Liverpool Baru Akan Menghadapi Pertanyaan-Pertanyaan Mendesak dari City

JakartaLiverpool masih memimpin Premier League setelah 23 pekan, dengan Manchester City menguntit. Di sisa musim, Liverpool diyakini akan menghadapi tekanan terbesar.

Liverpool memimpin Premier League dengan 60 poin dari 23 pekan. ‘Si Merah’ unggul empat poin dari City yang menempel di posisi kedua.

Selisih empat poin yang dipunya Liverpool atas City adalah bukti bahwa mereka sejauh ini amat konsisten. Hanya sekali kalah dari 23 pekan, tim besutan Juergen Klopp ini meraup 19 kemenangan tiga kali berimbang.

Sebagai perbandingan, City sudah tiga kali kalah dan meraih 18 kemenangan. Namun eks bek tim nasional Inggris Gary Neville menilai persaingan ini akan memasuki tahap berbeda mulai saat ini.

Dia percaya akan ada tekanan yang lebih terasa untuk Liverpool, sementara City akan mencoba memanfaatkannya. Fakta bahwa City punya pengalaman juara musim lalu menjadikan mereka di atas angin dibanding sang rival.

Yang bisa dinantikan adalah, bagaimana Liverpool menjawabnya.

“Emosi yang menyelubungi misi juara Liverpool, seperti yang kita lihat beberapa tahun lalu, akan muncul lagi. Ini klub besar, belum memenangi gelar selama lebih dari 25 tahun dan itu berarti sangat besar, Juergen Klopp juga mendatangkan gairah tersendiri, momennya akan tiba di mana segala sesuatunya terbangun,” kata Neville dikutip Sky Sports.

“Saya mewawancarai Klopp beberapa pekan lalu dan dia meredam pembicaraan soal gelar. Tapi dia sudah pernah ada di situasi ini sebelumnya dengan Dortmund. Sementara banyak pemain Liverpool belum mengalami ini, banyak yang belum merasakan persaingan gelar dengan Liverpool.”

“City akan mau memainkan pengalaman dan ketenangan mereka, itu memang berguna. Tapi Anda harus ada di titik itu, sangat dekat dengan Liverpool. Dan City akan mau memastikan masuk April dan Mei, di enam atau tujuh laga terakhir, dengan Liverpool merasakan tekanan maksimal, yang artinya sejajar atau tepat di depan,” imbuhnya.
(raw/cas)


Harga Oppo F1s Plus Terbaru Lengkap dengan Spesifikasinya

Liputan6.com, Jakarta Oppo menjadi salah satu brand smartphone yang menjadi incaran banyak orang. Oppo pun terus mengeluarkan variasi terbaru dari smartphone ini dan selalu laris di pasaran.

Salah satu produk andalan vendor asal China ini adalah Oppo F1s Plus. Menariknya, meski harga Oppo F1s Plus cukup dijangkau oleh kalangan menengah, akan tetapi kualitas yang ditawarkan mampu bersaing dengan smartphone yang memiliki harga diatasnya.

Ponsel jenis ini merupakan generasi penurus dari Oppo F1s sebelumnya. Menjadi ponsel lanjutan dari Oppo F1s, Oppo F1s Plus ini tentu saja menawarkan kualitas yang lebih mumpuni dibandingkan dengan Oppo F1s.

Harga Oppo F1s Plus terbaru ini pun sebanding dengan spesifikasi yang diberikan, bahkan cenderung lebih baik dan tak menguras kantong. Seperti series sebelumnya dimana Oppo memang terfokuskan pada pecinta selfie, tentu saja kamera dari Oppo F1s plus ini juga menjadi daya tariknya.

Nah, berikut ini Liputan6.com ulas spesifikasi unggulan Oppo F1s Plus berserta harganya seperti dirankum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019).

2 dari 5 halaman

Spesifikasi serba canggih

Oppo F1s Plus ini memiliki spesifikasi yang sangat menarik. Ponsel pintar ini dibekali dengan RAM 4GB dan juga penyimpanan internal sebesar 64 GB. Smartphone milik Oppo ini juga dilengkapi dengan prosesor Mediatek MT6755 dengan Octa-core 1.5GHz Cortex-A53 yang membuat kinerja dari smartphone ini sangat amat baik dan tak perlu diragukan. Spesifikasi ini tentu akan sangat memanjakanmu dalam menonton video serta bermain game ataupun berselancar di media sosial.

Oppo F1s plus memiliki layar sebesar 5.5 inch dengan IPS LCD Capactive. Ponsel ini pun telah memiliki kualitas full HD yang membuat kamu lebih puas untuk menonton, serta dilengkapi pula dnegan Gorilla Glass 4,25D Screen. Pelindung layar ini tentu akan membuat ponselmu aman dari benturan ataupun bila terjatuh. Material yang digunakan adalah full metal yang membuat wajah ponsel ini sangat menarik.

Dibekali sistem koneksi terkini

Sistem operasi pada Oppo F1s Plus ini telah menggunakan OS v5.1 (Lollipop). Ponsel ini juga memiliki Dual SIM card. Hal ini tentunya kan semakin memudahkanmu dalam berhubungan dengan orang terdekat. Smartphone ini juga telah terkoneksi dengan jaringan internet 4G LTE yang mampu dengan cepat membantu kamu untuk menjelajah media sosial dan berbagai website. Apabila kamu berada di lokasi yang tidak terjangkau jaringan 4G, kamu tak perlu khawatir, karena Oppo F1s Plus ini dilengkapi pula dengan jaringan 3G HSDPA, HSPA plus, EDGE, dan GPRS.

3 dari 5 halaman

Teknologi kamera yang mumpuni

Selain itu tentu saja sebagai smartphone selfie, ponsel ini memiliki kamera depan dengan ukuran 16 MP. Hal ini tentu membuat kualitas gambar yang dihasilkan sangat bagus. Selain itu, kamera depan milik Oppo F1s Plus ini juga dilengkapi dengan screen flash. Sehingga kamu bisa mengambil selfie ditempat yang minim cahaya sekalipun. Fitur kamera beauty 4.0 juga terdapat di ponsel Oppo ini.

Dengan kualitas kamera depan yang sangat mumpuni, kualitas kamera belakang pada ponsel ini pun tak kalah menarik. Dilengkapi dengan kamera berukuran 13 MP serta beberapa fitur canggih membuat hasil bidikan yang kamu lakukan sangat baik. Fitur yang ada pada kamera belakang juga beragam mulai dari Geo-Tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, autofocus, continuous shooting serta Dual LED dan fitur lainnya dapat membuat kamu bereksplorasi dengan hasil fotomu. Selain itu kualitas untuk merekam video di Oppo F1s Plus ini mencapai 1080 pixel atau full HD. Dengan kamera dan fitur yang ditawarkan tentunya harga Oppo F1s Plus ini pun sebanding.

4 dari 5 halaman

Fitur pendukung untuk keamanan

Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh Oppo ini tentu membuat kamu membutuhkan baterai dengan daya kapasitas yang tinggi. Oppo F1s Plus ini memiliki daya baterai mencapai 3075 mAh yang mampu untuk mensuplay daya dengan spesifikasi tersebut. Oppo F1s Plus ini memiliki tipe baterai Non-removable atau baterai tanam.

Sensor-sensor yang terdapat pada Oppo F1s Plus ini antara lain sensor fingerprint. Sensor ini termasuk dalam metode keamanan yang dimiliki oleh smartphone Oppo ini. Hal ini membuat ponsel kamu tak bisa dibuka oleh orang lain. Menariknya lagi, ponsel ini mampu diaktifkan dengan sensor tersebut hanya dengan waktu 0.22 detik. Letak dari sensor ini berada di tombol home bagian depan ponsel, jadi kamu mudah untuk mengaktifkan ponselmu. Selain sensor sidik jari, Oppo F1s Plus ini juga memiliki sensor accelerometer, kompas serta proximity yang akan memudahkan dalam pengoperasiannya.

Oppo F1s Plus ini juga dilengkapi dengan active noise cancellation with deicated mic yang berguna untuk menghilangkan derau suara yang tidak diinginkan. Serta dilengkapi pula dengan MP3/ WAV/ FLAC / eAAC+ player yang akan membantu kamu dalam mengaktifkan audio maupun video. Ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan photo serta video editor serta tampilan untuk melihat dokumen yang kamu miliki.

5 dari 5 halaman

Harga Oppo F1s Plus

Harga Oppo F1s Plus yang ditawarkan pun sesuai dengan fitur-fitur yang dimiliki. Sebagai ponsel pintar yang dikhususkan untuk kelas menengah dan seseorang yang gemar berfoto tentu harga Oppo F1s Plus ini sepadan. Harga oppo F1s Plus ini tak jauh berbeda dengan ponsel pintar dari brand lainnya. Ponsel yang memiliki 3 varian warna yaitu Rose Gold, Gold dan Gray ini ditawarkan mulai dari kisaran Rp 3,3 Juta untuk ponsel terbaru. Tantunya harga Oppo F1s Plus terbaru ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mencari sebuah ponsel anyar.


Reporter: Novita Ayuningtyas

Mana Simbol Paling Menarik? Pilihanmu Ungkap Kepribadian

Liputan6.com, Jakarta – Setiap orang memiliki pilihan sendiri terhadap sesuatu. Sepakat atau tidak, pilihan tersebut di bawah pengaruh alam bawah sadar yang justru menunjukkan seperti apa sosok seseorang.

Tak percaya? Coba cek tes kepribadian berikut ini yang dapat menunjukkan kamu orang yang seperti apa.

Caranya sangat mudah. Cukup pilih satu dari 6 simbol di atas. Berikut penjelasannya.

1. Si Ceria

Kamu menyukai cuaca yang hangat dan sejuk. Kamu suka bepergian ke pantai dan tahu cara untuk bersantai dan tetap tenang jika dihadapkan dengan situasi yang kacau. Kepribadianmu yang hangat dan menyenangkan membuat orang-orang suka berada di sekitarmu.

2. Si Penyayang

Sosokmu terkenal sebagai seseorang yang perhatian, peduli, suka menolong, dan peka. Kamu adalah pribadi yang menyukai hidup sehat, aktivitas di luar seperti mendaki gunung, kemping, dan lainnya. Kamu juga suka bersantai sambil membaca buku bacaan yang bagus.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

3. Si Tangguh

Kalem dan terkendali membuat sosokmu terlihat galak, tangguh, dan jauh dari kata manja. Seleramu soal gaya berpakaian cukup bagus. Bahkan, dalam mendesain rumah pun kamu lebih suka melakukannya sendiri. Di sisi lain, kamu lebih suka memiliki kucing sebagai hewan peliharaan karena sifat mereka yang kalem.

4. Si Menyenangkan

Sikapmu membuat suasana seru dan menyenangkan. Aksimu yang tak terduga dan penuh kejutan membuat orang-orang selalu menantikan kehadiranmu. Meski kamu dikenal sebagai sosok yang mudah berrteman, kamu terkadang merasa canggung saat berada di dekat orang baru.

3 dari 3 halaman

5. Si Rasional

Kamu memiliki sifat yang bijaksana dan rasional dalam berpikir. Sebagai pemikir yang logis, tak heran banyak orang mencarimu untuk dimintai nasihat. Meski kadang khawatir cara berpikirmu yang logis dianggap membosankan, nyatanya hal tersebut yang justru menjadi kelebihanmu. Kamu juga lebih menyukai anjing daripada kucing karena sifat mereka yang loyal.

6. Si Serius

Pemikiranmu mendalam, perasaanmu kuat dan tajam. Kamu amat tertarik dengan isu politik dan sosial. Memiliki pendirian yang kuat dan setia membuat kamu dekat dengan teman-temanmu. Mereka bahkan telah menganggapmu seperti keluarga sendiri.

Sumber: Fimela.com

Apa yang Menyebabkan Pencairan Es di Antartika Terus Meningkat Sejak 1979?

Liputan6.com, Antarktika – Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences pada Senin, 14 Januari 2019 mengungkap sebuah temuan baru. Dalam laporannya, disebutkan bahwa Antartika kehilangan es enam kali lebih banyak setiap tahunnya, bila dibandingkan dengan 40 tahun lalu.

Akselerasi pencairan es Antartika, yang sebagian besar terkait dengan perubahan iklim antropogenik, telah menyebabkan permukaan laut global naik lebih dari setengah inci sejak 1979.

“Itu baru disebabkan oleh puncak gunung es-nya,” kata penulis utama riset ini, Eric Rignot, yang juga merupakan ilmuwan di NASA dan profesor di UC Irvine.

“Ketika lapisan es Antartika terus mencair, kami memperkirakan permukaan air laut di dunia akan naik bermeter-meter pada abad-abad mendatang,” imbuhnya, sebagaimana dikutip dari Forbes, Minggu (20/1/2019).

Rignot dan rekan-rekannya menghitung laju tahunan hilangnya es Antartika dari 1979 hingga 2017 menggunakan beberapa bukti pengamatan, termasuk program Landsat (Landsat program) gagasan NASA.

Konstelasi satelit pengamat Bumi ini diluncurkan pertama kali pada 23 Juli 1972. Misi tersebut memungkinkan tim peneiti untuk mengamati “ruang hampa di bawah lapisan es” dari 176 cekungan Antartika selama empat dekade.

Citra udara yang dihasilkan dari Operation IceBridge milik NASA, yang telah menerbangkan pesawat penelitian di benua yang berada di Kutub Selatan ini sejak 2009, juga membantu para peneliti memperkirakan hujan salju tahunan, erosi angin, ketebalan lapisan es, dan tingkat pembuangan gletser dengan akurasi tinggi.

Dengan menyisir seluruh data tesebut, tim menemukan bahwa Antartika telah melepaskan lebih banyak es secara signifikan ke lautan setiap dekade (10 tahun).

Selama 1980-an, misalnya, es di Antartika mencair rata-rata sekitar 40 gigaton per tahun. Dari 2009 hingga 2017, jumlah itu meningkat sampai 252 gigaton.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Perubahan Iklim?

Selama dekade terakhir, sekitar 63 persen dari total kehilangan es di Antartika berasal dari Antartika Barat.

Antartika Timur membentuk 20 persen dari total kehilangan, sedangkan Semenanjung Antartika bertanggung jawab atas 17 persen sisanya.

Pendorong terbesar hilangnya es tersebut adalah circumpolar deep water (CDW), yakni massa air yang amat asin dan hangat, yang didorong di bawah es yang mengambang oleh arus barat kutub yang lebih kuat.

Air ini dengan cepat mencairkan lapisan es dan gletser dari bawah permukaan, dan diperkirakan akan terus memperburuk pencairan es di benua itu.

“Hubungan antara perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia dan hilangnya es Antartika, itu rumit. Emisi gas rumah kaca dan penipisan ozon terkait dengan pergeseran kutub barat, terlihat selama setengah abad terakhir. Perubahan itu telah mengekspos bongkahan-bongkahan es Antartika yang lebih rentan terhadap CDW,” ucap Rignot.

HEADLINE: DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Siapa Diuntungkan?

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK RI Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Dengan adanya aturan ini, konsumen yang ingin membeli kendaraan bermotor tidak perlu menyiapkan uang muka.

Aturan baru ini menimbulkan perdebatan. Ada yang setuju, namun banyak juga yang menyatakan ketidaksetujuannya. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan terang-terangan menyatakan tidak setuju dengan adanya aturan baru ini.

Keduanya kompak menyebut jika aturan DP 0 persen pada kredit kendaraan bermotor merupakan sebuah kebijakan yang berisiko tinggi. JK mengatakan bahwa kebijakan tersebut memiliki risiko besar lantaran bisa mendorong tumbuhnya bisnis debt collector yang kadang melakukan penagihan yang tidak manusiawi.

“Kalau DP 0 persen itu kreditnya bisa macet dan itu high risk. Kalau terjadi high risk itu nanti yang bekerja debt collector,” tutur dia.‎

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun senada. Ia sebenarnya kurang sepakat dengan aturan tersebut. Sebab, DP 0 persen ini mengancam keberlangsungan industri pembiayaan barang modal atau leasing.

“Saya termasuk yang enggak setuju. Karena apa? karena ini menimbulkan risk. Risiko bagi industri leasing itu sendiri, termasuk mobilnya,” ungkap dia.

Oleh karenanya, dia berpendapat uang muka seharusnya tetap diadakan dalam proses kredit pembelian kendaraan bermotor. “Jadi lebih baik mereka harus punya tanggung jawab. Di depan itu ada uang muka,” ujar Budi.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun juga tak setuju. Bahkan Lembaga tersebut mendesak OJK untuk membatalkan aturan DP 0 persen untuk mobil dan sepeda motor. Bila permintaan ini tak digubris, maka mereka akan melakukan uji materi ke Mahkamah Agung (MA).

Sekretaris Pengurus Harian YLKI, Agus Suyatno, mengatakan bahwa YLKI memiliki beberapa catatan kritis mengenai kebijakan baru dari OJK ini. Salah satunya DP 0 persen dinilai akan memicu kemiskinan baru bagi rumah tangga miskin.

YLKI menyatakan, sejak booming 10 tahun terakhir kredit sepeda motor, rumah tangga miskin yang terjerat iming-iming kredit sepeda motor murah, sangat masif.

“Akibatnya, banyak sekali rumah tangga miskin yang semakin miskin karena pendapatannya tersedot untuk mencicil kredit sepeda motor, atau bahkan mengalami kredit macet (gagal bayar).” kata dia.


2 dari 5 halaman

Langsung Ditepis

Namun semua ketakutan tersebut langsung ditepis oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. Menurutnya, kebijakan DP 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor dapat menyehatkan kinerja perusahaan pembiayaan. Selain itu, kebijakan ini juga guna mendorong pertumbuhan industri pembiayaan dan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi.

Dia menegaskan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah (Non Performing Financing/NPF) di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan motor dan mobil tanpa uang muka.

“Jadi yang betul-betul sehat dan NPF harus di bawah 1 persen. Artinya kita memancing, tolong NPF diturunkan sehingga perusahaan itu sehat dan nanti bisa memberikan DP 0 persen,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sependapat dengan Wimboh. Menurutnya penerbitan aturan ini dapat mendorong permintaan kredit. Namun, aturan ini tak akan berdampak banyak terhadap kenaikan permintaan kredit.

“Ada juga dampaknya, tapi ya tidak besar-besar amat juga. Karena selama ini kredit pakai lembaga finance company itu juga sudah banyak yang tidak pakai DP. Dari dulu sudah lama. Ada lah dampaknya tidak banyak,” ujar Darmin.

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit menilai, adanya aturan tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan pembiayaan sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dia melihat setidaknya ada dua upaya yang hendak dicapai pemerintah lewat aturan DP kendaraan 0 persen ini. Pertama, yakni menggiatkan usaha di sektor otomotif serta memperbaiki perusahaan pembiayaan (leasing) non-bank.

“Dengan aturan ini bisa membuat otomotif bertumbuh. Selain itu juga menumbuhkan perusahaan pembiayaan non bank untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah dalam proses transaksi,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Adapun lewat aturan DP 0 persen kredit kendaraan ini, OJK mensyaratkan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan.

Lebih lanjut, Pengajar Departemen Teknik Sipil UGM ini menyatakan, POJK Nomor 35/2018 ini juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi negara, khususnya di bidang industri transportasi.

Kendati memiliki beberapa keunggulan, ia coba memperingatkan, aturan DP 0 persen ini sebaliknya juga dapat membuat kepadatan lalu lintas semakin besar akibat penjualan mobil dan motor yang dipermudah.

“Kebijakan ini memang bisa mengembangkan industri transportasi, tapi bakal jadi kemacetan yang membesar. Kementerian Keuangan dan pihak terkait seharusnya membuat relaksasi kebijakan dan memperhatikan hal ini,” tutur dia. 

3 dari 5 halaman

Industri Otomotif Bakal Ketiban Untung?

Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, penerapan DP nol persen tidak terlalu besar pengaruhnya dalam peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia. Pasalnya, perusahaan pembiayaan pastinya tetap akan mengendepankan kewaspadaan dalam menerapkan aturan DP nol persen tersebut.

“DP nol persen yang dicanangkan OJK rasanya masih oke, selama dijalankan dengan betul. Jadi, yang disebut dijalankan dengan betul, bahwa tidak bisa diberlakukan secara umum,” jelas Nangoi saat dihubungi Liputan6.com.

Setali tiga uang, Presiden Direktur FIF Group, Margono Tanuwijaya menyatakan hal yang sama. Aturan ini dianggap memudahkan perusahaan pembiayaan meraih konsumen baru.

“Kita menyingkapi positif DP nol persen karena menambah fleksibilitas kita, menambah option buat konsumen,” ujarnya Liputan6.com.

FIF menganggap aturan yang dikeluarkan OKJ sudah tepat mendorong peningkatan penjualan. “DP nol persen itu tidak untuk semua finance company, tapi yang NPL-nya di bawah 1 persen. Jadi, hanya beberapa perusahaan pembiayaan saja ,” tambah dia.

Di luar nada positif yang dilontarkan pelaku bisnis otomotif, tercetus kehati-hatian yang wajib diwaspadai semua kalangan. Aturan DP nol persen tetap tidak bisa dilakukan sembarangan.

Menurut Nangoi, aturan ini hanya bisa diberlakukan salah satunya kepada pelanggan-pelangan lama, fleet user yang memang perusahaannya sudah dikenal secara baik oleh perusahaan pembiayaan, atau pelanggan yang memang saat dilakukan survei kepemilikan kendaraan memenuhi kriteria baik dari segi pendapatan, dan juga yang memiliki rekam jejak pembayaran yang bagus.

Semuanya tidak ingin hal buruk terjadi di tengah jalan. Efeknya bisa panjang. “Jika konsumen membeli kendaraan dengan DP mudah, dan di tengah jalan berhenti, maka akan banyak mobil yang ditarik. Ujungnya, mobil dilelang di pasar mobil bekas dan mengakibatkan mobil bekas jatuh harganya. Ini memukul juga (harga) mobil baru,” terangnya. Efek terburuk pada lembaga pembiayaan, NPF atau kredit macet naik.

Mengatasi persoalan yang mungkin terjadi, FIF yang dominan mengurusi pembiayaan sepeda motor Honda ini tetap melakukan seleksi ketat untuk calon konsumennya. “Kami akan menjual sepeda motor dengan DP nol persen sesuai kebutuhan,” ujar Margono.

FIF Group akan menjalankan program ini dengan kehati-hatian dan terdata. “Tetap akan dievaluasi, jangan sampai NPF dari FIF Group yang sudah bagus, performanya menjadi jelek.” lanjut dia.

Proses administrasi standar tetap dilakukan. Calon konsumen harus melengkapi data diri termasuk menyerahkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan (SKP) sebelum pihak lembaga pembiayaan melakukan survei terkait tempat tinggal dan tempat kerja.

Hal tersebut berguna untuk mempertahankan NPF FIF Group sendiri untuk tetap dalam kategori sehat. Sesuai kriteria OJK dengan konsumen yang menunggak pembayaran selama 90 hari, NPF FIF saat ini sebesar 0,67 persen.

Sebenarnya ada hal yang lebih menarik bagi konsumen dibanding pemberian DP nol persen. “Kalau konsumen (sebenarnya) tidak mengharapkan DP nol persen, tapi lebih kepada angsuran murah,” ungkap Margono.

Apalagi kalau produk yang diincar punya klasifikasi high end. “Untuk produk-produk tertentu, misalkan produk yang high-end, yang segmennya menegah ke atas, kan bukan masalah DP tapi masalahnya interest rate,” kata Margono mengakhiri pembicaraan.

4 dari 5 halaman

Rincian Aturan

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2 B OJK, Bambang W. Budiawan, menjelaskan mengenai rincian aturan DP 0 persen tersebut. Ia menjelaskan bahwa beleid baru itu tidak bisa dilakukan semua perusahaan pembiayaan. Ada berbagai persyaratan tergantung Tingkat Kesehatan Keuangan dan nilai Rasio Non Performing Financing

Syaratnya mulai dari, perusahaan pembiayaan tersebut harus memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 1 persen.

“Perusahaan ini yang wajib menerapkan ketentuan uang muka nol persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna,” kata dia.

Dengan adanya persyaratan tersebut diharapkan kebijakan DP 0 persen tidak hanya menumbuhkan kredit konsumtif melainkan kredit yang bersifat produktif. Misalnya kredit kendaraan multiguna seperti kendaraan umum atau kendaraan pengangkut logistik.

Sebagai informasi, kualitas piutang pembiayaan bermasalah NPF Neto adalah piutang pembiayaan yang terdiri dari piutang pembiayaan dengan kualitas kurang lancar, diragukan, dan macet. Ini setelah dikurangi cadangan penyisihan penghapusan piutang pembiayaan untuk piutang pembiayaan yang terdiri dari piutang pembiayaan dengan kualitas kurang lancar, diragukan, dan macet.

Ketentuan uang muka nol persen ini juga hanya diberikan untuk calon debitur yang memiliki profil risiko sangat baik. “Misalnya ngambil angkot 5 unit terus nambah trayek ngambil lagi. Kalau (pembayarannya) bagus masa bisa dikasih DP 0 persen,” ujar dia.

Sementara itu, untuk perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 1 persen dan lebih rendah atau sama dengan 3 persen, wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 10 persen dari harga jual kendaraan.

Ini untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Bagi perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 3 persen dan lebih rendah atau sama dengan 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 15 persen dari harga jual kendaraan.

Ini untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Kemudian, untuk perusahaan pembiayaan yang tidak memenuhi Tingkat Kesehatan Keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 15 persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan.

Ini untuk kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Khusus untuk perusahaan pembiayaan yang mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 20 persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Ketentuan DP nol persen ini juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan alternatif transportasi yang sesuai kemampuannya.

Bambang menyebutkan baru 46 persen dari total 188 perusahaan pembiayaan (multifinance) yang memenuhi syarat untuk menerapkan DP nol persen‎ te‎rsebut. Artinya, hanya 86 perusahaan yang dapat memberikan DP nol persen kepada nasabahnya.

“Sekitar 46 persen perusahaan multifinance, ini harus NPF di bawah 1 persen,” kata Bambang.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Enda Ungu Mengaku Pernah Ingin Setop Bermusik

Liputan6.com, Jakarta – Franco Wellyjat Medjaya Kusumah atau yang lebih dikenal dengan Enda Ungu, sempat merasakan ketidakinginannya lagi untuk bermain musik. Pria yang memulai karier bermusiknya sebagai gitaris Ungu sejak 2001 itu, mengungkapkannya melalui akun Instagram pada Rabu (16/1/2019).

Enda Ungu mengunggah foto 10 tahun lalu ketika sedang bersama mendiang ayahnya, Medjaja S Kusumah. Pada foto berikutnya, menggambarkan saat dirinya sedang berziarah ke makam sang ayah.

Pada keterangan fotonya, Enda Ungu menyampaikan hasil dari curahan hatinya kepada Makki, bassis sekaligus pendiri band Ungu.

Tadi malam abis ngobrol lama di studio abang gue…Gue tanya ama dia mak, kenapa sekarang gue biasa aja yaah.. menyikapi hidup ini… yang penting cukup.. uda ga usah berlebihan…. gue males lagi berdebat… dengan orang2 yang berbeda dengan gue.. bahkan gue hampir di masa gue ga kepengen lagi main musik…. ga kaya dulu….,” tulis Enda Ungu pada keterangan fotonya.

2 dari 4 halaman

Memberi Kesan Mendalam

Di kalimat selanjutnya, gitaris Ungu itu menyampaikan bahwa jawaban yang diberikan oleh Makki Ungu memberi kesan yang sangat mendalam di hatinya.

Dia cuman menjawab.. karena lu sudah pernah merasakan menguburkan bapakmu… semua akan baik setelah kau merasakan kehilangan yang amat mendalam dalam hidupmu….. .Itulah abang gue @makki_parikesit simpel jawabannya…tapi menusuk hatiii yang paling dalam,” ujar Enda melanjutkan.

Membaca keterangan tersebut, sejumlah warganet pun mendoakan agar Enda Ungu segera mendalami ajaran agama yang dianutnya.

3 dari 4 halaman

Panggilan Hati

Itu saatnya anda berhijrah.. Itu panggilan hati.. Allah lagi rindu,” tulis pemilik akun @arga_nasution210.

Semoga Allah beri hidayah pada jalan yg haq yaitu jalannya Rasul dan para sahabat yaitu manhaj salaf bang,” kata pemilik akun @agusstiawan5.

Semua ada masa nya.. masa di mana Allah memberi sinyal Hidayah. Ambil lah bang bro.. sdh saatnya fokus ke negeri akhirat.. jazakaallah khairan….,” tulis @akunone_moto.

MasyaAllah… Semoga semakin dekat dg Allah. Setiap aktivitasnya dalam rangka mencari ridho Allah bang @mr_enda_ungu . Aamiin…,” tulis @taradisya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Meninggalnya Sang Ayah

Diketahui, ayah Enda Ungu, Medjaja S Kusumah, meninggal dunia pada Kamis (8/3/2018) akibat penyakit komplikasi diabetes dan lambung kronis yang dideritanya.

Jakarta dan 4 Kota Lain di Dunia yang Layak Dipantau pada 2019

Jakarta

Berbagai tren telah mengubah wajah dunia selama lebih dari satu abad terakhir. Perubahannya begitu dramatis seperti halnya urbanisasi.

Pada 1900, hanya ada 16 kota dengan lebih dari satu juta penduduk. Namun, kini separuh lebih populasi dunia bermukim di daerah perkotaan, menurut lembaga kajian the Brookings Institution.

Dari semua kota di dunia, sebanyak 300 di antaranya mendorong hampir setengah dari perekonomian global.

Karena itu, boleh dibilang kota menjadi kunci pendorong ekonomi dan pada saat yang sama terus berkembang. Jadi, kota mana yang perubahannya paling signifikan pada 2019?

Bangalore: Perkembangan ekonomi tercepat

Menentukan kota mana yang perekonomiannya akan tumbuh tercepat ternyata susah-gampang. Pasalnya kerap ada satu atau dua komponen utama yang secara statistik tergolong anomali.

Global Metro Monitor yang disusun lembaga kajian The Brookings Institution menempatkan Dublin pada peringkat atas. Itu karena di atas kertas banyak perusahaan yang berada di sana, termasuk bank, alih-alih aktivitas perekonomian lokal.

Oxford Economics mengatakan Tripoli setidaknya berdasarkan teori merupakan ekonomi paling cepat berkembang pada 2019. Meski demikian, risiko di Tripoli cukup tinggi karena keadaan keamanan Libia yang tegang.

Lalu kota mana yang pertumbuhannya paling signifikan, dapat dihitung, dan berkesinambungan?

“Dalam berbagai konteks, Bangalore di India merupakan kota tersebut. Pertumbuhan kota itu amat mungkin yang paling cepat. Kami memprediksi pertumbuhan PDB Bangalore mencapai 10,5% pada 2019, itu pun setelah penyesuaian inflasi,” kata Richard Holt, kepala Riset Kota-Kota Global dari lembaga Oxford Economics.

‘Lebih banyak pekerjaan, gaji makin tinggi’

Versi Silicon Valley di India adalah tempat perusahaan-perusahaan teknologi terbesar setempat bermarkas.

Banyak perusahaan multinasional juga berkantor di sana guna memanfaatkan gabungan pengetahuan teknis dan efisiensi biaya.

Bangalore juga tergolong bagus dalam sektor manufaktur yang bertumbuh pesat, termasuk bioteknologi dan antariksa.

Kota ini sudah lama menjadi pusat utama pertumbuhan India, namun kiprahnya boleh jadi lebih dahsyat pada tahun ini.

“Secara keseluruhan hasilnya adalah lebih banyak pekerjaan dan gaji lebih besar. Konsekuensinya belanja konsumen di kota dapat meningkat 10% atau lebih dalam konteks sebenarnya pada 2019,” jelas Holt.

“Sebagian besar belanja itu akan kembali berputar mendorong ekonomi kota tersebut. Dan, meskipun biaya naik yang pada akhirnya bisa membahayakan siklus ini, itu mungkin terjadi dalam beberapa tahun atau dekade-dekade mendatang,” tutup Holt.

Zhongshan: Untung atau rugi?

Pada Desember 2018, Amerika Serikat dan Cina sepakat menggelar ‘gencatan senjata’ selama 90 hari dalam ‘perang dagang’ agar perundingan bisa meredam aksi saling balas bea masuk yang terjadi beberapa kali selama tahun lalu.

Kalaupun perundingan itu menghasilkan kemajuan sepertinya AS sudah menerapkan bea masuk terhadap barang-barang Cina senilai US$250 miliar atau sekitar Rp3.500 triliun sejak Juli 2018.

Adapun Cina membalas dengan menerapkan bea masuk terhadap produk-produk AS senilai US$110 miliar atau Rp1.500 triliun.

Basis-basis manufaktur untuk ekspor di sepanjang pesisir Cina amat mungkin menjadi kawasan-kawasan yang benar-benar merasakan dampaknya ketika produk mereka menjadi lebih mahal untuk konsumen AS. Itu termasuk Zhongshan, kata Deborah Elms selaku direktur eksekutif Asian Trade Centre.

‘Barometer yang penting’

Zhongshan terletak dekat perbatasan Makau, di Provinsi Guangdong, yang merupakan pusat manufaktur dan teknologi Cina.

Seluruh Provinsi Guangdong, dengan penduduk lebih dari 100 juta orang, akan sangat merasakan dampak ketegangan AS-Cina terutama pada perdagangan dan investasi asing.

Sebuah survei Kamar Dagang AS mengindikasikan sebanyak 70% perusahaan AS yang beroperasi di Guangdong menunda investasi atau bahkan mempertimbangkan angkat kaki. Lalu mengapa Zhongshan penting?

“Lebih dari 70% dari ekspor mereka ke AS kini terkena bea masuk. Mereka mengekspor mesin-mesin, yang merupakan kategori produk terbesar yang dikirim dari Cina ke AS sehingga kota itu menjadi barometer penting terkait sengketa dagang pada 2019,” kata Elms.

londonLondon bakal menghadapi momen bersejarah terkait Brexit. (Getty Images)

London: Ketidakpastian Brexit

London adalah kota terbesar di Eropa dan menghasilkan lebih dari seperlima ekonomi Inggris. Namun, tak perlu diragukan lagi, London menghadapi tahun sulit dan transformatif selagi Inggris berupaya memfinalkan perundingan keluar dari Uni Eropa alias Brexit.

Dalam pidato tahun barunya, Perdana Menteri Theresa May mengatakan Inggris bisa “melewati tahap kritis” jika parlemen menyetujui kesepakatan Brexit yang diupayakannya. Namun, beberapa bulan sebelum tenggat 29 Maret, tidak bisa dipastikan dia bisa mengamankan kesepakatan.

Memasuki Brexit tanpa kesepakatan atau referendum kedua juga bisa saja terjadi.

Peluang baru?

Sebagian besar pakar sepakat bahwa ketidakpastian tidak membantu. Mata uang poundsterling menderita dan pasar properti di London kurang bergairah. Bank Sentral Inggris memperingatkan akan ada resesi jika Inggris memasuki Brexit tanpa kesepakatan khusus.

Bank sentral juga sebelumnya memprediksi 75.000 pekerjaan terkait sektor keuangan bisa lenyap akibat Brexit dan 5.000 di antaranya berasal dari pusat keuangan London.

Di lain pihak, Kota Frankfurt di Jerman diperkirakan bisa menyediakan 10.000 pekerjaan di sektor keuangan bersama 800 miliar euro dalam bentuk aset. Kemudian beberapa perusahaan multinasional mengatakan bakal memindahkan kantor pusat mereka ke luar negeri.

Akan tetapi para pendukung Brexit menepis dugaan itu. Mereka meyakini kekhawatiran soal Brexit terlalu dibesar-besarkan dan Brexit justru akan memungkinkan Inggris untuk berkiprah di jalur ekonomi yang baru. Tahun ini kita bisa tahu siapa yang benar.

beijingBandara Internasional Daxing di Beijing akan mampu menampung 100 juta penampung setahun. (Getty Images)

Beijing: Melesat ke angkasa

Asosiasi Transportasi Udara Internasional mengestimasi Cina akan mengambil alih Amerika Serikat sebagai pasar penerbangan terbesar di dunia pada 2022. Tahun ini Beijing akan menempuh langkah besar menuju target itu.

Kira-kira pada September mendatang, Bandara Internasional Daxing akan dibuka. Tempat itu luar biasa besar.

Sedemikian besarnya, bandara tersebut akan mampu menampung 100 juta penumpang setahun saat beroperasi penuh. Dampaknya pun besar.

Ellis Taylor selaku editor keuangan Asia pada FlightGlobal, mengatakan Bandara Internasional Daxing akan memicu persaingan sengit di pasar domestik lantaran maskapai China Southern dan China Eastern akan mampu mengambil kue yang selama ini didominasi Air China.

beijingBeijing diprediksi akan menjadi pusat penerbangan yang semakin penting. (Getty Images)

Menjelajah jalur baru

Jika Anda bepergian ke Asia, atau mungkin dari Asia ke Amerika Serikat, Anda mungkin akan transit di Beijing.

Bandara baru ini punya potensi membentuk ulang peta penerbangan internasional mengingat Beijing akan menjadi pusat penerbangan yang semakin penting.

“Mungkin saja ada lebih banyak orang transit di kedua bandara Beijing. Maskapai-maskapai itu akan menggunakan posisi yang lebih baik dari segi ongkos untuk menurunkan tarif dalam menghubungkan penerbangan jarak jauh,” kata Taylor.

jakartaDinding laut dibuat di Jakarta untuk menahan gelombang air pasang. (Getty Images)

Jakarta: Terbenam atau berenang?

Jakarta punya predikat memalukan sebagai kota yang amat mungkin paling cepat tenggelam pada 2019.

“Jakarta punya banyak faktor yang muncul pada saat bersamaan baik itu faktor alam atau buatan manusia. Akibatnya kota itu sangat rentan pada naiknya permukaan air laut,” kata Dr Katherine Kramer, pemimpin lembaga Climate Change for Christian Aid, yang menulis laporan soal kota-kota yang tenggelam tahun ini.

Ibu kota Indonesia ini berada di dataran rendah, di pesisir, dan sebagian besar dibangun di atas rawa-rawa.

Namun masalah yang paling mendesak adalah penggunaan air tanah oleh penduduk setempat yang menyedotnya dari sumber air bawah tanah. Infrastruktur air yang buruk membuat alternatif solusinya sedikit.

Ketika air muncul, tanah di bawahnya terbenam. Kawasan utara Jakarta terbenam 2,5 meter dalam 10 tahun dan di beberapa kawasan terbenam 25cm setahun.

‘Rentan’

Perubahan iklim menambah tantangan kota Jakarta.

“Jakarta juga rentan pada kejadian berkala yang semakin sering dan parah akibat perubahan iklim, seperti banjir dan badai. Perubahan intensitas dan pola curah hujan yang disebabkan suhu permukaan yang menghangat juga membuat risiko cuaca ekstrem lebih besar,” pungkas Kramer.

Artikel ini dapat dibaca dalam versi bahasa Inggris pada laman BBC Capital dengan judul Five Cities to Watch in 2019

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi, Bisa Jadi Status Media Sosialmu

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah merasakan kecewa. Pada saat kecewa, seseorang cenderung akan merubah mimik wajahnya dan juga sikapnya. Seseorang yang kecewa ini biasanya mimik pada wajahnya akan menjadi murung dan cemberut serta sikapnya akan menjadi lebih berbeda dari biasanya.

Kecewa adalah merasa tidak senang karena seseorang atau sesuatu tak sesuai dengan harapan atau ekspektasi, atau karena sesuatu yang tak terjadi. Rasa kecewa bisa saja muncul saat kamu berhubungan dengan orang lain, termasuk dengan orang terdekatmu sekalipun. Terkadang, rasa itu juga muncul karena ketidakpuasanmu terhadap diri sendiri dan kehidupanmu.

Kecewa juga bisa muncul akibat kamu pernah dibohongi. Baik dengan pacar, teman, sahabat atau siapapun karena dibohongi adalah hal yang sangat mengecewakan. Pernah dengar istilah ‘Lebih baik jujur tapi menyakitkan daripada dibohongi’? Nah, kadang rasa kecewa akan perlahan berkurang jika dilampiaskan.

Untuk melampiaskan pun ada beberapa cara, salah satunya dengan mengunggah kata-kata kecewa ke media sosial. Ya, dengan mengunggah kata-kata kecewa sebagai status di media sosial kadang juga bisa mengurangi rasa kecewa sekaligus menunjukkan kekecewaan kepada seseorang yang telah membohongimu. Berikut kata-kata kecewa karena dibohongi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi Pacar

• Jangan pernah memberikan seseorang harapan palsu karena pada akhirnya itu amat menyakitkan.

• Dikecewain? Haha cuma bisa ngelus dada, dan ngucap kata sabar.

• Aku hanya ingin kecewa kemudian pergi agar kamu tidak repot berbohong lagi.

• Aku akan menjadi cerminmu. Apa yang kamu perbuat juga akan ku perbuat, sama halnya jika kamu sudah mengecewakanku, maka aku juga akan begitu.

• Time discovers truth.

• I don’t understand how someone can tell so many lies and never feel bad about it.

• Im not upset that you lied to me, I’m upset that from now on I can’t believe you.

• The truth may hurt for a little while but a lie hurts forever.

• There can be no deep disappointment where there is not deep love.

• Everytime you lie, it brings me a little closer to goodbye.

• Dulu dirimu pernah membuatku terbang bahkan hingga naik ke bintang-bintang, namun kini diriku kau hempaskan jauh ke dalam jurang yang curam. Ragaku memang terlihat masih tetap seperti dulu, tapi tidak dengan hatiku.

• There can be no deep disappointment where there is not deep love.

3 dari 4 halaman

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi Teman

• Lebih mudah untuk memaafkan seorang musuh, daripada seorang teman.

• Katamu ini adalah sebuah kesalahan. Tapi sebenarnya yang paling kejam adalah, sepertinya kesalahan ini milikku, karena mempercayaimu.

• Sulit mengatakan siapa saja temanmu. Karena terkadang tujuan mereka yang lama menjadi temanmu hanya agar bisa menusukmu dari belakang.

• Teman palsu dan ‘bayangan’ hanya muncul saat matahari bersinar .

• Tell a lie once and all your truth become questionable.

• An honest enemy is always better than a firend who lies.

• Sebelum membohongi orang lain, bayangkan, adakah rasa menyesal jikalau dia pergi meninggalkanmu sehabis anda bohongi?

• Persahabatan itu sangat rapuh seperti gelas. Sekalinya pecah, mungkin bisa diperbaiki. Tapi akan selalu ada bekas retakannya.

• Buat apa mempertahankan seseorang yang ujung-ujungnya hanya membuat sakit hati banyak orang. Jadi, nggak ada guna kan.

• Kurasa kita itu kekecewaan yang dibungkus tawa basa-basi dengan rapi.

4 dari 4 halaman

Kata-kata Kecewa Karena Dibohongi untuk Diri Sendiri

• When things are a disappointment, try not to be so discouraged.

• Sometimes when you get disappointment it makes you stronger.

• I choose to live without hope to protect myself from disappointment. It’s very effective!

• Note to self : stop expecting.

• Honesty is the soul jewelry shine more than diamonds.

• When you have expectations, you are setting yourself up for disappointment.

• Tears are words the heart can’t express.

• Being single is better than being lied to, cheated on and disrespected.

• Big or small, lies are lies.

• A lie cannot live.

• Yang paling berbahaya adalah mereka yang mendatangi kita dalam wujud malaikat. Dan kita terlambat menyadari bahwa mereka sebenarnya setan yang sedang menyamar.

• Selamat atas pengkhianatanmu yang sudah membuatku kecewa, dan terimakasih sudah mengingatkanku akan kesadaran tentangmu.

• Aku akan tetap di sini untuk bersedih sebentar saja. Jadi, kalian tidak perlu mengkhawatirkanku. Pergi dan bersenang-senanglah.

• Cinta, di samping bisa membuatmu lebih dewasa serta bahagia, diakui atau tidak juga bisa membuatmu kecewa.

• Memang tak seharusnya mudah saja percaya dengan janji.

• Kebenaran hanya ada di langit, sementara dunia hanya palsu dan palsu.

Untuk kalian yang sedang kecewa akibat dibohongi, sebaiknya jangan berlarut dalam perasaan kecewa tersebut dan kalian harus tetap tersenyum. Karena rasa kecewa adalah hal yang wajar dialami setiap manusia. Bukan hanya itu saja, jika kamu tahu bagaimana rasa sakitnya dikecewakan, kamu akan lebih berhati-hati untuk bertindak agar tidak sampai membuat kecewa orang lain.


Reporter: Loudia Mahartika

Simak Berbagai Hukuman Bagi Para Koruptor di Penjuru Dunia

Berlin – Berbagai macam hukuman dijatuhkan bagi para pelaku korupsi di berbagai penjuru dunia. Tak sedikit yang membuat ciut nyali. Lalu bagaimana nasib koruptor di Indonesia?

Kata korupsi berasal dari bahasa latin corruptio, yang berarti busuk atau rusak. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, korupsi memiliki pengertian penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Praktik korupsi bisa menimpa siapa saja, mulai dari masyarakat biasa, karyawan swasta, elit politik, bahkan pemimpin negara sekaligus.

Di Indonesia, korupsi menjadi hal yang marak diperbincangkan. Tercatat sepanjang tahun 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan atau OTT sebanyak 28 kali dan menetapkan 108 orang sebagai tersangka. Total ada 178 perkara sepanjang tahun 2018, bukan angka yang kecil. Menurut Transparency International, organisasi dunia yang bergerak memerangi korupsi, di tahun 2017 Indonesia menempati peringkat 98 dalam daftar negara terbersih dari praktik korupsi, tidak lebih baik ketimbang Timor Leste yang berada di posisi 95.

Tak hanya di Indonesia, praktik korupsi juga marak terjadi di berbagai belahan dunia. Hukuman yang dijatuhkan pun beragam, tak tanggung-tanggung ada yang menerapkan hukuman mati. Di Cina, seseorang yang terbukti melakukan korupsi dan menyebabkan kerugian negara lebih dari 100.000 yuan atau sekitar 215 juta rupiah akan dihukum mati. Liu Zhijun mantan Menteri Perkereta Apian Cina dan Zhang Zhongseng mantan Wali Kota Luliang divonis hukuman mati karena terbukti melakukan korupsi. Di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, Cina berkomitmen untuk menindak tegas pelaku korupsi.

Malaysia juga sempat menerapkan hukuman mati bagi para pelaku korupsi. Sejak tahun 1961, Malaysia sudah mempunyai undang-undang anti korupsi bernama Prevention of Corruption Act. Kemudian pada tahun 1982 Badan Pencegah Rasuah (BPR) dibentuk khusus untuk menjalankan fungsi tersebut. Pada 1997 Malaysia akhirnya memberlakukan undang-undang Anti Corruption Act yang akan menjatuhi hukuman gantung bagi pelaku korupsi. Namun tidak sedikit masyarakat Malaysia yang menentang tindakan ini.

Kesadaran anti korupsi, kolusi, dan nepotisme juga harus dimiliki setiap individu. Pendidikan akan bahaya korupsi juga penting untuk diberikan kepada generasi muda. Setidaknya hal inilah yang terjadi di Jepang dan Korea Selatan. Di kedua negara ini, korupsi bak aib besar. Budaya malu di kedua negara tersebut masih amat kuat. Mereka yang terjerat kasus korupsi akan mendapat rasa malu yang luar biasa.

Tahun 2007, mantan Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang, Toshikatsu Matsuoka, memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di usia 62 tahun karena tidak tahan menerima tekanan dari berbagai pihak atas skandal korupsi yang menjeratnya. Ia ditemukan tidak sadarkan diri di kediamannya, Tokyo.

Sama halnya dengan mantan Presiden Korea Selatan, Roh Moo Hyun. Ia juga memutuskan mengakhiri hidupnya dengan cara tragis, yakni terjun bebas dari tebing di belakang kediamannya di Bongha. Roh Moo Hyun dikucilkan oleh keluarganya sendiri setelah terbukti melakukan korupsi.

Dilansir dari CNN, sebelum terjun ia pun sempat menulis surat permohonan maaf, “Banyak orang menderita karena saya. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana mereka akan menjalani hari-hari ke depan. Jangan merasa sedih. Jangan menyalahkan siapa pun. Ini sudah takdir.”

Lain pula di Amerika, Negeri Paman Sam menjatuhkan denda yang fantastis bagi seseorang yang terbukti melakukan korupsi. Selain divonis kurungan penjara, koruptor wajib membayar denda. Nilainya tidak tanggung-tanggung, bahkan bisa mencapai 2 juta dolar. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Koordinator Indonesia Corruption Watch, Adnan Topan Husodo mengatakan, para pelaku korupsi tidak mendapat efek jera yang sepadan atas tindakan yang dilakukannya. Diperlukan sanksi yang lebih berat dibandingkan hanya dengan menjatuhkan sanksi pidana. “Resiko itu dapat diklasifikasi ke dalam beberapa aspek, misalnya hukuman finansial diperberat sehingga pelaku jatuh miskin, dipecat atau kehilangan posisi tanpa bisa menjadi pejabat lagi atau pegawai lagi, larangan untuk maju sebagai pejabat publik.” tandasnya.

Netizen pun juga tidak mau kalah. Mereka berpendapat jika sanksi sosial merupakan salah satu cara efektif untuk menghukum koruptor. Banyak dari mereka juga prihatin dengan ringannya hukuman yang dijatuhkan kepada para koruptor di Indonesia.

Baca juga : Putusnya Urat Malu Para Koruptor Demi Memperkaya Diri

Seperti diketahui, di Indonesia sendiri hukuman bagi koruptor tertuang dalam pasal 2 ayat 1 UU Tipikor yang berbunyi, “Setiap orang yang melawan hukum, melakukan perbuatan untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara, maka dipidana penjara dengan pidana seumur hidup atau pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun. Sementara, untuk denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.”

Namun sepanjang perjalanan tidak semua terpidana kasus korupsi menyelesaikan masa tahanan sesuai dengan vonis yang dijatuhkan, dikarenakan sistem hukum di Indonesia yang memberikan remisi kepada para tahanannya. Hebatnya lagi di Indonesia, terpidana kasus korupsi bisa mendapatkan fasilitas sel mewah selama mendekam di lembaga pemasyarakatan.

rap (dari berbagai sumber)


(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dybala: Semua Pesepakbola Mau Main dengan Pogba

TurinJuventus dikabarkan tertarik untuk kembali merekrut Paul Pogba. Paulo Dybala menilai semua pemain ingin bermain dengan Pogba.

Pogba sempat menjadi bagian Juve pada 2016 sampai 2016. Dia diboyong dari Manchester United dengan status bebas transfer.

Performa Pogba bersama Juve melejit dan dengan menjadi andalan Tim. Dia juga memenangi empat Scudetto, dua Coppa Italia, dan dua Supercoppa Italia. Si gelandang bahkan sempat menjadi pemain termahal di dunia saat MU kembali membelinya.

Bersama MU, jalan Pogba tak mulus-mulus amat. Dia sempat diparkir manajer Mourinho karena terlibat perselisihan di latihan.
Pogba kembali bersinar saat MU diambil alih Ole Gunnar Solskjaer. Teranyar, dia membantu Setan Merah mengalahkan Tottenham Hotspur. Pogba bikin assist untuk gol Marcus Rashford.

Meski sudah kembali cemerlang di MU, rumor Juve ingin kembali memboyong Pogba terus bergulir. Striker Juventus, Dybala, bicara soal mantan rekan timnya itu.

“Semua orang ingin punya pemain dengan kualitas Pogba di tim mereka, tetapi apa pun keputusan yang dia buat, saya akan selalu mendoakan yang terbaik untuknya,” kata Dybala seperti dikutip dari Calciomercato.

Dybala dan Pogba terbilang sangat dekat saat di Juventus. Keduanya sering mengunggah foto kebersamaannya di media sosial dan juga kerap menunjukkan kedekatannya dalam perayaan gol.

(ran/raw)