Ampuh Cegah Kanker, Ini 5 Rempah yang Bisa Kamu Konsumsi

Liputan6.com, Jakarta Rempah-rempah merupakan salah satu kunci rahasia yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa yang nikmat pada masakan. Tak hanya bermanfaat untuk memberikan rasa enak pada masakan, penyedap alami ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mencegah kanker. 

Rempah-rempah punya banyak kandungan antioksidan di setiap rempah-rempah ini ternyata memiliki sifat anti kanker di dalamnya. Kandungan zat antioksidannya ini mampu mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (27/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa rempah yang ternyata bisa bantu mencegah munculnya kanker.

2 dari 6 halaman

Bawang Putih

Bawang putih memiliki bau yang khas serta kerap menangis saat sedang memotongnya. Bau menyengat pada bawang putih ini karena adanya senyawa aktif allicin. Selain itu, ada kandungan sulfur yang tinggi dan juga sumber yang baik dari arigin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tak hanya itu, sebab kamu menangis saat memotongnya ini disebabkan karena bawang putih mengandung senyawa organosulfur. Merupakan senyawa kimia yang bersifat antikarsinogenik dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Senyawa yang terdapat di dalam bawang putih dapat menghambat bakteri dan pembentukan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA dan menginduksi kematian sel. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mencegah tubuh terserang kanker, terutama kanker lambung.

Selain itu juga dapat mengurangi risiko kanker pancreas, usus besar, payudara, membantu proses detoksifikasi, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi tekanan darah.

3 dari 6 halaman

Jahe

Pada jahe segar banyak mengandung senyawa gingerol, sedangkan pada jahe kering banyak ditemukan senyawa zingeron. Keduanya merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan ati-peradangan.

Jahe dapat menangkal berbagai faktor pemicu kanker seperti radikal bebas serta menghambat pembentukan mediator inflamasi yang dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah.

4 dari 6 halaman

Lada Hitam

Lada hitam merupakan salah satu rempah yang biasanya ditambahkan pada masakan untuk mendapatkan sensasi pedas dan hangat. Rasa ini menandakan bahwa lada hitam memiliki kandungan zat aktif yang disebut piperin.

Piperin merupakan senyawa antioksidan yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel tumor, terutama tumor payudara tanpa merusak sel-sel tubuh yang masih sehat.

5 dari 6 halaman

Saffron

Saffron merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan untuk mengolah masakan Timur Tengah. Nah, untuk mendapatkan khasiat dari saffron sebagai pencegah kanker, kamu bisa mengonsumsinya dengan mencampurkannya dengan segelas susu.

6 dari 6 halaman

Oregano

Kalau oregano merupakan bumbu dapur yang biasa ditemukan di masakan Italia. Memiliki kandungan zat antioksidan di dalamnya, oregano dipercaya dapat memperlambat penyebaran kanker dan mematikan pertumbuhan sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *