Aman dari Bencana, 3 Provinsi Ini Direkomendasikan BNPB Jadi Ibu Kota Baru

Liputan6.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merespons wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke luar Jawa. Setidaknya ada tiga provinsi yang direkomendasikan BNPB sebagai ibu kota baru karena dinilai aman dari bencana.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, tiga provinsi yang dinilai layak dipilih menjadi ibu kota baru adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

“Kalau kita lihat dari tahun 1960 sampai dengan sekarang, kejadian bencana wilayah paling aman ya di Kalimantan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Tumur, dan Kalimantan Barat,” ujar Sutopo di Kantor BNPB, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

Dengan dipilihnya wilayah tersebut, kata Sutopo, pemerintah akan lebih memperhatikan kebakaran yang kerap terjadi di Kalimantan.

“Itu bisa dikendalikan. Apalagi itu dijadikan pusat pertumbuhan Ibu Kota,” tuturnya.

Meski begitu, pemerintah hingga kini masih terus mengkaji wilayah mana yang pantas dijadikan ibu kota baru menggantikan Jakarta.

“Masih terus dikaji lebih dalam oleh Bappenas, sehingga sampai nanti akan muncul tentang wilayah, kalau ini provinsi, lebih fleksibel, lebih layak,” kata Sutopo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *