5 Benda Aneh yang Pernah Ditemukan di Pantai, Bikin Geleng Kepala

Benda aneh yang pertama ditemukan di pantai, ialah botol dengan sebuah isi pesan. Terlihat drama memang, namun apa yang ditemukan orang tersebut benar-benar potol dengan ada pesan disana. Botol itu dilempar tahun 2014. 

Pesan yang ada pada botol tersebut bikin haru. Surat tersebut dibuat oleh Mel karena menyukai pantai. Mel adalah pria yang memiliki istri yang setia, menemani Mel hingga tutup usia. Mel berpesan apabila yang menemukan botol ini, wajib untuk memposting di facebook milik Mel. Alhasil ketika ditemukan dan diposting, surat dalam botol ini jadi viral.

Ada Buaya Muara di Hulu Sungai Serayu, Aneh

Nyaris setahun kemudian, Maret 2019 ini, warga sekitar aliran Sungai Serayu, terutama di Sekitar Desa Pucang Kecamatan Bawang, Banjarnegara kembali digegerkan penampakan buaya. Dengan mata kepala sendiri, Andi, warga Desa Pucang Kecamatan Bawang menyaksikan penampakan buaya tersebut.

Pemuda itu memang kerap beraktifitas di pinggir sungai Serayu untuk menangkap ikan. Di sana ada palung sungai yang merupakan habitat ikan. Makanya, ia betah berlama-lama di tempat ini.

Namun, beberapa waktu lalu, keasyikannya memancing terganggu oleh seekor buaya sepanjang dua meter yang mendadak muncul di dekat tempat ia memancing. Meski tak nampak agresif, tetap saja Andi ketar-ketir.

Tanpa ia ketahui, buaya itu mengendap-endap dan lantas berjemur hanya dalam jarak tiga meter dari tempatnya duduk. Tentu, jarak terlampau dekat ini bisa saja menyebabkan konfrontasi langsung antara manusia dengan buaya.

“Iya, ada buayanya,” ucapnya.

Andi pantas panik. Baru kali ini ia menyaksikan buaya secara langsung. Apalagi, ia berhadap-hadapan dengan predator ganas itu di alam liar.

Ia memilih kabur dan tak meneruskan aktifitasnya. Rasa takut bergelayut, karena ia baru pertama kali bertemu langsung dengan buaya. Tentu ia khawatir tiba-tiba diserang buaya.

“Seumur-umur baru melihat buaya. Ya kaget lihat buaya di pinggir sungai,” katanya.

Andi memperkirakan buaya itu masih remaja. Dan ia rupanya bukan satu-satunya orang yang menyaksikan penampakan buaya di sungai Serayu. Menurutnya, temannya sesama pemancing pun mengaku pernah melihat buaya berenang di lokasi yang berdekatan.

Berwujud Aneh, Ini 3 Hewan yang Memiliki Jari Kaki yang Unik

Karena kaki burung unta begitu besar dan kuat, banyak orang membandingkannya dengan kaki dinosaurus pemakan daging yang hidup jutaan tahun yang lalu.

Burung unta sama seperti halnya semua burung modern, namun unggas ini adalah satu-satunya burung yang hanya memiliki dua jari (semua burung punya tiga atau empat jari kaki).

Satu jari jauh lebih besar dari jari yang lain, dan ujungnya ada cakar yang dapat berukuran hingga 10 cm. Kaki burung unta yang kuat dan dua jari kaki ini dapat menghasilkan tendangan yang mematikan.

Mereka juga mampu berlari dengan kecepatan lebih dari 37 mil per jam (60 km/jam) selama lebih dari 30 menit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di Journal of Experimental Biology.

Gerak-Gerik Aneh Pria Bangkalan Sembunyikan Sabu di Anus

Liputan6.com, Surabaya – Juhar, pria asal Bangkalan, Madura ini terpaksa diamankan petugas Bandara Juanda, Surabaya. Ia diamankan lantaran berusaha menyelundupkan sabu dari Malaysia dengan cara menyembunyikan barang haram tersebut di dalam anusnya.

“Modusnya, sabu seberat 160 gram dikemas menjadi lima bagian kemudian dimasukkan dalam anus,” kata Kepala Bea Cukai Bandara Juanda, Budi Harjanto, Senin, 18 Maret 2019.

Budi menyebutkan bahwa Juhar saat itu baru saja tiba dari Malaysia. Namun saat pemeriksaan di pintu keluar petugas merasa curiga dengan gerak-gerik Juhar yang aneh.

“Pelaku akhirnya dibawa petugas untuk diperiksa. Saat diperiksa tas dan barang bawaan nihil. Namun, petugas membawa tersangka ke Rumah sakit untuk dilakukan Rontgen,” jelas Budi.

Gerak-gerik aneh Juhar pun terjawab. Ternyata saat dirontgen didapati narkoba jenis sabu disembunyikan di dalam anusnya.

“Narkoba itu dikeluarkan. Setelah dilakukan uji lab, ternyata positif mengandung Methamphetamine,” terangnya.

Dari pengakuan Juhar kepada petugas, barang haram tersebut merupakan titipan temannya. Ia hanya diberi imbalan sebesar Rp 15 juta jika berhasil membawa barang tersebut ke Surabaya. Juhar akhirnya diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polresta Sidoarjo untuk diinterogasi.

Sebelumnya, pada Rabu, 13 Februari 2019, petugas Bea Cukai Bandara Juanda juga mendapati sebuah paket kiriman pos yang terbungkus karton. Paket tersebut berisi Narkotika jenis Cathonine seberat 7,950 kilogram yang dikirim dari luar negeri.

Kala itu, petugas curiga saat barang bawaan yang melewati mesin X-Ray. Petugas lalu membuka paketan tersebut dengan didampingi PT. Pos Indonesia. Ada dua bungkus didalamnya terdapat daun kering berwarna hijau yang diduga sebagai Narkoba.

“Hasil pemeriksaan uji Laboratorium, barang tersebut positif mengandung Narkotika Golongan I jenis Cathonine,” ujar Budi.

Saksikan video pilihan berikut:

Penyelundupan Narkotika asal Malaysia

Arsenal vs Rennes: Stephen Sebut Kembalinya Lacazette sebagai Tindakan Aneh UEFA

Liputan6.com, London – Liga Europa akan kembali bergulir dini hari WIB nanti. Salah satu pertandingan yang menarik adalah Arsenal vs Rennes. Bermain di kandang Emirates Stadium membuat The Gunners lebih mendapat kepercayan diri.

Selain bermain di kandang, kembalinya striker Arsenal, Alexandre Lacazette juga menjadi sebuah keuntungan. Pria Prancis ini telah mendapat potongan masa hukumuan oleh UEFA. Sebelumnya, ia terkena skors akibat akumulasi kartu.

Dia menadapat kartu merah pada leg pertama babak 32 besar saat berhadapan dengan BATE. Karena hal itu, ia harus menerima hukuman larangan bermain dalam tiga pertandingan. Nasib baik masih menghampiri dirinya.

Namun, UEFA memutuskan untuk memangkas masa hukuman bertanding yang diterima pemain 47 tahun tersebut. UEFA memangkas masa hukuman Lacazette menjadi dua pertandingan. Dengan begitu, ia dapat membela Arsenalpada leg kedua dinihari nanti.

Keputusan ini membuat kubu Rennes meradang. Pelatih Rennes, Julien Stephen, mengaggap ini merupakan tindakan aneh UEFA. Keputusan UEFA tersebut dikeluarkan menjelang pertandingan leg kedua.

“Waktunya agak mengejutkan bagi semua orang yang terlibat. Kami tidak berpikir bahwa ia akan dimasukkan hingga kemarin malam. Mereka telah memutuskan untuk mengurangi sanksi dari tiga, menjadi dua pertandingan dan itu bagus untuknya,” ujar Stephen yang dikutip dari The Guardian.

Aneh, Perampok di China Kembalikan Uang yang Dirampas dari Korban

Beijing – Aneh dan tak biasa, seorang perampok di China mengembalikan lagi uang yang dirampas dari korbannya. Kok bisa?

Seperti dilaporkan media lokal, Nanyang Siang Pau dan dilansir The Star, Rabu (13/3/2019), insiden ini terjadi di salah satu ATM di kota Heyuan, Provinsi Guangdong.

Korban yang disebut bermarga Li menuturkan, bahwa awalnya seorang pria tak dikenal berperilaku mencurigakan dan mondar-mandir di luar sebuah bank setempat. Saat itu, Li yang sendirian baru saja mengambil uang tunai dari ATM setempat.

Pria itu kemudian menodong Li dengan sebilah pisau dan memintanya menyerahkan uang yang dibawanya. Li menyerahkan semua uang yang dibawanya, yakni sebesar 2.500 Yuan atau setara Rp 5,3 juta.
Pria itu, sebut Li, kemudian meminta lebih banyak uang darinya. Namun setelah melihat melalui mesin ATM bahwa tidak ada sisa uang di tabungan Li, pria itu mengurungkan niatnya.

Malahan pria itu tiba-tiba mengembalikan semua uang tunai yang baru saja dirampasnya dari Li. Setelah itu, pria yang tak disebut identitasnya itu pergi meninggalkan lokasi kejadian. Laporan media-media lokal China bahkan melaporkan, berdasarkan rekaman CCTV yang beredar, pria itu tersenyum saat meninggalkan lokasi.

Media-media lokal menyebut si perampok mengembalikan uang yang dirampoknya karena kasihan pada Li.

Kepolisian setempat telah menahan si perampok itu untuk penyelidikan lebih lanjut, meskipun dia telah mengembalikan uang yang dirampoknya.

Insiden ini memicu komentar bernada sindiran dari pengguna media sosial setempat. “Telah terbukti bahkan seorang perampok pun akan memandang rendah Anda jika Anda miskin,” tulis seorang netizen China dalam komentarnya.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Viral Awan Bentuk Aneh di Magetan

MagetanAwan berbentuk aneh viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Awan yang berbentuk seperti pusaran itu banyak diabadikan warga karena dianggap indah.

Awan yang seperti pusaran berwarna kuning kemerahan itu berada di dekat Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Beberapa netizen mengunggah foto itu dengan caption menyebut kebesaran sang pencipta.

Salah satu akun Facebook mengunggah foto awan itu. Pemilik akun Facebook ViDiaa Deaa menyebut foto awan itu diambil dari jalan lokasi wisata telaga Sarangan.

“Subhanallah. Gonmu pie lurd (tempatmu bagaimana kawan),” tulis ViDiaa Deaa.

Penampakan awan di Magetan yang viral.Penampakan awan di Magetan yang viral. Foto: Screenshot

Posting-an itu mengundang reaksi. Sejumlah netizen memberikan komentar sekaligus memberi umpan balik dengan gambar awan yang sama dengan lokasi berbeda.

“Smoga smua warga mgt n sekitarnya selalu dilindungi dri segala bencana,” kata akun Facebook Ratna Widyaningsih.

Salah satu warga bernama Nisan yang tinggal di telaga Sarangan mengaku melihat awan tersebut dari gambar yang diambil tetangganya.

Awan tersebut berwarna kuning kemerahan.Awan tersebut berwarna kuning kemerahan. Foto: Screenshot

“Bakul sate depan rumahku mas yang punya foto dan mengabadikan,” ucapnya singkat.

Kapolsek Pilangkenceng AKP Sukono menyebut awan itu berada di atas Gunung Lawu. Awan yang berwarna merah kekuningan itu muncul sekitar pukul 17.45 WIB.

“Itu benar tadi saya cek anggota saya memang ada yang melihat,” ujar Sukono.
(zak/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pemakan Dosa hingga Pembuka Gulungan Mumi, Ini 5 Pekerjaan Aneh di Inggris Abad ke-19

Liputan6.com, Jakarta – Mata pencaharian bersifat dinamis dari satu era ke era yang lain. Misalnya, saat ini kita mengenal jenis pekerjaan admin media sosial, youtuber hingga influencer yang bahkan tidak ada pada tahun 80-an.

Begitu pula sejumlah pekerjaan yang dulu sempat eksis namun sekarang susah ditemui. Beberapa di antaranya adalah penjual minyak tanah, juru ketik, dan joki ‘three in one’ yang sempat populer di Jakarta.

Di Inggris,  pernah ada pekerjaan yang sangat unik, bahkan terkesan horor pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Era Victoria yang dimaksud berlangsung dari 1837 hingga 1901.

Sebagian dari kita tidak akan habis pikir mengapa mata pencaharian itu pernah ada di Inggris, mengingat beberapa di antaranya sangat aneh dan seolah tak mungkin ada yang mau mengerjakan.

Berikut adalah lima pekerjaan unik di Inggris era Victoria, dilansir dari situs listverse.com, Senin (4/3/2019).


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 6 halaman

1. Penangkap Tikus

Pada masa Victoria di Inggris, relatif mudah ditemui sekawanan tikus yang berkeliling di rumah atau jalanan. Sebagian penduduk mengatakan hewan itu ‘haus darah’, sehingga terdengar menakutkan.

Pada akhir abad 18, Inggris Raya diserang oleh tikus berwarna abu-abu yang jauh lebih besar dan lebih ganas daripada tikus hitam biasa. Binatang itu begitu mengancam bahkan konon dapat menggerogoti tangan dan kaki anak-anak.

Untuk mengusir ‘musuh’ tersebut, sebagian orang mempekerjakan penangkap tikus yang akan dibayar untuk setiap ekor hewan yang didapat.

Para penangkap tikus biasanya berasal dari golongan masyarakat kelas bawah, yang terpaksa menangkap hewan menjijikkan untuk mendapatkan uang. Meskipun demikian, saat itu terdapat satu penangkap tikus profesional yang sangat tersohor, bernama Jack Black.

Black adalah penangkap tikus pribadi Ratu Victoria. Ia biasa menyembunyikan tikus hidup di balik jasnya. Sering kali ia benar-benar ‘menangkap’, bukan membunuh hewan itu.

Black biasanya menjual kembali tikus-tikus hidup yang didapat kepada bandar judi. Kala itu, judi juga dilakukan dengan kompetisi adu anjing. Anjing yang keluar sebagai pemenang adalah yang mampu membunuh paling banyak tikus dalam waktu tertentu.

3 dari 6 halaman

2. Gengster Pencuri Mayat

Pada abad 19, sangat susah mendapatkan mayat legal untuk dijadikan media percobaan bidang kedokteran atau anatomi. Hanya jasad pelaku kriminal yang diperbolehkan sebagai alat percobaan tersebut.

Mengingat kebutuhan dunia anatomi akan mayat sangat tinggi, di Inggris berkembang pekerjaan pencuri mayat.

Para gengster pencuri mayat biasanya hanya akan mencuri badan, dan meninggalkan perhiasan serta barang berharga jenazah di dalam peti mati. Hal itu dikarenakan hukuman bagi pencuri jasad lebih ringan dibanding merampok barang berharga.

Meskipun demikian, praktik pencurian jenazah ini berhenti pada 1832 ketika Inggris mengesahkan Undang-Undang Anatomi yang membantu para ahli di berbagai bidang lebih mudah mendapatkan jasad untuk percobaan mereka.

4 dari 6 halaman

3. Pembuka Gulungan Mumi

Sekitar tahun 1822, terdapat beberapa orang yang mampu memuaskan keingintahuan masyarakat terkait Mesir dengan cara unik. Ia membuat tontonan publik yang berisi pertunjukan membuka gulungan mumi.

Biasanya, pembuka gulungan akan mengklaim telah membeli mumi tersebut dari pihak ketiga. Harga mumi tidak disebutkan secara eksplisit.

Tontonan unik itu diadakan setiap Jumat malam, dimana harga kursi depan akan membayar sangat mahal.

Salah satu pembuka gulungan mumi yang terkenal adalah Thomas Pettigrew. Pettigrew menjadi kaya dan terkenal saat itu, pascapekerjaannya sebagai pemain sandiwara sekaligus berperan membuka bungkus mumi di atas panggung.

Ia biasa melakukannya sambil memberikan ceramah tentang budaya Mesir dan membagikan potongan bungkus “kalau-kalau ada yang ingin mencium aroma 4.000 tahun kematian.”

Belakangan, sejumlah arkeolog modern menemukan bahwa banyak mumi yang sebenarnya palsu.

5 dari 6 halaman

4. Alarm Manusia

Suku Briton pernah memiliki kebiasaan yang sangat unik. Mengingat saat itu belum ada alarm dan telepon genggam, mereka biasanya menyewa orang untuk membangunkan mereka di pagi hari.

Orang yang menerima jasa biasanya akan menggunakan tiang panjang berujung logam dan mengetuk lempengan batu tulis yang ditempatkan di jendela kamar tidur klien. Mereka akan terus mengetuk hingga kliennya bangun.

Sang klien biasanya akan segera bangun. Hal itu mengingat sangat memalukan bagi mereka yang hidup di apartemen padat penghuni apabila diketahui bangun siang.

Pabrik tertentu biasanya akan memiliki ‘alarm manusia’ tersendiri untuk memastikan para buruh bangun dan bekerja tepat waktu.

Pekerjaan ini berhenti saat ditemukannya alarm, hingga akhirnya perkembangan teknologi menemukan ponsel dengan harga yang terjangkau dan memiliki fitur serupa.

6 dari 6 halaman

5. Pemakan Dosa

Hingga pertengahan abad ke-19, warga Inggris percaya bahwa setelah sesorang meninggal, orang lain dapat menyerap dosanya dengan memakan makanan dari dada almarhum.

Kepercayaan itu memberikan peluang kepada para ‘pemakan dosa’, yang akan dibayar untuk sesuatu yang keluar dari dada jenazah, misalnya belatung.

Sebagian besar pemakan dosa adalah para pengemis. Mereka biasanya akan mendapatkan stereotip buruk jika terlalu sering ‘memakan dosa’.

Adapun prosesi ‘memakan dosa’ dipercaya dapat mempermudah jalan almarhum menuju surga. Lebih lanjut, akan mencegah mereka menjadi ‘hantu’ yang tidak tenang.

Tidak ada gereja maupun tempat ibadah lain yang membenarkan praktik tersebut. Gereja-gereja saat itu cenderung mendiamkan tradisi yang akhirnya hilang setelah masyarakat menyadari keanehan tindakan mereka.

4 Kebijakan Anies Usai Ditinggal Sandi hingga yang Menuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta – Memimpin Jakarta sendirian, itulah yang dilakukan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI sepeninggal Sandiaga Uno yang memilih mendampingi Prabowo sebagai cawapresnya di Pilpres 2019.

Kurang lebih 7 bulan sudah, terhitung dari Agustus 2018, Anies menata Ibu Kota tanpa seorang wakil gubernur. Satu harapannya untuk sosok yang akan menemaninya memimpin DKI Jakarta, kerja keras dan all out.

“Kemudian kalau (di) Jakarta harus mau kerja keras, jadi jangan tanggung. Harus all out, tuntas,” kata Anies.

Sempat diwarnai tarik ulur antara Gerindra dan PKS selaku partai pengusung, kini dua nama telah dipastikan akan memperebutkan posisi orang nomor 2 di DKI Jakarta sebagai pendamping Anies Baswdean. Mereka adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaiku. Fit and proper test juga sudah dilakukan.

Sejak ditinggal Sandi sejak Agustus 2018, tak sedikit kebijakan penting telah diwujudkan untuk mengubah wajah Jakarta oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Tidak hanya perubahan drastis dari sisi pembangunan di perkotaan maupun birokrasi, kebijakannya dengan merotasi ribuan pejabat di lingkungan Pemprov DKI belakangan ini masih jadi sorotan. Bahkan ada yang menilainya kebijakan tersebut berbau politis.

Berikut sejumlah kebijakan Anies Baswedan selama memimpin Jakarta sendiran dalam hal menata Ibu Kota sekaligus yang tuai kritikan:

2 dari 6 halaman

1. Rotasi Ribuan Pejabat DKI

Tercatat ada sekitar 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI yang dirotasi, Senin, 25 Februari kemarin di halaman Balai Kota. Terdiri dari 15 pimpinan tinggi pratama atau eselon II (setingkat kepala dinas), 274 administrator atau eselon III (setingkat camat) dan 836 pengawas atau eselon IV (setingkat lurah).

Banyak pihak yang menilai kebijakan tersebut sangat kental aroma politis. Salah satunya diungkap oleh Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi.

Pras menduga pencopotan pejabat DKI yang dilakukan Anies karena faktor like and dislike.

“Ini aneh ini buat saya dan tempat-tempat itu kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetio di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa, 26 Februari 2019.

Perombakan jabatan di level kepala dinas memang menjadi hak diskresi gubernur. Namun, lanjut Pras, pencopotan pejabat eselon III seperti camat dan eselon IV dinilai tidak bijak.

Terkait tudingan tersebut, Anies pun angkat bicara. Di sisi lain Anies mengatakan, dirinya tak bisa melarang siapapun untuk mengemukakan pendapat. Namun, perihal rotasi serta mutasi yang dilakukannya terhadap jajarannya didasarkan atas evaluasi kinerja, bukan personal.

“Ini adalah semua soal kinerja selama satu setengah tahun ini. Dan imajinasi orang boleh-boleh saja ya,” ungkap Anies Baswedan.

3 dari 6 halaman

2. Copot Pejabat DKI Terlibat Jual Beli Jabatan

Selain rotasi jabatan, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi ini belum lama ini menyatakan akan mencopot pejabat Pemprov DKI Jakarta bila terbukti terlibat dalam jual beli jabatan lurah dan camat.

Dia menyebut itu bentuk penyuapan jika pejabat memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan kedudukan.

“Kalau dia tidak lapor dan kemudian hari ketahuan, langsung saya copot. Karena berarti itu penyuapan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

Akan tetapi, Anies menyebut itu pemerasan bila terdapat pejabat dipaksa untuk memberikan kepada oknum ketika proses rotasi.

4 dari 6 halaman

3. Serahkan 500 Sertifikat Tanah

Bertempat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 500 sertifat tanah kepada warga Cipayung dan Makasar. Penyerahan sertifikat berdasarkan arahan dari program pemerintah pusat.

Selain itu, lanjut Anies, sertifikat tersebut merupakan bentuk kepastian hukum, sehingga tidak mudah untuk diakui oleh pihak lain.

“Jangan sampai Bapak Ibu terima sertifikat, habis itu ada yang datang dengan iming-iming, malah langsung dijual. Malah langsung laku, langsung gak punya tanah lagi nanti,” kata Anies Baswedan, Kamis (18/2/2019).

5 dari 6 halaman

4. Resmikan 3 JPO Senilai Rp 53 M

JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan, dua jembatan yang kini telah direvitalisasi oleh Anies Baswesdan. Selain untk menghadirkan fasilitas untuk masyarakat, Anies menyebut JPO dapat menjadi salah satu ikon Ibu Kota.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, JPO Bundaran Senanya, JPO GBK dan JPO Polda Metro secara resmi dibuka,” ucap Anies di Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Tak seperti JPO pada umumnya, dua jembatan yang baru saja diresmikan ini memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya memiliki lampu LED dan lampu sorot warna warni RGB, CCTV 24 jam, tong sampah, dan disertai lift yang ramah wanita hamil dan penyandang disabilitas.

“Saya selalu menggarisbawahi (JPO) dirancang untuk bisa ramah bagi disabilitas. Kesataraan fasilitas bagi semua warga ibu kota, kususnya penyandang disabilitas,” ujar dia.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemprov DKI Jamin Tak Ada Jual Beli Lurah Saat Rotasi Besar-besaran

Jakarta – Sekda Pemprov DKI Jakarta Saefullah menjamin tidak ada jual beli jabatan lurah saat rotasi 1.125 pejabat DKI Jakarta. Bila ada bukti, Saefullah meminta agar informasi itu diteruskan padanya.

“Saya jamin, sama sekali tidak ada permainan uang. Kalau ditemukan di lapangan, infokan ke saya. Saat itu juga kita selesaikan, kalau ada penerimaan permainan uang,” ucap Saefullah kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (28/2/2019).

Menurut Saefullah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kewenangan untuk merotasi pejabat di bawahnya. Hal itu, untuk mendukung program yang telah dicanangkan.

“Semua itu hak pimpinan. Jadi, rotasi di TNI, Polri, dan daerah lain, di mana saja. Itu biasa-biasa saja rotasi itu. Kalau kepala daerah mau mengusung visi misi lebih cepat terwujud. Ya hak dia untuk rotasi,” kata Saefullah.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyebut rotasi Anies terhadap lurah dan camat berbau politis. Apalagi, menurut Prasetyo, banyak lurah dan camat yang diturunkan menjadi sekretaris lurah dan sekretaris camat.

“Pertanyaannya, kalau ada camat jadi sekcam (sekretaris camat) atau lurah jadi sekkel (sekretaris kelurahan), ini aneh ini buat saya. Dan tempat-tempat itu (lokasi pemindahan) kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/2).

Namun Anies menepis Prasetyo. Anies menegaskan kewenangannya dalam perombakan pejabat di Pemprov DKI.

Mengenai isu jual beli jabatan lurah itu disoroti Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Namun di sisi lain dia mendukung rotasi pejabat besar-besaran oleh Anies bila tujuannya untuk proses penyegaran organisasi.

“Bagus kalau untuk penyegaran, itu kita dukung tetapi untuk desas-desur bahwa pemilihan lurah ini ada tarifnya, ini kurang bagus. Ini yang mesti pak Anies (perhatikan). Banyak keluhan dari lurah-lurah yang menyampaikan ke kita, bahwa ini ada tarif,” kata Hasbiallah.

Hasbi mengaku tidak tahu pasti soal kebenaran informasi tersebut. Menurut dia, kabar soal tarif menjadi lurah ini memang beredar di kalangan PNS.

“Rame isu di kalangan bawah, di lurah seperti itu, yang saya tahu. Kebenarannya mana saya tahu,” ujar dia.
(dhn/dhn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>