedua, Mas Anies selalu terakkir. Sampai H-7 pun posisi Ahok sama Agus agak kejar-kejaran, Anies tertinggal. Tapi hasil surveinya Mas Anies bisa menyodok kedua di 39 dekat 40 (persen), Ahok 42 (persen). Jadi Ahok secara umum diprediksi seperti itu,” jelas Mardani.

“Artinya masyarakat masih punya kesempatan selalu kepada siapapun pada kontestan untuk berjuang hingga akhir. Nanti di akhir itulah yang akan menetapkan pilihannya,” lanjutnya.

Mardani lalu mengklaim tren elektabilitas dalam hasil survei internalnya menggembirakan. Politikus PKS ini menyatakan pihaknya akan terus bekerja keras untuk meraih suara.

“(Tren survei internal) bagus, kami malah gembira ya. Di awal tren kami cuma 20 (persen). Waktu pertama deklarasi 20 (persen), kalah sama Ganti Presiden ya udah hampir 40 (persen). Sekarang kami bersyukur angkanya naik terus. Target kami sebenarnya Februari kemarin udah crossing Pak Jokowi, tapi ternyata kita masih perlu kerja keras ya karena di lapangan kita sudah kuat di perkotaan, kemudian di kelas menengah, dan berpendidikan, tapi kita masih punya catatan di pedesaan. Oleh karena itu di pedasaan ini kami akan kejar terus,” ungkapnya.

SMRC merilis survei terbaru tentang elektabilitas capres-cawapres pada Minggu (10/30). Hasilnya, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 54,9% dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 32,1%.

Survei dilakukan pada 24-31 Januari 2019, melibatkan 1.620 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka.

Margin of error ±2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Quality control hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor kembali mendatangi responden terpilih, dalam quality control ini tidak ditemukan kesalahan.
(azr/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Turunkan Angka Kecelakaan, Kemenhub Bakal Pasang CCTV di Tol

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sebanyak 1.135 kecelakaan terjadi di jalan tol sepanjang 2018.

Kecelakaan ini salah satunya disebabkan oleh kendaraan angkutan barang yang tidak menaati ketentuan penggunaan jalan yang baik dan benar. 

Direktur Prasarana, Risal Wasal mengatakan, kendaraan angkutan barang atau truk bermuatan lebih sering kali melaju di bawah kecepatan yang telah ditentukan saat melintas di jalan tol yaitu sekitar 60 Kilometer (Km) per jam. Hal ini menjadi penghalang bagi pengguna tol yang lain. 

“Karena ada kecepatan rendah itu kita akan pasang stiker. Nanti akan kita naikkan dalam bentuk permen (Peraturan Menteri) agar bisa menyeluruh,” ujar Risal di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019.

Maksud penggunaan stiker ini, kata Risal, untuk memberi sinyal kepada pengguna jalan lain di depan ada kendaraan yang berjalan lambat. Sehingga, pengendara dapat menghindar ataupun mencari jalur lain.

“Salah satu penyebab kecelakaan itu di belakang karena tidak terlihat jarak jauh, makanya kita pasang stiker pemantul biar keliatan dari jauh. Pengendara bisa cari jalur yang lebih aman,” tutur dia.

Stiker yang digunakan oleh angkutan barang akan berstandar internasional dan berlaku di seluruh dunia. Stiker tersebut mampu memantulkan cahaya hingga 200 meter (m) jarak pandang. 

“Ada dua tanda yang terpasang itu standar pabrikannya dan standar internationalnya. Kalau pakai stiker sembarangan, itu kalau tidak kelihatan, juga itu percuma. Kalau yang sesuai standar itu dalam 200 meter minimal itu sudah kelihatan,” ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Seorang ibu langsung bergerak cepat menyelamatkan anaknya yang nyaris terlindas truk. Padahal, saat itu, keduanya tengah mengalami kecelakaan.

Prediksi Chievo Verona vs AC Milan: Kesempatan Emas I Rossoneri Rebut 3 Angka

Liputan6.com, Jakarta – AC Milan melawat ke Stadio Marc’Antonio Bentegodi untuk meladeni juru kunci Chievo Verona pada lanjutan Serie A, Minggu (10/3/2019) dini hari WIB. Laga ini merupakan kesempatan emas I Rossoneri memantapkan posisi di papan atas.

Pada pertemuan pertama musim ini, AC Milan mengalahkan Chievo 3-1 di San Siro lewat dua gol Gonzalo Higuain dan satu gol Giacomo Bonaventura. Sementara itu, satu gol Sergio Pellissier sama-sama sekali tak cukup untuk menghindarkan Chievo dari kekalahan.

Dengan hasil itu, berarti AC Milan memenangi lima pertemuan terakhir dengan Chievo di Serie A. AC Milan juga tak terkalahkan dalam 24 laga terakhirnya melawan Chievo di liga tertinggi Italia. Kali ini, meski di kandang lawan, AC Milan cukup difavoritkan untuk kembali meraih kemenangan.

AC Milan tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya di semua kompetisi. Sementara itu, Chievo baru menang sekali di Serie A musim ini. Chievo, yang sejatinya memiliki pemain-pemain bagus seperti Mariusz Stepinski dan Emanuele Giaccherini, bahkan tak mencetak satu gol pun dalam empat laga terakhir.

Pekan lalu, Chievo tersungkur 0-3 di markas Torino. Di tempat lain, AC Milan harus bersusah payah untuk mengalahkan Sassuolo.

Krzysztof Piatek, yang sempat mencetak gol dalam lima penampilan beruntun untuk AC Milan, absen menjebol gawang lawan dalam dua laga terakhir.

Pelatih Gennaro Gattuso perlu segera menemukan cara untuk mengembalikan ketajaman bomber utamanya itu jika tak mau AC Milan kesulitan. Dengan pemain-pemain kreatif seperti Hakan Calhanoglu dan Suso di sekitarnya, itu semestinya bisa dilakukan.

I Rossoneri sangat membutuhkannya, terutama sebelum derby melawan Inter Milan pekan depan.

Piatek adalah Gabungan dari 6 Mantan Pemain AC Milan

Kematian Akibat Smartphone Sentuh Angka Tertinggi Selama 30 Tahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya menyetir saja yang tidak diperbolehkan menggunakan smartphone, berjalan kaki pun bisa berbahaya jika kita sambil memainkannya.

Permasalahannya, penggunaan smartphone ketika berjalan kaki juga menaikkan angka kematian.

Menurut informasi yang dilansir dari The Wall Street Journal, pada 2018, angka kematian pejalan kaki naik hingga 6.227 kecelakaan.

Angka ini tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Angka tersebut pun statistiknya menjadi yang tercepat jika dibandingkan dengan kecelakaan terkait lalu-lintas lainnya.

Sejak 2009, tahun di mana iOS dan Android diperkenalkan, dalam 8 tahun saja angka kecelakaan pejalan kaki naik hingga 45 persen.

Jadi, angka kematian akibat terlalu lalai dalam berjalan kaki kini sudah tak bisa diabaikan.

Menurut yayasan non-profit Governors Highway Safety Association, beberapa hal yang bisa diubah agar para pejalan kaki dapat lebih awas, seperti memperbaiki pencahayaan di tempat yang rawan kecelakaan, serta memberi sinyal merah tanda bahaya di penyeberangan jalan.

Namun, semua itu harusnya tak perlu dilakukan jika Anda berjalan tanpa melihat smartphone kamu dan lebih melihat lingkungan sekitar. 

2 dari 3 halaman

Ini Efek Buruk Smartphone ke Otak dan Tubuh Anda

Tidak diragukan lagi kalau smartphone merupakan gadget praktis yang mudah dibawa kemana-mana.

Selain mendapatkan fungsi mempermudah pekerjaan, terdapat suatu kebanggaan pula bila bisa memiliki smartphone jenis terbaru.

Gadget ini benar-benar telah mengubah gaya hidup manusia. Karenanya, kita sangat menikmati kebebasan dalam menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun.

3 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diwaspadai

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, kesehatan juga berpengaruh terhadapnya. Melansir dari Lifehack, Jumat (11/3/2016) berikut adalah fakta yang perlu Anda waspadai mengenai smartphone Anda.

Mempengaruhi kesehatan psikologis Anda:

1. Interaksi sosial Anda

Penggunaan smartphone dapat dengan efektif membunuh mood dan kenyamanan hati Anda, terutama jika Anda berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian Anda daripada lingkungan sekitar Anda.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain dan bisa membuat Anda jadi pribadi yang tertutup.

2. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup Anda. Pada porsi yang sama, alat tersebut menurunkan daya ingat Anda.

Hal ini dikarenakan para pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kurangi Angka Kecelakaan di DKI, Polda Metro Jaya Gandeng Pembalap

Liputan6.com, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Millenial Road Safety Festival di Lapangan Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya bersama pembalap Rifat Sungkar. Acara ini untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan tertib berlalu lintas.

“Melalui program ini kami kami ingin memperkenalkan kepada kaum millenial bagaimana teknis berkendara,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Menurut dia, selama 2018, sebagian besar korban kecelakaan masih berusia produktif antara 15 hingga 35 tahun.

“Tahun lalu, korban milenial paling dominan dalam kecelakaan lalu lintas. Ini harus kami kurangin. Intinya bagaimana kaum millenial dapat tertib berlalu lintas, salah satunya dengan program ini,” ujar dia.

Sementara itu Rifat Sungkar yang didaulat sebagai duta keselamatan mengapresiasi program ini. Terlebih selama ini balap liar kerap terjadi karena tidak adanya fasilitas maupun wadah untuk kaum muda menyalurkan hobinya.

“Balapan liar banyak terjadi karena tidak adanya lokasi atau failitas untuk mengelola kegiatan tersebut. Untuk itu, kami membuka pintu lebar supaya kaum muda, tertarik dan mau belajar mengenai balapan secara lebih baik,” kata Rifat.

2 dari 3 halaman

Coba Lintasan

Dalam acara ini, satu persatu peserta mencoba track yang telah disiapkan. Meski diguyur hujan, tidak menyurutkan minat para drifter tanah air mempertunjukkan kemampuan mereka.

Mereka lihai menghindari rintangan-rintangan yang sudah disediakan hingga membuat penonton berdecak kagum.


Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kapolda Maluku: Angka Kecelakaan yang Libatkan Milenial Mengkhawatirkan

Jakarta – Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa mengatakan angka kecelakaan yang melibatkan milenial mengkhawatirkan. Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri ini menuturkan, 53,7% kasus kecelakaan disebabkan kaum muda yang melanggar aturan lalu lintas.

“Hindari kecelakaan lalu lintas yang 53,7 persen itu oleh kaum muda. Jadi itu sangat memperihatinkan,” kata Royke dalam acara Millenial Road Safety Festival di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, sebagaimana dikutip detikcom dari siaran pers Divisi Humas Polri, Sabtu (2/3/2019).

Royke menyayangkan perilaku pengendara milenial yang kerap memicu terjadinya kecelakaan. Padahal menurut Royke, anak muda adalah tulang punggung negara.

“Para milenial ini mau lebih sadar lagi bahwa mereka adalah tulang punggung negara,” ujar Royke.
Royke mengajak seluruh pengendara, khususnya kaum milenial, untuk menyadari pentingnya keselamatan diri sendiri dan orang lain.

“Saya tak ingin lagi melihat tunas muda Indonesia nyawanya terus melayang karena kecelakaan di jalanan. Mari kita hindari pelanggaran agar keselamatan benar-benar bisa terwujud,” imbuh dia.

Royke mengungkapkan harapannya agar acara Millenial Road Safety Festival dapat menyadarkan kaum muda akan pentingnya tertib berlalu lintas.
(aud/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menko Darmin Minta PLN Segera Terapkan B20 di Seluruh Pembangkit

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berencana memanggil PT Freeport Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan TNI terkait penggunaan Biodiesel 20 persen (B20). Hal ini untuk mendorong penggunaan B20 tercapai 100 persen.

“Untuk menaikkan ke 100 persen, ya 1 persen itu tidak mudah tapi barangkali kami akan fokus untuk membicarakan satu penggunaan B20 di PLN, di TNI/Polri dan di Freeport. Karena dari dulu yang minta dispensasi beberapa di antaranya adalah mereka,” ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk PLN memang sebagian sudah menggunakan B20. Namun masih ada beberapa pembangkit yang belum memakai B20. Ke depan, Kementerian ESDM akan melakukan komunikasi dengan PLN mencari solusi penggunaan B20.

“Kalau PLN tidak semuanya beberapa pembangkitnya. Tapi kami akan bicarakan itu ke depan ini secara keseluruhan kami akan persilakan ESDM saja yang ngurusinya. Karena kerja ribetnya sudah selesai,” jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, hingga kini realisasi penyaluran dan penggunaan B20 sudah mencapai 99 persen. Capaian tersebut menandakan kebijakan B20 berjalan dengan baik.

“Tapi ukuran dari kinerjanya 99 persen itu adalah realisasi dibandingkan dengan seharusnya berapa. Ya, 99 sudahlah itu saja indikatornya, lebih sederhana urusannya. Jadi itu berarti kami sudah boleh mengatakan, B20 sudah berjalan dengan baik,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Dalam 2 Bulan, Penyaluran B20 Capai 700 Ribu KL

Sebelumnya, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan penyaluran Biodiesel 20 persen (B20) pada Januari hingga Februari 2019 mencapai sekitar 700 ribu Kiloliter (Kl).

“700 ribu Kiloliter Januari hingga Februari,” ujar Paulus usai rapat koordinasi B20 di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Secara keseluruh angka penyaluran B20 ke seluruh wilayah Indonesia pada Januari-Februari telah mencapai 99 persen. Namun, masih ada daerah yang belum terjangkau seperti di Kalimantan. 


“Hanya daerah perbatasan yang memang susah dicapai, Kalimantan ada beberapa yang Pertamina beli dari Malaysia, dari kita sulit tapi kecil sekali. Persentasenya kurang lebih 99 persen ,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) FX Sutijastoto mengatakan, pihaknya telah melapor kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution terkait penyaluran B20.

“Ya pokoknya B20 sukses. Intinya 99 persen dari target B20 penyalurannya. Makanya Pak Menko apresiasi,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Raih 800 Ribu Penonton di Hari Pertama Tayang, Dilan 1991 Pecahkan Rekor Baru

Liputan6.com, Jakarta Dilan 1991 akhirnya tayang serentak pada 28 Februari 2019. Sesuai espektasi, film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini mampu merebut hati banyak pecinta film Tanah Air.

Setelah di hari perdana penayangan, Dilan 1991 telah mendapat 800 ribu penonton. Angka ini merupakan akumulasi dari jumlah penonton saat premier di Bandung sebesar 80 ribu, dan jumlah penonton di hari pertama tayang, 720 ribu.

Kabar menggembirakan ini disampaikan langsung oleh sutradara Dilan 1991, Fajar Bustomi. Ia mengucap terima kasih atas apresiasi yang begitu besar terhadap film yang dibintangi Iqbaal Ramadan dan Vanesha Prescilla tersebut.

“Alhamdulillah terima kasih ya Allah. Terima kasi kepada semua yang terlibat, semua yang mendukung, semua teman-teman wartawan, sponsor, para pemilik karyawan bioskop. Dan semua yang menonton film Dilan,” tulisnya di Instagram, Jumat (1/3/2019).

2 dari 2 halaman

Judul Ketiga

Pencapaian ini membuat Dilan 1991 menjadi film yang meraih rekor box office sepanjang masa. Film sebelumnya, Dilan 1990 juga mendapat jumlah penonton tinggi.

Dilan 1990 turun layar dengan angka penonton mencapai 6,3 juta leboh. Hal ini menjadikan film produksi Max Pictures ini sebagai film terlaris sepanjang masa kedua setelah Warkop DKI Reborn yang mendapat 6,8 juta penonton.

Kisah antara Dilan dan Milea tak berhenti sampai Dilan 1991 saja. Cerita khas anak SMA ini masih berlanjut di film ketiga yang berjudul Milea.

Sering Pusing Mendadak? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa pusing secara tiba-tiba. Penyebabnya tidak hanya karena satu hal tapi mungkin ada beberapa hal lain.

Berikut beberapa pemicu pusing mendadak yang mungkin tidak diduga. Selengkapnya seperti dilansir Huffington Post (1/3/2019).

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah Anda belum bergerak secara lancar di area kepala.

“Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik’, di mana ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika Anda berdiri,” ungkap kata dokter kebidanan dan kandungan asal California, Amerika Serikat, Sherry Ross.

2. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab umum vertigo menurut ahli saraf dokter Ilan Danan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau yang disingkat BPPV. “BPPV disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus,” imbuhnya.

Menurut dokter Katharine Miao, pasien vertigo merasakan pusing makin hebat bila saat dirinya bergerak. Dalam beberapa hari kondisi ini bisa sembuh tapi bisa juga diberikan pengobatan.

2 dari 3 halaman

Migrain

Constantine Palaskas, seorang otolaringologi (dokter khusus pengobatan penyakit telinga, tenggorokan, kepala, dan leher) di Swedish Neuroscience Institute, Seattle, Amerika mengatakan bahwa migrain yang tidak lazim mungkin penyebab pusing tiba-tiba.

“Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, sejumlah besar penderita migrain mungkin menemukan dirinya berjuang melawan vertigo karena migrain,” ucapnya.

4. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Memiliki gula darah rendah juga dapat mengakibatkan Anda menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakan makanan yang seimbang dengan protein dan karbohidrat.

5. Tekanan darah rendah

Richard Wright, seorang ahli jantung di Santa Monica, Amerika mengatakan bahwa tekanan darah diukur dengan ‘sistolik’ (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan ‘diastolik’ (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80).

Wright menambahkan bahwa alasan paling umum seseorang menjadi pusing atau pingsan adalah karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak.

“Ini biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80,” katanya.

3 dari 3 halaman

6. Umur

“Ketidakseimbangan benar-benar umum pada orang tua karena penurunan penglihatan, [serta] telinga dan otak,” kata dokter THT, Anil K. Lalwani di New York, Amerika.

7. Kurang minum

Harvard Health menyatakan bahwa ketika tubuh Anda tidak mendapatkan air yang cukup akan membuat volume darah akan turun dan dapat menurunkan tekanan darah serta menghalangi otak untuk mendapatkan darah yang cukup.

8. Kekurangan zat besi

Palaskas kembali mengungkapkan bahwa tingkat kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Jika hal ini terjadi, Anda dihimbau untuk mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan tes darah guna mengukur tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Selain itu, dihimbau juga untuk mengonsumsi makanan seperti kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung zat besi.

Penulis: Dara Elisabeth

Cara Ngeprint Bolak Balik Word, Excel dan PDF Secara Otomatis

Liputan6.com, Jakarta Pasti kamu pernah mencetak tugas sekolah, makalah, atau skripsi yang sudah pasti kebanyakan hanya mencetak satu sisi di setiap kertasnya. Sedangkan sisi lainnya tetap kosong. Tentu saja itu hanya akan membuat boros kertas. Apalagi jika kamu ngeprint di tempat fotocopy pasti semakin banyak halaman akan semakin mahal.

Cara ngeprint bolak balik sangat membantu menghemat kertas dan biaya ketika harus mencetak ratusan lembar untuk keperluan tertentu. Dengan cara ngeprint bolak balik kamu bisa menghemat setengah cetakan, semisal harusnya 100 lembar menjadi hanya 50 lembar.

Untuk bisa melakukan print bolak balik tentunya lebih mudah menggunakan printer yang sudah support duplex sehingga bisa berjalan otomatis. Berikut cara ngeprint bolak-balik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 5 halaman

1. Print Bolak Balik Secara Otomatis

Jika printer yang digunakan sudah mendukung percetakan duplex, maka kamu dapat langsung mencetak dokumen secara bolak balik. Beberapa jenis printer biasanya menyediakan pengaturan otomatis yang akan mencetak dokumen duplex tanpa mengaturnya secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silahkan beri tanda centang pada menu “Double-sided Printing” yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer kamu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan setiap kali akan mencetak dokumen yang panjang. Akan tetapi jika pengaturan otomatis tidak tersedia, maka kamu harus mengaturnya secara manual.

3 dari 5 halaman

2. Print Bolak Balik Secara Manual

Kamu harus mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali hendak mencetak dokumen jika menggunakan cara manual. Ketika mencetak duplex secara manual, Microsoft Word akan mencetak setiap halaman di sisi pertama lembar kertas, kemudian kamu harus membalik kertas agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas. Berikut langkah-langkahnya:

– Cara ngeprint bolak balik masuk ke menu Print pada Microsoft Word.

– Pada menu Print On Both Side, pilih Yes Flip Over. Scroll ke bawah dan pilih “Manual Duplex”, kemudian simpan pengaturan.

– Kembali ke dokumen di Word. Print dokumen dan Word akan meminta kamu untuk memasukkan halaman untuk dicetak di sisi kertas selanjutnya.

Selain cara di atas, kamu juga dapat mencetak dokumen bolak-balik dengan cara manual yang lain. Cara ngeprint bolak balik di bawah ini sangat cocok untuk kamu yang menulis dokumen dengan tambahan halaman di bawah atau di atasnya seperti skripsi, jurnal, makalah, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka dokumen di Word, Klik “Print”.

– Pilih opsi “Print Odd Numbered Pages”, Klik “OK” untuk mencetak halaman ini.

– Masukkan kertas ke dalam printer. Perlu kamu ketahui, bahwa memcetak duplex secara manual ini mengharuskan kamu untuk membalik kertas untuk halaman selanjutnya. Coba terlebih dahulu di beberapa sampel kertas untuk memastikan umpan printer sebelum kamu mencetak halaman ganjil.

– Kembali ke dokumen di Word. Pilih “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman selanjutnya di sisi lain kertas

Cara ngeprint bolak balik ini mudah, meskipun bagi pemula cara ini cukup rumit. Namun, sebagian pengusaha percetakan atau warung internet menggunakan metode ini untuk mencetak dokumen pelanggan dengan cepat.

4 dari 5 halaman

3. Cara Ngeprint Bolak Balik Excel

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Di Setting nya pilih Print on Both Sides

– Kemudian pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides

– Dan yang terakahir pilih Flip sheets on long edge

– Keluar menu setting printer lalu cetak dokumen dengan menekan tombol Print.

Pada Printer Yang Tidak Support Duplex Printing

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Cara ngeprint bolak balik masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Cetak halaman pertama dengan mengisikan angka 1 pada Pages box lalu klik tombol Print

– Jika sudah selesai mencetak silahkan balik halaman tadi lalu masukkan ke printer

– Pada pages Pages box isikan angka 2 lalu klik tombol Print

– Untuk halaman ketiga dan seterusnya ulangi langkah diatas sampai semua halaman tercetak

5 dari 5 halaman

4. Cara Ngeprint Bolak Balik PDF

– Klik Tab File pada Adobe Reader lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Pada Printer Dialog silahkan pilih Print On Both Sides Of Paper

– Print On Both Sides Of Paper

– Cara ngeprint bolak balik selanjutnya klik Print untuk melakukan pencetakan

Memang untuk semua software memiliki cara print yang hampir sama jadi bisa diterapkan dengan mudah. Lebih mudah apabila memiliki printer duplex karena bisa dengan mudah melakukan printing bolak balik. Kebanyakan printer masa kini juga sudah menyertakan duplex printing yang memudahkan setiap pekerjaan.