Amien Rais Bilang Armageddon, Buya Syafii Tak Ingin Baratayuda

Jakarta – Politikus senior, Amien Rais kembali melontarkan pernyataan yang mengundang respons publik. Amien kali ini menyebut 17 April 2019 sebagai perang Baratayuda dan Armageddon.

Pernyataan itu dia sampaikan saat memberikan wejangan kepada sejumlah peserta Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII di Yogyakarta, Jumat (30/11/2018). Amien bicara soal pilpres yang sudah dekat dan sebentar lagi bakal ada Baratayuda atau Armageddon.

“Ini permainan memang tinggal empat setengah bulan lagi. (Tanggal) 17 April itu adalah pertaruhan yang terakhir apakah unsur-unsur PKI akan menang ataukah sebaliknya,” kata Amien Rais dalam video pertemuan yang menyebar di kalangan Muhammadiyah, Jumat (30/11/2018).

Bicara soal pilpres yang sudah dekat, Amien mendorong kader Pemuda Muhammadiyah yang hadir melakukan konsolidasi. “Ini pertarungan Baratayuda, Armageddon, sudah kurang dari empat setengah bulan. Jadi kita harus betul-betul konsolidasi,” ujar Amien memberikan arahan.

Sayang, Amien tak menyebut apa itu Baratayuda dan Armageddon yang dimaksud.

Apa yang disampaikan Amien itu seolah direspons oleh tokoh Muhammadiyah lain yakni Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii. Meskipun tak menyatakan langsung untuk merespons Amien, Buya Syafii juga menyinggung soal perang Baratayuda.

Hal itu diutarakan Buya Syafii kepada cawapres Sandiaga Uno. Dia menyampaikan nasihat kepada Sandiaga supaya tidak ada perang Baratayuda.

“Nggak perlu Perang Baratayuda,” ujar Buya Syafii usai bertemu Sandiaga di kediamannya, Perumahan Nogotirto Elok II, Gamping, Sleman, Minggu (2/12).

Sama seperti Amien, Buya Syafii juga tak menjelaskan soal perang Baratayuda itu. “(Baratayuda, Armageddon), itu bukan istilah saya, ndak usah dikomentari, udahlah,”

Dari Wikipedia, Armageddon dimaknai sebagai sebuah film fiksi ilmiah tentang akhir zaman. Film ini pernah meraih nominasi Academy Awards sebagai Film Bencana Terbaik pada 1998. Film ini disutradarai Michael Bay dan diproduseri Jerry Bruckheimer. Sederet bintang top jadi pemain utama film ini, seperti Bruce Willis, Ben Affleck, Liv Tyler, dan Billy Bob Thornton.

Nah, Baratayuda sendiri dimaknai sebuah perang besar di Kurukshetra antara keluarga Pandawa dan Kurawa. Perang ini merupakan klimaks dari kisah Mahabarata, yaitu sebuah wiracarita terkenal dari India.
(zak/aud)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *