Donnarumma: AC Milan Ingin Finis di Zona Liga Champions

Genoa – Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, menegaskan timnya bertekad mengamankan posisi empat besar klasemen akhir Serie A, sekaligus satu tiket berlaga di Liga Champions musim depan.

Performa I Rossoneri masih belum konsisten pada musim ini. Mereka sempat berada di papan tengah, sebelum akhirnya kembali menempati peringkat keempat klasemen Serie A.

AC Milan berhasil menembus posisi empat besar berkat dua kemenangan beruntun. Setelah sukses mengalahkan SPAL dengan skor 2-1, Milan juga mampu mendulang tiga poin ketika bersua Genoa.

Bermain di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Senin (21/1/2019), Il Diavolo Rosso menang 2-0 atas Genoa. Sepasang gol AC Milan disarangkan Fabio Borini pada menit ke-72 dan Suso menit ke-83.

Mendulang enam angka dari dua laga membuat skuat Merah-Hitam telah mengoleksi 34 poin dari 20 laga. Mereka tertinggal enam poin dari Inter Milan yang berada di atasnya, atau peringkat ketiga klasemen Serie A.

“Kekalahan di Supercoppa Italia (dari Juventus) menyakitkan, tetapi tujuan kami adalah posisi keempat dan kami berada di sana. Sekarang mari fokus pada pertandingan berikutnya, yang ini sudah kami amankan,” kata Donnarumma.

“Bukan awal yang baik, tetapi kami menderita bersama-sama dan itu adalah hal yang paling penting. Kami berjuang keras dan kualitas kami akhirnya muncul untuk memenangkan pertandingan yang sangat sulit,” paparnya.

Selanjutnya, AC Milan akan menghadapi Napoli pada pertandingan pekan ke-21 Serie A, di San Siro pada 26 Januari 2019.

Sumber: Football Italia

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Isi Rumah Mewah Harry Styles yang Dibanting Harga, Ada 5 Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta – Bintang One Direction, Harry Styles, kembali mendaftarkan ulang rumahnya di Hollywood Hills, Los Angeles. Ia menurunkan harga rumahnya senilai setengah juta dolar AS dari harga aslinya.

Rumah mewah ini dilengkapi dengan kolam renang, bioskop, gym pribadi, dan lima kamar mandi. Harry pertama kali mendaftarkan rumahnya di Los Angeles untuk dijual pada 2017 sebesar 8,45 juta dolar tetapi sejak itu memangkas harganya.

Dilansi dari bigtop40.com, Senin, 21 Januari 2019, pada awal 2018, ia membuat daftar itu turun menjadi 7,995 juta dolar dan sekarang dia menurunkannya lebih jauh menjadi 7,495 juta dolar atau sekitar Rp 109,5 miliar.

Tempat tinggal itu ditemukan di bawah jalan buntu yang sempit di atas Sunset Strip yang terkenal, tersembunyi di balik pagar bambu. Rumah besar Harry Styles di Amerika berlantai dua ini memiliki empat kamar tidur, lima kamar mandi dan kolam renang luar ruangan serta spa yang mewah.

Rumah yang sepertinya sempurna untuk reuni One Direction, memiliki ruang makan besar, ruang tamu, dan dapur.

Tampaknya Harry membuat beberapa perubahan selama kepemilikannya, termasuk menambahkan jendela dari lantai ke langit-langit yang dramatis. Angka sebesar Rp 109,5 miliar dinilai sepadan untuk hunian mewah ini, mengingat lokasi rumahnya yang terletak di kawasan elite di Los Angeles.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Benda Merayap Bergerak Terekam X-ray, Ternyata Anak Buaya

Liputan6.com, Jambi – BKIPM dan Avsec cargo Bandara Sultan Thaha Jambi menggagalkan pengiriman empat ekor anak buaya (Crocodylus porosus) dan satu ekor anak biawak (Varanus salvator) yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi menggunakan paket tujuan Makassar Sulsel dan Malang Jawa Timur.

Kepala Humas BKIPM Jambi Sukarni di Jambi, mengatakan dua jenis reptilia yang dilindungi tersebut berhasil digagalkan pengirimannya pada waktu yang berbeda. Satu ekor anak biawak akan dikirim ke Malang, Jawa Timur dan berhasil digagalkan pada 10 Januari lalu. Sedangkan, empat ekor anak buaya muara digagalkan pengirimannya pada Rabu 16 Januari lalu dengan tujuan ke Makassar.

Seperti dilansir Antara, Senin (21/1/2019), kedua jenis anak reptilia yang dilindungi tersebut saat ini diamankan BKIPM Jambi. Dalam waktu dekat akan diserahkan kepada BKSDA Jambi untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Pengungkapan kedua jenis anak reptilia tersebut berkat kerjasama antara petugas BKIPM Jambi dengan pihak Avsec cargo Bandara Sultan Thaha Jambi dan untuk empat ekor buaya yang tidak dilengkapi dokumen kesehatan ikan.

Sukarni mengatakan, upaya pengiriman anak buaya ini dikemas dalam sebuah kotak kardus dan dikirimkan menggunakan jasa pengriman ekspedisi, dengan keterangan pada resi kemasan tersebut adalah kain batik untuk identitas pengirim nama, alamat, dan nomor kontak tidak jelas. Paket kemasan tersebut akan dikirimkan dengan tujuan Sulawesi Selatan (Makassar) melalui kargo Bandara Sultan Thaha Jambi.

Terhadap barang kemasan tersebut saat ini telah dilakukan penahanan dengan dilengkapi Berita Acara Penahanan di BKIPM Jambi. Rencananya anakan buaya tersebut akan dikirim melalui cargo sekitar pukul 16.30 WIB dengan menggunakan pesawat, barang-barang kiriman tersebut terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan melalui X-ray oleh petugas Aviation Security (Avsec) cargo Bandara Sultan Thaha Jambi.

2 dari 2 halaman

Nasib Reptilia Selundupan

Pada saat pemeriksaan seluruh barang kiriman ekpedisi tersebut, ada satu buah kemasan yang isi barangnya terlihat menyerupai reptil dan bergerak yang tertera pada layar monitor X-ray, kemudian atas dasar kecurigaan tersebut petugas Avsec dan petugas karantina ikan yang sedang melaksanakan piket di kargo Bandara Sultan Thaha Jambi bersama-sama melihat isi barang kemasan tersebut melalui layar monitor X-ray.

Setelah dibuka isinya adalah empat ekor anak buaya muara (Crocodylus porosus) dengan berat rata-rata 146 gram, dan panjang 45 cm.

Sementara itu, untuk anak buaya yang akan dikirim ke Malang juga modusnya sama dan alamat yang dituju tidak jelas dan perbuatan itu telah melanggar UU Nomor 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan pasal 31 ayat (1) jo Pasal 6 huruf (a) dan (c) jo Pasal (1) angka (10).

Sebagai tindakan lebih lanjut pihak BKIPM Jambi, saat ini proses penangan kasus tersebut masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan yang dilaksanakan oleh PPNS Stasiun BKIPM Jambi. Sementara, kata Sukarni, terhadap barang bukti tersebut nantinya akan diserahterimakan kepada pihak BKSDA Jambi yang selanjutnya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya.


Simak video pilihan berikut ini:

Harga HP Lenovo A1000 Terbaru dan Spesifikasinya Andalannya

Liputan6.com, Jakarta Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group merupakan produsen PC terbesar di China. Perusahaan ini didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi. Perubahan nama menjadi Lenovo terjadi pada 2004 dan di tahun yang sama Lenovo mulai dikenal di mata internasional.

Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Selain menjual PC, Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam.

Selain hadir dengan produk PC-nya, beberapa waktu belakangan ini Lenovo juga semakin eksis dengan telpon genggamnya. Tidak mau kalah dengan produsen hp terkenal seperti Samsung atau Oppo dan Xiaomi. Lenovo juga kerap mengeluarkan produk hp dan selalu up to date. Bersaing dengan vendor lainnya, Lenovo menggunakan strategi menghadirkan smartphone murah namun dengan spesifikasi yang tangguh.

Hal itu diwujudkan dalam Lenovo A1000. Smartphone ini dirilis pada September 2015 lalu. Dengan harga hp Lenovo A1000 yang cukup terjangkau, spesifikasinya bakal memanjakan penggunanya. Nah, berikut ini Liputan6.com akan mengulas spesifikasi dan harga hp Lenovo A1000 seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/1/2019).

2 dari 5 halaman

Desain dan layar

Lenovo A1000 ini merupakan hp yang dibekali layar 4 inci dengan tingkat densitas piksel sebesar 233ppi dan tampilan resolusi sebesar 480 x 800 pixels. Permukaan layar Lenovo A1000 ini telah mendukung multitouch hingga 5 sensor sentuhan. Meskipun layarnya tidak terlalu besar, namun layar hp Lenovo ini akan memanjakan Anda dengan ketajaman 16 juta warna. Sayangnya, layar tersebut belum dilengkapi dengan anti gores.

Kualitas layarnya memang masih terbilang rendah namun hal ini sesuai dengan harga hp Lenovo A1000 yang cukup murah.

Untuk sektor desain, Lenovo A1000 ini masih menggunakan bahan plastik sebagai body covernya. Dimensi ponsel ini 124.5 x 64 mm dengan ketebalan 10.6 mm dan juga memiliki bobot yang cukup ringan yakni hanya 132 gram saja sehingga nyaman digenggam.

Hp Lenovo A1000 ini memiliki bentuk khusus yang tegas dan melengkung pada bagian pinggirnya.

Konektivitas

Hp Lenovo A1000 kerap menerapkan sistem dual SIM, jadi Anda sudah bisa menggunakan dua kartu SIM sekaligus dalam satu hp dengan jaringan 3G. Meskipun belum didukung dengan konektivitas 4G, namun jaringan 3G HSPA dalam HP Lenovo A1000 ini cukup membuat Anda betah untuk berselancar di dunia maya. Kecepatan untuk mengunduh mencapai 21.1 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 5.76 Mbps.

Dengan semua kecanggihan di dalamnya, hp Lenovo A1000 disematkan baterai berkapasitas 2000 mAh yang bisa Anda gunakan seharian dalam kondisi 3G. Sedangkan untuk waktu bicara, hp Lenovo A1000 dapat bertahan hingga 16 jam 30 menit.

3 dari 5 halaman

Prosesor dan Kamera yang Cukup Istimewa

Dapur pacu

Pada sektor dapur pacu, Lenovo A1000 dibekali chipset Spreadtrum SC7731 yang disandingkan dalam processor Quad-core dalam top speed 1.3 GHz. Performa yang dihasilkan dalam Lenovo A1000 ini lumayan responsif apalagi dikombinasikan dengan RAM 1 GB. Dengan RAM sebesar itu, Anda dapat melakukan beberapa proses dalam satu waktu tanpa mengalami lag atau lemot. Sedangkan pada bagian grafisnya, Lenovo menyempurnakan A1000 dengan GPU berkualitas tinggi. GPU tersebut berjenis Mali-400MP2 yang akan menghasilkan gambar 3D berkualitas. Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem operasi Android Lollipop 5.0.

Kamera

Pada bagian belakang Lenovo A1000 tertanam kamera utama 5 MP yang memiliki resolusi 2592 х 1944 pixels. Menariknya kamera utama Lenovo A1000 ini telah ditunjang dengan LED Flash. Sayangnya, sesuai dengan harga hp Lenovo A1000 yang tak menguras kantong kamera pada ponsel ini tak dilengkapi dengan fitur autofocus.

Tentu saja Anda juga dapat merekam video dengan kualitas 720 p dalam kecepatan 30 fps.

Sementara kamera depan yang dimiliki Lenovo A1000 ini hanya mengandalkan sensor kecil 0,3 MP atau VGA, sehingga foto yang dihasilkan

4 dari 5 halaman

Harga hp Lenovo A1000

Setelah membahas spesifikasi hp Lenovo A1000 dan tampilan desainnya, belum lengkap rasanya kalau tidak membahas soal harga hp Lenovo A1000 ini. Harga termurah hp Lenovo A1000 berkisar di angka Rp 500 ribuan di sejumlah e-commerce Indonesia.

Untuk pilihan lainnya, hp Lenovo A1000 juga dijual di Malaysia dengan harga Rp 751.467, di Filipina dengan harga Rp 813.759, Singapura Rp 1.661.213, Thailand dengan harga Rp 558.362, dan di Vietnam dalam dibeli dengan harga Rp 727.117.

Untuk mendapatkan harga hp Lenovo A1000 yang murah ini, Anda dapat membelinya di e-commerce andalan Anda. Detail harga ini telah diperbaharui pada Januari 2019.

5 dari 5 halaman

Review hp Lenovo A1000

Beberapa orang telah menggunakan dan menikmati hp Lenovo A1000 ini. Adapun beberapa review dari para pengguna ini, yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum lanjut untuk membelinya. Berikut ini beberapa Review Hp Lenovo A1000:

1. Hp Murah Namun Canggih

Dengan harga yang murah, Anda sudah dapat menikmati kecanggihan smartphone ini. Walaupun jaringan selulernya masih 3G, tetapi tidak mempengaruhi kecepatan untuk mengakses internet, karena didukung CPU Quad-core Cortex-A7 dan RAM 1GB. Untuk multitasking juga terasa lancar, tanpa hambatan. Hasil jepretan dengan kamera belakang juga cukup baik, dan untuk video call dengan kamera depan cukup jelas.

2. Hp Kecil dengan Kekuatan Besar

Hp Lenovo A1000 ini juga bagus untuk digunakan bermain game, walaupun hanya memiliki jaringan 3G dan layar 4 inci. Namun Anda akan tetap merasa puas karena hp Lenovo A1000 ini dilengkapi dengan prosesor Spreadtrum SC7731Quad-core Cortex-A7 yang memiliki kecepatan 1.3GHZ. Dengan storage 8GB juga cukup untuk digunakan bermain game dan lain-lain.

Memiliki OS Android V5.0 atau Lolipop, hp ini sudah mendukung banyak aplikasi-aplikasi terbaru. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menginstal aplikasi-aplikasi terbaru. Karena Android Lolipop sudah mendukung hampir semua aplikasi.

Speaker dari hp ini juga lumayan keras dan tidak pecah. Jadi untuk mendengarkan musik, Anda akan nyaman. Karena ukurannya yang kecil, hp Lenovo A1000 ini mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan banyak tempat.


Reporter: Nisa Mutia sari

Harga Samsung J Series untuk Kamu Pengguna Setia Samsung

Liputan6.com, Jakarta Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang sudah tidak diragukan lagi keberadaanya. Brand asal Korea Selatan ini merupakan salah satu leader untuk smartphone android di dunia. Persaingan penjualan yang semakin ketat membuat Samsung terus berinovasi dan memperluas jangkauan konsumennya.

Tidak hanya berfokus pada pasar kelas atas, Samsung juga terus merambah ke kelas menengah hingga menengah kebawah. Salah satu produk smartphone yang ditargetkan bagi masyarakat menengah adalah Seri Samsung Galaxy J atau yang biasa disebut Samsung J Series.

Produk ini merupakan jajaran smartphone kelas menengah yang memberikan spesifikasi cukup canggih namun dipasarkan dengan harga murah. Huruf J dari Samsung J Series sendiri adalah singkatan dari Joy.

Melalui pengenalan Samsung Galaxy J, yang dipresentasikan pada Desember 2013, semua model dalam seri ini memiliki fitur-fitur penting dari sebuah smartphone, dan masing-masing memiliki ukuran dan desain yang berbeda sesuai selera konsumen.

Samsung J Series sendiri memiliki berbagai macam seri. Harga Samsung J Series dibanderol mulai dari kisaran 1 juta hingga 3 juta rupiah. Sesuai dengan tujuannya, harga Samsung J Series disesuaikan dengan pasar menengah keatas. Berikut harga Samsung J Series yang berhasil liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/1/2019).

2 dari 4 halaman

Harga Samsung J Series Rp 1 Jutaan

Pada Agustus 2018 lalu, Samsung merilis Samsung Galaxy J2 Core dengan harga yang sangat terjangkau bagi pasar menengah. Menurut laman resmi Samsung, Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 1.299.000. Galaxy J2 Core menjadi ponsel Android Go pertama yang dipasarkan Samsung. Dengan menggunakan Android Go, aplikasi-aplikasi yang ada menjadi versi go juga, seperti YouTube Go, Maps Go dan lainnya. Fitur ini dipercaya membuat kinerja memori lebih ringan serta lebih hemat penggunaan data. Kehadiran fitur ini menjawab tren konsumen yang gemar menonton video, ngevlog, dan penggunaan maps yang makin masif.

Galaxy J2 Core memiliki kapasitas RAM 1 GB dengan storage 8 GB plus microSD up tol 256 GB serta chip Exynos 7570 dan GPU Mali-T720. Ponsel ini dibekali baterai berkekuatan 2.600 mAh. Jika spesifikasi tersebut digabungkan dengan aplikasi-aplikasi Go, pengguna bakal dapat menggunakan smartphone ini lebih lama, dari pagi hingga malam.

Samsung J Serie lainnya yang dibanderol dengan harga 1 jutaan adalah Galaxy J4+. Ponsel ini saat ini dibanderol daengan harga Rp 1.899.000 untuk versi 32gb dan Rp 1.799.000 untuk versi 16gb. Galaxy J4+ dibekali layar 6 inci dengan HD+ Infinity Display yang bisa membantu Anda melakukan multi tasking, seperti bermain game, membalas pesan sambil browsing. Anda juga dapat menjalankan App Pair, sehingga Anda bisa mengatur jadwal sambil melihat peta secara bersamaan.

Dilansir dari laman resmi Samsung, Galaxy J4+ ini dilengkapi dengan kamera belakang 13MP (F1.9) dan kamera depan 5MP. Kehadiran kamera ini membuat Galaxy J4+ mampu menangkap gambar lebih maksimal. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan floating button, sehingga memudahkan mengambil gambar.

Harga Samsung J Series yang berada di angka 1 jutaan lainnya adalah Samsung J2 Pro, Samsung J2 Prime, dan Samsung J1.

3 dari 4 halaman

Harga Samsung J Series Rp 2 Jutaan

Harga Samsung J Series yang berada pada angka 2 jutaan salah satunya adalah Galaxy J6+ 32gb dengan harga Rp 2.599.000. Galaxy J6+ dilengkapi layar 6.0 inci dengan HD+ Infinity Display yang menggunakan rasio 18:5:9.

Galaxy J6+ dibekali dengan dual kamera yang mampu menghasilkan foto seperti profesional dengan efek bokeh, sehingga gambar menjadi lebih fokus. Ada pula fitur Live focus yang akan membuat hasil foto Anda dengan mudah diatur untuk fokus, baik sebelum atau sesudah pengambilan gambar. Seri ini didukung dengan prosesor Quad-Core dan jaringan 4G.

Selain J6+ ada pula Samsung J7 Core. Samsung J7 Core adalah smartphone layar besar yakni 5,5 inci dengan resolusi HD, dan tidak mengusung unibody sehingga punya keunggulan baterainya bisa dilepas pasang. Samsung J7 Core ini dibekali dengan kamera 13 MP. Sementara untuk dapur pacunya menggunakan prosesor Exynos 7870 Octa, RAM 3GB, storage 16GB, serta baterai 3.00mAh. Harga smartphone ini dipatok Rp 2.499.000.

4 dari 4 halaman

Harga Samsung J Series Rp 3 Jutaan

Ingin memiliki Samsung dengan kinerja yang lebih baik, cepat dan harga terjangkau? Kamu bisa pilih Samsung Galaxy J7 Duo. Smartphone ini adalah lini Samsung J7 terbaru, yang rilis pada Mei 2018 lalu. Salah satu keunggulannya adalah dual kamera yang punya kemampuan performa low-light dengan bukaan f/1.9.

Samsung J7 Duo ini hadir dengan prosesor Exynos seri 7 dengan kecepatan 1.6Ghz Octa Core, RAM 3GB dan ruang penyimpanan 32GB yang bisa diperluas dengan kartu microSD. Smartphone ini juga dibekali baterai 3.000mAh. Harga HP Samsung J7 Duo ini berkisar Rp 3.600.000.

Seri lainnya ada Samsung J7 Pro yang merupakan smartphone menengah dari Samsung yang rilis pada Oktober 2017 lalu, bersamaan dengan Samsung J5. Samsung J7 Pro memiliki layar Super AMOLED berukuran 5,5 inci. Kamera depannya mengusung resolusi yang sama besar dengan kamera utama, yakni 13MP dengan LED flash. Tak lupa soal dapur pacu mumpuni yakni prosesor Exynos 7870, RAM 3GB, memori internal 64GB, ditambah baterai berkapasitas 3.600mAh. Harga dari Samsung J7 Pro ini sendiri adalah Rp 3.999.000.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

BI Diprediksi Hanya Naikkan Bunga Acuan 1 Kali di 2019

Liputan6.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan kembali menaikan suku bunga acuan pada tahun ini. Namun kenaikan pada tahun ini tidak akan sebanyak pada tahun lalu. Sepanjang 2018, BI telah menaikan suku bunga acuan sebanyak enam kali.

Deputy Head of Equity Research Mandiri Sekuritas Tjandra Lienandjaja mengatakan, BI kemungkinan hanya akan menaikan suku bunga acuan sekali saja pada tahun ini. Itu lantaran ekonomi RI yang menurutnya cukup stabil di 2019.

“Jadi kita memang expect satu kali lagi kenaikan BI rate tahun ini, tapi setidaknya sudah mulai stabil dan orang udah bisa masuki sektor tertentu dalam hal ini di tahun 2019,” imbuhnya di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Tak hanya itu, ia menjelaskan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga diperkirakan masih akan berada dalam rentang yang terjaga, yakni di level Rp 14 ribu per dolar AS.

“Sekitar Rp 14.00 untuk rupiah. Exact-nya kami masih menghitung karena minggu depan kami akan rilis report mengenai outlook 2019 di publikasi kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, investor asing masih tetap akan optimistis dengan situasi pasar di Indonesia. Sektor pariwisata daj manufaktor dinilai bakal menopang pertumbuhan ekonomi RI di tahun ini.

“Investor asing masih tetap masuk ya, seperti sekarang ini masih banyak yang masuk. Untuk akhir tahun pun mereka akan masuk ke sektor-sektor tertentu. Jadi nanti akan kita review per kuartal,” pungkasnya.

2 dari 3 halaman

BI Tahan Bunga Acuan di Level 6 Persen

Untuk diketahui, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung pada 16-17 Januari 2019 memutuskan untuk menahan Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan pada angka 6 persen. BI juga menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 5,25 persen dan Lending Facility 6,75 persen.

“Rapat Dewan Gubernur BI pada 16-17 Januari 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day repo” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, di Kantor BI, Jakarta, Kamis (17/1/2019). 


Perry menjelaskan keputusan tersebut sejalan dengan upaya menurunkan defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) ke dalam batas yang aman. “Dan mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik,” ujarnya.

Bank Indonesia juga terus menempuh strategi operasi moneter untuk menjaga kecukupan likuiditas, baik di pasar rupiah maupun pasar valas (valuta asing) sehingga dapat mendukung terjaganya stabilitas moneter dan stabilitas sistem keuangan.

“Ke depan, BI akan terus mengoptimalkan bauran kebijakan dan memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk menjaga stabilitas ekonomi dan memperkuat pertahanan eksternal termasuk untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan sehingga turun menuju ke kisaran 2,5 persen terhadap PDB pada tahun 2019,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

PT Timah Kembangkan Teknologi Penambangan Laut Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta – PT Timah (Persero) sedang merancang purnarupa (prototipe‎) penambangan timah di laut dengan konsep ramah lingkungan. langkah ini telah menjadi komitmen perusahaan dengan pemerintah.

Direktur Utama Timah Riza ‎Pahlevi mengatakan, perusahaan sudah menjalankan penambangan timah di darat dengan metode ramah lingkungan. Sedangkan untuk tambang ramah lingkungan di laut, saat ini tengah tahap merancang prototipe.

“Sekarang yang di darat udah berjalan, sedangkan untuk yang di laut tengah dalam tahap pembuatan prototipe,” ‎kata Riza, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/1/2019).

Rancangan purnarupa penambangan timah ramah lingkungan di laut akan selesai pada tahun ini berbarengan dengan penetapan zonasi penambangan timah di laut.

“Tahun ini mudah-mudahan sudah selesai. ‎ Iya (berbarengan dengan zonasi),” tuturnya.

Ia menegaskan, teknologi yang digunakan untuk penambangan timah di lautan harus ramah lingkungan untuk menjaga masa depan lingkungan hidup. “Ya. dan itu sifatnya enviromental friendly,” tandasnya.

2 dari 2 halaman

Laba PT Timah Capai Rp 255,54 Miliar Kurtal III 2018

Laba PT Timah Tbk (TINS) tercatat sebesar Rp 255,545 miliar atau Rp 34 per saham hingga September 2018. Angka tersebut turun sekitar 15 persen dari Rp 300,573 miliar atau Rp 41 per saham pada periode yang sama tahun lalu.

Penurunan laba TINS disebabkan antara lain oleh peningkatan beban pokok pendapatan, beban umum serta administrasi dan beban keuangan. 


Mengutip laporan keuangan per September 2018 yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (29/11/2018), pendapatan usaha TINS meningkat 2,75 persen dari Rp 6,621 triliun per September 2017 menjadi Rp 6,803 triliun per September 2018.

Meski demikian, pertumbuhan pendapatan perseroan tidak sebanding dengan kenaikan beban perusahaan. Beban pokok pendapatan TINS naik 4,6 persen, dari Rp 5,469 triliun menjadi Rp 5,720 triliun. Hal inilah yang menyebabkan laba kotor TINS turun 6,08 persen menjadi Rp 1,082 triliun, dari Rp1,152 triliun per September 2017.

8 Fakta VietJet Air, Maskapai ‘Bikini’ yang Siap Buka Rute ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar kata VietJet Air, pasti akan terlintas maskapai penerbangan asal Vietnam dengan para pramugarinya yang berbikini. Nah, ternyata maskapai satu ini akan membuka rute penerbangan ke Indonesia lho.

Bukan tanpa alasan VietJet Air buka rute ke Indonesia. Indonesia dan Vietnam ternyata berencana memperkuat hubungan di bidang pariwisata. Rencana tersebut digaungkan saat kedatangan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam ke Jakarta, Nguyen Phu Trong, Selasa 22 Agustus 2017 lalu.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah menambah rute penerbangan langsung Jakarta-Ho Chi Minh. Keterangan tersebut disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi. Penambahan frekuensi penerbangan dilakukan pada rute Ho Chi Minh-Jakarta dan sebaliknya akan dilakukan oleh maskapai Vietnam, VietJet Air. Apa saja fakta dari VietJet Air? Berikut fakta VietJet Air yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019)

2 dari 4 halaman

Fakta VietJet Air

1. Maskapai VietJet Air menghadirkan pramugari berbikini pertama di dunia.

Sejak tahun 2011 sebagai salah satu strategi marketing, VietJet Air meluncurkan program pramugari berbikini pertama di dunia. VietJet Air secara resmi menghadirkan pramugari berbikini di rute tertentu penerbangan resmi dunia.

2. VietJet Air yang dikenal maskapai ‘bikini’, baru mendapat izin beroperasi di Indonesia.

Managing Director VietJet Air, Do Xuan Quang mengatakan, penerbangan akan dimulai dengan rute Ho Chi Minh-Denpasar, Bali dengan durasi 3,5 jam. Selanjutnya dilanjutkan dengan rute Ho Chi Minh-Jakarta yang dimulai pada akhir 2019. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Do Xuan Quang pada event ASEAN Tourism Forum (ATF) 2019.

Menurut Do Xuan Quang dalam rilis tertulis, bulan Maret 2019 VietJet Air akan terbang ke Denpasar, Bali. Di enam bulan pertama, maskapai ini akan terbang 4 kali seminggu. Selanjutnya akan 7 kali seminggu. Di akhir tahun 2019, VietJet Air akan buka rute Ho Chin Minh-Jakarta. Penjualan tiket secara umum akan dimulai pada Maret 2019.

3. VietJet Air maskapai LCC.

Maskapai berbasis rendah atau Low Cost Carrier (LCC) ini sudah membuka rute di 35 kota di Tiongkok yang berangkat dari Vietnam.

Sang pemilik juga berencana ingin menjadikan VietJet Air sebagai ‘flying emirates’ dari Asia. VietJet sendiri telah menawarkan opsi rute ke 47 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah domestik maupun luar negeri.

4. VietJet Air jadi maskapai satu-satunya dimiliki secara individu.

VietJet merupakan satu-satunya maskapai dari negara Vietnam yang dimiliki secara individu dan akan segera melantai di bursa saham. Jika penawaran saham perdana, atau lebih dikenal sebagai IPO, itu terjadi, maka hal tersebut akan menjadikan Nguyen Thi Phuong Thao, sang pemilik, sebagai miliarder wanita pertama di Vietnam.

3 dari 4 halaman

Fakta VietJet Air

5. Strategi jitu merebut pangsa pasar.

Saat ini VietJet bersaing ketat dengan Vietnam Airlines, sebuah perusahaan penerbangan nasional Vietnam. Berkat daya tarik para pramugari berbikini ini, VietJet berhasil meraup lebih dari 30 persen pangsa pasar di industri penerbangan dan angka tersebut terus bertambah hingga sekarang.

6. Seragam pramugari sesuai rute penerbangan.

Melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pihak VietJet Air memastikan untuk seragam pramugari akan disesuaikan dengan rute penerbangan.

“Terkait dengan banyaknya sorotan media mengenai pakaian bikini VietJet, kami ingin menegaskan kembali bahwa seragam VietJet sejalan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi,”

Khususnya bagi pasar Muslim seperti Indonesia dan Malaysia,” tulis Nguyen dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/8/2017).

7. Dalam 5 tahun, VietJet salip pencapaian maskapai terbesar Vietnam.

Nguyen Thi Phuong Thao (45) sang pemilik mampu membawa VietJet menjadi maskapai besar melebihi perusahaan penerbangan milik pemerintah Vietnam, Vietnam Airlines, hanya dalam waktu kurang dari lima tahun. Belum lama ini, VietJet tercatat melakukan aksi korporasi mencengangkan. Mereka memesan 100 pesawat Boeing 737 MAX 200 senilai USD 11,3 miliar atau setara dengan Rp 153 triliun.

8. Pramugari berbikini pada saat promosi rute baru.

Bos VietJet, Nguyen Thi Phuong Thao, tidak takut dengan sorotan publik dan kontroversi. Di mana, pada 2012, VietJet membuat heboh media dengan menampilkan pelayanan penerbangan dengan pramugari berbikini.

Direktur pengembangan VietJet, Vu Pham Nguyen Tung, mengatakan pramugari berbikini bagian dari promosi bagian kehumasan. Strategi bikini nyatanya cukup ampuh. Caranya berhasil menaikan pamor VietJet. Meski saat ini, layanan tersebut telah ditiadakan, namun, masyarakat tetap mengingat maskapainya.

“Jika suatu ‘keindahan’ dapat membantu pelanggan kami senang maka kami akan selalu mencobanya,” jelas Thao.

4 dari 4 halaman

Buka Penerbangan ke Jakarta, Pramugari Vietjet Air Tak Pakai Bikini

Maskapai VietJet Air yang identik dengan pramugari berbikini ini memang sempat menjadi kontroversi. Dan kini maskapai ‘bikini’ membuka rute penerbangan ke Indonesia.

Terkait kontroversi tersebut, Ibnu Hadi Duta Besar Indonesia untuk Vietnam turut buka suara. Ia menegaskan, penggunaan bikini memang pernah dilakukan maskapai Vietjet Air. Namun, hal tersebut tidak dilakukan di semua penerbangan. Cuma terjadi di satu acara khusus saja.

“Itu bikini itu saya mau jelasin bikini hanya satu event saja. Itu launching perdana ke Nha Trang, itu daerah resort makanya pakai bikini. Dia udah ditegur sama pemerintahnya,” tuturnya.

Untuk pembukaan rute ke Jakarta, Ibnu menegaskan, maskapai tersebut akan mengikuti norma yang berlaku di Indonesia. Dan, tidak akan mengenakan bikini.

“Vietjet itu adalah budget airlines dia akan buka jalur (di Indonesia) enggak pakai bikini. (Pembukaan) lagi dibicarakan. Mudah-mudah sebelum tutup tahun ini (terwujud),” ucapnya.

Pramugari berbikini ini tidak ada di semua penerbangan, mereka hanya sebagai bonus pada rute tertentu. Sejak tahun 2012 pesawat VietJet Air mengejutkan dunia aviasi karena awak kabinnya yang berpenampilan seksi berbikini.

Maskapai Vietnam itu memanjakan penumpang dengan pertunjukan awak kabin berbikini di sepanjang koridor pesawat. Tidak semua penerbangan mendapatkan layanan itu. Menurut pusat penerbangan CAPA, berkat adanya pertunjukan tersebut, kini VietJet menjadi salah satu penerbangan domestik terbesar di Vietnam.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

DJI Pecat 29 Karyawan yang Terlibat Korupsi Rp 2,1 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Pembesut drone terbesar di dunia, DJI, mengungkap kasus penggelapan dan penipuan di kalangan karyawan di kantor mereka di Tiongkok.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah dana yang dikorupsi mencapai angka 1 miliar RMB atau US$ 148 juta (setara Rp 2,1 triliun).

Mengutip laman Financial Times, Senin (21/1/2019), gara-gara korupsi ini, perusahaan Tiongkok tersebut memecat 29 karyawan dan merujuk 16 pekerja lainnya untuk menghadapi proses hukum.

Proses penyelidikan pun masih berlangsung dan diperkirakan bakal menarik lebih banyak karyawan lainnya.

Korupsi ini berhasil dideteksi oleh tim audit DJI dalam investigasi internal yang dilakukan.

Pada hasil investigasi, ditemukan sejumlah karyawan “menggelembungkan biaya suku cadang dan material untuk produk tertentu demi keuntungan finansial pribadi.”

Praktik korupsi ini tersebar di seluruh divisi produksi, penjualan, pemasaran, dan operasi R&D di Tiongkok.

Merebaknya kasus ini menunjukkan ada kegagalan kontrol yang meluas di DJI. Pasalnya, DJI merupakan salah satu perusahaan elektronik paling sukses di Tiongkok dan mendominasi industri drone konsumer.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kontrol Internal

Perusahaan ini didirikan pada 2006 dan telah menggapai pertumbuhan tinggi, bahkan jumlah karyawannya mencapai angka 14 ribu orang.

Menurut DJI, pihaknya telah “mengambil langkah untuk meningkatkan kontrol internal dan mengembangkan saluran baru bagi karyawan untuk menyerahkan laporan anonim yang berkaitan dengan pelanggaran kebijakan etik dan perilaku di tempat kerja.”

Kabar tentang korupsi ini menyebar setelah pihak DJI mengirim email internal kepada karaywannya di Tiongkok dan melakukan penyelidikan atas hal ini.

3 dari 3 halaman

Pernyataan DJI

“Kami mengharapkan karyawan memegang standar etika tertinggi dan menanggapi pelanggaran kode etik di perusahaan dengan serius,” kata DJI dalam pernyataannya.

DJI juga menyebut, setelah mengungkap masalah ini, pihaknya memecat aktor-aktor jahat yang terkait dan menghubungi petugas penegak hukum.

“Kami terus menyelidiki situasi dan bekerja sama sepenuhnya dengan investigasi penegak hukum,” tutur DJI dalam pernyataan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Klasemen Liga Italia: Napoli Terus Kuntit Juventus

Liputan6.com, Naples – Napoli terus menguntit Juventus, yang memuncaki klasemen sementara Liga Italia setelah mengalahkan Lazio 2-1 dalam pekan ke-20 di San Paolo, Senin (21/1/2019) dini hari WIB.

Saat ini, Napoli berada di peringkat kedua klasemen dengan mengoleksi 47 poin dari 20 laga. Juventus masih di posisi teratas dengan 53 poin dari 19 pertandingan.

I Bianconeri baru memainkan laga pekan ke-20 pada dini hari nanti WIB. Juventus ditantang juru kunci Liga Italia, Chievo Verona di Allianz Stadium.

Jika menang, Juventus akan semakin kokoh di puncak klasemen Liga Italia. Pesaing terdekat Juventus lainnya, Inter Milan, harus puas berbagi angka dengan Sassuolo.

Sekarang, I Nerazzurri tetap berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 40 poin dari 20 pertandingan. AS Roma menempati urutan keempat setelah meraih 33 poin dari 20 laga.

2 dari 3 halaman

Ujian Berat

Ujian berat bagi Chievo, karena mereka harus mengalahkan Juventus untuk lepas dari status juru kunci. Frosinone dan Bologna tepat berada di atas Chievo di klasemen Liga Italia.

Lazio dan AC Milan masing-masing menduduki posisi kelima dan keenam. Sampdoria, Parma, dan Fiorentina berurutan menempati peringkat kedelapan, kesembilan, dan ke-10.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia


FcTables.com