Amerika Serikat dan Korea Selatan Tunda Latihan Militer, demi Korut?

Donald Trump mengatakan pada Selasa, 9 Oktober 2018, rencana bagi pertemuan berikutnya dengan Kim Jong-un sudah mencapai kemajuan.

Presiden ke-45 Amerika Serikat itu menyebut ada tiga atau empat lokasi yang sedang dipertimbangkan sebagai lokasi pertemuan terbaru antara dirinya dan pemimpin Korea Utara tersebut, kantor berita AFP melaporkan.

Namun, Donald Trump mengisyaratkan bahwa pertemuannya dan Kim Jong-un mungkin tidak akan digelar di Singapura, tempat pertemuan pertama antara kedua pemimpin terkait.

Menurut Trump, KTT kedua kemungkinan diadakan setelah pemilihan sela di Amerika pada 6 November nanti.

Tatap muka selanjutnya akan dibicarakanmengenai penghentian program nuklir Korea Utara dan perselisihan antara Washington dan Pyongyang. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Trump bicara tentang kemajuan luar biasa, memuji tidak adanya uji coba misil atau nuklir tahun ini, serta belum lama ini, pemulangan kerangka jenazah anggota militer Amerika yang tewas dalam perang Korea.

Seterusnya, Donald Trump mengatakan, “Kami mempunyai hubungan sangat baik dengan Pemimpin Kim, itu yang sangat penting. Saya suka padanya, dan ia suka pada saya, hubungan baik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *