Selain Mafia Skor, Polisi Dalami Dugaan Penyimpangan Dana di PSSI

Jakarta – Satgas Antimafia Bola mendalami dugaan penyimpangan aliran dana di tubuh PSSI, selain menangani masalah pengaturan skor atau match fixing. Karenanya, satgas kembali memanggil beberapa pejabat PSSI untuk dimintai keterangan.

“Ada dua poin penting yang akan digali lagi oleh satgas. Yang pertama menyangkut regulasi, mekanisme pengaturan jadwal pertandingan dan penunjukan wasit pertandingan. Yang kedua menyangkut masalah dugaan penyimpangan anggaran dalam penyelenggaraan liga,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Dedi menuturkan dugaan penyimpangan dana yang dimaksud adalah penggunaan dana dalam penyelenggaraan liga. Dedi mengatakan dugaan penyimpangan dana dan tindak curang match fixing saling berkaitan.

“Anggaran menyangkut masalah penyelenggaraan liga, ada kaitan match fixing terkait masalah liga-liga baik di liga 3 dan liga 2. Yang sudah terindikasi liga 2, liga 1 masih didalami,” jelas Dedi.

Dedi menerangkan pertandingan antara kesebelasan Madura FC melawan PSS Sleman menjadi pintu masuk satgas menelisik lebih jauh terkait kecurangan-kecurangan di Liga 2.

“Itu dulu pintu masuknya karena disitu kita sudah temukan deal-deal menyangkut masalah uang yang mengatur pertandingan tersebut,” tutur Dedi.

Sepekan ini, satgas memanggil Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono untuk diperiksa terkait kasus pengaturan skor. Pemeriksaan dijadwalkan pada Jumat (18/1/2019).

Selain memeriksa Joko, polisi telah memeriksa Sekjen PSSI Ratu Tisha, Rabu (16/1) kemarin. Selain soal perannya di PSSI, Tisha ditanya soal agenda kongres PSSI 2018, terutama terkait pelaksanaan kongres organisasi sepakbola itu.
(aud/idh) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menyimak Visi-Misi Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandiaga dan Faktanya Kini

Jakarta – Malam ini Jokowi-KH Ma’ruf Amin akan berhadapan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di panggung debat Pilpres 2019. Salah satu temanya adalah hak asasi manusia (HAM), yang juga sudah tercantum dalam dokumen visi-misi kedua pihak.

“Termasuk masalah HAM juga ada,” kata Jokowi saat ditemui setelah menghadiri peluncuran wirausaha ASN di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Jokowi siap menjawab isu HAM. Tak hanya Jokowi, Prabowo juga telah melakukan simulasi debat dan siap menjawab seputar isu HAM.

“Mulai data materi-materi, itu yang disiapkan. Materi-materinya hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sekarang dipersiapkan. Kita mempersiapkan diri dua hari ini bagaimana Pak Prabowo menawarkan soal pemberantasan korupsi,” kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, kepada wartawan, Rabu (16/1).

Prabowo-Sandiaga telah mengubah visi-misi mereka dan sempat diberikan ke KPU. Namun, menurut KPU, dokumen visi-misi melekat dengan pendaftaran calon presiden-wakil presiden, sehingga yang dipublikasikan KPU hanya dokumen yang awal.

Berikut ini kutipan visi-misi Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga soal HAM seperti dalam dokumen yang diunggah KPU:

Jokowi-Ma’ruf

Sesuai dengan Konstitusi Negara kita, Negara wajib untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi Hak Asasi Manusia.

1. Meningkatkan budaya dan kebijakan yang berperspektif HAM (berwawasan HAM), termasuk memuat materi HAM dalam kurikulum pendidikan.

Kondisinya kini: Menurut laporan tahun 2017 yang dipublikasikan tahun 2018, Komnas HAM sudah pernah melakukan focus group discussion (FGD) di Padang pada 8 Desember 2017 tentang ‘Penyusunan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan HAM Berbasis Budaya Lokal untuk tingkat SMA’.

2. Melanjutkan penyelesaian yang berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Kondisinya kini: Berdasarkan laporan Komnas HAM tahun 2017, berkas kasus pelanggaran HAM berat/masa lalu sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. Namun Komnas HAM menemui kesulitan mengumpulkan bukti sehingga tak jarang berkasnya dikembalikan oleh Kejaksaan Agung. Komnas HAM menegaskan, belum ada tindak lanjut dari hasil penyelidikan mereka terkait kasus pelanggaran HAM berat/masa lalu.

3. Memberikan jaminan perlindungan dan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan serta melakukan langkah-langkah hukum yang tegas terhadap pelaku kekerasan yang mengatasnamakan agama.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM pernah menerima laporan dari jemaah Ahmadiyah bahwa Masjid Al-Hidayah yang mereka bangun disegel Pemerintah Depok meski telah mengantongi IMB.

4. Melindungi dan memajukan hak-hak masyarakat adat, mulai dari legal aspek, pemberdayaan ekonomi, perlindungan hukum, hingga pemanfaatan sumber daya alam yang lestari.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM menerima 161 berkas laporan pelanggaran HAM terhadap masyarakat adat.

5. Memberikan perlindungan bagi kaum difabel, termasuk memperluas akses lingkungan sosial dan pendidikan yang inklusif serta penyediaan fasilitas yang ramah pada difabel di fasilitas umum dan transportasi umum.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM menerima 8 berkas laporan dugaan pelanggaran HAM terhadap individu dari penyandang disabilitas. Selain itu, Komnas HAM menyoroti ketersediaan TPS atau bilik suara yang kurang ramah difabel saat Pilkada 2017.

6. Melindungi hak-hak masyarakat di bidang pertanahan.

Kondisinya kini: Penelitian yang dilakukan Komnas HAM pada 2017 yang berjudul ‘Peran Negara dalam Memenuhi Hak atas Tanah demi Kepastian Hukum bagi Transmigran dalam Konteks Reforma Agraria (Studi Kasus Transmigrasi Pangmilang Kota Singkawang)’ mengungkap bahwa selama 15 tahun para transmigran Panglimang tak kunjung mendapat kepastian hukum atas kepemilikan tanah. Mereka berpotensi kehilangan kepemilikan tanah.

7. Meningkatkan perlindungan terhadap perempuan, anak-anak, dan kelompok rentan lainnya dari tindak kekerasan.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM menerima 79 berkas aduan pelanggaran HAM dengan korbannya adalah perempuan dan 54 berkas yang korbannya anak-anak. Ada pula 5 aduan terkait fungsi reproduksi dan 9 aduan menuntut kesetaraan hak dengan suami.

8. Memperluas cakupan kampung/desa layak anak untuk memastikan pendidikan anak usia dini dimulai dari lingkungan yang ramah.

9. Meningkatkan kinerja dan kerja sama efektif dan produktif berbagai institusi dalam rangka perlindungan dan penegakan HAM.

Prabowo-Sandiaga

I. Pilar Ekonomi

Program Aksi

21. Menyediakan transportasi publik murah bagi buruh pekerja dan rakyat tidak mampu, memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua sebagai transportasi umum, serta menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online dan taksi online yang bermitra dengan perusahaan aplikasi, termasuk hak atas perjanjian kerja bersama yang adil dan berkekuatan hukum.

Kondisinya kini: Menurut laporan Komnas HAM tahun 2017, masih ada masyarakat yang terbebani biaya transportasi, yakni di Yahukimo, Papua.

II. Pilar Kesejahteraan Rakyat

2. Memberikan jaminan pemenuhan hak dasar masyarakat bagi fakir miskin, anak terlantar, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok
rentan lainnya.

Kondisinya kini: Ada 2 berkas aduan dugaan pelanggaran HAM terhadap fakir miskin dan 8 berkas ke penyandang disabilitas yang diadukan ke Komnas HAM pada 2017.

6. Memperbaiki program kependudukan termasuk hak dan kesehatan reproduksi demi peningkatan kualitas dan produktivitas penduduk untuk memanfaatkan bonus demografi.

Kondisinya kini: Ada 5 aduan ke Komnas HAM terkait fungsi reproduksi.

Program Aksi

21. Meningkatkan anggaran Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) baik di tingkat Nasional dan Daerah untuk mengatasi permasalahan terkait hak dan kesehatan reproduksi serta Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Kondisinya kini: Pemerintah saat ini sudah menaikkan anggaran Dana Alokasi Khusus terkait program KB menjadi Rp 2,3 triliun dibanding tahun sebelumnya, yakni Rp 1,1 triliun.

III. Pilar Budaya dan Lingkungan Hidup

8. Memperjuangkan hak-hak para pekerja seni, seniman dan artis di Indonesia.

Program Aksi

7. Memperkuat perlindungan hukum dan hak cipta atas karya-karya seni budaya yang dihasilkan oleh para seniman nasional.

12. Menegakkan pelaksanaan Undang-undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Hak Terkait, agar para artis, seniman, pekerja seni, lebih dihargai secara optimal setiap karyanya, demi kesejahteraan para pelaku Industri kreatif di Indonesia; termasuk mendukung terlaksananya UU Pemajuan Kebudayaan Tahun 2017.

Kondisinya kini: Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kemenkum HAM telah menangani 60 kasus pelanggaran hak cipta. Penindakan dilakukan bersama dengan kepolisian.

IV. Pilar Politik, Hukum dan Hankam

Program Aksi

4. Menjamin hak konstitusional warga negara dalam penyelenggaraan Pemilu/Pilkada.

Kondisinya kini: Komnas HAM memantau Pilkada 2017 dan masih ditemukan adanya pelanggaran terkait hak warga. Ada pula mobilisasi ASN. Selain itu Komnas HAM juga menemukan adanya diskriminasi ras dan etnis dalam pelaksanaan Pilkada di DKI Jakarta.

Saksikan juga video ‘Debat Pilpres Diharapkan Kupas Kasus HAM Masa Lalu’:

[Gambas:Video 20detik]


Menyimak Visi Misi Jokowi-Ma'ruf vs Prabowo-Sandiaga dan Faktanya Kini


(bag/tor) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kala Menpora Imam Kena Tipu Gocekan Bola di Tasikmalaya

Liputan6.com, Tasikmalaya – Ada pemandangan menarik saat kunjungan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, ke Lapangan Sepakbola Lodaya Sakti yang berlisensi FIFA, di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dipandu dua mantan pemain nasional Atep Rizal dan Tantan yang tengah memberikan coaching clinic, puluhan anak-anak pelajar sekaligus peserta sekolah sepakbola (SSB) terlihat  menikmati  teknik passing, shooting dan kontrol bola yang diberikan dua pemain Persib tersebut.

Di tengah keseriusan itu, Menteri Imam sepertinya terpanggil untuk gabung ikut dalam salah satu game, ia kemudian mengajak Atep bagaimana menunjukkan operan yang baik, sekaligus cara menendang yang benar di antara peserta didik.

“Horeee…,” teriakan salah satu peserta pelatihan meneriaki Menteri Imam, setelah berhasil melintasi kedua kakinya, sekaligus mengelabui sang Menteri dengan riang. “Kamu memang bagus,” ujar Imam, sambil memeluk salah satu anak yang telah berhasil mengelabuinya itu.

Menurut Imam, perbaikan sejumlah fasilitas lapangan sepakbola di tiap desa sangat dinantikan masyarakat. Untuk mendukung itu, bahkan pemerintah tidak ragu menggelontorkan dana desa yang cukup besar, agar kehadiran infrastruktur yang memadai benar-benar dinikmati seluruh masyarakat.

“Silahkan para Kepala Desa mencontoh desa Cisayong,” kata dia.

Lapangan Bola Lodaya Sakti desa Cisayong ini memang tengah menjadi buah bibir saat ini, menggunakan jenis rumput lapangan Zoysia Matrella dari Eropa, yang biasa digunakan stadion di benua biru, Lapangan bola Cisayong memang pengecualian dibanding seluruh lapangan bola milik desa di Indonesia.

Dengan jenis rumput itu, lapangan sepakbola lebih optimal digunakan seluruh pemain. Selain empuk, karena memiliki ketebalan dan kerapatan rumput yang seimbang, juga memiliki elastisitas dalam menahan beban.

Kemudian rumput itu memiliki pemulihan diri lebih cepat dalam pertumbuhan sehingga ketebalan tetap terjaga, yang memungkinkan terjadinya resiko cedera pemain bisa dihindari sejak dini.

“Ini bukan standar Tasik lagi tetapi standar internasional,” ujar dia yang disambut gelak tawa dan tepuk tangan penonton yang hadir.


2 dari 2 halaman

Berharap Penambahan Fasilitas Lapangan

Sejak pertama kali dibuka tahun lalu, animo masyarakat untuk menggunakan lapangan sepakbola berstandar FIFA itu memang tidak terelakan lagi, meskipun tribun penonton belum terbangun akibat minimnya anggaran. Namun keinginan mereka menikmati main sepakbola di lapangan tersebut tinggi.

Untuk itu, Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin selaku penggagas dan pengelola lapangan baru tersebut, meminta adanya tambahan bantuan anggaran untuk mempercantik kondisi Lapangan Cisayong.  “Sekarang ada space lima meter di sebelah utara dan selatan lapangan, nanti bisa dibangun tribun untuk kapasitas 1000 orang lah,” ujarnya.

Imam yang sejak awal memasuki lapangan, langsung menjajal kualitas rumput. Di sela-sela itu, Ia pun memberikan isyarat adanya bantuan untuk memenuhi permintaan Yudi, meskipun tidak seluruhnya.

“Kita lihat dulu yang lima meter itu seperti apa, tetapi yang paling mungkin, apa dulu yg perlu kita bantu lebih awal, kamar ganti, tribun, atau apa,” papar dia.

Dengan semakin baiknya fasilitas lapangan, Imam berharap dalam waktu dekat Lapangan Cisayong bisa menjadi salah satu alternatif kejuaraan nasional dan internasional.

“Dengan saya hadir, nambah semangat saya untuk terus bantu masyarakat di sini,” ungkap dia bangga.

Coaching Clinic  Pemain Persib

Selain didatangi Menpora Imam Nahrowi, keceriaan lain yang dirasakan ratusan anak –anak yang hadir di tengah lapangan Cisayong, adalah transfer ilmu yang diberikan dua pemain Persib Bandung Atep Rizal dan Tantan.

Bahkan untuk menguji kemampuan dua mantan pemain timnas itu, panitia penyambutan kunjungan Menpora sengaja membuat laga antara Menteri Iman yang dibantu Atep, Tantan dan satu pemain timnas U15 asal Ciamis, melawan tiga tim SSB sekaligus dibawah usia 10 tahun.

Menurut Atep, latihan teknik permainan sepakbola mesti dilakukan dengan penuh suka cita tanpa tekanan siapapun. Ia mencontohkan Leonel Messi, Cristiano Ronaldo, dua masetro pesepakbola terbaik dunia saat ini, nampak menikmati seluruh pertandingan yang mereka jalani. “Tetapi tetap saja dari semua itu, anak-anak harus bekerja keras agar bisa meraih mimpi,” ujar dia.

Ia pun tak pelit berbagi ilmu, beberapa teknik dasar bermain sepakbola mulai shooting, operan pendek hingga game kecil, ia perlihatkan di depan puluhan siswa didik. “Latihan itu jangan terbebani, ketika teman-teman punya mimpi besar tapi tidak bekerja keras, maka akan sulit meraihnya,” papar dia.

Dengan pola latihan penuh kerja keras, serta memahami dan menguasai teknik permainan sepakbola yang benar, Atep berharap suatu saat ini, dari desa Cisayong akan lahir pemain sepakbola dunia.

“Saya doakan satu di antara peserta yang banyak ini nanti akan menjadi pemain nasional,” ujar dia yang diamini seluruh peserta siswa SSB yang hadir.

Jurus Pemerintah Tekan Impor Migas

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan terus berupaya untuk menekan impor terutama impor di sektor minyak dan gas (migas).

Meskipun demikian, dia mengakui impor migas Indonesia masih cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari impor minyak PT Pertamina yang tumbuh 13,5 persen.

“Jadi kita lihat beberapa langkah yang sudah kita lakukan memberikan dampak. Namun kelihatan bahwa impor kita masih cukup besar di beberapa kategori tadi, yang minyak, karena dalam catatan kita seperti Pertamina masih impornya growth-nya 13,5 persen,” kata dia, saat ditemui, di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Dia mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menekan impor migas yakni dengan terus mendorong implementasi B20.

“Kalau kita lihat instrumen yang kita lakukan untuk memperbaiki defisit neraca pembayaran, current account defisit (CAD) dan neraca perdagangan itu adalah dengan beberapa langkah yang sudah dilakukan. B20 karena dari sisi migas kita mencoba mengurangi dari sisi defisitnya,” ujar dia.

Pemerintah juga tentu akan mendorong Pertamina untuk terus mengimplementasikan kebijakan B20. Dengan demikian diharapkan impor migas dapat terus ditekan.

“Jadi impor minyak kita mungkin perlu melihat dari Pertamina implementasi dari B20. Sehingga dia bisa menekan dari sisi kebutuhan impor minyak itu. Dan sudah menggunakan biodiesel,” kata dia.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Di Atas Target, Penerimaan Migas 2018 Capai Rp 228 Triliun

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat penerimaan negara dari sektor minyak dan gas bumi (migas) hingga akhir Desember 2018 mencapai Rp 228 triliun. Angka ini setara dengan 182 persen dari target yang ditetapkan pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

“Penerimaan migas Rp 228 triliun atau 182 persen dari target APBN 2018,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, dalam konferensi pers, di Kantornya, Jakarta, Jumat 11 Januari 2019.

Djoko merincikan, dari total penerimaan tersebut sebanyak 72 persen atau Rp 163,4 triliun diperoleh dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara 28 persen sisanya atau Rp 64,7 triliun, merupakan pemasukan dari PPh Migas.

“Penerimaan migas lebih besar dari target APBN 2018. untuk PNPB Rp 163,4 triliun PPh Rp 64,7 triliun,” imbuhnya.

Dengan pencapaian ini pihaknya optimistis kinerja sektor migas ke depan akan lebih baik. Dengan begitu, penerimaan di sektor migas dapat meningkat dari tahun 2018.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ada Impor dan Ekspor Jagung, Gerindra: Bukti Tak Ada Koordinasi

Jakarta – Partai Gerindra menyebut kebijakan impor dan ekspor jagung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan tanpa koordinasi yang baik antarkementerian. Pasalnya, Kementerian Pertanian mengimpor 100 ribu ton jagung pada 2018 dan 30.000 ton pada awal tahun ini, namun juga melakukan ekspor sebesar 380 ribu ton.

“Artinya, impor yang dilakukan selama ini tidak melalui rekomendasi maupun koordinasi dengan menteri teknis terkait,” kata Waketum Gerindra Gerindra Edhy Prabowo di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Kritik itu disampaikan Edhy saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk ‘Petani, Nelayan & Ekonomi Rakyat’. Selain persoalan impor jagung, Edhy juga menyinggung tentang alokasi anggaran Kementerian Pertanian tahun 2019.
Edhy menilai jika melihat postur anggaran Kementerian Pertanian tahun 2019, pemerintahan Jokowi tidak serius memperkuat ketahanan pangan. Sebab, anggaran tahun 2019 Kementerian Pertanian kembali menyusut menjadi Rp 21 triliun.

“Dalam mewujudkan kedaulatan pangan, negara harus hadir dan memiliki komitmen. Selain itu, Negara juga butuh strategi baru dan terobosan baru,” ujar Ketua Komisi IV DPR RI itu.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengakui pihaknya telah melakukan impor jagung sebesar 100 ribu ton pada 2018 lalu, dan 30.000 ton awal tahun ini. Amran mengaku optimistis terjadi surplus.

“Memang ada impor sekitar 130 ribu ton, tapi pemerintah juga ekspor sekitar 380 ribu ton,” kata dia saat melakukan kunjungan kerja, ke lahan pertanian jagung di Desa Randu Merak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
(zak/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo Sebut Cadangan BBM 20 Hari, Ini Respons Kementerian ESDM

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian ESDM angkat bicara mengenai sindiran calon presiden nomor urut 2 Prabowo, terkait cadangan bahan bakar nasional yang hanya 20 hari.

Lalu apakah besaran cadangan tersebut cukup ‎memenuhi kebutuhan nasional?

Direktur ‎Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) , Djoko Siswanto mengatakan, pasokan Bahan bakar masih cukup meski hanya memiliki cadangan 20 hari. Hal ini terbukti saat libur panjang sehingga konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat.

“Natal, Tahun Baru kemarin 20 hari? aman enggak? Aman? Yah sudah,” kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Djoko mengungkapkan, cadangan BBM Indonesia saat ini masih lebih sedikit dibanding negara lain. Hal ini disebabkan anggaran yang terbatas untuk meningkatkan cadangan dengan membangun tangki penyimpanan.

“Karena kita itu perlu infrastruktur, perlu anggaran. Nah sudah begitu saja,”‎ tuturnya.

Djoko menuturkan, saat ini pemerintah berupaya meningkatkan ketahanan energi nasional. Dengan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) melalui program pencampuran 20 persen biodiesel dengan solar (B20), mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG), membangun dan meremajakan kilang, serta mendorong penggunaan kendaraan listrik.

“Sekarang kita punya program kendaraan menggunakan yang lebih ramah. Itu kita mau studi dulu. Nanti kalau kita bangun kilang besar-besar,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

PLTU Masih Jadi Andalan, Jonan Pastikan RI Tetap Kembangkan Energi Baru

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) masih menjadi tulang punggung sumber pasokan listrik Indonesia selama 10 tahun ke depan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, PLTU masih memegang peran utama memasok kelistrikan di Indonesia. Hal ini terlihat dalam bauran energi nasional dengan menetapkan porsi PLTU sebesar 50 persen sampai 55 persen.

“Kalau menurut saya 10 tahun ke depan PLTU kalau dari bauran energi PLTU itu sekitar 55 persen paling minim 50 persen pasti masih menjadi andalan,” kata dia di Jakarta, Rabu 9 Januari 2019.

Dia melanjutkan, negara lain pun‎ masih mengandalkan PLTU sebagai tulang punggung sumber pasokan listrik. Sebut saja negara di Eropa dan Amerika Serikat.

“Di negara Eropa misalnya Polandia juga penggunaan batu bara masih sekitar 60 persen, AS mungkin sudah sedikit di bawah 40 persen tapi masih ada kok,” tutur dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

78.216 Rumah Akan Menikmati Gas Bumi pada 2019

Liputan6.com, Jakarta – 78.216 rumah akan menikmati gas bumi sebagai bahan bakar, seiring dengan pembangunan jaringan gas rumah tangga yang dilakukan pada 2019.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto mengatakan, tahun ini akan dilakukan pembangunan 78.216 sambungan rumah tangga jaringan gas di 17 kabupaten dan kota. Anggaran pembangunan tersebut sebesar Rp 799,96 miliar‎.

“Total jumlah sambungan adalah 74.216 SR,” ‎ kata Djoko, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2018).

Djoko menuturkan, berdasarkan rencana awal tahun ini Kementerian ESDM akan membangun jaringan gas rumah tangga di 18 kabupaten, tapi satu dihilangkan yaitu Bojonegoro. Kemudian pembangunannya akan dilakukan pada 2020.

“Kita mundurkan karena kajian belum selesai, nanti akan dimasukkan ke anggaran tahun depan,” tutur Djoko.


2 dari 2 halaman

17 Kabupaten dan Kota yang Jadi Target

Adapun 17 kabupaten kota yang akan menjadi target pembangunan di antaranya adalah kabupaten Aceh Utara sebanyak 5 ribu SR, kota Dumai 4.300 SR, lalu kota Jambi 2 ribu SR. Berikutnya adalah kota Palembang 6 ribu SR, kota Depok 6.230 SR, kota Bekasi 6.720 SR.

Kabupaten Karawang 2.681 SR, kabupaten Purwakarta 4.180 SR, kabupaten Cirebon 6.105 SR lalu kabupaten Lamongan 4 ribu SR kemudian ada kabupaten dan kota Mojokerto masing-masing 4 ribu SR. ‎

Berikutnya adalah kebupaten Pasuruan 4 riu SR‎, kabupaten Probolinggo 4 ribu SR, kabupaten Banggai 4 ribu SR, kabupaten Wajo 2 ribu SRserta kabupaten Kutai Kertanegara 5 ribu SR.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pembangunan Jalan dan Jembatan Tumbuhkan Sentra Ekonomi Baru di Pulau Terluar

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim, pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan bukan hanya bermaksud untuk mengejar ketertinggalan dan meningkatkan daya saing nasional, namun juga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru yang memberikan nilai tambah bagi daerah.

Salah satunya seperti pembangunan serta pemeliharaan jalan dan jembatan di pulau terdepan Indonesia, yakni Pulau Yamdena, Pulau Selaru, dan Pulau Larat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku.

“Pembangunan jalan dan jembatan di Pulau Larat, Yamdema dan Selaru akan terus kami kerjakan secara bertahap. Tahun 2018 dari 226 Km jalan, sepanjang 179 Km atau 79 persen kondisinya mantap,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya, Rabu (16/1/2019).

Pembangunan infrastruktur di pulau-pulau terdepan Indonesia dilakukan Kementerian PUPR melalui pendekatan kewilayahan melalui Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) 35. Pembangunan diarahkan untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, keamanan nasional, pertahanan negara dan bangsa serta menciptakan stabilitas kawasan.

Disamping itu, juga mengamankan potensi sumber daya alam untuk dimanfaatkan dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain pembangunan jalan, selesainya pembangunan Jembatan Leta Oar Ralan sebagai penghubung Pulau Yamdena dan Pulau Larat menjadi bagian penting bagi kelancaran konektivitas karena akan memangkas waktu tempuh dan biaya logistik kedua Pulau.

Jembatan yang melintasi Laut Arafura Sepanjang 323 meter, lebar 10 meter dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp 123 miliar ini telah diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

2 dari 2 halaman

Respons Warga

Welem Duarko, salah seorang petani yang tinggal di Pulau Larat, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah yang telah meningkatkan akses jalan di daerahnya. “Kebanyakan warga sekitar 80 persen merupakan petani, sebagian kecil lainnya menjadi nelayan, bertani kopra, sayuran, tanaman umbi umbian. Hasil panen kami jual ke Saumlaki, Ibukota kabupaten di Pulau Yamdena,” ucap dia.

Adapun total anggaran yang dibelanjakan Kementerian PUPR untuk konektivitas jalan nasional di ketiga pulau tersebut dalam periode 2016-2018 yakni sebesar Rp 417,35 miliar. Yakni berupa penanganan jalan nasional mulai dari penanganan jalan long segmen, pembangunan jalan, preservasi rekonstruksi, dan preservasi rehabilitasi jalan.

Pada 2019 ini juga akan dilaksanakan penanganan jalan nasional dengan anggaran sebesar Rp 110,65 miliar yang terbagi menjadi pelaksanaan preservasi rekonstruksi jalan nasional Pulau Larat dan Pulau Selaru sepanjang 10 km, preservasi rekonstruksi jalan nasional Pulau Yamdena sepanjang 8,80 km, hingga pelaksanaan rekonstruksi jalan nasional di Pulau Larat–Lamdesar Timur sepanjang 10 Km.

Kreatif! Urang Tasik Buat Mobil Antik Royal Wedding dari Besi Bekas

Tasikmalaya – Berbekal kreativitas tinggi, seorang warga di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil menciptakan mobil antik mirip yang dipakai di pernikahan Kerajaan Inggris dari barang bekas.

Di tangan Ayi Suganda (44) warga Desa Jayaratu, Sariwangi, Tasikmalaya, limbah tidak harus selalu berakhir di tempat sampah. Pria yang sehari-hari menjadi Karyawan pabrik itu mengolah besi bekas jadi barang yang memiliki estetika serta bernilai tinggi. Yup, sebuah mobil antik layaknya Royal Wedding Kerajaan Inggris.

Kreatif! Urang Tasik Buat Mobil Antik Royal Wedding dari Besi BekasFoto: Deden Rahadian

Kendaraan bergaya klasik tempo dulu ini terbuat dari limbah besi pagar rumah, bekas kanopi rumah, besi tua bekas Vespa hingga bau-baut sisa.

Mesin penggeraknya memang masih sederhana, yakni sebuah kompresor bekas pencucian motor. Onderdil kendaraan juga memanfaatkan bekas mobil lawas, sepeda motor rusak hingga sepeda angin, yang sudah tidak terpakai. Untuk persneling menggunakan besi bekas gagang pintu, per kaki bekas mobil Jeep Willys. Sementara jok kendaraan harus memanfaatkan bekas kursi yang sudah tidak terpakai.

“Saya pertamanya memanfaatkan barang bekas terus saya lihat konsep mobil kuno mengalir saja. Kalau ada barang sisa saya ambil dan kumpulkan,” ujar Ayi saat ditemui di bengkel rumahnya (16/1/2019).

Dibutuhkan waktu hampir lima bulan untuk merangkai kendaraan antik dari barang bekas ini. Selain menunggu ketersediaan barang bekas, prosesnya panjang karena minim anggaran. Ayi hanya mengeluarkan biaya untuk pengelasan serta pengecatan kendaraan.

Ide pembuatan mobil antik ini muncul karena ingin membuat sesuatu yang berbeda. Keahliannya merangkai besi dan memanfaatkan barang-barang bekas akhirnya berbuah manis. (ern/ddn)

5 Destinasi Wisata Keren di Indonesia yang Patut Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Indonesia punya begitu banyak destinasi wisata keren. Beribu-ribu pulau terhampar bagaikan untaian “ratna mutu manikam”, untaian permata di sepanjang garis khatulistiwa. Selalu menggoda untuk dieksplorasi. Pemandangan laut, gunung berapi yang masih aktif, serta keberagaman budaya Indonesia, menjadi alasan banyak wisatawan asing dan domestik untuk berlibur di negeri ini.

Lima destinasi wisata keren berkelas dunia di Indonesia ini dapat Anda pertimbangkan untuk mengisi waktu liburan. Yuk lihat destinasi apa saja, dan mana yang paling pas buat anggaran Anda, sebagaimana direferensikan oleh situs HaloMoney.co.id.

1. Wakatobi

Tak salah bila Wakatobi dijuluki The Little Paradise in the World. Gugusan pulau –Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko– dengan biota laut yang kaya, membuat Wakatobi patut ditempatkan di peringkat teratas destinasi wisata keren di Indonesia. Bahkan, di kelas dunia.

Betapa tidak. Ada sekitar 750 jenis spesies koral dan karang laut, atau 90 persen dari seluruh jenis karang laut di dunia, yang dapat ditemukan di Taman Nasional Wakatobi.

Selain itu, juga beraneka biota laut, seperti belut pita, scorpionfish, ikan pipa bersayap, cowrie spindle, karpet udang anemon, dan ikan keeling rockmover.

Sejumlah spot selam, sebutlah Blade Dive Site, Dunia Baru, Mari Mabuk, Coral Garden, Teluk Maya, Fan 38, Ali Reef, dan Roma Dive Site, akan memberikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Letaknya di pusat Segitiga Karang Dunia (Indonesia-Filipina-Kepulauan Solomon), menjadikan destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) itu sebagai surga bagi para penyelam dan snorkeling.

Selain itu, ada beberapa tempat yang Instagramable. Misalnya, mercusuar peninggalan Belanda, goa Mata Air Kontamale, dan pantai Mata Air Seratus. Lalu atraksi lumba-lumba, pemandangan sunrise dan sunset di pantai, serta kilau sinar bintang bertaburan di langit saat malam juga akan menambah pengalaman menakjubkan. Oh ya, Anda pun dapat berkenalan dengan penduduk Suku Bajo yang tinggal di rumah-rumah apung di atas air laut.

2 dari 8 halaman

Transportasi ke Wakatobi

Wakatobi dapat dicapai melalui rute udara dan laut. Penerbangan dari berbagai kota akan transit dulu ke Kendari, ibukota Sultra, sebelum melanjutkan penerbangan sekitar 50 menit menuju Bandara Matahora yang terletak di Pulau Wangi-Wangi, pulau terbesar, dan merupakan ibukota Kabupaten Wakatobi.

Sedangkan rute laut, ditempuh lewat dermaga Pangulubelo di Wangi-Wangi, atau belasan dermaga kecil yang tersebar di sana. Perjalanan laut dari pelabuhan Makasar ke Wangi-Wangi ditempuh dalam waktu 10 jam. Setelah tiba di Wangi-Wangi, banyak tersedia ojek, angkot, dan taksi.

Bujet

– Tiket pesawat Jakarta – Wangi-Wangi sekitar Rp 2 jutaan.

– Akomodasi di Wakatobi per malam berkisar Rp 200 ribu – Rp 500 ribu.

– Rental taksi per hari berkisar Rp 250 – Rp 400 ribu.

– Paket pemandu, perlengkapan selam, kapal, dan penginapan berkisar Rp 1 juta per orang per hari.

Dengan bujet Rp 6 juta – Rp 10 jutaan, destinasi wisata kelas dunia itu dapat Anda nikmati selama 2-3 hari. Gunakan kartu kredit yang menawarkan best deals supaya lebih berhemat.

3 dari 8 halaman

2. Mengejar Sunrise di Gunung Bromo

Gunung Bromo jelas salah satu favorit di dunia. Keindahan pemandangannya tak kalah dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Kesan tersebut terungkap dari pengalaman wisatawan asing yang dituangkan dalam tulisan di blog Travelhysteria.

Tempat ini (Bromo) jelas merupakan salah satu tempat favorit kami di bumi, sama dengan pemandangan Himalaya di Nepal… Kami telah melihat banyak tempat yang menakjubkan tetapi Bromo jelas merupakan salah satu favorit kami,” ungkap Enrico dan Zuzana, pasangan travelers asing campuran Italia – Slowakia tersebut.

Menyaksikan sunrise dari puncak bukit Pananjakan akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Lalu ketika matahari mulai naik, berdirilah di Bukit Cinta. Maka akan terlihat puncak Bromo dan dua gunung berapi yang berjajar di dekatnya -Semeru dan Tengger- tampak berada di bawah kaki kita. Dan kabut awan yang menyelimuti puncak gunung-gunung tersebut, serasa membuat kita seperti sedang berada di negeri di atas awan.

Pasir berbisik, bukit savana hijau seperti di film anak-anak Teletubies terhampar indah. Selanjutnya, kawah Bromo. Naiklah, lalu dengarkan gemuruh suara kawah gunung berapi aktif tersebut. Tapi ingat, jangan sekali-kali turun mendekati dasar kawah. Berbahaya!

Spot-spot di atas sangat Instagramable. Spot lainnya, adalah Bukit Kingkong, Bukit Widodaren, Pura Luhur Poten, Bukit B29 Argosari Lumajang, Desa Ranu Pane, Air Terjun Coban Pelangi (dari rute Tumpang Malang), dan Air Terjun Madakaripura (Rute Probolinggo).

Mobil jeep hardtop dengan pengemudi yang punya skill tingkat dewa dapat Anda sewa untuk berkeliling ke spot-spot tersebut. Kapasitas penumpang maksimum 6 orang. Harga rental mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan, bergantung pada spot-spot yang akan dikunjungi.

4 dari 8 halaman

Rute ke Bromo

Bromo dikelilingi oleh empat kota: Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Namun, untuk mencapai Bromo, rute paling populer wisatawan dari luar wilayah Jawa Timur adalah lewat Surabaya ke Probolinggo lalu dilanjutkan ke desa Cemoro Lawang.

Di desa terdekat dengan Gunung Bromo tersebut, banyak homestay yang bisa disewa untuk menunggu saat datangnya matahari terbit. Terus terang, ketinggalan menyaksikan sunrise di Bromo akan membuat perjalanan terasa sia-sia.

5 dari 8 halaman

3. Derawan

Destinasi wisata keren di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau Kalimantan Timur ini menawarkan pengalaman menikmati pemandangan laut yang biru, dengan pasir pantai yang putih, dan pohon-pohon nyiur melambai tertiup angin, serta spot-spot untuk kegiatan penyelaman dan snorkeling.

Empat pulau wajib dikunjungi, yakni, Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Pulau Maratua, seperti Derawan, menawarkan pemandangan pantai yang bersih, resort, dan penginapan serta resto di atas laut. Wisatawan mancanegara lebih suka di sini. Sedangkan Kakaban, menawarkan spot berenang di antara ubur-ubur yang tidak menyengat. Lalu penangkaran penyu dapat dilihat di Sangalaki.

Berbagai penginapan tersebar di Kepulauan Derawan. Anda yang punya bujet kecil, pilih homestay dengan harga mulai dari Rp 125 ribu hingga Rp 400 ribu per malam. Sedangkan untuk resort, atau hotel bintang tiga, harga per kamar per malam dibanderol di atas Rp 1 jutaan.

6 dari 8 halaman

Rute ke Derawan

Untuk ke Berau, harga tiket pesawat dari Jakarta berkisar Rp 2 jutaan. Ibukota Kabupaten Berau berada di Tanjung Redeb. Kota ini merupakan kota terdekat dari Kepulauan Derawan. Dari pusat kota ke dermaga penyeberangan Tanjung Batu menempuh 2,5 jam perjalanan darat, dengan ongkos Rp 400 ribuan untuk menyewa mobil. Untuk ongkos mobil yang lebih murah, harganya Rp 50 ribu – Rp 70 ribu. Tapi, dengan catatan sharing bersama penumpang lain dan menunggu muatan penuh.

Transportasi berikutnya menggunakan speedboat. Ongkos speedboat dari dermaga Tanjung Batu menyeberang ke Pulau Derawan Rp 100 ribu per orang, bila sharing dengan penumpang lain. Namun, bila sendirian, bisa sampai Rp 300 ribu ongkosnya. Sedangkan untuk mendatangi spot-spot di Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, perlu sewa speedboat, dengan ongkos sewa berkisar Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 juta.

7 dari 8 halaman

4. Bali

Daya tarik Bali bukan hanya pada Pantai Kuta. Ada banyak spot wisata keren. Sekurangnya, terdapat 20 destinasi wisata kece yang Istagenic untuk liburan ala anak hits. Ada Tirta Gangga, warisan kerajaan yang epic banget di Jalan Abang, Amlapura Karangasem. Pura Lempuyangan di Bunutan, Abang. Kemudian Chocolate Factory di Pantai Jasri, Pertima. Pantai dengan suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk kota, juga dapat ditemui di Pantai Karma Kandara di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Lalu ada Hidden Canyon Beji Guwang di Jalan Sahadewa, Kabupaten Gianyar, Bali. Ngarai super indah ini gak cuma menarik perhatian wisatawan domestik, tapi juga para turis mancanegara.

Nah, yang terbaru adalah Air Terjun Aling-Aling di Jalan Raya Desa Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Suasananya private karena sunyi dan jarang dijajaki pengunjung. Air terjun setinggi 12 meter ini dikelilingi tebing serta rimbunnya pepohonan, dan airnya jernih dan menyegarkan.

Lalu ada Taman Safari Bali di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, 17 kilometer dari Denpasar. Dan masih ada destinasi wisata keren lainnya seperti Gemitir Garden, Sharma Springs Bamboo, Tegalalang Rice Terrace, Pasar Tradisional Ubud, The Chedi Club, Taman Nasional Bali Barat, Yellow Bridge Nusa Lembongan, Dream Museum Zone, Double Six Beach, The Secret Garden, Nusa Ceningan, pulau kecil di Kepulauan Nusa Penida.

8 dari 8 halaman

5. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota dengan spot-spot wisata yang Istagramable. The World Landmarks Merapi Park menjadi surga spot selfie yang paling kekinian di KM 25 Jalan Kaliurang, Desa Pakembinagun, Sleman. Untuk keindahan laut dan snorkeling, ada Pantai Nglambor.

Wahana air Jogja Bay Waterpark dan Umbul Ponggok Klaten, kolam natural dengan air biru jernih di Klaten yang dilengkapi aneka properti untuk foto keren di dasar air juga bisa menjadi pilihan. Atau Tebing Breksi, destinasi wisata Jogja terpopuler dengan keindahan tebing berukir yang fotogenik. Tebing batuan breksi ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Selain itu, wisata murah Jogja lainnya adalah Jurang Tembelan, Gunung Api Purba Nglanggeran, Candi Ijo, Pantai Jogan Jogja, Alun-Alun Kidul, Taman Pelangi Monjali, Bukit Bintang Patuk, Jalan Prawirotaman, Wisata Jogja dekat stasiun, Malioboro, Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Titik Kilometer O Jogja, Taman Pintar (Tampin), Taman Budaya Yogyakarta.

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata keren dan menakjubkan. Agar setiap perjalanan Anda berkesan tapi tak menguras dompet, maksimalkan penggunaan kartu kredit terbaik yang memberikan keuntungan.